Kamis, Januari 28, 2021

Gunung Merapi Kembali Erupsi, Keluarkan Awan Panas Guguran

YOGYAKARTA (SR28) - Gunung Merapi kembali erupsi pada 27 Januari 2021 siang. Jarak luncur awan panas mencapai 3 kilometer. Saat ini, Merapi di...

Jambi Kembali Terima 17.240 Dosis Vaksin Covid-19

JAMBI (SR28) - Berdasarkan rencana pemerintah Jambi, jumlah vaksin Covid-19 itu akan mulai di distribusikan ke 9 kabupaten kota lainnya yang belum...

Belum Ada Laporan Bencana, Status Provinsi Jambi Masih Kesiapsiagaan

JAMBI (SR28) - Berdasarkan pemantauan BPBD Provinsi Jambi, ketinggian muka air sungai Batanghari disejumlah daerah masih berada pada kisaran 12 hingga 13...

Sudah Ada 430 Pasien Covid-19 Tanpa Gejala Yang Dirawat Di Rumah isolasi Milik Pemprov Jambi

JAMBI (SR28) - Sejauh ini sedikitnya sudah ada 430 pasien yang dirawat di 2 rumah isolasi milik pemerintah provinsi Jambi itu sejak...

Technology

Brakkk! Bus VS Truk Tangki Adu Kambing di Jalan Lintas Timur Jambi-Riau

KUALA TUNGKAL (SR28) - Kecelakaan lalulintas kembali terjadi di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, tepatnya dijalan lintas timur, Jambi-Riau tepatnya di Km 82 Merlung, Jum’at (25/9/20) kemarin. Kecelakaan terjadi antara Bus PT Kita Bersama tujuan Medan dengan Truk Tangki tujuan Jambi.

Akibat kejadian tersebut, 2 orang mengalami luka berat, sementara 6 lainnya luka ringan. Sedangkan bus beradu muka dengan truk tangki hingga kondisinya sama-sama rusak parah dan terpental melintang di tepi jalan.

Kapolres Tanjabbar AKBP Guntur Saputro melalui kasat Lantas IPTU Eko Sutoyo, SH membenarkan peristiwa itu.

"Kecelakaan antara bus Kita Bersama dengan Truck Tangki kejadian ini sekitar pukul 15.30 WIB di KM 82,” ujar Kasat saat dikonfirmasi via telpon.

Eko menyebutkan bahwa kronologi kejadian bus Kita Bersama tujuan Medan dari arah berlawanan. Saat kejadian kondisi jalan usai hujan sehingga kondisi jalan licin. Selain itu, kondisi jalan yang menanjak dan menikung juga menjadi salah satu faktor diduga terjadinya kecelakaan itu.

"Kondisi jalan agak licin dan menikung, dengan kondisi tak terkendali maka tabrakan pun tak terhindarkan lagi,” ujar Eko.

Akibat kecelakaan tersebut didapati korban 8 orang, 2 orang mengalami luka berat, 6 luka ringan. Korban telah dibawa ke tempat medis disekitar lokasi dengan menggunakan mobil ambulan. (Sabri)

- Advertisement -

Sekolah Tatap Muka Diizinkan Mulai Januari 2021, Sekolah Diminta Persiapkan Diri

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengizinkan kepala derah dan kantor wilayah Kementerian Agama untuk menentukan sendiri pembelajaran tatap muka di wilayahnya.

Kebijakan tersebut mulai berlaku pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 atau mulai Januari 2021. Maka dari itu, ia meminta sekolah-sekolah mempersiapkan hal itu dengan baik.

Breaking News! SDN 175 Kota Jambi Terbakar, Puluhan Guru dan Warga Teriak Histeris

KOTA JAMBI (SR28)- Jumat pagi (18/12/2020) sekira pukul 10.30 WIB  kebakaran hebat terjadi di Jalan Raja Yamin, RT 01, Lorong Bungo Tanjung, Kelurahan Telanai Pura Kota Jambi.  Sijago merah yang seketika membesar itu membuat para guru dan warga panik dan berteriak histeris. Kejadian tersebut terjadi tepat di gedung kelas SDN 175 Kota Jambi. Dengan posisi gedung sekolah yang berdampingan dengan rumah warga, sijago merah pun dengan cepat nyaris menyambar rumah-rumah warga yang ada disekitarnya.

Informasi yang berhasil dihimpun, kebakaran tersebut diduga  karena ada aktivitas pembakaran sampah dan api membesar seketika hingga tidak terkendali.

"karena ada bakar sampah disitu" ungkap salah satu warga yang berada disekitar lokasi kebakaran.

Sementara informasi lain menyebut jika kebakaran berkemungkinan disebabkan karena arus pendek listrik.

Hingga saat ini penyebab kebakaran tengah dikaji oleh Polsek Telanai Pura yang juga telah turun ke lokasi.

Kebakaran tersebut dalam waktu singkat telah berhasil diselesaikan oleh 6 unit mobil pemadam kebakaran yang segera datang ke lokasi.

Pantauan tim dilapangan juga tampak hadir Ketua Komisi 4 DPRD Kota Jambi, Jasrul S.Ag. Dia juga turut meninjau langsung dilokasi kekabaran yang melalap habis 9 ruang yang terdiri dari ruang kelas, TU dan ruang guru.

"Semua habis, tidak ada lagi yang bisa dipakai" ungkap Jasrul.

Musim Hujan Datang, Masyarakat Diminta Waspada Angin Kencang

JAMBI (SR28) - Berdasarkan predisksi Badan meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sultan Thaha Jambi, pada minggu ke 3 bulan September 2020 seluruh wilayah di Provinsi Jambi sudah memasuki musim penghujan dan puncaknya akan terjadi pada bulan November 2020.

Memasuki musim hujan, waspadai angin kencang

Gawat! Ruang Isolasi di Jambi Penuh Akibat Lonjakan Pasien Covid-19 Terus Bertambah

JAMBI (SR28) - Akibat kasus baru pasein terkonfirmasi positif Covid-19. Ruang isolasi yang sudah disiapkan kini tak lagi mampu menampung pasien. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Jambi kini tengah mneyiapkan beberapa gedun alternatif.

Nonton berita menarik lainnya di JAMBI28 TV

Latest News

Pemkab Luruskan Soal Zona Merah COVID-19 Di Tanjabbar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui Juru Bicara Satgas COVID-19 bantah jika Tanjab Barat saat ini masuk ke...

TEGA! Bapak Ini Disiram Saat Sedang Tertidur Pulas

Seorang Pria renta disiram orang tak dikenal saat tengah tertidur pulas. Tak diketahui apa maksud dari seseorang yang mneyiram tersebut.

UNIK! Band Ini Gelar Konser Di Dalam Balon, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Sebuah grup band asal Amerika Serikat yakni The Flaming Lips Band menggelar sebuah konser di dalam balon. Uniknya mereka tetap mematuhi protokol...

Belasan Rumah Terbakar Di Palembang, Pengakuan Tersangka Bikin Geram

PALEMBANG (SR28) - Tangis histeris mewarnai proses pemadam kebakaran yang terjadi di pemukiman padat penduduk di Jalan KH Ahmad Dahlan Palembang, Senin...

Misteri Kematian Rapper K-Pop Iron, Diduga Tewas Dibunuh?

KOREA SELATAN (SR28) - Polisi sebelumnya sempat menyatakan bahwa mereka belum menemukan kecurigaan atau bukti adanya kemungkinan pembunuhan. Karena...

Music

Tenaga Kesehatan di Rumah Isolasi Covid-19 Provinsi Jambi Terima Insentif Rp5 Juta Perbulan

Berdasarkan penjelasan pihak Dinas kesehatan Provinsi Jambi, seluruh tenaga kesehatan kontrak yanng ditugaskan di 2 rumah isolasi...

Masyarakat Jambi Diminta Tak Panik Atas Peningkatan Kasus Covid-19

JAMBI (SR28) - Masyarakat Jambi diminta untuk tidak panik atau malah takut akan kondisi peningkatan kasus baru pasien Covid-19 yang masih terus terjadi di setiap harinya. Selain diminta untuk tidak panik. Masyarakat juga selalu dihimbau untuk menerpakan protokol kesehatan 3 M Covid-19.

Bupati Tanjabbar Safrial Buka Pelatihan Dasar CPNS Secara Virtual

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial MS secara virtual buka kegiatan pelatihan dasar (latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan II dan III dengan pola pembelajaran jarak jauh (Distance Learning) Kabupaten Tanjung Jabung Barat 2020, Senin (05/10).

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Bupati, juga turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Asisten Administrasi Umum, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jambi, serta Kepala BKPSDM Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Dalam laporkan Kepala BKPSDM Tanjab Barat, H. R. Gatot suwarso, SH. MM pelatihan dasar CPNS Golongan III dan II ini diikuti 145 orang, dengan rincian peserta golongan II sebanyak 26 orang, dan golongan III berjumlah 119 orang.

