Selasa, Januari 19, 2021

Belum Dilintasi Mobil Sisi Ofrit Jembatan Sungai Bakung Sudah Retak-retak

KUALA TUNGKAL (SR28) – Peningkatan Jembatan Parit Bakung Kecamatan Sebrang Kota, Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang dikerjakan oleh CV Hardianty dengan Dana...

Pembangunan Jalan Kelurahan Tungkal Harapan Asal Jadi, Baru Seumur Jagung Sudah Retak dan Berlubang

KUALA TUNGKAL (SR28) – Pembangunan jalan atau peningkatan skala di kawasan Kelurahan Tungkal Harapan, Kecamatan Tungkal Ilir, KabupatenTanjung Jabung Barat oleh Dinas...

Sriwijaya Air Wajib Ganti Rugi Rp1,25 M per Penumpang SJ182

JAKARTA - Keluarga korban kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182 berhak atas ganti rugi dari pihak maskapai. Hal tersebut mengacu pada Pasal 141 ayat (1)...

Besok Divaksin, Begini Kondisi Kesehatan Jokowi

JAKARTA - Sekretariat Presiden memastikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjalani vaksinasi Covid-19 pada Rabu (13/1) besok di Istana Kepresidenan Jakarta....

Technology

Fachrori Lepas Ekspor Perdana Kopi Kerinci melalui Pelabuhan Talang Duku

KERINCI (SR28) - Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, menaruh harapan besar akan pembangunan perkebunan serta peningkatan ekonomi masyarakat saat melakukan Pelepasan Ekspor Perdana Kopi Kerinci melalui Pelabuhan Talang Duku, Selasa (28/7/2020).

Fachrori mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan kegiatan ekspor perdana Kopi Kerinci melalui Pelabuhan Talang Duku yang tentunya dapat memberi dampak positif bagi pembangunan serta perekonomian Jambi.

Gubernur Jambi, H. Fachrori Umar saat penyerahan dokumen

"Dampak positif pada nilai jual dan nilai tambah Kopi Kerinci juga dapat meningkatkan kesejahteraan secara langsung maupun tidak langsung bagi petani dan keluarga," ungkap Fachrori.

Hadirnya Kopi Kerinci di Belgia memberi ruang dan kesempatan bagi petani dalam hal pemasaran yang terkadang menjadi kendala saat masa panen tiba.

"Mengurangi tingkat kejenuhan pasar kopi dalam negeri dan harapan lain kita dapat menjaga ekosistem lingkungan dengan mengikuti arahan pihak terkait yang melakukan pendampingan bagi petani," sambung Fachrori.

Selanjutnya, Gubernur Jambi menegaskan kepada semua pihak untuk berupaya menjamin iklim pertanian yang kondusif dan stabilisasi harga ditingkat petani dengan terus berinovasi agar tata niaga tetap stabil, serta harus berinovasi termasuk mencari pembeli baru dari luar negeri.

"Saat kopi melimpah, tidak terjadi penurunan harga dan ini momentum kebangkitan Kopi Kerinci dan kopi daerah Jambi lainnya," ujar Fachrori.

Fachori Umar menyatakan bahwa Provinsi Jambi memiliki potensi besar untuk mengembangkan komoditas perkebunan rakyat, seperti kopi, kayu manis, karet, pinang, dan kelapa. “Pendampingan organisasi petani oleh Rikolto salah satunya membantu menjembatani petani kopi di Jambi untuk memasuki pasar Eropa. Kami ingin mengajak organisasi petani untuk terus meningkatkan kualitas kopi, juga praktik budidaya yang lebih baik dan ramah lingkungan, sehingga pendapatan petani juga meningkat secara berkelanjutan.”

Bupati Kerinci, H.Adi Rozal mengaku sangat senang dengan kegiatan yang langsung dirasakan masyarakat Kerinci, khususnya petani kopi dengan terealisasinya ekspor tersebut. "Kata tidak cukup untuk ungkapkan terima kasih atas kegiatan ini yang telah memberi perhatian serta pemasaran yang mempermudah penjualan dan peningkatan harga di masyarakat," ungkap Bupati Kerinci.

Bupati Kerinci, H.Adi Rozal saat menyampaikan sambutan

Adi Rozal mengatakan, pelepasan ekspor perdana Kopi Kerinci melalui pelabuhan Talang Duku memberi semangat bagi petani kopi yang menunggu masa tanam 2,5 - 3 tahun menjelang masa panen. "Dulu, harga empat ribu sekarang bisa 20 ribu sekilo, dan Kopi Kerinci tingkat keasaman yang sangat baik setelah dites labor. Untuk itu, jaga kualitas dan ikuti standar eksportir," terang Adi Rozal.

Kepala Badan Karantina Pertanian Provinsi Jambi Kelas I, Guntur,SP,MM menyampaikan bahwa komoditas ekspor yang dilepas perdana ke Benua Eropa ini bernilai Rp1,4 miliar yang selama ini ekspor Kopi Kerinci dan juga komoditas lainnya dilakukan melalui pelabuhan yang ada di luar Provinsi Jambi.

"Akhirnya bisa lakukan ekspor langsung melalui Jambi, biasanya melalui Belawan Medan, Teluk Bayur Padang, bahkan Teluk Panjang Lampung dan harapan kita tambah volume, frekuensi guna meningkatkan perekonomian. Kita masih ada kayu manis, cangkang sawit/PKE, sarang burung walet, kelapa. Ada 24 jenis dengan tujuan 32 negara," ujar Guntur.

Guntur menambahkan, Jambi yang memiliki komoditas unggulan yang telah laris di pasar global, namun selama ini masih dilalulintaskan melalui pelabuhan di luar Jambi. Produk pertanian tersebut antara lain kulit kayu manis (Cassiavera) yang juga berasal dari Kabupaten Kerinci dan Merangin, cangkang sawit, sarang burung walet, dan kelapa bulat asal Tanjung Jabung Timur.

Kopi Kerinci berdasarkan data dari sistem perkarantinaan, IQFAST di Karantina Pertanian sepanjang Januari hingga Juli 2020 telah difasilitasi ekspornya sebanyak dua kali pengiriman dengan total 16,25 kilogram tujuan Hongkong.

Koperasi Koerintji Barokah Bersama yang berlokasi di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, mengekspor 15,9 ton kopi Arabika Spesialti ke Belgia, dengan pendampingan LSM Rikolto. Koperasi Koerintji Barokah akan mengirimkan sebanyak 290 karung kopi (15,9 ton) Arabika Spesialti dalam 5 varian proses ke ‘Sucafina Specialty’, perusahaan kopi berbasis di Antwerp, Belgia, yang menghubungkan kopi berkualitas dari organisasi petani dengan roaster di kawasan Asia Pasifik, Amerika, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika. Meskipun ekspor kali ini merupakan ekspor perdana yang dilakukan secara mandiri oleh Koperasi Koerintji Barokah, namun Koperasi ini telah berhasil menjual kopinya ke pasar internasional sejak 2017 yaitu sebanyak tiga kali ke Belgia, serta ke Amerika Serikat dan Hong Kong. (Muhammad Sidik)

- Advertisement -

Wabup Hadiri Rapat Paripurna Pembahasan Empat Raperda Inisiatif DPRD Tanjabbar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Hadiri paripurna Kedua, Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Amir Sakib sampaikan tanggapan Bupati atas empat Ranperda inisiatif DPRD yang disampaikan oleh Ketua Bapemperda pada rapat paripurna pertama beberapa hari yang lalu, Senin (27/07/2020).

Sebelumnya juga diagendakan pemandangan umum anggota dewan terhadap 2 Raperda Pemkab Tanjung Jabung Barat terkait penegakan Protokol Kesehatan dan Perubahan ketiga atas peraturan daerah nomor 6 tahun 2011 tentang pajak daerah.

Rapat paripurna yang digelar di Ruang Rapat Paripurna ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Mulyani Siregar, didampingi Wakil Ketua DPRD, serta diikuti oleh 22 Anggota Dewan, Sekretaris Daerah, Kepala OPD, Kepala Bagian di Lingkup Sekretariar Daerah, Kepala BUMD, serta  undangan lainnya.

Ketua DPRD Mulyani Siregar SH mengatakan, 4 Raperda Inisiatif DPRD Kabupaten Tanjab Barat sesuai dengan jadwal pembahasan. Empat Raperda inisiatif DPRD meliputi Ranperda tentang pencegahan dan penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya, Ranperda tentang penanganan disabilitas dan Lansia, Ranperda tentang perlindungan Produk Unggulan Daerah, dan Ranperda tentang Penyelenggaran Perpustakaan.

Wabup H. Amir Sakib dalam sambutannya sampaikan apresiasi atas usaha dan kerja keras jajaran DPRD Tanjung Jabung Barat dalam penyusunan Raperda Inisiatif DPRD hingga dapat dilakukan pembahasan bersama."Tentunya hal ini itu merupakan suatu prestasi yang sangat signifikan artinya bagi keberlangsungan pelaksaan fungsi Legislasi DPRD Tanjab Barat.

"Besar harapan kami, hal ini menjadi motivasi dan pemacu semangat sehingga mampu meningkatkan kinerja dalam penyusunan produk hukum daerah yang berkualitas," ujar Wabup.

