Kamis, Januari 28, 2021

Gunung Merapi Kembali Erupsi, Keluarkan Awan Panas Guguran

YOGYAKARTA (SR28) - Gunung Merapi kembali erupsi pada 27 Januari 2021 siang. Jarak luncur awan panas mencapai 3 kilometer. Saat ini, Merapi di...

Jambi Kembali Terima 17.240 Dosis Vaksin Covid-19

JAMBI (SR28) - Berdasarkan rencana pemerintah Jambi, jumlah vaksin Covid-19 itu akan mulai di distribusikan ke 9 kabupaten kota lainnya yang belum...

Belum Ada Laporan Bencana, Status Provinsi Jambi Masih Kesiapsiagaan

JAMBI (SR28) - Berdasarkan pemantauan BPBD Provinsi Jambi, ketinggian muka air sungai Batanghari disejumlah daerah masih berada pada kisaran 12 hingga 13...

Sudah Ada 430 Pasien Covid-19 Tanpa Gejala Yang Dirawat Di Rumah isolasi Milik Pemprov Jambi

JAMBI (SR28) - Sejauh ini sedikitnya sudah ada 430 pasien yang dirawat di 2 rumah isolasi milik pemerintah provinsi Jambi itu sejak...

Technology

Bupati pimpin apel siaga Karhutla di Merangin

MERANGIN - Sampai jelang akhir Juli 2020 sekarang ini, kondisi Kabupaten Merangin masih aman terhadap kebakaran hutan dan lahan Karhutla. Belum ditemukan adanya titik api di 24 kecamatan dalam Kabupaten Merangin.
Hal tersebut ditegaskan Bupati Merangin H. Al Haris usai menjadi Inspektur upacara kedisiplinan dan Apel Siaga Karhutla 2020 di halaman depan kantor bupati Merangin, Senin (27/7/2020).

‘’Mudah-mudahan Merangin selalu aman dari Karhutla. Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk selalu siaga, jangan ditatanan kehidupan New Normal Covid-19 ini kita lengah dengan Karhutla,’’ujar Bupati.

Jaga betul pinta bupati, hutan Merangin jangan sampai ada  yang terbakar. Jangan ada lagi warga  yang membuka lahan dengan cara membakar.  Jika masih ada warga yang membuka lahan dengan cara membakar akan diusut tuntas.
Sedikit saja ada warga yang membakar lahan terang bupati, akan terpantau lewat Satelit.

‘’Pada tatanan kehidupan New Normal ini, jangan sampai daerah kita kena asap karena udara yang berasap dapat menurunkan imun tubuh,’’harap Bupati.

Bupati minta seluruh masyarakat Kabupaten Merangin konsisten menjaga keutuhan hutan dan lahan dari kabakaran, sehingga kondisi udara di Bumi Tali Undang Tambang Teliti tetap segar.

‘’Pada Juni 2020 lalu mamang sempat terbaca ada dua titik panas atau hotspot yang diduga dari Karthula di Merangin. Tapi sekarang sudah hilang dan Karhutla di Merangin dalam kondisi nihil,’’terang Bupati.

- Advertisement -

Pemkot Jambi Izinkan Peringatan Maulid Nabi di Rumah Ibadah dengan Mengikuti Protokol Kesehatan

KOTA JAMBI (SR28) - Pemkot Jambi mengizinkan rumah ibadah untuk menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 Hijriah dengan catatan mengikuti panduan yang telah ditetapkan.

Sekda Tanjabbar Sampaikan Nota Rancangan KUPA dan PPAS Perubahan APBD 2020

KUALA TUNGKAL (SR28) – Sekretaris Daerah Tanjung Jabung Barat Ir. H. Agus Sanusi MSI sampaikan Nota Rancangan Kebijakan Umum perubahan APBD (KUPA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara Perubahan APBD (PPASP) Kabupaten Tanjab Barat Tahun Anggaran 2020 pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Selasa (25/08).

Rapat yang diselenggarakan di Ruang Rapat Paripurna DPRD ini dipimpin Wakil Ketua DPRD M. Sajril Simamora, SH, serta turut diikuti oleh 26 Anggota DPRD, Asisten, Kepala OPD Pemkab Tanjung Jabung Barat serta undangan lainnya.

Bacakan sambutan Bupati Tanjung Jabung Barat, Sekda H. Agus Sanusi sampaikan terkait belanja daerah, bahwa arah kebijakan belanja Daerah diharapkan agar dapat lebih terarah  dalam mendukung peningkatan nilai tambah bagi sektor Ekonomi yang akan memberikan kontribusi yang besar bagi pertumbuhan ekonomi Daerah dan penyerapan tenaga kerja sebagai upaya untuk turut meningkatkan perluasan lapangan kerja guna menurunkan angka kemiskinan.

"Penggunaan belanja juga harus dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas kebutuhan dasar masyarakat berupa jalan, jaringan listrik, pendidikan, kesehatan, perumahan dan pemukiman, penanggulangan masalah sosial, infrastruktur Fasilitas umum dan fasilitas sosial serta peningkatan akses layanan kepada masyarakat," ujar Sekda.

Dijelaskan sekda, rancangan kebijakan umum perubahan APBD dan PPAS perubahan APBD Kabupaten Tanjab Barat tahun anggaran 2020 disusun sebagai konsekuensi dari pemberlakuan kebijakan keuangan negara yang telah diamanatkan pada peraturan perundangan yang berlaku.

"Diharapkan hal ini dapat disepakati antara Pemerintah Daerah dengan DPRD Kabupaten Tanjab Barat dan rumusan yang telah disepakati nanti akan menjadi acuan dalam menyusun rancangan peraturan Daerah tentang perubahan APBD Kabupaten Tanjung Jabung Barat," lanjut Sekda.

Mengakhiri sambutannya Sekda berharap rancangan yang diusulkan dapat dibahas dalam kerangka penyempurnaan dan penajaman program dengan mengacu pada aturan dan Undang-Undang serta dokumen-dokumen perancangan yang ada. Sekda juga menghimbau kepada para kepala OPD agar mengikuti pembahasan anggaran tersebut dengan seksama. (Sabri)

Catat Tanggalnya, Pemprov Jambi Kembali Gelar Pemutihan Jilid 2

JAMBI (SR28)- Pemprov Jambi kembali melaksanakan pemutihan pajak kendaraan tahap 2. Dalam pemutihan pajak tahap II ini Pemprov Jambi resmi menggelar pemutihan dari tanggal 1 Agustus sampai 30 November 2020.

Pemutihan tahap 2 ini dilakukan atas pertimbangan Gubernur Jambi Fachrori Umar yang prihatin melihat kondisi perekonomian masyarakat yang kian sulit saat pandemi ini.

Adapun untuk pemutihan tahap 2 ini, Pemprov Jambi menargetkan pendapatan pajak kendaraan bermotor diangka 30 Milyar. angka tersebut dinilai realistis mengingat target awal sebelum Covid 19 lalu adalah 120 Milyar.

"saat tahap 1 kemarin kita baru tercapai 90 milyar, kan target awal kita 120 milyar" terang Ahmad Subhan Kabid Pajak Daerah dan Dana Perimbangan ke awak media


Beberapa keringanan pajak kendaraan bermotor dengan ketentuan adalah menunggak Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) selama 2 tahun ke atas yang hanya dipungut pokok tunggakan satu tahun terakhir, dan satu tahun berjalan sesuai dengan jatuh tempo pajak.

"Selain itu bebas sanksi administrasi PKB, Bea Balik Kendaraan Bermotor, bebas Bea Balik Nama kendaraan bermotor II dan kendaraan lelang," tutupnya

Jurnalis Muhammad Sidik

Usai Ketok Palu APBD 2021, Pemprov Jambi Langsung Usulkan Perda Sanksi Protokol Kesehatan

JAMBI - Usai ketok palu penetapan APBD Provinsi Jambi tahun 2021. Pemerintah Provinsi Jambi akan langsung mengusulkan penerbitan Peraturan Daerah (Perda) sanksi penerapan protokol kesehatan bagi masyarakat yang masih melanggar.

Paslanya, hingga saat ini, peemrintah provinsi Jambi sendiri belum memiliki landasan hukum dan aturan jelas terkait penerapan dan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan di Jambi.

Latest News

Pemkab Luruskan Soal Zona Merah COVID-19 Di Tanjabbar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui Juru Bicara Satgas COVID-19 bantah jika Tanjab Barat saat ini masuk ke...

