Jumat, 09 Pebruari 2018 12:22 WIB

Gara-Gara Dokter Gadungan, 40 Orang Di India Terjangkit HIV

 Gara-Gara Dokter Gadungan, 40 Orang di India Terjangkit HIV
HIV

SR28JAMBINEWS.COM -- Wabah HIV semakin menjadi topik yang banyak dikemukakan masyarakat dunia. Penyakit ini sampai sekarang belum ada obatnya dan banyak penelitian yang dilakukan untuk mencaritahu obat penawarnya, namun hasilnya masih tetap nihil.

Pemerintah Indonesia sendiri terus berupaya untuk menekan angka penderita HIV. Penggunaan kontrasepsi, seks sehat, dan juga pola hidup yang baik tentunya akan menjadi pencegah Anda tertular virus mematikan itu.

Tapi, apa jadinya jika virus HIV sengaja disebarkan?

Begitulah yang kini sedang terjadi di India. Tepatnya berada di negara bagian Utara Pradesh, India Utara, di mana di sana terjadi kasus penginfeksian virus HIV secara sengaja oleh dokter gadungan. Adalah Rajendra Yadav.

Mungkin Yadav tidak menyangka bahwa dirinya akan dijebloskan ke penjara setelah ulahnya dalam mengobat pasien ternyata malah membawa malapetaka untuk wilayah tersebut. Sebanyak 40 orang terinfeksi HIV karena ulahnya dan itu semua terjadi setelah jarum suntik yang dia pakai!

Dilansir dari Al Jazeera, Jumat (8/2/2018) kabar ini pertama kali terhembus pada Selasa, 6 Februari 2018. Namun, kejadiannya sudah berlangsung sejak lama dan baru terindikasi adanya penyebaran virus mematikan tersebut setelah banyak korban melaporkan, bahkan beberapa dari mereka masih anak-anak.

“Empat puluh orang terjangkit virus HIV positif karena ulah Yadav. Jumlah ini diketahui berasal dari 400 orang yang memercayakan Yadav sebagai dokter penyembuh penyakit mereka. Tidak menutup kemungkinan, setelah data dikumpulkan lebih detail lagi, bakal ditemukan 500 kasus yang sama,” ungkap Sunil Bangarmau, seorang anggota dewan daerah kepada media lokal di sana.

Lebih lanjut lagi, diketahui bahwa masyarakat di daerah itu masih memercayakan dukun sebagai penghilang penyakit di tubuhnya. Dan keberadaan Yadav dianggap menjadi oasis bagi kesehatan mereka. Padahal, dari dialah masalah baru muncul dan itu lebih mengkhawatirkan.

“Kasus ini diperkirakan terjadi karena Yadav hanya menggunakan satu jarum suntik untuk seluruh pasiennya dan arena kontaminasi yang terjadi, alhasil virus HIV bertumbuh kuat di jarum tersebut dan ditularkan ke semua pasiennya,” ungkap Menteri Kesehatan Uttar PradeshSiddharth Nath Singh.

Singh juga menambahkan bahwa pihaknya akan menindak tegas semua dokter yang bertindak illegal. “Masalah ini masih terus diselidiki, karena tidak menutup kemungkinan masih banyak dokter gadungan yang melakukan hal serupa dengan Yadav. Yang jelas, setelah kasus ditemukan, kami akan menindak tegas mereka,” tambahnya.

Sementara itu, meskipun kasus ini bergulir terus dan para pasien membutuhkan pertolongan segera, sampai detik ini Yadav tidak ditemukan di mana keberadaannya. Tempat persembunyiannya pun tidak meninggalkan jejak sehingga sampai sekarang Yadav masih buron!

Source: Okezone

Gara-Gara | Dokter | Gadungan, | 40 |

Copyright @2015