Selasa, Januari 19, 2021

Belum Dilintasi Mobil Sisi Ofrit Jembatan Sungai Bakung Sudah Retak-retak

KUALA TUNGKAL (SR28) – Peningkatan Jembatan Parit Bakung Kecamatan Sebrang Kota, Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang dikerjakan oleh CV Hardianty dengan Dana...

Pembangunan Jalan Kelurahan Tungkal Harapan Asal Jadi, Baru Seumur Jagung Sudah Retak dan Berlubang

KUALA TUNGKAL (SR28) – Pembangunan jalan atau peningkatan skala di kawasan Kelurahan Tungkal Harapan, Kecamatan Tungkal Ilir, KabupatenTanjung Jabung Barat oleh Dinas...

Sriwijaya Air Wajib Ganti Rugi Rp1,25 M per Penumpang SJ182

JAKARTA - Keluarga korban kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182 berhak atas ganti rugi dari pihak maskapai. Hal tersebut mengacu pada Pasal 141 ayat (1)...

Besok Divaksin, Begini Kondisi Kesehatan Jokowi

JAKARTA - Sekretariat Presiden memastikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjalani vaksinasi Covid-19 pada Rabu (13/1) besok di Istana Kepresidenan Jakarta....

Technology

Tok-Tok…Seluruh Fraksi DPRD Tebo Setujui Ranperda Pelaksanaan APBD T.A. 2019

TEBO (SR28)- Seluruh Fraksi di DPRD Kabupaten Tebo menerima dan menyetujui Nota Pengantar Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Tebo tentang Pertangungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019. Hal tersebut disampaikan Aivandri AB, Juru Bicara sekaligus Wakil Ketua DPRD Tebo saat membacakan pendapat akhir fraksi fraksi  pada Rapat Paripurna yang dilaksanakan di Aula Rapat DPRD Kabupaten Tebo, Senin (27/07/2020).

Delapan fraksi yang dibacakan pendapat akhirnya, seluruhnya dapat menerima dan menyetujui Ranperda Pelaksanaan APBD T.A. 2019 tersebut. Selain itu fraksi fraksi yang ada juga mengapresiasi pencapaian pemerintah dalam mempertahankan Predikat WTP untuk ke- Lima Kali secara berturut.Wakil Bupati, Syahlan, SH., dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota dewan atas kerja keras dan menerima semua catatan dan rekomendasi yang disampaikan setiap fraksi untuk perubahan yang lebih baik.

"Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi untuk kerja keras semua pihak baik eksekutif maupun legislatif. Hal itu merupakan wujud kontribusi untuk membawa Kabupaten Tebo lebih baik lagi kedepannya." ungkapnya.

Kedepannya menurut Wabup Syahlan setelah dievaluasi oleh Pemerintah Provinsi, Perda akan menjadi pendoman dan panduan untuk melakukan perbaikan agar WTP dapat dipertahankan dan akan jadi instrumen dalam melaksanakan pembangunan.Ranperda yang telah disetujui akan diserahkan dalam waktu tiga hari kedepan kepada Gubernur Jambi untuk kemudian dievaluasi. Hasil evaluasi tersebut akan disahkan menjadi Perda.Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Mazlan, S. Kom., didampingi Wakil Ketua Syamsul Rizal, SE., M. Si, Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Drs. Teguh Arhadi, MM, Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati, Kepala OPD dan Camat serta peserta lainnya.

disadur dari pemkab tebo

Jurnalis: Rd Ari

- Advertisement -

Bupati Tanjabbar Dampingi Gubernur Salurkan JPS

TANJAB BARAT (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. Ir. H Safrial  MS, dampingi Gubernur Jambi Fachrori Umar salurkan bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) tahap kedua untuk warga terdampak Covid-19 di Kecamatan Tebing Tinggi, Senin (12/07/2020).

Disampaikan Kadis Sosial, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinsosdukcapil) Provinsi Jambi, Arif Munandar, penyaluran bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) tahap kedua ini  sama seperti alokasi tahap pertama, yaitu 3523 Kelompok Penerima Manfaat (KPM).

Arif Munandar juga mengatakan, keterlambatan penyaluran JPS tahap kedua ini disebabkan terkendala pada tumpang tindihnya data yang diterima. Namun, dikatakan Arif, Kabupaten Tanjung Jabung Barat adalah data yang terbaik. Selain itu ditambahkannya, Kabupaten Tanjab Barat sudah mendapat apresiasi dari BPKP dalam melakukan rinsing data.

"Karena datanya terbaik, yang kedua kemarin BPKP juga sudah mengapresiasi Kabupaten Tanjung Jabung Barat," ujar Arif.

Pada kesempatan yang sama Bupati Safrial juga mengatakan, terlambatnya penyaluran JPS di Tanjab Barat memang disebabkan adanya tumpang tindih data. Namun dijelaskan Safrial, bahwa permasalahan data dapat diselesaikan dengan kerjasama yang baik antara Dinas Sosial, Camat, Kades dan ketua RT sehingga didapatkan data Kelompok Penerima Manfaat (KPM) yang akurat untuk tahap kedua ini.

"Alhamdulillah, di Tanjab Barat ini, dengan kerjasama yang baik antara Dinas Sosial, Camat, Kades dan ketua RT, sehingga tidak banyak terjadi kesalahan data," ujarnya.

Terkait era new normal, Bupati juga mengajak kepada masyarakat untuk mengikuti himbauan Pemerintah dalam disiplin penerapan protokol kesehatan.

"Kalau kita ingin pandemi ini cepat berlalu, ya kita harus disiplin ikuti himbauan pemerintah dalam penerapan protokol kesehatan," ajak Safrial.

Sementara itu, Gubernur Jambi Fachrori Umar dalam penyampaiannya mengatakan, dengan diserahkannya JPS bagi masyarakat yang terdampak covid 19 ini diharapkan mampu meredam lonjakan permintaan bahan pangan, dan meringankan beban kelompok penerima manfaat.(Sabri)

Hasil Tinjauan Pjs Gubernur Jambi, Debit Air Sungai Batanghari Masih Aman

JAMBI (SR28) - Berdasarkan tinjauan tersebut, Pemerintah Provinsi Jambi menyatakan bahwa kondisi air saat ini dalam keadaan aman atau ketinggian air sungai Batanghari hingga 26 Oktober kemarin masih pada level waspada.

Paripurna Kenegaraan di DPRD Tebo Terapkan Protokol Kesehatan

TEBO (SR28) - DPRD Tebo, Jumat (14/8) menggelar rapat paripurna dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan oleh Presiden RI Joko Widodo dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sidang paripurna DPRD Provinsi Jambi dipimpin langsung Ketua DPRD Tebo Mazlan didampingi Wakil Ketua DPRD Tebo Aivandri, AB.

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Tebo, Mazlan

Rapat paripurna dalam rangka HUT ke-75 Republik Indonesia di DPRD Tebo kali ini sangat berbeda karena dalam suasana pandemi COVID-19.

DPRD Tebo tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dengan tidak banyak mengundang tamu dan tempat duduk tamu pun berjarak serta diwajibkan memakai masker.

Sidang paripurna dimulai pukul 09.00 WIB bersamaan dengan agenda sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI.

Tamu yang hadir ikuti protokol kesehatan

Kemudian, pidato Presiden RI Joko Widodo dalam rangka Penyampaian Pengantar/Keterangan Pemerintah Atas RUU Tentang APBN Tahun 2021 beserta Nota Keuangannya.

Bupati Tebo dan Wakil hadir dengan mengikuti protokol kesehatan

Usai Paripurna Ketua DPRD Tebo mengatakan, moment ini terasa istimewa untuk perjalanan bangsa untuk negara Indonesia.