"Tujuan penyelenggaraan pelatihan dasar cpns golongan II dan III ini adalah untuk membentuk karakter dan kompetensi pns yang memiliki pengetahuan dan wawasan sebagai pelayanan masyarakat yang baik dan profesional," ujar Gatot Suwarso.

Ditambahkan Gatot Suwarso, kurikulum materi pelajaran yang akan disampaikan kepada peserta telah di sesuaikan dengan kurikulum yang dikeluarkan oleh lembaga administrasi negara, dengan 511 jam pelatihan yang dialokasikan untuk pembelajaran klasikal online sebanyak 117 jam pelatihan.

"Pembelajaran non klasikal sebanyak 320 jam pelatihan dan pembimbingan dan aktualisasi sebanyak 14 jam pelatihan," paparnya.

Sementara itu, Bupati Tanjung Jabung Barat dalam sambutannya menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan pelatihan dasar CPNS ini telah di atur dalam peraturan kepala kembang administrasi negara republik indonesia nomor 12 tahun 2018 tentang pelatihan dasar calon pegawai negeri sipil, yang mana pelatihan dasar calon pegawai negeri sipil adalah syarat untuk pengangkatan dati CPNS ke PNS.

"Pelatihan dasar cpns ini sebagai salah satu jenis pelatihan yang strategis pasca undang-undang ASN dalam rangka pembentukan karakter pns dengan menggunakan perspektif whole of government atau one government yang didasari nilai-nilai dasar pns berdasarkan kedudukan dan peran pns dalam NKRI ada setiap pelaksanaan tugas jabatannya sebagai pelayan masyarakat," tambah Safrial.

Bupati juga sampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada kepala BPSDM provinsi jambi beserta jajarannya yang telah bermitra dengan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dalam penyelenggaraan pelatihan dasar cpns ini.

Mengakhiri sambutannya, Bupati berharap agar peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik. Menurutnya, keikutsertaan peserta dalam setiap materi dan kegiatan akan dijadikan sebagai penilaian baik bagi panitia ataupun widyaiswara.

"Pelatihan ini hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk memperoleh bekal sebanyak-banyaknya, menjadi aparat yang profesional dan berdedikasi, serta membentengi diri dengan kekuatan mental yang tangguh sebagai aparat yang siap mewujudkan pemerintahan yang baik dan dipercaya oleh masyarakat," ujar bupati.

"Saya berharap panitia dapat melihat dan mengamati juga peserta yang proaktif dan mempunyai kesungguhan untuk memahami setiap sesi pembelajaran sebagai penambahan nilai dalam evaluasi penilaian peserta," pungkasnya. (Sabri)

Bupati Turun Ke Pasar Sosialisasi New Normal

MERANGIN - Pemerintah Kabupaten Merangin mengajak masyarakat di Bumi Tali Undang Tambang Teliti  untuk melakukan aktivitas sebagaimana biasanya dengan tetap mematuhui protokol kesehatan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Merangin Dr. H. Al Haris, S Sos, MH saat mensosialisasikan new normal di pusat perbelanjaan dan pertokoan di Pasar Baru dan Pasar Bawah Bangko dengan menggunakan pengeras suara milik Polres Merangin. Diatas mobil tersebut Bupati Merangin juga didampingi Kapolres Merangin dan Dandim 0420/Sarko dan diikuti rombongan mobil pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Merangin.

‘’Kita mulai hari ini mulai melaksanakan aktivitas sebagai mana biasanya, dengan catatan tetap mematuhi protokol kesehatan, baik di pusat perbelanjaan, tempat ibadah dan aktivitas lainnya,’’ kata Bupati Merangin saat mensosialisasikan new normal, Rabu, 3 Juni 2020.

Dijelaskan orang nomor satu di jajaran Pemerintah Kabupaten Merangin itu, warga merangin tetap menggunakan masker, cuci tangan saat masuk ke kantor, ke pusat perbelanjaan, ke rumah ibadah dan juga tetap menjaga jarak atau tidak melakukan kerumuman massa.

Silahkan buka rumah ibadah, tapi di halaman disiapkan cuci tangan dengan air mengalir dan pakai sabun. begitu juga di pertokoan, orang yang berbelanja dalam kondisi bersih dan bapak ibuk bersih, tapi yang beli tentu tentu bersih. ‘’Bapak ibuk kita mulai new normal, inilah cara baru kita berakktivitas seperti biasa dalam pendemi corona,virus corona tidak bias di lihat,  tidak bisa di raba, tapi dia ada, ikuti aturan yang telah ditetapkan pemerintah,’’ harap Bupati Merangin.

Tembakan Gas Air Mata Polisi ke Permukiman Membuat Warga Marah Besar

JAMBI (SR28) - Polisi menembakkan gas air mata untuk memukul mundur demonstran dari Gedung DPRD Jambi ke Jalan RE Martadinata. Roslina warga jalan RE Martadinata, Kota Jambi, marah pada polisi karena gas air mata masuk ke pemukiman saat demonstrasi penolakan Omnibus Law UU Cipta Kerja rusuh.

Culture

- Advertisement -

Berubah Nomenklatur, Sejumlah Kepala OPD Pemprov Jambi Diganti

https://www.youtube.com/watch?v=TVLKBU-ECyI&feature=emb_title

Bupati Merangin: Narkoba Musuh Utama Kita

MERANGIN - Semua pihak tidak boleh lengah dengan Narkoba, karena Narkoba adalah musuh utama kita saat ini. Bahaya Narkoba lebih dari Corona dan pintu masuk Narkoba ini melibatkan banyak orang.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Merangin H Al Haris ketika membuka acara Sosialisasi Instruksi Presiden nomor 2 tahun 2020, tentang Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), Rabu (24/6).

Pada acara di Ruang Pola Kantor Bupati yang dihadiri Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jambi Brigjen Pol Dwi Irianto itu, H Al Haris menegaskan Pemkab Merangin  sangat konsisten dalam penanganan Narkoba sedini mungkin.

Narkoba terang bupati, setiap saat dan setiap waktu ada di dekat kita. Terlebih letak geografis Kabupaten Merangin bersis berada di perlintasan jalan Lintas Sumatera, sehingga sangat memungkinkan menjadi pintu masuknya Narkoba.


‘’Saya sudah lama secara resmi meminta BNN, agar di Kabupaten Merangin dibentuk lembaga BNN Kabupaten.  Kami sudah menyiapkan gedung untuk Kantor BNN Kabupaten, tetapi sampai hari ini lembaga ini belum juga terbentuk,’’jelas Bupati.

Hari ini Rabu (24/6), bupati secara resmi kembali minta Kepala BNN Provinsi Jambi untuk secepatnya membentuk BNN Kabupaten Merangin, sehingga Pemkab Merangin dan pihak penegak hukum bisa lebih fokus memerangi Narkoba.
Selain itu harap bupati, dengan adanya BNN Kabupaten Merangin, angka pemakai dan pengedar Narkoba bisa lebih ditekan dengan cepat, sehingga kedepannya Kabupaten Merangin akan bersih dari Narkoba.

Bupati Merangin: Narkoba Musuh Utama Kita

MERNAGIN - Semua pihak tidak boleh lengah dengan Narkoba, karena Narkoba adalah musuh utama kita saat ini. Bahaya Narkoba lebih dari Corona dan pintu masuk Narkoba ini melibatkan banyak orang.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Merangin H Al Haris ketika membuka acara Sosialisasi Instruksi Presiden nomor 2 tahun 2020, tentang Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), Rabu (24/6).

Pada acara di Ruang Pola Kantor Bupati yang dihadiri Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jambi Brigjen Pol Dwi Irianto itu, H Al Haris menegaskan Pemkab Merangin sangat konsisten dalam penanganan Narkoba sedini mungkin.

Narkoba terang bupati, setiap saat dan setiap waktu ada di dekat kita. Terlebih letak geografis Kabupaten Merangin bersis berada di perlintasan jalan Lintas Sumatera, sehingga sangat memungkinkan menjadi pintu masuknya Narkoba.

‘’Saya sudah lama secara resmi meminta BNN, agar di Kabupaten Merangin dibentuk lembaga BNN Kabupaten. Kami sudah menyiapkan gedung untuk Kantor BNN Kabupaten, tetapi sampai hari ini lembaga ini belum juga terbentuk,’’jelas Bupati.

Hari ini Rabu (24/6), bupati secara resmi kembali minta Kepala BNN Provinsi Jambi untuk secepatnya membentuk BNN Kabupaten Merangin, sehingga Pemkab Merangin dan pihak penegak hukum bisa lebih fokus memerangi Narkoba.

Selain itu harap bupati, dengan adanya BNN Kabupaten Merangin, angka pemakai dan pengedar Narkoba bisa lebih ditekan dengan cepat, sehingga kedepannya Kabupaten Merangin akan bersih dari Narkoba.

Sementara itu Brigjen Pol Dwi Irianto mengatakan, ancaman Narkoba sekarang ini sudah sangat memprihatinkan untuk seluruh Indonesia. Dimana letak georafis Indonesia sangat mendukung untuk penyeludupan Narkoba dan kurang sarana prasarana.

