Selasa, Januari 19, 2021

Belum Dilintasi Mobil Sisi Ofrit Jembatan Sungai Bakung Sudah Retak-retak

KUALA TUNGKAL (SR28) – Peningkatan Jembatan Parit Bakung Kecamatan Sebrang Kota, Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang dikerjakan oleh CV Hardianty dengan Dana...

Pembangunan Jalan Kelurahan Tungkal Harapan Asal Jadi, Baru Seumur Jagung Sudah Retak dan Berlubang

KUALA TUNGKAL (SR28) – Pembangunan jalan atau peningkatan skala di kawasan Kelurahan Tungkal Harapan, Kecamatan Tungkal Ilir, KabupatenTanjung Jabung Barat oleh Dinas...

Sriwijaya Air Wajib Ganti Rugi Rp1,25 M per Penumpang SJ182

JAKARTA - Keluarga korban kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182 berhak atas ganti rugi dari pihak maskapai. Hal tersebut mengacu pada Pasal 141 ayat (1)...

Besok Divaksin, Begini Kondisi Kesehatan Jokowi

JAKARTA - Sekretariat Presiden memastikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjalani vaksinasi Covid-19 pada Rabu (13/1) besok di Istana Kepresidenan Jakarta....

Technology

Disbudpar Jambi Akan Tempel Lebel Aman di Hotel dan Restoran, Syaratnya Lolos Verifikasi Dulu

JAMBI - Pemerintah provinsi Jambi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata tengah mempersiapkan  langkah-langkah pemberian lebel aman penerapan protokol kesehatan Covid-19 bagi hotel dan restoran yang telah dinilai berhasil menjalankan program aman dari penularan virus corona.

Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat, baik lokal maupun dari luar daerah. Agar meras aman jika nantinya mengunjungi hotel maupun restoran yang sudah terverifikasi aman dlaam penerapan protokol kesehatan tersebut.

- Advertisement -

H Al Haris: BLT Harus Bermanfaat dan Tepat Sasaran

MERANGIN - Bantuan Langsung Tunai (BLT) dampak Covid-19 tahap dua, harus bermanfaat dan tepat sasaran. Warga yang menerima BLT tahap dua, harus warga yang sangat membutuhkan, dengan  kondisi kehidupan yang sangat memprihatinkan.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Merangin H Al Haris ketika menyalurkan BLT dampak Covid-19 tahap kedua, untuk Desa Sungai Kapas Kecamatan Bangko di balai desa setempat, Selasa (09/6).

‘’Alhamdulillah penyaluran dana BLT di Desa Sungai Kapas berjalan lancar dan baik.  Saya minta tolong kepada perangkat desa agar dana BLT tahap kedua ini diberikan kepada warga sangat membutuhkan, kondisinya sangat memprihatinkan,’’ujar Bupati.

Jika penyaluran dana BLT tahap kedua tepat sasaran lanjut bupati, Insya Allah clear semua. Bupati pesan kepada penerima BLT tahap kedua, agar dapat menggunakan dana tersebut, dengan sebaik baiknya. Jangan sampai salah penggunaannya.

Ada sebanyak 194 kepala keluarga (KK), yang menerima BLT dampak Covid-19 tahap kedua di Desa Sungai Kapas tersebut. Setiap KK  menerima dana sebesar Rp 600 ribu dari BLT dana desa di Balai Desa Sungai Kapas tersebut.

Pada kesempatan itu, bupati juga menyampaikan program bedah rumah pada 2020 akan terus berlanjut dan dilaksanakan. Ada sebanyak 40 unit rumah yang akan di bedah di Desa Sungai Kapas.

Untuk itu seluruh warga Desa Sungai Kapas dan seluruh masyarakat Merangin diharapkan, bisa membantu menyukseskan program tersebut, terlebih program Kades dan Camat, harus didukung dengan baik.

‘’Kegiatan pengajian mohon diaktifkan lagi, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, menggunakan masker, rajin cuci tangan dan tetap selalu menjaga jarak,’’pinta Bupati.

Bupati berharap, Virus Corona segera berakhir, sehingga masyarakat dapat dengan aman dan tenang melakukan aktivitas kemasyarakat  di desanya masing masing. Anak-anak dapat besekolah dengan normal.

Pimpin Paripurna Kenegaraan, Ketua DPRD Tebo: Bersyukur Bisa Menikmati Kemerdekaan

TEBO (SR28) - Ketua DPRD Mazlan didampingi Wakil Ketua Aivandri, AB serta Anggota DPRD Tebo memimpin jalannya rapat paripurna DPRD Tebo dalam rangka mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI secara virtual, di Aula Rapat DPRD Kabupaten Tebo, Jambi, Jumat (14/08). Paripurna dihadiri pula oleh Bupati Tebo, Sukandar, didampingi Wakil Bupati Syahlan.

Dalam sambutannya pada sidang tersebut, Ketua DPRD Tebo, Mazlan mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat Tebo, untuk menjadikan HUT ke-75 RI ini sebagai momentum instrospeksi diri dan mengisi kemerdekaan dengan hal hal yang positif.

"Pada peringatan HUT ke-75 RI ini baiknya kita jadikan momentum untuk memperbaiki diri dan bersyukur karena kita bisa menikmati kemerdekaan. Rasa syukur tersebut diwujudkan dengan memberikan kontribusi nyata untuk perbaikan ditengah tengah masyarakat," ujar Mazlan.

Ketua DPRD memimpin paripurna dengar pidato kenegaraan

Pada saat berlangsung pidato kenegaraan, Presiden RI Joko Widodo  (Jokowi) mengatakan bahwa, meskipun peringatan pada tahun ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya dikarenakan pandemi COVID-19, namun semangat untuk mengisi kemerdekaan harus semakin baik.

Anggota DPRD mengikuti paripurna dengan protokol kesehatan

"Mari kita jadikan momentum musibah pandemi sebagai kebangkitan baru untuk melakukan lompatan besar di berbagai aspek. Inilah saatnya kita membenahi diri secara fundamental, melakukan transformasi besar," ajaknya.

Kemudian Presiden Jokowi mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjadikan krisis yang disebabkan pandemi ini dijadikan pembelajaran. Beliau mengibaratkan sebuah komputer dimana ketika ada kendala akan memiliki kesempatan mem- setting ulang semua sistemnya.

"Jangan sia siakan pelajaran yang diberikan oleh krisis. Jangan biarkan krisis membuahkan kemunduran. Justru momentum Krisi ini harus kita bajak untuk melakukan lompatan kemajuan," tegas Presiden.

Presiden Jokowi sampaikan pidato keneraan secara virtual

Rapat Paripurna turut diikuti oleh Sekretaris Daerah, Teguh Arhadi, unsur Forkopimda, Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati, serta para  Kepala OPD dan Bagian Lingkup Pemkab Tebo. (Tim Liputan)

Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Ajukan Pembelian 15 Ribu Unit Alat Rapid Test

JAMBI (SR28) - Guna mnegoptimalkan penanganan Covid-19 di Jambi. Dinas Kesehatan Provinsi Jambi kembali mnegajukan 15 ribu unit alat Rapid Test. Hal tersebut dilakukan pada pengajuan ke empat penggunaan anggran refocusing.

Dinkes ajukan pembeloan 15 ribu rapid test

Bupati Safrial Panen Ikan Sungai Lubuk Larangan Raja Gagak Dusun Mudo

KUALA TUNGAKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial, MS memulai kegiatan Panen Ikan di Sungai Lubuk Larangan Raja Gagak yang berada di Desa Dusun Mudo, Kecamatan Muara Papalik, Selasa (25/08).

Kegiatan panen ikan ini juga turut dihadiri oleh Camat Muara Papalik Joan Prayuda, Kades Dusun Mudo Anggi Saputra, Kapolsek, Kepala Dinas pendidikan Martunis, Kepala PMD Nor Setyo Budi, Babinsa, Tokoh agama dan Tokoh masyarakat setempat.

Kepala Desa Dusun Mudo Anggi Syafutra dalam sambutannya mengatakan Lubuk Larangan Raja Gagak akan terus dilanjutkan dengan  kegiatan panen ikan, dan akan diagendakan  setahun sekali." ikan hasil dari panen lubuk larangan ini akan dibagikan secara merata kepada masyarakat sekitar."ujar Anggi

Ditempat yang sama Bupati H. Safrial dalam sambutannya, sampaikan bahwa lubuk larangan merupakan salah satu alternatif dalam menjaga kelestarian alam, khususnya ekosistem sungai. Safrial juga berharap setiap desa yang memiliki potensi sungai dapat memiliki lubuk larangan sebagai upaya menjaga kelestarian alam."Kalau bisa seluruh desa buat lubuk larangan seperti ini, jangan ada yang racun sungai atau buang limbah di sungai,"Kalau perlu tegakkan sanksi adat bila ada yang melanggar aturan itu," tegas Bupati Safrial.

Usai acara pembukaan, Bupati bersama masyarakat desa Dusun Mudo memulai kegiatan panen ikan di lubuk larangan Raja Gagak yang berisi berbagai jenis ikan air tawar. (Sabri).

Latest News

Ini Pertimbangan Hakim Tolak Praperadilan Habib Rizieq

JAKARTA - Hakim Akhmad Sahyuti menolak gugatan praperadilan yang diajukan Habib Rizieq Shihab terkait penetapan tersangka kasus pelanggaran kekarantinaan kesehatan dan penghasutan kerumunan di Petamburan, Tanah...

BREAKING NEWS:Black Box Sriwijaya Air SJ182 Ditemukan!

