Minggu, 10 Desember 2017 13:12 WIB

Tiga Orang Kurir Sabu 3,5 Kg Dari Batam Dibekuk Polisi

 Tiga Orang Kurir Sabu 3,5 Kg Dari Batam Dibekuk Polisi
Tersangka kurir Sabu saat diamankan

KUALA TUNGKAL (SR28) - Polres Tanjab Barat Lakukan Press Relis terkait telah dibekuknya tiga orang tersangka Kurir Shabu seberat 3,5 Kg bertempat di ruang Kerja Satnarkoba Mapolres Tanjab Barat.

Turut hadir dalam kegiatan Press Release tersebut yakni, Kabag Ops Polres Tanjab Barat Kompol R.P Nainggolan, Kasatintelkam Polres Tanjab Barat IPTU Dadang Saputra, Kasatreskrim Polres Tanjab Barat AKP Pandit Wasianto, SH, Kasipropam Polres Tanjab Barat IPTU Muhaimin, Kaurbinops Satnarkoba IPDA Hizkia Siagian, Personel Polres Tanjab Barat, Jum'at (08/12/17).

Kapolres Tanjab Barat AKBP.Alfonso Doly Gelbert Sinaga,Sik mengungkapkan pada hari Selasa (05/12/17) sekira pukul 17.05 Wib di Kawasan Pelabuhan Marina (KPM) Kuala Tungkal, Jajaran Mapolres Tanjab Barat berhasil membekuk tiga orang tersangka Kurir Sabu yang merupakan penumpang dari Batam, membawa 3,5 Kg Narkoba Jenis Sabu-sabu.

"Tiga orang tersangka berinisial Z alias Pakcik laki-laki (45), SN alias Endang laki-laki (40) dan NN alias Aak,Laki-Laki (33) semuanya merupakan warga pendatang yang berdomisili di wilayah Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Satu orang tersangka berinisial Z laki-laki, alias Pakcik terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas oleh petugas, karena mencoba melakukan perlawanan kepada petugas ketika akan dilakukan penangkapan," ungkap Kapolres Sinaga.

Diceritakan Kapolres Kronologis Penangkapan Ketiga tersangka tersebut, berawal dari Razia rutin yang biasa dilakukan oleh jajaran kita Polres Tanjab Barat, polsek KP3 bersama pol Air Mabes Polri dan Dipolair Polda Jambi,setiap kali kapal penumpang dari Batam,yang turun dan berangkat dari pelabuhan Marina Kuala Tungkal.

"Pada saat tersangka ini melihat anggota kita yang sedang melakukan razia, ketiga tersangka ini menghindar tidak jadi keluar kearah pintu keluar pelabuhan, gerak gerik ini terbaca oleh petugas dan kemudian didekati oleh petugas kita untuk dilakukan pemeriksaan,namun satu orang berhasil lari yang Inisial NN, dua tersangka yang kemudian diperiksa tasnya, melarikan diri dengan menceburkan dirinya ke dalam sungai Pengabuan. Selanjutnya dilakukan pengejaran oleh petugas menggunakan pompong masyarakat,  bersama masyarakat petugas mengejar kedua tersangka ini, dan kedua tersangka berhasil tertangkap, dan tersangka berinisial Z alias Pakcik terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas oleh petugas, karena mencoba melakukan perlawanan kepada petugas ketika akan dilakukan penangkapan," papar kapolres.

Kapolres juga mengatakan, berdasarkan keterangan tersangka, mereka ini sebagai kurir yang diupah, apabila berhasil mereka diupah sebesar 20 juta per orang.Mereka diperintahkan oleh bossnya mengantarkan sabu saat sampai Jambi.

"Nanti setibanya di Jambi akan ada yang menghubungi dan mengambil shabu tersebut."Jadi sekarang kami masih terputus mengenai jaringan mereka ini, kami masih terus selidiki kemana sebenarnya tujuan dan asal sabu 3,5 Kg tersebut" tambahnya.

Dari tangan tersangka  berhasil diamankan Barang Bukti, satu paket besar Narkotika jenis sabu-sabu seberat 1000 gram, satu paket besar Narkotika jenis Sabu Sabu seberat 1000 gram, Satu paket besar Narkotika jenis Sabu-sabu seberat 1000 gram, satu paket sedang Narkotika  jenis sabu-sabu seberat 500 gram, satu buah tas sandang warna hitam merk Nike, satu buah tas sandang merk ONE CASH CHANGI, Satu buah tas sandang warna merah merk Nike, satu unit merk HP jenis Acer warna hitam, Uang tunai Rp. 100.000, satu buah dompet warna hitam, Satu buah ATM BRI, satu buah ATM MANDIRI, satu unit HP merk Samsung tipe Note 2 7105 warna merah, satu unit HP OPPO ,uang tunai Rp. 400.000, satu unit HP merk Nokia tipe 105, satu unit HP merk XIAOMI warna hitam, uang tunai Rp. 435.000, dua lembar uang tunai 200 dollar singapura, satu lembar uang tunai 2 dollar Singapura dan satu pucuk senpi rakitan.

Atas perbuatannya, ketiga tersangka kurir shabu ini dijerat dengan Pasal 114 ayat 2 dan atau pasal 112 ayat 2 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, hingga kini tiga orang tersangka masih ditahan di Mapolres Tanjab Barat untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Reporter: Sabri| Redaktur: Agus Sholihin Abar

Tiga | Orang | Kurir | Sabu |

Copyright @2015