TEGA! Bapak Ini Disiram Saat Sedang Tertidur Pulas

Seorang Pria renta disiram orang tak dikenal saat tengah tertidur pulas. Tak diketahui apa maksud dari seseorang yang mneyiram tersebut.

UNIK! Band Ini Gelar Konser Di Dalam Balon, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Sebuah grup band asal Amerika Serikat yakni The Flaming Lips Band menggelar sebuah konser di dalam balon. Uniknya mereka tetap mematuhi protokol...

Belasan Rumah Terbakar Di Palembang, Pengakuan Tersangka Bikin Geram

PALEMBANG (SR28) - Tangis histeris mewarnai proses pemadam kebakaran yang terjadi di pemukiman padat penduduk di Jalan KH Ahmad Dahlan Palembang, Senin...

Misteri Kematian Rapper K-Pop Iron, Diduga Tewas Dibunuh?

KOREA SELATAN (SR28) - Polisi sebelumnya sempat menyatakan bahwa mereka belum menemukan kecurigaan atau bukti adanya kemungkinan pembunuhan. Karena...

Music

Opsi Sekolah Tatap Muka Ditengah Pandemi Sedang Digodok Pemkot Jambi

KOTA JAMBI (SR28) - Rencananya, jika perkembangan kasus baru pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di kota Jambi jumlahnya sudah semakin menurun. Opsi pemberlakuan sekolah tatap muka di tengah pandemi tersebut akan segera diberlakukan.

Masyarakat Antusias Berburu Uang Pecahan Rp.75.000 Untuk Koleksi

KOTA JAMBI - Rilisnya pecahan senilai 75 ribu rupiah dalam rangka HUT RI ke 75 disambut tingginya animo masyarakat Jambi untuk melakukan penukaran.

Sumber: JAMBI28 TV

Daftar Pemilih Tetap di Kota Jambi Berkurang 315 Jiwa

JAMBI (SR28) - Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Jambi pada Pilgub Jambi tahun 2020 ini malah berkurang sebanyak 315 jiwa dibandingkan DPS yang telah diumumkan sebelumnya. Hal tersebut lantaran banyaknya data yang tidak memenuhi syarat, termasuk pindah domsli dan meninggal dunia.

Usai Gelaran Debat Pilgub Putaran Pertama, Partai Gelora Se-Provinsi Jambi Kembali Gelar Konsolidasi

JAMBI (SR28) - Berlangsung di RM.Pondok Purnamana yang terletak di bilangan Kota Baru Jambi, para pengurus ada ada pada level Kabupaten/Kota menggelar konsolidasi tingkat Provinsi Jambi.

Konsolidasi digelar seiring dengan telah digelarnya debat putaran pertama sekaligus penggodokan semua informasi dan penyusunan  langkah-langkah strategis pemenangan pasangan Fachrori Umar-Syafril Nursal.

Dalam pertemuan tersebut turut hadir tim dari Berkah 5, Anggara. Berbekal pengalaman berjibaku di lembaga survei Indobarometer, pria berdarah Kerinci tersebut juga memberikan informasi terbaru seputar peta politik pemilihan Gubernur Provinsi Jambi terbaru.

Ketua DPW Partai Gelora Jambi Mahyudi dalam keterangan persnya menyebut konsolidasi digelar seiring dengan peta Pilgub yang telah mulai tampak peta basis-basis seluruh kandidat.

"Ini adalah kali kesekian kami menggelar konsolidasi Partai, Alhamdulillah setiap konsolidasi selalu ada informasi terbaru yang bisa kita himpun dan segera kita sikapi" Ungkap Mahyudi (Minggu 25 Oktober 2020).

Mahyudi juga melanjutkan, jika hasil konsolidasi tersebut akan terus dia laporkan pada tim pemenangan FU-SN.

"Kami ingin langkah kami base on data, kami mau semua valid. Jadi konsolidasi inilah ajang kami menghimpun informasi diakar rumput dan mengkombinasikannya dilevel yang lebih tinggi lagi. Goalnya jelas, memenangkan pasangan FU-SN.

Dalam pertemuan tersebut turut hadir disemua perwakilan tiap Kabupaten/Kota, kecuali Sungai Penuh yang berhalangan hadir. (Muhammad Sidik)

Kasus Baru Covid-19 Melonjak, Filipina Lockdown Lagi

MANILA - Filipina menjadi negara ke dua di Asia Tenggara, setelah Indonesia, dengan jumlah pasien positif dan kematian akibat dari COVID19. Minggu, 2 Agustus 2020, pemerintah Filipina mengumumkan ada 5.032 kasus baru yang terjadi dalam 24 jam.

Sehingga jumlah keseluruhan mencapai angka di atas 100.000 jiwa. Melihat grafik angka penambahan postif COVID19 di negaranya, Presiden Filipina Rodrigo Duterte, menyetujui akan memberlakukan lagi lockdown di ibu kota negera, Manila, selama dua pekan. Dimulai dari Selasa, 4 Agustus 2020 dan berakhir pada 18 Agustus 2020.

Sumber: JAMBI28 TV

Culture

- Advertisement -

Pelajar Lakukan Aborsi, Janin Dikubur Didepan Ruko

JAMBI - Pasangan kekasih yang satu diantaranya masih pelajar SMA membuang janin hasil hubungan gelap mereka. Janin itu ditemukan terkubur di depan sebuah ruko di kawasan kasang, kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi dan sudah terkubur selama dua hari dengan kedalaman sekitar 40 Cm.

Sumber: JAMBI28 TV

Kini, Hanya 4 Wilayah Jambi Yang Berzona Oranye Covid-19

JAMBI - Tingkat penularan Covid-19 di Provinsi Jambi sudah semakin membaik. Kini, hanya ada 4 wilayah di Jambi yang masih berzona oranye resiko penularan Covid-19.

Warga Desa Tungkal 1 Keluhkan Kelapa Dijarahi Ratusan Monyet Liar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Diperkirakan ribuan hektare kebun kelapa milik warga Desa Tungkal 1, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat dijarahi ratusan monyet liar.

Gangguan hama monyet liar yang meresahkan petani kelapa ini membuat petani merugi. Akibatnya hasil buah kelapa pun berkurang saat panen, akibat buah dan daun kelapa yang dirusak oleh monyet. Hal ini seperti dikatakan oleh Salim selaku Badan Perangkat Desa (BPD) Tungkal.

"Petani merugi, akibatnya hasil buah kelapa pun berkurang saat panen, akibat buah dan daun kelapa yang dirusak oleh monyet," ujarnya kepada SR28, Senin (28/09).

Terpisah, Sekdes Tungkal 1, Lukman Hakim mengatakan, pihaknya sudah menyurati Dinas Perkebunan dan Peternakan Tanjabbar krena gangguan monyet ini sangat berpengaruh dengan hasil perkebunan warga petani kelapa.

"Bayangkan saja kalau satu monyet sampai makan 3 buah kelapa dalam berapa banyak buah yang habis dimakan ratusan monyet itu. Kalau buah yang jatuh itu rusak tidak mau dimakannya, diambilnya lagi yang baru," ujar Sekdes.

"Untuk itu kita berharap dengan apa yang terjadi saat ini, dinas istansi terkait, dapat membantu kami untuk mengusir hamonyet yang hingga kini makin menjadi dan merusak kebun kelapa warga," pungkasnya. (Sabri)

- Advertisement -

Must Read

Datang ke Jambi, Mendagri Tito Karnavian Beri Arahan Soal Pilkada dan Covid-19

JAMBI (SR28) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian memberikan arahan pada rapat koordinasi persiapan Pilkada 2020 dan Covid19. Tito berpesan kedepan agar dibuat Peraturan Daerah (Perda) protokol kesehatan seperti pemakaian masker yang didalamnya memuat sanksi. Kepada para Calon Kepala Daerah yang akan mengikuti Pilkada Tito juga berpesan agar menjadikan Alat Peraga Kampanye (APK) juga dijadikan sebagai alat pencegahan Covid19.

Sumber: JAMBI28 TV

Selama Libur Panjang, ASN Dilarang Mudik

JAMBI (SR28) - Pemerintah dengan tegas meminta ASN untuk tidak berpergian ke luar daerah apalagi melakukan mudik ke kampung halaman.