JAKARTA - Black box atau kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ182 ditemukan. Kotak hitam itu kemudian dibawa ke daratan. Seperti dikutip dari Antara,...

Tak Layak Masuk Dalam Pemiliharaan, Aktivis Endus Dugaan Korupsi Uang Negara Di Pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tanjabbar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Terkait hasil kerja pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tingkat Provinsi Jambi yang berada di Desa Tungkal 1 (Satu)...

Di Akhir Jabatannya, Bupati Safrial Resmikan Proyek Fisik Infrastruktur 2016-2020

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr. Ir.H.Safrial didampingi Wabup Drs. H. Amir Sakib, Senin (11/01/21) kemarin di Laman Orang...

Yuk Intip, Ini Daftar Kekayaan 5 calon Kapolri

JAKARTA (SR28)- Perrgantian Kapolri direncanakan akan rampung pada akhir Januari 2021 ini. Sederet nama pun mulai muncul ke publik, mulai dari petinggi...

Music

Ardy Daud Ajak Kelompok Tani Terus Petahankan Kualitas Kopi Kerinci

KERNCI (SR28) - Penjabat sementara (Pjs) Gubernur Jambi, Ir.Restuardy (Ardy) Daud,M.Sc mengajak kelompok tani dan seluruh pelaku usaha Kopi Korintji (Kerinci) untuk terus mempertahankan kualitas Kopi Kerinci supaya pangsa Pasar Kopi Kerinci semakin luas lagi, baik di dalam maupun di luar negeri, terlebih kopi merupakan salah satu produk yang dapat menggambarkan keindahan alam Kerinci.. Hal tersebut dinyatakan Ardy Daud saat mengunjungi Koperasi Kopi Alam Korintji (Alko), bertempat di Desa Sungai Sukai Kecamatan Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci, Minggu (8/11/2020). Bupati Kerinci, Dr.H.Adirozal,M.Si bersama Wakil Bupati Kerinci, H.Ami Taher turut mendampingi Ardy Daud dalam melakukan peninjauan.

"Kita harus memanfaatkan kopi untuk menjual keindahan, kesuburan, dan keunggulan Kabupaten Kerinci, sehingga Kerinci lebih dikenal lagi secara internasional, mengingat Kopi Kerinci sudah mulai dikenal oleh masyarakat internasional," ujar Ardy Daud.

Ardy Daud menuturkan, Kopi kerinci merupakan modal awal yang sangat baik untuk lebih dikembangkan dan harus terus dipertahankan. Koperasi koperasi yang mengelola kopi harus lebih mempertahankan kualitas dan terus meningkatkan kualitas kopi Kerinci sehingga dapat menjaga kepercayaan masyarakat.

"Ini merupakan langkah awal yang luar biasa bagi kopi Kerinci untuk melakukan lompatan yang lebih besar lagi kedepannya. Kopi kita telah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat luas karena memiliki cita rasa yang khas," tutur Ardy Daud

Koperasi Kopi Alko merupakan perkumpulan petani kopi yang membangun dan mengembangkan komoditi kopi arabika Kayu Aro Kerinci. Koperasi ini memberikan pendampingan kepada petani kopi agar dapat meningkatkan kapasitas petani dan masyarakat dalam menjadikan tanaman kopi sebagai produk utama dalam menyangga perekonomian masyarakat Kerinci.

Pihak Koperasi Kopi Alko menyatakan bahwa mereka telah mendapatkan kepercayaan dari Starbucks Farmer Support untuk menyuplai kopi ke Starbucks, sudah ada lebih kurang 300 petani yang dapat menyuplai kopi ke Starbucks dengan standar Starbucks Farmer Support yaitu Coffee and Farmer Equity (CAFE) Practice. Kriteria CAFE Practice tersebut adalah ekonomi transparansi dimana asal kopi harus jelas, social responsibility dan harus tetap menlestarikan lingkungan.

Usai melakukan peninjauan ke Koperasi Kopi Alko, Ardy Daud juga meninjau Koperasi Koerintji Barokah Bersama di Desa Jernih Jaya Kecamatan Kayu Aro Kabupaten Kerinci. Ardy Daud secara langsung meninjau proses kopi arabika Kerinci mulai dari pembibitan, penanaman, penjemuran, penyimpanan dalam Gudang, dan pemilihan biji kopi serta mencicipi langsung kopi yang disajikan barista anggota kelompok Koperasi Koerintji Barokah Bersama.

Koperasi Koerintji Barokah Bersama sendiri dipimpin oleh Triyono telah melakukan ekspor kopi arabika Kerinci dalam bentuk green bean ke Belgia sebanyak 15,9 ton dan ke Jepang sebanyak 2,1 ton. (Sidik)

Ini Penyebab Munculnya Fenomena Awan Tsunami di Aceh

MEULABOH - Fenomena alam,awan berbentuk gelombang selimuti langit Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Aceh. Pada senin pagi.gumpalan awan jenis arcus yang muncul secara tiba-tiba dan sempat menggelapkan kota meulaboh ini membuat warga panik. Namun badan Meteorologi Geofisika Nagan Raya, meminta warga tidak panik karena itu hanya fenomena alam biasa.

Sumber: JAMBI28 TV

Bupati Buka Wabiner seris SKK Migas PetroChina – Pemkab Tanjab Barat

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial MS buka secara langsung Webiner Seris Pemkab Tanjab Barat bersama SKK Migas-PetroChina melalui video virtual dari ruang rapat Bupati, Kamis(09/07). Turut hadir mendampingi bupati, Sekretaris Daerah, Kepala Bappeda, dan Kasdim 0419/Tanjab.

Wabiner Seris juga diikuti secara Video Virtual oleh Direktur Promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat Kementrian kesehatan RI dr. Riskiyana, Kepala perwakilan skk migas sumbagsel Adiyanto, vp HR (vice president dan human relations) petro china Dencio Ranato boele.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan saat ini pemerintah telah mengenalkan konsep new normal yang dinarasikan sebagai adaptasi Kebiasaan baru. Menurtnya,adaptasi Kebiasaan baru ini dimaksudkan agar masyarakat bisa bekerja,belajar, dan beraktivitas dengan produktif dan aman dari covid 19 meski di masa pandemi.

"Adaptasi kebiasaan baru diperlukan agar kita dapat berkegiatan sehingga ekonomi,tetap bergerak dengan tindakan mengabaikan protokol Covid-19. "Beberapa Fasilitas umum menjadi perhatian karena merupakan sentra ekonomi ataupun sosial dan budaya yang di Daerahnya rentan," ujar ya

Lanjut Bupati menyampaikan Kabupaten Tanjung Jabung Barat sebagai salah satu kabupaten terdampak covid 19, telah melakukan berbagai upaya dan langkah baik pencegahan, penanganan, maupun mengatasi dampaknya. Salahsatunya dengan mengeluarkan himbauan nomor 791 tahun 2020 yang menuntut masyarakat turut berperan serta dalam mencegah meluasnya wabah covid 19.

Mengakhiri sambutanya, Bupati berharap tujuan penyelenggaran Wabinar dalam menyampaikan edukasi tentang adaptasi kebiasaan baru, mendukung program pemerintah dalam upaya penghentian penyebaran mata rantai covid 19 dengan kebiasaan baru dalam berkegiatan melalui interaksi digital dan mensosialisasikan praktik-praktik baik yang sudah dilakukan di Daerah lain dapat tersampaikan dengan baik.

Sementara itu Kepala Perwakilan SKK migas Sumbagsel Adiyanto dalam laporannya menyampaikan perusahaan petrochina telah melakukan berbagai upaya pencegahan terkait pandemi covid 19, diantaranya tetap memastikan kesehatan karyawan berupa pemeriksaan karyawan, pengurangan jumlah karyawan yang bekerja dilapangan, mewajibkan penggunaan masker bahkan mengganti pola makan dari prasmanan menjadi nasi kotak, pengurangan acara keramaian yang melibatkan banyak orang dan melakukan upaya  desinfeksi area serta menerapkan protokol kesehatan.

"Bagi masyarakat kami juga memberikan bantuan diantaranya alat pelindung diri berupa masker, beras, paket sembako, dan sarana cuci tangan bagi yang terdampak covid 19," pungkasnya. (Sabri)

Awasi Penyebaran Virus Corona di Perkantoran

JAMBI - Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Johansyah menyampaikan saat ini terus mengawasi penyebaran virus corona di perkantoran dengan melakukan rapid test secara masif terhadap ASN.

Sumber: JAMBI28 TV

Sejumlah OKP Besar di Provinsi Jambi Sayangkan Tindakan Polda Salah Tangkap Terhadap Mahasiswa (Juanson Ambarita)

KOTA JAMBI (SR28)- Pada hari Jumat (30/10/20) Team Resmob Polda Jambi melakukan penangkapan kepada Saudara Juanson Ambarita di rumah kostnya Perumahan Valencia Desa Mendalo Indah. Sebagaimana diketahui Saudara Juanson Ambarita adalah anggota GMKI Cabang Jambi.

Dari info yang kita dapatkan, saudara Juanson Ambarita ditangkap sekitar Pukul 01.30 Wib, dan langsung di seret paksa ke mobil petugas yang mengaku dari Team Resmob Polda Jambi dan dituduh Sebagai pelaku Pembakaran Sepeda motor Polda Jambi pada aksi Unjuk rasa tanggal 20/10/2020 di depan universitas Jambi Telanai Pura.
Proses penangkapan Juanson Ambarita berjalan tanpa memenuhi bukti dan fakta serta syarat penangkapan dan penggeledahan sebagaimana tertuang dalam KUHAP, dan dilepaskan pada pukul 22.00 Wib setelah selesai di interogasi.