Terkait Raperda pencegahan dan penyalahgunaan narkotika, Wabup berharap perda ini nantinya dapat mengatasi permasalahan serta mengatur secara khusus dan komprehansif tentang penyelenggaraan pencegahan dan rehabilitasi korban penyalahgunaan narkotika. Begitu juga terkait Ranperda penangan disabilitas dan lansia, Wabup berharap perda ini nantinya dapat mengakomodir permasalahan terkait perlindungan dan pemberdayaan lansia dan penyandang disabilitas."imbuh nya

Sementara terkait, Raperda perlindungan produk unggulan daerah wabup berharap Perda ini nantinya dapat dijadikan sebagai pedoman dalam penataan produk unggulan daerah agar memiliki daya saing." Ranperda ini merupakan pedoman dan landasan hukum terhadap pengembagan dan tata kelola produk unggulan daerah, guna mendukung pelaksanaan pembangunan daerah dan peningkatan kesejateraan masyarakat.

"Kami berharap keempat Ranperda ini dapat dibahas pada tahap selanjutnya dengan berpedoman kepada perundang undangan yang berlaku," tambahnya.

Mengakhiri sambutanya, Wabup berharap kemitraan antara Pemerintah Daerah dan DPRD dapat ditingkatkan sehingga terwujud  mekanisme kerja yang saling dukung." pungkas Wabup. (Sabri)

Dampak Corona, Penerimaan Pajak Kota Jambi Masih Rendah

KOTA JAMBI - Belum maksimalnya realisasi Pendapatan Daerah itu, juga akibat dari kebijakan pembebasan pajak beberapa sektor yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Jambi, lantaran untuk menghentikan sementara kegiatan di masa awal kehadiran virus corona.

Wabup Amir Sakib Ikuti Apel Siaga Pencegahan dan Pengendalian Karhutla

KUALA TUNGKAL (SR28) - Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Amir Sakib ikuti apel siaga pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan Provinsi Jambi yang dilaksanakan di Lapangan Bola Distrik VII PT. Wirakarya Sakti (WKS) Tanjab Timur.

Pj. Sekda Provinsi Jambi, H. Sudirman, SH, MH selaku Pemimpin apel siaga dalam sambutannya menyampaikan bahwa memasuki musim kemarau 2020, lahan gambut  menjadi perhatian khusus kesiapsiagaan personel pengendalian kebakaran hutan dan lahan Provinsi Jambi, terutama lahan gambut yang berada di kawasan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur dan Muaro Jambi."paparnya.

Selain itu sebagai upaya dalam meningkatkan kesiapsiagaan personel pengendalian Karhutla, Pj. Sekda Provinsi Jambi juga berharap apel siaga dan kegiatan latihan bersama ini dapat meningkatkan sinergitas antara Pemerintah, TNI, POLRI serta unsur masyarakat dalam pengendalian kebakaran lahan dan hutan, khususnya di Provinsi Jambi. “Melalui Apel Siaga dan Pelatihan Bersama ini, kita tingkatkan sinergitas Pemerintah, TNI–Polri, Dunia Usaha dan Masyarakat Dalam Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Jambi," ujarnya.

Sementara itu, Wabup H. Amir Sakib juga sepakat bahwa lahan gambut yang tersebar di 3 Kabupaten lingkup Privinsi Jambi ini perlu mendapatkan perhatian lebih dalam upaya pencegahan Karhutla. Hal itu disampaikannya dalam wawancaranya usai kegiatan apel siaga. Wabup juga berharap tujuan pelaksanaan apel siaga dan pelatihan dalam meningkatkan kemampuan personel dan meningkatkan sinergitas semua elemen masyarakat dapat tercapai."Kita sudah memasuki musim kemarau 2020, berdasarkan pengalaman kita, lahan gambut ini memang perlu perhatian lebih dalam pencegahan dan penanggulangan Karhutla,"tutur nya.

Lanjut Amir Sakib, "Selain itu, kesiapsiagaan personel pengendalian kebakaran hutan dan lahan perlu ditingkatkan lagi, terutama pada musim kemarau, seperti arahan Pj Sekda Provinsi Jambi, kita agar Lebih meningkatkan upaya pencegahan sebagai antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, dan ini akan kita tindak lanjuti melalui koordinasi dengan para Camat, TNI, Polri di wilayah kita," tambahnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Pangdam II/Swj, Kapolda Jambi, Danrem 042/Gapu, Kajati Provinsi Jambi, Kepala BPBD Provinsi Jambi, Wakil Bupati Tanjab Timur, Dandim 0415/Batanghari, Dandim 0419/Tanjab, Kapolres Tanjab Barat, dan Kapolres Tanjab Timur. (Sabri)

KPU Matangkan Sistem Aplikasi Si Rekap

JAMBI - Melalui aplikasi berbasis online Si Rekap diharapkan dapat mempercepat proses rekapitulasi data hasil pemungutan suara pada Pilkada serentak 2020 ini yang kahirnya akan berimplikasi memepercepat proses pengumuman pemenang pemilu.

Latest News

Ini Pertimbangan Hakim Tolak Praperadilan Habib Rizieq

JAKARTA - Hakim Akhmad Sahyuti menolak gugatan praperadilan yang diajukan Habib Rizieq Shihab terkait penetapan tersangka kasus pelanggaran kekarantinaan kesehatan dan penghasutan kerumunan di Petamburan, Tanah...

BREAKING NEWS:Black Box Sriwijaya Air SJ182 Ditemukan!

JAKARTA - Black box atau kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ182 ditemukan. Kotak hitam itu kemudian dibawa ke daratan. Seperti dikutip dari Antara,...

Tak Layak Masuk Dalam Pemiliharaan, Aktivis Endus Dugaan Korupsi Uang Negara Di Pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tanjabbar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Terkait hasil kerja pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tingkat Provinsi Jambi yang berada di Desa Tungkal 1 (Satu)...

Di Akhir Jabatannya, Bupati Safrial Resmikan Proyek Fisik Infrastruktur 2016-2020

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr. Ir.H.Safrial didampingi Wabup Drs. H. Amir Sakib, Senin (11/01/21) kemarin di Laman Orang...

Yuk Intip, Ini Daftar Kekayaan 5 calon Kapolri

JAKARTA (SR28)- Perrgantian Kapolri direncanakan akan rampung pada akhir Januari 2021 ini. Sederet nama pun mulai muncul ke publik, mulai dari petinggi...

Music

Antisipasi Inflasi di Akhir Tahun, Pemkot Jambi Rencanakan Gerakan Tanam Cabai dan Operasi Pasar

KOTA JAMBI - Jika nantinya terjadi kenaikan harga bahan pangan, pemerintah kota juga tengah menyisihkan dana untuk melakukan beberapa langkah operasi pasar.

Selain itu, pemkot jambi juga tengah merencanakan gerakan menanam cabai untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan. Dimana, pemerintah melalui dinas terkait akan menyiapkan bibitnya secara gratis bagi masyarakat.

Rahima Minta DWP Provinsi Jambi Tingkatkan Peranan Bangun Jambi

JAMBI (SR28) - Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jambi Hj.Rahima Fachrori berharap agar kinerja DWP terus meningkat terutama dalam membangun Provinsi Jambi. Harapan tersebut dikemukakannya dalam Serah Terima Jabatan (Sertijab) Ketua Dharma Wanita Persatuan UIN, DWP Dinas Nakertrans, DWP Bakesbangpol, DWP RSUD Raden Mattaher, dan DWP Rumah Sakit Jiwa Daerah, di Aula DWP Provinsi Jambi, Rabu (23/9/2020).Rahima berpesan agar DWP dapat menjalankan peran dan fungsinya, terutama menjadi mitra pemerintah dalam membangun Provinsi Jambi.

"Saya menaruh harapan yang cukup besar terhadap Dharma wanita Persatuan Provinsi Jambi untuk dapat memainkan peran dan fungsinya secara baik dan terarah. Bekerjalah dengan baik dan profesional," ungkap Rahima.

Rahima juga berharap agar DWP dapat mendorong kaum perempuan di Provinsi Jambi secara umum  dan anggota DWP khususnya untuk terus berkiprah dan berkarya, mampu mandiri secara ekonomi dan berperan lebih luas untuk turut serta menggerakkan roda pembangunan di Provinsi Jambi.

"Saya meminta DWP Persatuan Provinsi Jambi  menciptakan hubungan harmonis dengan dinas/instansi terkait di Povinsi Jambi, maupun dinas/instansi terkait lainnya di jajaran pemerintah pusat, serta masyarakat Provinsi Jambi.  Dharma wanita Persatuan Provinsi Jambi selama ini telah memberikan warna bagi proses perjalanan pembangunan bidang pemberdayaan perempuan di Provinsi Jambi," ujar Rahima.

Rahima mengatakan, tujuan utama pendirian DWP yang kuat adalah meningkatkan sumber daya anggota keluarga Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mencapai kesejahteraan nasional.

"Sebagai organisasi yang diusung untuk tujuan kesejahteran bersama, Dharma Wanita memiliki tugas pokok yaitu membina anggota, memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan, menjalin hubungan kerja sama dengan berbagai pihak, serta meningkatkan kepedulian sosial serta melakukan pembinaan sosial," kata Rahima.

Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jambi Hj.Iin Kurniasih Sudirman menyampaikan bahwa Dharma Wanita adalah sebuah organisasi kemasyarakatan yang menghimpun dan membina istri pegawai negeri sipil/ASN.

"Dharma wanita persatuan wajib bersyukur dan patut berbangga karena telah menjadi sebuah organisasi perempuan yang besar dan semoga tujuan organisasi DWP sebagai center of excellent bisa tercapai,” kata IIn Kurniasih.

