Kamis, Januari 28, 2021

Gunung Merapi Kembali Erupsi, Keluarkan Awan Panas Guguran

YOGYAKARTA (SR28) - Gunung Merapi kembali erupsi pada 27 Januari 2021 siang. Jarak luncur awan panas mencapai 3 kilometer. Saat ini, Merapi di...

Jambi Kembali Terima 17.240 Dosis Vaksin Covid-19

JAMBI (SR28) - Berdasarkan rencana pemerintah Jambi, jumlah vaksin Covid-19 itu akan mulai di distribusikan ke 9 kabupaten kota lainnya yang belum...

Belum Ada Laporan Bencana, Status Provinsi Jambi Masih Kesiapsiagaan

JAMBI (SR28) - Berdasarkan pemantauan BPBD Provinsi Jambi, ketinggian muka air sungai Batanghari disejumlah daerah masih berada pada kisaran 12 hingga 13...

Sudah Ada 430 Pasien Covid-19 Tanpa Gejala Yang Dirawat Di Rumah isolasi Milik Pemprov Jambi

JAMBI (SR28) - Sejauh ini sedikitnya sudah ada 430 pasien yang dirawat di 2 rumah isolasi milik pemerintah provinsi Jambi itu sejak...

Technology

4 Pengedar Narkoba Ditangkap Polres Bungo

BUNGO (SR28) - Tim Satuan Reserse narkoba Polres Bungo berhasil mengamankan 4 pengedar narkoba jenis Sabu, Ekstasi dan Ganja yang selama ini beroperasi di wilayah kabupaten Bungo, Jambi.

Keempat pelaku yang diamankan merupakan sindikat jarigan Lapas Kelas II B Muara Bungo. Dari tangan para pelaku, petugas berhasil menyita sejumlah barang bukti berupa 4 Kg ganja, 83 gram Sabu dan Ekstasi sebanyak 1,50 gram.

4 Pengedar Narkoba Ditangkap Polres Bungo

4 Pengedar Narkoba Ditangkap Polres Bungo

Posted by JAMBI28 TV on Wednesday, September 16, 2020
4 Pengedar narkoba di Bungo ditangkap bersama barang bukti
- Advertisement -

Wacana RSUD Raden Mattaher jadi Rumah Sakit Khusus Covid-19

JAMBI (SR28) - Pemerintah Provinsi Jambi mewacanakan RSUD Raden Mattaher Jambi menjadi rumah sakit khusus penanganan Covid-19. Hal tersebut atas pertimbangan belum adanya rumah sakit Covid-19 di Provinsi Jambi seiring semakin meningkatnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Nonton berita menarik lainnya di JAMBI28.TV

Perusahaan Bersama Serikat Pekerja dan Serikat Buruh PT LPPPI Bagikan 1500 Masker

TEBING TINGGI (SR28) - PT Lontar Papyrus Pulp and Paper Indystry (PT LPPPI) bersama Serikat Buruh Kehutanan, Perkebunan dan Pertanian (SB-Hukatan) Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI),Serikat Pekerja Demokratis (SPD) melakukan sosialisasi dan edukasi disiplin penggunaan masker untuk warga masyarakat di Kelurahan Tebing Tinggi, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Selasa (6/10).

Sebanyak 1500 masker telah dibagikan kepada masyarakat yang melintas di sepanjang jalan simpang pasar KM2.5.

Pimpinan PT LPPPI bersama ketua SB Hukatan, ketua SPD bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Tebing Tinggi memperketat disiplin penggunaan masker untuk mentaati protokol kesehatan yang berlaku, mengingat masih tingginya penyebaran Covid19 di Provinsi Jambi.

Ketua SB-Hukatan Hasian Marbun mengatakan, sangat mengapresiasi atas upaya yang dilakukan oleh perusahaan, dengan berkolaborasi bersama serikat buruh yang ada di perusahaan hal ini merupakan langkah yang tepat untuk mencegah penyebaran Covid19 di Kecamatan Tebing Tinggi, khususnya di wilayah sekitar perusahaan.

"Kita berharap kegiatan sosialisai ketaatan terhadap penerapan protokol kesehatan dan bantuan peralatan kesehatan seperti masker terus dilakukan tidak hanya satu kali ini saja tapi harus berkelanjutan, sekali lagi saya mengapresiasi kegiatan hari ini," ujar Hasian.

Senada dengan SB-Hukatan, Ketua SPD Hadi Hendri juga mengapresiasi atas kerjasama pembagian masker kepada masyarakat

"Kita harap kegiatan ini terus dilakukan selama pandemi Covid-19 masih berlangsung," timpal Hadi.

Ditempat yang sama Pimpinan PT LPPPI, Suparno mengucapkan terima kasih kepada semua yang terlibat dalam kegiatan hari ini beliau mengatakan semoga kerjasama ini akan terus berjalan antara Perusahaan, Serikat Pekerja dan Serikat Buruh, serta Pemerintah dapat jalan beriringan untuk mengedukasi masyarakat agar tetap disiplin menggunakan masker sebagai bagian dari adaptasi kebiasaan baru dan penerapan protokol kesehatan.

"Semoga bantuan masker ini dapat bermanfaat seluas-luasnya untuk masyarakat," tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini unsur dari Pemerintah Kecamatan Tebing Tinggi yang diwakili oleh Sekretaris Kecamatan Kunardi, Kelurahan Tebing Tinggi diwakili oleh Usman staff Kelurahan, Kepala Puskesmas Perawatan Pijoan Baru dr. Hj. Silvie Zalerti, Kepala Sub Sektor Tebing Tingggi IPDA R. R Simanjuntak, dan Babinsa Tebing Tinggi Sertu Tri Setyantoro. (Sabri)

Ini Penyebab Munculnya Fenomena Awan Tsunami di Aceh

MEULABOH - Fenomena alam,awan berbentuk gelombang selimuti langit Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Aceh. Pada senin pagi.gumpalan awan jenis arcus yang muncul secara tiba-tiba dan sempat menggelapkan kota meulaboh ini membuat warga panik. Namun badan Meteorologi Geofisika Nagan Raya, meminta warga tidak panik karena itu hanya fenomena alam biasa.

Sumber: JAMBI28 TV

Waduh, Donald Trump Larang Tik Tok di AS, Alasannya Cukup Mengerihkan

Presiden Amerika Serikat Donald Trump bakal menandatangani perintah eksekutif secepatnya untuk melarang aplikasi media sosial (medsos) TikTok yang berkembang pesat di Amerika Serikat.

Trump beralasan, pelarangan dilakukan karena pihak berwenang Amerika telah meningkatkan kekhawatiran bahwa layanan tersebut dapat menjadi alat bagi intelijen China untuk mengambil data pribadi 80 juta pengguna aktif di AS.

Sumber: JAMBI28 TV

Latest News

Pemkab Luruskan Soal Zona Merah COVID-19 Di Tanjabbar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui Juru Bicara Satgas COVID-19 bantah jika Tanjab Barat saat ini masuk ke...

TEGA! Bapak Ini Disiram Saat Sedang Tertidur Pulas

Seorang Pria renta disiram orang tak dikenal saat tengah tertidur pulas. Tak diketahui apa maksud dari seseorang yang mneyiram tersebut.

UNIK! Band Ini Gelar Konser Di Dalam Balon, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Sebuah grup band asal Amerika Serikat yakni The Flaming Lips Band menggelar sebuah konser di dalam balon. Uniknya mereka tetap mematuhi protokol...

Belasan Rumah Terbakar Di Palembang, Pengakuan Tersangka Bikin Geram

PALEMBANG (SR28) - Tangis histeris mewarnai proses pemadam kebakaran yang terjadi di pemukiman padat penduduk di Jalan KH Ahmad Dahlan Palembang, Senin...

Misteri Kematian Rapper K-Pop Iron, Diduga Tewas Dibunuh?

KOREA SELATAN (SR28) - Polisi sebelumnya sempat menyatakan bahwa mereka belum menemukan kecurigaan atau bukti adanya kemungkinan pembunuhan. Karena...

Music

Minggu Depan Pemprov Jambi Gratiskan Uji Swab

JAMBI (SR28) - Angka Covid-19 di Provinsi Jambi terus meningkat tinggi, langkah percepatan memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Provinsi Jambi, Pemprov Jambi melakukan swab gratis untuk masyarakat Jambi di RSUD Raden Mattaher Jambi.

“Uji swab ini gratis ini segera kita lakukan, ini untuk mempercepat penanganan covid-19 di Provinsi Jambi,” kata Restuardy Daud Pjs Gubernur Jambi saat rapat evaluasi covid-19 di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi.

Lanjutnya, nantinya swab gratis ini akan dibebankan pada APBD Provinsi Jambi. Saat ini pihaknya hanya menunggu legal formal, untuk melakukan swab secara gratis kepada masyarakat Jambi. “Tak ada masalah yang terjadi untuk uji swab ini,” tambahnya.

Kata dia, seharusnya uji swab ini sudah dilakukan minggu kemarin. Namun realisasinya akan dilakukan pertengahan minggu ini. Pasalnya, ini hanya bersifat internal di Provinsi Jambi dan tak sama dengan perda, dan ini sudah bahas untuk segera dilakukan.

“Sudah diproses di Biro Hukum dan rumah sakit, namun sekarang sudah di sekretariat daerah dan sudah disampaikan ke rumah sakit,” sebutnya.

Kemudian, Ardy menyebutkan jika masyarakat ingin melakukan swab baik yang ada gejala covid-19 atau tidak, bisa langsung datang ke rumah sakit. Ini juga bertujuan untuk mengejar target sebanyak 3.500 spesimen per minggu, sesuai dengan standar WHO.

“Kita terus berupaya untuk membasmi covid-19, langkah-langkah terus kita upayakan dan yang paling penting tetap jaga jarak dengan protokol kesehatan,” ucapnya.

Siap-siap! Pemprov Jambi Segera Terbitkan Perda Sanksi Bagi Pelanggar Protokol Kesehatan

JAMBI (SR28) - Perda tersebut nantinya akan menjadi payung hukum bagi pemerintah maupun tim Yustisi Satgas Penanganan Covid-19 di seluruh kabupaten kota se Provinsi Jambi untuk menjalankan tugas penegakan disiplin protokol kesehatan. Termasuk, pemberians ankso hukum bagu masyarakat yang masih saja melanggar Perda protokol kesehatan tersebut.