Atas dasar itu, 6 OKP di Provinsi Jambi yang terdiri dari GMNI Jambi, GMKI Jambi, PKC PMII Jambi, DPD IMM Jambi, PW KAMMI Jambi, PMKRI Jambi menyampaikan beberapa poin.

Turut menyampaikan Empati kepada Bung Juanson Ambarita yang dituduh sebagai pelaku pembakaran sepeda motor Polda Jambi tanpa bukti dan fakta.

Kepolisian Daerah Jambi kita anggap GAGAL sebagai Institusi Resmi yang memiliki tugas dan fungsi sebagai Pengayom, Pelindung, dan sekaligus sebagai alat Negara dalam proses penegakan hukum.

Mengecam dan menyayangkan Tindakan Kepolisian Daerah Jambi yang bertindak secara semena-mena tanpa bukti dan fakta yang jelas, sehingga terjadi sala tangkap.

Meminta Kepada Kapolda Jambi untuk memeriksa anggotanya yang bertindak tanpa SOP yang sesuai Prosedural dan memberikan Sanksi yang tegas.

Meminta Kepada Kapolda Jambi untuk menyampaikan maaf kepada publik/ korban salah tangkap dan memulihkan nama baik korban.

Demikian Pernyataan sikap ini kami perbuat, semoga tidak ada lagi korban selanjutnya atas tindakan konyol tersebut.

Hormat Kami,
Ketua-Ketua Umum 6 OKP Jambi.
Ttd.

Culture

- Advertisement -

Puluhan Ribu Massa Sambut Kedatangan Habib Rizieq Shihab di Bandara 3 Soetta

TANGERANG (SR28)- Hari ini (10/11) tepat pukul 09.00 WIB, Pesawat Saudi Arabian yang dinaiki Habib Rizieq mendarat di Bandara Soekarno Hatta. Baik didalam maupun diluar bandara terlihat ribuan massa memadati lokasi dimana imam besar FPI itu akan menaiki kendaraannya.

Kedatangan Habib Rizieq sendiri juga turut mendapat pengawalan dari ribuan TNI dan POLRI. Jumlah ini diterjunkan untuk memastikan massa yang jumlahnya mencapai ratusan ribu dalam keadaan tertib.

Sesampainya di Terminal 3 Soetta, Habib Rizieq tampak langsung menaiki mobil berwarna putih dan dikawal ribuan laskar.

"Allahuakbar, Allahuakbar, Allahuakbar" pekik Habib Rizieq kepada puluhan ribu massa yang menjemputnya.

Ledakan Dahsyat Di Lebanon, Puluhan Orang Tewas Ribuan Luka-luka

Ledakan dahsyat mengguncang ibu kota Lebanon, Beirut, hari Selasa (04/08/2020), menyebabkan paling tidak 78 orang meninggal dan lebih dari 4.000 lainnya luka-luka.

Sumber: JAMBI28 TV

Usai Upacara HUT RI, Bupati dan Ketua DPRD Serahkan Sertifikat Tanah Pemda Tebo

TEBO (SR28) - Usai upacara HUT RI ke 75 di kabupaten Tebo, Senin (17/8/2020), Panglima Komando Daerah Militer ll/ Sriwijaya yang diwakili oleh Dandim 0416/ BUTE Letkol Inf. Widi Rahman menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Bupati Sukandar. Penghargaan tersebut merupakan apresiasi atas kerja sama dan dukungan dalam pelaksanaan tugas.

Kemudian dilanjutkan penyerahan Sertifikat Tanah Pemda Kabupaten Tebo dan Sertifikat Redistribusi Tanah Objek dan Landreform yang secara simbolis diserahkan oleh Bupati Sukandar kepada Wakapolres Tebo, kemudian Ketua DPRD Tebo kepada Sekda Tebo, Kajari Tebo Kepada Kakan Kemenag Tebo, Dandim 0416/ BUTE kepada Perwakilan Desa Sumber Sari dan Kepala BPN Tebo kepada Perwakilan Desa Sapta Mulya.

Penyerahan sertifikat tanah Pemda Tebo

Sebelumnya upacara peringatan HUT RI ke 75 berlangusng khidmat meski digelar secara terbatas. Adapun Bupati Tebo, Dr. H. Sukandar, S. Kom., M. Si., memimpin Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-75 yang diselenggarakan di Lapangan Upacara Kantor Bupati Tebo.

Bupati Sukandar saat memmimpin upacara HUT RI ke 75

Penyelenggaraan upacara menyesuaikan dengan kondisi pandemi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Bertugas sebagai Komandan Upacara Kapten Inf. Wahid Nurohim dan Petugas Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945 Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo, Sindi, SH., MH., serta pembacaan doa dipimpin Kakan Kemenag, Herman, S. Ag. MH.

Prosesi pengibaran bendera Merah Putih oleh petugas Paskribraka

Adapun peserta upacara pada kesempatan tersebut terdiri dari KODIM 0416/ BUTE, KOMPI Senapan B 142 (TNI-AD), Polres Tebo, Pejabat Eselon ll, lllA, dan lllB, Dinas Damkar dan Penyelamatan, Satpol PP, dan Dinas LH dan Perhubungan Kabupaten Tebo. Bupati Sukandar dan Wakil Bupati, Syahlan SH., diikuti Unsur Forkopimda, Sekda, Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati, Kepala OPD serta Pejabat Eselon lll Lingkup Pemkab Tebo seusai upacara mengikuti Upacara Peringatan Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-75 secara virtual dari Istana Negara. (Tim Liputan)

- Advertisement -

Must Read

Ini Penyebab Munculnya Fenomena Awan Tsunami di Aceh

MEULABOH - Fenomena alam,awan berbentuk gelombang selimuti langit Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Aceh. Pada senin pagi.gumpalan awan jenis arcus yang muncul secara tiba-tiba dan sempat menggelapkan kota meulaboh ini membuat warga panik. Namun badan Meteorologi Geofisika Nagan Raya, meminta warga tidak panik karena itu hanya fenomena alam biasa.

Sumber: JAMBI28 TV

Bupati Safrial Harap Guru di Tanjab Barat Bisa Kuasai Aplikasi Daring

KUALA TUNGKAL (SR28) - Mewabahnya Covid-19 di Indonesia membuat pembelajaran daring menjadi pilihan agar proses belajar tidak terputus. Menyikapi hal tersebut, Ikatan Guru Indonesia (IGI) Tanjab Barat mengadakan Workshop Daring yang dibuka secara resmi oleh Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. Safrial, MS di Ruang Rapat Bupati, Kamis (17/09/2020).

Dalam sambutannya Bupati berharap dengan diadakannya workshop di bidang teknologi dan informasi, tenaga pendidik / guru di Tanjab Barat bisa memanfaatkan aplikasi yang sudah tersedia sebagai media pembelajaran.

"Saya harap kegiatan ini bisa menghasilkan pendidik yang memiliki kualitas mumpuni, sehingga aplikasi-aplikasi yang ada bisa dimanfaatkan untuk menyajikan pembelajaran yang bergizi dan berkualitas bagi peserta didik," harapnya.

Bupati juga mengapresiasi IGI Tanjab Barat yang telah mengadakan workshop dengan tema "Berkarya Demi Pendidikan Digdaya". Menurutnya workshop ini sejalan dengan visi dan misi Bupati Tanjab Barat untuk menghasilkan SDM yang berkualitas.

"Semoga tujuan workshop ini dapat tercepai sehingga dapat mewujudkan Kabupaten Tanjab Barat yang maju, adil, makmur, bermartabat dan berkualitas. Saya ucapkan terimakasih kepada panitia yang telah bekerja keras sehingga acara ini terselenggara," tutup Safrial.

Sebelumnya Ketua IGI Tanjab Barat, Heni Septi Nuraini, S.Pd, M.Pd.I menyampaikan kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru yang ada di Tanjab Barat. Diharapkan peserta kegiatan ini kelak akan terjun ke dalam dunia pendidikan digdaya.

Turut serta mendampingi Bupati dalam pembukaan workshop Sekretaris Daerah Ir. H. Agus Sanusi, M.Si, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Martunis, S.Pd, M.Pd dan Pengurus IGI Tanjab Barat. (Sabri)

Aktivis Tanjabbar Kembali Soalkan Pembangunan WC dan Musholah di WFC Terkesan Janggal dan Teridikasi Mark-Up

KUALA TUNGKAL (SR28) - Pembangunan WC dan Mushola di Watter Front City (WFC)  Tanjung Jabung Barat sudah rampung akan tetapi dari dana sebesar Rp.199.522.512,86 masih penuh tanda tanya dan  terkesan janggal oleh aktivis Tanjabbar, dan terindikasi Mark-up karena tidak ada perencanaan dan konsultan pengawas, dimana hanya mengunakan tenaga teknis.

Dari hal tersebut tenaga teknis yang diminta bantu oleh Kadispora Tanjab Barat Otto Aryadi ,salah seorang oknum Dinas Perumahan Dan Permukiman (PERKIM) Fadil  menjelaskan pihaknya memang diperbantukan dalam Pembutan WC dan Musholah yang ada di WFC tersebut .

"Kita diminta langsung oleh Kadispora ,akan tetapi tidak  diminta untuk menghitung bahan baku dari bangunan tersebut, bukan volume pekerjaan, demikian juga perencanaa nya saya tidak tahu,” ungkap Fadil saat dikonfirmasi SR28 di tempat kerjanya belum lama ini.