Iin Kurniasih mengemukakan, DWP Provinsi Jambi harus yakin dan optimis dalam membangun organisasi yang lebih modern, profesional, disertai dengan program-program pengembangan dan peningkatan kualitas anggota DWP yang berkesinambungan, dan menjadikan anggota DWP secara aktif memberikan kontribusi, pemikiran, gagasan, dan pandangan terhadap pembangunan di negeri yang kita cintai.

Iin Kurniasih Sudirman mengajak para pengurus dan anggota DWP Provinsi Jambi untuk selalu berupaya meningkatkan kualitas, sebagai organisasi istri ASN agar mampu bekerja secara profesional dan menjalankan program kerja secara terintegrasi.

"Untuk itu dibutuhkan komitmen dan kerja sama yang solid, menyamakan gerak dan langkah untuk mencapai tujuan," jelas Iin Kurniasih (Humas)

Sabar Ya, Tahun 2021 Tidak Ada Kenaikan Upah

JAMBI - Keputusan untuk tidak menaikan UMP 2021 tersebut juga telah tertuang dalam surat keputusan Gubernur Jambi per tanggal 2 November 2020 lalu. Dan penetapan UMP tahun 2021 juga telah ditetapkan pemerintah melalui berbagai pertimbangan matang bersama serikat pekerja.

KPU Ingatkan Paslon Untuk Lengkapi SK Pengunduran Diri Bila Tidak Akan Dicoret

KUALA TUNGKAL (SR28) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjab Barat sebagai penyelenggara Pilkada 2020 ingatkan Pasangan Calon (Paslon) Pilkada Kabupaten Tanjab Barat untuk segra siapkan Surat keputusan (SK) pemberhentian  instansi tempat Paslon  bekerja, 5 hari sebelum penetapan calon, atau 30 hari sebelum hari H pencoblosan.

Hal itu telah tertuang dalam Peraturan KPU RI Nomor 1 tahun 2019, dimana  anggota TNI, Polri, PNS/ASN, Anggota DPRD, Kepala Desa, Perangkat Desa serta instansi pemerintah lainnya yang ikut sebagai peserta dalam pemelihan kepala Daerah (Pilkada) wajib mengundurkan diri.

Ketua KPU Khairuddin melalui Komisioner KPU Tanjab Barat Divisi Teknis Peyelenggaraan, M Taufik menjelaskan, peserta wajib menyatakan secara tertulis pengunduran diri sebagai anggota TNI, Polri, PNS/ASN, kepala desa atau perangkat desa sejak ditetapkan sebagai pasangan calon bupati dan wakil Bupati.

"Hal itu tertuang dalam aturan," ujar Taufik.

Lebih tegas Taufik mengingatkan kepada peserta Pilkada Kabupaten Tanjab Barat 2020.

"Peserta Pilkada wajib melampirkan surat pengundurkan diri dan surat keterangan tidak lagi bekerja di instansi pemerintahan dan DPRD,DPR Provinsi,dengan menyerahkan berkas pengunduran dirinya ke KPU setidaknya 5 hari sebelum penetapan calon," tegasTaufik.

Lanjut Taufik,"Jika dalam 30 Hari menjelang pencoblosan Paslon yang masih berstatus ASN ataupun Anggota Legislatif yang telah mendaftar  sebagai peserta Pilkada Tanjabbar tidak menyerahkan SK pemberhentian dari instansi terkait maka KPU dengan tegas mencoret Daftar nama yang bersangkutan dalam pendaftaran sebagi paslon pilkada 2020 mendatang dan tidak boleh diganti."Jika peserta hingga waktu yang ditetapkan tidak menyerahkan surat pengunduran diri dan bukti lainnya maka paslon tersebut akan di coret," tambah Taufik.

Untuk itu, pihaknya kembali mengingatkan kepada peserta Paslon Pilkada Kabupaten Tanjab Barat agar menyiapkan berkas yang menjadi syarat sah tahapan Pilkada secepatnya. (Sabri)

Besok KPU Tanjabbar Akan Tertibkan Baliho Alat Sosialisasi Paslon Pikada 2020

KUALA TUNGKAL (SR28) - Setelah penetapan dan pengambilan Nomor Urut pasangan Calon (Paslon) Kepala Daerah Atau Pilkada selanjutnya KPU Tanjung Jabung Barat besok, Jumat (25/09/2020) akan menertibkan Baliho Pasangan Calon Kepala Daerah (Paslon) yang merupakan Alat Sosialisasi yang terpasang disetiap Sudut kota Kuala Tungkal  dan pelosok-pelosok.

Hal tersebut seperti dikatakan  oleh Hairuddin, Ketua KPU Tanjab Barat, Kamis (24/09/2020) kepada sejumlah wartawan usai melaksanakan Pengambilan Nomor Urut Paslon,Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di aula Tungkal Hotel.

"KPU juga sudah mengimbau kepada pasangan calon untuk penertiban alat peraga sosialisasi atau Alat Peraga Kampanye (APK) berupa baliho yang dipasang Kami memohon kepada pasangan calon itu di turunkan secepat nya dan paling lambat besok,” ujar Hairuddin.

Adapun terkait penertiban dan keamanan KPU Tanjabbar akan berkoordinasi dengan Satpol PP untuk memantau alat sosialisasi dari masing-masing calon kepala daerah.

"Apabila masih terpasang dengan waktu yang kita tentukan maka itu akan ditertibkan,dan untuk pasangan nanti alon itu akan diganti dengan alat peraga, tempatnya tulisannya dibuat oleh KPU setelah dicetak nanti akan dipasang oleh Pasangan calon,” jelasnya.

Mengenai jumlah jumlah APK-nya nanti yang dicetak oleh KPU Tanjab Barat dimana setiap pasangan calon dapat menambah sebesar 200% dari yang lainnya.

"Untuk masa pemasangan APK akan dimulai tanggal 26 September 2020 sampai tanggal 5 Desember 2020,dan harinya nanti akan kita atur lagi dan selama tiga hari tanggal 9 Desember,” pungkasnya. (Sabri)

Culture

- Advertisement -

Pulau Jawa Dikabarkan Memiliki Potensi Terkena Tsunami Setinggi 20 Meter

Pulau Jawa dikabarkan memiliki potensi terkena tsunami setinggi 20 meter. Selengkapnya dirangkum dalam Indonesia 24 Jam.

Sumber: JAMBI28 TV

Polda Jambi Grebek Gudang Produksi BBM Oplosan

KOTA JAMBI (SR28) - Tim Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jambi menggerebek gudang yang memproduksi BBM Oplosan di Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi. Dari penggerebekan itu polisi berhasil mengamankan sebanyak 50 ribu liter bahan bakar minyak (BBM) yang sudah dioplos oleh para pelaku.

Sumber: JAMBI28 TV

Akankah Nasdem Putar Arah Dukungan Pada Pilgub Jambi?

KOTA JAMBI (SR28)- Kabar mengejutkan muncul dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Provinsi Jambi. Teka teki terkait "heningnya" mesin politik Partai Nasdem pasca menyatakan dukungan pada pemilihan Gubernur Jambi ke pasangan CE-RATU pada 4 September 2020 kemarin mulai terkuak ke permukaan.

Hal tersebut secara terang-terangan dinyatakan oleh Ketua DPW Nasdem, Agus Roni kepada awak media pada Jumat pagi (13/11).

Roni mengaku kecewa dengan sikap Cek Endra yang justru tidak kooperatif pada last minutes setelah mendapat rekomendasi dari DPP Nasdem.

Selain itu, i'tikad baik dari Cek Endra pasca kejadian di KPU kala itu hingga detik ini juga disebut Roni tidak ada sama sekali langkah untuk melakukan rekonsiliasi. Bahkan Cek Endra disebut Roni benar-benar menghilang pasca  mendapat dukungan dari DPP Nasdem awal September 2020."Kita kan dari DPP sudah menyatakan dukungan Partai pada Pilgub 2020, yaitu ke CE-RATU. Nah yang kami sayangkan adalah dari yang bersangkutan (Cek Endra) yang justru tidak mau menunggu lagi perbaikan surat dari partai kami. Dia bilang sudah tidak ada waktu lagi. Sehingga kejadiannya Nasdem menjadi tidak bisa mengusung di KPU. Selain itu hingga sampai sekarang Cek Endra maupun tim koalisi tidak ada sama sekali menghubungi kami. sama sekali tidak ada" ungkap Agus Roni kepada awak media (Jumat 13 November 2020).

Berangkat dari hal tersebut, Roni menegaskan jika Partai besutan Surya Paloh tersebut akan menggelar rapat evaluasi pada hari Minggu (15/11) yang akan langsung dihadiri oleh Ketua Bappilu Nasdem, Prananda Paloh.

"Kita akan gelar rapat evaluasi pada hari minggu di Hotel BW Luxury. Disana kita akan undang semua kandidat dan melalui silahturahim dengan semua kandidat tersebut Nasdem akan menentukan sikap politiknya. Karena hingga saat ini kader Nasdem dibebaskan untuk memilih siapa saja. Nah tentu kita sayang dengan suara kita ini. Nasdem kan dari hasil pemilihan ada semua kursi di DPRD Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pusat. Itu yang kita sayangkan" Tambah Roni

Kendati dengan sikap Nasdem yang pada hari ini telah menyentak semua kandidat, Roni juga menyebut jika Nasdem akan mencari betul siapa kandidat yang terbaik.