Indonesia jelas Brigjen Pol Dwi Irianto, termasuk negara di Asia Tenggara terbesar sebagai penggunaan Narkotika. Pemberantasan Narkoba bukan hanya dilakukan pihak terkait saja, tetapi menjadi tugas semua lapisan masyarakat.

‘’Kami tidak akan bosan-bosannya melakukan penindakan penyeludupan dan pemakai Narkotika. Kami akan terus melakukan pencegahan. Saya minta seluruh elemen masyarakat ikut berpartisipasi dalam pencegahan Narkoba,’’ujar Brigjen Pol Dwi Irianto,

Kepala BNN Provinsi Jambi itu, mengajak seluruh masyarakat dari tingkatan keluarga, dimana orang tua harus aktif membimbing anak-anaknya agar tidak terjerumus ke bahaya pengaruh Narkoba.

Diakui Brigjen Pol Dwi Irianto, banyak peredaran Narkoba di wilayah Jambi, terutama wilayah pertambangan dan perkebunan serta daerah perekonomian yang peredaran Narkobanya meningkat dan ini menjadi tugas bersama.

‘’Pada 2045 nanti, kita akan memasuki modus demografi, untuk itu pencegahan dan memutus matarantai peredaran Narkoba harus cepat dilakukan, agar anak-anak kita tidak terjerumus kedalam pengaruh bahaya Narkoba,’’tegas Brigjen Pol Dwi Irianto.

- Advertisement -

Must Read

Jambi Masih Butuh Hujan Buatan Guna Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan

KOTA JAMBI (SR28) - Ditengah puncak musim kemarau pada pertengahan Agustus ini, BMKG Jambi menilai Satgas Karhutla Jambi perlu melakukan TMC Hujan Buatan guna mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Provnsi Jambi.

Sumber: JAMBI28 TV

Proyek Jembatan Parit Yusuf Tuai Kritikan, Hingga Kini Didapati Pengerasan Jalan

KUALA TUNGKAL (SR28) – Peningkatan Jembatan Parit Yusuf Desa Harapan Jaya, Kecamatan Seberang Kota, Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan Dana Anggaran Tahun...

Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Ajukan Pembelian 15 Ribu Unit Alat Rapid Test

JAMBI (SR28) - Guna mnegoptimalkan penanganan Covid-19 di Jambi. Dinas Kesehatan Provinsi Jambi kembali mnegajukan 15 ribu unit alat Rapid Test. Hal tersebut dilakukan pada pengajuan ke empat penggunaan anggran refocusing.

Dinkes ajukan pembeloan 15 ribu rapid test

Gubernur Jambi Semakin Aktif Olahraga Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan

JAMBI (SR28) - Mengisi kegiatan pagi diwaktu luang dengan berolahraga semakin giat dilakukan terutama ditengah Pandemi Covid-19 guna penguatan imun tubuh olahraga semakin aktif dicontohkan sosok Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, mengikuti dan memulai acara Gowes Santuy Harhubnas 2020 dengan tema Wujudkan Asa Majukan Indonesia di Terminal Lama Bandara Sultan Thaha Syaifuddin, Sabtu (12/9/20) pagi.

Acara yang diselenggarakan pihak terkait perhubungan juga menyediakan begitu banyak hadiah bagi para pencinta olahraga sepeda dari berbagai kalangan termasuk para pejabat Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Jambi.

Disaat akhir acara Pj.Sekda H.Sudirman menyampaikan ucapan selamat Hari Perhubungan Nasional Tahun 2020 termasuk kepada seluruh peserta Gowes Santuy,"Mudah-mudahan kegiatan ini menjadikan diri kita semakin sehat karena kita pahami betul Pandemi Covid-19 ini kepatuhan kita pada protokol kesehatan menggunakan masker, jaga jarak, cuci tangan," ungkap Pj.Sekda.

Pemerintah Provinsi Jambi begitu kuat menggalakkan olahraga guna mengajak masyarakat semakin antusias pada kegiatan positif menyehatkan badan serta perekonomian khususnya olahraga sepeda dapat membantu menggerakkan bidang bengkel sepeda, pihak penjual sepeda hingga badan sehat ekonomi kuat,"Kita juga perlu untuk berolahraga karena olahraga mengkondisikan badan menjadi sehat, memberikan kekuatan, ketangguhan dalam menghadapi atau menangkal Covid-19," jelas Pj.Sekda.

Pj.Sekda menyampaikan atas nama Pemerintah Provinsi Jambi pada rangkaian kegiatan Hari Perhubungan Nasional 2020 diharapkan insan-insan perhubungan menjadi contoh yang baik dalam rangka mematuhi protokol kesehatan,"Semoga apa yang kita lakukan pada hari ini memberi manfaat bagi kita semua dan tadi pagi Gubernur sempat hadir dalam rangka Gowes Santuy namun karena ada agenda lain tidak bisa menghadiri sampai selesai," kata Pj.Sekda. (Post Amirzan, Raihan,Foto Adi Putra Merangin

DPRD Tebo dan Bupati Ikuti Upacara Kenegaraan Secara Virtual

TEBO (SR28)- Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Tebo bersama Bupati dan Wakil Bupati mengikuti Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tebo dalam rangka mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI secara virtual. Kegiatan setahun seklai tersebut digelar di Aula Rapat DPRD pada hari  Jum'at (14/08/2020).

Rapat tersebut langsung dipimpin oleh Ketua DPRD Tebo, Mazlan dan Wakilnya Aivandri serta diikuti anggota DPRD Kabupaten Tebo lainnya.

Dalam sambutannya pada sidang tersebut, Mazlan mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menjadikan HUT RI Ke-75 ini sebagai momentum instrospeksi diri dan mengisi kemerdekaan dengan hal yang positif.

"Pada peringatan HUT RI Ke-75 ini baiknya kita jadikan momentum untuk memperbaiki diri dan bersyukur karena kita bisa menikmati kemerdekaan. Rasa syukur tersebut diwujudkan dengan memberikan kontribusi nyata untuk perbaikan ditengah masyarakat." ujarnya.

Sementara itu Presiden RI Joko Widodo pada Pidato Kenegaraan mengatakan meskipun peringatan pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya dikarenakan pandemi Covid-19, namun semangat untuk mengisi kemerdekaan harus semakin baik.

"Mari kita jadikan momentum musibah pandemi sebagai kebangkitan baru untuk melakukan lompatan besar di berbagai aspek. Inilah saatnya kita membenahi diri secara fundamental, melakukan transformasi besar." ajaknya.

Kemudian Presiden Jokowi juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjadikan krisis yang disebabkan pandemi ini dijadikan pembelajaran. Dia mengibaratkan kondisi saat ini seperti sebuah komputer dimana ketika ada kendala akan memiliki kesempatan menyetting ulang semua sistemnya.

"Jangan sia siakan pelajaran yang diberikan oleh krisis. Jangan biarkan krisis membuahkan kemunduran. Justru momentum Krisi ini harus kita bajak untuk melakukan lompatan kemajuan." tegasnya.

Rapat Paripurna turut diikuti oleh Sekretaris Daerah, Drs. Teguh Arhadi, MM, Unsur Forkopimda, Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati, dan Kepala OPD dan Bagian Lingkup Pemkab Tebo

Jurnalis Muhammad Sidik

Bupati Sukandar Sampaikan Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2019

TEBO (SR28)- Bupati Tebo, Dr. H. Sukandar, S. Kom., M. Si., menyampaikan Nota Pengantar Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Tebo Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019 di Gedung DPRD Kabupaten Tebo, Senin (20/07/2020).

Pada sampaiannya, Bupati Sukandar memaparkan garis besar laporan keuangan Tahun 2019 berbasis Akuntansi Akrual yang terdiri dari anggaran pendapatan dan belanja daerah.Pelaksanaan APBD Tahun 2019 dapat tercermin dari hasil pemeriksaan BPK atas Laporan Keuangan Kabupaten Tebo. Adapun opini yang diberikan adalah Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).Opini WTP tersebut merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan untuk pengelolaan keuangan pemerintah daerah dan Pemkab Tebo telah meraihnya sebanyak lima kali berturut-turut.

Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik yang sejalan dengan amanah Permendagri Nomor 13 Tahun 2006. Nota pengantar Ranperda tersebut akan ditindaklanjuti oleh DPRD Kabupaten Tebo yang nanti akan disampaikan pada Rapat Paripurna penyampaian akhir Fraksi Fraksi yang ada di DPRD.

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Mazlan, S. Kom., dan Wakilnya Aivandri, AB serta diikuti Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Drs. Teguh Arhadi, MM., Staf Ahli Bupati dan Asisten Sekda, Instansi Vertikal, Kepala OPD dan Pimpinan BUMN/ BUMD.

Dilansir dari Humas Pemkab Tebo

Jurnalis Rd.Ari

Lifestyle Magazine

Ribuan Buruh di Jambi Turun ke Jalan Menolak UU Cipta Kerja

JAMBI (SR28) - Ribuan buruh di Jambi turun ke jalan melaksanakan unjuk rasa menolak undang-undang Omnibus Law Cipta Kerja. Senin (12/10) mulai Pukul 10.30 Wib. Meski sempat diguyur hujan para buruh tetap semangat menyuarakan aspirasi mereka.