Terpisah Kadispora Tanjab Barat Otto Aryadi, ketika dipertanykan siapa perencanaan pembangunan WC dan Musholah WFC tersebut tidak bisa menjelaskan dengan gamblang dan berdalih dengan filosofi pembangunan tersebut, bahkan berpura-pura tidak tahu dan akan mencari tahu perencanaan pembangunan WC dan Musholah WFC tersebut.

"Nanti kita cari tahu perencanaan pembangunan WC dan Musholah WFC tersebut," kilahnya saat di temuo di ruang kerjanya.

Melihat hal tersebut membuat aktivis Tanjab Barat Adnand Viqriza, SH, MH berkomentar keras, ia mengkritik pedas soal pembangunan yang seharusnya adanya perencanan.

"Kalau setiap pembangunan mestinya ada perencanaan, kalau tidak ada tentu itu merupakan akal-akalan oknum Kadispora Tanjab Barat saja untuk meraup keuntungan dari pembangunan WC dan Musholah di WFC bersama rekanan karena aneh bila pembnagan itu tampa ada perencanan,terlebih bangunan itu juga terindikasi Mark-up, dari dana yang digunakan dan ini unsur sengaja dibuat oleh oknum Dispora Tanjab Barat, agar kecipratan keuntungan dari rekanan," ujar Anand.

"Terkait itu nantinya hal ini akan kita laporkan kepada pihak penegak hukum, karena ada persekongkolan untuk meraup keuntungan dari pekerjaan tersebut," pungkasnya. (Sabri)

Sekda Tanjab Barat Ikuti Rakor Pilkada serentak Via Vidcon

KUALA TUNGKAL (SR28) - Sekretaris Daerah Tanjab Barat Ir. H. Agus Sanusi mengikuti Rakor Pilkada serentak 2020 Via Video Conference bersama Menko Polhukam, Mendagri, Ketua KPU, ketua Bawaslu, Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, Kabin dan Kasatgas Covid-19, Rabu (09/09).

Kegiatan yang diselenggarakan di Ruang Rapat Bupati ini juga turut dihadiri oleh Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur Saputro, SIK, MH, Kasdim 0419 Tanjab Mayor Chb Indra Wijaya , Perwakilan Kejari, KPU, Bawaslu, Kepala BPBD, Kesbangpol, Kasat Pol PP, serta unsur terkait lainnya.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dalam penyampaiannya, tekankan akan menindak tegas kepada Pasangan Calon baik Incumbent atau petahana yang berkali-kali melakukan pelanggaran. Menurutnya penindakan yang dimaksud dapat berupa penundaan pelantikan, mengikuti pendidikan dan pelatihan, serta tidak akan memenuhi usulan penunjukan PJS oleh Gubernur bila Gubernur tidak mampu mengendalikan KDH/WKDH yang tidak taat protokol kesehatan.

Lebih lanjut, Tito Karnavian juga himbau agar tiap daerah melakukan rapat dengan mengundang Partai Politik dan kontestan untuk menyampaikan aturan-aturan terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah."Apabila leadnya KPUD maka temanya adalah menjelaskan terkait tahapan tahapan dan pelaksanaan Pilkada, apabila leadnya kepolisian maka temanya adalah pengamanan pilkada," ujar Tito.

Terakhir, Tito juga tegaskan agar selanjutnya dapat dibuat fakta integritas yang isinya patuh terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan dan patuh terhadap protokol kesehatan baik aturan KPU, Perda dan atau Perkada.

Diwawancarai usai ikuti Rakor, Sekda Ir. H. Agus Sanusi mengatakan Rakor yang diselenggarakan oleh Menkopolhukam ini membahas terkait permasalahan pelaksanaan Tahapan Pilkada yang dinilai masih belum maksimal dalam penerapan protokol kesehatan."Disampaikan dalam rapat tadi bahwa melihat situasi pada saat pendaftaran Pasangan Calon, masih banyak yang belum maksimal dalam melaksanakan protokol kesehatan,"Sehingga dalam rapat tadi ditekankan perlu adanya sanksi, baik sanksi administrasi maupun sanksi lainnya terhadap pelanggaran penegakan protokol kesehatan dalam pelaksanaan Pilkada," ujar Sekda.

Sekda berharap, penegakan disiplin protokol kesehatan ini dapat memperlancar pelaksanaan Pilkada pada Desember mendatang. Sekda juga berharap pelaksanaan Pilkada ini nantinya tidak menimbulkan klaster baru Covid 19."pungkasnya. (Sabri)

Mulai September, Karyawan Swasta Bergaji Dibawah 5 Juta Dapat Bansos Rp600 Ribu Perbulan

JAKARTA - Pemerintah bakal kembali bagi-bagi duit. Kali ini calon penerimanya adalah para karyawan swasta yang gajinya di bawah Rp 5 juta.

Mulai September, para karyawan itu akan mendapat bansos sebesar Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan. Langsung ditransfer masuk ke rekening masing-masing.

Sumber: JAMBI28 TV

15 Organisasi Kepemudaan Islam Desak Presiden Tuntaskan Kasus Pembunuhan 6 Laskar FPI

JAKARTA (SR28)- Buntut dari  insiden antara anggota  Front  Pembela  Islam  (FPI)  dengan aparat Kepolisian yang terjadi di Jalan Tol Cikampek KM. 50 pada hari Senin (7  Desember 2020) yang menewaskan  6  orang  korban  jiwa  dari  pihak  FPI akhirnya berbuntut panjang. Berbagai tokoh, ormas, LSM dan senator menuntut agar presiden membentuk tim independen pencari fakta untuk mengusut kasus pelanggaran HAM berat tersebut.

Tuntutan yang sama juga datang dari kalangan aktivis pemuda Islam. sedikitnya, ada 15 organisasi kepemudaan berbasis Islam yang mendesak agar kasus yang dialami oleh FPI tersebut bisa diusut tuntas.

Berikut keterangan persnya:

Kami 15 organisasi  pelajar, mahasiswa dan pemuda Islam, menyatakan sikap sebagai berikut:

1.Turutberduka  dan  berbelasungkawayang  sangat  mendalam atas wafatnya 6  orang anak bangsa dalam peristiwa tersebut.

2.Menyayangkan tindakanberlebihan dan diduga menyalahi prosedur (extra judicial killing) oleh aparat kepolisian dalam peristiwa tersebut yang dianggap melanggar hukum dan HAM

3.Meminta Presiden sebagai panglima tertinggi dalam penegakakan hukum dan HAM untuk mengambil  alih  penuntasan masalahini yang  menyebabkan  kematian  6  orang tersebut sebagai  bentuk  komitmen  terhadap perlindungan  bagi  segenap  bangsa  dan  memberikan rasa aman pada seluruh warga.

4.Meminta   Presiden secepatnya membentuk   Tim   Independen   Pencari   Fakta   untuk mengungkapfakta dan memastikan penegakkan hukumyang adil, transparan, independen yangsesuai  dengan  aturan  perundang-undanganagar  tidak  menimbulkan  gejolak sosialyang semakin luas di tengahmasyarakat.

5.Insiden inimengoyak  rasa  kemanusiaan  dan  kebangsaan  kita  dan menjadi ekses negatif bagi penegakan hukum  dan HAM  di di  Indonesia,  apalagi  bertepatan  dengan peringatanHari HAM se-Dunia  yang jatuh pada tanggal 10 Desember 2020.

6.15OKP   Islam   akan mengawal prosespenegakan hukum terhadap   kasus   ini dan mengkonsolidasikannya.

Jakarta,10Desember 2020

Tertanda

1.Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI)

2.Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)

3.Gerakan Pemuda Al Washliyah (GPA)

4.Pelajar Islam Indonesia (PII)

5.Himpunan Mahasiswa Islam (HMIMPO)

6.Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (JPRMI)7.Himpunan Mahasiswa Persis (HIMAPersis)

8.Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI)

9.Pemuda MuslimIndonesia10.Pemuda Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (Pemuda DDII)

11.Pemuda Persatuan Umat Islam (Pemuda PUI)

12.Pemuda Hidayatullah

13.Barisan MudaAl Ittihadiyah

14.Pemuda Al Irsyad

15.PemudaPersis

Kontak SusantoTriyogo+6285972710973

Affandi Ismail+6282347757212

Lifestyle Magazine

Puluhan Wartawan Jambi Lakukan Rapid Test

JAMBI (SR28) - Puluhan wartawan Jambi mengikuti Rapid Tes yang digelar Pemerintah Provinsi Jambi, di Pendopo Halaman Kantor Gubernur Jambi, Kamis (17/9/2020).

Hal ini dilakukan Pemerintah Provinsi Jambi karena buntut dari Walikota Jambi Sy Fasha yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 beberapa waktu yang lalu. Selain wartawan, puluhan pegawai Humas Pemprov Jambi juga dilakukan rapid test.

Puluhan Wartawan Jambi Lakukan Rapid Test

Puluhan Wartawan Jambi Lakukan Rapid Test

Posted by JAMBI28 TV on Thursday, September 17, 2020
Sumber: JAMBI28 TV

Fachrori: Pengembangan Bandara Depati Parbo Mulai Dikerjakan

TANJAB BARAT (SR28) - Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum menyatakan, Pemerintah Provinsi Jambi telah mulai melakukan pengerjaan pengembangan Bandara Depati Parbo secara bertahap, yang merupakan harapan masyarakat Kerinci selama ini. Hal tersebut dinyatakan Fachrori usai melakukan Peninjauan Lokasi Pengembangan Bandara Depati Parbo, Kabupaten Kerinci, Sabtu (19/09/2020).

