Selasa, Januari 19, 2021

Belum Dilintasi Mobil Sisi Ofrit Jembatan Sungai Bakung Sudah Retak-retak

KUALA TUNGKAL (SR28) – Peningkatan Jembatan Parit Bakung Kecamatan Sebrang Kota, Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang dikerjakan oleh CV Hardianty dengan Dana...

Pembangunan Jalan Kelurahan Tungkal Harapan Asal Jadi, Baru Seumur Jagung Sudah Retak dan Berlubang

KUALA TUNGKAL (SR28) – Pembangunan jalan atau peningkatan skala di kawasan Kelurahan Tungkal Harapan, Kecamatan Tungkal Ilir, KabupatenTanjung Jabung Barat oleh Dinas...

Sriwijaya Air Wajib Ganti Rugi Rp1,25 M per Penumpang SJ182

JAKARTA - Keluarga korban kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182 berhak atas ganti rugi dari pihak maskapai. Hal tersebut mengacu pada Pasal 141 ayat (1)...

Besok Divaksin, Begini Kondisi Kesehatan Jokowi

JAKARTA - Sekretariat Presiden memastikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjalani vaksinasi Covid-19 pada Rabu (13/1) besok di Istana Kepresidenan Jakarta....

Technology

Pemkab Tanjabbar Bangun Gedung Instansi Vertikal Pakai APBD-P, Ini Kata Ketua LSM Petisi “Pemkab Miskin tapi Sok Kaya”

KUALA TUNGKAL (SR28) - Langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjab Barat merehab Rumah Dinas Kejari Kuala Tungkal yang merupakan lembaga vertikal menggunakan Dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD-P) 2020 kembali dipersoalkan oleh ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dari Peneliti Anti Korupsi (LSM-Petisi) Syarifuddin AR.

Dia menuturkan bahwa dari dananya terlihat janggal karena kondisi keuangan daerah saat ini yang diketahui sangat minim.

"Sama-sama kita ketahui minim, namun anehnya bisa-bisanya  Pemkab merehab rumah dinas Kejari Kuala Tungkal yang merupakan instansi vertikal itu," ujar Syarifuddin kepada SR28.

"Ya kita aneh saja sudah jelas anggaran daerah kita saat ini minim malah bantu instansi vertikal, ini membuat kita berasumsi  besak pasak dari pada tiang, awak miskin tapi belagak sok kaya," tambahnya.

"Memang  di dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) diperbolehkan instansi vertikal dibantu pemerintah daerah,namun lihat dulu kondisi keuangan daerah," ucapnya.

Lanjut dia, "Jika kita mengacu memoratorium , sebagaimana yang di tuangkan kebijakan Presiden Joko Widodo sebagai salah satu langkah untuk efisiensi anggaran di dalam belanja-belanja agar anggaran yang ada untuk dapat digunakan lebih berdampak kepada masyarakat," paparnya.

Adapun pembangunan yang mendesak tersebut dicontohkan Syarifuddin adalah seperti pembangunan jalan,sarana pendidikan, kesehatan yang langsung bisa lebih dirasakan masyarakat.

"Ini kalau kita nilai rehab rumah dinas kejaksaan terkesan pemborosan, terlebih lagi kondisi bangunan rumdis yang ada masih bagus dan masih layak di pergunakan ,namun aneh kok mengunanakan Dana APBD-P ,” jelasnya.

"Instansi vertikal itu semestinya cukup dibiayai dengan anggaran-anggaran yang dari pusat, jangan lagi membebani anggaran daerah seperti APBD dan APBD-P, gunakanlah uang daerah itu sebaik mungkin dan secara efektif dan efisien jangan di foya-foyakan," tegas Syarifuddin.

"Tidak perluhlah daerah juga ikut  memikirkan instansi vertikal, karena hal-hal itu menurut kita cukup menguras uang daerah, untuk ke depannya, kita minta pemerintah daerah fokus untuk pembangunan skala prioritas yang menyentuh kemasyarakat. Karena akses jalan, sarana pendidikan dan kesehatan kita masih banyak kekurangan dan masih perlu di benahi," bebernya.