12 Pemda Hingga Satker Kementerian Terima DIPA Dan TKDD TA 2021

JAMBI - Adapun alokasi belanja kementerian lembaga untuk Provinsi Jambi sendiri dalam bentuk DIPA tahun anggaran 2021 dianggarkan sebesar Rp7,16 Triliun. Sedangkan dana transfer untuk tahun 2021 dialokasikan sebesar Rp13,62 Triliun.

Gubernur Jambi Puji Kontribusi XL Dukung Pembelajaran Jarak Jauh

JAMBI (SR28) - Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum puji kontribusi PT XL Axiata dan Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informasi Seluruh Indonesia yang sangat mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan memberikan 5.100 kuota paket internet gratis kepada siswa-siswi, mahasiswa, guru, dan dosen di Provinsi Jambi. Hal itu disampaikannya saat Penyerahan Paket Internet Gratis bagi Pelajar di Kota Jambi, Kerja Sama dengan XL AXIATA – ASKOMPSI Peduli Pendidikan. Penyerahan secara simbolis dilakukan di SMK Negeri 1 Kota Jambi, Selasa (01/09/2020).

Gubernur menyampaikan, bantuan paket internet yang diberikan agar dapat membantu kemudahan akses internet melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bagi siswa/i ditengah kondisi pandemi Covid-19, dan diharapkan bisa mendukung pencapaian tugas belajar dan menengajar di rumah. “Berdasarkan arahan dari Pemerintah Pusat terkait pelaksanaan pembelajaran di masa Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung sejak bulan Maret 2020, Pemerintah Pusat berkomitmen membantu penyedian paket kuota internet gratis bagi siswa-siswi dan mahasiswa serta para guru dan dosen sampai akhir tahun 2020. Untuk itu, saya minta Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi bergerak cepat untuk memastikan kepala sekolah terkait pendataan kuota internet gratis bagi para siswa, nantinya agar dimasukan dalam aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik),” ujar Fachrori.

Pada Kesempatan ini, Fachrori menginstruksikan kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi untuk menyesuaikan anggaran tahun 2020 dan menyiapkan anggaran tahun 2021 untuk mendukung kemudahan bagi siswa-siswi dalam melakukan PJJ dan menfaatkan aplikasi PJJ dari XL Axiata yang telah diuji coba pada SMK Negeri 1 Kota Jambi, serta segera mendistribusikan paket internet gratis sebanyak 5.000 paket kepada pemerima yang berhak untuk mendukung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia di Provinsi Jambi.

Selain itu, Fachrori mengajak para wali murid, pihak sekolah, dan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi serta Dinas Kominfo Provinsi Jambi agar mengawasi penggunaan kouta internet gratis ini betul betul untuk mendukung PJJ dan mengunakan internet positif untuk pembelajaran efektif. ”Pada kesempatan ini, saya mengimbau kepedulian sosial kita bersama melalui pemberian hand phone kepada siswa yang tidak mampu agar bisa tetap mendapatkan pembelajaran dan menggapai cita-cita yang gemilang dalam pembelajaran situasi pandemi Covid-19,” ungkap Fachrori.

“Hari ini kita bagikan paket internet agar bisa belajar jarak jauh, untuk itu pergunakanlah internet ini sebaik mungkin, sehingga kegiatan belajar dan mengajar bisa terlaksana dan berjalan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan,” pungkas gubernur Jambi.

Sebelumnya, Kelapa Dinas Kominfo Provinsi Jambi Nurachmat Herlambang mengucapkan terima kasih kepada PT XL yang telah memberikan internet gratis bagi siswa-siswa yang kurang mampu di Provinsi Jambi.

“Kegiatan ini memang dilakukan di ruang terbaka sesuai dengan anjuran protokol kesehatan, kita tidak boleh berkumpul lama di ruang tertutup. Untuk itu, pemberian paket internet Gratis XL Axiata berkerja sama dengan Askompsi Peduli Pendidikan memberikan 5.100 paket gratis untuk pelajar di Provinsi Jambi,” ujar Nurachmat

Selain itu, lanjut, Nurachmat Herlambang, PT XL juga memberikan aplikasi pembelajaran jarak jauh bagi siswa dan guru di seluruh Indonesia, aplikasi ini sangat membantu pembelajartan jarak jauh seperti video, foto, dan berkomonikasi langsung. Dengan aplikasi ini, orang tua murud juga bisa memantau pembelajaran anak didik.

Area Manejer PT XL- Axiata Jambi Haris Alparizi menyampaikan, XL-Axiata senantiasa berkomitmen ikut berpartisipasi mengembangkan dunia pendidikan di Indonesia.

“Pada hari ini, XL-Axiata secara serentak menyerahkan paket internet gratis, dilaksanakan di 28 provinsi se Indonesia dan 10 provinsi se Sumatera, termasuk salah satunya Provinsi Jambi. 260.450 pieces secara nasional. Memang tidak semua daerah punya akses smart phone ataupun koneksi internet yang baik, ini merupakan suatu hal yang menantang, tetapi kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama kedepan, memastikan sekolah bisa menyelenggarakan pembelajaran daring," ungkap Haris

“Selain itu, siswa-siswi dapat menemukan berbagai aplikasi pembelajaran daring yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran di rumah. Kemudian ada surat edaran, panduan, serta kumpulan informasi, video, dan infografis yang dapat membantu edukasi pencegahan penularan Covid-19," terang Haris,” tambah Haris.

Pada kesempatan ini, gubernur menyerahkan bantuan alat olahraga berupa 2 paket bola kaki dan 2 paket bola voli, yang diterima oleh perwakilan siswa/i SMK Negeri 1 Kota Jambi.

KPU Tanjab Barat Tetapkan Nomor Urut Paslon Pilkada 2020

KUALA TUNGKAL (SR28) - Pengambilan nomor urut pasangan calon Kepala Daerah yang dilaksanakan oleh KPU Tanjab Barat di Aula Tungkal Hotel secara Live di Facebook dan Instragram telah menetapkan paslon Mulyani dan Amin dengan nomor urut 1,kemudian Ustadz Anuar Sadar dan Hairan dengan nomor urut 2,sedangkan Muklis dan Supadi ditetapkan nomor urut 3.

Penetapan nomor urut tersebut langsung ditetapkan oleh ketua KPU Tanjab Barat Hairuddin Kamis (24/09) digedung aula Tungkal Hotel, jalan Panglima Camara, Kecamatan Tungkal Ilir, dan dihadiri Pasangan Calon, serta Partai pengusung juga LO. (Sabri)

Culture

- Advertisement -

Aksi Demo Petani di Jambi Ditengah Pandemi

KOTA JAMBI (SR28) - Ratusan masa petani yang tergabung dalam Gestur Jambi  menggelar aksi demontrasi di kawasan perkantoran Telanaipura, Kota Jambi. Aksi tersebut digelar dalam upaya penyampaian aspirasi kepada Pemerintah yang berbarengan dengan peringatan hari Tani ke 60.

Sumber: JAMBI28.TV

Breaking News! Bupati Masnah Busroh Positif Covid-19

SENGETI (SR28)- Bupati Muaro Jambi Hj.Masnah Busroh pada hari Minggu siang (4/10) menyatakan diri jika dirinya telah terkonfirmasi positif terkena Covid-19.  Masnah melalui video yang direkam menggunakan handphone pribadinya mengaku jika dia dinyatakan positif Covid 19 pada Sabtu malam (3/10).

"Kemarin saya uji swab dan malamnya hasil keluar, saya dinyatakan positif Covid-19 dan Alhamdulillah saat ini saya telah diisolasi" Ungkap Masnah dalam video tersebut.

Masnah juga mengaku jika dirinya  tidak merasakan gejala apapun selama ini.

"Saya OTG. kita tidak tau virus itu dimana dan pada siapa. mohon doanya kepada masyarakat untuk kesembuhan saya agar bisa bekerja kembali" Tutupnya

Hingga berita ini dinaikkan belum ada keterangan resmi dari tim Gugus Tugas Muaro Jambi.

Wacana RSUD Raden Mattaher jadi Rumah Sakit Khusus Covid-19

JAMBI (SR28) - Pemerintah Provinsi Jambi mewacanakan RSUD Raden Mattaher Jambi menjadi rumah sakit khusus penanganan Covid-19. Hal tersebut atas pertimbangan belum adanya rumah sakit Covid-19 di Provinsi Jambi seiring semakin meningkatnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Nonton berita menarik lainnya di JAMBI28.TV
- Advertisement -

Must Read

Tak Ada Anggaran, Satpol PP Kota Jambi Pungut Biaya Tes Urin dari Pegawai

KOTA JAMBI - 196 pegawai tidak tetap Satpol PP Kota Jambi jalani peemriksaan tes urin narkotika dibawah pengawas BNN Kota Jambi. Anehnya, kegiatan tes urin narkotika ini dilakukan dengan biaya pribadi masing-masng pegawai. Hal tersebut lantaran Satpol PP Kota Jambi tak memiliki anggaran untuk pelaksanaan kegiatan tersebut.

Beli Narkoba Pakai Uang Palsu, 5 Pelaku Dibekuk Polisi

JAMBI - Tim Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) dan Tim Spartan Sat Reskrim Polres Bungo, Jambi berhasil mengamankan 5 orang pelaku pencetak dan penyebar uang palsu.

Kasus tersbeut terungkap pada saat pelaku menipu warga dengan menggunakan uang palsu untuk membeli narkoba.

Penemuan Ular Raksasa Hebohkan Warga

Warga rt 19 kelurahan teratai, Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batanghari, berhasil menangkap ular Phyton berukuran besar. Ular yang diperkiran berukuran 7,5 meter tersebut ditangkap disebuah perkebunan milik warga. Pada Selasa (04/08/2020) pagi.

Penangkapan ular ini berawal pada saat seorang warga tengah membersihkan kebun dan melihat seekor ular berukuran besar bersembunyi di semak. Takut nyawanya terancam, ia langsung memanggil sejumlah warga untuk melakukan penangkapan. Pada saat dilakukan penangkapan, warga sempat kesulitan pasalnya bobot ular tersebut diperkirakan mencapai puluhan kilogram.

Dengan peralatan seadanya, akhirnya warga yang beramai-ramai berhasil mengevakuasi ular dari dalam semak. Sebelum ditangkap, ular phyton ini dikabarkan sempat memangsa sejumlah ternak warga.

Pasalnya, beberapa waktu lalu warga kehilangan anak sapi yang diduga sudah dimakan ular tersebut.