Fachrori mengatakan, pengembangan Bandara Depati Parbo dilakukan dengan beberapa tahap, untuk tahap sekarang sedang dilakukan persiapan guna pembangunan konstruksi, apron, dan taxiway. Persiapan dilakukan pada areal seluas 4 Ha.

"Kedepannya luas apron yang akan kita bangun sepanjang 190 meter X 70 meter, yang dapat dipergunakan untuk memarkir 3 unit pesawat dalam waktu yang bersamaan, harapannya tentu dengan 3 rute yang berbeda," tambah Fachrori.

Fachrori menuturkan, akses (jalan) masuk Bandara Depati Parbo akan mengalami perubahan, semula akses masuk berada di Koto Baru Hiang, akan diubah ke Koto Iman. Akses masuk melalui Koto Iman nantinya memiliki panjang jalan 900 meter sampai ke bandara, dengan lebar badan jalan satu ruasnya 6-8 meter, yang nantinya akan ada 2 ruas jalan pada akses masuk bandara.

"Pengerjaan akses masuk Bandara Depati Parbo ini masuk dalam pengerjaan tahap pertama yaitu persiapan. Nantinya, kita akan melakukan penimbunan lahan terlebih dahulu karena areal lahan yang telah dibebaskan untuk bandara ini merupakan areal persawahan," tutur Fachrori.

Fachrori menjelaskan, setelah proses persiapan pengembangan Bandara Depati Parbo pada tahap pertama selesai semua, selanjutnya akan dibangun gedung terminal yang baru, lokasi parkir yang baru, gedung PKP PK (Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadaman Kebakaran) yang baru, dan gedung lainnya, beserta lokasi perkantoran yang baru.

Fachrori menambahkan, dengan kondisi akses jalan masuk baru ke bandara pada tahap pengembangan Bandara Depati Parbo, kedepannya, terminal yang lama akan menjadi lokasi kargo.

Dua Perawat Positif Covid-19, Pelayanan RSUD Daud Arif Tanjabbar Tutup Sementara

KUALA TUNGKAL (SR28) - Minggu (16/08) dengan positifnya dua perawat RSUD Daud Arif terpapar covid-19, membuat pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) di RSUD Daud Arif ditutup sementara. Hal tersebut merupakan upaya pemutusan mata rantai Covid-19.

Jubir Covid-19, Taharuddin Tahir mengatakan, pihak rumah sakit Daud Arif mengambil langkah menutup sementara pelayanan IGD untuk melakukan kegiatan Tracking. Dari hasil swab test diketahui dua perawat RSUD Daud Arif terkonfirmasi setelah adanya kontak erat pasien 209 inisial SA yang saat ini sedang dalam proses perawatan.

"Setelah dilakukan Rapid Test kepada 3 org perawat ternyata hasilnya reaktif,” beber Taharuddin.

"Kemudian dari hasil swab test tersebut ada 2 orang perawat yang terkonfirmasi positif, namun hasil resminya belum diterima oleh Gugus Tugas Kabupaten Tanjab Barat,” jelas Taharuddin.

Elfry Syahril, Direktur RSUD Daud Arif, melalui surat edarannya menjelaskan bahwa penutupan pelayanan IGD dilakukan karena pihak RSUD KH. Daud Arif ingin melakukan Tracking dan Screening Swab, TCM/PCR pada karyawan RSUD KH. Daud Arif secara bertahap.

"Penutupan dimulai Senin (17/08/20) hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan. Untuk pelayanan rawat jalan tetap berjalan seperti biasanya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” pungkas nya. (Sabri)

Sekda Tanjabbar Pimpin Apel Komitmen Sukseskan Pilkada 2020, ASN Ikrarkan Netralitas

KUALA TUNGKAL (SR28) - Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Tanjung Jabung Barat gelar Apel Ikrar Netralitas pada Pilkada Serentak 2020 di Kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing, Rabu (14/10/2020).

Sekretariat Daerah saat gelar apel yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Ir. H. Agus Sanusi, M.Si. di Balai Pertemuan Kantor Bupati.

Mengangkat ikrar yang mana Poin ikrar tersebut dibaca langsung oleh ASN dan Non ASN Tanjab Barat,untuk berkomitmen aktif mensukseskan pilkada serentak 2020 serta menjunjung netralitas selama masa kampanye.

Dalam ikrar yang dibaca ada 4 poin yang menjadi janji sekaligus komitmen penting dari seluruh ASN dan Non ASN dalam gelaran pilkada 2020. Pemkab juga siap mendukung KPU dan Panwaslu demi keberlangsungan pilkada yang damai dan demokratis.

Sekda H. Agus Sanusi saat ditemui setelah Apel Ikrar Netralitas ASN berharap seluruh ASN dan Non ASN di lingkup Pemkab Tanjab Barat komit dengan ikrar yang telah di baca. Semua poin-poin dalam ikrar agar dilaksanakan sehingga seluruh aparatur pemkab tidak ada yang tersandung kasus hukum."tegas sekedar.

Lanjut sekda, "Ikrar Netralitas ASN ini sebagai bentuk komitmen Pemkab Tanjab Barat untuk mensukseskan Pilkada Serentak 2020. Saya harap seluruh ASN dan Non ASN komit dengan ikrar yang telah dibaca. Jadi jangan ada yang menyebar berita bohong, memihak salah satu pasangan calon dan juga bijak dalam menggunakan media sosil," harap Sekda.

Terkait sanksi bagi ASN dan Non ASN yang ditemukan tidak netral Sekda akan bertindak tegas sesuai aturan perundang-undangan.

"Bagi ASN dan Non ASN yang tidak netral serta mendapat laporan dari berbagai pihak akan kita tindak sesuai tingkat kesalahannya. Sudah ada aturan yang tegas mulai dari SKB 5 Kepala Lembaga tentang Netralitas, UU ASN dan PP 53/2010 tentang Disiplin PNS," tutup Sekda.

Apel ditandai dengan penandatanganan naskah ikrar secara simbolis oleh Sekda bersama Asisten Administrasi Umum dan Staf Ahli Bupati bidang Politik dan Hukum. Untuk seluruh ASN ditandatangani di ruangan masing-masing.

Hadir dalam Apel Ikrar Netralitas ASN para Asisten Setda, Staf Ahli Bupati, Kepala Bagian dan Kasubbag lingkup Sekretariat Daerah. (Sabri)

Sapi Presiden Jokowi “Puang Tedong” Mengamuk, Warga Ketakutan

SULAWESI BARAT- Di Polewali Mandar, Sulawesi Barat warga kuwalahan menghentian sapi kurban milik Presiden Jokowi yang mengamuk saat hendak dipindahkan. Sapi yang diberi nama Puang Tedong ini terus menyeruduk benda disekitarnya hingga membuat warga sekitar ketakutan.

Puang Tedong yang memiliki berat 1,2 ton tersebut mendadak mengamuk saat dikeluarkan dari kandang dan ingin dipindahkan ketempat pemotongan kurban di di Pasangkayu, Sulawesi Barat, Senin (27/7/2020).

Puang Tedong seakan tidak kehabisan tenaga, selama 2 jam ia terus mengamuk dan membuat warga sekitar berhamburan lari menyelamatkan diri. Namun reaksi yang berbeda ditunjukan Rahman, si pengasuh puang tedong dari kecil. Menurut Rahman Puang Tedong hanya kaget dan tahu akan dipindahkan, Puang akan tenang dengan sendirinya.

"Puang Tedong hanya ketakutan, tak apa-apa" Ujar Rahman

Rahman yang telah mengasuh Puang lebih dari 4 tahun ini juga turut sedih karena Puang yang kini beratnya telah mencapai 89 kg harus dipotong saat Idul Adha nanti. Namun ia juga berbangga hati dan bahagia karena Presiden Jokowi memilih sapinya untuk menjadi hewan kurban.

"Saya sedih karena sapi kesayangan saya tak akan pernah lagi bertemu untuk selamanya. Tapi saya juga bangga karena jerih payah saya mebesarkannya selama empat tahun lebih bisa dilirik orang nomor satu di Indonesia ,” Ujar Rahman

Akhirnya setelah 2 jam Puang Tedong berhenti mengamuk dan diantarkan langsung oleh Rahman ke tempat pemotongan hewan.

Video News

- Advertisement -

Polresta Jambi Terjunkan 646 Personel Untuk Pengamanan TPS Besok

KOTA JAMBI - Dari sisi pengamanan, pihak Polresta Jambi sedikitnya telah menyiapkan 646 personel yang akan diterjunkan untuk pengamanan Pilkada besok.

646 personel Polresta Jambi itu, akan diterjukan untuk mengamankan 1.334 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh Kota Jambi. Pembagiannya sendiri dari 646 personel tersebut, akan dibagi menjadi 2 personel polisi yang ditugaskan untuk mengamankan 10 TPS.

Siap Maju Di Pemilihan Ketua Umum Perbakin Jambi, Guntur: Sudah Saatnya Jambi Maju 2020-2024

JAMBI (SR28) - Nama HM Guntur Muchtar mulai mencuat, menjelang Musprov Perbakin Jambi, masa bhakti 2020-2024. Sosok yang tak asing lagi di Perbakin ini, merupakan putra daerah Jambi."Guntur kecil lahir di Jambi, pada 26 Juni 1976 silam. Sempat mengenyam pendidikan di Jambi, tepatnya di SMA Nusantara.

“Saya lahir dan besar di Jambi,”ujar nya,Saat mendeklarasikan dirinya untuk maju pada pemilihan Ketua Umum Perbakin Jambi, di hotel Kota Jambi, Minggu (18/10) sekira pukul 13.00,kemarin.