"Masyarakat kita saat ini masih butuh itu, apa tidak lihat keluhan masyarakat selama ini dan kita minta juga kepada instansi vertikal juga  untuk memahami itu, selain itu kita beharap instansi vertikal dan pemkab bisa memahami itu semua, jangan memaksakan kehendak, pikirkan kepentingan masyarakat," tandasnya. (Sabri)

- Advertisement -

H Al Haris: Merangin Segera Miliki UKK Imigrasi

MERANGIN - Kabupaten Merangin akan segara memiliki Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi. Hal tersebut ditegaskan Bupati Merangin H Al Haris, usai menerima kunjungan kerja Kepala Devisi Keimigrasian Kanwil Kemenkum HAM Jambi Ny Morina Harahap bersama rombongan di ruang kerjanya, Selasa (14/7).

Bupati didampingi Wabup Merangin H Mashuri mengatakan, di Kabupaten Merangin ada juga tenaga kerja asing. Makanya ini harus diawasi betul, jangan sampai tenaga asing itu masuk ke wilayah Kabupaten Merangin tanpa ada pantau dari pihak terkait.

‘’Kabupaten Merangin dekat dengan Bandara Bungo dan letak geografisnya berada diperlintasan Jalan Lintas Sumatera, dimana volume orang dan barang yang melintasinya juga meningkat. Penduduk Kabupaten Merangin masuk tiga besar di Provinsi Jambi,’’terang Bupati.

Menyinggung apa yang sudah disiapkan untuk pendirian UKK Imigrasi? Dijelaskan bupati, untuk proses administrasinya sudah siap semua. Bahkan dokumen administrasi itu sudah dikirim ke Dirjen Imigrasi Kemenkum HAM.

‘’Kami sudah siap 100 persen. Jika nanti masih ada yang harus dilengkapi, akan segara kami siapkan. Saya juga siap untuk audiensi dengan Dirjen, membawa data pendudung untuk pembangunan UKK Imigrasi ini di Merangin,’’terang Bupati dibenarkan Wabup.

Bagaimana dengan fisik gedung rencana kantornya? Diterangkan bupati, Kepala Devisi Keimigrasian Kanwil Kemenkum HAM Jambi Ny Morina Harahap bersama rombongan dengan Wabup Merangin H Mashuri tadi telah memantau langsung lokasi rencana kantornya.

‘’Kita akan gunakan Kantor Samsat, karena di sana lokasinya cukup memadai, baik gedung, lahan parkir dan jaringan internetnya sudah siap pakai. Untuk Samsat nanti akan kita pindahkan ke lokasi lebih luas di eks Kantor Kehutanan Merangin,’’jelas Bupati kembali dibenarkan Wabup.

Sementara itu Kepala Devisi Keimigrasian Kanwil Kemenkum HAM Jambi Ny Morina Harahap mengatakan, kunjungan kerjanya ke Kabupaten Merangin bersama rombongan, untuk berkoordinasi dengan bupati terjadap permohonan pendirian UKK Imigrasi.

‘’Selain itu kami untuk meninjau rencana lokasi UKK Imigrasi di Merangin. Kami juga ingin tahu sejauh mana persiapan Kabupaten Merangin dalam pendirian UKK Imigrasi ini. Kita juga  berencana memanggil semua manager perusahaan di  Jambi untuk sosialisasi peraturan Imigrasi,’’terang  Ny Morina Harahap.

Pada kesempatan itu, Kepala Devisi Keimigrasian Kanwil Kemenkum HAM Jambi mengaku, sangat berterimakasih atas kesiapan dan respon yang sangat baik sekali dari Bupati  Merangin H Al Haris bersama Wabup H Mashuri terhadap rencana pendirian UKK Imigrasi di Merangin tersebut.

Tetap Produktif, Begini Cara Anies Baswedan Isi Waktu Dihari Pertama Isolasi Mandiri

JAKARTA (SR28)- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan pada hari ini (Rabu 2 Desember 2020) memulai isolasi mandirinya setelah dinyatakan Covid-19 dihari sebelumnya.

Hal tersebut dilakukan Anies melalui siaran langsung di akun Instagramnya untuk mengabarkan kondisinya setelah dinyatakan positif Covid-19 pada Rabu pagi (2 Desember 2020). Ia melakukan isolasi mandiri di Rumah Dinas Gubernur DKI Jakarta di depan Taman Surapati, Jakarta Pusat.