Sumber: JAMBI28 TV

Bertambah Positif Covid-19 di PT PetroChina, Jubir Gugus Tugas Sebut Penutupan Sementara Akan Dikaji

KUALA TUNGKAL (SR28) - Terkait belasan orang karyawan PT. Petrochina yang positif terkena covid-19 (korona) hingga kini perusahaan tersebut masih mempekerjakan karyawan hal tersebut menimbulkan tanda tanya dikalangan masyarakat Tanjab Barat.

Jubir gugus Tugas Covid-19 H. Taharuddin ketika dikonfirmasi melalui ponselnya terkait belasan orang karyawan PT. Petro China posiitf Covid-19 membenarkan hal tersebut, namun ketika ditanyakan akankah ada upaya penutupan terhadap perusahaan tersebut, pihaknya masih mengkaji terleih dahulu.

"Kita masih mempelajari dan mengkaji hal itu, akan tetapi saat ini kita minta perusahaan tersebut mengikuti protokol kesehatan, dan itu sudah dilakukan, saat pihak perusahaan masih melakukan tes sweb dengan mengandek pihak Rumah Sakit Seloam Jambi," ujar H. Taharuddin, Senin (27/7/2020).

Taharuddin juga menjelasan positifnya belasan karyawan PT. Petrochina saat ini, menurutnya tidak menutupi kemungkinan akan terus bertambah, karena saat ini pihak perusahaan masih melakukan test swab kepada semua karyawan di perusahaan tersebut.

Terhadap masyarakat sekitar Desa pematang Lumut, Gugus Tugas menghimbau untuk mengikuti imbauan Tim Gugus Tugas Covid-19 Tanjab Barat dengan mengurangi perkumpulan jam malam, gunakan masker bila keluar rumah, cuci tangan pakai sabun.

"Hal tersebut harus masyarakat lakukan demi menjaga dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19," pungkasnya. (Sabri)

Ribuan Buruh di Jambi Turun ke Jalan Menolak UU Cipta Kerja

JAMBI (SR28) - Ribuan buruh di Jambi turun ke jalan melaksanakan unjuk rasa menolak undang-undang Omnibus Law Cipta Kerja. Senin (12/10) mulai Pukul 10.30 Wib. Meski sempat diguyur hujan para buruh tetap semangat menyuarakan aspirasi mereka.

SMAN 1 Batanghari Jalin Kemitraan dengan Dua Sekolah di Amerika

BATANGHARI (SR28) - SMAN 1 Batanghari, bekerja sama dengan sekolah di Amerika Serikat (Waverly, Michigan dan St. Louis, Missouri) mengadakan program Pertukaran Pemuda secara Virtual. Program ini diberi nama "Connected Planet Project".

SMANSA telah memilih Empat utusan terbaik, dan empat utusan pendamping untuk nantinya berdialog dan berdiskusi tentang peran pemuda dalam membantu Komunitas dan Pemerintah dalam Menangani Kasus Corona. Mereka adalah M. Ghifari, Leonardo Samosir, Nurul S, Indana Zulfa (kelas XII), Faras Aldi, Aqlah Dien, (Kelas XI), dan Nina Norin, Sakyna Maharani (Kelas X).

Sementara dari Waverly High School telah menunjuk dua utusan terbaiknya: Keegan Gray dan Donovan Owen (Kelas XII). Dari St. Louis, Vashon High School juga mengutus dua utusan terbaik: Ryan Standley dan Dominic Archie Jr. (Kelas XII).

Diskusi secara virtual melalui apliaksi Zoom Meeteng

Diskusi berjalan dengan lancar. Pertukaran pemuda virtual menggunakan zoom sendiri mampu menimbulkan rasa keingintahuan yang tinggi dari masing-masing peserta terhadap budaya dan tradisi yang tentunya berbeda antara Amerika dan Indonesia. Topik diskusi pun sangat beragam mulai dari kepemimpinan, olahraga, lingkungan, social media, hingga memuncak pada topik pembelajaran selama pandemik, serta peran pemuda dalam masa adaptasi new normal.

Acara diawali dengan perkenalan dari guru SMANSA, Dion Ginanto, Samantha Lurie dari Vashon HS dan guru dari Waverly HS Mr. Robert Lurie. Mr. Lurie sendiri pernah berkunjung ke Batang Hari dan singgah satu hari di SMANSA. Acara Connected Planet Project ini adalah follow up dari kunjungan Mr. Lurie satu tahun yang lalu. Sementara guru dari Vashon HS dipimpin oleh Samantha Lurie, yang juga putri kandung dari Robert Lurie. Baik Samantha maupun Robert pernah mendapatkan pengharagaan dari Pemerintah Amerika Serikat sebagai guru terbaik dan favorit.

Setelah perkenalan sekolah, acara dilanjutkan dengan perkenalan antar siswa. Acara ini semakin seru karena diselingi dengan ice breaker, naming ceremony: mengartikan nama. Jadi masing-masing siswa berkenalan dan memberi arti dari nama yang mereka miliki.

Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi di mana topik yang disepakai pada pertemuan pertama kali ini adalah “Peran Pemuda dalam membantu Komunitas dan Pemerintah dalam Penanganan Covid-19.”

Masing-masin peserta sangat antusias bertukar informasi mengenai bagaimana Pandemic mempengarui proses belajar mengajar. Mereka juga bertukar fikiran tentang kiat-kiat mengefektifkan pembelajaran daring agar memperoleh hasil yang maksimal. Serta berdiskusi tentang bagaimana dapat menyeimbangkan antara ekspektasi dan tanggungjawab ketika belajar dari rumah.

Ghifari, memberikan highlight bahwa meskipun ia mempunyai akses terhadapa tehnology dan laptop dan smartphone, namun Ghifari memberikan penekanan pada siswa-siswi yang kurang beruntung dan yang tidak memiliki akses yang cukup pada teknologi. Keegan, siswi dari Waverly juga setuju bahwa permasalahan kekurangan teknologi juga menjadi masalah di Waverly.

Siswa ikuti diskusi secara virtual menggunakan aplikasi Zoom Meeteng

Beberapa siswa diantaranya Ryan dan Keegan juga memiliki kesulitan untuk menyeimbangkan antara waktu penggunaan media sosial media dan waktu belajar. Sementara itu, Dominic dan Donovan menyotori banyaknya tugas yang harus mereka selesaikan di sekolah selama Pandemic.

Keegan, juga mengungkapkan bahwa rindunya dia pada teman-temannya, dan betapa rindunya Keegan pada kegiatan-kegiatan sekolah.

Terakhir, Nina Norin dan Keegan berbagi nilai positif selama belajar dari rumah. Norin bercerita pengalaman bahwa ketika belajar dari rumah dia lebih mempunyai waktu untuk belajar mandiri, sehingga ia dapat belajara bahasa Korea secara mandiri. Senada dengan Norin, Keegan lebih mampu mempelajari budaya Afrika secara mendalam, termasuk bahasa dan makanan dari Afrika.

Beberapa peserta dari Amerika meminta rekomendasi makanan dari Indonesia. Siswa siswi Indonesia secara kompak membagi informasi tentang rendang dan nasi goreng.

Di ujung acara, peserta diskusi membuat rekomendasi tentang pembelajaran online selama pandemic, diantaranya:

Untuk guru agar tidak memberikan banyak tugas dan PR selama Pandemic. Karena siswa sudah merasa berat dengan pembelajaran online, maka guru harus secara ikhlas mengurangi intensitas pemberian PR dan Tugas.

Jika memang harus memberikan tugas, maka guru harus memberikan tenggat waktu yang lebih flexible.

Agar guru dapat memberikan materi secara menarik dan mudah dipahami, bukan hanya sekedar memberikan tugas.

Diskusi berlangsung secara virtual oleh SMANSA, Waverly HS, dan Vashon HS

Peserta dari Indonesia dan Amerika juga merekomendasikan agar pemuda dapat terus mematuhi aturan pemerintah termasuk untuk tetap menjaga physical distancing dan disiplin dalam menggunakan masker ketika harus ke luar rumah. Yang terpenting, agar siswa dapat memanfaatkan waktu belajara dari rumah untuk memaksimalkan penelitian dan penemuan jati diri, contohnya dengan secara mandiri mempelajari bahasa asing, atau mempelajari budaya dari negara lain yang tentunya tidak diajarkan di sekolah.

Di akhir acara, baik SMANSA, Waverly HS, dan Vashon HS berkomitmen untuk melanjutkan kegiatan ini dengan jumlah peserta yang lebih besar dan dilakukan dengan rutin, agar terjalin hubungan yang erat antar sekolah dari kedua negara. Pertemuan ini diakhiri dengan foto bersama secara virtual

Acara Connected Planet Project didukung sepenuhnya oleh keluarga besar SMAN 1 Batanghari. Kepala SMAN 1 Batanghari, Dra. Rony Setwawati, M.Pd., berharap agar acara ini menjadi langkah awal SMANSA dalam melatih lulusannya untuk menjalin kerjasama dan diplomasi dengan negara tetangga. (Dion Ginanto)

Lifestyle Magazine

Bawaslu Larang Keras Konser Musik Saat Kampanye Ditengah Pandemi

JAMBI (SR28) - Bawaslu Provinsi Jambi melarang keras orang berkumpul di suatu tempat seperti konser musik serta kegiatan kampanye lainnya yang mengumpulkan massa lebih dari 50 ditengah pandemi saat ini.

Bupati Tanjabbar Serahkan Bantuan Kendaraan Operasional Inseminasi Buatan di Tebing Tinggi


KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat DR. Ir. H. Safrial, MS menghadiri acara penyerahan  mobil operasional Inseminasi Buatan (IB) program TJLSP (Tanggung Jawab sosial dan lingkungan perusahaan) Bank Jambi di Desa Purwodadi Kecamatan Tebing Tinggi, Selasa (25/08).

Kadis Perkebunan dan Peternakan, Ir. Melam Bangun,dalam laporan nya mengatakan penyebaran bantuan ternak sapi sampai saat ini tersebar di 6 kecamatan, yang meliputi kecamatan Tebing Tinggi, Batang asam, Renah mendaluh, Muara papalik, Tungkal Ilir, dan Kecamatan Pengabuan.

"Semntara itu Kondisi bantuan ternak sekarang ini terbilang cukup baik, karena dari penyebaran 200 ekor sudah lahir 21 ekor, sementara pada posisi sekarang sapi yang mengandung /Bunting sebanyak 76. Ekor, kita berharap kedepannya ada penambahan petugas imseminasi buatan sehingga dapat meningkatkan produktifitas dari ternak ini," timpalnya.

