Kamis, 16 November 2017 10:51 WIB

Temuan BPK 5 Miliar Di Proyek WFC, Apri Dasman: Rekanan Mulai Mengangsur

 Temuan BPK 5 Miliar Di Proyek WFC, Apri Dasman: Rekanan Mulai Mengangsur
Proyek WFC di Kuala Tungkal

KUALA TUNGKAL (SR28)  -- Temuan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK-RI) tahun 2015 lalu terhadap dugaan korupsi proyek pembangunan Anjungan Pengabuan Permai atau Water Front City (WFC) yang dikerjakan oleh dua perusahaan PT. Mina fajar Abadi dan PT. Akrindo tahun 2015 lalu segmen II dan III dengan dana sebesar Rp.34.890.000.000.

Temuan BPK atas pengerjaan proyek WFC ini terdapat pada kekurangan pengadaan denda dan keterlambatan sebesar Rp.2,86 miliar serta kekurangan volume pekerjaan sebesar Rp 2,99 miliar.

Kerugian tersebut ditemukan pada dua paket perkerjaan pembangunan WFC pada segmen II dan Segmen III bidang Bina Marga. Saat ini pihak rekanan baru mengembalikan kerugian negara sebesar Rp 800 juta rupiah dari total keseluruhan sebesar Rp 5,8 miliar, dan menyisakan kerugiana negara sebesar Rp.5 Milyar.

Namun tenggang waktu yang telah diberikan BPK selama 60 hari untuk mengembalikan kerugian negara tersebut sudah kadarluarsa Hingga kini belum ada Pengembalaian sisa temuan kerugian negara sebesar 5 Miliar tersebut.

Kadis inspektorat R.Gatot Suwarso,SH.MH,ketika ditemui SR28 dikantor DPRD Tanjab Barat Rabu (15/11/17) mengatakan, terkait sisa temuan Anjungan Pengabuan Permai atau Watter Front City (WFC) Rp 5 miliar  ada upaya pihak rekanan untuk mengangsur.

"Namun berapa jumlahnya saya kurang jelas, kalau ingin lebih jelas Tanyakan saja ke Apri Dasman karna untuk penagihannya itu kita serahkan ke dia selaku membidangi Bina Marga,dan juga beliau selaku Kabidnya," ujar Gatot.

Terpisah Apri Dasman,ST.MT ketika dihubungi melalui ponselnya,membenarkan adanya pengembalian temuan BPK terkait peningkatan WFC tahun 2015 lalu yang masih tersisa Rp.5 Milyar tersebut.

"Namun pengembalian temuan Dana WFC tersebut tidak sepenuhnya yang dikembalikan, itu bergulir,dana pengembalian tahun ini jumlahnya signifikan, untuk pengembalian dana nya akan tetap  ditagih hingga jumlahnya bisa lebih kecil lagi, dan kita pun tidak terbebani lagi dengan permasalahan ini," pungkas Apri.

Reporter: Sabri| Redaktur: Agus Sholihin Abar

Temuan | BPK | 5 | Miliar |

Copyright @2015