"kita mau yang memimpin Jambi ini yang terbaik" tutup Roni

- Advertisement -

Must Read

Breaking News! Istri dan Anak Rocky Candra Positif Covid-19

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Rocky Candra pada Sabtu malam (26/9) resmi mengumumkan kabar terkait Covid-19 yang menyerang keluarganya. Dalam keterangan tertulis resminya Rocky menyebut jika istri dan anaknya yang paling kecil berusia 7 bulan positif covid-19 per 25 september 2020 kemarin.

Berikut pesan tertulis resmi dari Rocky Candra

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh
semoga bapak dan ibu serta keluarga senantiasa dalam keadaan sehat.
Bapak ibu yg saya hormati Saya Rocky Candra, Wakil Ketua DPRD Prov.Jambi - warga Villa Gading Mayang menginformasikan bahwa saya dan keluarga saya telah melaksanakan SWAB.
Dari hasil SWAB  menyatakan bahwa Istri saya BCS usia 32 tahun dan Putri saya AZO usia 7 bulan Positif COVID 19, pada tgl 25 september kemarin, dan saat ini telah melaksanakan isolasi mandiri di kediaman pribadi kami di luar villa gading mandiri.
Adapun Saya dan kedua anak saya yg lain serta adik sepupu saya berdasarkan hasil SWAB di nyatakan negative
Mengingat putri saya baru berusia 7 bulan saya berinisiatif untuk isolasi mandiri sesuai aturan KEMENKES .
Anak dan istri saya sama sekali tidak ada gejala, saya melakukan swab sekeluarga menyusul dengan keluarnya hasil Positif lebih dahulu Covid - 19 dari pengasuh anak saya yang bekerja paruh waktu di kediaman saya.
Istri saya sebagai ibu rumah tangga yang jarang sekali beraktifitas di luar rumah begitupun anak saya yg baru berusia 7 bulan, kami sekeluarga sudah semaksimal mungkin melaksanakan protokoler kesehatan,Tapi saya meyakini ini adalah ujian dari Allah untuk saya dan keluarga
Alhamdulilah istri dan anak saya  hari ini dalam keadaan sehat dan mudah mudahan kedepannya juga seperti itu. Mohon doa dari bapak2 dan ibu2 sekalian agar saya dan keluarga dapat melalui cobaan ini dan kami dapat berkumpul kembali.
atas pehatian bapak dan ibu saya ucapkan terimakasi..??
Fastabiqul khairat
wassalamualaikum Warahmatullah Wabarakatu

Aksi Demo Petani di Jambi Ditengah Pandemi

KOTA JAMBI (SR28) - Ratusan masa petani yang tergabung dalam Gestur Jambi  menggelar aksi demontrasi di kawasan perkantoran Telanaipura, Kota Jambi. Aksi tersebut digelar dalam upaya penyampaian aspirasi kepada Pemerintah yang berbarengan dengan peringatan hari Tani ke 60.

Sumber: JAMBI28.TV

Partai Gelora Dampingi Penuh Jend (Purn) Syafril Nursal ke Batanghari

BATANGHARI (SR28)- Safari politik yang dilakukan oleh pasangan FU-SN pada hari ini (Kamis 15 Oktober 2020) fokus menyisir Kabupaten Batanghari. Hari ini (15/10) misalnya Calon Wakil Gubernur Jend (Purn) Syafril mengunjungi beberapa desa di Btanghari antara lain Desa Pulau Betung, Kelurahan Muara Bulian, Kelurahan Teratai, Pasar Kramat Tinggi Muara Bulian, Kelurahan Kampung Baru, Kelurahan Tanjung Marwo, Desa Ampelu Mudo serta Kelurahan Muara Jangga.

Kedatangan mantan Kapolda Sulteng itu disambut dengan gegap gempita oleh para petinggi partai pengusung dan masyarakat yang memang sudah lama menunggu kehadiran pasangan calon ini.

Dalam lawatannya, Syafril tampak berdiskusi secara langsung dengan warga dan tokoh masyarakat serta melantik timses di Kecamatan Pemayung.

Para petinggi partai setempat juga tampak mendampingi penuh safari politik Syafril di Batanghari, termasuk Partai Gelora.

"Kami hari ini full mendampingi pak jenderal keliling Batanghari. Kami telah menghimpun massa disetiap titik yang dikunjungi oleh pak jenderal" Ungkap Jangti, Ketua Gelora Batanghari.

Jangti juga menyatakan jika Partainya punya alasan sangat kuat untuk memenangkan FU-SN pada Pilkada 2020 ini.

"Pak FU bersih, beliau birokrat handal dan santun. sedangkan pak jenderal tentu dia bisa tegas. kita juga tidak ragu jaringannya di Bhayangkara akan bisa memaksimalkan dalam pembangunan di Provinsi Jambi" Tambahnya

Selain kampanye secara berkeliling disetiap Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi, dijadwalkan ketiga Paslon akan mengikuti debat kandidat pada 24 Oktober 2020 mendatang dengan 3 geleombang.

DPRD Tebo Setujui Ranperda Perubahan RPJMD

TEBO (SR28)-DPRD Kabupaten Tebo menyetujui dan menerima Rancangan Peraturan Daerah Tentang Perubahan atas Perda No. 6 Tahun 2017 tentang RPJMD Kabupaten Tebo Tahun 2017- 2022 menjadi Peraturan Daerah, Kamis (04/06/2020)..Hal tersebut disampaikan pada Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Tebo Dalam Rangka Penyampaian Laporan Bapemperda terhadap Ranperda Perubahan RPJMD yang diselenggarakan terpisah melalui konferensi video serta dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD, Syamsulrizal, SE., M. Si., dan Aivandri, AB..

Wakil Bupati Tebo, Syahlan, SH., dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam pandangan akhir tersebut terlihat semangat kebersamaan dalam pembangunan daerah ditengah pandemi proses tersebut dilakukan dengan semangat demokrasi..Beliau juga mengatakan bahwa RPJMD merupakan instrumen yang diarahkan untuk memecahkan masalah dan menjawab isu isu strategis yang akan dihadapi kedepannya. Substansi pokok di dalam perubahan tersebut adalah sasaran pembangunan dapat tercapai..

"Substansi perubahan RPJMD adalah agar sasaran pembangunan daerah Tahun 2021-2022 tercapai. Hal tersebut diawali dengan upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi yang ditandai peningkatan laju pertumbuhan ekonomi serta indikator lainnya seperti tingkat kemiskinan, pengangguran terbuka, indeks gini dan indeks pembangunan manusia." jelas beliau.

Diakhir sambutannya, Wabup Syahlan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung pelaksanaan pembangunan dengan mengawal dan mengevaluasi prosesnya untuk percepatan pembangunan menuju Tebo Tuntas 2022.

Jurnalis: Rd Ari

Nelayan Melihat Pesawat Jatuh Saat Hujan Deras di Sekitar Lokasi Jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182

JAKARTA - Berdasarkan informasi dari Kepala Seksi Pemerintahan dan Transit Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Surachman mengatakan, nelayan Pulau Lancang mendengar ledakan di...

Breaking News!!! Pemkot Jambi Kembali Liburkan Siswa PAUD, SD dan SMP se-Kota Jambi

KOTA JAMBI (SR28)-  Setelah melaksanakan keputusan Walikota Jambi nomor 245 Tahun 2020 tentang Penetapan Pelaksanaan Relaksasi di Bidang Pendidikan Tahun Ajaran 2020-2021 selama 3 pekan terhitung 13 juli 2020, pada hari Rabu (6/8/2020) Pemerintah Kota Jambi secara resmi kembali meliburkan siswa/i PAUD/TK, SD dan SMP yang ada di Kota Jambi. Keputusan tersebut diambil setelah menyikapi melonjaknya kasus Covid 19 di Kota Jambi dan Provinsi Jambi sebanyak 19 orang. Angka ini tercatat sebagai angka terbesar setelah klaster Gowa yang membuat panik masyarakat Provinsi Jambi pada bulan Mei lalu.

Keputusan untuk meliburkan kembali siswa-siswi ini disampaikan secara langsung oleh Kadis Pendidikan Kota Jambi Mukhlish dengan melalui surat resmi dengan perihal pemberitahuan yang ditujukan kepada seluruh Kepala PAUD, SD dan SMP tetanggal 5 Agustus 2020. Para siswa ini diminta untuk melakukan Pembelajaran Jarak Jauh terhitung 6 Agustus 2020 hingga 19 Agustus 2020.

Berikut surat resminya

Jurnalis: Muhammad Sidik

Lifestyle Magazine

Rahima Minta DWP Provinsi Jambi Tingkatkan Peranan Bangun Jambi

JAMBI (SR28) - Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jambi Hj.Rahima Fachrori berharap agar kinerja DWP terus meningkat terutama dalam membangun Provinsi Jambi. Harapan tersebut dikemukakannya dalam Serah Terima Jabatan (Sertijab) Ketua Dharma Wanita Persatuan UIN, DWP Dinas Nakertrans, DWP Bakesbangpol, DWP RSUD Raden Mattaher, dan DWP Rumah Sakit Jiwa Daerah, di Aula DWP Provinsi Jambi, Rabu (23/9/2020).Rahima berpesan agar DWP dapat menjalankan peran dan fungsinya, terutama menjadi mitra pemerintah dalam membangun Provinsi Jambi.