Diwaktu yang berbeda Bupati Tanjab Barat, Dr. Ir. H. Safrial MS dalam sambutannnya mengapresiasi kepada Bank Jambi dan pihak lainnya yang telah mendukung Pemerintah dalam upaya mengembangkan sektor peternakan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Salah satunya dengan adanya bantuan mobil operasional yang berasal dari dana CSR Bank Jambi,untuk program Inseminasi Buatan Saya berharap bantuan ini dapat mendukung pengembangan perternakan di kabupaten Tanjung Jabung Barat khususnya dalam pelayanan insemminasi buatan ke para peternak sehingga jumlah akseptor dan kelahiran ternak semakin meningkat.

"Untuk mendukung kegiatan tersebut Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat memberikan bantuan hibah ternak sapi kepada kelompok tani untuk tahun 2019 sebanyak 200 ekor dan tahun 2020 sebanyak 88 ekor yang dapat menjadi akseptor program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (Si Komandan), saya  berharap pihak perusahaan dapat bersinergi dalam mendukung pelaksanaan program Pemerintah, salah satunya melalui forum CSR sehingga bantuan yang diberikan tepat sasaran," jelasnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan kunci mobil operasional dari Bank Jambi kepada Bupati Tanjab Barat yang diteruskan kepada Kepala Desa Purwodadi Jayus. Masih dalam kegiatan yang sama, Bupati juga buka forum diskusi tanya jawab dengan para peternak sapi di Kecamatan Tebing Tinggi. (Sabri)

Bupati Safrial Panen Ikan Sungai Lubuk Larangan Raja Gagak Dusun Mudo

KUALA TUNGAKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial, MS memulai kegiatan Panen Ikan di Sungai Lubuk Larangan Raja Gagak yang berada di Desa Dusun Mudo, Kecamatan Muara Papalik, Selasa (25/08).

Kegiatan panen ikan ini juga turut dihadiri oleh Camat Muara Papalik Joan Prayuda, Kades Dusun Mudo Anggi Saputra, Kapolsek, Kepala Dinas pendidikan Martunis, Kepala PMD Nor Setyo Budi, Babinsa, Tokoh agama dan Tokoh masyarakat setempat.

Kepala Desa Dusun Mudo Anggi Syafutra dalam sambutannya mengatakan Lubuk Larangan Raja Gagak akan terus dilanjutkan dengan  kegiatan panen ikan, dan akan diagendakan  setahun sekali." ikan hasil dari panen lubuk larangan ini akan dibagikan secara merata kepada masyarakat sekitar."ujar Anggi

Ditempat yang sama Bupati H. Safrial dalam sambutannya, sampaikan bahwa lubuk larangan merupakan salah satu alternatif dalam menjaga kelestarian alam, khususnya ekosistem sungai. Safrial juga berharap setiap desa yang memiliki potensi sungai dapat memiliki lubuk larangan sebagai upaya menjaga kelestarian alam."Kalau bisa seluruh desa buat lubuk larangan seperti ini, jangan ada yang racun sungai atau buang limbah di sungai,"Kalau perlu tegakkan sanksi adat bila ada yang melanggar aturan itu," tegas Bupati Safrial.

Usai acara pembukaan, Bupati bersama masyarakat desa Dusun Mudo memulai kegiatan panen ikan di lubuk larangan Raja Gagak yang berisi berbagai jenis ikan air tawar. (Sabri).

Bupati Safrial Hadiri Peresmian Mushola Fakultas Perternakan UNJA Provinsi Jambi

JAMBI (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat DR. Ir. H.Safrial yang juga merupakan civitas akedemika dan Alumni Fakultas Pertenakan Universitas Jambi (UNJA) menghadiri acara Peresmian Musholla Fakultas Perternakan Universitas Jambi, Selasa (11/08). Peresmian musholla ditandai dengan pengguntingan pita oleh Safrial.

Dalam Peresmian mushola ini juga turut dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Jambi Prof. Drs. Sutrisno, M. Si, para Dekan Kampus, Dosen, Anggota Komis III DPRD Provinsi Ahmad Fauzi, serta Mahasiswa Fakultas perternakan Universitas Jambi.

Bupati Safrial dalam sambutannya menyampaikan mushola sangat penting terutama sebagai sarana ibadah kepada Allah SWT. Menurutnya, selain bekal ilmu pengetahuan dan teknologi, generasi muda juga perlu dibekali dengan iman dan taqwa.

"Kami di Tanjab Barat, juga berupaya menciptakan generasi muda yang tidak hanya berilmu pengetahuan dan Teknologi (Iptek), namun juga dibekali Iman Taqwa (Imtaq)," ujar Safrial saat berikan sambutan.

Safrial juga mengajak kepada Alumni Fakultas Peternakan Universitas Jambi untuk mengajarkan generasi muda tidak takut berkecimpung dalam dunia peternakan. Lebih lanjut, Safrial juga sampaikan terkait adanya program hibah ternak yang menurutnya perlu adanya kerjasama dengan Fakultas Peternakan dalam pelaksanaannya."Kami sekarang ada Program Hibah Ternak, keinginan saya fakultas perternakan terlibat dalam hal itu, karena dampaknya cukup bagus.

”Ini akan kami hibah ke Bumdes dan Petani sebagai upaya Pemkab dalam  mendorong ketahanan pangan Tanjab Barat," tandas Safrial.

Sementara itu diwaktu yang berbeda dan ditempat yang sama Rektor Unja Prof. Drs. Sutrisno, M. Si dalam sambutan nya mengucapkan terima kasih  dan apresiasi  Kepada para Alumni Fakultas Peternakan atas atas partisipasi dan kontribusi dalam Pembangunan Mushola.

” Sejalan dengan Bupati, menurutnya sarana ibadah seperti musholla, merupakan hal penting dalam rangka pembentukan moral generasi muda,”pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Bupati Tanjab Barat juga serahkan bantuan guna penyelesaian pembangunan musholla Fakultas Peternakan Universitas Jambi. (Sabri)

Bupati Tanjabbar Serahkan Bantuan Spesifik Perempuan Dan Anak

KUALA TUNGKAL (SR28) - Dalam rangka meringankan serta membantu warga yang terdampak covid 19 di Kabupaten Tanjab Barat, Bupati DR. Ir. H. Safrial, MS serahkan paket bantuan spesifik perempuan dan anak Kabupaten Tanjung Jabung Barat bertempat di aula Kantor Dinas P3AP2KB, Kamis (01/10).

Bupati Tanjab Barat melalui Kadis P3AP2KB Yunus dalam keterangannya mengatakan  pemberian bantuan spesifik perempuan dan anak kelompok rentan terpapar covid 19 terdiri dari 9 kelompok yang berjumlah 55 paket dari kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Yang kemudian disalurkan melalui Dinas PPA Provinsi ke semua kabupaten/Kota.

Paket bantuan dikelompokkan berdasarkan anak usia 0-2 tahun, kelompok anak usia 3-4 tahun, kelompok anak usia 5-17 tahun, kelompok anak penyandang disabilitas, kelompok perempuan dewasa, kelompok perempuan disabilitas, kelompok perempuan usia lanjut dan kelompok perempuan hamil dan menyusui.

"Isi paket ini disesuaikan dengan kebutuhan dan umur mereka seperti anak anak bantuan berupa pampers, susu dan roti. Begitu juga dengan dewasa. Tujuannya untuk mengurangi beban masyarakat yang terpapar covid 19. Kita melihat dilapangan," ujarnya.

Lanjut kadis, "jadi Bantuan ini ditujukan kepada warga yang terdampak covid khusus anak anak dan perempuan. Bantuannya beragam sesuai kebutuhan masing masing termasuk ibu menyusui ada juga bantuan susu, pampers, roti dan Vitamin," tandas Kadis. (Sabri)

Video News

- Advertisement -

Awasi Penyebaran Virus Corona di Perkantoran

JAMBI - Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Johansyah menyampaikan saat ini terus mengawasi penyebaran virus corona di perkantoran dengan melakukan rapid test secara masif terhadap ASN.

Sumber: JAMBI28 TV

Fachrori Motivasi Wisudawan Unbari Terus Tinkgkatkan Kompetensi

JAMBI (SR28) - Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum memotivasi para wisudawan/wisudawati untuk terus meningkatkan kompetensi, terutama untuk memenuhi kesiapan menghadapi abad ke-21 dan Revolusi Industri 4.0, yakni SDM yang adaptif, fleksibel, kreatif, inovatif, dan mengusai IT, bahasa internasional, komunikatif, punya sikap leadership yang tinggi, dan juga mempunyai etika moral yang luhur. Motivasi tersebut disampaikannya saat menghadiri Sidang Senat Terbuka Universitas Batanghari (Unbari) dalam Rangka Wisuda Diploma, Sarjana, dan Magister Ke-47 Tahun Akademik 2019/2020, di BW Luxury Hotel, Sabtu, (08/08/2020).

Fachrori mengatakan, perkembangan teknologi dan kemajuan ekonomi saat ini menjadi tantangan berat bagi sarjana-sarjana yang baru lulus dari jenjang pendidikan perguruan tinggi. ”Bagi sarjana yang baru lulus dari Unbari Jambi harus menyadari bahwa saat ini zaman era Revolusi industri 4.0, dimana teknologi industri telah menjadi basis dalam kehidupan manusia. Segala hal menjadi tanpa batas dengan penggunaan komputerisasi dan data yang tidak terbatas, karena dipengaruhi oleh perkembangan internet dan teknologi digital yang massif, sebagai tulang punggung pergerakan dan konektivitas manusia dan mesin,” kata Fachrori.

“Era saat ini juga akan mendisrupsi berbagai aktivitas manusia, termasuk didalamnya bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta pendidikan tinggi. Era yang diwarnai oleh kecerdasan buatan, era super computer, rekayasa genetika, teknologi nano, mobil otomatis, inovasi dan perubahan yang terjadi dalam kecepatan eksponensial yang akan mengakibatkan dampak terhadap ekonomi, industri, pemerintahan, dan juga politik,” ujar Fachrori.

Lebih lanjut Fachrori juga menjelaskan, dalam peningkatan SDM di Provinsi Jambi, Pemerintah Provisi Jambi juga banyak memberikan solusi bagi para pelajar SMA, SMK, dan Para mahasiswa Diploma, S1 saapai Magister diberikan berbagai macam program. ”Untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang sehat, terdidik, berbudaya, agamais, dan berkesetaraan gender mulai dari SMA, SMK, D3, S1, S2, S3 dan Dokter Spesialis dan menjalin berbagai kerjasama baik dengan-lembaga dalam negeri maupun dengan instansi di luar negeri. Selain itu, Pemerintah Provinsi Jambi juga terus berupaya meningkatkan keterampilan SDM angkatan kerja, melalui berbagai pelatihan dan pemagangan sampai ke Jepang, agar tenaga kerja kita memiliki soft skill, hard skill, dan competitive skill yang dibutuhkan oleh dunia Usaha kerja,” jelas Fachrori.

