Kamis, 08 Pebruari 2018 09:23 WIB

Ini Alasan Mendagri Belum Berhentikan Gubernur Jambi Zumi Zola

 Ini Alasan Mendagri Belum Berhentikan Gubernur Jambi Zumi Zola
Mendagri, Tjahjo Kumolo

JAKARTA (SR28) -- Sejak ditetapkan sebagai tersangka oleh KPKZumi Zola Zulkifli hingga saat ini belum diberhentikan dari jabatannya sebagai Gubernur Jambi.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyatakan saat ini Zumi Zola masih menjabat sebagai Gubernur Jambi.

"Enggak (diberhentikan)," ujar Tjahjo di Jakarta, Rabu (7/2/2018). 

Mendagri menjelaskan, kasus yang menimpa Zumi Zola berbeda dengan kasus yang dialami Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko, meskipun keduanya sama-sama menyandang status tersangka dari KPK. 

"Kalau Bupati Jombang kena Operasi Tangkap Tangan (OTT), kemudian ditahan, sehingga dia tidak bisa menjalankan pemerintahan sehari-hari, sampai nanti ada keputusan hukum tetap di pengadilan. Jadi, kami tunjuk pelaksana tugas, yaitu wakilnya," ungkap Tjahjo.

Sementara Zumi Zola, kata Tjahjo, tidak terjerat OTT dan belum ditahan lembaga antirasuah sehingga ia dinilai masih bisa menjalankan roda pemerintahan.

Tjahjo menyatakan, Zumi Zola bisa saja dicopot dari jabatannya asalkan sudah ada putusan pengadilan bersifat inkrah, yang menyatakan orang nomor satu di Jambi itu bersalah dan berstatus terpidana.

"Nanti tunggu bagaimana proses penyidikan," ujar Tjahjo. 

Sebelumnya Zumi Zola telah ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi sebagai tersangka atas kasusu penerimaan gratifikasi sebesar Rp 6 miliar. 

NEWS © SR28 GROUP 2018

Ini | Alasan | Mendagri | Belum |

Copyright @2015