Dalam kesempatan nya, Guntur mengatakan sebagai calon Ketua Umum Perbakin Jambi, dia membawa visi melangkah bersama dan berprestasi, dan misi mengembalikan Jambi sebagai barometer olahraga menembak di Indonesia.

"Sudah waktunya (Perbakin) Jambi maju lagi,”seloroh Guntur.

"Niat untuk maju ini bukan untuk iseng atau main-main. Sebagai orang yang lahir dan besar di Jambi, dia merasa punya tanggungjawab untuk membesarkan Jambi, lewat Perbakin," paparnya.

Kehadiran Guntur pun rupanya tak sendirian. Saat ini, dari 11 klub yang ada, dia didukung tujuh klub. Antara lain, Cruiser Shooting Club, Rajawali Shooting Club, Jahti Shooting Club, Kota Sakti Shooting Club, Jaguar Shooting Club, Bina Lestari Shooting Club, dan Satria Kinayungan Shooting Club.

"Dukungan ini pun terlihat dari kehadiran para ketua dan anggota klub, pada deklarasi tersebut, "Klub-klub ini juga punya harapan besar, bahwa Guntur mampu membawa Perbakin Jambi ke arah yang lebih baik lagi," tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Perbakin membuka pendaftaran Bakal Calon Ketua Umum Perbakin Provinsi Jambi.

"Di buka dari 9 Oktober hingga 20 Oktober,” beber Saptono, Ketua Penjaringan Bakal Calon, didampingi Ketua Pelaksana Musprov, Zuwanda, Rabu (14/10).

Untuk persyaratan, mekanisme serta pengambilan formulir pendaftaran kata dia, dapat dilakukan di Sekretariat Perbakin Provinsi Jambi, Jalan Kapten Sujono Nomor 140, Kecamatan Kota Baru, pada jam kerja setiap hari.
Sebagai informasi, hak suara pada Pemilihan Ketua Umum Perbakin Provinsi Jambi masa bhakti 2020 – 2024 adalah pada klub–klub/perkumpulan menembak yang terdaftar resmi di bawah naungan Pengprov Perbakin Jambi. (Sabri)

Polresta Jambi Berhasil Tangkap Komplotan Perampokan Toko Emas

KOTA JAMBI (SR28) - Polisi akhirnya membekuk enam pelaku perampokan toko emas di Sinar Gemilang, Mayang Kota Baru, Jambi. Komplotan perampok ini terpaksa dilumpuhkan polisi karena mencoba kabur saat hendak ditangkap.

Sungai Batanghari Berstatus Waspada Banjir

JAMBI (SR28) - Terus mengalami kenaikan. Debit air sungai Batanghari kini berstatus waspada dengan ketinggian muka air sudah mencapai 12,25 meter. Hal tersebut dipicu dengan tingginya curah hujan di wilayah hulu sungai.

Langgar Protokol Kesehatan, 20 Orang Warga Langsung Kena Sanksi

JAMBI28TV - Puluhan masyarakat Kota Jambi terjaring operasi Yustisi penerapan protokol kesehatan di jalan raya. Setidaknya, ada 20 orang warga yang akhirnya digelandang untuk mendapatkan sanksi lantaran tak menggunakan masker.

Nonton berita menarik lainnya di JAMBI28.TV

Sapi Presiden Jokowi “Puang Tedong” Mengamuk, Warga Ketakutan

SULAWESI BARAT- Di Polewali Mandar, Sulawesi Barat warga kuwalahan menghentian sapi kurban milik Presiden Jokowi yang mengamuk saat hendak dipindahkan. Sapi yang diberi nama Puang Tedong ini terus menyeruduk benda disekitarnya hingga membuat warga sekitar ketakutan.

Puang Tedong yang memiliki berat 1,2 ton tersebut mendadak mengamuk saat dikeluarkan dari kandang dan ingin dipindahkan ketempat pemotongan kurban di di Pasangkayu, Sulawesi Barat, Senin (27/7/2020).

Puang Tedong seakan tidak kehabisan tenaga, selama 2 jam ia terus mengamuk dan membuat warga sekitar berhamburan lari menyelamatkan diri. Namun reaksi yang berbeda ditunjukan Rahman, si pengasuh puang tedong dari kecil. Menurut Rahman Puang Tedong hanya kaget dan tahu akan dipindahkan, Puang akan tenang dengan sendirinya.

"Puang Tedong hanya ketakutan, tak apa-apa" Ujar Rahman

Rahman yang telah mengasuh Puang lebih dari 4 tahun ini juga turut sedih karena Puang yang kini beratnya telah mencapai 89 kg harus dipotong saat Idul Adha nanti. Namun ia juga berbangga hati dan bahagia karena Presiden Jokowi memilih sapinya untuk menjadi hewan kurban.

"Saya sedih karena sapi kesayangan saya tak akan pernah lagi bertemu untuk selamanya. Tapi saya juga bangga karena jerih payah saya mebesarkannya selama empat tahun lebih bisa dilirik orang nomor satu di Indonesia ,” Ujar Rahman

Akhirnya setelah 2 jam Puang Tedong berhenti mengamuk dan diantarkan langsung oleh Rahman ke tempat pemotongan hewan.

- Advertisement -

Music

Orang Kaya Terpapar Covid-19 Tidak Ditanggung Pemerintah

KOTA JAMBI (SR28) - Lantaran kehabisan anggaran, Pemkot Jambi berencana untuk menyiapkan lokasi khusus bagi pasien Covid-19 berlabel orang tanpa gejala yang berstatus orang mampu. Dimana mereka nantinya akan diisolasi tanpa pembiayaan dari pemerintah.

Nonton berita lainnya di JAMBI28.TV

Bawaslu Terima Penetapan DPT Provinsi Jambi Dengan Beberapa Perbaikan

JAMBI (SR28) - Kendati demikian, diterimanya Daftar Pemilih Tetap tingkat provinsi Jambi ini tentunya dengan berbagai sarana perbaikan yang telah disodorkan pihak Bawaslu ke KPU.

Jenderal Muchlis Siap Pimpin Perbakin Jambi

JAMBI (SR28) - Jenderal Muchlis yang juga diketahui hobi menembak, kini mendapat dukungan dari berbagai pihak untuk meneruskan kepemimpinan Perbakin Jambi. Berbagai program sudah disiapkannnya jika ia dipercaya oleh para penembak Jambi untuk memimpin Perbakin Jambi.

Sempat Disita Thailand, Orang Utan Sumatera Akhirnya Pulang ke Jambi

JAMBI - Dua orangutan sumatera tiba di Jambi pada Jumat siang setelahs empat menajdi obyek perdagangan ilegal di luar negri.

Kedatangan 2 satwa langka tersebut disambut langsung tim dari BKSDA Jambi bekerjasama dengan mitranya yaitu Frankfurt Zoological Society dengamn tetap menjalankan protokol kesehatan.

Sport News

KPU Ingatkan Paslon Untuk Lengkapi SK Pengunduran Diri Bila Tidak Akan Dicoret

KUALA TUNGKAL (SR28) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjab Barat sebagai penyelenggara Pilkada 2020 ingatkan Pasangan Calon (Paslon) Pilkada Kabupaten Tanjab Barat untuk segra siapkan Surat keputusan (SK) pemberhentian  instansi tempat Paslon  bekerja, 5 hari sebelum penetapan calon, atau 30 hari sebelum hari H pencoblosan.

Hal itu telah tertuang dalam Peraturan KPU RI Nomor 1 tahun 2019, dimana  anggota TNI, Polri, PNS/ASN, Anggota DPRD, Kepala Desa, Perangkat Desa serta instansi pemerintah lainnya yang ikut sebagai peserta dalam pemelihan kepala Daerah (Pilkada) wajib mengundurkan diri.

Ketua KPU Khairuddin melalui Komisioner KPU Tanjab Barat Divisi Teknis Peyelenggaraan, M Taufik menjelaskan, peserta wajib menyatakan secara tertulis pengunduran diri sebagai anggota TNI, Polri, PNS/ASN, kepala desa atau perangkat desa sejak ditetapkan sebagai pasangan calon bupati dan wakil Bupati.

"Hal itu tertuang dalam aturan," ujar Taufik.

Lebih tegas Taufik mengingatkan kepada peserta Pilkada Kabupaten Tanjab Barat 2020.

"Peserta Pilkada wajib melampirkan surat pengundurkan diri dan surat keterangan tidak lagi bekerja di instansi pemerintahan dan DPRD,DPR Provinsi,dengan menyerahkan berkas pengunduran dirinya ke KPU setidaknya 5 hari sebelum penetapan calon," tegasTaufik.

Lanjut Taufik,"Jika dalam 30 Hari menjelang pencoblosan Paslon yang masih berstatus ASN ataupun Anggota Legislatif yang telah mendaftar  sebagai peserta Pilkada Tanjabbar tidak menyerahkan SK pemberhentian dari instansi terkait maka KPU dengan tegas mencoret Daftar nama yang bersangkutan dalam pendaftaran sebagi paslon pilkada 2020 mendatang dan tidak boleh diganti."Jika peserta hingga waktu yang ditetapkan tidak menyerahkan surat pengunduran diri dan bukti lainnya maka paslon tersebut akan di coret," tambah Taufik.

Untuk itu, pihaknya kembali mengingatkan kepada peserta Paslon Pilkada Kabupaten Tanjab Barat agar menyiapkan berkas yang menjadi syarat sah tahapan Pilkada secepatnya. (Sabri)

144 Pejabat Eselon Dilantik Walikota Jambi

KOTA JAMBI - Pemerintah Kota Jambi kembali merombak sejumlah pejabat Eselon, baik Eselon 2 hingga eselon 4 di lingkup Pemerintah Kota Jambi. Setidaknya, ada 144 pejabat yang dilantik untuk program penyegaran tersebut.