Wabup Amin Sakib Hadiri Peringatan Hari Bhayangkara ke 74 Polres Tanjab Barat

KUALA TUNGKAL (SR28) - Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Amir Sakib hadiri peringatan hari Bhayangkara ke 74 yang diselenggarakan melalui video virtual serentak se- indonesia bertempat di ruang aula Rekonfu Polres Tanjab Barat, Rabu (1/7/20).

Peringatan hari Bhayangkara ke 74 yang dipimpin langsung oleh Polres Tanjab Barat Guntur Saputro ini, turut dihadiri oleh Ketua DPRD, Kejari, Kepala Pengadilan Agama, Kasdim, FKUB, MUI Tanjab barat, dan  undangan lainnya."Peringatan Hari Bhayangkara ke 74  kali ini mengangkat tema," Kamtibmas kondusif masyarakat semakin produktif.

Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara, dalam amanatnya meminta Polri terus melakukan langkah persuasif tetapi tegas dalam penegakan hukum, khususnya yang terkait penanganan pandemi Covid-19.

"Lakukan dengan persuasif dan humanis tapi tetap waspada, cepat tanggap dan tegas dalam setiap penindakan pelanggaran hukum," kata Jokowi

Selain itu, Jokowi juga minta Polri perkuat sinergitas dengan TNI, Pemerintah dan Masyarakat, serta terus melakukan pelayanan kepada masyarakat secara modern dan humanis.

Ditemui usai kegiatan, Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Amir Sakib sampaikan ucapan selamat Dirgahayu Bhayangkara ke 74."Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat, saya mengucapkan selamat hari Bhayangkara,semoga polri semakin jaya kedepan, tetap mengabdi, menjaga keamanan, ketertiban ditengah - tengah masyarakat yang kita cintai," ujar Wabup.

Upacara HUT Bhayangkara ke 74 dilanjutkan dengan pemusnahan barang bukti Narkotika jenis shabu seberat 462, 93 gram bruto oleh Polres Tanjab Barat, peninjauan tempat pembibitan ikan lele, nila, dan Pemotongan Tumpeng oleh Kapolres Tanjab Barat. (Sabri)

Pelajar Lakukan Aborsi, Janin Dikubur Didepan Ruko

JAMBI - Pasangan kekasih yang satu diantaranya masih pelajar SMA membuang janin hasil hubungan gelap mereka. Janin itu ditemukan terkubur di depan sebuah ruko di kawasan kasang, kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi dan sudah terkubur selama dua hari dengan kedalaman sekitar 40 Cm.

Sumber: JAMBI28 TV

Debit Air Sungai Batanghari Mulai Surut

KOTA JAMBI - Ketinggian muka air sungai Batanghari yang terpantau di Pos Duga Air Otomatis Tanggo Rajo Kota Jambi itu kini perlahan mulai mengalami penyusutan yang signifikan.

Berdasarkan laporan petugas pantau pos Duga Air Tanggo Rajo, ketinggian muka air sungai Batanghari sudah surut hingga mencapai ketinggian 10,75 meter dari permukaan dasar sungai.

Bahkan, dalam seharinya, debit air sungai terpanjang di pulau Sumatra ini mengalami penyusutan mulai dari 20 sampai dengan 5o centi meter perharinya.

Dua Paslon Gubernur Jambi Saling Klaim Kemenangan

JAMBI - Paslon Gubenrur Jambi Nomor Urut 1 Cek Endra - Ratu dan Palson Nomor urut 3 Haris-Sani saling klaim kemenangan. Namun klaim kemenangan tersebut berdasarkan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survey.

Video News

- Advertisement -

Status Siaga Karhutla Tetap Diperpanjang, Masih Ada Potensi Titik Panas

JAMBI - Perpanjangan masa status siaga Karhutla di Provinsi Jambi untuk yang ketiga kalinya itu, dilakukan mengingat masih banyaknya potensi titik panas ataupun hotspot yang bisa saja klimatologi dan geofisika Sultan Thaha Jambi. Khususnya,  yang bisa terjadi di kawasan gambut yang tersebar di beberapa wilayah di provinsi Jambi.

Yuk Intip, Ini Daftar Kekayaan 5 calon Kapolri

JAKARTA (SR28)- Perrgantian Kapolri direncanakan akan rampung pada akhir Januari 2021 ini. Sederet nama pun mulai muncul ke publik, mulai dari petinggi...

Gelar Hiburan Malam Tanpa Izin, Tim Satgas Tegur Keras Hotel ODua Weston Jambi

KOTA JAMBI - Menggelar acara hiburan malam namun tak miliki izin relaksasi dunia usaha, hotel ODua Weston Jambi diberi teguran keras tim koordinator relaksasi Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jambi.

Sumber: JAMBI28 TV

Maling iPhone 7, Buruh Harian di Jambi Ditangkap Polisi

KOTA JAMBI - Seorang buruh harian di Jambi ditangkap Reskrim Polsek Jambi Timur, lantaran nekat mencuri sebuah Iphone 7 milik tetangganya sendiri. Aksi tak terpuji tersebut dilakukan pelaku pada pertengahan bulan Juni lalu, saat korban tengah menjalankan sholat subuh di rumahnya.

Sumber: JAMBI28 TV

Proyek Jaringan Listrik Seberang Kota Asal Jadi, Belum Dialiri Tegangan Sudah Ambruk

KUALA TUNGKAL (SR28) - Proyek pembangunan jaringan listrik di Kecamatan Seberang Kota (Seko), Kabupaten Tanjab Barat yang bersumberkan dari Dana APBN Pusat dikerjakan asal jadi, Pasalnya belum selesai masa perawatan beberapa tiang listrik sudah tumbang, salah satunya diparit Jawa, Kelurahan Tungkal V, Kecamatan Sebarang Kota.

Salah seorang warga Zaman mengatakan tumbang nya tiang listrik tersebut sudah dilaporkan kepada pekerja namun belum juga diperbaiki.

"Sudah dilaporkan, namun sayangnya sudah hampir dua minggu ini tidak dipebaiki dan dibiarkan begitu saja,” ujarnya kepada SR28, Selasa (4/8/2020).

Menurutnya, tiang listrik tumbang dikarenakan pondasi yang tidak kokoh. "Karena  belum dicor sudah dibentang kabel Jaringan Tegangan Menengah (JTM) yang bebannya cukup berat,  tumbangnya tiang itu kita menilai kontraktor yang mengerjakan jaringan ini tidak profesional dan memang asal jadi saja,untung saja JTM itu belum ada sentruman kalau sudah dialiri listrik tentu akan ada korban ketika melintas di tiang ambruk itu,” papar Zaman.

Mengetahui hal tersebut Aktivis Tanjab Barat Anand Viqriza,SH.MH,juga angkat bicara. Dirinya menilai rekanan yang mengerjakan jaringan listrik dikawasan Seberang Kota itu hanaya ingin mencari keuntungan yang cukup besar

"Lihat saja buktinya jaringan itu baru selesai sudah ada yang ambruk ,dan ini sangat kita sayang kan,dan ini sangat menghawatirkan ,karna baru seumur jagung jaringan itu ambruk, untuk itu dinas istansi terkait kembali mengecek pekerjaan tersebut apakah sudah sesuai yang direncanakan,karna kalau seperti yang kita liat pembangunan jaringan itu memang benar-benar asal jadi," pungaksnya. (Sabri)

Sekda Sudirman Berangkatkan 270 Peserta Magang

JAMBI (SR28)- Penjabat Sekretaris Daerah (Pj.Sekda) Provinsi Jambi H.Sudirman,SH,MH  melepas 270 orang peserta pemagangangan dalam negeri ke perusahaan  di Provinsi Jambi tahun 2020, Senin (10/8/2020), bertempat di Hotel O2 Weston, Kota Jambi. Sudirman mengemukakan, upaya ini merupakan langkah terpadu dalam rangka memulihkan sektor ketenagakerjaan ditengah pandemi Covid-19.

Hadir pada kesempatan ini Kepala Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Jambi Bahari, perwakilan pimpinan perusahaan, dan perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Jambi.

Sudirman menjelaskan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi sampai dengan tahun 2019 jumlah penduduk Provinsi Jambi 3.624.579 jiwa, dari jumlah tersebut dilaporkan kondisi ketenagakerjaan Provinsi Jambi pada Februari 2020, penduduk bekerja berjumlah 1,74 juta orang,  jumlah pengangguran 80.337 orang dengan tingkat pengangguran terbuka sebesar 4,41%, menurun dibandingkan dengan periode Februari 2019 sebesar 8,51%.