"Partisipasi seluruh elemen masyarakat di Provinsi Jambi telah mewujudkan situasi kondusif di tengah wabah pandemi Covid-19," ujarnya.

“Memperingati hari ulang tahun ini untuk melihat masa lalu sebagai mata rantai, melihat pondasi untuk menapaki masa depan,” pungkas ketua DPRD Tebo. (Tim Liputan)

Langgar Aturan Kampanye, Bawaslu Copot Paksa Stiker-stiker Calon Gubernur Jambi

KOTA JAMBI (SR28) - Bawaslu Kota Jambi mencopot paksa puluhan stiker calon Gubernur Jambi yang terpasang di angkutan kota (Angkot). Hal tersebut lantaran melanggar pasal 26 PKPU Nomor 11 tahun 2020 tentang pemasangan APK di area publik termasuk angkot.

Latest News

Ini Pertimbangan Hakim Tolak Praperadilan Habib Rizieq

JAKARTA - Hakim Akhmad Sahyuti menolak gugatan praperadilan yang diajukan Habib Rizieq Shihab terkait penetapan tersangka kasus pelanggaran kekarantinaan kesehatan dan penghasutan kerumunan di Petamburan, Tanah...

BREAKING NEWS:Black Box Sriwijaya Air SJ182 Ditemukan!

JAKARTA - Black box atau kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ182 ditemukan. Kotak hitam itu kemudian dibawa ke daratan. Seperti dikutip dari Antara,...

Tak Layak Masuk Dalam Pemiliharaan, Aktivis Endus Dugaan Korupsi Uang Negara Di Pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tanjabbar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Terkait hasil kerja pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tingkat Provinsi Jambi yang berada di Desa Tungkal 1 (Satu)...

Di Akhir Jabatannya, Bupati Safrial Resmikan Proyek Fisik Infrastruktur 2016-2020

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr. Ir.H.Safrial didampingi Wabup Drs. H. Amir Sakib, Senin (11/01/21) kemarin di Laman Orang...

Yuk Intip, Ini Daftar Kekayaan 5 calon Kapolri

JAKARTA (SR28)- Perrgantian Kapolri direncanakan akan rampung pada akhir Januari 2021 ini. Sederet nama pun mulai muncul ke publik, mulai dari petinggi...

Music

7 Fraksi DPRD Tebo Setujui Ranperda APBD TA 2020 dan Perumda Air Minum Tirta Muaro

TEBO (SR28) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tebo, Selasa (06/08/2019) sekitar pukul 14:00 wib menggelar rapat paripurna dalam rangka penyampaian pendapat akhir Fraksi-fraksi DPRD Kab. Tebo Terhadap nota pengantar rancangan perda Kabupaten Tebo tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2020 dan ranperda kabupaten Tebo tentang Perumda air minum Tirta Muaro.

Rapat langsung dipimpin oleh ketua DPRD Tebo, Agus Rubyanto. Hadir dalam rapat paripurna tersebut, Bupati Tebo, H. Sukandar, Ketua DPRD Agus Rubyanto, SE dan wakilnya Wartono Triankusumo, para anggota dewan, Asisten dan para Staf Ahli Bupati, serta para tamu undangan lainnya

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua DPRD Tebo Wartono mewakili 7 fraksi di DPRD Tebo dalam penyampaian pendapat akhir Fraksi-fraksi DPRD Kab. Tebo Terhadap nota pengantar rancangan perda Kab. Tebo tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2020 dan ranperda kab Tebo tentang Perumda air minum tirta muaro.

Ketujuh Fraksi di DPRD Tebo Yaitu Fraksi Golongan Karya, Frakasi PDI Perjuangan, Fraksi Demokrat, Fraksi Gerindra, Fraksi PAN, Fraksi Nasional Demokrat Kebangkitan Bangsa dan Fraksi Nurani Sejahtera menyetujui Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Tahun Anggaran 2020 dan Rancangan Peraturan Daerah tentang Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Muaro Kabupaten Tebo menjadiPeraturan Daerah.

Walikota Jambi Sesalkan Tidak Sinkronnya Data Pasien Corona yang Meninggal

KOTA JAMBI - Pemerintah Kota Jambi sesalkan tidak sinkronnya data terkait meninggalnya pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Jambi dengan data pasien meninggal yang diumumkan oleh Satgas penanganan Covid-19 Provinsi Jambi.

Pasalnya, berdasarkan data Satgas penanganan Covid-19 Kota Jambi, sedikitnya ada 35 orang pasien meninggal dengan status terkonfirmasi positif Covid-19.

Sedangkan, berdasarkan daya yang dirilis oleh Satgas penanganan Covid-19 Provinsi Jambi. Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 asal Kota Jambi yang kemudian dinyatakan meninggal dunia hanya sebanyak 5 orang.

WC dan Mushola di WFC Masih Dikunci Rapat, Pengunjung Kecewa Tak Bisa Gunakan

KUALA TUNGKAL (SR28) - Meski sudah rampung dikerjakan, namun WC dan Mushola yang berada di Water Front City (WFC) Kuala Tungkal tidak bisa dimanfaatkan oleh pengunjung dan masyarakat setempat. Pasalnya, hingga kini WC dan Mushola tersebut masih dikunci rapat.

Akibatnya, membuat kondisinya berbau dikarenakan kotoran air kencing tidak dapat disaluran ke tempat pembuangan yang layak, begitu pun kotoran buang air besar (BAB) juga berserakan di lokasi tersebut.

Salah seorang pengunjung WFC, Rudi warga Pendatang dari Jambi, yang sempat dimintai keterangannya saat ingin buang Air Kecil di dekat WC dan Mushola yang baru dibangun tersebut merasa kecewa, karena WC dan Mushola masih digembok rapat sehingga dirinya membatalkan buang air kecil dan ingin sholat ditempat tersebut.

"Parahnya lagi dilokasi itu berserakan kotoran bekas buang air besar dan air kecil hingga membuat lokasi WC dan Mushola itu bau aroma tidak sedap sekali, mungkin dikarenakan tidak dibuka pintu WC tersebut hingga membuat orang yang ingin buang air kecil dan air besar jadi sembarangan," ujarnya, Minggu (8/11).

Terpisah pedagang yang ada di WFC enggan menyebutkan namanya juga menyayangkan hal tersebut dimana sejak selesai dibangun, kondisi WC dan Mushola di WFC memang tidak pernah dibuka sehingga membuat kondisi WC dan Musolah itu berbau aroma tidak sedap bahkan cenderung bau busuk.

"Bau busuk, karena pengunjung yang tedesak ingin buang air kecil membuangnya tidak ditempatnya yang layak dan sembarangan," ujarnya.

"Kita berharap kepada Istanasi terkait mau pun pengelola WFC ini untuk segera membuka WC dan Musolah tersebut, sehingga pengunjung merasa nyaman dan bau aromanya tida menyebabkan kemana-mana, tempat kan lah satu orang untuk mengelola WC dan Musolah tesebut sehingga keberhasihan nya terjaga," pungkasnya. (Sabri)

Nah Loh, Bawaslu Kota Jambi Masih Temukan Data Pemilih Ganda

KOTA JAMBI (SR28) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Jambi masih mendapati banyaknya temuan data pemilih ganda jelang penetapan DPT ini. Selain itu, terjadi ketidak singkronan data di lapangan antara Panwascam dan PPK.

15 Organisasi Kepemudaan Islam Desak Presiden Tuntaskan Kasus Pembunuhan 6 Laskar FPI

JAKARTA (SR28)- Buntut dari  insiden antara anggota  Front  Pembela  Islam  (FPI)  dengan aparat Kepolisian yang terjadi di Jalan Tol Cikampek KM. 50 pada hari Senin (7  Desember 2020) yang menewaskan  6  orang  korban  jiwa  dari  pihak  FPI akhirnya berbuntut panjang. Berbagai tokoh, ormas, LSM dan senator menuntut agar presiden membentuk tim independen pencari fakta untuk mengusut kasus pelanggaran HAM berat tersebut.