Bupati Tanjabbar Hadiri Paripurna Penyampaian Keuangan dan Raperda Perubahan APBD 2020

KUALA TUNGKAL (SR28) - Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan agenda Penyampaian Pemandangan Umum Anggota Dewan dengan Membawa Suara Fraksi-Fraksi DPRD terhadap Nota Keuangan dan Raperda tentang Perubahan APBD Tahun anggaran 2020 yang digelar di Ruang Rapat Paripurna, DPRD Tanjab Barat, Kamis (17/9) dihadiri langsung Bupati Dr. Ir. H. Safrial, MS ikut serta dalam paripurna Sekda H. Agus Sanusi, Asisten Setda dan Para Kepala OPD lingkup Kabupaten  Tanjab Barat.

Dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Mulyani Siregar, SH, didampingi Wakil Ketua H. Muh. Sjafril Simamora, SH tersebut semua fraksi di DPRD setuju Raperda Perubahan APBD 2020 lanjut ke tahap berikutnya. Meskipun ada beberapa fraksi yang memberikan catatan dan saran.

Fraksi PDI-P lewat juru bicara Tubagus menyampaikan menyetujui nota keuangan APBD-P 2020 untuk dilanjutkan dan dibahas ke tahap selanjutnya dengan catatan mengoptimalkan untuk kesejahtraan rakyat, seperti kesehatan, pendidikan dan infrastruktur lainnya.

Juru bicara Fraksi Golkar, Budi Azwar juga menyetujui perubahan APBD 2020 untuk dibahas lebih lanjut dengan saran skala prioritas infrastruktur di jalan desa, kelurahan dan sekolah. Optimalisasi peningkatan jalan di Seberang Kota, Poros Jalan di Kuala Betara, Jalan Senyerang ke Tebing Tinggi agar ekonomi masyarakat bisa ada peningkatan.

Fraksi PAN lewat jubir Nova Anggun Sari menyetujui nota keuangan perubahan APBD 2020 dibahas ke tahap selanjutnya. Kemudian fraksi PKB lewat M. Zaki juga menyetujui dengan beberapa catatan dan pertanyaan diantaranya: Persentase program padat karya, persentase peningkatan target jangka menengah daerah dan program yang tidak selaras dengan RPJMD. Serta kesejahteraan guru honorer Madrasah Diniyah di Tanjab Barat.

Sutejo, juru bicara fraksi Gerindra menanggapi  kondisi Covid-19 di Tanjab Barat, dan meminta kepada Bupati agar serius dalam pencegahan covid 19. Gerindra juga mengingatkan prioritas pembangunan diTanjab Barat. Kemudian fraksi Nasdem dan PPP juga menyetujui untuk dibahas ke tingkat selanjutnya.

Bupati Tanjab Barat H. Safrial usai paripurna mengatakan apa yang disampaikan Fraksi-fraksi DPRD terhadap Nota Keuangan dan Raperda tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020 Kabupaten Tanjab Barat telah dilaksanakan seperti infrastruktur, kesehatan hingga pendidikan. Bahkan untuk pendidikan banyak pelajar Tanjab Baray yang telah dikirim sekolah vokasi ke luar daerah.

"Kemudian anggaran masih fokus ke infrastruktur, kemaren yang sempat di pangkas kita tambah lagi, misalnya jembatan opritnya dipotong sekarang kita anggarkan lagi supaya bermanfaat. Kebanyakan proyek -proyek yang sudah ditenderkan kemaren tapi tidak selesai, kita selesaikan. Kalau pendidikan dan kesehatan semua ada perubahan, tapi untuk beasiswa tidak boleh dipotong, yang dipangkas itu tentunya yang tidak penting aja,Agar target RPJMD yang telah kita janjikan kepada masyarakat terlaksana," pungkas Safrial. (Sabri)

- Advertisement -

Pembangunan Jembatan APBD Provinsi di Pengabuan Diduga Minim Pengawasan

KUALA TUNGKAL (SR28) - Proyek pekerjaan pembangunan infrastruktur di bidang jembatan untuk mendukung kesejahteraan masyarakat pada tahun 2020 melalui dana APBD Provinsi Jambi Kabupaten Tanjung Jabung Barat Kecamatan Pengabuan tepatnya jembatan Parit 6 diduga minim pengawasan dan informasi.

Proyek yang bersumber dari APBD provinsi tersebut sangat dinanti-nanti oleh masyarakat di beberapa kecamatan yaitu Kecamatan Bram itam, pengabuan, senyerang, hingga menembus ke Kecamatan Tebing Tinggi. Namun dibalik Proyek besar tersebut yang nilai nya miliaran bahkan belasan miliar tersebut, pihak pelaksana tidak mencantumkan informasi nilai kontrak kerja.

Diketahui pekerjaan tersebut dibawah naungan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Pemerintah Provinsi Jambi dengan nama pekerjaan pembangunan Jembatan Parit 6 tahun 2020 dengan pelaksanaan pekerjaan PT Megasari Sejati dengan konsultan pengawas nya PT Yoga Tiga Consultant.

Saat sejumlah media di lokasi sempat menanyai pekerja yang ada di lokasi, namun tak banyak yang bisa diketahui dari para pekerja tersebut karena mereka hanya mengerjakan konstruksi bangunan.

Tampak juga di jembatan sementara yang dibangun tidak ada pekerja yang mengarahkan kendaraan kendaraan baik dari arah Teluk nilau maupun dari arah Bram itam, jadi kendaraan yang lalu-lalang para penggunanya harus ekstra hati-hati dalam bergantian menggunakan jembatan sementara tersebut.

Sementara itu Sekretaris DPD KNPI Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Lukman Nurohim berkomentar keras, dan menyayangkan ketidakterbukaan pihak kontraktor pelaksana dalam informasi nilai kontrak kerja. Karena hal tersebut perlu diperhatikan bukan pekerjaan main-main masyarakat juga sangat perlu informasi-informasi pembangunan yang ada di wilayahnya.

"Harusnya mereka buat lengkap selengkap-lengkapnya, berapa Memangnya nilai kontrak pekerjaan jembatan tersebut, jangan ditutup-tutupi, kami mempertanyakan hal tersebut. Berapa Memangnya jumlah nilai kontrak kerja dengan pekerjaan sebesar itu, harusnya mereka sangat sangat sudah profesional dengan pekerjaan sebesar itu Dinas PU Provinsi harus tegur mereka," ujarnya, Selasa (25/8).

Pihaknya juga meminta kepada Dinas PU Provinsi Jambi untuk aktif melihat proses demi proses dari pembangunan jembatan tersebut. Jangan seperti yang saat ini terjadi hal seperti ini,  karena seharusnya nya nilai kontrak kerja tidak disepelekan karena Keterbukaan Informasi Publik harus dikedepankan. (Sabri)

Polisi Grebek Pengolahan Minyak Ilegal di Bajubang, 3 Orang Pemilik Masih Buron

BATANGHARI - Tim Unit Tipidter Satuan Reskrim Polres Batanghari menggrebek 3 lokasi pengolahan minyak ilegal dalam wilayah Ness, kecamatan Bajubang, kabupaten Batanghari, Jambi. Tindakan tersebut merupakan upaya represif, namun sayang Polisi tak berhasil menemukan pemilik dan pekerja dari 3 tempat pengolahan minyak ilegal yang menjadi sasaran penindakan, lantaran para pelaku lebih dulu kabur sebelum polisi tiba di lokasi.

Wabup Amir Sakib Ikuti Apel Siaga Pencegahan dan Pengendalian Karhutla

KUALA TUNGKAL (SR28) - Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Amir Sakib ikuti apel siaga pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan Provinsi Jambi yang dilaksanakan di Lapangan Bola Distrik VII PT. Wirakarya Sakti (WKS) Tanjab Timur.

Pj. Sekda Provinsi Jambi, H. Sudirman, SH, MH selaku Pemimpin apel siaga dalam sambutannya menyampaikan bahwa memasuki musim kemarau 2020, lahan gambut  menjadi perhatian khusus kesiapsiagaan personel pengendalian kebakaran hutan dan lahan Provinsi Jambi, terutama lahan gambut yang berada di kawasan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur dan Muaro Jambi."paparnya.

Selain itu sebagai upaya dalam meningkatkan kesiapsiagaan personel pengendalian Karhutla, Pj. Sekda Provinsi Jambi juga berharap apel siaga dan kegiatan latihan bersama ini dapat meningkatkan sinergitas antara Pemerintah, TNI, POLRI serta unsur masyarakat dalam pengendalian kebakaran lahan dan hutan, khususnya di Provinsi Jambi. “Melalui Apel Siaga dan Pelatihan Bersama ini, kita tingkatkan sinergitas Pemerintah, TNI–Polri, Dunia Usaha dan Masyarakat Dalam Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Jambi," ujarnya.

Sementara itu, Wabup H. Amir Sakib juga sepakat bahwa lahan gambut yang tersebar di 3 Kabupaten lingkup Privinsi Jambi ini perlu mendapatkan perhatian lebih dalam upaya pencegahan Karhutla. Hal itu disampaikannya dalam wawancaranya usai kegiatan apel siaga. Wabup juga berharap tujuan pelaksanaan apel siaga dan pelatihan dalam meningkatkan kemampuan personel dan meningkatkan sinergitas semua elemen masyarakat dapat tercapai."Kita sudah memasuki musim kemarau 2020, berdasarkan pengalaman kita, lahan gambut ini memang perlu perhatian lebih dalam pencegahan dan penanggulangan Karhutla,"tutur nya.