Keluarga Dilarang Jemput Paksa Jenazah Suspect Covid-19

JAMBI (SR28) - Pemerintah provinsi Jambi melarang keluarga jemput paksa jenazah suspect Covid-19. Hal ini agar tak kembali terjadinya penularan virus tersebut dari jenazah ke keluarga maupun masyarakat luas.

Kecelakaan Maut di F1 Bahrain, Mobil Meledak Terbelah Dua

BAHRAIN - Romain Grosjean mengalami kecelakaan mengerikan pada gelaran F1 Bahrain malam tadi. Pebalap Tim Haas itu nyaris tewas dalam insiden tersebut, untungnya dia selamat. Api besar membakar VF-20 milik Grosjean. Dari udara terlihat kalau mobil tersebut terbelah dua nyaris tepat di tengah, memisahkan bagian depan dan belakang.

Satgas Tepis Isu Ada Penambahaan Pasien Covid-19 dari Klaster DPRD Jambi

JAMBI - Dari pemeriksaan awal yang dilakukan kepada 14 anggota Komisi 1 dan 4 DPRD Jambi yang ikut melakukan perjalanan dinas tersebut, seluruhnya telah menunjukkan ahsil non reaktif pemeriksaan rapid test.

Kendati demikian, dari 14 anggota dewan itu diketahui ada yang telah melakukan peemriksaan uji swab Covid-19 secara mandiri.

Sekolah Tatap Muka Diizinkan Mulai Januari 2021, Sekolah Diminta Persiapkan Diri

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengizinkan kepala derah dan kantor wilayah Kementerian Agama untuk menentukan sendiri pembelajaran tatap muka di wilayahnya.

Kebijakan tersebut mulai berlaku pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 atau mulai Januari 2021. Maka dari itu, ia meminta sekolah-sekolah mempersiapkan hal itu dengan baik.

Lifestyle Magazine

Mendagri Tito Karnavian Desak Pemprov Jambi Segera Terbitkan Perda Sanksi Langgar Protokol Kesehatan

JAMBI - Dianggap belum maksimal tangani covid-19, Mendagri RI Tito karnavian mendesak pemerintah provinsi Jambi untuk segera menerbitkan perda sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan.

Sumber: JAMBI28 TV

Brakkk! Bus VS Truk Tangki Adu Kambing di Jalan Lintas Timur Jambi-Riau

KUALA TUNGKAL (SR28) - Kecelakaan lalulintas kembali terjadi di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, tepatnya dijalan lintas timur, Jambi-Riau tepatnya di Km 82 Merlung, Jum’at (25/9/20) kemarin. Kecelakaan terjadi antara Bus PT Kita Bersama tujuan Medan dengan Truk Tangki tujuan Jambi.

Akibat kejadian tersebut, 2 orang mengalami luka berat, sementara 6 lainnya luka ringan. Sedangkan bus beradu muka dengan truk tangki hingga kondisinya sama-sama rusak parah dan terpental melintang di tepi jalan.

Kapolres Tanjabbar AKBP Guntur Saputro melalui kasat Lantas IPTU Eko Sutoyo, SH membenarkan peristiwa itu.

"Kecelakaan antara bus Kita Bersama dengan Truck Tangki kejadian ini sekitar pukul 15.30 WIB di KM 82,” ujar Kasat saat dikonfirmasi via telpon.

Eko menyebutkan bahwa kronologi kejadian bus Kita Bersama tujuan Medan dari arah berlawanan. Saat kejadian kondisi jalan usai hujan sehingga kondisi jalan licin. Selain itu, kondisi jalan yang menanjak dan menikung juga menjadi salah satu faktor diduga terjadinya kecelakaan itu.

"Kondisi jalan agak licin dan menikung, dengan kondisi tak terkendali maka tabrakan pun tak terhindarkan lagi,” ujar Eko.

Akibat kecelakaan tersebut didapati korban 8 orang, 2 orang mengalami luka berat, 6 luka ringan. Korban telah dibawa ke tempat medis disekitar lokasi dengan menggunakan mobil ambulan. (Sabri)

Siap Maju Di Pemilihan Ketua Umum Perbakin Jambi, Guntur: Sudah Saatnya Jambi Maju 2020-2024

JAMBI (SR28) - Nama HM Guntur Muchtar mulai mencuat, menjelang Musprov Perbakin Jambi, masa bhakti 2020-2024. Sosok yang tak asing lagi di Perbakin ini, merupakan putra daerah Jambi."Guntur kecil lahir di Jambi, pada 26 Juni 1976 silam. Sempat mengenyam pendidikan di Jambi, tepatnya di SMA Nusantara.

“Saya lahir dan besar di Jambi,”ujar nya,Saat mendeklarasikan dirinya untuk maju pada pemilihan Ketua Umum Perbakin Jambi, di hotel Kota Jambi, Minggu (18/10) sekira pukul 13.00,kemarin.

Dalam kesempatan nya, Guntur mengatakan sebagai calon Ketua Umum Perbakin Jambi, dia membawa visi melangkah bersama dan berprestasi, dan misi mengembalikan Jambi sebagai barometer olahraga menembak di Indonesia.

"Sudah waktunya (Perbakin) Jambi maju lagi,”seloroh Guntur.

"Niat untuk maju ini bukan untuk iseng atau main-main. Sebagai orang yang lahir dan besar di Jambi, dia merasa punya tanggungjawab untuk membesarkan Jambi, lewat Perbakin," paparnya.

Kehadiran Guntur pun rupanya tak sendirian. Saat ini, dari 11 klub yang ada, dia didukung tujuh klub. Antara lain, Cruiser Shooting Club, Rajawali Shooting Club, Jahti Shooting Club, Kota Sakti Shooting Club, Jaguar Shooting Club, Bina Lestari Shooting Club, dan Satria Kinayungan Shooting Club.

"Dukungan ini pun terlihat dari kehadiran para ketua dan anggota klub, pada deklarasi tersebut, "Klub-klub ini juga punya harapan besar, bahwa Guntur mampu membawa Perbakin Jambi ke arah yang lebih baik lagi," tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Perbakin membuka pendaftaran Bakal Calon Ketua Umum Perbakin Provinsi Jambi.

"Di buka dari 9 Oktober hingga 20 Oktober,” beber Saptono, Ketua Penjaringan Bakal Calon, didampingi Ketua Pelaksana Musprov, Zuwanda, Rabu (14/10).

Untuk persyaratan, mekanisme serta pengambilan formulir pendaftaran kata dia, dapat dilakukan di Sekretariat Perbakin Provinsi Jambi, Jalan Kapten Sujono Nomor 140, Kecamatan Kota Baru, pada jam kerja setiap hari.
Sebagai informasi, hak suara pada Pemilihan Ketua Umum Perbakin Provinsi Jambi masa bhakti 2020 – 2024 adalah pada klub–klub/perkumpulan menembak yang terdaftar resmi di bawah naungan Pengprov Perbakin Jambi. (Sabri)

Diikuti ratusan peserta, Forkompimda Tebo Sukses Gelar Upacara HUT RI ke 75

TEBO (SR28)- Bupati Sukandar Pimpin Upacara Peringatan HUT KemerBupati Tebo, Dr. H. Sukandar, S. Kom., M. Si., memimpin Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-75 yang diselenggarakan di Lapangan Upacara Kantor Bupati Tebo, Senin (17/08/2020).

Upacara berlangsung dengan hikmat meskipun berbeda dengan pelaksanaan upacara dari tahun tahun sebelumnya. Penyelenggaraan upacara menyesuaikan dengan kondisi pandemi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Bertugas sebagai Komandan Upacara Kapten Inf. Wahid Nurohim dan Petugas Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945 Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo, Sindi, SH., MH., serta pembacaan doa dipimpin Kakan Kemenag, Herman, S. Ag. MH.