Sebelumnya, Rektor Universitas Batanghari H.Fachruddin Razi,SH,MH menyampaikan, pelaksanaan wisuda kali ini terasa berbeda dari pelaksanaan wisuda sebelumnya. Biasanya, acara wisuda dihadiri oleh orangtua wisudawan, tamu-tamu kehormatan, undangan dari berbagai instansi, serta seluruh dosen di Unbari. Karena adanya pandemi Covid-19, wisuda seperti biasa tidak dilaksanakan. Namun, pelaksanaan wisuda ke-47 memenuhi Protokol Kesehatan Covid-19, yaitu menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun, memakai masker dan pengukuran suhu tubuh, serta tidak bersentuhan secara fisik ataupun bersalaman dan tidak berkerumun. Untuk itu, marilah sama-sama kita mematuhi dan melaksanakannya dengan penuh kesadaran,” kata rektor.

Fachruddin Razi menuturkan, pada pelaksanaan wisuda ke-47 ini, 581 orang yang dinyatakan lulus, yang meliputi 5 fakultas dari 16 program studi yang ada di lingkungan Universitas Batanghari. Rincian dari 581 orang lulusan tersebut: lulusan jenjang pendidikan Strata Dua (S2) 46 orang, lulusan jenjang pendidikan Strata Satu (S1) 529 orang dan lulusan jenjang pendidikan Diploma Tiga sebanyak 6 orang orang. Pada jenjang Pendidikan S2 terdiri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) 54 orang, Fakultas Ekonomi 203 orang, Fakultas Hukum 215 orang, Fakultas Teknik 26 orang, dan Fakultas Pertanian 31 orang. Sedangkan pada jenjang Diploma Tiga sebanyak 6 orang yaitu dari Program Teknik Listrik.

“Dengan diwisudanya sebanyak 581 orang wisudawan/wati pada hari ini, maka Universitas Batanghari telah menghasilkan lulusan sebanyak 14.140 orang,” ujar eektor.

“Harapan saya kepada seluruh wisudawan hari ini, setelah saudara-saudara meninggalkan Universita Batanghari, jagalah nama baik almamater dengan cara menunjukkan jati diri sebagai seorang Sarjana dan Magister yang beriman dan bertakwa, serta siap untuk bekerja keras guna menghasilkan karya-karya yang bermanfaat, bagi saudara sendiri maupun masyarakat sekitarnya. Tuntutlah ilmu sepanjang hayat dikandung badan, dengan tak henti-hentinya memperbanyak membaca berbagai referensi dan aplikasikanlah dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas rektor.

Pemkab Merangin Tinjau Rumah Isolasi Covid-19

MERAGIN - Bupati Merangin, Al Haris meninjau rumah isolasi Najmi di kompleks BLK Bangko, Merangin.

"Di rumah isolasi ini semua unit kerja perangkat daerah (UKPD) terkait dilibatkan untuk pelayanan jika ada warga yang terpapar COVID-19, " ujar Bupati.

Selain menyiapkan  tempat isolasi di rumah sakit, Pemkab Merangin juga menyiapkan rumah isolasi terkendali untuk mengantisipasi jika ada warganya yang terpapar COVID-19 agar tidak melakukan isolasi mandiri.

Dikatakan bupati, jika rumah isolasi ini nantinya difungsikan, akan ada petugas piket yang mengawasi, membantu kebutuhan pasien, dari mulai pengobatan hingga pemberian makan dan minumnya selama menjalani isolasi.

"Fungsi rumah isolasi  ini agar tidak ada isolasi mandiri dan tidak ada lagi kluster keluarga," katanya.

Yuk Intip, Ini Daftar Kekayaan 5 calon Kapolri

JAKARTA (SR28)- Perrgantian Kapolri direncanakan akan rampung pada akhir Januari 2021 ini. Sederet nama pun mulai muncul ke publik, mulai dari petinggi...

KPU Persiapkan Debat Kandidat Pilgub Jambi

JAMBI (SR28) - Jadwal pelaksanaan debat kandidat pasnagan calon Gubernur Jambi hingga saat belum ditetapkan. Kendati demkian, KPU Jambi akan segera menggelar rapat koordinasi bersama tim paslon untuk menentukan jadwal tersebut.

Kasus Corona Tembus 2.168 Orang, Pemprov Jambi Siapkan Pembelian Vaksin

JAMBI - Dengan alokasi anggaran pembelian vaksin Covid-19 tersebut, pemernintah provinsi Jambi berharap agar rencana peningkatan kekebalan tubuh masyarakat terhadap paparan virus corona ini juga bisa dilaksanakan di Jambi. Yang pada akhirnya akan mempercepat proses memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Provinsi Jambi.

Mengingat, peningkatan kasus terkonfirmasi positif di Jambi dalam beberapa waktu terakhir sudah mencapai 2.168 orang dan didominasi pasien konfirmasi tanpa gejala.

- Advertisement -

Music

KPU Tanjabbar Umumkan Secara Resmi Pendaftaran Bacalon Bupati dan Wakil Bupati

KUALA TUNGKAL (SR28)- Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Desember 2020 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanjung Jabung Barat, resmi mengumumkan pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati.

Hal ini berdasarkan pengumuman nomor 364/PL.02.2-Pu/1506/KPU-kab/VIII/2020, tentang pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat tahun 2020,"ungkap KhairuddinKetua KPU Tanjabbar melalui Divisi Teknis Penyelenggaraan, KPU Tanjabbar M. Taufik, S.Tr, Rabu (02/09))

Dikatakan M.Taufik, bahwa hari ini KPU Tanjabbar, telah mengeluarkan pengumuman calon bupati dan wakil bupati pada september mendatang dan kita telah mengeluarkan pengumuman pendaftaran calon, yang dimulai tanggal 4 - 6 september 2020, pada jam 08.00 wib sampai jam 24.00 wib, jadi tiga hari waktunya itu.

"Saat pendaftaran bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Tanjabbar dilakukan oleh pimpinan partai politik atau gabungan partai politik tingkat Kabupaten,kemudian, pasangan bakal calon (Balon) tersebut wajib memenuhi syarat, yakni memiliki minimal 20 persen dari jumlah kursi DPRD Tanjabbar yaitu 8 kursi," jelas Taufik.

Selain itu, bakal pasangan calon wajib melakukan uji swab (PCR) mandiri rumah sakit yang ditunjuk yaitu RSUD Raden Mattaher dan BPOM Provinsi Jambi pada tanggal 1-2 september 2020.

"Mengingat pilkada tahun ini ditengah pandemi covid-19 untuk itu perlu melakukan prinsip kesehatan dan keselamatan, hasil swab para pasangan calon langsung diserahkan pada saat pendaftaran," tandasnya.

Untuk diketahui jika formulir pendaftaran Bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati dapat diambil di kantor KPU Tanjabbar atau dapat diunduh melalui website www.kpu-tanjabbarkab.go.id. (Sabri)

Pengumuman pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati 

4 Pengedar Narkoba Ditangkap Polres Bungo

BUNGO (SR28) - Tim Satuan Reserse narkoba Polres Bungo berhasil mengamankan 4 pengedar narkoba jenis Sabu, Ekstasi dan Ganja yang selama ini beroperasi di wilayah kabupaten Bungo, Jambi.

Keempat pelaku yang diamankan merupakan sindikat jarigan Lapas Kelas II B Muara Bungo. Dari tangan para pelaku, petugas berhasil menyita sejumlah barang bukti berupa 4 Kg ganja, 83 gram Sabu dan Ekstasi sebanyak 1,50 gram.

4 Pengedar Narkoba Ditangkap Polres Bungo

4 Pengedar Narkoba Ditangkap Polres Bungo

Posted by JAMBI28 TV on Wednesday, September 16, 2020
4 Pengedar narkoba di Bungo ditangkap bersama barang bukti

Status Siaga Karhutla Tetap Diperpanjang, Masih Ada Potensi Titik Panas

JAMBI - Perpanjangan masa status siaga Karhutla di Provinsi Jambi untuk yang ketiga kalinya itu, dilakukan mengingat masih banyaknya potensi titik panas ataupun hotspot yang bisa saja klimatologi dan geofisika Sultan Thaha Jambi. Khususnya,  yang bisa terjadi di kawasan gambut yang tersebar di beberapa wilayah di provinsi Jambi.

Gubernur Jambi Kepingin Terpilih Lagi Di Pilgub Jambi

JAMBI - Gubernur Jambi Fachrori Umar yang juga calon Gubernur Jambi dengan nomor urut 2 melakukan pencoblosan di TPS 08 yang berada di belakang rumah dinas Gubenrur Jambi.

Dengan didampingi istri sang petahana mengaku kepingin kembali memimpin provinsi Jambi untuk 5 tahun ke depan.

Sport News

Menelisik Dumisake, Sebuah Masterpiece Pembangunan untuk Provinsi Jambi dari Alharis-Sani

JAMBI (SR28)- Jagat Politik Jambi tahun 2020 ini diwarnai dengan berbagai teka-teki dan aksi lobi tingkat tinggi yang seolah tak mengenal lelah. Bisa jadi hal tersebut disebabkan karena para bakal calon Gubernur Jambi berlatar belakang seorang Bupati/Walikota pada wilayahnya masing-masing dan telah memasuki periode kedua. Secara politik, bisa terpilih pada periode kedua kali adalah capaian yang baik. Mungkin karena faktor itulah mereka optimis untuk melaju merebut tahta orang nomor 1 di Provinsi Jambi. Apalagi, jika secara jujur kita mau menarik sejarah 20 tahun kebelakang, maka pasca “runtuhnya” dinasti Nurdin yang disebut-sebut sebagai “orang kuat Jambi”  dinilai oleh berbagai kalangan bahwa pilkada kali ini  sebagai panggung bebas yang memungkinkan siapa saja  untuk menang. Tak heran  jika baru pada tahapan mendapatkan dukungan partai saja sudah memunculkan asmosfer yang sangat menegangkan.