Tuntutan yang sama juga datang dari kalangan aktivis pemuda Islam. sedikitnya, ada 15 organisasi kepemudaan berbasis Islam yang mendesak agar kasus yang dialami oleh FPI tersebut bisa diusut tuntas.

Berikut keterangan persnya:

Kami 15 organisasi  pelajar, mahasiswa dan pemuda Islam, menyatakan sikap sebagai berikut:

1.Turutberduka  dan  berbelasungkawayang  sangat  mendalam atas wafatnya 6  orang anak bangsa dalam peristiwa tersebut.

2.Menyayangkan tindakanberlebihan dan diduga menyalahi prosedur (extra judicial killing) oleh aparat kepolisian dalam peristiwa tersebut yang dianggap melanggar hukum dan HAM

3.Meminta Presiden sebagai panglima tertinggi dalam penegakakan hukum dan HAM untuk mengambil  alih  penuntasan masalahini yang  menyebabkan  kematian  6  orang tersebut sebagai  bentuk  komitmen  terhadap perlindungan  bagi  segenap  bangsa  dan  memberikan rasa aman pada seluruh warga.

4.Meminta   Presiden secepatnya membentuk   Tim   Independen   Pencari   Fakta   untuk mengungkapfakta dan memastikan penegakkan hukumyang adil, transparan, independen yangsesuai  dengan  aturan  perundang-undanganagar  tidak  menimbulkan  gejolak sosialyang semakin luas di tengahmasyarakat.

5.Insiden inimengoyak  rasa  kemanusiaan  dan  kebangsaan  kita  dan menjadi ekses negatif bagi penegakan hukum  dan HAM  di di  Indonesia,  apalagi  bertepatan  dengan peringatanHari HAM se-Dunia  yang jatuh pada tanggal 10 Desember 2020.

6.15OKP   Islam   akan mengawal prosespenegakan hukum terhadap   kasus   ini dan mengkonsolidasikannya.

Jakarta,10Desember 2020

Tertanda

1.Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI)

2.Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)

3.Gerakan Pemuda Al Washliyah (GPA)

4.Pelajar Islam Indonesia (PII)

5.Himpunan Mahasiswa Islam (HMIMPO)

6.Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (JPRMI)7.Himpunan Mahasiswa Persis (HIMAPersis)

8.Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI)

9.Pemuda MuslimIndonesia10.Pemuda Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (Pemuda DDII)

11.Pemuda Persatuan Umat Islam (Pemuda PUI)

12.Pemuda Hidayatullah

13.Barisan MudaAl Ittihadiyah

14.Pemuda Al Irsyad

15.PemudaPersis

Kontak SusantoTriyogo+6285972710973

Affandi Ismail+6282347757212

Culture

- Advertisement -

558,43 Hektare Lahan Di Provinsi Jambi Terbakar

JAMBI (SR28) - Sejak 1 Januari 2020 hingga tanggal 17 Oktober 2020, setidaknya seluas 558,43 hektare lahan di Provinsi Jambi terbakar. Luasnya sendiri terbagi dibeberapa  wilayah di Provinsi Jambi yang kekurangan curha hujan.

Sekolah Tatap Muka Diizinkan Mulai Januari 2021, Sekolah Diminta Persiapkan Diri

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengizinkan kepala derah dan kantor wilayah Kementerian Agama untuk menentukan sendiri pembelajaran tatap muka di wilayahnya.

Kebijakan tersebut mulai berlaku pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 atau mulai Januari 2021. Maka dari itu, ia meminta sekolah-sekolah mempersiapkan hal itu dengan baik.

Pulang Kunker dari Bali, Anggota DPRD Jambi Terpapar Covid 19

JAMBI - Satu orang anggota DPRD Jambi dinyatakan positif terpapar Covid-19 setelah pulang melakukan kunjungan kerja dari Bali. Kabar ini dibenarkan langsung oleh Satgas penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah kepada awak media.

- Advertisement -

Must Read

Inovasi Wastafel Pedal Untuk Memutus Mata Rantai Penularan Covid-19

KOTA JAMBI - Salah satu pengusaha bengkel las di Kota Jambi mengeluarkan ide dan inovasinya. Melalui alat tempat cuci tangan yangkemudia dinamai Wastafel Pedal. Sang pengrajin mendesain alat cuci tangan yang dapat digunakan dengan tanpa menyentuhnya sama sekali.

Dimana, dalam menggunakan wastafel tersebut, hanya dengan menginjak salah satu pedalnya yang nanti akan mengeluarkan air dan sabun. Inovasu alat pencuci tangan yang lebih higienis itu, dmaksudkan untuk dapat memutus mata rantai penularan Covid-19 dengan lebih baik.

Dampak Corona, Penerimaan Pajak Kota Jambi Masih Rendah

KOTA JAMBI - Belum maksimalnya realisasi Pendapatan Daerah itu, juga akibat dari kebijakan pembebasan pajak beberapa sektor yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Jambi, lantaran untuk menghentikan sementara kegiatan di masa awal kehadiran virus corona.

Waduh! 97 Napi Lapas Kota Jambi Reaktif Corona Saat Rapid Test

KOTA JAMBI (SR28) - Sebanyak 95 warga binaan termasuk2 petugas Lapas Kelas II A Kota Jambi dinyatakan reaktif peemriksaan rapid test. Hal tersebut diketahui setelah tim satgas penanganan Covid-19 Provinsi Jambi melakukan rapid test masal, lantaran salah satu warga binaan terindikasi Covid-19.

KPU Beberkan Hasil Tes Kesehatan dan Narkoba 13 Paslon Pilkada Jambi

JAMBI (SR28) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi menyampaikan hasil tes kesehatan Jasmani dan Rohani dari 13 Pasangan Calon yang maju pada Pilkada serentak 2020 di provinsi Jambi. 13 paslon tersebut dinyatakan memenuhi syarat namun dengan beberapa catatan.

KPU Beberkan Hasil Tes Kesehatan dan Narkoba 13 Paslon Pilkada Jambi

KPU Beberkan Hasil Tes Kesehatan dan Narkoba 13 Paslon Pilkada Jambi

Posted by JAMBI28 TV on Thursday, September 17, 2020
Sumber: JAMBI28 TV

Di Depan KPK, Calon Kepala Daerah di Jambi Tandatangani Fakta Integritas

JAMBI - Pada pembekalan para calon kepala daerah (Cakada) Jambi, disampaikan bagaimana pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020 yang harus mengikuti protokol kesehatan lantaran dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

KPK juga mengeluarkan tiga indikator kesuksesan berjalannya pilkada serentak tahun 2020 ini. Mulai dari kualitas Pilkada melalui peningkatan partisipasi publik, kemudian lahirnya ide-ide penanganan Covid-19 dari para paslon, serta keselamatan masyarakat saat pilkada berlangsung.

Terjawab Sudah, Pasangan Alharis-Sani Menangi Pilgub Jambi

JAMBI (SR2)- Setelah saling salip dalam Quick Count hingga diangka 0,2% selama 2 hari terakhir, sore ini (Senin 15 Desember 2020) tim Media Centre Alharis-Sani menyatakan sikap resmi terkait perolehan suara.

Dari hasil resmi pleno 141 Kecamatan yang ada di Provinsi Jambi, teka-teki siapa yang memenangkan Pilgub Jambi 2020 terjawab sudah. Drama seru perebutan suara antara pasangan CE-Ratu dan Haris-Sani yang mendebarkan bagi pendukung, kini boleh dibilang berakhir. Al Haris sang birokrat dan Abdullah Sani sang kiyai, menang!