“Disisi lain, pada awal Maret 2020 negara kita tidak terkecuali Provinsi Jambi sedang dilanda pandemi Covid-19 yang melumpuhkan berbagai aktivitas perekonomian Indonesia, begitu pula dengan Jambi. Salah satu sektor yang paling terkena dampak Covid-19 adalah sektor ketenagakerjaan. Banyak tenaga kerja yang di PHK dan dirumahkan oleh perusahaan. Berdasarkan data dari dinas Tenaga Kerja Provinsi Jambi, jumlah tenaga kerja yang terkena dampak Covid-19 : total tenaga kerja yang dirumahkan dan di PHK 4.710 orang dengan rincian 4.582 orang tenaga kerja yang dirumahkan dan 128 orang tenaga kerja yang di-PHK,” kata Sudirman.

Bertolak dari kondisi tersebut, lanjut Sudirman, diperlukan langkah-langkah terpadu dalam rangka memulihkan sektor ketenagakerjaan.

“Untuk itu, Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi telah mengarahkan agar seluruh program dan kegiatan yang akan dilaksanakan harus mengacu pada strategi penurunan kemiskinan (pro poor),  program perluasan kesempatan kerja (pro job), pertumbuhan ekonomi (pro growth) dan berwawasan lingkungan (pro environment). Secara konkret di bidang ketenagakerjaan, Pemerintah Provinsi Jambi juga telah melaksanakan program pelatihan tenaga kerja Provinsi Jambi dan pemagangan dalam negeri maupun luar negeri, sebagai bagian dari pemulihan sektor ketenagakerjaan di Provinsi Jambi,” terang Sudirman.

Sudirman yakin bahwa program pemagangan ini merupakan salah satu upaya nyata yang dapat menjadi stimulus sektor ketenagakerjaan pasca pandemi Covid-19. Dan, kegiatan ini akan dapat berjalan dengan baik dan berhasil jika adanya kerjasama yang baik antara peserta magang, perusahaan, serta adanya kesungguhan peserta dalam mengikuti kegiatan pemagangan tersebut. “Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam program pemagangan, ini merupakan bentuk komitmen dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia Provinsi Jambi serta menstimulus sektor ketenagakerjaan di tengah pandemi Covid-19 yang sedang kita hadapi saat ini. Kita sama-sama berharap melalui kegiatan pemagangan ini, secara bertahap tingkat pengangguran dan kemiskinan di bumi Sepucuk Jambi sembilan Lurah ini dapat dikurangi,” ujar Sudirman.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Sudirman berpesan kepada para peserta program pemagangan untuk menggunakan kesempatan ini dengan sungguh-sungguh. “Ini adalah kesempatan yang langka dan tentunya mempunyai efek sendiri bagi saudara untuk dapat mengembangkan diri, dan meningkatkan kualitas serta dapat mengoptimalkan segala potensi dan sumber daya yang dimiliki agar mampu bersaing di pangsa kerja secara global.  Semoga upaya nyata kita bersama dalam mendukung dan mengatasi permasalahan sektor ketenagakerjaan dapat didukung oleh semua pihak dan pada akhirnya nanti dapat mewujudkan Jambi TUNTAS  2021 dan Indonesia maju,” pungkas Sudirman.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi, Bahari Panjaitan dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini melibatkan perusahaan besar, menengah, dan kecil sebagai lokus penempatan peserta magang dengan berbagai sektor. “Perusahaan yang bekerjasama dengan kita diantaranya sektor industri dengan jumlah peserta 108 orang,  sektor perkebunan dengan jumlah peserta 10 orang,  sektor industri usaha kecil menengah dan besar dengan jumlah peserta pemagangan 10 orang, pariwisata dengan jumlah peserta 10 orang.  Tempat pemagangan tersebut antara lain PT Pelindo Indonesia, Jambi Waras, PT Aneka Bumi Pratama, International Finance, Djambi Waraz, Jaya Indah Motor, BPJS Ketenagakerjaan, Agung Automall, Saimen, KFC, Luminor, Odua Weston, Hypermart. Setiap peserta akan diberikan uang transportasi Rp1.000.000 dan diberikan juga perlindungan BPJS Ketenagakerjaan dan Jaminan Kematian selama 5 bulan,” tutur Bahar

- Advertisement -

Music

Polresta Jambi Musnahkan Puluhan Kilo Barang Bukti Narkoba

KOTA JAMBI (SR28)- Senin pagi (3/8/2020), Polresta Jambi memusnahkan puluhan kilogram narkoba jenis sabu, ganja, ekstasi. Barang haram tersebut diperoleh dari para pengedar dan pengguna yang berhasil ditangkap oleh pihak polresta Jambi  selama 1 semester di tahun 2020 ini. Adapun jenis narkoba yang dimusnahkan pada hari ini terdiri dari Ganja 25Kg, Sabu 1 Kg dan ekstasi seberat 142,9 gram.

Dalam pemusnahan narkoba tersebut, Polresta Jambi juga turut menghadirkan 10 dari 13 tersangka.

“semua kasus ada 12 dengan jumlah tersangka 13 orang. Namun pada kesempatan ini menghadirkan 10 orang, karena 3 orang yang lain telah diserahkan ke Lembaga Pemasyarakatan”. Ungkap Dover Crishtian kepada tim SR28

Diketahui, jumlah tersangka maupun jumlah barang bukti yang berhasil diamankan pada semester 1 tahun ini lebih banyak dibandingkan dengan semester 1 tahun 2019. (Muhammad Sidik)

Sumber: JAMBI28 TV

Bupati Tanjabbar Ingatkan Lurah Tidak Lakukan Mark Up dan Fiktif Kelola Dana Kelurahan

KUALA TUNGKAL (SR28) - Pemerintah pusat sejak tahun 2019 telah mengalokasikan Dana Alokasi Umum (DAU) bagi pembangunan sarana dan prasarana serta pemberdayaan masyarakat kelurahan. Di Tahun 2019 dan 2020 Pemkab Tanjab Barat juga telah mengalokasikan anggaran dalam APBD untuk 20 kelurahan.

Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial, MS saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Camat dan Lurah se-Tanjab Barat di Balai Pertemuan Kantor Bupati, rabu (30/9), secara tegas mengingatkan Lurah agar mengelola dana kelurahan dengan baik sesuai aturan.

"Jangan ada mark up dan fiktif. Bikin proyek padat karya dengan melibatkan masyarakat lokal secara swakelola. Para Camat juga awasi dan pantau dana kelurahan. Bantu dalam pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB)," tegasnya.

Bupati H. Safrial juga berpesan kepada lurah agar dalam pengelolaan dana desa di rapatkan dulu dengan masyarakat. Jangan sampai ada kepentingan lurah dalam pelaksanaannya. Dalam melaksanakan kegiatan Lurah harus aktif berkoordinasi dengan Camat, Tim Koordinasi Pelaksanaan Dana Kelurahan, Inspektorat ataupun langsung dengan BPKP.

"Melalui Rakor Percepatan Dana Kelurahan ini saya harap Camat dan Lurah dapat menyamakan persepsi, sehingga sarana dan prasarana serta pemberdayaan masyarakat di kelurahan bisa berjalan dengan baik tanpa ada permasalahan,"timpal Bupati.

Sebelumnya Kabag Tata Pemerintahan Setda Hermansyah, S.STP melaporkan kegiatan Rakor Camat dan Lurah bertujuan untuk memberikan info dan pemahaman kepada Camat dan Lurah agar anggaran dana kelurahan 2020 berdampak pada pelayanan dan kesejahteraan masyarakat.

Turut hadir mendampingi Bupati, Sekda Ir. H. Agus Sanusi, M.Si dan Asisten Pemerintahan dan Kesra Hidayat, SH, MH. Sebagai pemateri, Inspektur Drs. Encep Zarkasih dan Tim Koordinasi Pelaksanaan Dana Kelurahan KabupatenTanjab Barat. (Sabri)

Pemprov Jambi Butuh Dukungan Komisi V DPR RI untuk Pembangunan Infrastruktur

JAMBI (SR28) - Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi, Ir Restuardy (Ardy) Daud M.Sc berharap dukungan pembangunan infrastruktur dan transportasi di Provinsi Jambi dari Komisi V DPR RI.

Hal itu disampaikannya saat menerima kunjungan kerja Komisi V DPR RI di Provinsi Jambi, di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin siang, 12 Oktober 2020.

Ardy Daud mengparesiasi kunjungan kerja Komisi V DPR RI ke Provinsi Jambi pada Reses Masa Persidangan I Tahun 2020 – 2021, sebagai perhatian terhadap pembangunan di daerah, sekaligus menjaring aspirasi daerah terkait program dan kegiatan pemerintah.

Ardy mengatakan, pembangunan infrastruktur dan penyediaan sarana prasarana transportasi menjadi salah saru prasyarat penting, untuk meningkatkan daya saing saerah, karena ketersediaan infrastruktur dan sarana prasarana transporttasi yang memadai dapat memperlancar berbagai aktivitas serta menjadi katalisator bagi pergerakan dan perkembangan sektor-sektor lain, dan Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur wilayah serta sarana dan prasarana transportasi.

Ardy Daud mengharapkan dukungan Komisi V DPR RI terhadap pembangunan Kawasan Ekonomi Ujung Jabung, yang diproyeksikan menjadi pusat produksi sekaligus distribusi produk unggulan Provinsi Jambi dan sekitarnya, dengan harapan dapar meningkatkan nilai tambah produk, diversifikasi usaha, dan penyerapan tenaga kerja, serta menjadi kawasan perekonomian andalan Provinsi Jambi di masa depan.