Terbaru, pada pekan ke 4 Agustus 2020 atau H-10  menjelang pendaftaran kandidat ke KPU, muncul 3 pasang kandidat yang telah cukup mengantongi tiket untuk melaju pada Pilgub mendatang. Mereka adalah Alharis-Abdullah Sani, Fachrori Umar-Syafril Nursal serta Cek Endra-Ratu Munawaroh. Sedangkan Sy.Fasha-AJB terpaksa gugur sebelum bertarung karena gagal mengumpulkan tiket dukungan parpol. Hingga saat ini ketiga kandidat tersebut sama-sama memiliki peluang untuk menang. Kekuatan diatas kertas, belum ada yang dipastikan akan melenggang dengan mudah. Semua kandidat memiliki kekuatan dengan differensiasi masing-masing.

Ditengah hiruk pikuk Pilgub tersebut, ternyata ada ruang kosong yang nyaris luput dalam perdebatan antara calon kepala daerah  dan masyarakat. Padahal ruang kosong ini yang sejatinya menjadi poin penting dalam dialektika demokrasi. Ruang tersebut adalah tawaran program strategis dari kandidat untuk Provinsi Jambi selama 5 tahun kedepan.  Dari sanalah sebenarnya masyarakat Provinsi Jambi sama-sama berjuang untuk pembangunan daerah dengan siapapun gubernurnya.

Berdasarkan pengamatan, baru pasangan Alharis-Sani yang  sedari awal 2020 telah menjual gagasan strategis selama 5 tahun kedepan yang dinamainya dengan DUMISAKE (Dua Milayar Satu Kecamatan. Sedangkan pasangan lainnya belum memunculkan ke publik apa program strategis yang akan mereka persembahkan selama 5 tahun kedepan. Oleh karena belum adanya paket gagasan yang bisa dikomparasikan secara “apple to apple” dari masing-masing bakal calon gubernur, maka penulis akan lebih memfokuskan pada telaah terhadap DUMISAKE besutan Alharis-Abdullah Sani.

Pengantar

DUMISAKE merupakan singkatan dari Dua Milyar Satu Kecamatan. DUMISAKE adalah program janji politik yang diusung oleh Bupati Merangin Dr. H. Al Haris, S.Sos. MH (dua periode) dan mantan wakil walikota Jambi Drs. H. Abdullah Sani jika nanti terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jambi periode 2021-2026.

Secara Historis, DUMISAKE merupakan suatu program yang ingin melanjutkan program Gubernur Jambi periode 2010-2015, Hasan Basri Agus-Fachrori Umar (HBA-FU) kala itu bernama SAMISAKE (Satu Milyar Satu Kecamatan). Konsekuensi dari program SAMISAKE saat itu adalah Pemerintah Provinsi Jambi harus menyiapkan 138 Milyar per tahun guna disalurkan pada 138 Kecamatan yang ada di Provinsi Jambi. Jumlah gelontoran dana tersebut otomatis juga akan bertambah 2 kali lipat seiring dengan nama program yang oleh Alharis-Sani dinamai dengan DUMISAKE.

Adapun secara politis, hubungan “anak dan bapak angkat” antara Alharis dan Hasan Basri Agus akhirnya juga menginspirasi sekaligus mendorong Alharis untuk melanjutkan program SAMISAKE. Dimata Alharis SAMISAKE yang  - lagi-lagi - kala itu digawangi HBA sangat diterima oleh berbagai kalangan masyarakat provinsi Jambi. Dari program SAMISAKE itu pula political branding HBA  menjadi semakin kuat.

DUMISAKE mulai santer digadang-gadang oleh Al Haris sejak awal 2020 ketika beliau menyatakan siap maju Pilgub pada 9 Desember 2020 mendatang. Alasan Al Haris sederhana, yaitu ingin melanjutkan program Gubernur HBA dengan nominal yang dua kali lipat menjadi dua milyar per kecamatan.

Hingga saat ini, belum ada kajian akademis tentang DUMISAKE yang bisa menjawab pertanyaan, apakah ini hanya sekedar slogan semata atau suatu program yang realistis dalam upaya membahagiakan rakyat Jambi seperti yang dijanjikan. Namun demikian, dengan intensnya Alharis mengkampanyekan DUMISAKE kepada masyarakat  serta beberapa pandangan strategis beliau seperti wilayah integrasi Sengeti Tungkal dan Sabak (SENTUSA) secara otomatis  publik menangkap bahwa Alharis adalah satu-satunya calon Gubernur Jambi yang mampu menjual visi besarnya tersebut kepada masyarakat Jambi.

Adapun pendekatan yang paling memungkinkan untuk melakukan melakukan telaah rencana program strategis DUMISAKE ini adalah dengan mengevaluasi pengalaman program SAMISAKE yang telah dijalankan HBA-FU pada 2010-2015. Dari sana kemudian kita dapat memberikan rekomendasi dan usulan redisain Program DUMISAKE yang di usung oleh Al Haris-Abdullah Sani jika menjadi Gubernur-Wakil Gubernur pada periode 2021-2026 mendatang.

Kilas Balik Program SAMISAKE

Program SAMISAKE tersebut dilaksanakan sebagai bentuk perwujudan pembangunan yang berorientasi pada pro-poor, pro-job, pro-growth dan pro-environment dan sejalan dengan strategi Pembangunan Nasional.

Ada Sebelas program utama, SAMISAKE yang telah dijalankan pada tahun 2010-2015, yaitu: Bedah Rumah, Beasiswa bagi rumah tangga miskin, Jamkesda, Penerbitan Sertifikat Tanah, Pengadaan Kendaraan Roda 3 Pengadaan alat Mesin Pertanian dan non pertanian, Bantuan modal usaha, Sambungan listrik bagi rumah masyarakat miskin, Pelatihan Tenaga Kerja, Kegiatan Dukungan Posyandu serta Kegiatan prioritas lainnya dalam rangka meningkatkan sosial ekonomi  masyarakat. (Sumber: Pergub No 4 Tahun 2014)

Refleksi Perjalanan SAMISAKE

Perjalanan SAMISAKE era HBA baru berjalan pada tahun kedua pada periode kepemimpinannya (TA 2012). Program SAMISAKE pada masa HBA juga pernah dijadikan sebagai salah satu program percontohan nasional. Secara gagah, HBA juga kala itu juga sangat pedememaparkan SAMISAKE saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono  berkunjung ke Provinsi Jambi. Nama HBA kala itu harum baik dikalangan masyarakat maupun dihadapan kolega maupun presiden.

Total dana transfer dari pemerintah Provinsi Jambi kepada seluruh kecamatan hingga tahun 2015 adalah sebesar 546 Milyar, jumlah ini setara dengan 80% dari komitmen yang ingin dialokasikan.

Catatan Sisi lain SAMISAKE

Dalam praktiknya, Alokasi Dana SAMISAKE masih  menyisakan SILPA yang cukup besar. Di tahun pertama pelaksanan SAMISAKE (TA 2012) misalnya, Alokasi Dana SAMISAKE di Kabupaten Batanghari yang memiliki 8 Kecamatan misalnya memiliki SILPA senilai Rp.4.680.762.280, Artinya dari 8 Kecamatan, baru 3 kecamatan yang bisa menggunakan Dana SAMISAKE tersebut. Sementara Di Merangin SILPA mencapai Rp. 5,5 milyar. SILPA tersebut belum termasuk Kabupaten/Kota lainnya yang ada di Provinsi Jambi. (Radesman Manihuruk,2015)

Selain SILPA, implementasi SAMISAKE juga mengalami penolakan dari pihak kecamatan baik saat sosialisasi dan tahap awal pelaksanaan SAMISAKE maupun saat implementasi. Hal tersebut disebabkan adanya ketentuan bahwa camat adalah orang yang dimandatkan sebagai Pengguna Anggaran. Sehingga dengan pengalaman yang terbatas dalam pengelolaan dana dalam jumlah besar seperti halnya program SAMISAKE, juga disinyalir program uji coba membuat camat memilih untuk menolak dana 1 Milyar untuk tiap kecamatan tersebut.

Selanjutnya, selama dua tahun pertama, Program SAMISAKE menghadapi sederet hambatan tidak saja harus menyiapkan regulasi dan petunjuk tekhnis, juga berhadapan dengan kapasitas SDM di tingkat kecamatan yang terbatas. Bisa jadi karena kultur di pemerintahan level kecamatan merupakan turunan dari Pemerintah Kabupaten/Kota. Aktivitasnya cenderung pada fungsi-fungsi koordinasi dan fungsi administratif pemerintahan. Genealogi ini tentu mendadak menjadi terkejut saat mendapat tugas untuk membelanjakan dana sebesar 1 Milyar berikut sederet aturan turunannya. Dengan kata lain, SAMISAKE pada awalnya dinilai telah “memotong kompas” antara Pemerintah Provinsi terhadap  Pemerintah Kabupaten/Kota.

Kegagapan Kecamatan dalam menyambut  program Pemerintah Provinsi Jambi akhirnya diubah tekhnis implementasinya. Setelah berembuk dan bermusyarawarah dengan Pemmerintah Kbaupaten Kota, Pemerintah Provinsi kala itu akhirnya  memilih untuk menitipkan anggaran SAMISAKE pada APBD Pemerintah Kabupaten/Kota yang akan masuk dalam pos anggaran pendapatan lain-lain di APBD Kabupaten/Kota. Pengalokasian melalui Kabupaten/Kota ini dinilai lebih realistis untuk eksekusi di lapangan. Secara regulasi, pengalokasian dana dengan cara  itu dinilai juga sejalan dengan Permendagri No 13 Tahun 2006.

Desain DUMISAKE

DUMISAKE merupakan sintesis antara RPJPD Provinsi Jambi 2020-2025 dan RPJMN 2019-2024. DUMISAKE mencoba membreakdown program pembangunan nasional tersebut yang disesuaikan dengan kelokalan Provinsi Jambi. Didukung dengan pendekatan politik, tekhnokratik, partisipatif dan Top-Down serta Buttom-Up DUMISAKE didesain sedemikian rupa agar menjadi program yang relevan dan mampumenjawab tantangan yang ada dalam pembangunan.

Berkaca Permendagri No 90 tahun 2019 sebagai payung hukum, maka DUMISAKE secara tekhnis akan dapat dilaksanakan dengan cara menitipkan anggaran pada APBD Kabupaten/Kota dalam bentuk Bantuan Keuangan. Permendagri No 90 tahun 2019 tersebut secara umum masih memiliki kesamaan format dengan Permendagri no 13 tahun 2006 yang kala itu juga menjadi payung hukum SAMISAKE.

