Senin, 16 Oktober 2017 04:13 WIB

Antisipasi Kebakaran Hutan & Lahan Di Sarolangun, BPBD Gelar Rapat Penyusunan Rencana Kontinjensi

 Antisipasi Kebakaran Hutan & Lahan di Sarolangun, BPBD Gelar Rapat Penyusunan Rencana Kontinjensi
BPBD Sarolangun rapat kontijensi waspada Kebakaran

SAROLANGUN(SR28)- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sarolangun menggelar rapat kontijensi‎ pada Jumat (13/10/2017), di Aula Kantor Kesbangpol sarolangun.

Rapat bertujuan dalam rangka Persiapan dan pengumpulan data penyusunan rencana kontinjensi dan uji lapang kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), untuk masa yang akan datang.

Kepala BPBD Sarolangun, Muliyadi, S.Sos menuturkan, rapat kontinjensi sangat diperlukan untuk menghadapi musim kemarau, yang rawan akan terjadinya karhutla di Kabupaten Sarolangun.

"Kami prediksi, daerah rawan karhutla ini tidak jauh berbeda dengan tahun ini,  dan rencana kontinjensi ini mengantisipasi karhutla untuk tahun berikutnya," katanya.

Menurutnya, dalam rapat kontinjensi yang dilaksanakan selama dua hari itu, merupakan pedoman yang akan dilakukan untuk mengatasi bencana karhutla.  langkah selanjutnya adalah melaporkan hasil rapat tersebut kepada Bupati Sarolangun. Setelah itu, baru nantinya akan diterbitkan peraturan Bupati.

"Kita akan punya pedoman dan peraturan bupati nanti, Tujuannya, supaya OPD dan TNI/Polri, punya peran dalam mengantisipasi karhutla," jelasnya.

Selain itu, ketika ditanya soal titik api di sarolangun, pada Bulan Oktober ini dirinya menyebutkan selama bulan oktober tidak ada ditemukan, karena saat ini musim penghujan. Namun meski begitu, pihaknya tetap akan melakukan koordinasi dengan satgas karhutla untuk tetap siap siaga.

" Oktober ini sudah tidak ada titik api, tapi kita pada prinsipnya, akan selalu siap siaga karhutla memadamkan api,"Tambahya.

Sementara itu Danramil Sarolangun Mayor Chb Mentomeri, mengatakan jajaran TNI, akan siap memadamkan jika ditemukan oleh satgas karhutla.

"Kalau ada hotspot kita langsung turun ke lapangan," tuturnya.

Dalam rapat tersebut dipimpin oleh Kepala BPBD Mulyadi, dihadiri Danranil Mayor Chb Mentomeri, Kasat Sabhara Akp Ruslan AG, Kabid Kesiap Siagaan Juhdi Taufik,

Kasi Darurat Bencana Yen Iswadi, PMI Sarolangun, serta OPD terkait.

Reporter: Bule Jo | Redaktur: Agus Sholihin Abar

Antisipasi | Kebakaran | Hutan | & |

Copyright @2015