Selasa, 23 Januari 2018 10:32 WIB

Permainan Gobak Sodor Dan Patuk Lele Dilombakan Dalam Festival Olahraga Tradisional Di Jambi

 Permainan Gobak Sodor dan Patuk Lele Dilombakan dalam Festival Olahraga Tradisional di Jambi
Gobak Sodor (Istimewa)

JAMBI (SR28) --Provinsi Jambi siap menjadi tuan rumah dalam Festival  Olahraga Tradisional 2018. Deputi III Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Dr.Raden Isnanta,M.Pd mengemukakan, tujuan diselenggarakannya Festival Olahraga Tradisional adalah untuk menarik kembali minat masyarakat terhadap olahraga tradisional yang sudah mulai ditinggalkan oleh masyarakat, seiring dengan perkembangan zaman saat ini.

"Kita harus lebih melestarikan dan lebih menggali lagi olahraga tradisional ini, banyak olahraga tradisional yang sudah dibakukan oleh Kemenpora, salah satunya gobak sodor, patuk lele, dan lainnya. Upaya dalam melestarikan olahraga tradisional ini memang menjadi problem seluruh dunia karena sudah banyak sekali ditinggalkan oleh masyarakat," ungkap Isnanta.

Isnanta menjelaskan, dalam menentukan olahraga tradisional ini, dilihat mana yang terbaik dan lebih mendekati dari nilai olahraganya daripada unsur seninya, yaitu lebih banyak menggunakan otot besar dan konsentrasi yang tinggi. Isnanta menambahkan, dalam upaya melestarikan olahraga tradisional ini, Menteripora menyarankan untuk adanya modifikasi tanpa mengurangi nilai tradisionalnya.

Kepala Bidang Pengembangan Olahraga Tradisional Deputi III Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI, Drs.Amran mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jambi yang telah memaparkan kesiapan dan bersedia menjadi tuan rumah Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional XI Tahun 2018. “Setelah melihat paparan yang disampaikan oleh Bapak Sekda Provinsi Jambi tadi, Bapak Deputi lebih tertarik dengan lokasi di seputaran Kantor Gubernur Jambi,” ujar Amran.

"Nantinya, kami beserta tim akan segera berkunjung ke Jambi untuk melakukan survey terkait Festival Olahraga Tradisional yang akan dilaksanakan di Jambi. Saya yakin, Festival Olahraga Tradisional tahun ini akan berjalan dengan lancar dan bisa lebih baik dari tahun yang sebelumnya," kata Amran.

Reporter: Richi | Foto: Agus Supriyanto

NEWS © SR28 GROUP 2018

Permainan | Gobak | Sodor | dan |

Copyright @2015