Komponen Program DUMISAKE

DUMISAKE memiliki 6 sektor yang menjadi program utama, yaitu: Jambi Agamis, Jambi Sehat dan Bersih, Jambi Cerdas, Jambi Tangguh, Jambi Smart dan Jambi Responsif. Dari 6 program tersebut pula akan memiliki turunan sebagai berikut:

1.       Jambi Agamis: Kredit MASURAI (Masyarakat Sejahtera dan Imani), Insentif untuk pegawai syara’, Satu ponpes satu BLK, Pengiriman Kader Ulama ke Turki, serta SADESHAMAH (Satu desa satu hafidz dan penerjemah).

2.       Jambi Sehat dan Bersih: Jambi Bebas Stunting, Budaya Bersih dan Lingkungan Sehat, Pelayanan air bersih, pengelolaan sampah sanitary landfill.

3.       Jambi Cerdas: Satu keluarga minimal 1 sarjana, perpustakaan keliling dan cerdas, Satu SMK satu BLK, Sekoper Berliontin (Sekolah Perempuan Bahagia Lahir Batin).

4.       Jambi Tangguh: UMKM Tangguh, Sekolah Petani Berdaya, Tenaga Kerja Terampil dan Kompetitif, Jambi Terang serta Ketahanan energi dan pangan.

5.       Jambi Smart: Pembangunan 1000 Tower telekomunikasi, Jaringan internet masuk desa, fasilitas e-learning ke sekolah dan pesantren, fasilitas ee-bussines untuk UMKM dan rintisan, serta e-wisata untuk usaha pariwisata

6.       Jambi Responsif: Aduan kemanusiaan dan reaksi cepat tanggap terhadap bencana, LATIB (Layanan akan tiba pada pasien)

Strategi Implementasi DUMISAKE

Ada 2 program pemerintah yang menjadi pembelajaran sekaligus rujukan untuk implementasi DUMISAKE, yaitu SAMISAKE (Provinsi Jambi) dan PNPM (Nasional).

Dari SAMISAKE,  dapat diambil pelajaran bagaimana tekhnis implementasi program Pemerintah Provinsi Jambi dengan basis implementasi di tiap kecamatan, baik dari segi regulasi maupun tekhnis pelaksanaan.

Adapun dari PNPM dapat diambil pelajaran tentang pola perencanaan dan imlementasi berbasis kemasyarakatan (sosial development). Pada PNPM masyarakat dilibatkan secara langsung bagaiaman merencanakan program dengan dibimbing tenaga ahli pendamping serta bagaimana program dapat direalisasikan dengan pelibatan berbagai pihak baik masyarakat, LSM, perusahaan maupun pemerintah itu sendiri.

Output DUMISAKE

Implementasi DUMISAKE diproyeksikan akan berjalan 5 tahun kedepan. Dengan asumsi normal dan ekspektasi optimis maka ada 6 output secara umum yang akan muncul, yaitu:

1.       Pembangunan SDM berbasis nilai-nilai keagamaan

2.       Lingkungan yang bersih

3.       Pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan di Strata 1 serta perhatian khusus pada pendidikan perempuan

4.       Terbinanya 80% masyarakat Provinsi Jambi yang bergerak pada sektor pertanian dan UMKM

5.       Pemerataan jaringan internet diseluruh wilayah dalam Provinsi Jambi guna mendukung segala kebutuhan berbasis internet

6.       Adanya tim taktis yang bergerak dengan pola Agile Management yang diharapkan mampu menjawab persoalan-persoalan jangka pendek

Partai Gelora Dampingi Penuh Jend (Purn) Syafril Nursal ke Batanghari

BATANGHARI (SR28)- Safari politik yang dilakukan oleh pasangan FU-SN pada hari ini (Kamis 15 Oktober 2020) fokus menyisir Kabupaten Batanghari. Hari ini (15/10) misalnya Calon Wakil Gubernur Jend (Purn) Syafril mengunjungi beberapa desa di Btanghari antara lain Desa Pulau Betung, Kelurahan Muara Bulian, Kelurahan Teratai, Pasar Kramat Tinggi Muara Bulian, Kelurahan Kampung Baru, Kelurahan Tanjung Marwo, Desa Ampelu Mudo serta Kelurahan Muara Jangga.

Kedatangan mantan Kapolda Sulteng itu disambut dengan gegap gempita oleh para petinggi partai pengusung dan masyarakat yang memang sudah lama menunggu kehadiran pasangan calon ini.

Dalam lawatannya, Syafril tampak berdiskusi secara langsung dengan warga dan tokoh masyarakat serta melantik timses di Kecamatan Pemayung.

Para petinggi partai setempat juga tampak mendampingi penuh safari politik Syafril di Batanghari, termasuk Partai Gelora.

"Kami hari ini full mendampingi pak jenderal keliling Batanghari. Kami telah menghimpun massa disetiap titik yang dikunjungi oleh pak jenderal" Ungkap Jangti, Ketua Gelora Batanghari.

Jangti juga menyatakan jika Partainya punya alasan sangat kuat untuk memenangkan FU-SN pada Pilkada 2020 ini.

"Pak FU bersih, beliau birokrat handal dan santun. sedangkan pak jenderal tentu dia bisa tegas. kita juga tidak ragu jaringannya di Bhayangkara akan bisa memaksimalkan dalam pembangunan di Provinsi Jambi" Tambahnya

Selain kampanye secara berkeliling disetiap Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi, dijadwalkan ketiga Paslon akan mengikuti debat kandidat pada 24 Oktober 2020 mendatang dengan 3 geleombang.

Pemerintah Kota Jambi Beli Alat PCR Covid-19

KOTA JAMBI - Untuk mneingkatkan kualitas penanganan Covid-19. Pemerintah Kota Jambi dalam waktu dekat akan membeli alat PCR termasuk mengaktifkan alat TCM di Rumah Sakit Umum Abdul Manap, Kota Jambi.

- Advertisement -

Bupati Tanjabbar Serahkan Bantuan Spesifik Perempuan Dan Anak

KUALA TUNGKAL (SR28) - Dalam rangka meringankan serta membantu warga yang terdampak covid 19 di Kabupaten Tanjab Barat, Bupati DR. Ir. H. Safrial, MS serahkan paket bantuan spesifik perempuan dan anak Kabupaten Tanjung Jabung Barat bertempat di aula Kantor Dinas P3AP2KB, Kamis (01/10).

Bupati Tanjab Barat melalui Kadis P3AP2KB Yunus dalam keterangannya mengatakan  pemberian bantuan spesifik perempuan dan anak kelompok rentan terpapar covid 19 terdiri dari 9 kelompok yang berjumlah 55 paket dari kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Yang kemudian disalurkan melalui Dinas PPA Provinsi ke semua kabupaten/Kota.

Paket bantuan dikelompokkan berdasarkan anak usia 0-2 tahun, kelompok anak usia 3-4 tahun, kelompok anak usia 5-17 tahun, kelompok anak penyandang disabilitas, kelompok perempuan dewasa, kelompok perempuan disabilitas, kelompok perempuan usia lanjut dan kelompok perempuan hamil dan menyusui.

"Isi paket ini disesuaikan dengan kebutuhan dan umur mereka seperti anak anak bantuan berupa pampers, susu dan roti. Begitu juga dengan dewasa. Tujuannya untuk mengurangi beban masyarakat yang terpapar covid 19. Kita melihat dilapangan," ujarnya.

Lanjut kadis, "jadi Bantuan ini ditujukan kepada warga yang terdampak covid khusus anak anak dan perempuan. Bantuannya beragam sesuai kebutuhan masing masing termasuk ibu menyusui ada juga bantuan susu, pampers, roti dan Vitamin," tandas Kadis. (Sabri)

Sekda Tanjabbar Ikuti Rakor Terkait UU Cipta Kerja

KUALA TUNGKAL (SR28) - Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat Ir. H. Agus Sanusi, M.Si ikuti Rapat Koordinasi (Rakor) virtual dalam rangka Sinergitas Kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerah terkait Omnibus Law Undang-Undang (UU) Cipta Kerja, Rabu (14/10) yang diikuti Bupati/Walikota dan Forkopimda Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Dijelaskan Sekda, rakor dipimpin Empat Menteri Kabinet Indonesia Maju, dibuka oleh Menkopolhukam Prof. Mahfud M.D dan diikuti arahan dari Menko Perekonomian, Mendagri dan Menteri Tenaga Kerja. Rakor bertujuan untuk menyeleraskan pokok-pokok substansi UU Cipta Kerja sehingga tidak terjadi kesimpang siuran dan membahas isu yang sedang ramai diperbincangkan.

Ucap sekda,"Kita di Daerah bersama Forkopimda dihimbau untuk mengkomunikasikan substansi UU Cipta Kerja kepada seluruh stakholder dan masyarakat, sehingga masyarakat mengetahui apa saja isi dan maksud disahkannya UU Cipta Kerja ini," jelas Sekda.

Dijelaskan Sekda Pemerintah Pusat akan memberikan materi-materi dan bahan-bahan untuk dikomunikasikan." Dalam waktu dekat akan diterbitkan beberapa RTP yang nantinya akan disampaikan ke daerah-daerah. Daerah juga akan dimintakan tanggapannya tentang apa saja perbaikan yang diperlukan dalam RTP tersebut.

"Kemudian apabila ada hal-hal yang tidak tahu secara pasti atau tidak disetujui silahkan ditampung dan dikomunikasikan ke Pemerintah Pusat."Nanti ada tim, sehingga kita dapat memberikan penjelasan, intinya komunikasikan hal hal yang tidak diterima masyarakat baik mahasiswa, dan Buruh," jelas Sekda.

Dalam rakor virtual via aplikasi zoom di Ruang Rapat Bupati tersebut turut hadir Dandim 0419/Tanjab, Kapolres Tanjab Barat, Satpol PP, Dinsos, Kejaksaan dan unsur terkait lainnya. (Sabri)

Beli Narkoba Pakai Uang Palsu, 5 Pelaku Dibekuk Polisi

JAMBI - Tim Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) dan Tim Spartan Sat Reskrim Polres Bungo, Jambi berhasil mengamankan 5 orang pelaku pencetak dan penyebar uang palsu.

Kasus tersbeut terungkap pada saat pelaku menipu warga dengan menggunakan uang palsu untuk membeli narkoba.

Pjs Gubebrnur Jambi Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

JAMBI (SR28) - Ikut peringatan Hari Kesaktian Pancasila melalui siaran virtual. Pemerintah Provinsi Jambi ajak masyarakat memahami arti Pancasila sebagai falsafah negara ditengah pandemo Covid-19.