"Selamat pagi, assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat pagi sekali lagi buat semuanya. Sekarang Rabu pagi di sekitar jam 9.35. Saya masih di rumah dinas menjalani isolasi mandiri, ini lagi mau Live IG sendiri pertama kali. Jadi kalau nanti ada salah-salah dimaklumi ya," katanya

Anies Baswedan memilih tetap mengikuti hari-hari dimasa isolasinya dengan  aktivitas pemerintahan yang sehari-hari dijalaninya.

"Keluar sebentar, buka pintu jendela biar udara segar, terus mulai olahraga, stretching, jogging sedikit, semua dikerjakan di area taman yang ada di sini," ujarnya.

Pada pukul 10 pagi tadi, Anies juga telah mengikuti kegiatan IKON dan memimpin rapat mengenai pertanahan di Jakarta.

"Tadi pagi sudah mulai urusan kantor, nanti siang juga akan ada rapat, semua kegiataan perkantoran jalan terus, mudah-mudahan semua lancar," tutupnya

Pemantauan Malam Natal Di Kota Jambi, Walikota Pastikan Kondusif

KOTA JAMBI - Forkopimda Kota Jambi melakukan pemantauan malam natal ke sejumlah lokasi di wilayah Kota Jambi, Kamis malam. Uniknya, para pemimpin...

Kecelakaan Maut di F1 Bahrain, Mobil Meledak Terbelah Dua

BAHRAIN - Romain Grosjean mengalami kecelakaan mengerikan pada gelaran F1 Bahrain malam tadi. Pebalap Tim Haas itu nyaris tewas dalam insiden tersebut, untungnya dia selamat. Api besar membakar VF-20 milik Grosjean. Dari udara terlihat kalau mobil tersebut terbelah dua nyaris tepat di tengah, memisahkan bagian depan dan belakang.

Latest News

Ini Pertimbangan Hakim Tolak Praperadilan Habib Rizieq

JAKARTA - Hakim Akhmad Sahyuti menolak gugatan praperadilan yang diajukan Habib Rizieq Shihab terkait penetapan tersangka kasus pelanggaran kekarantinaan kesehatan dan penghasutan kerumunan di Petamburan, Tanah...

BREAKING NEWS:Black Box Sriwijaya Air SJ182 Ditemukan!

JAKARTA - Black box atau kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ182 ditemukan. Kotak hitam itu kemudian dibawa ke daratan. Seperti dikutip dari Antara,...

Tak Layak Masuk Dalam Pemiliharaan, Aktivis Endus Dugaan Korupsi Uang Negara Di Pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tanjabbar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Terkait hasil kerja pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tingkat Provinsi Jambi yang berada di Desa Tungkal 1 (Satu)...

Di Akhir Jabatannya, Bupati Safrial Resmikan Proyek Fisik Infrastruktur 2016-2020

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr. Ir.H.Safrial didampingi Wabup Drs. H. Amir Sakib, Senin (11/01/21) kemarin di Laman Orang...

Yuk Intip, Ini Daftar Kekayaan 5 calon Kapolri

JAKARTA (SR28)- Perrgantian Kapolri direncanakan akan rampung pada akhir Januari 2021 ini. Sederet nama pun mulai muncul ke publik, mulai dari petinggi...

Music

Presiden BEM UNJA Sebut Akan Ada Gelombang Demonstrasi Lanjutan Penolakan UU Ciptaker

JAMBI (SR28)- Pengesahan RUU Cipta Kerja oleh DPR RI beberapa waktu lalu terus menimbulkan protes dari berbagai elemen. Padahal salah satu poin yang terus didesak adalah agar Presiden Jokowi tidak mengesahkan draf yang telah diketuk palu oleh DPR RI tersebut. Kendati demikian, Presiden Jokowi tidak bergeming. Senin (2/11) dia resmi menandatangani draf yang kontraversi tersebut.

Penandatanganan tersebut ternyata langsung disambut dengan uji materiel yang diajukan oleh KSBI yang telah resmi didaftarkan perhari ini (Selasa 3 November 2020). Sebagai LSM yang fokus pada isu-isu buruh, KSBI berharap upaya ini bisa membuahkan hasil. Meskipun dari berbagai kalangan juga menilai upaya tersebut akan berujung sia-sia, mengingat pejabat yang ada di MK adalah produk dari partai penguasa.

Sejumlah upaya sebagai bagian dari respon telah disahkannya UU CILAKA ini oleh DPR dan Presiden juga muncul dari kalangan mahasiswa.

