Gubernur Al Haris : Porprov Ajang Cetak Atlet Berprestasi

  • Bagikan
Gubernur saat membuka secara resmi Pekan Olahraga Provinsi

JAMBI (SR28) – Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos. MH mengemukakan, ajang Porprov merupakan agenda penting dalam rangka silaturrahmi antar atlet, selain itu ajang ini juga mencetak atlet berprestasi baik secara nasional maupun internasional, disamping itu selama ini atlet Jambi juga mempunyai potensi. Demikian dikemukakan Gubernur saat membuka secara resmi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-XXIII Provinsi Jambi Tahun 2023, bertempat di Stadion Tri Lomba Juang KONI, Kota Jambi, Senin (10/07/2023) malam.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Jambi, saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pemerintah kabupaten/kota Se-Provinsi Jambi, para atlet, pelatih, offisial dan seluruh kontingen, atas partisipasinya dengan persiapan dan latihan yang matang, untuk mengikuti perhelatan olahraga tingkat Provinsi Jambi, Pekan Olahraga Provinsi ke-XXIII Provinsi Jambi Tahun 2023,” ujar Gubernur AL Haris.

“Prestasi yang diraih pada Porprov ini tak hanya akan membawa harum nama kabupaten/kota, namun juga akan menunjukkan perkembangan dan pembangunan olahraga di Provinsi Jambi, selain itu sebagai langkah strategis dan kongkret demi pembangunan olahraga Provinsi Jambi yang jauh lebih baik dan berkelanjutan,” lanjut Gubernur Al Haris.

Dikatakan Gubernur Al Haris, pelaksanaan Porprov Provinsi Jambi seyogya-nya dilaksanakan di tahun 2020 yang lalu, karena Indonesia dilanda Covid-19 termasuk Provinsi Jambi dilanda pandemi, tidak bisa menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah pada tahun 2023 ini Covid sudah melandai dan habis, baru sekarang dilaksanakan sebagai ajang silaturrahmi para atlet sekaligus momentum untuk memperbaiki, mengevaluasi dan menyempurnakan bidang keolahragaan, dalam rangka mengangkat prestasi dan pembinaan olaharaga di Provinsi Jambi,” kata Gubernur Al Haris.

Gubernur Al Haris menjelaskan, bersatu dan bekerja sama menjadi modal utama dalam pencapaian tujuan disegala bidang. Seluruh stakeholder (pemangku kepentingan) harus bersama-sama meningkatkan sinergisitas dan kolaborasi agar pembangunan dunia olahraga Provinsi Jambi dapat menjadi salah satu ikhtiar untuk mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas. “Berprestasi di ajang nasional hingga internasional memang sebuah kebanggaan luar biasa. Namun lebih dari itu, bidang olahraga yang maju dan berkembang menjadi salah satu ruang untuk menunjukkan kualitas sumber daya manusia,” jelas Gubernur Al Haris.

Lebih lanjut Gubernur Al Haris mengemukakan, Pemerintah Provinsi Jambi berkomitmen memajukan bidang olahraga di Provinsi Jambi, dengan meningkatkan prestasi olahraga di tingkat daerah dan nasional.

“Saat ini Pemerintah Provinsi Jambi berkomitmen tingkatkan olahraga dengan membangun stadion berstandar internasional, agar sarana latihan bisa tercapai dan bisa diikuti banyak perserta dari kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jambi,” tutur Gubernur Al Haris.

“Olahraga memiliki dampak besar terhadap seluruh kehidupan manusia serta memberi pengaruh baik pada bidang sosial, ekonomi hingga budaya. Oleh karena betapa prestisiusnya event olaharaga ini dalam menunjukkan keberhasilan kita dalam mengembangkan kualitas sumber daya manusia daerah, saya berharap event pekan olahraga ini menjadi momentum bagi kita untuk mengevaluasi sejauh mana program pembangunan yang dilaksanakan telah mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia Provinsi Jambi dalam mewujudkan insan-insan berkualitas,” sambung Gubernur Al Haris.