Usai upacara dilakukan penyerahan  Piagam Penghargaan dari Panglima Komando Daerah Militer ll/ Sriwijaya yang diwakili oleh Dandim 0416/ BUTE Letkol Inf. Widi Rahman kepada Bupati Sukandar. Penghargaan tersebut merupakan apresiasi atas kerja sama dan dukungan dalam pelaksanaan tugas. Kemudian dilanjutkan penyerahan Sertifikat Tanah Pemda Kabupaten Tebo dan Sertifikat Redistribusi Tanah Objek dan Landreform yang secara simbolis diserahkan oleh Bupati Sukandar kepada Wakapolres Tebo, Ketua DPRD Tebo kepada Sekda Tebo, Kajari Tebo Kepada Kakan Kemenag Tebo, Dandim 0416/ BUTE kepada Perwakilan Desa Sumber Sari dan Kepala BPN Tebo kepada Perwakilan Desa Sapta Mulya.  Adapun peserta upacara pada kesempatan tersebut terdiri dari KODIM 0416/ BUTE, KOMPI Senapan B 142 (TNI-AD), Polres Tebo, Pejabat Eselon ll, lllA, dan lllB, Dinas Damkar dan Penyelamatan, Satpol PP, dan Dinas LH dan Perhubungan Kabupaten Tebo.Bupati Sukandar dan Wakil Bupati, Syahlan SH., diikuti Unsur Forkopimda, Sekda, Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati, Kepala OPD serta Pejabat Eselon lll Lingkup Pemkab Tebo seusai upacara mengikuti Upacara Peringatan Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-75 secara virtual dari Istana Negara.

sumber: Pemkab Tebo

Jurnalis: Rd.Ari

Sapi Presiden Jokowi “Puang Tedong” Mengamuk, Warga Ketakutan

SULAWESI BARAT- Di Polewali Mandar, Sulawesi Barat warga kuwalahan menghentian sapi kurban milik Presiden Jokowi yang mengamuk saat hendak dipindahkan. Sapi yang diberi nama Puang Tedong ini terus menyeruduk benda disekitarnya hingga membuat warga sekitar ketakutan.

Puang Tedong yang memiliki berat 1,2 ton tersebut mendadak mengamuk saat dikeluarkan dari kandang dan ingin dipindahkan ketempat pemotongan kurban di di Pasangkayu, Sulawesi Barat, Senin (27/7/2020).

Puang Tedong seakan tidak kehabisan tenaga, selama 2 jam ia terus mengamuk dan membuat warga sekitar berhamburan lari menyelamatkan diri. Namun reaksi yang berbeda ditunjukan Rahman, si pengasuh puang tedong dari kecil. Menurut Rahman Puang Tedong hanya kaget dan tahu akan dipindahkan, Puang akan tenang dengan sendirinya.

"Puang Tedong hanya ketakutan, tak apa-apa" Ujar Rahman

Rahman yang telah mengasuh Puang lebih dari 4 tahun ini juga turut sedih karena Puang yang kini beratnya telah mencapai 89 kg harus dipotong saat Idul Adha nanti. Namun ia juga berbangga hati dan bahagia karena Presiden Jokowi memilih sapinya untuk menjadi hewan kurban.

"Saya sedih karena sapi kesayangan saya tak akan pernah lagi bertemu untuk selamanya. Tapi saya juga bangga karena jerih payah saya mebesarkannya selama empat tahun lebih bisa dilirik orang nomor satu di Indonesia ,” Ujar Rahman

Akhirnya setelah 2 jam Puang Tedong berhenti mengamuk dan diantarkan langsung oleh Rahman ke tempat pemotongan hewan.

Video News

- Advertisement -

Selama Periode Januari – November 2020, Basarnas Jambi Tangani Musibah Sebanyak 37 Kali

JAMBI - Selama Periode Januari - November 2020, Kantor Pencarian dan Pertolongan Jambi (Basarnas) telah melaksanakan Operasi SAR mulai dari Kecelakaan Kapal, Bencana, dan Kondisi Membahayakan Jiwa Manusia sebanyak 37 kali.

Kepala Sub Seksi Operasi Basarnas Jambi, Kornelis menyebutkan Operasi SAR Sebanyak 37 Kali terdiri dari Kecelakaan Kapal Sebanyak 5 Kali, Bencana Alam Banjir 1 kali, dan Musibah membahayakan Jiwa Manusia sebanyak 31 Kali.

Untuk Pelaksanaan Operasi SAR Provinsi Jambi, Wilayah Kerja Operasi SAR Kantor Pencarian dan Pertolongan Jambi menangani 11 Musibah Membahayakan Jiwa Manusia dan 1 Bencana Alam, Pos SAR Bungo Menangani 10 Musibah Membahayakan Manusia, POS SAR Kerinci Menangani 6 Musibah Membahayakan Manusia, dan Unit Siaga SAR Tungkal Menangani 5 Kecelakaan Kapal dan 4 Musibah Membahayakan Manusia.

Gubernur Jambi Izin Cuti Untuk Kampanye

JAMBI (SR28)- Gubernur Jambi Fachrori Umar pada Rabu malam (23/9) menggelar silahturahmi bertajuk pamitan kepada seluruh petinggi  OPD dalam lingkup Pemerintah Provinsi Jambi dikediamannya di bilangan Ancol Kota Jambi. Gubernur Fachrori menyatakan jika dia akan cuti selama beberapa bulan kedepan terhitung 26 September 2020 hingga 5 Desember 2020.

Hadir dalam forum tersebut unsur Forkopimda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Provinsi Jambi serta para tamu dan undangan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jambi, Hj.Iin Kurniasih Sudirman turut hadir dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya Fachrori mengucapkan terima kasih atas kehadiran para tamu undangan.

"Terima kasih atas kehadirannya, semoga dapat memberi semangat dan motivasi bagi kami untuk senantiasa memperjuangkan kepentingan dan kesejahteraan masyarakat," ungkap Fachrori Umar.

Fachrori Umar menuturkan bahwa dirinya menjadi Pelaksana Tugas Gubernur Jambi pada tanggal 10 April 2018 - 12 Februari 2019 kemudian secara definitif pada tanggal 13 Feb 2019 di Istana Negara.

Diujung sambutannya, Fachrori yang didampingi istri jugamenegaskan jika  mereka akan menanggalkan seluruh fasilitas negara selama proses kampanye.

"Selama cuti kami harus meninggalkan rumah dinas gubernur dan tidak menggunakan fasilitas negara. Mohon maaf, dalam menjalankan kepemimpinan ada kekurangan dan kesalahan, namun kami berupaya memberikan yang terbaik demi kemajuan Provinsi Jambi," jelas Fachrori.

Harapan Gubernur Jambi Fachrori Umar kepada Kepala OPD, agar tetap bersinergi dan terus meningkat kinerja serta menjalankan program-program yang telah ditetapkan untuk program kemasyarakatan dapat dipercepat realisasi, termasuk aspek penyelenggaraan Pilkada, aspek peserta dan pemilih. "Upayakan agar tidak menjadi klaster baru penularan Covid-19, bagi pemilih, maupun petugas Pilkada di lapangan," tambah Fachrori.

Selain itu Fachrori juga berpesan untuk ASN lingkup Pemerintah Provinsi Jambi untuk menjaga netralitas serta profesionalitas, karena dengan ASN yang netral birokrasi menjadi kuat.

Santri Positif Corona di Ponpes Al Hidayah Jambi Berambah 13 Orang

KOTA JAMBI - Beberapa waktu lalu, sebanyak 16 santri di Ponpes Al Hidayah Kota Jambi telah terkonfirmasi positif Covid-19. Namun, jumlah tersebut kini kian bertambah. Setidaknya ada sebanyak 13 orang yang kembali dinyatakan terkonfirmasi positif virus corona.

Hasil ini, diketahui setelah Satgas Penanganann Covid-19 Provinsi Jambi melakukan kontak tracking terhadap 16 santri yang sebelumnya telah terlebih dahulu dinyatakan positif virus corona.

Kabar Baik, Kota Jambi Tidak Lagi Zona Merah Covid-19

KOTA JAMBI (SR28) - Kota Jambi, kini tak lagi berstatus zona merah resiko penularan Covid-19. Statusnya sudah turun menajdi zona oranye lantaran penurunan jumlah pasien terkonfirmasi positif covd-19 dalam sepekan terakhir.

Bupati Buka Wabiner seris SKK Migas PetroChina – Pemkab Tanjab Barat

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial MS buka secara langsung Webiner Seris Pemkab Tanjab Barat bersama SKK Migas-PetroChina melalui video virtual dari ruang rapat Bupati, Kamis(09/07). Turut hadir mendampingi bupati, Sekretaris Daerah, Kepala Bappeda, dan Kasdim 0419/Tanjab.

Wabiner Seris juga diikuti secara Video Virtual oleh Direktur Promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat Kementrian kesehatan RI dr. Riskiyana, Kepala perwakilan skk migas sumbagsel Adiyanto, vp HR (vice president dan human relations) petro china Dencio Ranato boele.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan saat ini pemerintah telah mengenalkan konsep new normal yang dinarasikan sebagai adaptasi Kebiasaan baru. Menurtnya,adaptasi Kebiasaan baru ini dimaksudkan agar masyarakat bisa bekerja,belajar, dan beraktivitas dengan produktif dan aman dari covid 19 meski di masa pandemi.