"Saya menaruh harapan yang cukup besar terhadap Dharma wanita Persatuan Provinsi Jambi untuk dapat memainkan peran dan fungsinya secara baik dan terarah. Bekerjalah dengan baik dan profesional," ungkap Rahima.

Rahima juga berharap agar DWP dapat mendorong kaum perempuan di Provinsi Jambi secara umum  dan anggota DWP khususnya untuk terus berkiprah dan berkarya, mampu mandiri secara ekonomi dan berperan lebih luas untuk turut serta menggerakkan roda pembangunan di Provinsi Jambi.

"Saya meminta DWP Persatuan Provinsi Jambi  menciptakan hubungan harmonis dengan dinas/instansi terkait di Povinsi Jambi, maupun dinas/instansi terkait lainnya di jajaran pemerintah pusat, serta masyarakat Provinsi Jambi.  Dharma wanita Persatuan Provinsi Jambi selama ini telah memberikan warna bagi proses perjalanan pembangunan bidang pemberdayaan perempuan di Provinsi Jambi," ujar Rahima.

Rahima mengatakan, tujuan utama pendirian DWP yang kuat adalah meningkatkan sumber daya anggota keluarga Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mencapai kesejahteraan nasional.

"Sebagai organisasi yang diusung untuk tujuan kesejahteran bersama, Dharma Wanita memiliki tugas pokok yaitu membina anggota, memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan, menjalin hubungan kerja sama dengan berbagai pihak, serta meningkatkan kepedulian sosial serta melakukan pembinaan sosial," kata Rahima.

Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jambi Hj.Iin Kurniasih Sudirman menyampaikan bahwa Dharma Wanita adalah sebuah organisasi kemasyarakatan yang menghimpun dan membina istri pegawai negeri sipil/ASN.

"Dharma wanita persatuan wajib bersyukur dan patut berbangga karena telah menjadi sebuah organisasi perempuan yang besar dan semoga tujuan organisasi DWP sebagai center of excellent bisa tercapai,” kata IIn Kurniasih.

Iin Kurniasih mengemukakan, DWP Provinsi Jambi harus yakin dan optimis dalam membangun organisasi yang lebih modern, profesional, disertai dengan program-program pengembangan dan peningkatan kualitas anggota DWP yang berkesinambungan, dan menjadikan anggota DWP secara aktif memberikan kontribusi, pemikiran, gagasan, dan pandangan terhadap pembangunan di negeri yang kita cintai.

Iin Kurniasih Sudirman mengajak para pengurus dan anggota DWP Provinsi Jambi untuk selalu berupaya meningkatkan kualitas, sebagai organisasi istri ASN agar mampu bekerja secara profesional dan menjalankan program kerja secara terintegrasi.

"Untuk itu dibutuhkan komitmen dan kerja sama yang solid, menyamakan gerak dan langkah untuk mencapai tujuan," jelas Iin Kurniasih (Humas)

Satu Tenaga Medis Terpapar Covid-19, Puskesmas Koni Kota Jambi Ditutup Sementara

KOTA JAMBI (SR28) - Lantaran satu tenaga medis terpapar Covid-19, Puskesmas Koni Kota Jambi akhirnya ditutup sementara daris egala aktifitas pelayanan kesehatan masyarakat selama tiga hari.

Satu Tenaga Medis Terpapar Covid-19, Puskesmas Koni Kota Jambi Ditutup Sementara

Satu Tenaga Medis Terpapar Covid-19, Puskesmas Koni Kota Jambi Ditutup Sementara

Posted by JAMBI28 TV on Tuesday, September 22, 2020
Sumber: JAMBI28.TV

Ombudsman Sebut Tanjabbar Masuk Predikat Tinggi Dalam Pelayanan Publik

KUALA TUNGKAL (SR28) - Ketua Ombudsman RI Perwakilan Jambi, Dr. Jafar Ahmad, S.Ag, M.Si sebut Tanjung Jabung Barat di tahun 2019 merupakan salah satu kabupaten yang memperoleh Predikat Tinggi dalam pelayanan publik. Hal ini disampaikannya kepada Bupati Tanjab Barat Dr. Ir. Safrial, MS saat rapat Persiapan Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2021 di Aula Bapenda (16/09).

Rapat yang dipimpin langsung Bupati Safrial bersama Ombudsman Perwakilan Provinsi Jambi tersebut diadakan untuk melakukan pengamatan kelengkapan standar pelayanan minimal yang ada pada seluruh Perangkat Daerah di Lingkup Kabupaten Tanjab Barat mulai tanggal 15 s/d 16 September 2020.

Bupati H. Safrial dalam arahannya mengatakan pelayanan publik adalah merupakan suatu kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundangan-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, dan pelayanan administratif yang disediakan penyelenggara pelayanan publik.

"Saya sangat berharap perhatian besar dari seluruh Kepala Perangkat Daerah sekalian untuk dapat mengikuti Rapat hari ini dengan baik dan dapat memanfaat kesempatan ini dengan sebaiknya," ujarnya.

lanjut Bupati mengatakan semoga rapat hari ini dapat memberikan masukan terhadap kekurangan dari standar pelayanan publik yang telah ditetapkan perangkat daerah sekaligus memberikan pendampingan dalam rangka persiapan penilaian kepatuhan standar pelayanan publik tahun 2021.

"Saya berharap nantinya Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat masih bisa memperoleh predikat tingkat kepatuhan tinggi yang bukan hanya dari hasil nilai yang diperoleh tetapi lebih kepada pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Mari layani dengan baik,Kalau bisa dipermudah kenapa dipersulit," tegas Safrial.

Sementara Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jambi mengatakan pada tahun 2019 Pemkab Tanjab Barat mendapat penilaian dengan predikat dengan kepatuhan tinggi, dengan nilai rata rata 88,26%. Ombudsman berharap prestasi tersebut bisa lebih ditingkatkan, termasuk oleh OPD yang tidak dinilai.

"Saya berharap OPD yang tidak dinilai oleh Ombudsman Perwakilan Jambi selain dari Disdukcapil, Dinsos, Dishub, DPMTSP dan Dinas Tenaga Kerja juga ada perhatian untuk memperbaiki pelayanan minimal standar pelayan publik," harapnya.

Turut hadir dalam acara ini Sekda, Asisten III, Tim Ombudsman Perwakilan Jambi, Para Kepala OPD, Camat Tungkal Ilir, Para Kabag di lingkup Sekretariat Daerah serta tamu undangan lainnya. (Sabri)

Aktris Cantik Ini Putuskan Jadi Transgender

Aktris nominasi Oscar Ellen Page mengumumkan memutuskan untuk menjadi transgender, Selasa (1/12/2020). Pemeran utama dalam film Juno itu pun mengganti namanya menjadi Elliot. Menurutnya banyak kaum trans yang menghadapi pelecehan dan ancaman. Ia berharap dirinya bisa mengubah dunia menjadi lebih baik.

Dua Paslon Gubernur Jambi Saling Klaim Kemenangan

JAMBI - Paslon Gubenrur Jambi Nomor Urut 1 Cek Endra - Ratu dan Palson Nomor urut 3 Haris-Sani saling klaim kemenangan. Namun klaim kemenangan tersebut berdasarkan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survey.

Video News

- Advertisement -

Wabup Merangin Apresiasi Pemusnahan BB Narkotika

MERANGIN - Wakil Bupati (Wabup) Merangin H Mashuri, sangat mengapresiasi pemusnahan Barang Bukti (BB) narkotika, senpi rakitan dan kosmetik tanpa izin yang dilakukan Kejari Merangin, Kamis (25/6).

Pada acara yang berlangsung di pelataran Gedung Kejari Merangin tersebut, BB yang dimusnahkan sebagain besar merupakan narkotika jenis ekstasi dan ganja. Ada sekitar 46 eitem BB yang dimusnahkan.

‘’Pemusnahan BB narkotika ini, akan semakin memotifasi Pemkab Merangin dalam memerangin Narkoba dan kian mendesak kita untuk membentuk Badan Nasional Narkotika Kabupaten Merangin,’’ujar Wabup.

Pada kesempatan itu, wabup mengucapkan terimakasih kepada Kejari Merangin yang sudah bersinergi dengan penegak hukum lainnya dan Pemkab Merangin, untuk  bersama-sama membasmi peredaran narkotika.

Sementara itu Kajari Merangin NyMartha Parulinaa Berliana mengatakan, Kejari Merangin akan terus berupaya, setidaknya memperkecil angka pelanggaran tindak pidana narkoba.

‘’Kita telah lakukan sosialisasi bahaya narkotika kepada para generasi muda Kabupaten Merangin lewat media radio dengan acara Jaksa Menyapa. Kita ingin generasi muda kita menghindari tindak pidana narkotika ini,’’ujar Kajari.

Diakui Kajari, peredaran narkotika di Kabupaten Merangin cukup tinggi dan perlu penanganan serius dari semua pihak. Kejari Merangin tegas Ny Martha,sangat komit terhadap penanganan tindak pidana narkotika.

Satgas Pastikan Baru Satu Anggota DPRD yang Positif Corona

JAMBI - Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi memastikan hingga saat ini, baru satu orang yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 dari klaster perjalanan dinas anggota DPRD Jambi tersebut. Kendati demikian, Satgas tetap memfasilitasi bagi ke 14 anggota dewan lain untuk melakukan pemeriksaan uji swab jika merasa diperlukan.

