Rabu, 07 Pebruari 2018 14:18 WIB

Tips Deteksi Kesehatan Dari Masalah Kulit Di Wajah

 Tips Deteksi Kesehatan dari Masalah Kulit di Wajah
Ilustrasi

SR28JAMBINEWS.COM -- Bukan rahasia lagi bahwa kulit bisa merefleksikan kesehatan diri Anda. Sayang, hal tersebut tak banyak disadari oleh banyak orang, terutama wanita.

Nah, berikut ini adalah beberapa deteksi kesehatan diri Anda melalui permasalahan kulit pada wajah, seperti yang diungkapkan oleh dermatologi Dr Gary Goldfaden.

Jerawat di dahi

Jerawat di dahi bisa disebabkan oleh banyak hal. Tapi, penyebab yang mendominasi adalah terkait hormon dan stres. Stres meningkatkan produksi hormon meningkat sehingga menyebabkan produksi minyak semakin tinggi yang berakhir dengan timbulnya jerawat. Untuk mengatasinya, lakukan pola hiudp yang tepat. Salah satunya dengan berolahraga untuk meningkatkan sirkulasi darah.

Noda hitaHiperpigmentasi (noda hitam) disebabkan oleh paparan polusi, asap rokok, hingga sinar matahari. Paparan polusi, misalnya menyebabkan warna kulit berubah, dehidrasi, kulit kering, noda hitam, keriput, hingga penuaan.

Noda hitam merupakan hasil dari paparan sinar UV. Noda hitam tak bisa pudar sendiri dan akan menjadi lebih gelap. Bila sudah begitu, ini merupakan pertanda bahwa Anda sudah banyak terpapar sinar UV dan telah merusak kulit.

Namun, perlu diperhatikan bila noda hitam berbeda ukuran, bentuk, dan warna, ada baiknya untuk memeriksakan diri pada dokter kulit.

Keriput dan kulit kendur

Elastisitas kulit menurun hingga munculnya garis-garis halus merupakan penyebab dari proses glycation. Di mana gula dari makanan yang dikonsumsi justru menghancurkan serabut kolagen di kulit sehingga mempercepat proses penuaan. Jenis makanan yang menyebabkan proses penuaan lebih cepat adalah karbohidrat, makanan yang digoreng, gula, daging berlemak, dan alkohol.

Dagu berjerawat

Dagu berjerawat juga disebabkan oleh produksi hormon berlebih. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit. Hindari menempelkan ponsel ke dagu saat menelepon karena bisa berpotensi menimbulkan jerawat. Begitu juga dengan kuas make-up yang Anda gunakan agar selalu dibersihkan. 

Source: Okezone

Tips | Deteksi | Kesehatan | dari |

Copyright @2015