Kurnia Nanda misalnya, selaku penggerak demonstrasi yang beberapa waktu lalu sempat pecah di Kota Jambi menyebut jika arus protes dari mahasiswa semakin terasa baik dari almamaternya maupun dari kampus-kampus lain di Kota Jambi dan sekitarnya.

"Sebuah ironi yang menyayat hati. Dengan di sahkannya UU CILAKA sudah jelas mengoyak hati dan perjuangan semua elemen pemuda, mahasiswa, petani, buruh, LSM dan pelajar yang telah turun kejalan selama ini dalam menolak UU CILAKA. Pengkhianatan ini tak akan pernah usai jika terus di biarkan. Apakah suara rakyat hanya di cari saat pemilihan saja, bukankah suara rakyat sudah sepantasnya didengar, karena setiap keputusan yang di ambil pemerintah berefek pada rakyat. Ini tentu menjadi pukulan keras untuk kita renungi bersama untuk semua rakyat Indonesia" ungkap Kurnia Nanda, Presiden Mahasiswa BEM KBM UNJA 2020-2021.

Nanda juga menyebut jika aliansi BEM di Kota Jambi dan sekitarnya yang selama ini terkenal solid juga akan menggelar aksi seiring dengan eskalasi gerakan oleh BEM Seluruh Indonesia.

"Saya pribadi sebagai presiden BEM KBM UNJA akan mengajak semua teman-teman BEM sejambi, Cipayung serta semua elemen pemuda yang menolak UU CILAKA ini dan akan turun kejalan dalam menyuarakan aspirasi ini, karena sepertinya penyampaian secara tertulis dengan baik dan santun kepada pemerintah tak lagi berguna. Jika usul di tolak hak bicara di rebut maka tidak ada kata lain , LAWAN" tutup aktivis yang juga tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) ini.

Operasi Yustisi Perketat Protokol Kesehatan di Kota Jambi

KOTA JAMBI (SR28) - Pemerintah Kota Jambi kembali memperketat penerapan protokol kesehatan. Tindakan tersebut menyusul meningkatnya kasus baru positif Covid-19 dalam beberapa hari terakhir.

Sumber: JAMBI28 TV

Serapan Dana Desa di Jambi Masih Rendah, Baru 79 Persen

JAMBI - Rendahnya serapan anggaran penerimaan dan belanja daerah atau APBD Provinsi Jambi tahun 2020, juga menular ke rendahnya serapan dana desa yang dialokasikan peemrintah pusat untuk provinsi Jambi pada tahun 2020.

Pasalnya hingga awal November lalu, nilai serapan dana desa yang digelontorkan pemerintah pusat sebesar 1,2 triliun untuk Provinsi Jambi itu amsih bertengger di kisaran 79 persen.

Petugas Medis Positif Covid-19, Layanan IGD RSUD Abdul Manap Kota Jambi Sementara Ditutup

KOTA JAMBI (SR28) - Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) di RSUD Abdul Manap Kota Jambi ditutup hingga satu minggu kedepan. Penutupan layanan kesehatan bagi masyarakat tersebut lantaran tiga petugas IGD terkonfirmasi positif Covid-19.

Sumber: JAMBI28 TV

DPRD Tebo Setujui Ranperda Perubahan RPJMD

TEBO (SR28)-DPRD Kabupaten Tebo menyetujui dan menerima Rancangan Peraturan Daerah Tentang Perubahan atas Perda No. 6 Tahun 2017 tentang RPJMD Kabupaten Tebo Tahun 2017- 2022 menjadi Peraturan Daerah, Kamis (04/06/2020)..Hal tersebut disampaikan pada Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Tebo Dalam Rangka Penyampaian Laporan Bapemperda terhadap Ranperda Perubahan RPJMD yang diselenggarakan terpisah melalui konferensi video serta dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD, Syamsulrizal, SE., M. Si., dan Aivandri, AB..

Wakil Bupati Tebo, Syahlan, SH., dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam pandangan akhir tersebut terlihat semangat kebersamaan dalam pembangunan daerah ditengah pandemi proses tersebut dilakukan dengan semangat demokrasi..Beliau juga mengatakan bahwa RPJMD merupakan instrumen yang diarahkan untuk memecahkan masalah dan menjawab isu isu strategis yang akan dihadapi kedepannya. Substansi pokok di dalam perubahan tersebut adalah sasaran pembangunan dapat tercapai..