Direktur Center Haris-Sani, Hasan Mabruri, merilis data, kemenangan Haris-Sani dibuktikan dari Form (Formulir) pengesahan D-Hasil Kecamatan-KWK seluruh kecamatan. Rangkuman semua itu menunjukkan, pasangan dengan jargon Jambi Mantap berhasil menjadi juara dengan meraup 596.589 Suara (38,1 Persen).

Sementara, di posisi kedua ditempati pasangan CE-Ratu dengan jargon Jambi Cerah yang mendapatkan 587.172 suara (37,5 Persen), sedangkan pasangan Fachrori-Syafril dengan jargon Jambi Berkah berhasil mengumpulkan 383.639 suara (24,5 persen).

Bila dilihat dari jumlah total kemenangan Kabupaten, pasangan CE-Ratu berhasil unggul di 5 Kabupaten. Yakni; Sarolangun, Tebo, Batanghari, Tanjabbar dan Tanjabtim. Berikutnya, pasangan Fachrori-Syafril unggul di 3 Kabupaten/Kota, yakni; Bungo, Kerinci dan Sungai Penuh. Sementara pasangan Haris-Sani juga unggul di 3 Kabupaten Kota, yakni; Merangin, Muaro Jambi dan Kota Jambi.

Meski hanya unggul di 3 Kabupaten Kota, strategi pasangan Haris-Sani boleh dibilang jitu. Sebab, keunggulan tersebut diraih pada kabupaten/kota yang memiliki suara “gemuk”, alias memiliki pemilih paling banyak berdasarkan DPT (Daftar Pemilih Tetap). Seperti Kota Jambi dengan pemlilih terbanyak pertama, Muaro Jambi pemlih terbanyak kedua dan Merangin pemilih terbanyak ketiga.

Di Kota Jambi, pasangan Haris-Sani berhasil meraup 126.334 suara (52,8 persen), jauh unggul dari pasangan CE-Ratu yang meraih 74.407 (31,1 persen), sementara Fachrori-Syafril meraih 38.421 suara (16,1 persen). Kemenangan terbesar Haris-Sani terjadi di Kabupaten Merangin, di mana pasangan nomor urut 3 ini berhasil meraih 116.070 suara atau 69,7 persen, disusul pasangan CE-Ratu 34.443 suara (20,6 persen) dan pasangan nomor urut 3 dengan perolehan 16.122 suara.

Direktur Centre Haris-Sani, Hasan Mabruri S.Sos mengucapkan rasa syukur atas kemenangan ini. Menurutnya, kemenangan ini bukanlah kemenangan Haris-Sani saja, tapi kemenangan seluruh elemen pencinta demokrasi dan rakyat Jambi.

”Bapak Al Haris dan Bapak Abdullah Sani mengucapkan rasa syukur terkait hasil ini. Ini adalah kemenangan demokrasi di Jambi, ini adalah kemenangan seluruh masyarakat, kemenangan ini adalah awal kebangkitan kita untuk membangun Jambi dimasa akan dating,” tutur pria yang akrab disapa Bohok ini.

Ia juga mengimbau kepada seluruh pendukung dan pemilih Haris-Sani untuk tetap menjaga suasana kondusif sampai proses penetapan nanti.

”Tentu kita semua merasa gembira dengan kemenangan ini, dan sangat wajar bila masyarakat merasa senang. Meski begitu, satu hal yang lebih penting adalah, kita harus kembali merajut kebersamaan, kembali merangkai semangat, kembali menyulam rasa saling memliki, karna sikap ini adalah kekuatan bagi Haris-Sani nantinya dalam menyukseskan pembangunan Jambi untuk kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Terkait merebaknya isu akan ada gugatan dari pasangan lain ke Mahkamah Konstitusi (MK), ia mengaku tidak ingin berspekulasi.

”Saya kira semua kandidat diberi ruang yang sama untuk berekspresi, saya tidak ingin berspekulasi terkait isu tersebut. Namun satu keyakinan saya, semua kandidat adalah orang-orang besar dan tokoh kunci panutan masyarakat Jambi, para panutan kita tersebut saya yakini tidak ingin ada kegaduhan lebih lanjut, karena semua mencintai Propinsi Jambi dan semua pasti ingin Jambi segera membangun dan melaju untuk mengejar ketertinggalan. Sekarang mari kita semua berpikir positif untuk kemaslahatan,” tandasnya.

*rilis

Lifestyle Magazine

KPU Matangkan Sistem Aplikasi Si Rekap

JAMBI - Melalui aplikasi berbasis online Si Rekap diharapkan dapat mempercepat proses rekapitulasi data hasil pemungutan suara pada Pilkada serentak 2020 ini yang kahirnya akan berimplikasi memepercepat proses pengumuman pemenang pemilu.

Musim Hujan Datang, Masyarakat Diminta Waspada Angin Kencang

JAMBI (SR28) - Berdasarkan predisksi Badan meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sultan Thaha Jambi, pada minggu ke 3 bulan September 2020 seluruh wilayah di Provinsi Jambi sudah memasuki musim penghujan dan puncaknya akan terjadi pada bulan November 2020.

Memasuki musim hujan, waspadai angin kencang

Pemkab Merangin Sampaikan Enam Ranperda

MERANGIN - Pemerintah Kabupaten Merangin menyampaikan enam Rancangan peraturan daerah (Ranperda) ke DPRD Merangin, untuk selanjutnya dibahas dan akhirnya disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Keenam Ranperda itu, disampaikan Bupati  Merangin H Al Haris didampingi Wabup H Mashuri pada Paripurna DPDR Merangin, yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Merangin Ahmad Kausari di Aula Utama Gedung Dewan Merangin, Selasa (30/6).

‘’Dari enam Ranperda itu, ada Ramperda perubahan. Intinya kita akan menyesuaikan Perda-perda kita dengan kondisi terkini saat ini. Mudah-mudahan bisa cepat dibahas oleh Dewan untuk selanjutnya disahkan menjadi Perda,’’ujar Bupati.

Sebanyak enam Ramperda yang disampaikan itu, Ranpeda tentang pendirian BUMD PT Merangin Bima Tama (Perseroda), Ranperda tentang Penambahan penyertaan modal Pemerintah Daerah pada PT Merangin Bima Tama (Perseroda).

Selain itu, Ranperda tentang Perubahan kedua atas Perda nomor 04 tahun 2010 tentang Penyertaan Modal pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Merangin, Ranperda tentang Perubahan Atas Perda nomor 01 tahun 2013 tentang Retribusi Pelayanan Tera/Tera Ulang

Ada juga Ranperda tentang retribusi tempat rekreasi dan olahraga dan Ranperda tentang Pencabutan Perda nomor 05 tahun 2011 tentang retribusi pelayanan kesehatan pada RSD Kol Abundjani Bangko.

Tidak hanya itu, pada paripurna yang dihadiri 22 dari 35 anggota Dewan Merangin tersebut, DPRD Merangin melalui Ketua Pimpinan Bapemperda DPRD Merangin As Arie El Wakas juga menyampaikan dua Ranperda inisiatif DPRD Merangin 2020.

Kedua Ranperda inisiatif Dewan tersebut, Ranperda tentang Penyelenggaraan Perlindungan Perempuan dan Anak dari Tindakan Kekerasan, serta Ranperda tentang Perlindungan Produk Unggulan Daerah.

Puluhan Wartawan Jambi Lakukan Rapid Test

JAMBI (SR28) - Puluhan wartawan Jambi mengikuti Rapid Tes yang digelar Pemerintah Provinsi Jambi, di Pendopo Halaman Kantor Gubernur Jambi, Kamis (17/9/2020).

