Rabu, 15 November 2017 15:50 WIB

Hari Ini, Pemkab Tanjab Timur Gelar Ritual Mandi Safar Di Pantai Babussalam

 Hari Ini, Pemkab Tanjab Timur Gelar Ritual Mandi Safar di Pantai Babussalam
Mandi Safar dipusatkan di Pantai Babussalam

TANJAB TIMUR (SR28) -- Ritual Mandi Safar tetap terjaga dan menjadi aset budaya daerah serta nasional. Berdasarkan catatan yang ada, prosesi Mandi Safar ini adalah tradisi warisan nenek moyang yang berasal dari Bugis.

Bagi sejumlah warga, mandi Safar ini merupakan ritual untuk meminta kepada Sang Kuasa agar terhindar dari bahaya, penyakit dan mensucikan diri dari dosa dengan menceburkan diri ke laut.

Masyarakat yang akan mengikuti prosesi mandi Safar, sebelum menceburkan diri ke laut, telah membekali diri dengan daun Sawang yang diikat di kepala atau di pinggang.

Daun Sawang tersebut sebelumnya diberikan doa atau rajah oleh sesepuh atau alim ulama setempat.

Menurut kepercayaan, pemakaian Daun Sawang itu agar orang yang mandi terjaga keselamatannya dari segala gangguan baik dari gangguan binatang maupun makhluk halus.

Untuk di Tanjabtim, ritual Mandi Safar dipusatkan di Pantai Babussalam yang terletak di Desa Air Hitam Laut, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjab Timur pagi tadi Rabu (15/11).

Kabid Pariwisata pada Dinas Pariwisata Kabupaten Tanjabtim Nurmaya ketika dikonfirmasi mengatakan mandi safar merupakan agenda tahunan yang diadakan di Pantai Babussalam.

Sementara itu Bupati Tanjung Jabung Timur H. Romi Hariyanto SE yang hadir pada ritual mandi Safar 1438 H merasa bahagia dan bangga dengan semaraknya serta ramainya masyarakat yang berkumpul di pantai Babussalam.

Romi mengungkapkan, mandi shafar adalah kearifan lokal masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Timur, khususnya masyarakat Desa Air Hitam Laut yang harus tetap dilestarikan. Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur akan terus mendukung kebudayaan lokal ini dengan berbagai program kegiatan secara sinergis.

"Saya mewakili masyarakat Desa Air Hitam Laut meminta kepada Pemerintah Provinsi Jambi untuk ikut mendukung kegiatan ini melalui pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur serta pendukung lainnya, agar kedepannya menjadi acara nasional," ujar Romi.

Redaktur: Agus Sholihin Abar

Hari | Ini, | Pemkab | Tanjab |

Copyright @2015