Pjs Gubebrnur Jambi Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

JAMBI (SR28) - Ikut peringatan Hari Kesaktian Pancasila melalui siaran virtual. Pemerintah Provinsi Jambi ajak masyarakat memahami arti Pancasila sebagai falsafah negara ditengah pandemo Covid-19.

Sekolah Tatap Muka Diizinkan Mulai Januari 2021, Sekolah Diminta Persiapkan Diri

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengizinkan kepala derah dan kantor wilayah Kementerian Agama untuk menentukan sendiri pembelajaran tatap muka di wilayahnya.

Kebijakan tersebut mulai berlaku pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 atau mulai Januari 2021. Maka dari itu, ia meminta sekolah-sekolah mempersiapkan hal itu dengan baik.

Gubernur Jambi Kepingin Terpilih Lagi Di Pilgub Jambi

JAMBI - Gubernur Jambi Fachrori Umar yang juga calon Gubernur Jambi dengan nomor urut 2 melakukan pencoblosan di TPS 08 yang berada di belakang rumah dinas Gubenrur Jambi.

Dengan didampingi istri sang petahana mengaku kepingin kembali memimpin provinsi Jambi untuk 5 tahun ke depan.

Hut Tanjabbar Ke-55 Bupati Safrial Sampaikan PDRB Meningkat 5,35% dari Tahun Lalu

KUALA TUNGKAL (SR28) - Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) merupakan indikator yang memiliki peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu daerah dimana semakin tinggi PDRB maka dapat dikatakan bahwa pertumbuhan ekonominya juga semakin tinggi. Titik nilai produk domestik regional bruto (PDRB) merupakan ukuran produktivitas yang mencerminkan seluruh nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu wilayah dalam satu tahun. Demikian dijelaskan Bupati Safrial saat memberikan sambutan Upacara Hut Tanjab Barat Ke-55 (10/08) kemarin.

Lanjut Bupati  Safrial.”Kabupaten Tanjung Jabung Barat merupakan kabupaten yang memiliki PDRB terbesar dibandingkan kabupaten-kabupaten lain di provinsi Jambi. Berdasarkan data BPS tercatat bahwa nilai PDRB Kabupaten Tanjung Jabung Barat atas dasar harga berlaku 2010 pada tahun 2019 mencapai 42.51 triliun rupiah. Secara nominal nilai PDRB ini mengalami kenaikan sebesar 1.7 Triliun Rupiah dibandingkan tahun 2018 yang mencapai  40.83 Triliun Rupiah.” Naiknya nilai PDRB ini dipengaruhi oleh meningkatnya produksi di seluruh lapangan usaha dan adanya inflasi," jelasnya.

Berdasarkan harga konstan 2010, Angka PDRB juga mengalami kenaikan dari 28.86 Triliun Rupiah pada tahun 2018, menjadi 30.35 Triliun Rupiah pada tahun 2019. Hal ini menunjukkan selama tahun 2019 Kabupaten Tanjung Jabung Barat mengalami pertumbuhan ekonomi sekitar 5.35%.

"Hal ini lebih cepat dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 4.90% peningkatan nilai PDRB ini menunjukkan perekonomian di kabupaten ini mengalami pertumbuhan yang positif,"tandas nya. (Sabri)

- Advertisement -

Music

KPU Tetapkan 2,4 Juta Daftar Pemilih Sementara Provinsi Jambi

JAMBI (SR28) - Menjelang Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang. Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jambi akhirnya menetapkan Daftar Pemilih Sementara tingkat Provinsi Jambi tahun 2020 berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi DPS yakni sebanyak 2,4 Juta orang.

KPU Tetapkan 2,4 Juta Daftar Pemilih Sementara Provinsi Jambi

KPU Tetapkan 2,4 Juta Daftar Pemilih Sementara Provinsi Jambi

Posted by JAMBI28 TV on Friday, September 18, 2020
Sumber: JAMBI28.TV

Breaking News!!! Pemkot Jambi Kembali Liburkan Siswa PAUD, SD dan SMP se-Kota Jambi

KOTA JAMBI (SR28)-  Setelah melaksanakan keputusan Walikota Jambi nomor 245 Tahun 2020 tentang Penetapan Pelaksanaan Relaksasi di Bidang Pendidikan Tahun Ajaran 2020-2021 selama 3 pekan terhitung 13 juli 2020, pada hari Rabu (6/8/2020) Pemerintah Kota Jambi secara resmi kembali meliburkan siswa/i PAUD/TK, SD dan SMP yang ada di Kota Jambi. Keputusan tersebut diambil setelah menyikapi melonjaknya kasus Covid 19 di Kota Jambi dan Provinsi Jambi sebanyak 19 orang. Angka ini tercatat sebagai angka terbesar setelah klaster Gowa yang membuat panik masyarakat Provinsi Jambi pada bulan Mei lalu.

Keputusan untuk meliburkan kembali siswa-siswi ini disampaikan secara langsung oleh Kadis Pendidikan Kota Jambi Mukhlish dengan melalui surat resmi dengan perihal pemberitahuan yang ditujukan kepada seluruh Kepala PAUD, SD dan SMP tetanggal 5 Agustus 2020. Para siswa ini diminta untuk melakukan Pembelajaran Jarak Jauh terhitung 6 Agustus 2020 hingga 19 Agustus 2020.

Berikut surat resminya

Jurnalis: Muhammad Sidik

Bikin Ngakak, Begini Reaksi Kaesang Ditanya Netizen Soal Pernah Jumpa Presiden

Kaesang Pangarep membuat video TikTok yang kocak. Ia termangu saja dalam rekaman singkat di aplikasi tersebut.

Kaesang Pangarep terdiam setelah melihat ada netizen yang bertanya sudah pernah ketemu presiden atau belum. Selama video TikTok itu diunggah, ia cuma melamun saja dengan ekspresi datar.

DPRD Tebo dan Bupati Ikuti Upacara Kenegaraan Secara Virtual

TEBO (SR28)- Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Tebo bersama Bupati dan Wakil Bupati mengikuti Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tebo dalam rangka mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI secara virtual. Kegiatan setahun seklai tersebut digelar di Aula Rapat DPRD pada hari  Jum'at (14/08/2020).

Rapat tersebut langsung dipimpin oleh Ketua DPRD Tebo, Mazlan dan Wakilnya Aivandri serta diikuti anggota DPRD Kabupaten Tebo lainnya.

Dalam sambutannya pada sidang tersebut, Mazlan mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menjadikan HUT RI Ke-75 ini sebagai momentum instrospeksi diri dan mengisi kemerdekaan dengan hal yang positif.

"Pada peringatan HUT RI Ke-75 ini baiknya kita jadikan momentum untuk memperbaiki diri dan bersyukur karena kita bisa menikmati kemerdekaan. Rasa syukur tersebut diwujudkan dengan memberikan kontribusi nyata untuk perbaikan ditengah masyarakat." ujarnya.

Sementara itu Presiden RI Joko Widodo pada Pidato Kenegaraan mengatakan meskipun peringatan pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya dikarenakan pandemi Covid-19, namun semangat untuk mengisi kemerdekaan harus semakin baik.

"Mari kita jadikan momentum musibah pandemi sebagai kebangkitan baru untuk melakukan lompatan besar di berbagai aspek. Inilah saatnya kita membenahi diri secara fundamental, melakukan transformasi besar." ajaknya.

Kemudian Presiden Jokowi juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjadikan krisis yang disebabkan pandemi ini dijadikan pembelajaran. Dia mengibaratkan kondisi saat ini seperti sebuah komputer dimana ketika ada kendala akan memiliki kesempatan menyetting ulang semua sistemnya.

"Jangan sia siakan pelajaran yang diberikan oleh krisis. Jangan biarkan krisis membuahkan kemunduran. Justru momentum Krisi ini harus kita bajak untuk melakukan lompatan kemajuan." tegasnya.

Rapat Paripurna turut diikuti oleh Sekretaris Daerah, Drs. Teguh Arhadi, MM, Unsur Forkopimda, Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati, dan Kepala OPD dan Bagian Lingkup Pemkab Tebo

Jurnalis Muhammad Sidik

Sport News

Bupati Tanjabar Safrial MS Salurkan Bantuan Sosial Beras Untuk PKH

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr. Ir. H. Safrial MS serahkan langsung secara simbolis Bantuan sosial beras (BSB) Tahun 2020 kepada perwakilan keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (PKH) Di Gudang Bulog Kuala Tungkal, Selasa(20/10).

Disampaikan Kadis Sosial Drs. Syarifudin MM dalam laporannya, bantuan beras kepada keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (KPM PKH) ini, diperentukan bagi keluarga harapan yang terdampak covid 19 yang mencapai 11. 435 KPM.

"Beras yang disiapkan yaitu kualitas premium dengan kemasan 15 kilogram, dan penyaluran bantuan sosial tersebut akan dilaksanakan selama tiga bulan terhitung sejak Agustus sampai Oktober 2020," jelas Syarifudin.

Sementara itu Bupati H. Safrial dalam sambutannya berharap bantuan ini dapat mengurangi beban masyarakat, khususnya yang terdampak pandemi covid 19. Namun, Bupati juga ingatkan kepada masyarakat untuk tetap produktif selama masa pandemi.