"Adaptasi kebiasaan baru diperlukan agar kita dapat berkegiatan sehingga ekonomi,tetap bergerak dengan tindakan mengabaikan protokol Covid-19. "Beberapa Fasilitas umum menjadi perhatian karena merupakan sentra ekonomi ataupun sosial dan budaya yang di Daerahnya rentan," ujar ya

Lanjut Bupati menyampaikan Kabupaten Tanjung Jabung Barat sebagai salah satu kabupaten terdampak covid 19, telah melakukan berbagai upaya dan langkah baik pencegahan, penanganan, maupun mengatasi dampaknya. Salahsatunya dengan mengeluarkan himbauan nomor 791 tahun 2020 yang menuntut masyarakat turut berperan serta dalam mencegah meluasnya wabah covid 19.

Mengakhiri sambutanya, Bupati berharap tujuan penyelenggaran Wabinar dalam menyampaikan edukasi tentang adaptasi kebiasaan baru, mendukung program pemerintah dalam upaya penghentian penyebaran mata rantai covid 19 dengan kebiasaan baru dalam berkegiatan melalui interaksi digital dan mensosialisasikan praktik-praktik baik yang sudah dilakukan di Daerah lain dapat tersampaikan dengan baik.

Sementara itu Kepala Perwakilan SKK migas Sumbagsel Adiyanto dalam laporannya menyampaikan perusahaan petrochina telah melakukan berbagai upaya pencegahan terkait pandemi covid 19, diantaranya tetap memastikan kesehatan karyawan berupa pemeriksaan karyawan, pengurangan jumlah karyawan yang bekerja dilapangan, mewajibkan penggunaan masker bahkan mengganti pola makan dari prasmanan menjadi nasi kotak, pengurangan acara keramaian yang melibatkan banyak orang dan melakukan upaya  desinfeksi area serta menerapkan protokol kesehatan.

"Bagi masyarakat kami juga memberikan bantuan diantaranya alat pelindung diri berupa masker, beras, paket sembako, dan sarana cuci tangan bagi yang terdampak covid 19," pungkasnya. (Sabri)

Ekslusif!!! Menelisik Peta Kontestasi Pilwako Jambi 2023

KOTA JAMBI (SR28)- Meski periode jabatan Walikota Jambi saat ini baru akan berakhir 3 tahun lagi, namun eskalasi perebutan tahta untuk menjadi...
- Advertisement -

Music

4 Pengedar Narkoba Ditangkap Polres Bungo

BUNGO (SR28) - Tim Satuan Reserse narkoba Polres Bungo berhasil mengamankan 4 pengedar narkoba jenis Sabu, Ekstasi dan Ganja yang selama ini beroperasi di wilayah kabupaten Bungo, Jambi.

Keempat pelaku yang diamankan merupakan sindikat jarigan Lapas Kelas II B Muara Bungo. Dari tangan para pelaku, petugas berhasil menyita sejumlah barang bukti berupa 4 Kg ganja, 83 gram Sabu dan Ekstasi sebanyak 1,50 gram.

4 Pengedar Narkoba Ditangkap Polres Bungo

4 Pengedar Narkoba Ditangkap Polres Bungo

Posted by JAMBI28 TV on Wednesday, September 16, 2020
4 Pengedar narkoba di Bungo ditangkap bersama barang bukti

Fenomena Dinasti Politik Dan Kotak Kosong, Kegiatan yang Legal Tapi Kurang Disetujui

Pemilu-KADA serentak tahun 2020 ini, yang direncanakan pemilihan pada tanggal 9 Desember 2020, diduga pelaksanaannya masih berlangsungnya Covid 19, menjadi sangat menarik, karena munculnya Dinasti Politik secara terstruktur, systimatis massive (TSM), fenomena ini yang mengarah kotak kosong, atau pasangan tunggal, umumnya berasal dari Dinasti Politik, dan bukan hanya menjadi isu lokal di daerah, melainkan telah menjadi isu nasional.

Pilkada menjadi menarik dan unik, karena para kontestannya, terdiri dari dan merupakan anak dan menantu presiden, anak wakil presiden, anak dan adik para menteri, Bupati atau walikota dan dari keluarga pejabat lainnya.

Memang disadari bahwa Dinasti Politik ini semakin hangat Ketika proses rekruitmen oleh DPP Parpol yang ada di pusat, Dinasti Politik ini bukan muncul sekonyong-konyong, melainkan telah dipersiapkan berbulan bulan yang lalu, bahkan beberapa tahun yang lalu, tentunya Ketika orang tua atau saudaranya dan keluarganya sedang berkuasa. Persiapan-persiapan tersebut tentunya bukan hanya sekedar financial, termasuk Infrastruktur Politik, pemanfatan segala potensi dan infrastruktur yang ada di wilayah, baik SDM, Proyek, SDA, sponsor dll.

Dengan persiapan-persiapan tersebut, sehingga dalam proses rekruitmen di DPP yang diawali dengan proses di tingkat tapak, fakta sampai hari ini, ada indikasi mengarah pemborongan partai pengusung oleh Baca-KADA dari Dinasti Politik atau partai yang minta diborong oleh Baca-KADA dari Dinasti Politik, sehingga mempersulit Baca-KADA yang non Dinasti Politik untuk mendapatkan partai pengusung baik sendiri maupun koalisi.

Indikasi borong partai memang sangat kental, karena Baca-KADA dari dinasti Politik telah melakukan pendekatan melalui Infrastruktur Politik dari daerah sampai ke pusat, dalam hal ini Dewan Pimpinan Pusat (DPP), dan bahkan beberapa Partai Politik yang masih memberikan signal akan memberikan rekomendasi ke Baca-KADA Dinasti Politik.

Kondisi ini tentunya tidak saja tidak merusak demokrasi, melainkan akan menghancurkan demokarsi itu sendiri, karena menghambat para Baca-KADA lainnya untuk ikut berkompetisi, karena kecenderungan Rekruitmen bukan berbasiskan Integritas, visoner, track record dll, namun berindikasi lebih menonjolkan “ISI TAS”. Kondisi ini sudah memunculkan dagang sapi dan demokrasi yang bersifat liberal murni, yang memberi kesan bahwa Dinasti Politik dan Kotak Kosong merupakan pemilu-KADA adalah sistem kerjaaan berbungkus Demokrasi.

Dinasti Politik muncul, sebagai bagian dari keinginan dan keserakahan para pejabat, yang memaksakan diri dan ingin keluarganya berkuasa. Keangkuhan para elite, dalam menempatkan sanak familynya, menjadi penerus kekuasaannya. Akhirnya, orang lain tak boleh berkuasa. Orang lain tak boleh menjabat apa-apa. Seolah-olah hanya keluarga pejabat tersebut, yang berhak untuk berkuasa dan memiliki jabatan. Seolah-olah rakyat yang berprestasi, tak boleh menjadi kepala daerah.

Dinasti Politik yang muncul akhir-akhir ini, lebih diwarnai oleh politik aji mumpung. Mumpung ayahnya presiden, mumpung ayahnya wakil presiden, mumpung kakaknya menteri, mumpung ayah atau ibunya anggota DPR, dan mumpung keluarganya sedang jadi pejabat, mumpung Bapaknya Bupati atau Wali Kota,maka mereka memperluas kekuasaannya, dengan cara mendorong keluarganya jadi kepala daerah.

Akibat dari dinasti politik yang menginkan kekuasaan dengan mudah, berusaha untuk memborong partai sebagai sebuah scenario yang dimainkan dan akan menciptakan pasangan tunggal atau kotak kosong, sehingga fenomena Pemilu-KADA kotak kosong muncul dan bahkan kian Terstruktur, Systimatis dan Masive (TSM) pada 2020.

Tentunya kondisi Pemilu-KADA Tahun 2018 termasuk tahun 2020 dan Pemilu sebelumnya ini hendaknya menjadi catatan bagi Pengamat dan Pembuat UU atau DPR serta penyelengara Pemilu-KADA, bahwa penyebab munculnya kotak Kosong dalam Pemilu-KADA, perlunya penyempurnaan regulasi, baik bagi parpol dan gabungan parpol, maupun bagi kandidat perseorangan.