TV

Jaringan Sinyal Handphone dan Pendidikan, Akan Menjadi Perhatian Serius Syafril Nursal

JAMBI - Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jambi nomor urut 2 Fachrori Umar dan Syafril Nursal terus gencar menyisir seluruh Kabupaten dan Kota di Provinsi Jambi untuk "berbelanja masalah" dalam lawatan safari politiknya pada Pilkada Jambi 2020. Dari dekat, keduanya mendengar, merasakan dan melihat fakta dilapangan secara langsung, terutama dari masyarakat.

Selama lawatan safari politiknya diseluruh wilayah Provinsi Jambi, calon wakil gubernur Jambi nomor urut 2 Syafril Nursal menemukan sejumlah persoalan yang harus cepat ditangani dan menjadi perhatian serius, bahkan laporan itu langsung diterima dari masyarakat setempat.

Salah satu hal yang dikeluhkan masyarakat saat berkeliling dan berdialog dengan masyarakat di Kabupaten Tebo, Batanghari, Muaro Jambi, Tanjung Jabung Timur dan Tanjung Jabung Barat,  yakni susahnya signal jaringan telepon seluler atau telepon genggam, termasuk tidak adanya akses internet di sebagian desa. Kondisi ini tentu sangat mengkhawatirkan, apalagi ditengah situasi Covid 19 yang mengharuskan kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring (online).

Syafril mengatakan bahwa hal ini sudah menjadi konsen dan perhatian serius ia bersama Fachrori untuk memberikan solusi dan jalan keluarnya serta penanganan yang cepat. Apalagi, kapan kepastian berakhirnya pandemi Corona belum bisa diprediksi.

"Ini sangat merisaukan saya. Katanya belajar pake daring, online. Saya jalan kemana itu signalnya susah, ndak ada internetnya. Bagaimana itu mau sekolah. Kalau berlangsung panjang corona ini kalau tidak dipikirkan jalan keluarnya  nanti kita kehilangan generasi ini. Akan ada nanti generasi yang kualitasnya rendah zaman corona ini. Karena tidak mendapatkan pendidikan yang cukup. Kareana semestinya pelajaran (misalnya) 7 mata pelajaran hanya dapat 3, 4. Belum lagi gangguan internet tidak bisa. Kita akan lost generasi itu," kata Syafril.

Tak main-main, Syafril langsung bergerak cepat agar desa-desa yang tidak ada signal telepon genggam dan belum terjangkau akses internet bisa segera terjangkau. Mantan Kapolda Sulawesi Tengah ini langsung memanggil pakar dan ahli IT untuk berdiskusi dalam mencari solusi agar semua desa terjangkau signal dan internet. Sehingga saat terpilih persoalan ini bisa segera ditangani dengan cepat.

"Kemarin itu saya sudah mengundang ahli IT. Bagaimana di daerah yang tidak ada internetnya itu supaya ada. Tapi harganya murah, kemarin saya suruh paparan, saya suruh perbaiki dulu. Kalau memungkinkan nanti bisa kita pasang alat-alat itu sehingga anak-anak kita tidak pergi naik gunung kemana mana dia mencari signal," ucapnya.

SYAFRIL RISAU KARENA ADA LAPORAN PELAJAR PUTUS SEKOLAH.

Tak sekedar persoalan susahnya signal dan akses internet di sejumlah wilayah di Provinsi Jambi yang membuat pelajar terkendala untuk belajar secara online.

Bahkan, Ketua Lembaga Adat Desa Muara Pijoan, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi, Mustafa Kamal menemukan adanya sejumlah pelajar SD dan SMP yang ia sebut sama seperti putus sekolah carena situasi Covid 19. Hal itu sampaikan Mustafa kepada Syafril Nursal saat silaturahmi dan tatap muka dengan masyarakat Muara Pijoan.

Apalagi, kata Mustafa, untuk siswa dan pelajar yang orang tuanya tidak punya telepon genggam pintar dan paket data internet tentu tidak bisa mengikuti kegiatan belajar online. Bahkan sebagian diantaranya sudah bekerja. "Sayo memandang sekarang ini, banyak sayo jalan, sudah (ado yang) putus sekolah. Kareno orang tuonyo menasehati dio dak mau ikut. Belajar dio dak punyo hp. Akhirnyo dio main main bae begitu. Kebanyakan itu kelas 5, 6 (SD) 1, 2 SMP. Kabayakan putus sekolah bagi sayo. Bahkan sudah ado yang kerjo anak-anak yang begitu. Kareno Pada saat covid ini dio mau belajar hp dak punyo. Hp, kuota dak punyo akhirnyo terserah bae. Akhirnyo mulai kelas 5 kelas 6 kelas 2 SMP itu sudah banyak bagi sayo itu lah putus sekolah. Bahkan ado yang sudah kerjo,ado yang kerjo ikut (angkutan) batu bata. Ikut ngambek kayu. Apo bae kerjo kasar, sudah banyak, sudah ikut," ucapnya.

Syafril cukup kaget mendengar hal itu. Ia mengatakan sangat risau dan prihatin dengan kondisi tersebut. Karena pendidikan adalah kebutuhan dasar yang wajib yang didapatkan oleh seluruh masyarakat Jambi.

"Maka ini pemikiran kita, jika terpilih nanti inilah yang menjadi perhatian pertama. Kalau tidak, kita akan lost generasi. Kita akan kehilangan generasi. Insya Allah itu sudah menjadi pikiran saya," ucapnya.

Syafril menegaskan akan serius menyelesaikan persoalan ini. Bahkan ia mengatakan sudah menyiapkan langkah-langkah untuk percepatan penanganan persoalan tersebut. Apalagi kata Syafril, terkait dengan pendidikan yang berkualitas, seperti peningkatan kesejahteraan guru, fasilitas pendidikan dan kualitas pendidikan serta lain sebagainya terkait peningkatan kualitas pendidikan di Provinsi merupakan salah satu prioritas utama ia bersama Fachrori.

"Itu menjadi kerisauan saya. Karena betul-betul risau sekali. Karena saya belum mengatakan banyak yang berhenti, tidak sekolah. Tapi saya baru mengatakan tidak bisa belajar. Tapi faktanya seperti itu tadi. Kemarin saya berjalan ke Tanjung Jabung Timur itu begitu, (mengatakan) kita akan lost generasi ini. Insya Allah nanti akan menjadi pemikiran serius bagaimana mengatasi ini," tutupnya.

Nelayan Melihat Pesawat Jatuh Saat Hujan Deras di Sekitar Lokasi Jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182

JAKARTA - Berdasarkan informasi dari Kepala Seksi Pemerintahan dan Transit Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Surachman mengatakan, nelayan Pulau Lancang mendengar ledakan di...

Fachrori-Syafril Terlihat Sangat Kompak Ikuti Webinar Bersama KPK

JAMBI (SR28) - Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jambi nomor urut 2 Fachrori Umar dan Syafril Nursal kompak dalam mengikuti webinar nasional pilkada berintegritas 2020 yang diselengarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa 20 Oktober 2020.

Fachrori dan Syafril tampak kompak menggunakan baju kemeja khasnya dengan warna campuran putih, biru, hijau dan oranye. Keduanya kompak hadir secara virtual dilokasi yang sama, di kawasan Telanai Pura, Kota Jambi.

Webinar via aplikasi zoom ini mengangkat tema yang menarik dan penting, dengan tema 'Mewujudkan pimpinan daerah berkualitas melalui Pilkada serentak yang jujur berintegritas' dijadwalkan mulai pukul 09.00 sampai dengan 13.00 WIB.

Secara virtual tampak hadir pembicara dan narasumber Ketua KPK Firli Bahuri, Sekjen Kementerian Dalam Negeri Muhammad Hudori, Pelaksana Harian Ketua KPU RI Ilham Saputra dan Ketua Bawaslu RI Abhan.

Calon gubernur Jambi nomor urut 2 Fachrori Umar mengatakan ia bersama wakilnya Syafril Nursal memang sudah menyiapkan waktu untuk mengikuti webinar yang penting ini. Fachrori mengapresiasi dan berterima kasih atas terselengaranya webinar ini.

"Alhamdulillah, saya bersama pak Syafril bisa mengikuti secara virtual. Kehadiran kita merupakan salah satu bentuk komitmen kita untuk mewujudkan pilkada serentak yang jujur dan berintegritas," kata cagub Jambi Fachrori Umar sebelum acara dimulai.

Senada dengan Fachrori, calon wakil gubernur Jambi nomor urut 2 Syafril Nursal mengatakan, ia bersama Fachrori berkomitmen untuk mewujudkan pilkada serentak 2020 yang jujur berintegritas.

"Tema webinar ini sangat menarik dan penting. Tentunya akan banyak gagasan dan ide serta ilmu yang bisa kita dapatkan. Kita berkomitmen untuk mewujudkan pimpinan daerah berkualitas melalui Pilkada serentak yang jujur berintegritas," ucap Syafril.

Kakak Elma Theana Jadi Korban Malpraktik Klinik Kecantikan

JAKARTA - Aktris Elma Theana mengungkapkan kekesalannya pada salah satu klinik kecantikan usai sang kakak, Rency Milano diduga jadi korban malpraktik. Dalam sesi jumpa pers di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Elma meminta pertanggungjawaban pihak klinik.

“Sekarang ini kita lagi menunggu itikad baik dari klinik tersebut,” ujarnya pada 26 Juli 2020.

Elma Theana sebelumnya sengaja mengunggah kondisi Rency di Instagram usai melakukan perawatan di klinik tersebut. Kata Elma, pihak klinik mengabaikan keluhan Rency yang mengalami masalah di bibir usai perawatan.

“Terus terang saya sebagai adik enggak terima ya kakak saya tidak ditanggapi dengan baik. Makanya waktu itu saya masukin Instagram saya supaya dia tahu,” terangnya.

Namun untuk saat ini, pihak klinik kabarnya sudah bersedia diajak berunding untuk menyelesaikan masalah. Dalam penjelasannya, Elma mengatakan bahwa pihak klinik menerima tawaran mediasi dari Rency.

“Tapi sekarang kita melakukan mediasi, pengacara Rency. Supaya ada pertanggungjawaban lah,” kata dia.

Besar kemungkinan, pertemuan antara kakak Elma Theana dengan pihak klinik akan dilangsungkan dalam waktu dekat. “Insya Allah enggak lama lagi kita akan mengadakan pertemuan dengan klinik yang bermasalah itu,” pungkasnya. (Okezone)