Putin Disambut Meriah di Pyongyang, Kim Jong Un Janjikan Dukungan Penuh untuk Perang Rusia di Ukraina

  • Bagikan
Presiden Rusia Vladimir Putin disambut oleh pemimpin Korea Utara Kim Jong Un saat tiba di bandara di Pyongyang, Korea Utara, dalam gambar yang dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea pada 19 Juni 2024. KCNA via REUTERS

SEOUL (SR28) – 19 Juni 2024, kerumunan yang bersorak dan upacara meriah menyambut Presiden Rusia Vladimir Putin di Pyongyang pada hari Rabu, di mana pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyatakan “dukungan penuh” untuk perang Rusia di Ukraina dan berjanji untuk memperkuat hubungan strategis dengan Moskow.

Sebuah pasukan kehormatan termasuk tentara berkuda, dan kerumunan besar warga sipil berkumpul di alun-alun Kim Il Sung di tepi Sungai Taedong yang mengalir melalui ibu kota, menurut video yang disiarkan oleh media Rusia. Pemandangan tersebut termasuk anak-anak yang memegang balon, dan potret raksasa kedua pemimpin dengan bendera nasional menghiasi bangunan utama alun-alun. Kim dan Putin kemudian pergi ke Istana Kumsusan untuk melakukan pembicaraan puncak.

“Kami sangat menghargai dukungan Anda yang konsisten dan tak tergoyahkan terhadap kebijakan Rusia, termasuk dalam arah Ukraina,” kata Putin dalam kutipan yang diambil dari kantor berita negara Rusia, RIA, pada awal pembicaraan tersebut.

Putin mengatakan bahwa Moskow sedang melawan kebijakan hegemonik dan imperialistik Amerika Serikat dan sekutunya, menurut laporan media Rusia.

Kim mengatakan bahwa hubungan Korea Utara-Rusia sedang memasuki periode “kemakmuran tinggi baru”. “Sekarang situasi di dunia menjadi lebih rumit dan berubah dengan cepat. Dalam situasi seperti itu, kami bermaksud untuk lebih memperkuat komunikasi strategis dengan Rusia, dengan kepemimpinan Rusia,” kata Kim.

Korea Utara “menyatakan dukungan penuh dan solidaritas kepada pemerintah, tentara, dan rakyat Rusia dalam melaksanakan operasi militer khusus di Ukraina untuk melindungi kedaulatan, kepentingan keamanan, serta integritas wilayah,” tambahnya. Putin tiba di bandara Pyongyang sebelumnya pada hari itu. Setelah Kim menyambutnya dengan pelukan, keduanya berbagi “pikiran terdalam yang terpendam” dalam perjalanan ke rumah tamu negara, menurut media negara Korea Utara.

Putin berada dalam kunjungan pertamanya ke ibu kota Korea Utara dalam 24 tahun, sebuah kunjungan yang kemungkinan akan membentuk kembali hubungan Rusia-Korea Utara selama beberapa dekade di saat kedua negara menghadapi isolasi internasional.

Kemitraan kedua negara adalah “mesin untuk mempercepat pembangunan dunia multi-kutub baru” dan kunjungan Putin menunjukkan ketangguhan dan daya tahan persahabatan serta kesatuan mereka, kata kantor berita negara Korea Utara, KCNA.

Rusia telah menggunakan hubungannya yang semakin hangat dengan Korea Utara untuk mengusik Washington, sementara Korea Utara yang mendapat sanksi berat telah mendapatkan dukungan politik dan janji dukungan ekonomi serta perdagangan dari Moskow. Amerika Serikat dan sekutunya mengatakan mereka khawatir Rusia dapat memberikan bantuan untuk program rudal dan nuklir Korea Utara, yang dilarang oleh resolusi Dewan Keamanan PBB, dan telah menuduh Pyongyang menyediakan rudal balistik dan peluru artileri yang digunakan Rusia dalam perang di Ukraina.

Moskow dan Pyongyang telah membantah adanya transfer senjata.

Kim menyambut Putin, berjabat tangan, berpelukan, dan berbicara di samping pesawat pemimpin Rusia tersebut. Keduanya kemudian menaiki limusin buatan Rusia milik Putin, Aurus, menuju Rumah Tamu Negara Kumsusan.

Kemungkinan karena waktunya, sambutan tersebut adalah acara yang relatif tenang, dengan Kim menyambut pemimpin Rusia di karpet merah tanpa upacara besar seperti yang dilakukan Korea Utara untuk Presiden China Xi Jinping pada kunjungannya tahun 2019.

Foto-foto media negara menunjukkan jalan-jalan di Pyongyang dipenuhi potret Putin dan fasad Hotel Ryugyong berbentuk piramida setinggi 101 lantai yang belum selesai dan kosong diterangi dengan pesan besar “Selamat Datang Putin.”

  • Bagikan