Gubernur Al Haris Ajak IWO Bersinergi Sampaikan Berita Positif Yang Mendidik

  • Bagikan

JAMBI (SR28) – Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos. MH mengajak seluruh Ikatan Wartawan Online (IWO) Provinsi Jambi untuk turut berperan dan bersinergi bersama Pemerintah Provinsi Jambi dalam menyampaikan berita yang positif yang mendidik masyarakat serta menjadi penangkal dan penjernih terhadap berita-berita hoaks (informasi bohong), yang berdampak tidak baik bahkan bisa merusak dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Apa lagi menjelang Pemilu 2024 yang akan berlangsung. Hal demikian disampaikan Guberunur saat menghadiri Pelantikan Pengurus Pimpinan Wilayah Ikatan Wartawan Online (PW IWO) Provinsi Jambi Periode 2023-2028, bertempat di Hotel Grand Jambi, Minggu, (23/07/2023) malam.

“Saya sangat mengapresiasi terpilihnya para Pengurus Wilayah Ikatan Wartawan Online Indonesia Provinsi Jambi Periode 2023-2028. Saya yakin bahwa para pengurus IWO Provinsi Jambi adalah wartawan-wartawan yang memiliki kemampuan dan kompetensi kewartawanan/jurnalis yang baik, yang bisa melaksanakan tugas dan fungsi dengan baik,” ucap Gubernur Al Haris.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Al Haris juga menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya Pengurus Pimpinan Wilayah Ikatan Wartawan Online (PW IWO) Provinsi Jambi dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Sarolangun dan Kota Sungai Penuh Periode 2023-2028.

“Atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi Jambi, saya mengucapkan selamat kepada seluruh Pengurus Wilayah Ikatan Wartawan Online Provinsi Jambi Periode 2023-2028. Semoga pengurus yang dilantik bisa melaksankan tugas, fungsi dan peran dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan dalam IWO Provinsi Jambi,” ungkap Gubernur Al Haris.

Lebih lanjut Gubernur Al Haris menyampaikan, seiring dengan kondisi zaman era digital dengan segala teknologi canggih, terutama teknologi informasi dan komunikasi, media massa dan jurnalisme juga berubah dengan sangat cepat. “Saat ini, sebagian besar orang membaca berita dan informasi diganti elektronik dengan fungsi praktis yang sering disebur gadget, yakni di hand phone, tablet, atau laptop, yang sebagian besar disajikan oleh media online dan e-paper,” jelas Gubernur Al Haris.

“Media massa dan wartawan juga menghadapi tantangan yang sangat berat dengan semakin maraknya media sosial. Sangat banyaknya dan mudahnya informasi didapatkan melalui media sosial facebook, Instagram, YouTube, twitter, tiktok dan lain sebagainya yang sangat massif penggunannya, tentunya bukan tantangan mudah bagi media massa dan wartawan, termasuk wartawan media online. Untuk itu, seluruh wartawan, termasuk wartawan media online harus terus meningkatkan kualitas, kompetensi dan kreativitas, jika tidak, akan kalah bersaing dan tertinggal,” sambung Gubernur Al Haris.

Gubernur Al Haris menegaskan, media massa dan wartawan harus membangun trust (kepercayaan) masyarakat terhadap medianya, yang tentunya tidak bisa dihasilkan dengan instan, tetapi dengan kerja keras secara berkesinambungan, diantaranya dengan melaksanakan fungsi dengan menerapkan Kode Etik Jurnalistik.

“Kecepatan menghasilkan dan menyajikan berita merupakan salah satu keunggulan media onlne yang dihasilkan oleh para wartawan media online. Suatu peristiwa atau kejadian di suatu daerah bisa disebarluaskan bahkan viral ke seluruh Indonesia bahkan ke luar negeri hanya dalam beberapa jam. Untuk itu Saya berharap agar kecepatan dalam penyajian berita tidak mengorbankan ketepatan data dan kualitas substansi. Untuk itu, check, recheck, and check again merupakan salah satu hal yang harus dijunjung tinggi dalam menerapkan fungsi jurnalistik untuk memproduksi berita yang berkualitas dan terpercaya,” tegas GubernurAl Haris.

Gubernur Al Haris juga mengajak seluruh wartawan online turut berperan menjadi penangkal dan penjernih terhadap hoaks (informasi bohong), yang berdampak tidak baik bahkan bisa merusak dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. “Tahun 2024, kita akan menggelar pesta akbar demokrasi, baik Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, Pilkada serentak nasional, anggota DPRD Provinsi, dan anggota DPR kabupaten/kota. Mari ciptakan suasana yang sejuk dan damai,” ajak Gubernur Al Haris.

“Mari bersama kita ciptakan kondisi yang kondusif melalui pemberitaan yang konstruktif, termasuk dengan memerangi hoaks. selain itu, saya mengajak rekan-rekan wartawan media online untuk mempromosikan daerah yang kita cintai ini dengan segala sumber daya/potensi yang dimilikinya, demi peningkatan perekonomian dan kemajuan Provinsi Jambi,” lanjut Gubernur Al Haris.

“Sekali lagi, selamat atas Pelantikan Pengurus Pimpinan Wilayah Ikatan Wartawan Online (PW IWO) Jambi Periode 2023-2028. Selamat bekerja, selamat berkarya untuk kemajuan diri sendiri, media online, IWO Provinsi Jambi, serta berkontribusi terhadap kemajuan daerah, bangsa dan negara,” pungkas Gubernur Al Haris.

Sementara itu, Ketua Umum DPP IWO Jodhi Yudono menyampaikan, kehadiran IWO di Provinsi Jambi dapat menjadi pelaku sejarah dalam peradaban zaman. Sehingga menjadi pelaku penyampai pesan kebenaran dengan meninggalkan berita hoaks.

“Wartawan yang di IWO sebagai penyampai pesan kebenaran, kini kita zaman peradaban online apa yang terjadi diseluruh dunia sudah ada digenggaman kita, sehingga menjadi pelaku penyampai pesan kebenaran dengan meninggalkan berita hoaks,” ujar Jodhi. (ags)

  • Bagikan