Rabu, 14 Pebruari 2018 17:06 WIB

Bupati Sarolangun Minta Seluruh Anak-anak SAD Untuk Sekolah

 Bupati Sarolangun Minta Seluruh Anak-anak SAD untuk Sekolah
Kunjungan Pemkab Sarolangun di Bukit Suban/SR28

SAROLANGUN (SR28) -- Kunjungan kerja ke Kecamatan Air Hitam,  Bupati Sarolangun Cek Endra dan Wakil Bupati Hillalatil Badri beserta rombongan mengunjungi warga Suku Anak Dalam (SAD) di Desa Bukit Suban,  Kecamatan Air Hitam,  kemarin,  Sekitar Pukul 14.30 Wib, Di Balai Batetemuon SAD Kartika, Rabu (14/2/2018)

Pertemuan tersebut untuk membahas bantuan apa yang akan nantinya diberikan kepada Warga SAD serta menyerap aspirasi masyarakat orang rimba ini,  sehingga diketahui apa yang akan dilakukan nantinya. 

Bupati Sarolangun Cek Endra,  mengatakan Pemkab Sarolangun akan terus berupaya maksimal dalam memberikan bantuan kepada warga sad di Kecamatan Air Hitam.  Ia mengaku akan memberikan lahan perumahan dan pertanian serta memberikan fasilitas pendidikan dan kesehatan serta ketersediaan air bersih. 

"Saya minta semua anak-anak kamu sekolah semua.  mudaha mudahan dengan kita sering bertemu disini dapat berkah dari allah swt,  amin, "kata Cek Endra. 

Ia juga menjelaskan ke depan rencana bantuan pemerintah pusat oleh Presiden RI Joko Widodo,  memberikan bantuan lahan seluas 2400 hektar juga akan kembali disusulkan.  

Salah seorang perwakilan SAD,  mengatakan bahwa dirinya sangat berterima kasih atas kunjungan Bupati Sarolangun Cek Endra serta rombongan, dan menyampaikan keseriusan pemkab sarolangun untuk memperhatikan masyarakat SAD.  

"Sebenarnya anak anak didorong kedepan untuk nyekolakkan anak anak kito,  jadi bapak bapak semua.  tapi bapak semua mereka hanya minta pertanian dan perkebunan, dan kami tunggu dari presiden, "katanya. 

Kemudian Sulimah warga SAD lainnya juga meminta kepada Bupati Sarolangun Cek Endra untuk mengembalikan tanah adat warga SAD. "  Awak mohon minta tolong urus tanah adat kami,  lain lain  kami dak butuh.  kemano mano boleh kami cari air bersih,  itu baelah permintaan kami, kami kecik ati orang jawa ado kebagian,  kami idak, "sebut Sulimah, salah seorang Ibu dari SAD. 

Hal senada juga disampaikan oleh Aprizal,  Warga SAD lainnya,  mengeluhkan warga Sad yang belum memiliki sumber penghasilan,  sehingga banyak yang harus mencari makan ke dalam hutan dan berpindah tempat. 

"Kok kami anak suku anak dalam  pribumi tidak dapat apo apo,  tapi sumber kehidupan kami itulah yang kami tunggu tunggu dari pemerintah, jadi kalau orang tuonyo cari makan kesana kemari, tentu anaknya ikut jugo dan akhirnya anaknya tidak sekolah, "sebut Aprizal warga SAD lainnya.

Menanggapi hal tersebut,  Bupati Sarolangun Cek Endra menegaskan Pemkab Sarolangun saat ini berupaya maksimal dalam memikirkan warga SAD di Wilayah Bukit Suban,  Kecamatan Air Hitam.  Namun,  ia meminta warga SAD untuk bersabar dan tidak mudah terhasut dengan oknum yang memiliki kepentingan tertentu. 

"Tidak ada kepentingan apa apa,  kami tulus mau bantu kami.  apakah nanti bertani atau berjualan,  itu maksud kami.  dan Tanah lahan adat dari Pak Presiden Jokowi kami tetap perjuangkan,  hanya saja saat ini belum berhasil, "jelasnya. 

Sementara Kadis TPHP,  Joko Susilo,  mengatakan soal bantuan lahan yang diusulkan ke presiden Joko Widodo,  awalnya diminta 2600 hektar,  di zona khusus di Wilayah Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD), tapi pihak TNBD tidak bisa mengizinkan karena ada beberapa hal yang harus diurus selaku persyaratannya.

"Salah satu hasil pertemuan dengan pak Jokowi itu adalah gedung ini dan jalan setapak ini.  dan terkait zonasi yang ditentukan itu bapak bapak akan bisa bertani disitu,  tapi kita masih menunggu surat dari mentri, "jelasnya. 

Bukan hanya itu,  Babinsa Tamrin juga menjelaskan dalam pertemuan tersebut,  memberikan pemahaman kepada warga SAD,  agar kedepannya lebih bersabar dalam menunggu apa yang diharapkan oleh warga SAD. 

Akhirnya pembawa acara yang disampaikan oleh Kades Bukit Suban,  Mujito menutup pertemuan tersebut setelah Warga SAD menyampaikan aspirasi yang sudah dicatat dan didengar langsung oleh Bupati Cek endra, dan Wakil bupati hillalatil Badri beserta rombongan yang hadir.

Reporter: Daryanto | Redaktur: Agus Sholihin

NEWS © SR28 GROUP 2018

Bupati | Sarolangun | Minta | Seluruh |

Copyright @2015