"Kita berharap dengan bantuan ini dapat mengurangi beban ekonomi, yang paling penting kita tekankan, selain bantuan ini kita harus bekerja, karena di era new normal ini kita harus bekerja, ekonomi berjalan dan kesehatan harus dijaga" katanya

Bupati H. Safrial juga menghimbau masyarakat untuk selalu patuhi protokol kesehatan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari, terlebih dengan adanya Perda yang mengatur tentang pelaksanaan dan penerapan protokol kesehatan di masyarakat.

"Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tanjab Barat untuk selalu patuhi protokol kesehatan apalagi kita sudah ada perda tentang Covid 19, artinya jika ada Peraturan Daerah pasti ada sanksinya, jadi saya berharap masyarakat betul-betul menyadari Covid 19 ini sangat berbahaya maka Protokol kesehatan harus dilaksanakan" tegas Bupati.

Ditanya soal persedian Beras di Gudang Bulog , Bupati Safrial langsung Gudang Beras Bulog mengatakan, persedian beras yang tersedia di Gudang Bulog diperkirakan cukup untuk 3 bulan kedepan."hadir dalam acara ini, Para Kepala OPD, Camat, Ka Bulog, Masyarakat Penerima Bantuan serta tamu undangan lainnya. (Sabri)

Tok-Tok…Seluruh Fraksi DPRD Tebo Setujui Ranperda Pelaksanaan APBD T.A. 2019

TEBO (SR28)- Seluruh Fraksi di DPRD Kabupaten Tebo menerima dan menyetujui Nota Pengantar Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Tebo tentang Pertangungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019. Hal tersebut disampaikan Aivandri AB, Juru Bicara sekaligus Wakil Ketua DPRD Tebo saat membacakan pendapat akhir fraksi fraksi  pada Rapat Paripurna yang dilaksanakan di Aula Rapat DPRD Kabupaten Tebo, Senin (27/07/2020).

Delapan fraksi yang dibacakan pendapat akhirnya, seluruhnya dapat menerima dan menyetujui Ranperda Pelaksanaan APBD T.A. 2019 tersebut. Selain itu fraksi fraksi yang ada juga mengapresiasi pencapaian pemerintah dalam mempertahankan Predikat WTP untuk ke- Lima Kali secara berturut.Wakil Bupati, Syahlan, SH., dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota dewan atas kerja keras dan menerima semua catatan dan rekomendasi yang disampaikan setiap fraksi untuk perubahan yang lebih baik.

"Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi untuk kerja keras semua pihak baik eksekutif maupun legislatif. Hal itu merupakan wujud kontribusi untuk membawa Kabupaten Tebo lebih baik lagi kedepannya." ungkapnya.

Kedepannya menurut Wabup Syahlan setelah dievaluasi oleh Pemerintah Provinsi, Perda akan menjadi pendoman dan panduan untuk melakukan perbaikan agar WTP dapat dipertahankan dan akan jadi instrumen dalam melaksanakan pembangunan.Ranperda yang telah disetujui akan diserahkan dalam waktu tiga hari kedepan kepada Gubernur Jambi untuk kemudian dievaluasi. Hasil evaluasi tersebut akan disahkan menjadi Perda.Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Mazlan, S. Kom., didampingi Wakil Ketua Syamsul Rizal, SE., M. Si, Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Drs. Teguh Arhadi, MM, Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati, Kepala OPD dan Camat serta peserta lainnya.

disadur dari pemkab tebo

Jurnalis: Rd Ari

25 Orang Terjaring Razia Masker, Langsung Dihukum Ditempat

KOTA JAMBI (SR28) - Pasca Walikota Jambi Syarif Fasha menyatakan diri terpapar virus Covid-19. Satgas penanganan Covid-19 Kota Jambi meningkatkan kegiatan razia penggunaan masker di Jalan Raya. Setidaknya dalam razia tersebut ada 25 orang terjaring razia masker dan langsung dihukum ditempat.

25 Orang Terjaring Razia Masker, Langsung Dihukum Ditempat

25 Orang Terjaring Razia Masker, Langsung Dihukum Ditempat

Posted by JAMBI28 TV on Wednesday, September 16, 2020
Tak gunakan masker langsung dihukum ditempat
- Advertisement -

Mendagri RI Larang Bansos Covid 19 Untuk Pencitraan Politik Calon Kepala Daerah

JAMBI (SR28) - Terkait bansos Covid-19, Mendagri Tito Karnavian akan memberikan sanksi bagi calon petahana pilkada serentak tahun 2020 provinsi Jambi jika gunakan bansos untuk kepentingan pencitraan politik para calon kepala daerah.

Sumber: JAMBI28 TV

Besok Divaksin, Begini Kondisi Kesehatan Jokowi

JAKARTA - Sekretariat Presiden memastikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjalani vaksinasi Covid-19 pada Rabu (13/1) besok di Istana Kepresidenan Jakarta....

Perselingkuhan Via Medos Warnai Perceraian PNS di Kota Jambi

KOTA JAMBI (SR28) - Bukan hanya warga masyarakat biasa, tahun 2020 juga diwarnai banyak perceraian PNS. Sejauh ini Pengadilan Agama Jambi mencatat setidaknya ada 56 kasus perceraian PNS hingga bulan Agustus 2020 dengan latar belakang utama terjadinya perselingkuhan.

Perceraian karena perselingkuhan meningkat

Besok KPU Tanjabbar Akan Tertibkan Baliho Alat Sosialisasi Paslon Pikada 2020

KUALA TUNGKAL (SR28) - Setelah penetapan dan pengambilan Nomor Urut pasangan Calon (Paslon) Kepala Daerah Atau Pilkada selanjutnya KPU Tanjung Jabung Barat besok, Jumat (25/09/2020) akan menertibkan Baliho Pasangan Calon Kepala Daerah (Paslon) yang merupakan Alat Sosialisasi yang terpasang disetiap Sudut kota Kuala Tungkal  dan pelosok-pelosok.

Hal tersebut seperti dikatakan  oleh Hairuddin, Ketua KPU Tanjab Barat, Kamis (24/09/2020) kepada sejumlah wartawan usai melaksanakan Pengambilan Nomor Urut Paslon,Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di aula Tungkal Hotel.

"KPU juga sudah mengimbau kepada pasangan calon untuk penertiban alat peraga sosialisasi atau Alat Peraga Kampanye (APK) berupa baliho yang dipasang Kami memohon kepada pasangan calon itu di turunkan secepat nya dan paling lambat besok,” ujar Hairuddin.

Adapun terkait penertiban dan keamanan KPU Tanjabbar akan berkoordinasi dengan Satpol PP untuk memantau alat sosialisasi dari masing-masing calon kepala daerah.

"Apabila masih terpasang dengan waktu yang kita tentukan maka itu akan ditertibkan,dan untuk pasangan nanti alon itu akan diganti dengan alat peraga, tempatnya tulisannya dibuat oleh KPU setelah dicetak nanti akan dipasang oleh Pasangan calon,” jelasnya.

Mengenai jumlah jumlah APK-nya nanti yang dicetak oleh KPU Tanjab Barat dimana setiap pasangan calon dapat menambah sebesar 200% dari yang lainnya.

"Untuk masa pemasangan APK akan dimulai tanggal 26 September 2020 sampai tanggal 5 Desember 2020,dan harinya nanti akan kita atur lagi dan selama tiga hari tanggal 9 Desember,” pungkasnya. (Sabri)

TV

Bupati Tanjabbar Ingatkan Lurah Tidak Lakukan Mark Up dan Fiktif Kelola Dana Kelurahan

KUALA TUNGKAL (SR28) - Pemerintah pusat sejak tahun 2019 telah mengalokasikan Dana Alokasi Umum (DAU) bagi pembangunan sarana dan prasarana serta pemberdayaan masyarakat kelurahan. Di Tahun 2019 dan 2020 Pemkab Tanjab Barat juga telah mengalokasikan anggaran dalam APBD untuk 20 kelurahan.

Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial, MS saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Camat dan Lurah se-Tanjab Barat di Balai Pertemuan Kantor Bupati, rabu (30/9), secara tegas mengingatkan Lurah agar mengelola dana kelurahan dengan baik sesuai aturan.

"Jangan ada mark up dan fiktif. Bikin proyek padat karya dengan melibatkan masyarakat lokal secara swakelola. Para Camat juga awasi dan pantau dana kelurahan. Bantu dalam pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB)," tegasnya.

Bupati H. Safrial juga berpesan kepada lurah agar dalam pengelolaan dana desa di rapatkan dulu dengan masyarakat. Jangan sampai ada kepentingan lurah dalam pelaksanaannya. Dalam melaksanakan kegiatan Lurah harus aktif berkoordinasi dengan Camat, Tim Koordinasi Pelaksanaan Dana Kelurahan, Inspektorat ataupun langsung dengan BPKP.

"Melalui Rakor Percepatan Dana Kelurahan ini saya harap Camat dan Lurah dapat menyamakan persepsi, sehingga sarana dan prasarana serta pemberdayaan masyarakat di kelurahan bisa berjalan dengan baik tanpa ada permasalahan,"timpal Bupati.

Sebelumnya Kabag Tata Pemerintahan Setda Hermansyah, S.STP melaporkan kegiatan Rakor Camat dan Lurah bertujuan untuk memberikan info dan pemahaman kepada Camat dan Lurah agar anggaran dana kelurahan 2020 berdampak pada pelayanan dan kesejahteraan masyarakat.