Ardy menjelaskan, pembangunan Kawasan Ujung Jabung diinisiasi sejak 2010. Pemerintah Provinsi Jambi sudah menyiapkan beberapa dokumen dan kerangka legal, penyusunan masterplan, penetapan Perda Kawasan, pembebasan lahan untuk jalan dan Pelabuhan.
Kementerian Perhubungan telah mengalokasikan Rp 231 miliar sejak tahun 2014 sampai 2019, namun saat ini pembangunan pelabuhan terhenti. Kementerian PUPR juga memberikan dukungan dalam pembangunan jalan ke Kawasan Ujung Jabung.

Ardy mengatakan, dukungan pembangunan Jembatan Sungai Rambut sebagai bagian jalan akses menuju Pelabuhan Ujung Jabung juga sangat diharapkan. “Terlebih, kedua kegiatan ini sudah masuk dalam Program Prioritas Nasional dalam RPJMN 2020 – 2024,” ujar Ardy.

Kedua, Pembangunan subbidang Sumber Daya Air, khususnya lanjutan pembangunan prasarana pengendalian banjur Kota Jambi, berupa pembangunan dan Revitalisasi Drainase Utama Kota Jambi, serta lanjutan revitalisasi Danau Sipin Kota Jambi.

Ketiga, untuk sub bisang Keciptakaryaan, prioritas kegiatan adalah penurunan luasan kawasan kumuh perkotaan Jambi, berupa perbaikan kualitas Kawasan kumuh Danau Sipin Kota Jambi, Pembagunan Sistem Pengolahan Air Limbah Kota Jambi, serta Sistem Penyediaan Air Minum untuk Kebupaten Tebo dan Kabupaten Kerinci.

Keempat, untuk sub bidang perumahan, selain kegiatan rutin Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dalam rangka meningkatkan jumlah Rumah Layak Huni di seluruh kabupaten/kota, juga untuk merealisasikan pembangunan Rumah Susun Pekerja RSUD Raden Mattaher Jambi.

Kelima, untuk sub bidang Kebinamargaan, pembangunan jalan ruas Jambi – Muara Sabak agar dapat dituntaskan sepenuhnya. Selain itu, beberapa ruas jalan nasional lainnya serta beberapa jembatan, serta memohon kiranya beberapa ruas jalan kewenangan provinsi dapat ditingkatkan statusnya menjadi jalan kewenangan nasional, sesuai dengan kondisi terkini dan kebutuhan.

Keenam, untuk sektor transportasi, pengembangan bandara-bandara yang ada di Provinsi Jambi, seperti rencana perpanjangan runway Bandara Sultan Thaha, serta pengembangan dan penambahan fasilitas Bandara Depati Parbo Kerinci dan Bandara Bungo.

Selain itu, pembangunan Halte Sungai di Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, serta pembangunan dermaga di Danau Kerinci untuk menunjang transportasi dan pariwisata.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI yang juga Ketua Rombongan Kunjungan Kerja Komisi V, H Syarief Abdullah Alkadrie mengatakan, pembangunan infrastruktur dan peningkatan konektivitas sangat berdampak terhadap semua sektor, termasuk untuk membantu ketahanan pangan.

Syarief Abdullah Alkadrie menngemukakan, pembangunan infrastruktur juga untuk membantu penyerapan tenaga kerja di tengah pandemi.

Syarief minta mitra Komisi V DPR RI yang ikut dalam kunjungan kerja ini menampung usuan-usulan dari Pemerintah Provinsi Jambi.

Usai pertemuan di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Pjs.Gubernur Jambi mendampingi Komisi V DPR RI dan rombongan meninjau prasarana pengendali banjir Kota Jambi di Sungai Tembuku, yang dibangun oleh Kementerian PUPR Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Sumatera VI, dilanjutkan dengan pembangunan jalan ruas Jembatan Batanghari II – Muara Sabak.

Pjs Gubernur Jambi dan rombongan tim Komisi V DPR RI singgah di Candi Muaro Jambi. Gubernur Jambi Periode 2010 – 2015, H Hasan Basri Agus (HBA) yang saat ini menjadi anggota Komisi V DPR RI memperkenalkan Candi Muaro Jambi kepada rombongan Komisi V DPR RI, yang pada tahun 2011 ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia sebagai Kawasan Wisata Sejarah Budaya Terpadu.

Peninjauan Perpanjangan Landasan Pacu Bandara Sultan Thaha

Sebelum pertemuan di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Ardy Daud menyambut kedatangan rombongan Komisi V DPR RI di Bandara Sultan Thaha, yang dilanjutkan dengan peninjauan pembangunan perpanjangan runway (landasan pacu) Bandara Sultan Thaha.

Komisi V DPR RI mendapatkan pemaparan dari pihak Angkasa Pura tentang progres kerja yang dilakukan oleh Angkasa Pura II. Lingkup pekerjaan yang dilakukan adalah perpanjangan runway 2.220 X 45 m menjadi 2.602 X 45m beserta pendukungnya.

Lingkup pekerjaan pendukung yang dilakukan adalah clearing include strip, perbaikan tanah dasar, urug tanah, runway strip dan runway safety area, pekerjaan saluran, pekerjaan flexible pavement, pekerjaan airfield lighting, dan pekerjaan marka.

Tidak hanya akan memperluas terminal dan perpanjangan runway, rencananya sekaligus akan diperluas apron dari eksisting 38.000 meter persegi menjadi 46.500 meter persegi.

Update Pilgub Jambi (02), Berikut Peta Sebaran Suara Masing-Masing Cagub-Cawagub

Hitung Cepat Quick Count menurut lembaga survei  Puspoll

Data masuk : 98.67%
01 = 38.39%
02 = 24.59%
03 = 37.02%

Kota Jambi
Data Masuk= 100%
01 = 31.57%
02 = 15.99%
03 = 52.44%

Kabupaten Muaro Jambi
Data Masuk= 100%
01 = 40.93%
02 = 16.57%
03 = 42.51%

Kabupaten Tebo
Data Masuk= 100%
01 = 40.53%
02 = 30.47%
03 = 29%

Kota Sungai Penuh
Data Masuk = 87.5%
01 = 19.33%
02 = 68.74%
03 = 11.93%

Kab. Tanjabtim
Data Masuk = 100%
01 = 43.21%
02 = 18.08%
03 = 38.71%

Kab. Merangin
Data Masuk = 100%
01 = 25.08%
02 = 11.97%
03 = 62.95%

Kab. Bungo
Data Masuk = 93.1%
01 = 35.67%
02 = 45.3%
03 = 19.03%

Kab. Tanjab Barat
Data Masuk = 96.15%
01 = 47.85%
02 = 22.39%
03 = 29.76%

Kab. Batang Hari
Data Masuk = 100%
01 = 45.64%
02 = 18.23%
03 = 36.12%

Kab. Sarolangun
Data Masuk = 100%
01 = 60.67%
02 = 9.04%
03 = 30.29%

Kab. Kerinci
Data Masuk = 100%
01 = 26.75%
02 = 46.82%
03 = 26.43%

Sport News

Perusahaan Bersama Serikat Pekerja dan Serikat Buruh PT LPPPI Bagikan 1500 Masker

TEBING TINGGI (SR28) - PT Lontar Papyrus Pulp and Paper Indystry (PT LPPPI) bersama Serikat Buruh Kehutanan, Perkebunan dan Pertanian (SB-Hukatan) Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI),Serikat Pekerja Demokratis (SPD) melakukan sosialisasi dan edukasi disiplin penggunaan masker untuk warga masyarakat di Kelurahan Tebing Tinggi, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Selasa (6/10).

Sebanyak 1500 masker telah dibagikan kepada masyarakat yang melintas di sepanjang jalan simpang pasar KM2.5.

Pimpinan PT LPPPI bersama ketua SB Hukatan, ketua SPD bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Tebing Tinggi memperketat disiplin penggunaan masker untuk mentaati protokol kesehatan yang berlaku, mengingat masih tingginya penyebaran Covid19 di Provinsi Jambi.

Ketua SB-Hukatan Hasian Marbun mengatakan, sangat mengapresiasi atas upaya yang dilakukan oleh perusahaan, dengan berkolaborasi bersama serikat buruh yang ada di perusahaan hal ini merupakan langkah yang tepat untuk mencegah penyebaran Covid19 di Kecamatan Tebing Tinggi, khususnya di wilayah sekitar perusahaan.

"Kita berharap kegiatan sosialisai ketaatan terhadap penerapan protokol kesehatan dan bantuan peralatan kesehatan seperti masker terus dilakukan tidak hanya satu kali ini saja tapi harus berkelanjutan, sekali lagi saya mengapresiasi kegiatan hari ini," ujar Hasian.

Senada dengan SB-Hukatan, Ketua SPD Hadi Hendri juga mengapresiasi atas kerjasama pembagian masker kepada masyarakat

"Kita harap kegiatan ini terus dilakukan selama pandemi Covid-19 masih berlangsung," timpal Hadi.