Lanjut Amir Sakib, "Selain itu, kesiapsiagaan personel pengendalian kebakaran hutan dan lahan perlu ditingkatkan lagi, terutama pada musim kemarau, seperti arahan Pj Sekda Provinsi Jambi, kita agar Lebih meningkatkan upaya pencegahan sebagai antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, dan ini akan kita tindak lanjuti melalui koordinasi dengan para Camat, TNI, Polri di wilayah kita," tambahnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Pangdam II/Swj, Kapolda Jambi, Danrem 042/Gapu, Kajati Provinsi Jambi, Kepala BPBD Provinsi Jambi, Wakil Bupati Tanjab Timur, Dandim 0415/Batanghari, Dandim 0419/Tanjab, Kapolres Tanjab Barat, dan Kapolres Tanjab Timur. (Sabri)

Terima Audiensi KNPI, Bupati Tanjabbar Mengaku Bangga Bersinergi Dengan KNPI

KUALA TUNGKAL (SR28)- Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr. Ir. H. Safrial, MS terima langsung audiensi sekaligus silaturahmi pengurus DPD KNPI Tanjung Jabung Barat di Ruang Rapat Bupati, Selasa (15/09).

Dalam pertemuan yang berlangsung santai selama kurang lebih satu jam tersebut, Bupati mengungkapkan rasa senang dan bangga bisa menerima KNPI Tanjab Barat.

"Bangga bisa bersinergi dengan adek-adek KNPI. KNPI itu kumpulan pemuda intelektual yang bicara sesuai data dan fakta. Senang sekali kalau KNPI tadi menyatakan akan menjadi mitra strategis Pemerintah," ungkap Bupati.

Lebih lanjut, Bupati menyampaikan bahwa Pemerintah membutuhkan kritik dan saran yang membangun sesuai dengan data dan fakta. Menurutnya, justru berbahaya jika tidak ada kritik bagi Pemerintah. Bupati juga berharap KNPI bisa jadi backup untuk program Pemerintah yang bagus, dan juga sebaliknya, KNPI juga diharapkan mengkritik program Pemerintah yang dirasa tidak bagus.

"Saya sangat butuh kritik asal jangan fitnah, fitnah itu yang berbahaya. Kita perlu membangun Tanjab Barat lebih baik, saya sadar masih banyak kekurangan, tapi masyarakat harus realistis karna banyak juga kemajuan yang kita buat," jelas Safrial.

Ditambahkan Bupati, dengan adanya KNPI yang di dalamnya merupakan pemuda/pemudi intelektual, diharapkan bisa menjembati gap pola pikir Pemerintah dengan masyarakat.

"Pola pikir kita harus sama dan fundamental. Banyak pembangunan yang telah kita lakukan dan sekarang bisa dirasakan  bersama seperti pelabuhan roro, gardu induk, pipanisasi hingga peningkatan SDM dengan mengirim putra-putri Tanjab Barat sekolah vokasi," tutup Safrial.

Sementara ketua KNPI Tanjab Barat, Dadang Ginanjar, S.IP menyampaikan kedatangannya audiensi dengan Bupati untuk memperkenalkan pengurus baru sekaligus mengundang Bupati agar bisa hadir saat pelantikan Pengurus KNPI Tanjab Barat yang akan diadakan dalam waktu dekat. Dadang juga menyampaikan komitmennya bahwa KNPI kedepannya akan menjadi mitra stretegis Pemerintah dalam proses pembangunan.

Turut hadir dalam audiensi Asisten Pemerintahan dan Kesra Hidayat, SH, MH, dan pengurus inti KNPI Tanjab Barat mulai dari Sekretaris, Bendahara dan Wakil Ketua Bidang. (Sabri)

TV

Bupati Tanjab Barat Terima Penghargaan Dari BPS Pusat

KUALA TUNGKAL (SR28) - Kabupaten Tanjung Jabung Barat, melalui Bupati Dr. Ir. H. Safrial terima penghargaan atas partisipasi dalam sensus penduduk online dengan capaian response rate yang melebihi target dalam pelaksanaannya.

Penghargaan yang ditandatangi langsung oleh Kepala Pusat statistik Dr. Suhariyanto, ini diserahkan oleh Kepala Badan Pusat Statistik Tanjung Jabung Barat di Ruang Rapat Bupati, Rabu (19/08).

Dalam kegiatan tersebut Turut mendampingi Bupati Asisten III Jetter simamora S. IP, Kepala Bapeda Ir. Firdaus Khatab, serta pihak Badan Pusat Statistik Tajung Jabung Barat.‌‌

Kepala Badan Statistik Tanjung Jabung Barat, Wasi Riyanto, S.ST, M.E. dalam sambutannya sampaikan apresiasi atas partisipasi Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dalam mensukseskan Sensus Online di Tanjab Barat.

"Kita juga berharap dukungan dan partisipasi Pemkab Tanjab Barat dalam proses pendataan atau sensus secara manual pada September mendatang dengan melibatkan Camat, Kepala Desa, dan RT," imbuhnya.

‌‌Lanjut Wasi Riyanto,”Berkat bantuan dan partisipasi yang aktif dari Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, hasil Sensus Penduduk Online di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dapat melampaui target yang telah ditetapkan BPS Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Per 29 Mei 2020, tercatat 8.382 keluarga yang telah melakukan Sensus Penduduk Online dimana angka ini melampaui 5.000 keluarga yang menjadi target BPS Kabupaten Tanjung Jabung Barat.”tambah nya.‌‌

Namun Sensus Penduduk belum berakhir, akibat Pandemi Covid-19, Sensus Penduduk yang semula direncanakan menggunakan metode wawancara dari rumah ke rumah mengalami perubahan metode menjadi Antar-Jemput Dokumen. Masyarakat yang belum melakukan pengisian Sensus Penduduk Online akan diberikan dokumen untuk diisi.

"Oleh karena itu, BPS Kab. Tanjung Jabung Barat sekali lagi berharap dukungan dari Pemerintah Kab. Tanjung Jabung Barat untuk dapat menyukseskan SP 2020 dan menghasilkan data kependudukan yang berkualitas demi Indonesia Maju," jelas Wasi Riyanto.

Sementara itu, Bupati H. Safrial sendiri juga sampaikan apresiasinya atas kinerja dari Badan pusat Statistik Tanjab Barat atas realisasi target sensus penduduk Online yang mencapai 8.382 Kepala Keluarga dari target 5.000 Kepala keluarga.

Terkait proses Pendataan secara manual oleh BPS, Bupati mengaku sangat mendukung langkah tersebut. Bupati juga sarankan BPS dapat melibatkan peran para Camat, Kepala Desa, RT,untuk mensukseskan pendataan warga yang belum terdata di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. (Sabri)

Orang Kaya Terpapar Covid-19 Tidak Ditanggung Pemerintah

KOTA JAMBI (SR28) - Lantaran kehabisan anggaran, Pemkot Jambi berencana untuk menyiapkan lokasi khusus bagi pasien Covid-19 berlabel orang tanpa gejala yang berstatus orang mampu. Dimana mereka nantinya akan diisolasi tanpa pembiayaan dari pemerintah.

Nonton berita lainnya di JAMBI28.TV

Pemprov Jambi Terima Piagam WTP dari Kementerian Keuangan RI

JAMBI (SR28) - Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi Ir.Restuardy (Ardy) Daud,M.Sc menerima piagam WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jambi, Supendi, bertempat di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa (20/10/2020) sore.

Ada dua penghargaan yang diterima Pjs.Gubernur Jambi, yakni penghargaan WTP atas laporan keuangan Pemerintah Provinsi Jambi tahun 2019 dan penghargaan WTP 5 (lima) tahun berturut-turut, tahun 2015 – 2019.

Penghargaan tersebut telah diumumkan dalam Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2020, yang dilaksanakan secara virtual oleh Kementerian Keuangan RI pada Selasa (22/9/2020).

Dalam Rakernas tersebut dilaksanakan pemberian penghargaan kepada entitas pelaporan peraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian 10 kali berturut-turut atas pelaporan keuangan tahun 2010 – 2019, peraih opini WTP 5 kali berturut-turut atas pelaporan keuangan tahun 2015 – 2019, dan peraih opini WTP tahun 2019. Provinsi Jambi menerima penghargaan peraih opini WTP 5 (lima) kali berturut-turut atas pelaporan keuangan tahun 2015 – 2019.

Penghargaan Opini WTP 5 kali berturut-turut yang baru diterima dari Menteri Keuangan itu atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) tahun 2015 - 2019, namun kalau secara keseluruhan, Pemerintah Provinsi Jambi telah 8 (delapan kali) menerima Opini WTP, dan itu berturut-turut. Opini WTP ke-8 kalinya diterima oleh Pemprov Jambi pada 30 Juni 2020.

Dibobol Maling Dini Hari, Mini Market Merugi HIngga Rp84 Juta

KOTA JAMBI (SR28) - Salah satu gerai mini market Alfamart yang berada di lorong patimura kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi berhasil disatroni maling. Setidaknya mini market tersebut harus menelan kerugian hingga Rp84 Juta.

Dibobol Maling Dini Hari, Mini Market Merugi HIngga Rp84 Juta

Dibobol Maling Dini Hari, Mini Market Merugi HIngga Rp84 Juta

Posted by JAMBI28 TV on Wednesday, September 16, 2020
Sebuah mini market dibobol maling, kerugian Rp84 Juta