Sesungguhnya Fenomena Dinasti Politik dan Kotak Kosong, sebagaimana terjadi di Makasar tahun 2018, kotak kosong menjadi pemenang dan Pemilu-Kada akan berlangsung atau dilanjutkan Pemilu-KADA selanjutnya. Sebaiknya fenomena tersebut perlu dipikirkan kembali sehingga sistem pemilu di Indonesia ke depan lebih baik lagi. Karena kemenangan kotak kosong ini tidak memberikan manfaat bagi negara sebab dengan menangnya kotak kosong, pemilihan ulang terpaksa dilakukan dan berdampak pada keuangan negara. Begitu juga kemenangan oleh Pasangan Tunggal yang memberi arti bahwa demokrasi tidak demokrasi.

Dinasti Politik dengan pola dan startegi untuk mendapatkan kekuasaan yang mudah, dengan kekuatan financial yang besar, cenderung ingin menang by atau pasangan tunggal atau kotak kosong, yang berarti Demokrasi sudah rusak dan hampir mati, disamping dapat merugikan negara, karena membebani keuangan kepada negara. Ke depan perlu dipikirkan bagaimana masalah kotak kosong ini. Ini juga merupakan pemikiran bersama sehingga memberikan kefaedahan bagi negara dan bangsa ini. Kita harus memikirkan sistem apa yang harus tepat dilaksanakan barangkali dengan hal-hal lain, tetapi tetap memenuhi asas demokrasi.

Terkesan Dinasti Politik dan kotak kosong karena Parpol terutama kadernya tidak atau kurang bekerja dalam pengertian yang sesungguhnya sehingga para elite parpol akhirnya hanya ”memperjualbelikan” yang memiliki otoritas untuk pemberi rekomendasi bagi setiap Baca-KADA yang hendak berkompetisi dalam pilkada. Ini tentu sebuah ironi di tengah begitu tingginya ekspektasi publik atas peningkatan kualitas demokrasi kita.

Saat ini ada kecenderungan masyarakat pemilih pada wilayah yang kecenderungan adanya dinasti politik yang cenderung memborong Partai Politik dan menciptakan kotak kosong, mulai ditolak oleh masyarakat, dan adanya gerakan social anti dinasti politik. Walaupun sesungguhnya Dinati Politik bukan sebuah perbuatan melanggar hukum konstitusi, namun dari beberapa catatan cenderung merusak demokarsi dan membungkus Demokarsi dengan kerajaan

Dengan memperhatikan factor-faktor tersebut, Dinasti Politik tidak dapat dihentikan, dan merupakan kegiatan legal dan syah, namun Gerakan moral yang bergerak bukan berdasarkan hukum positif, untuk menghentikan dan mencegah harus menjadi Gerakan nasional, dan tidak mungkin adanya kebijakan Undang-undang, maka yang harus dilakukan dari luar kebijakan. Antara lain beberapa cara untuk mengatasinya (1) dengan meningkatkan literasi politik masyarakat agar memilih calon sesuai kompetensinya dan bukan hanya karena populer (modal awal para calon dinasti politik); (2) menghilangkan politik uang dalam pemilihan, agar lebih banyak orang bisa berpartisipasi dalam ajang pilkada/pemilu; (3) Edukasi sosialisasi politik kesemua pemilih baik pemula atau pemilih secara continyu dan konsisten terkait dengan muncul subur Dinasti Politik secara TSM; (4) Pelibatan masyarakat untuk melakukan pengawasan yang peduli dengan Pemilu Langsung, umum bebas dan rahasia, dan pola one man, one vote (OMOV) bekerja sama dengan Lembaga penyelengara dan pengawas, serta Lembaga penegak hukum lainnya, termasuk KPK dan GNPK.

Karena kita semua harus memahami bahwa pemilu sebagai proses demokrasi itu adalah persaingan dalam pemilihan seperti persaingan dalam pemilihan Kepala Daerah, bukan persaingan dengan kotak kosong, sehingga pasangan tunggal itu identic dengan merusak demokrasi dan tidak memenuhi azas pemilu-KADA sebagai sebuah kompetisi. Kompetisi yang sesungguhnya adalah persaingan dalam pemilihan dan pencoblosan di Bilik suara secara Jujur dan Adil, langsun umum bebas dan rahasia (Jurdil, luber) beserta One man, one vote (OMOT).

Memang disadari Dinati Politik bukan kegiatan yang dilarang, maka perlunya Gerakan social yang besifat edukasi politik kepada semua pemilih serta pemantauan dan upaya pencegah serta upaya penegakan hukum secara khusus melalui BANWASLU dan Instansi Hukum terkait, terutama pada Indikasi wilayah yang memiliki indikasi dan munculnya Politik Dinasti, merupakan keharusan, termasuk KPK, GNPK dan masyarakat yang peduli dengan demokrasi dan Pemilu-KADA bersih, melalui pembentukan POSKO Bersama di masing-masing Kecamatan dalam wilayah tersebut sedari dini.

Masyarakat pemilih sangat mengharapkan himbaun kami terkait dengan edukasi politik dan upaya pencegahan dan Tindakan hukum, mohon dapat ditindak lanjuti sedini mungkin, harapan kami dimulai dari pra persiapan, persiapan dan Pelaksanaan sampai pasca pelaksanaan, terutama pada tahapan (1) Proses receuitmen oleh Partai di tingkat tapak, sampai di tingkat Pusat (DPP), (2) Saat sosialisasi pra tahapan; (3) saat kampanye, (4) Saat menjelang pemilihan/Pencoblosan, dan pasca Pencobosan dalam artian perhitungan suara saat di TPS, PPK sampai tingat Kabupatan/kota, merupakan wilayah rawan invisible hand.

Penulis: Syamsul Bahri

Meski Sudah Boleh, Kuota Keberangkatan Umroh di Jambi Belum Tersedia

JAMBI - Meski telah diperkenankan untuk melakukan perjalanan umroh ke tanah suci. Kuota kebernagkatan jemaah umroh di provinsi Jambi belum tersedia.

Ribuan Buruh di Jambi Turun ke Jalan Menolak UU Cipta Kerja

JAMBI (SR28) - Ribuan buruh di Jambi turun ke jalan melaksanakan unjuk rasa menolak undang-undang Omnibus Law Cipta Kerja. Senin (12/10) mulai Pukul 10.30 Wib. Meski sempat diguyur hujan para buruh tetap semangat menyuarakan aspirasi mereka.

Sport News

Bola Panas Pilkada Makin Memanas B1KWK PBB Terbaru Ternyata Dukung ke Cici-Jalil

KUALA TUNGKAL (SR28)- Polemik Dukungan Partai Politik Kepada Bakal Calon Kepala Daerah di Kabupaten Tanjung jabung Barat Semakin menjadi Bola Panas,Hal ini dikarenakan Beredarnya B1-KWK Partai Politik Partai Bulan Bintang (PBB) Yang Menunjukkan Dukungan Kepada Lebih dari 1 Pasang Bakal Calon Bupati/wakil bupati di Kabupaten Tanjung jabung Barat. Setelah PPP yang membatalkan dukungannya ke Paslon Cici - Jalil, Kini Partai Bulan Bintang (PBB) yang di Gawangi Prof Yusril Ihza Mahendra ini mendadak membatalkan Dukungan Dan B1-KWK yang awalnya di Berikan Kepada Pasangan Muklis-Supardi.

B1-KWK yang beredar luas di Media Sosial Menunjukkan Arah Dukungan dan B1-KWK kepada Pasangan Bakal Calon Bupati Hj.Cici Halimah, SE dan Drs.H.Abdul Jalil, MM dimana Pada Frasa SK tersebut DPP PBB Membatalkan Dukungan Kepada Muklis - Supardi dengan alasan Tidak Sesuai dengan Kesepakatan Partai PBB, sehingga Dukungan dan B1-KWK Di Putuskan Di Berikan Kepada Paslon Hj.Cici Halimah, SE dan Drs.H.Abdul Jalil, MM .