Ditempat yang sama Pimpinan PT LPPPI, Suparno mengucapkan terima kasih kepada semua yang terlibat dalam kegiatan hari ini beliau mengatakan semoga kerjasama ini akan terus berjalan antara Perusahaan, Serikat Pekerja dan Serikat Buruh, serta Pemerintah dapat jalan beriringan untuk mengedukasi masyarakat agar tetap disiplin menggunakan masker sebagai bagian dari adaptasi kebiasaan baru dan penerapan protokol kesehatan.

"Semoga bantuan masker ini dapat bermanfaat seluas-luasnya untuk masyarakat," tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini unsur dari Pemerintah Kecamatan Tebing Tinggi yang diwakili oleh Sekretaris Kecamatan Kunardi, Kelurahan Tebing Tinggi diwakili oleh Usman staff Kelurahan, Kepala Puskesmas Perawatan Pijoan Baru dr. Hj. Silvie Zalerti, Kepala Sub Sektor Tebing Tingggi IPDA R. R Simanjuntak, dan Babinsa Tebing Tinggi Sertu Tri Setyantoro. (Sabri)

Pemkab Tanjab Barat Kembali Terima Setifikat Tanah Dari BPN

KUALA TUNGKAL (SR28)- Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung barat, melalui Bupati Dr. Ir. H. Safrial MS kembali terima sertifikat Tanah Aset Pemkab dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Tanjab Barat, Kamis (24/09).

Penyerahan Sertifikat tanah oleh kepala Kantor BPN yang diselenggarakan di Ruang Rapat Bupati ini, juga turut disaksikan oleh Sekda, Kepala BKAD, Jajaran Staf Kantor BPN Tanjab Barat, serta undangan lainya.

Bupati Dr. Ir. H. Safrial MS dalam sambutannya mengatakan tanah merupakan salah satu aset yang harus dikelola secara aman tanpa adanya persengketaan yang mungkin saja terjadi. Menurutnya, fungsi dari salah satu program strategis nasional pada bidang Pertanahan seperti Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ini menjadi penting dalam upaya meminimalisir sengketa lahan.

"PTSL ini menjadi penting sebagai bukti kepemilikan tanah yang sah serta memberi kepastian hak atas kepemilikan tanah yang berkekuatan hukum yang secara otomatis akan memerangi sengketa yang terjadi," ujar Safrial.

Bupati juga sebutkan, pada tahun 2020 Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat telah menerima sertifikat tanah dari kantor BPN Kabupaten Tanjung Jabung Barat sebanyak 1.190 buah.

"Sertifikat pendaftaran tanah sistematis lengkap sebanyak, 1.064 bidang/sertifikat, sertifikat hak pakai dengan rincian pemerintah Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat sebanyak 60 sertifikat, kementerian agama 1 sertifikat, Kementerian PUPR 17 sertifikat, Kementrian Keuangan 10 sertifikat, Kantor Imigrasi 1 sertifikat dan tanah kas desa 3 sertifikat, sertifikat hak guna bangunan atas nama PT PLN 23 sertifikat, sertifikat tanah hak wakaf 11 sertifikat," sebutnya.

Selanjutnya, tanah Pemkab Tanjab Barat yang harusnya bersertifikat berjumlah 877 persil, yang sudah bersertifikat 408 persil, yang belum bersertifikat 469 persil terdapat 366 persil berkas tanah yang telah disampaikan ke kantor BPN yang belum terbit sertifikat nya, untuk itu atas nama Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat Saya berharap progres persertifikat antara milik pemerintah daerah tersebut sepenuhnya dapat terealisasi pada akhir tahun 2020 ini," tambahnya.

Selanjutnya sebagai bentuk apresiasi atas sinergitas dan kerjasama yang baik selama ini, atas nama Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat Bupati menyerahkan bantuan berupa pinjam pakai rumah dinas untuk Kantor Pertanahan Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan hibah alat ukur Real Time Kinematic (RTK) sebanyak 2 buah.

"Semoga dengan bantuan ini hubungan baik antara Pemkab Tanjung Jabung Barat dengan kantor BPN Kabupaten Tanjung Jabung Barat semakin hangat dan harmonis"imbuhnya.

Sementara itu kepala BPN Tanjung Jabung Barat Taufik, SH, MH sampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Pemkab Tanjab Barat atas bantuan dan kerja sama dan sinergitas selama ini terjalin baik.

"Semoga dengan bantuan ini kami lebih yakin dan mantab lagi untuk bekerja di Pemerintahan Kabupaten Tanjab barat dan Semakin melayani secara profesional dan terpercaya," timpalnya. (Sabri)

Kabar Baik, Kota Jambi Tidak Lagi Zona Merah Covid-19

KOTA JAMBI (SR28) - Kota Jambi, kini tak lagi berstatus zona merah resiko penularan Covid-19. Statusnya sudah turun menajdi zona oranye lantaran penurunan jumlah pasien terkonfirmasi positif covd-19 dalam sepekan terakhir.

- Advertisement -

Blak-Blakan Wakil Rektor UNJA Terpapar Virus Corona

JAMBI (SR28) - Wakil Rektor 3 Universitas Jambi (UNJA) Teja Kaswari secara blak-balkan menceritakan bahwa dirinya positif terpapar virus corona usai dilakukan uji swab. Teja mengatakan jika ia sempat memeriksakan kesehatan di Rumah Sakit Kambang, dan juga mendapat perawatan di Rumah Sakit Theresia.

Penemuan Ular Raksasa Hebohkan Warga

Warga rt 19 kelurahan teratai, Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batanghari, berhasil menangkap ular Phyton berukuran besar. Ular yang diperkiran berukuran 7,5 meter tersebut ditangkap disebuah perkebunan milik warga. Pada Selasa (04/08/2020) pagi.

Penangkapan ular ini berawal pada saat seorang warga tengah membersihkan kebun dan melihat seekor ular berukuran besar bersembunyi di semak. Takut nyawanya terancam, ia langsung memanggil sejumlah warga untuk melakukan penangkapan. Pada saat dilakukan penangkapan, warga sempat kesulitan pasalnya bobot ular tersebut diperkirakan mencapai puluhan kilogram.

Dengan peralatan seadanya, akhirnya warga yang beramai-ramai berhasil mengevakuasi ular dari dalam semak. Sebelum ditangkap, ular phyton ini dikabarkan sempat memangsa sejumlah ternak warga.

Pasalnya, beberapa waktu lalu warga kehilangan anak sapi yang diduga sudah dimakan ular tersebut.

Sumber: JAMBI28 TV

Pasien Positif Covid-19 di Provinsi Jambi Tembus 534 Orang

JAMBI (SR28) - Kasus baru pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Jambi terus bertambah. Bahkan dalam beberapa hari terakhir saja. Rata-rata penambahan mencapao 20 orang perharinya dna secara keseluruhan pasien Covid-19 hingga saat ini sudah menembus 534 orang.

Talak cerai Via Telepon

Oleh: Farida Ayu Nadya S.Sos, M.H

Urusan perkawinan di Indonesia diatur dalam Undang-Undang Perkawinan Nomor  16 Tahun 2019 yang diatur ketentuannya dalam Kompisili Hukum Islam. Aturan-aturan Islam mengenai perkawinan, perceraian, dan perwarisan bersumber dari literatur-literatur Islam dari berbagai mazhab yang dirangkum dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Namun dalam praktek perkawinan yang berlaku di dalam masyarakat, banyak bermunculan hal baru bersifat ijtihad, karena tidak ada aturan yang khusus untuk mengatur hal tersebut.

Perkembangan Teknologi informasi (TI) abad XXI sangat pesat dan menduduki lini kehidupan. Terutama dalam komunikasi yang berbasis kemudahan dalam melakukan hubungan seseorang secara langsung. Konteks dalam Hukum Islam ini yang bersifat universal (umum), sehingga dengan kaidah ushul fikih itu sendiri, bahwa hukum tersebut akan berubah dengan perubahan zaman dan perubahan tempat.

Permasalahannya, hukum positif di Indonesia sekarang ini belum mengatur spesifik kaidah perkawinan yang melalui alur telekomunikasi, sementara itu perkembangan teknologi informasi yang lebih cepat dan pesat jika dibandingkan dengan perkembangan hukum, perangkat hukum dan aparatur penegak hukum demi menyelesaikan persoalan hukum ini dalam bingkai teknologi.

Menurut Undang-Undang Nomor  16 Tahun 2019 tentang Perkawinan, perkawinan adalah ikatan lahir batin seorang laki-laki dan perempuan sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga bahagia dan kekal. Perkawinan pada umumnya dilakukan disatu tempat seperti masjid, rumah, atau gedung dimana calon suami dan calon istri serta walinya hadir di tempat tersebut, namun di Jakarta Selatan pada tahun 1989 terjadi perkawinan melalui telepon, dan hal tersebut sah dengan adanya Putusan Pengadilan Agama Jakarta Selatan No. 1751/P/1989 tentang pengesahan pernikahan melalui telepon, walaupun sampai saat ini hukum positif di Indonesia belum mengatur secara spesifik tentang kaidah perjawinan melalui jalur telekomunikasi.