“Kalau berbicara tentang atlet, kita di Jambi memang selama ini tidak kalah dengan provinsi lain, Provinsi Jambi juga banyak menghasilkan atlet. Dengan adanya Porprov ini diharapkan akan bertambah dan semakin banyak lagi atlet-atlet dari Jambi yang nantinya dapat berlaga di kancah nasional dan internasional,“ sambung Gubernur Al Haris lagi.

Gubernur Al Haris juga mengajak seluruh elemen masyarakat di Provinsi Jambi untuk menjadikan kegiatan Porprov sebagai pemersatu dan mempererat persaudaraan dan penyambung silaturahmi dengan saudara-saudari se-Provinsi Jambi, sehingga dengan semangat persatuan dan kesatuan dapat membangun Provinsi Jambi. “Mari bersama kita memanfaatkan event Pekan Olahraga Provinsi Jambi sebagai mencari bibit-bibit baru dalam bidang olahraga, selain itu untuk membangun ekonomi masyarakat, mengembangkan sektor pariwisata serta meningkatkan kreativitas dan kegiatan positif lainnya demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat dan daerah,” ajak Gubernur Al Haris.

“Selamat berlomba dan saya berpesan kepada seluruh wasit, juri, offisial, atlet dan kontingen peserta Pekan Olahraga Provinsi ke-XXIII Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2023 untuk menjunjung tinggi sportivitas serta berkompetisilah secara jujur,” pungkas Gubernur Al Haris.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Provinsi Jambi, Budi Setiawan,S.P.,M.M., menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jambi melalui Gubernur Jambi Al Haris, dengan bantuan Pemerintah Provinsi Jambi KONI bisa menyelenggarakan Porprov.

“Mungkin selama ini penyelenggaraan Porprov tahun inilah yang paling megah dan mantap, baik persiapan dan penyelengaraan karena dibantu penuh dengan Pemerintah Provinsi Jambi. Terima kasih kepada Bapak Gubernur Al Haris atas perhatian beliau yang sangat besar sekali untuk memajukan olahraga di Provinsi Jambi ini,” kata Budi Setiawan.

“Dalam pelaksanaan Porprov ini kabupaten/kota se-Provinsi Jambi telah menyelenggarakan pertandingan antara mereka, sudah tentu yang terseleksi pasti yang menang, disini kita lomba lagi, sudah tentu nantinya bisa menghasilkan atlet yang berprestasi, nantinya langsung kita ikutkan Pon di Provinsi Aceh. Insya Allah Jambi bisa menghasilkan atlet yang bermutu, selama ini Jambi juga mempunyai potensi atlet yang berbakat,” tambah Budi Setiawan.

Sementara itu juga, Wakil Ketua Umum KONI Pusat Mayjen (Purn) Suwarno menyampaikan, tujuan dilaksanakan Porprov adalah untuk menjaring para atlet mulai dari kabupaten/kota yang berada di Provinsi Jambi, untuk disaring dan dilombakan untuk menjadi atlet provinsi, dan nantinya juga dilombakan lagi untuk menjadi atlet nasional.

“Tujuan kita adalah untuk mencari bibit atlet yang berada didaerah untuk diangkat menjadi atlet nasional yang bisa mengharumkan nama daerah dan bangsa kita,” ujar Mayjen (Purn) Suwarno.

Dalam kesempatan ini Gubernur Al Haris juga menyerahkan tali asih kepada atlet-atlet senior berprestasi yang pernah mengharumkan nama Provinsi Jambi ditingkat nasional dan Internasional.
Pada Open Ceremony Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-XXIII Provinsi Jambi Tahun 2023 yang berlangsung dengan meriah ini, selain menampilkan parade defille kontingen dari kabupaten/kota se-Provinsi Jambi dan kegiatan lainnya, juga turut dimeriahkan dengan hadirnya penyanyi papan atas Indonesia, Charly Van Houten Setia Band. (ags)

  • Bagikan