Informasi Terkait Pembatalan Surat dukungan dan B1-KWK partai Bulan Bintang ini Di Benarkan Media Center Cici - Jalil yang masih enggan menyebutkan nama nya juga,'dia juga memaparkan Bahwa Tim Koalisi Cici - Jalil telah menerima Putusan Dukungan DPP PBB Yang ditujukan Kepada Pasangan Hj.Cici Halimah, SE dan.Drs.H.Abdul Jalil, tertanggal 1 September 2020  Terkait Hal ini Tim kita Media Center cici - jalil akan mendesak KPUD Tanjung jabung Barat Agar Menganulir Syarat Dukungan Partai Bulan Bintang Kita akan Pertanyakan kepada KPUD Tanjung jabung Barat apalagi pihak KPUD sudah menerima putusan DPP PBB terkait perubahan dan pembatalan Dukungan Partai dan B1-KWK PBB" ujar Media Center Cici - Jalil,"tegasnya. (Sabri)

Empat UPR Merangin Mendapat Sertifikat CPIB

MERANGIN  - Empat Unit Pembenihan Rakyat (UPR) di Kabupaten Merangin, diberi Sertifikat Cara Pembenihan Ikan  yang Baik (CPIB) dari Kementerian Kelautan Perikanan Republik Indonesia.

UPR  yang menerima sertifikat CPIB itu, Andika Hidayah dari UPR Andik Lele, Desa Sungai  Kapas Kecamatan Bangko,  Triswanto dari UPR Berkah Mina Desa Tambang Mas Kecamatan Pameneng Selatan.

Selain itu, Dwi Purwanto dari UPR Fadel Fish, Desa Tambang Mas Kecamatan Pamenang Selatan dan Sutar dari UPR Sahabat, Desa Tambang Mas Kecamatan Pamenang Selatan.

‘’Jadi kualitas pembenihan ikan kempat UPR ini, telah diakui secara nasional. Artinya mereka mempunyai kemampuan mengelola pembenihan ikan secara baik,’’ujar Bupati Merangin H Al Haris didampingi Wabup H Mashuri di halaman kantor bupati, Senin 13-7-2020.

Semakin banyak memiliki Sertifikat CPIB lanjut bupati, akan semakin menciptakan kepercayaan publik terhadap UPR tersebut, karena akan semakin membuktikan kalau hasil pembenihan yang dilakukan itu semakin baik.

Pada kesempatan itu, bupati juga menyerahkan sertifikat gratis lahan usaha budidaya perikanan (Prasehatkan) kepada sebanyak 20 orang anggota kelompok budidaya ikan di Kecamatan Tabir Ilir.
Sertifikat Prasehatkan itu terang Kadis Perikanan Merangin M Damai, merupakan kegiatan program pemberdayaan masyarakat, kerjasama Kementerian Kelautan Perikanan RI dengan Badan Pertanahan Nasional.

‘’Pemkab Merangin sebagai ‘penyambung tangan’ melalui Dinas Perikanan telah mengusulkan sertifikat kolam ini ke Pusat. Alhamdulillah telah dikabulkan langsung kita bagikan,’’ terang M Damai.

Bupati menambahkan, Sertifikat Prasehatkan itu akan mematenkan lahan perikanan milik seseorang secara hukum. Selain itu Sertifikat Prasehatkan juga digunakan pemiliknya untuk agunan pinjaman modal usaha.

Pemkot Jambi Minta Kementerian Keuangan RI Segera Hibahkan Rusun

KOTA JAMBI - Hingga kini, Pemerintah Kota Jambi belum dapat memanfaatkan secara maksimal rumah susun yang dibangun oleh Kementerian PUPR. Padahal, rumah susun yang terletak persis di belakang rumah sakit umum Abdul Manap itu telah dibangun sejak 3 tahun yang lalu.

Menyikapi hal ini, pemerintah kota Jambi secara langsung meminta Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jambi agar dapat mengkomunikasikan kepada Dirjen Kekayaan Negara untuk segera melakukan proses penghibahan terhadap aset negara tersebut ke tangan Pemerintah Kota Jambi. Pasalnya, proses penghibahan aset negara yang telah dibangun Kementerian PUPR tersebut tidak bisa serta merta dapat dihibahkan ke Pemerintah Kota Jambi.

- Advertisement -

Penyuntikan Vaksin Covid-19 Tahap Kedua Dilakukan 28 Februari Mendatang

Proses vaksinasi Covid-19 buatan sinovac tersebut akan kembali dilakukan di rumah dinas gubernur Jambi pada 28 Januari 2021 mendatang.

Bupati Safrial Terima Audiensi dan Silaturahim Forum Jurnalis Tanjung Jabung Barat

KUALA TUNGKAL (SR28)- Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial MS sambut langsung kunjungan Ketua beserta Pengurus Forum Jurnalis Tanjab Barat (FJ-TJB) dalam rangka audiensi sekaligus silaturahmi di Ruang Rapat Bupati, Selasa (15/09).

Dalam arahannya Bupati menyampaikan, penberdayaan pers lokal sudah tercantum dalam visi misinya sebagai Bupati Tanjung Jabung Barat. Menurutnya, salah satu fungsi Media merupakan kontrol terhadap jalannya pemerintahan.

Dirinya juga menyatakan tidak anti kritik, dan siap menerima kritikan asalkan berdasarkan data dan fakta.

"Kerjasama dengan pemkab tidak harus memberikan pujian kepada saya. Saya tidak butuh popularitas. Saya butuh kritik dan saran yang membangun," ungkapnya.

Bupati Safrial juga memaparkan capaiannya selama hampir 5 tahun menjabat sebagai Bupati.

"Air bersih sudah mengalir ke Tungkal walaupun belum sempurna, masalah listrik sebentar lagi gardu induk selesai, pelabuhan Roro sudah selesai, insfrastruktur juga tinggal beberapa yang masih belum. SDM juga kita tingkatkan lewat beasiswa dan pengiriman ratusan putra-putri daerah ke berbagai sekolah vokasi," jelas Safrial.

Ditempat yang sama Ketua Forum Jurnalis Tanjab Barat, Sabri mengungkapkan kunjungannya bertujuan untuk silaturahmi, memperkenalkan pengurus, ikut serta mensukseskan pilkada dan meminta arahan Bupati agar organisasi berjalan sebagaimana mestinya.

Lebih lanjut ketua FJ-TJB juga memaparkan, Organisasi Forum Jurnalis Tanjabbar terbentuk sejak maret 2017.

"Ini merupakan periode kedua, di bawah pengurus yang baru saat ini kami ingin bersilaturahmi dan memperkenalkan pengurus kepada Bapak. Anggota kami ada 15 orang yang terdiri dari 12 media, selain itu juga FJ-TJB siap menjalin kerjasama yang baik dan bersinergi dengan Pemkab Tanjab Barat," tegasnya.

Dalam pertemuan penuh keakraban tersebut juga di bahas banyak isu-isu aktual seputar Tanjab Barat.

Ikut serta mendampingi Bupati Asisten Administrasi Umum, Jeter Simamora, S.IP dan Kasubbag Komunikasi Pimpinan, Ari Kresna Wisnu Nenggar, S.Pd. (Sabri)

Pj Sekda Buka Rakor Karhutla

MERANGIN - Pj Sekda Merangin H Hendri Maidalef membuka rapat koordinasi (Rakor) pencegahan dan penangulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Merangin 2020 di Aula Bappeda Merangin, Rabu (22/7).

Dikatakan Pj Sekda, butuh peran serta semua lapisan masyarakat untuk pelaksanaan Karhutla. ‘’Mari bersama-sama kita jaga keutuhan hutan dan lahan kita dari kebakaran,’’pinta H Hendri Maidalef.

Untuk itu Pj Sekda minta, masyarakat untuk tidak membakar sampah sembarangan, apalagi membuka lahan dengan sistem membakar. Hal ini akan sangat membahayakan, pelakunya akan dikenakan sanksi hukum.

Sementara itu, Dandim 0420 Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis, selaku pimpinan Rakor Karhutla, mengajak semua eleman masyarakat  bersama-sama,  baik Pemerintah maupun pihak swasta, membantu dan mencegah Karhutla di Bumi Merangin.

‘’Karhutla adalah tugas kita semua. Kita sadar sarana dan prasarana yang kita miliki, banyak kelemahan. Oleh karena itu kita sangat berharap pihak swasta bisa ikut aktif dalam membantu kita,’’ujar Dandim.

Sedikit saja terdapat titik api di kawasan Kabupaten Merangin yang cukup luas ini jelas Dandim, akan terpantau oleh Satelit, sehingga dengan cepat masyarakat nasional dan internasional bisa tahu di Merangin ada titik api.