Hal ini dilakukan Pemerintah Provinsi Jambi karena buntut dari Walikota Jambi Sy Fasha yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 beberapa waktu yang lalu. Selain wartawan, puluhan pegawai Humas Pemprov Jambi juga dilakukan rapid test.

Puluhan Wartawan Jambi Lakukan Rapid Test

Puluhan Wartawan Jambi Lakukan Rapid Test

Posted by JAMBI28 TV on Thursday, September 17, 2020
Sumber: JAMBI28 TV

Gawat! Ruang Isolasi di Jambi Penuh Akibat Lonjakan Pasien Covid-19 Terus Bertambah

JAMBI (SR28) - Akibat kasus baru pasein terkonfirmasi positif Covid-19. Ruang isolasi yang sudah disiapkan kini tak lagi mampu menampung pasien. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Jambi kini tengah mneyiapkan beberapa gedun alternatif.

Nonton berita menarik lainnya di JAMBI28 TV

Video News

- Advertisement -

Dapat Tanggapan Miring di Debat Pertama, KPU Kini Matangkan Konsep Debat Kedua Pilgub Jambi

JAMBI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi kini tengah mematangkan konsep perhelatan debat putaran kedua pemilihan Gubernur Jambi yang akan digelar pada 21 November mendatang.

Hal tersebut dilakukan KPU menyusul banyaknya tanggapan miring atas penyelenggaraan debat putaran pertama Pilgub Jambi yang telah rampung digelar beberapa waktu lalu.

Kutuk Keras Aksi Anarkis Pelajar, Pemprov Jambi Siapkan Sanksi Tegas

JAMBI - Atas aksi anarkis yang untuk kesekian kalinya kembali terjadi di amsa pengesahan Undang-undang Cipta Kerja itu, Pemprov Jambi telah melakukan koordinasi lanjutan bersama Dinas Pendidikan Provinsi Jambi untuk memebrikan sanksi tegas kepada para pelajar.

Fachrori Umar Resmikan Laboratorium PCR Covid-19 dan Unit Transfusi Darah RS Raden Mattaher Jambi

JAMBI (SR28)- Guna mempercepat penanganan penyakit yang diakibatkan virus corona atau Covid-19, Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum meresmikan Laboratorium Biologi Molekuler dan Gedung Unit Transfusi Darah Rumah Sakit (UTDRS) di RSUD Raden Mattaher, Selasa (22/9/2020). Dengan diresmikannya laboratorium tersebut, Pemerintah Provinsi Jambi resmi memiliki Laboratorium PCR (Polymerase Chain Reaction) untuk uji Swab Covid-19.  Langkah ini merupakan upaya Gubernur Jambi dan jajaran serta pihak terkait, mendorong percepatan penanganan Covid-19 di Provinsi Jambi.

Tampak mendampingi Gubernur, Plt.Kepala Dinkes Provinsi Jambi  Refrizal, Direktur Utama RSUD Raden Mattaher dr.Ferry Kusnadi, SpOG. Tampak hadir pula Danrem 042/GAPU, Brigjen TNI M.Zulkifli.

Gubernur berharap, adanya Laboratorium Biologi Molekuler ini, bisa mempercepat tracing (penelusuran) penyebaran Covid-19, meningkatkan kinerja, dan dengan cepat mendiagnosa penyakit, khususnya Covid-19.Gubernur menjelaskan, upaya secara medis harus dimaksimalkan, dengan peralatan dan sebagainya. Tak hanya itu, Gubernur pun berharap agar masyarakat tetap punya kesadaran untuk mematuhi protokol Kesehatan Covid-19.

“Pemerintah  Provinsi Jambi mengucapkan terima kasih kepada Plt.Kadis Kesehatan dan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Raden Mattaher yang telah menyiapkan gedung dan laboratorium biologi molekuler coronavirus dan juga gedung unit Transfusi Darah. Keberadaan gedung ini mempermudah masyarakat untuk mendapat darah tepat waktu dan memudahkan penanganan kasus Covid-19 di Provinsi Jambi,” kata gubernur.

Gubernur mengungkapkan, akhir bulan Juli lalu terjadi lonjakan kasus Covid-19 dan per tanggal 20 September 2020 terdapat 386 jumlah kasus di Provinsi Jambi, serta menerangkan beberapa upaya dalam percepatan penanganan wabah Covid-19 antara lain disediakannya Bapelkes sebagai rumah isolasi mandiri dan penambahan ruang isolasi Rumah Sakit Raden Mattaher Jambi, sebagai salah satu rumah sakit rujukan pasien Covid-19 Provinsi Jambi. Gubernur mengharapkan peresmian laboratorium Biologi Molekuler  ini dapat meningkatkan kapasitas pemeriksaan sampel uji swab per hari dan memperpendek antrian pemeriksaan sampel sehingga dapat mempermudah kerja tim gugus tugas dan gerak cepat dalam penelusuran kontak  untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Tidak saja laboratorium biomolekuler saja  yang diresmikan hari ini tetapi juga Gedung Unit Transfusi Darah RS Raden Mattaher Jambi. Iini merupakan bentuk komitmen untuk mewujudkan pelayanan transfusi darah yang aman, tepat waktu, sesuai dengan standar.  Keberadaan UTDRS ini diharapkan pula dapat memenuhi ketersediaan darah dan memudahkan pasien untuk mendapat darah, khususnya pada keadaan darurat,” tutur gubernur.Gubernur berpesan kepada seluruh jajaran Rumah Sakit Umum Daerah  Raden Mattaher Jambi termasuk pemeriksaan laboratorium yang akan semakin banyak, agar tetap bekerja ikhlas dan maksimal, memberikan pelayanan prima yang dimulai dari kemampuan, sikap, penampilan,  perhatian,  tindakan dan tanggung jawab.Direktur Utama RSUD Raden Mattaher dr.Ferry Kusnadi, SpOG menyampaikan, peresmian Gedung Unit Transfusi Darah Rumah Sakit dan Laboratorium Molekuler dapat meningkatkan semangat dan kinerja seluruh jajaran RSUD Raden Mattaher.

“Dengan adanya laboratorium Biologi Molekuler ini, Rumah sakit Raden Mattaher sudah dapat melakukan PCR, tes cepat molekuler untuk penanganan diagnose Covid-19. Dan dengan adanya gedung unit transfusi darah yang sesuai dengan standar tipe B, maka kita dapat mengambil komponen darah tertentu, dan uji saring. RSUD juga memiliki satu buah unit mobil dengan alat transfusi darah lengkap,” ujar Ferry (HUMAS)

Bupati Tanjabbar Ingatkan Lurah Tidak Lakukan Mark Up dan Fiktif Kelola Dana Kelurahan

KUALA TUNGKAL (SR28) - Pemerintah pusat sejak tahun 2019 telah mengalokasikan Dana Alokasi Umum (DAU) bagi pembangunan sarana dan prasarana serta pemberdayaan masyarakat kelurahan. Di Tahun 2019 dan 2020 Pemkab Tanjab Barat juga telah mengalokasikan anggaran dalam APBD untuk 20 kelurahan.

Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial, MS saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Camat dan Lurah se-Tanjab Barat di Balai Pertemuan Kantor Bupati, rabu (30/9), secara tegas mengingatkan Lurah agar mengelola dana kelurahan dengan baik sesuai aturan.

"Jangan ada mark up dan fiktif. Bikin proyek padat karya dengan melibatkan masyarakat lokal secara swakelola. Para Camat juga awasi dan pantau dana kelurahan. Bantu dalam pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB)," tegasnya.