Turut hadir mendampingi Bupati, Sekda Ir. H. Agus Sanusi, M.Si dan Asisten Pemerintahan dan Kesra Hidayat, SH, MH. Sebagai pemateri, Inspektur Drs. Encep Zarkasih dan Tim Koordinasi Pelaksanaan Dana Kelurahan KabupatenTanjab Barat. (Sabri)

H Al Haris Salurkan Bantuan 140 Ribu Benih Ikan

MERANGIN - Bupati Merangin H Al Haris, menyalurkan bantuan benih ikan dari BPBAT Sungai Gelam Jambi, kepada sebanyak 10 kelompok tani yang tersebar di lima kecamatan dalam Kabupaten Merangin, Kamis (11/6).

Sebanyak 10 kelompok tani itu berada di Kecamatan, Bangko Barat, Bangko, Tabir Lintas, Tabir Barat dan Jangkat. Masing-masing kelompok tani mendapatkan bantuan antara 10 ribu sampai 25 ribu benih ikan.

Ada tiga jenis benih ikan air tawar yang diberikan secara simbolis oleh bupati di halaman depan Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Merangin tersebut, benih ikan Nila, Jelawat dan benih ikan Mas.

‘’Jadi ada sebanyak 140 ribu benih ikan yang disalurkan pada hari ini. Bantuan ini akan berlanjut untuk ke kelompok tani di kecamatan lainnya. Terimakasih BPBAT Sungai Gelam Jambi atas bantuan yang sangat bermanfaat ini,’’ujar Bupati.

Diakui bupati, sampai sejauh ini baru 30 persen kebutuhan ikan terpenuhi dari daerah sendiri, sedangkan sebanyak 70 persen lagi masih harus didatangkan dari daerah luar Merangin.

Diharapkan bupati dengan pemberian bantuan benih ikan tersebut, kedepannya kekurangan 70 persen kebutuhan ikan itu akan terpenuhi dari Kabupaten Merangin sendiri.

Bupati mengajak masyarakat, untuk memanfaatkan lahan tidur seperti rawa-rawa dijadikan kolam ikan, sehingga bisa bermanfaat untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan.

Kelompok tani yang mendapatkan bantuan benih ikan itu, Kelompok Tani Mekar Sari Desa Sungai Putih, Griya Mina Berkah Desa Bukit Beringin, Harapan Jaya Desa Pulau Rengas Ulu, Suka Makmur Pematang Kandis Mina Lego Lestari Desa Sidolego.

Selain itu, Kelompok Tani Satria Mina Mandiri Desa Koto Baru Seling, Mina Mekar Muda Desa Mampun Baru, Mina Tunas Muda Desa Mampun Baru, Mekarti Mina Utama Desa Pinang Merah dan Sungai Mengkeruh Desa Renah Alai.

DPRD Tebo Setujui Ranperda Perubahan RPJMD

TEBO (SR28)-DPRD Kabupaten Tebo menyetujui dan menerima Rancangan Peraturan Daerah Tentang Perubahan atas Perda No. 6 Tahun 2017 tentang RPJMD Kabupaten Tebo Tahun 2017- 2022 menjadi Peraturan Daerah, Kamis (04/06/2020)..Hal tersebut disampaikan pada Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Tebo Dalam Rangka Penyampaian Laporan Bapemperda terhadap Ranperda Perubahan RPJMD yang diselenggarakan terpisah melalui konferensi video serta dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD, Syamsulrizal, SE., M. Si., dan Aivandri, AB..

Wakil Bupati Tebo, Syahlan, SH., dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam pandangan akhir tersebut terlihat semangat kebersamaan dalam pembangunan daerah ditengah pandemi proses tersebut dilakukan dengan semangat demokrasi..Beliau juga mengatakan bahwa RPJMD merupakan instrumen yang diarahkan untuk memecahkan masalah dan menjawab isu isu strategis yang akan dihadapi kedepannya. Substansi pokok di dalam perubahan tersebut adalah sasaran pembangunan dapat tercapai..

"Substansi perubahan RPJMD adalah agar sasaran pembangunan daerah Tahun 2021-2022 tercapai. Hal tersebut diawali dengan upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi yang ditandai peningkatan laju pertumbuhan ekonomi serta indikator lainnya seperti tingkat kemiskinan, pengangguran terbuka, indeks gini dan indeks pembangunan manusia." jelas beliau.

Diakhir sambutannya, Wabup Syahlan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung pelaksanaan pembangunan dengan mengawal dan mengevaluasi prosesnya untuk percepatan pembangunan menuju Tebo Tuntas 2022.

Jurnalis: Rd Ari

Release Pers KAMI Provinsi Jambi

Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Provinsi Jambi dideklarasikan, Jumat, 30 Oktober 2020. Acara deklarasi dilaksanakan di Sekretariat KAMI Provinsi Jambi di Jl Prof Muhammad Yamin, SH, Kel. Lebak Bandung, Kec. Jelutung, Jambi.

Deklarasi diikuti sekitar 40 anggota KAMI. Sebenarnya, ada lebih dari 200 anggota, namun panitia sengaja membatasi jumlah peserta deklarasi mengingat saat ini sedang pandemi Covid-19.

Dalam deklarasi ini turut bergabung tiga presidium KAMI nasional : Jend (Purn) Gatot Nurmantyo, Prof Dr Din Syamsuddin, dan Prof Dr Din Rochmat Wahab. Ketiganya tergabung secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting. Mereka dijadwalkan menyampaikan pidato kebangsaan.

Deklarasi dimulai sekitar pulul 14.00 WIB. Usai pembukaan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan teks Pancasila oleh Anwarsyah (Presidium KAMI Provinsi Jambi), pembacaan deklarasi oleh Amrizal Ali Munir (Presidium KAMI Provinsi Jambi), dan pembacaan Jati Diri KAMI oleh Muhamad Usman (Komite Eksekutif KAMI Provinsi Jambi).

Kemudian, Presidium KAMI nasional Din Syamsudin menyampaikan pidato kebangsaan. Dalam pidatonya, Din menyatakan saat ini ada gejala yang mengarah pada kediktatoran konstitusional di pemerintahan.

"Adanya gejala dan gelagat kekuasaan yang di negara kita mengarah pada constitutional dictatorship atau kediktatoran konstitusional," kata Din.

Menurut mantan ketua umum PP Muhammadiyah ini kediktatoran konstitusional adalah tindakan menyimpang dari nilai-nilai dasar negara untuk mengukuhkan kekuasaan. Saking kuatnya kediktatoran akan berpengaruh pada bergesernya sistem demokrasi menjadi otokrasi.

"Sekarang Indonesia jadi otokrasi bukan demokrasi. Otokrasi yaitu kekuasaan yang berpusat pada satu orang. Ini yang disebut dalam literatur ilmu politik sebagai democratic centralizm, demokrasi yang terpusat seperti dulu," ujarnya.

Din menyebutkan munculnya Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan Untuk Penanganan Pandemi Covid-19 sebagai gejala kediktatoran. Dalam UU tersebut, hak dan fungsi DPR dalam penganggaran ditarik ke presiden.

Untuk itu, tegas Din, sekarang harus ada kelompok masyarakat yang mau mengoreksi jalannya pemerintahan.

" KAMI hadir untuk itu. Oleh karena itu, gerakan moral kami tidak boleh berhenti, harus terus kita suarakan. Seberapa besar hambatan itu," ucapnya.

Usai Din Syamsuddin menyampaikan pidato kebangsaan, Prof Dr Rochmat Wahab juga memberikan pidato kebangsaan. Rochmat Wahab mengkritik penanganan pandemi Covid-19, diantaranya adalah penanganan di lapangan atas izin diterbitkan oleh Satgas Covid-19.

“Yang diberi izin maupun yang tidak diberi izin penanganan di lapangan sama saja, tidak ada bedanya,” ujar Rochmad Wahab.

Belum lama Rochmad Wahab menyampaikan pidato kebangsaan, petugas Satgas Covid-19 Kota Jambi yang didalamnya ada unsur kepolisian mendatangi lokasi deklarasi. Petugas melakukan monitoring untuk memastikan pelaksanaan deklarasi menerapkan protokol kesehatan.

Kemudian dicapai kesepakatan, deklarasi langsung ditutup dengan acara pemotongan tumpeng. Karena acara dihentikan, Jend (Purn) Gatot Nurmantyo batal memberikan pidato kebangsaan.

Atas kejadian tersebut, KAMI Provinsi Jambi menyampaikan point-poin sebagai berikut :

  1. KAMI Provinsi Jambi sudah resmi berdiri dengan ditandai deklarasi yang dilaksanakan 30 Oktober 2020.
  2. KAMI Provinsi Jambi mengkritik keras segala bentuk diskriminasi, intimidasi, dan tindakan yang menghalang-halangi kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengemukakan pendapat oleh pemerintah.
  3. KAMI Provinsi Jambi menyampaikan apreasiasi dan penghormatan kepada Satgas Covid 19 dan kepolisian, yang telah menjalankan tugasnya. Namun demikian, KAMI Provinsi Jambi menyampaikan protes kepada Satgas Covid-19 yang tidak menegakkan keadilan dalam penegakan aturan. Saat dilaksanakan demo besar-besaran yang jumlah pesertanya mencapai ribuan orang, Satgas tidak melakukan penindakan. Namun, kepada KAMI yang melakukan deklarasi dengan jumlah peserta kurang dari 50 orang, Satgas melakukan penindakan.

Demikian, rilis pers kami, untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi kami.

AMRIZAL ALI MUNIR
Presidium KAMI Provinsi Jambi
No HP : 082371118009