Rabu, 14 Pebruari 2018 17:16 WIB

Camat Diganti, Warga SAD Di Air Hitam Berurai Air Mata

Camat Diganti, Warga SAD di Air Hitam Berurai Air Mata
Camat Air Hitam sat berpamitan dengan SAD/SR28

SAROLANGUN (SR28) -- Pemimpin yang merakyat bukan hanya slogan semata, hal ini di buktikan oleh Camat air hitam Suryadi,selama menjabat camat air hitam banyak terobosan baru yang di lakukan,bukan itu saja kedekatan dengan suku terasing begitu terasa,tampak jelas Suasana haru pada acara serah terima jabatan Camat Air Hitam Kabupaten Sarolangun , pecah dengan tangisan warga Suku anak dalam (SAD) yang berada dikawasan taman nasional bukit dua belas (TNBD) Kecamatan Air Hitam.

Tagisan warga SAD ini, karena Camat Air Hitam sebelumnya Suryadi Sp,t yang hampir dua tahun mengemban tugas sebagai Camat didaerah itu harus meninggalkan tugas lamanya sebagai camat dan diganti oleh Camat yang baru Imron.  

Pantauan SR28, tak disangka warga SAD ini berurai air mata dan berpelukan erat dengan mantan camat mereka.

Sejumlah keterangan menyebutkan hal ini karena mantan Camat tersebut terkenal sangat bersahabat bahkan semenjak tugas di Air Hitam komunikasi dengan warga SAD juga mengunakan Bahasa asli SAD seolah tidak ada sekat yang membedakan pejabat dan SAD di Kecamatan Air Hitam.

“Tuan rajo…” ucap Temenggung Malimun yang bermukim di wilayah Desa Jernih Kecamatan Air Hitam saat berpelukan sambil menagis dipangkuang mantan camat Suryadi usai sertijab yang disaksikan oleh Bupati Sarolangun H Cek Endra dan wakil Bupati Hilal latilbadri di Desa JErnih KEcamatan Air Hitam.

Bahkan pelukan dan tagisan salah satu temenggung SAD ini, juga membuat Suryadi tak kuasa meneteskan air matanya. Berkali-kali pelukan dari Temenggung SAD kemudian Nampak keduanya mengeluarkan ari mata. Tak mau larut dikesedihan diacara tersebut Suryadi terlihat mencoba membawa warga SAD untuk berhibur namun kesedihan itu juga tak hilang dan larut didalam lantunan lagu daerah yang dibawa saat itu.

Malimun Tumengung SAD yang bermukim di Desa Jernih Ibu Kota KEcamatan Air Hitam kepada SR28, mengungkapkan kesedihannya.

“Kami meraso kehilangan,”ucap Tumenggung Melimun.

Dikatakan Melimun, kesedihan sertijab Camat itu, karena selama ini sudah bergaul akrab dengan Suryadi mantan Camat Air Hitam yang sudah seperti keluarga dan tempat mengadu dan memberikan arahan dan pencerahan kepada SAD Air Hitam.

“Namun apo buleh buat bapak bupati minta ganti lagi,”kata Melimun dengan raut wajah sedih.

Kesenangan akan Camat Suryadi dulunya, menurut Melimun, karena semua warga SAD sangat senang dan tempat megadu dan meminta petunjuk jika ada persoalan SAD.

“Kami sedih nian,kami senang nian dengan dio, yang susah-susah kami tu ditunjuknyo jalan kami yang bagus, cuman kini diganti camat baru lagi kami harap camat baru lebih bagus lagi, kalu dak jugo cak mano lah”beber Malimun berharap. 

Kepada Camat yang Baru Imron, Melimun juga berharap agar bisa berbuat lebih lagi dari Camat sebelumnya.

"Kepado rajo (Camat red) kami pinta memikirkan untuk lahan jaminan hidup dan permasalahan kami sad lainyo,"pintanya.

Suryadi usai acara ditemui juga berharap agar Warga SAD tetap padat perhatian dan begitupula dengan warga SAD harus tetap tunduk dan patuh pada siapapun penganti dirinya baik itu dengan camat yang baru dan juga dengan Bupati Sarolangun.

"Saya minta mikaey (SAD red) semuanyanya untuk tetap patuh dan tunduk dan tetap mendukung proggram rajo (Bupati red) dan rajo air hitam (camat red) apo lagi untuk ayiek itam ini," pinta Suryadi kepada SAD yang mengerumuninya.

 

 

Camat | Diganti, | Warga | SAD |

Copyright @2015