Minggu, 11 Pebruari 2018 09:33 WIB

Kapolres Tanjabbar Himbau Masyarakat Tak Buka Lahan Dengan Cara Dibakar

 Kapolres Tanjabbar Himbau Masyarakat Tak Buka Lahan dengan Cara Dibakar
Kapolres Tanjabbar, AKBP ADG Sinaga

KUALA TUNGKAL (SR28) -- Kabupaten Tanjab Barat merupakan  daerah yang rawan terjadi kebakaran lahan di Provinsi Jambi. Meskipun dalam skala kecil.

Oleh Karena itu Kepolisian Resor  Maplres Tanjab Barat mengimbau warga tidak membakar hutan untuk membuka lahan pertanian dan perkebunan karena dapat berdampak buruk, dan juga melanggar peraturan.

"Pembukaan lahan atau ladang hendaknya tidak dilakukan dengan cara dibakar, jangan dibakar" imbuh Kapolres Tanjab Barat AKBP ADG Sinaga, S.IK di tempat kerjanya, Sabtu (10/02/18) kemarin.

Kapolres juga menjelasakan, jajaran Mapolres Tanjab Barat telah berkomitmen untuk memaksimalkan upaya pencegahan terjadinya Karhutla di wilayah Kabupaten Tanjab Barat. Kepolisian juga akan berupaya melakukan pencegahan dengan menindak tegas para pelaku pembakar hutan atau lahan.

"Kita telah komitmen mencegah terjadinya karhutla sebagaimana intruksi Presiden dalam Rakornas di istana kemarin dan Intruksi Kapolda Jambi agar tak terjadi lagi karhutla di daerah kita," papar Kapolres.

Kapolres juga menegaskan, dalam Undang-Undang Kehutanan Nomor 18 Tahun 2013 tentang pembakaran hutan dan lahan serta pembabatan hutan. Lanjutnya, apabila terbukti bersalah pelakunya akan diancam pidana selama 10 tahun.

"Untuk itu hendaknya hal ini menjadi perhatian kita bersama agar kebakaran hutan dan lahan di Tanjab Barat tidak terjadi lagi, seperti tahun - tahun sebelumnya," pungkasnya.

Reporter: Sabri | Redaktur: Agus Sholihin

NEWS © SR28 GROUP 2018

Kapolres | Tanjabbar | Himbau | Masyarakat |

Copyright @2015