Tak Hanya Wartawan, Rapid Test Masal Juga Akan Sasar Seluruh Wilayah di Jambi

JAMBI (SR28) - Tidak hanya terhadap wartawan di Jambi. Satgas penanganan Covid-19 Provinsi Jambi juga akan melkaukan rapid test masal ke seluruh wilayah kabupaten kota se Provinsi Jambi. Yang tujuan utamanya, terlebih dahulu mengakali rendahnya testing uji swab yang bisa dilakukan  Pemprov Jambi lantaran amsih bergantung pada Balai POM Jambi yang kapasitas ujinya masih rendah.

Tak Hanya Wartawan, Rapid Test Masal Juga Akan Sasar Seluruh Wilayah di Jambi

Tak Hanya Wartawan, Rapid Test Masal Juga Akan Sasar Seluruh Wilayah di Jambi

Posted by JAMBI28 TV on Friday, September 18, 2020
Sumber: JAMBI28.TV

TV

Sekolah Tatap Muka Diizinkan Mulai Januari 2021, Sekolah Diminta Persiapkan Diri

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengizinkan kepala derah dan kantor wilayah Kementerian Agama untuk menentukan sendiri pembelajaran tatap muka di wilayahnya.

Kebijakan tersebut mulai berlaku pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 atau mulai Januari 2021. Maka dari itu, ia meminta sekolah-sekolah mempersiapkan hal itu dengan baik.

UIN STS Jambi Berhasil Ciptakan Smart Building

MUARO JAMBI (SR28)- Dosen dan Mahasiswa UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi berhasil mengembangkan Smart Building untuk kebutuhan kampus UIN STS Jambi. Peralatan Smart Building ini merupakan hasil riset yang dikembangkan bersama Pusat Kajian Lingkungan Hidup dan Pusat Kajian Demografi dan Fakultas Sainstek.

“Alhamdulillah kami berhasil mengembangkan tahap pertama sistem smart building ini bersama dosen dan mahasiswa. Sebelumnya alat ini telah melalui uji laboratorium untuk mendapatkan hasil yang optimal.” ujar Indrawata, sekretaris Pusat Kajian Lingkungan Hidup pada Jumat (27/11/2020).

Rektor UIN STS Jambi mengapresiasi sekali pengembangan smart building ini dikarenakan pengembangan smart building ini merupakan inovasi hasil riset bersama dari Dosen dan Mahasiswa dan diimplementasikan pada masyarakat, terutama kampus. Program ini sesuai dengan visi dan misi UIN STS Jambi sebagai lokomotif terdepan untuk perubahan di propinsi Jambi.

“Saya mengapresisasi pengembangan smart building ini, walaupun saat ini masih dalam tahap awal. Namun,inovasi ini sangat penting mengingat kampus sebagai pusat keilmuan harus mampu memberikan produk hasil riset kepada masyarakat. Dan saya tahu, bahwa smart building ini cukup mahal investasinya, karena membutuhkan peralatan dan SDM yang handal untuk membuat dan mengelolanya, dan kita mampu untuk itu.“ ujar Prof. Dr. H. Su'aidi, MA.,Ph.D, Rektor UIN STS Jambi.

Pengembangan smart building ini telah melalui uji kelayakan pada skala laboratorium hingga kalibrasi dengan alat standar. Beberapa sensor telah digunakan untuk mengetahui secara optimal kondisi ruangan. Salah satunya adalah sensor pendeteksi orang dan pengatur cahaya. Jika pada malam hari ada orang yang tidak diinginkan masuk kedalam bangunan tersebut, maka akan terdeteksi. Sistem juga akan mengatur penggunaan cahaya lampu pada siang hari dan malam hari secara optimal.

“ Peralatan ini dilengkapi dengan machine learning sehingga dapat dengan mudah memberi tahu jika ada penyusup pada malam hari melalui jaringan internet / intranet. Dan semua aktivitas bisa di analisa secara lebih mendalam karena data tersebut tersimpan di dalam database” ujar Ahmad Syukron Prasaja, Ketua Pusat Kajian Demografi.

Data tersebut kemudian diolah dengan metode exploratory data analysis. EDA tersebut yang menghasilkan luaran dalam bentuk grafis dan data analisis sehingga dapat mempermudah untuk di analisa dan kemudian diterapkan dalam bentuk pengembangan kebijakan penggunaan bangunan tersebut.

Peralatan ini walaupun dalam tahap uji coba lapangan, namun telah menggunakan konsep wireless sensor network (WSN) sehingga setiap device dapat saling terhubung dan berkomunikasi satu sama lain secara machine-to-machine. Pada pengembangan tahap kedua, akan digunakan lebih banyak sensor seperti sensor asap, arus listrik, voltase, suara, pengatur AC, lampu untuk mengatur sebagian aktivitas dari bangunan termasuk didalamnya menggunakan RFID sebagai akses masuk dan absensi pada bangungan.

Di Indonesia sudah ada beberapa gedung yang menerapkan konsep smart building, walau belum sepenuhnya. Konsep ini pada dasarnya merupakan konsep bangunan yang mengoptimalan teknologi Internet of Things dan Big Data untuk menghasilkan penggunaan gedung yang lebih hemat energi, SDM dan optimal dalam penggunaannya. Namun konsep bangunan smart building ini tidak murah, karena hampir seluruh kegiatan dalam smart building ini dilakukan otomatis tanpa adanya campur tangan manusia.

Element yang ada di dalam bangunan seperti cahaya lampu , keamanan pada pintu-jendela (security), pendingin ruangan (AC), asap rokok / kebakaran, suhu ruangan saling terkoordinasi dan terhubung dalam satu sistem otomatisasi yang disebut smart building.

Warga Desa Tungkal 1 Keluhkan Kelapa Dijarahi Ratusan Monyet Liar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Diperkirakan ribuan hektare kebun kelapa milik warga Desa Tungkal 1, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat dijarahi ratusan monyet liar.

Gangguan hama monyet liar yang meresahkan petani kelapa ini membuat petani merugi. Akibatnya hasil buah kelapa pun berkurang saat panen, akibat buah dan daun kelapa yang dirusak oleh monyet. Hal ini seperti dikatakan oleh Salim selaku Badan Perangkat Desa (BPD) Tungkal.

"Petani merugi, akibatnya hasil buah kelapa pun berkurang saat panen, akibat buah dan daun kelapa yang dirusak oleh monyet," ujarnya kepada SR28, Senin (28/09).

Terpisah, Sekdes Tungkal 1, Lukman Hakim mengatakan, pihaknya sudah menyurati Dinas Perkebunan dan Peternakan Tanjabbar krena gangguan monyet ini sangat berpengaruh dengan hasil perkebunan warga petani kelapa.

"Bayangkan saja kalau satu monyet sampai makan 3 buah kelapa dalam berapa banyak buah yang habis dimakan ratusan monyet itu. Kalau buah yang jatuh itu rusak tidak mau dimakannya, diambilnya lagi yang baru," ujar Sekdes.

"Untuk itu kita berharap dengan apa yang terjadi saat ini, dinas istansi terkait, dapat membantu kami untuk mengusir hamonyet yang hingga kini makin menjadi dan merusak kebun kelapa warga," pungkasnya. (Sabri)

KPU Tanjab Barat Laksanakan Rapat Pleno Terbuka Hasil Pemilihan Gubernur dan Wagub Jambi, Bupati dan Wabup Tanjab Barat

KUALA TUNGKAL (SR28) - KPU Tanjung Jabung Barat, Rabu (16/12) laksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, Bupati dan Wakil Bupati Tanjab Barat pemilihan Serentak tahun 2020 yang dilaksanakan digedung Pola kantor Bupati Tanjab Barat.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua KPU Tanjab Barat dan Jajarannya, Ketua Bawaslu Tanjab Barat dan jajarannya, PPK Kecamatan Sekabupaten Tanjab Barat, saksi pasangan Calon gubernur dan wakil gubernur jambi, saksi paslon bupati dan wakil bupati Tanjab Barat.

Ketua KPU Tanjab Barat Hairuddin mengatakan, "Kegiatan Rapat Pleno Terbuka ini akan dilaksanakan selama 2 hari rabu 16 sampai dengan Kamis 17 Desember 2020 hingga selesai, " ujar Hairuddin.

"Selain itu kita berharap Rapat Pleno ini dapat berjalan lancar aman hingga selesai,sehingga Rapat Pleno Terbuka berlangsung sukses nantinya," pungkas Hairuddin. (Sabri)