Sabtu, 18 November 2017 12:12 WIB

Merangin Berpeluang Juara Lomba Bersih Sehat Tingkat Provinsi Jambi

 Merangin Berpeluang Juara Lomba Bersih Sehat Tingkat Provinsi Jambi
Staf ahli Bupati dan pejabat Merangin

MERANGIN (SR28) -- Kabupaten Merangin yang diwakili Desa Air Batu Kecamatan Tabir Ilir, bepeluang besar menjadi juara Lomba Bersih Sehat (LBS) tingkat Provinsi Jambi tahun 2017.

Hal ini tersirat pada saat penilaian yang dilakukan tim dari Provinsi Jambi kemarin (16/11) di desa tersebut. ‘’Melihat perwajahan desa ini, Merangin berpeluang menang LBS ini,’’ujar Veni Suarti ketua tim penilai.

Dikatakannya, untuk meraih kemenangan tersebut harus memenuhi beberapa kriteria, diantaranya kebersamaan masyarakat dalam membangun desa. Selain itu, sanitasi lokal berbasis masyarakat.

‘’Kita juga nilai bagimana pengelolaan air minum dan pola makanan di rumah tangga, pengelolaan sampahnya bagaimana dan pengelolaan limbah rumah tangganya bagimana,’’ujar Veni Suarti.

Sementara itu Bupati Merangin H Al Haris melalui Staf Ahlinya Hj Fauziah mengatakan, perilaku hidup bersih dan sehat adalah upaya untuk memberikan pengalaman belajar atau penciptakan suatu kondisi bagi perorangan.

Tidak hanya perorangan lanjutnya, tapi juga keluarga kelompok dan masyarakat secara luas, dengan membuka jalur komunikasi, memberikan informasi dan melakukan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan.

Disamping itu juga meningkatkan sikap dan perilaku melalui pendekatan pimpinan, bina suasana dan pemberdayaan masyarakat. ‘’Dengan demikian masyarakat dapat menerapkan cara-cara hidup sehat dengan menjaga, memelihara dan meningkatkan kesejahteraan,’’ terang Hj Fauziah.

Reporter: M.Fajri| Redaktur: Agus Sholihin Abar

Merangin | Berpeluang | Juara | Lomba |

Copyright @2015