Bupati H. Safrial juga berpesan kepada lurah agar dalam pengelolaan dana desa di rapatkan dulu dengan masyarakat. Jangan sampai ada kepentingan lurah dalam pelaksanaannya. Dalam melaksanakan kegiatan Lurah harus aktif berkoordinasi dengan Camat, Tim Koordinasi Pelaksanaan Dana Kelurahan, Inspektorat ataupun langsung dengan BPKP.

"Melalui Rakor Percepatan Dana Kelurahan ini saya harap Camat dan Lurah dapat menyamakan persepsi, sehingga sarana dan prasarana serta pemberdayaan masyarakat di kelurahan bisa berjalan dengan baik tanpa ada permasalahan,"timpal Bupati.

Sebelumnya Kabag Tata Pemerintahan Setda Hermansyah, S.STP melaporkan kegiatan Rakor Camat dan Lurah bertujuan untuk memberikan info dan pemahaman kepada Camat dan Lurah agar anggaran dana kelurahan 2020 berdampak pada pelayanan dan kesejahteraan masyarakat.

Turut hadir mendampingi Bupati, Sekda Ir. H. Agus Sanusi, M.Si dan Asisten Pemerintahan dan Kesra Hidayat, SH, MH. Sebagai pemateri, Inspektur Drs. Encep Zarkasih dan Tim Koordinasi Pelaksanaan Dana Kelurahan KabupatenTanjab Barat. (Sabri)

Sah! Zumi Zola Resmi Sandang Status Duda

JAKARTA - Zumi Zola resmi menyandang status duda. Pengadilan Agama Jakarta Selatan mengabulkan gugatan cerai istri Zumi, Sherrin Taria. Sherrin Taria menggugat cerai Zumi Zola pada 26 Maret 2020. Sherrin memutuskan pisah karena merasa tidak lagi mendapat perhatian dari Zumi yang saat ini mendekam di penjara.

Sumber: JAMBI28 TV 

Muklis: Nomor Urut 3 Keberuntungan dan Simbol Persatuan Hulu dan Hilir Juga Persatuan Indonesia

KUALA TUNGKAL (SR28) - Muklis-Supardi akhirnya ditetapkan sebagai pasangan calon nomor urut 3 pada Pilkada Tanjab Barat tahun 2020. Nomor 3 tersebut dianggap sebagai nomor keberuntungan bagi keduanya yaitu Persatuan Indonesia.

"Kalau kita mau nomor 3 itu pencoblosan buka kertas HVS 1, buka surat suaranya 2 dilihat dan teliti nomor 3 di coblos, karena nomor keberuntungna ini salah satu pemersatu 1 dan 2 kemudian 3, nomor 3 itu juga merupakan simbol kami ingin 3 Unggul dalam keimanan, Unggul dalam pengapdian, Unggul dalam prestasi," ujar H.Muklis kepada awak media usai pengambilan Nomor Urut Pasangan Calon Pilkada Tanjab Barat, Kamis (24/09/2020).

Selain itu, bagi Muklis nomor 3 dalam Pancasila berarti Persatuan Indonesia. Dimana ia ingin mempersatukan untuk kemajuan negara Republik Indonesia dalam persatuan.

"Kami ingin mempersatukan, tidak ada Hulu dan tidak ada Hilir, dan tidak ada suku tidak ada agama, seperti yang dibunyikan di dalam Bhanika Tunggal Ika, semua Satu untuk kemajuan Tanjung Jabung Barat dan kemajuan Republik Indonesia,” jelas Muklis.

"Terkait kondisi sekarang kita melakumi mobilisasi massa, andaikan ini virus pilihan kami harus tidak sosialisasi tidak apa - apa yang terpenting keselamatan masyarakat terjamin andaikan kami harus di rumah saja untuk Pilkada kali ini dirumah saja kami juga tetap dirumah saja lah, kenapa? kami ingin masyarakat terjamin kesehatannya jangan sampai kami pembawa Covid itu atau salah seorang dari masyarakat yang mempunyai potensi penyebaran Covid nah kondisi ini yang kita serahkan semua ke Allah," paparnya.

”Allah bilang Allah akan mencabut kekuasaan dari seorang dan menentukan memberikan kekuasaan kepada seseorang ,jadi kita tidak perlu banyak-banyak  konflik yang kita tonjolkan adalah silaturahmi,” pungkasnya. (Sabri)

- Advertisement -

Music

Wisata Danau Sipin Sepi Pengunjung, Penyewa Perahu Gigit Jari

KOTA JAMBI (SR28) - Sepinya wisatawan di Kota Jambi menjadi keluhan tersendiri bagi para pennyewa perahu ketek di kawasan wisata danau sipin. Pasalnya, pendapatan mereka jauh merosot dari pekan libur panjang biasanya.

Wabup Amin Sakib Hadiri Peringatan Hari Bhayangkara ke 74 Polres Tanjab Barat

KUALA TUNGKAL (SR28) - Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Amir Sakib hadiri peringatan hari Bhayangkara ke 74 yang diselenggarakan melalui video virtual serentak se- indonesia bertempat di ruang aula Rekonfu Polres Tanjab Barat, Rabu (1/7/20).

Peringatan hari Bhayangkara ke 74 yang dipimpin langsung oleh Polres Tanjab Barat Guntur Saputro ini, turut dihadiri oleh Ketua DPRD, Kejari, Kepala Pengadilan Agama, Kasdim, FKUB, MUI Tanjab barat, dan  undangan lainnya."Peringatan Hari Bhayangkara ke 74  kali ini mengangkat tema," Kamtibmas kondusif masyarakat semakin produktif.

Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara, dalam amanatnya meminta Polri terus melakukan langkah persuasif tetapi tegas dalam penegakan hukum, khususnya yang terkait penanganan pandemi Covid-19.

"Lakukan dengan persuasif dan humanis tapi tetap waspada, cepat tanggap dan tegas dalam setiap penindakan pelanggaran hukum," kata Jokowi

Selain itu, Jokowi juga minta Polri perkuat sinergitas dengan TNI, Pemerintah dan Masyarakat, serta terus melakukan pelayanan kepada masyarakat secara modern dan humanis.

Ditemui usai kegiatan, Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Amir Sakib sampaikan ucapan selamat Dirgahayu Bhayangkara ke 74."Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat, saya mengucapkan selamat hari Bhayangkara,semoga polri semakin jaya kedepan, tetap mengabdi, menjaga keamanan, ketertiban ditengah - tengah masyarakat yang kita cintai," ujar Wabup.

Upacara HUT Bhayangkara ke 74 dilanjutkan dengan pemusnahan barang bukti Narkotika jenis shabu seberat 462, 93 gram bruto oleh Polres Tanjab Barat, peninjauan tempat pembibitan ikan lele, nila, dan Pemotongan Tumpeng oleh Kapolres Tanjab Barat. (Sabri)

Isu Copy Paste Warnai Pandangan DPRD Terhadap Ranperda Provinsi Jambi

JAMBI (SR28) - Lima Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pemprov Jambi dinilai sebagian besar fraksi di DPRD Jambi ebagai usulan copy paste dari daerah lain.

Isu Copy Paste Warnai Pandangan DPRD Terhadap Ranperda Provinsi Jambi

Isu Copy Paste Warnai Pandangan DPRD Terhadap Ranperda Provinsi Jambi

Posted by JAMBI28 TV on Wednesday, September 16, 2020
Ranperda Pemprov Jambi dianggap copy paste dari daerah lain

Satgas Covid-19 Bersitegang Dengan Pelanggar Protokol Kesehatan

BUNGO (SR28) - Tim gabungan Satgas Covid-19 kabupaten Bungo, Provinsi Jambi menggelar operasi Yustisi dalam rangka penegakan disiplin protokol kesehatan Covid-19. Ironisnya lagi, saat dilakukan penindakan, ada saja warga yang justru marah kepada petugas saat ditanya mengapa tidak mengenakan masker dan malah adu mulut dan saling dorong antara warga yang melanggar dengan petugas.

