Amerika Serikat dan Tiongkok Lanjutkan Pembicaraan Semi-Resmi Nuklir Setelah Lima Tahun

  • Bagikan
REUTERS/Jason Lee/File Photo

HONGKONG (SR28) – Amerika Serikat dan Tiongkok melanjutkan pembicaraan semi-resmi mengenai senjata nuklir pada bulan Maret untuk pertama kalinya dalam lima tahun, dengan perwakilan Beijing memberi tahu mitra AS mereka bahwa mereka tidak akan menggunakan ancaman nuklir atas Taiwan, menurut dua delegasi Amerika yang hadir.

Perwakilan Tiongkok memberikan jaminan setelah rekan-rekan AS mereka mengungkapkan kekhawatiran bahwa Tiongkok mungkin menggunakan, atau mengancam untuk menggunakan, senjata nuklir jika menghadapi kekalahan dalam konflik atas Taiwan. Beijing menganggap pulau yang diperintah secara demokratis tersebut sebagai wilayahnya, sebuah klaim yang ditolak oleh pemerintah di Taipei.

“Mereka mengatakan kepada pihak AS bahwa mereka yakin sepenuhnya bahwa mereka mampu menang dalam pertempuran konvensional atas Taiwan tanpa menggunakan senjata nuklir,” kata sarjana David Santoro, penyelenggara AS dari pembicaraan Track Two, seperti dilansir dari laman Reuters 21 Juni 2024.

Peserta dalam pembicaraan Track Two umumnya adalah mantan pejabat dan akademisi yang dapat berbicara dengan otoritas mengenai posisi pemerintah mereka, meskipun mereka tidak terlibat langsung dalam penentuannya.

Negosiasi antar pemerintah dikenal sebagai Track One. Washington diwakili oleh sekitar setengah lusin delegasi, termasuk mantan pejabat dan sarjana dalam diskusi dua hari tersebut, yang berlangsung di ruang konferensi hotel di Shanghai. Beijing mengirim delegasi yang terdiri dari para sarjana dan analis, termasuk beberapa mantan perwira Tentara Pembebasan Rakyat.

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri mengatakan dalam menanggapi pertanyaan Reuters bahwa pembicaraan Track Two bisa “bermanfaat”.

Departemen tersebut tidak berpartisipasi dalam pertemuan bulan Maret meskipun menyadari hal itu, kata juru bicara tersebut. Diskusi semacam itu tidak dapat menggantikan negosiasi formal “yang memerlukan peserta untuk berbicara dengan otoritas mengenai isu-isu yang sering sangat terpisah dalam lingkup pemerintahan (Tiongkok),” kata juru bicara tersebut.

Anggota delegasi Tiongkok dan kementerian pertahanan Beijing tidak menanggapi permintaan untuk berkomentar. Diskusi informal antara kekuatan bersenjata nuklir tersebut berlangsung saat AS dan Tiongkok berselisih mengenai isu ekonomi dan geopolitik utama, dengan pemimpin di Washington dan Beijing saling menuduh berbuat tidak baik. Kedua negara tersebut sempat melanjutkan pembicaraan Track One mengenai senjata nuklir pada bulan November namun negosiasi tersebut kemudian terhenti, dengan seorang pejabat AS mengungkapkan frustrasi secara publik terhadap tanggapan Tiongkok. Pentagon, yang memperkirakan bahwa persenjataan nuklir Beijing meningkat lebih dari 20% antara 2021 dan 2023, mengatakan pada bulan Oktober bahwa Tiongkok “juga akan mempertimbangkan penggunaan nuklir untuk memulihkan pencegahan jika kekalahan militer konvensional di Taiwan” mengancam kekuasaan Partai Komunis China (CCP).

Tiongkok tidak pernah meninggalkan penggunaan kekuatan untuk membawa Taiwan di bawah kendalinya dan selama empat tahun terakhir meningkatkan aktivitas militer di sekitar pulau tersebut. Pembicaraan Track Two adalah bagian dari dialog senjata nuklir dan postur yang telah berlangsung dua dekade yang terhenti setelah pemerintahan Trump menghentikan pendanaan pada tahun 2019. Setelah pandemi COVID-19, diskusi semi-resmi dilanjutkan mengenai isu keamanan dan energi yang lebih luas, tetapi hanya pertemuan di Shanghai yang membahas secara rinci mengenai senjata nuklir dan postur.

Santoro, yang menjalankan lembaga think-tank Pacific Forum yang berbasis di Hawaii, menggambarkan “frustrasi” di kedua belah pihak selama diskusi terbaru tetapi mengatakan kedua delegasi melihat alasan untuk melanjutkan pembicaraan. Lebih banyak diskusi sedang direncanakan pada tahun 2025, katanya.

Analis kebijakan nuklir William Alberque dari lembaga think-tank Henry Stimson Center, yang tidak terlibat dalam diskusi bulan Maret, mengatakan bahwa negosiasi Track Two berguna pada saat hubungan AS-Tiongkok sedang membeku. “Penting untuk terus berbicara dengan Tiongkok tanpa ekspektasi apapun,” katanya, ketika senjata nuklir menjadi isu.

  • Bagikan