Pelaksanaan hukum perceraian sebagai bagian dari hukum perkawinan juga bersifat pluralistis, sehinnga pada hal-hal tertentu (perbuataan hukum dan peristiwa hukum tertentu) masing-masing golongan penduduk tunduk pada subsistem hukum perceraian yang berbeda-beda, yaitu sebagai berikut :

a. Hukum perceraian menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUH Perdata) berlaku bagi para suami dan istri warga negara Indonesia yang bergama Islam, yang melakukan perceraian di pengadilan negeri.

b. Hukum perceraian menurut hukum islam berlaku bagi para suami dan istri warga negara Indonesia yang bergama Islam, yang melakukan perceraian di pengadilan agama.

c. Hukum perceraian menurut hukum adat berlaku bagi para suami dan istri warga negara Indonesia yang juga menjadi warga dari kesatuan masyarakat hukum adat dan memegang teguh hukum adatnya, yang melakukan perceraian di pengadilan agama (bagi yang beragama Islam) atau di Pengadilan Negeri (bagi yang beragama Kristen).

Hukum talak (cerai) melalui SMS dapat dianalogikan atau dikiaskan dengan hukum cerai melalui tulisan surat biasa. Sebab kesamaan keduanya merupakan pesan cerai Keabsahan melalui teks yang bukan verbal (lisan), para ulama fikih (fuqaha) sepakat bahwa hal itu efektif jatuh talak. Perceraian adalah putusnya suatu perkawinan antara suami istri yang telah melangsungkan suatu perkawinan, baik cerai hidup maupun cerai mati yang disebabkan oleh beberapa faktor dan memenuhi persyaratan. Dalam perumusanxketentuanxhukum suatu permasalahan atauxperistiwa sebaiknya menggunakanxinstrumen istibat hukum yang konfrehensi agar tercapaixkemaslahatan bagi umat. Alangkah baiknya perkembangan teknologi yang ada saat ini bisa disikapi dengan bijaksana agar pengguna teknologi dapat pengaruh positif bagi perkembangan bangsa dan agama.

TV

Minggu Depan Pemprov Jambi Gratiskan Uji Swab

JAMBI (SR28) - Angka Covid-19 di Provinsi Jambi terus meningkat tinggi, langkah percepatan memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Provinsi Jambi, Pemprov Jambi melakukan swab gratis untuk masyarakat Jambi di RSUD Raden Mattaher Jambi.

“Uji swab ini gratis ini segera kita lakukan, ini untuk mempercepat penanganan covid-19 di Provinsi Jambi,” kata Restuardy Daud Pjs Gubernur Jambi saat rapat evaluasi covid-19 di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi.

Lanjutnya, nantinya swab gratis ini akan dibebankan pada APBD Provinsi Jambi. Saat ini pihaknya hanya menunggu legal formal, untuk melakukan swab secara gratis kepada masyarakat Jambi. “Tak ada masalah yang terjadi untuk uji swab ini,” tambahnya.

Kata dia, seharusnya uji swab ini sudah dilakukan minggu kemarin. Namun realisasinya akan dilakukan pertengahan minggu ini. Pasalnya, ini hanya bersifat internal di Provinsi Jambi dan tak sama dengan perda, dan ini sudah bahas untuk segera dilakukan.

“Sudah diproses di Biro Hukum dan rumah sakit, namun sekarang sudah di sekretariat daerah dan sudah disampaikan ke rumah sakit,” sebutnya.

Kemudian, Ardy menyebutkan jika masyarakat ingin melakukan swab baik yang ada gejala covid-19 atau tidak, bisa langsung datang ke rumah sakit. Ini juga bertujuan untuk mengejar target sebanyak 3.500 spesimen per minggu, sesuai dengan standar WHO.

“Kita terus berupaya untuk membasmi covid-19, langkah-langkah terus kita upayakan dan yang paling penting tetap jaga jarak dengan protokol kesehatan,” ucapnya.

Tahun 2021 Pemprov Jambi Dorong Terciptanya BUMDes

JAMBI - Untuk tahun 2021 nanti, ad ahal baru yang juga diinisiasi oleh Pemerintah Pusat yakni pembangunann berkelanjutan di desa dengan mendorong terciptanya BUMDes di seluruh desa yang ada di Indonesia termasuk Provinsi Jambi. Agar nantinya, BUMDes ini akan mennjadi sektor ekonomi baru yang mendorong perputaran ekonomi masyarakat desa.

Pilkada Di Masa Pandemi, Pemkab Tanjabbar Gelar Rakor Penegakan Hukum Protokol Kesehatan

KUALA TUNGKAL (SR28) - Gelaran Pilkada Serentak 2020 yang berlangsung di masa pandemi Covid-19 harus dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan. Untuk itu Pemkab Tanjab Barat mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Penegakan Hukum Protokol Kesehatan pada Tahapan Pilkada Serentak 2020 di Balai Pertemuan Kantor Bupati yang dibuka oleh Sekretaris Daerah, Ir. H. Agus Sanusi M,Si, Kamis (17/09).

Sekda Tanjabbar H. Agus Sanusi saat membacakan sambutan Bupati mengatakan Pemilihan Kepala Daerah tahun ini berbeda dengan pemilihan sebelumnya. Pandemi Covid-19 membuat penyelenggara pilkada 2020 memasuki babak baru, sempat tertunda namun akhirnya tetap dilaksanakan pada tanggal 9 Desember mendatang dengan berbagai penyesuaian yang baru.

"Protokol kesehatan yang akan dijadikan salah satu regulasi pada pilkada tahun ini adalah menjadi salah satu kewajiban moral yang harus selalu kita ingatkan kepada masyarakat dan para pendukung masing-masing pasangan bakal calon," ujarnya.

"Kita berharap pilkada berlangsung Aman, Damai dan semua sehat, bukan hanya pilkadanya sukses tapi cluster Covid 19 dapat dikendalikan." melalui pertemuan ini diharapkan dapat diperoleh rumusan yang komprehensif, konkret dan antisapasif dalam mewujudkan sukses pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat yang bebas dari Cluster Covid 19.'Mengakhiri sambutannya Sekda mengajak untuk saling menjaga stabilitas politik, ekonomi, sosial budaya serta ketentraman dan ketertiban masyarakat ditengah pandemi Covid-19," timpalnya.

Sebelumnya Kepala Kesbangpol Tanjab Barat, Drs. R. Azis Muslim M.AP menyampaikan Rakor ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Kemendagri tanggal 14 September 2020 perihal pelaksanaan Rapat Koordinasi Penegakan Hukum Protokol Kesehatan di wilayahnya untuk menekan penyebaran Covid-19 saat menyelenggarakan Pilkada Serentak 2020. Melalui rakor ini diharapkan terbangun komitmen dan persamaan persepsi bersama peningkatan disiplin protokol kesehatan.

Turut serta menjadi pembicara dalam rakor KPU Kab. Tanjab Barat memaparkan PKPU nomor 10 Tahun 2020 tentang perubahan atas Peraturan KPU RI Nomor 6 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil bupati, Walikota/Wakil Walikota serentak lanjutan dalam kondisi  bencana non alam Covid 19.

Kemudian materi dari Bawaslu tentang Peraturan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengawasan, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota serentak lanjutan dalam kondisi bencana non alam Covid 19."Hadir dalam rakor ini, Forkopimda, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Para Kepala OPD, Para Camat serta tamu undangan lainya. (Sabri)

Tabrakan Mobil VS Motor di Muntialo, Penumpang Roda 2 Meregang Nyawa

KUALA TUNGKAL (SR28) - Kecelakaan adu kambing mobil merek Ford bernopol B 8906 D dengan motor Mateck Honda Beat terjadi di jalan lintas Kuala Tungkal-Jambi Desa Muntialo Rt 01, Kecamatan Betara,Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kamis(27/08/20) Pengendara Kendaraan R2 Spm Honda Beat No. Pol tidak terpasang pengemudi UNTUNG mengalami luka robek pada bagian dagu, luka patah pada kaki sebelah kiri. Hal tersebut diungkapkan Kapolres Tanjab Barat, AKBP. Guntur Saputro, melalui kasad lantas Iptu Eko Sutoyo.

"Penumpang Kendaraan R2 Sepeda Motor Honda Beat POINAH mengalami luka robek pada bagian kepala belakang serta mulut, hidung dan telinga mengeluarkan darah kini meninggal dunia di Rumah Sakit, sebelumnya pengemudi dan penumpang kendaraan roda dua sempat di evakuasi oleh warga sekitar sebelum di bawa kerumah sakit," jelas Iptu Eko.

Hingga kini pengemudi mobil atas nama Ford Everest No. Pol : B 8906 D atas nama Arif Setiawan (59) masih dilakukan pemeriksaan. Arif Setiawan diketahui merupapan warga Kompleks KPKN No. 10 A RT/RW : 6/6 Kelurahan Batu Tulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. (Sabri)