Sport News

Bupati Tanjabbar Serahkan Bantuan Spesifik Perempuan Dan Anak

KUALA TUNGKAL (SR28) - Dalam rangka meringankan serta membantu warga yang terdampak covid 19 di Kabupaten Tanjab Barat, Bupati DR. Ir. H. Safrial, MS serahkan paket bantuan spesifik perempuan dan anak Kabupaten Tanjung Jabung Barat bertempat di aula Kantor Dinas P3AP2KB, Kamis (01/10).

Bupati Tanjab Barat melalui Kadis P3AP2KB Yunus dalam keterangannya mengatakan  pemberian bantuan spesifik perempuan dan anak kelompok rentan terpapar covid 19 terdiri dari 9 kelompok yang berjumlah 55 paket dari kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Yang kemudian disalurkan melalui Dinas PPA Provinsi ke semua kabupaten/Kota.

Paket bantuan dikelompokkan berdasarkan anak usia 0-2 tahun, kelompok anak usia 3-4 tahun, kelompok anak usia 5-17 tahun, kelompok anak penyandang disabilitas, kelompok perempuan dewasa, kelompok perempuan disabilitas, kelompok perempuan usia lanjut dan kelompok perempuan hamil dan menyusui.

"Isi paket ini disesuaikan dengan kebutuhan dan umur mereka seperti anak anak bantuan berupa pampers, susu dan roti. Begitu juga dengan dewasa. Tujuannya untuk mengurangi beban masyarakat yang terpapar covid 19. Kita melihat dilapangan," ujarnya.

Lanjut kadis, "jadi Bantuan ini ditujukan kepada warga yang terdampak covid khusus anak anak dan perempuan. Bantuannya beragam sesuai kebutuhan masing masing termasuk ibu menyusui ada juga bantuan susu, pampers, roti dan Vitamin," tandas Kadis. (Sabri)

Puluhan Wartawan Jambi Lakukan Rapid Test

JAMBI (SR28) - Puluhan wartawan Jambi mengikuti Rapid Tes yang digelar Pemerintah Provinsi Jambi, di Pendopo Halaman Kantor Gubernur Jambi, Kamis (17/9/2020).

Hal ini dilakukan Pemerintah Provinsi Jambi karena buntut dari Walikota Jambi Sy Fasha yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 beberapa waktu yang lalu. Selain wartawan, puluhan pegawai Humas Pemprov Jambi juga dilakukan rapid test.

Puluhan Wartawan Jambi Lakukan Rapid Test

Puluhan Wartawan Jambi Lakukan Rapid Test

Posted by JAMBI28 TV on Thursday, September 17, 2020
Sumber: JAMBI28 TV

Gubernur Jambi Perkuat Komunikasi dengan Pihak Sekolah

JAMBI (SR28) - Penjabat Gubernur Jambi Restuardy Daud, berupaya menguatkan komunikasi guna mengetahui kebutuhan sekolah yang saat ini kegiatan belajar mengajar mengalami perubahan menghadapi Pandemi Covid-19, Sabtu (10/10).

Audiensi bersama Kepala Sekolah SMAN/SMKN se Kota Jambi yang berlangsung di Rumah Dinas Gubernur Jambi menjadi harapan Pjs.Gubernur Jambi untuk meningkatkan kemajuan dan ketertiban sekolah dengan bangunan komunikasi yang baik sehingga proses belajar mengajar dapat terlaksana maksimal. "Generasi Z merupakan generasi yang lahir 1998 hingga tahun 2010 akan berbeda gaya komunikasi dan saya yakin para guru sudah menerapkan dan punya strategi," ungkap Pjs.Gubernur Jambi.

Dunia pendidikan memiliki sosok penting yaitu guru yang bertatap muka secara langsung juga banyak memahami kondisi mental dan keinginan peserta didik, menyikapi hal tersebut Pjs.Gubernur Jambi menitikberatkan perhatian,"Saat anak-anak didik tidak dapat bertatap muka langsung diharapkan pembelajaran serta bimbingan tetap berlangsung baik dan Pemerintah Daerah juga berusaha memberikan fasilitas penunjang belajar yang dibutuhkan sekolah," jelas Pjs.Gubernur Jambi.

Sumbang saran dari beberapa kepala sekolah menginginkan adanya penambahan sarana dan prasarana sekolah guna memfasilitasi kebutuhan penerimaan dan pembelajaran siswa, serta kebijakan lain yang perlu dilakukan untuk kemajuan sekolah.

"Terima kasih atas masukan untuk Pemerintah Daerah dengan komunikasi ini kita dapat mengetahui secara langsung adanya pembinaan untuk siswa, keberadaan ruang kelas dan kebutuhan penting lainnya juga membangun kerja sama pemerintah, pihak sekolah dan orang tua," kata Ardy Daud.

- Advertisement -

60 Ribu Lebih Siiswa di Kota Jambi Terima Kuota Internet Gratis

KOTA JAMBI (SR28) - 60.315 Siswa di Kota Jambi dipastikan telah menerima kuota internet gratis untuk pelaksanaan program belajar daring dan masing-masing siswa menerima kuota internet sebesar 35 GB untuk digunakan selama satu bulan.

Wabup Amir Sakib Ikuti Apel Siaga Pencegahan dan Pengendalian Karhutla

KUALA TUNGKAL (SR28) - Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Amir Sakib ikuti apel siaga pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan Provinsi Jambi yang dilaksanakan di Lapangan Bola Distrik VII PT. Wirakarya Sakti (WKS) Tanjab Timur.

Pj. Sekda Provinsi Jambi, H. Sudirman, SH, MH selaku Pemimpin apel siaga dalam sambutannya menyampaikan bahwa memasuki musim kemarau 2020, lahan gambut  menjadi perhatian khusus kesiapsiagaan personel pengendalian kebakaran hutan dan lahan Provinsi Jambi, terutama lahan gambut yang berada di kawasan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur dan Muaro Jambi."paparnya.

Selain itu sebagai upaya dalam meningkatkan kesiapsiagaan personel pengendalian Karhutla, Pj. Sekda Provinsi Jambi juga berharap apel siaga dan kegiatan latihan bersama ini dapat meningkatkan sinergitas antara Pemerintah, TNI, POLRI serta unsur masyarakat dalam pengendalian kebakaran lahan dan hutan, khususnya di Provinsi Jambi. “Melalui Apel Siaga dan Pelatihan Bersama ini, kita tingkatkan sinergitas Pemerintah, TNI–Polri, Dunia Usaha dan Masyarakat Dalam Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Jambi," ujarnya.

Sementara itu, Wabup H. Amir Sakib juga sepakat bahwa lahan gambut yang tersebar di 3 Kabupaten lingkup Privinsi Jambi ini perlu mendapatkan perhatian lebih dalam upaya pencegahan Karhutla. Hal itu disampaikannya dalam wawancaranya usai kegiatan apel siaga. Wabup juga berharap tujuan pelaksanaan apel siaga dan pelatihan dalam meningkatkan kemampuan personel dan meningkatkan sinergitas semua elemen masyarakat dapat tercapai."Kita sudah memasuki musim kemarau 2020, berdasarkan pengalaman kita, lahan gambut ini memang perlu perhatian lebih dalam pencegahan dan penanggulangan Karhutla,"tutur nya.

