Senin, 12 Pebruari 2018 19:22 WIB

Begini Cara Mengatasi Keringat Berlebih

 Begini Cara Mengatasi Keringat Berlebih
Foto (Ilustrasi)

SR28JAMBINEWS.COM -- Berkeringat adalah salah satu proses metabolisme saat tubuh berupaya menyesuaikan suhu tubuh dengan lingkungan dengan cara mengeluarkan cairan mengandung garam melalui kelenjar keringat. Lain halnya dengan keringat berlebih yang cenderung terjadi tanpa adanya pemicu, kondisi ini disebut dengan hyperhidrosis dan biasanya terjadi disebabkan oleh adanya penyakit tertentu.

Jika Anda mengalami keringat berlebihan menyeluruh dan disebabkan oleh suatu penyakit, maka yang akan dilakukan adalah mengatasi penyebabnya. Misalnya, jika disebabkan oleh masalah tiroid, maka yang dilakukan adalah dengan mengobati atau melakukan operasi tiroid. Atau, jika disebabkan masalah gula darah pada penderita diabetes, maka usaha mengontrol gula darah dapat dilakukan guna menghilangkan keringat berlebih.

Sedangkan keringat berlebih yang terjadi pada bagian tubuh tertentu dapat diatasi dengan mengurangi gejala menggunakan beberapa cara seperti, memberikan suntikan botox untuk menghentikan aktivitas saraf yang memicu timbulnya keringat berlebih. Selain itu, cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan antiperspirant berbentuk roll-onspraylotion atau memberikan obat yang dapat menghentikan kelenjar keringat.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan operasi. Operasi tersebut bisa berupa operasi menghilangkan kelenjar keringat atau memotong saraf pada bagian dada yang dapat memicu keringat berlebih. Dan perawatan yang menghentikan sementara kerja kelenjar keringat, yaitu dengan perawatan iontophoresis yang menggunakan rangsang listrik tegangan rendah untuk mematikan fungsi kelenjar keringat sementara.

Keringat berlebihan dapat mengganggu aktivitas dan menurunkan kepercayaan diri. Meski tidak semua keringat berlebihan menandakan Anda memiliki penyakit yang berbahaya, namun jika disertai gejala lain dan atau semakin mengganggu, dianjurkan untuk segera berkonsultasi ke dokter.

NEWS © SR28 GROUP 2018

Begini | Cara | Mengatasi | Keringat |

Copyright @2015