Lanjut Amir Sakib, "Selain itu, kesiapsiagaan personel pengendalian kebakaran hutan dan lahan perlu ditingkatkan lagi, terutama pada musim kemarau, seperti arahan Pj Sekda Provinsi Jambi, kita agar Lebih meningkatkan upaya pencegahan sebagai antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, dan ini akan kita tindak lanjuti melalui koordinasi dengan para Camat, TNI, Polri di wilayah kita," tambahnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Pangdam II/Swj, Kapolda Jambi, Danrem 042/Gapu, Kajati Provinsi Jambi, Kepala BPBD Provinsi Jambi, Wakil Bupati Tanjab Timur, Dandim 0415/Batanghari, Dandim 0419/Tanjab, Kapolres Tanjab Barat, dan Kapolres Tanjab Timur. (Sabri)

Waspada! November Hingga Desember Bencana Banjir Ancam Seluruh Wilayah Jambi

JAMBI - Kepala BMKG Jambi menjelaskan curah hujan tinggi juga akan mengakibatkan potensi terjadinya genangan air hingga banjir dengan kategori menengah pada wilayah Jambi bagian barat. Dan pada bulan desember, bahkan potensi banjir dengan kategori menengah ini akan meluas dan mengancam seluruh wilayah provinsi Jambi.

3 Daerah di Jambi Berstatus Zona Oranye Penyebaran Virus Covid-19

JAMBI (SR28) - Dari 11 wilayah kabupaten kota di provisni Jambi saat ini terdapat 3 wilayah yang amsuk sebagai zona oranye penyebaran Covid-19. 3 wilayah tersbeut yakni Kota Jambi, Kerinci dan Tanjung Jabung Barat. Akibat hal tersebut, Provinsi Jambi kini juga berlabel zona oranye (Sedang) penyebaran virus Covd-19.

Sumber: JAMBI28 TV

TV

Sah! Zumi Zola Resmi Sandang Status Duda

JAKARTA - Zumi Zola resmi menyandang status duda. Pengadilan Agama Jakarta Selatan mengabulkan gugatan cerai istri Zumi, Sherrin Taria. Sherrin Taria menggugat cerai Zumi Zola pada 26 Maret 2020. Sherrin memutuskan pisah karena merasa tidak lagi mendapat perhatian dari Zumi yang saat ini mendekam di penjara.

Sumber: JAMBI28 TV 

Dukung Pemulihan Ekonomi, Ardy Daud Dorong Pelaksanaan Anggaran

JAMBI (SR28) - Penjabat sementara (Pjs) Gubernur Jambi, Ir.Restuardy (Ardy) Daud,M.Sc mendorong pelaksanaan anggaran Pemerintah Provinsi Jambi yang akan berdampak pada perekonomian daerah. Ia mengingatkan seluruh kepaala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi Jambi untuk segera merealisasikan rencana kerja anggaran, tentunya sesuai dengan aturan dan prosedur yang berlaku. Hal itu disampaikannya dalam Rapat Koordinasi Bidang Perekonomian dan Pembangunan, yang berlangsung di Ruang Utama Kantor Gubernur Jambi, (05/11/2020).

Ardy Daud mengatakan, Pemerintah Provinsi juga mengupayakan pemulihan perekonomian Provinsi Jambi ditengah pandemi Covid-19, dan mendukung pemerintah pusat dalam memulihkan perekonomian nasional.

Ardy Daud menjelaskan, Pemprov Jambi telah melakukan refocusing anggaran untuk membantu pemulihan perekonomian akibat Covid-19, program dan kegiatan telah tertuang dalam APBD Perubahan Tahun 2020 untuk fokus dengan hal tersebut. Salah satu contoh kegiatannya adalah memberikan Jaring Pengaman Sosial (JPS) kepada masyarakat yang sangat terdampak Covid-19.

“Pemulihan perekonomian ini tidak hanya kita anggarkan pada tahun 2020 saja, tapi juga akan terus berjalan di tahun 2021 dengan mengalokasikan anggaran untuk pemulihan perekonomian, karena ini merupakan salah satu upaya kita bersama dalam mengatasi kondisi perekonomian yang menurun, disamping kita juga terus melakukan penanganan Covid-19,” ujar Ardy Daud.

Ardy Daud berpesan kepada seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi Jambi untuk lebih memfokuskan program dan kegiatan guna membantu perekonomian masyarakat, yang pada akhirnya turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga dapat mendorong meningkatnya perekonomian Provinsi Jambi.

“Dampak yang sangat siginifikan dari pandemi Covid-19 ini adalah pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi berada pada angka minus 1,72 persen. Perlambatan ekonomi terjadi karena penurunan kinerja, konsumsi rumah tangga yang relatif menurun, pelemahan harga komoditas unggulan dan menurunnya produksi manufaktur,” kata Ardy Daud.

“Berita baiknya, kondisi ekspor Provinsi Jambi saat ini sudah mulai membaik berdasarkan data yang ada, serta pada bidang pertanian juga turut memberikan kontribusi positif dengan adanya panen raya beberapa waktu yang lalu dalam menjaga pertumbuhan perekonomian di Provinsi Jambi,” lanjut Ardy Daud.

Selanjutnya, Ardy Daud mengingatkan seluruh Kepala OPD lingkup Pemerintah Provinsi Jambi untuk segera mempercepat pelaksanaan APBD, karena realisasi anggaran APBD tersebut sangat membantu dalam perputaran uang ditengah masyarakat.

Pada rapat tersebut, Penjabat Sekretaris Daerah (Pj.Sekda) Provinsi Jambi, H.Sudirman,SH,MH bertindak sebagai moderator dalam rapat yang diikuti oleh Asisten II Sekda Provinsi Jambi, Ir.Agus Sunaryo,M.Si dan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Jambi. (Sidik)

Pemkot Jambi Raih WTP Atas Laporan Keuangan 4 Tahun Berturut-turut

KOTA JAMBI - Kota Jambi kembali mendulang kisah sukses dalam kepiawaiannya mengelola akuntabilitas tata kelola keuangan daerah. Daerah yang dijuluki Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi ini, kembali meraih apresiasi dan penghargaan dari pemerintah pusat, berupa Piagam Penghargaan Capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Tahun 2019 dari Menteri Keuangan Republik Indonesia.

Rapat Pleno KPU Tanjab Barat Pastikan Tiga Paslon Sahabat Maju Pilbub Tanjab Barat

KUALA TUNGKAL (SR28) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjab Barat menggelar rapat pleno penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat tahun 2020 di Aula Kantor KPU Tanjab Barat, Rabu (23/9).

Ketua KPU Tanjab Barat, Hairuddin menjelaskan dari hasil rapat pleno tersebut sebanyak tiga bakal pasangan calon (Balon) ditetapkan dan di pastikan sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tanjab Barat periode 2021-2024 yang dinyatakan memenuhi persyaratan untuk mengikuti Pilkada serentak 2020.

"Tiga pasangan bakal calon Bupati dan wakil bupati yang ditetapkan adalah, pasangan Muklis-Supardi,pasangan Anwar Sadat-Hairan, dan
pasangan Mulyani Siregar-M Amin sebagai pasangan calon Bupati dan wakil bupati Tanjab Barat pada Pilkada 2020," ujar Ketua KPU.

Usai ditetapkan, KPU bakal menggelar tahapan pengundian nomor urut pada hari Kamis (24/09) mendatang yang rencananya di lakukan di aula Tungkal Hotel, Jalan Panglima Camar, Kec. Tungkal Ilir,pelaksanaan pengundian bakal mengedepankan dengan protokol kesehatan dengan membatasi jumlah peserta yang hadir saat penetapan.

"Yang boleh masuk adalah pasangan kandidat, perwakilan tim kampanye, dan  LO Partai Koalisi," ujarnya. (Sabri)