"Substansi perubahan RPJMD adalah agar sasaran pembangunan daerah Tahun 2021-2022 tercapai. Hal tersebut diawali dengan upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi yang ditandai peningkatan laju pertumbuhan ekonomi serta indikator lainnya seperti tingkat kemiskinan, pengangguran terbuka, indeks gini dan indeks pembangunan manusia." jelas beliau.

Diakhir sambutannya, Wabup Syahlan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung pelaksanaan pembangunan dengan mengawal dan mengevaluasi prosesnya untuk percepatan pembangunan menuju Tebo Tuntas 2022.

Jurnalis: Rd Ari

Culture

- Advertisement -

Syafril Nursal Hadiri Sidang Ujian Promosi Doktor

JAMBI  (SR28)- Calon Wakil Gubernur Jambi Syafril Nursal menghadiri sidang ujian promosi doktor bidang ekonomi, Sekjen Ikatan Alumni SMP Negeri 7 Kota Jambi Sesraria Yuvanda, Di ruang sidang prodi doktor Ekonomi Pascasarjana Universitas Jambi, Telanai Pura, Kota Jambi, Rabu 21/10/20.

Kehadiran Syafril Nursal selaku Ketua Ikatan Alumni SMP Negeri 7 Kota Jambi. Ia mengatakan kehadirannya untuk memenuhi undangan sahabat sejawatnya Sesraria Yuvanda. Syafril tampak datang lebih awal dari jadwal, ia tampak menyimak dan meperhatikan proses sidang disertasi tersebut dengan sesekali mencatat poin pentingnya.

"Alhamdulillah bisa memenuhi undangan sahabat saya Ibu Sesraria Yuvanda. Selamat kepada ibu Sesraria Yuvanda atas ujian promosi doktor bidang ekonomi," ujar Syafril sebelum sidang ujian dimulai.

Dalam Disertasinya, Sesraria Yuvanda yang juga dosen di Universitas Muhammadiyah Jambi ini mengangkat judul 'strategi pengembangan industri kecil menengah pangan unggulan di Provinsi Jambi'.

"Insya Allah pemikiran, ide dan gagasan beliau bisa bermanfaat untuk orang banyak, khususnya untuk masyarakat Provinsi Jambi," ujarnya.

Pelaksanaan ujian dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sampai berita ini di tayangkan, proses sidang ujian promosi doktor masih berlangsung. *

Langgar Aturan Kampanye, Bawaslu Copot Paksa Stiker-stiker Calon Gubernur Jambi

KOTA JAMBI (SR28) - Bawaslu Kota Jambi mencopot paksa puluhan stiker calon Gubernur Jambi yang terpasang di angkutan kota (Angkot). Hal tersebut lantaran melanggar pasal 26 PKPU Nomor 11 tahun 2020 tentang pemasangan APK di area publik termasuk angkot.

Wabup hadiri perjanjian kerja Kodim dan Kemenag Merangin

MERANGIN - Wakil Bupati Merangin H Mashuri sangat mengapresiasi Momerandum of Understanding (MoU) antara Kodim 0420/Sarko Dengan Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Merangin.

MoU tentang pembinaan kehidupan umat beragama secara sistematik, menyeluruh, integral dan integratif itu, ditandatangani Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah dengan Kepala Kemenag Merangin H Marwan Hasan.

‘’Jelasnya nanti kedua belah pihak akan saling  tukar menukar data dan informasi, yang berkaitan dengan tata kehidupan beragama di wilayah Kabupaten Merangin,’’ujar Wabup pada acara yang berlangsung di Aula Kemenag Merangin itu.

Tak kalah penting terang wabup, pembinaan masyarakat dalam rangka mendeteksi dini dan cegah dini berkembangnya paham redikal. Diharapkan wabup, unsur Babinsa dan Penyuluh Agama mampu mendeteksi dini paham radikal itu.

Tidak hanya paham radikal tegas wabup, tapi juga paham-paham lain yang terindikasi menimbulkan gejolak di mayarakat, sehingga keamanan, kenyamanan , keutuhan Negara Kesatuan Republik  Indonesia ini terjaga dengan baik.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Merangin H Marwan Hasan menerangkan, kerjasama tersebut tindak lanjut dari MoU Korem 042 Garuda Putih Jambi dengan Kementerian Agama Provinsi Jambi beberapa bulan lalu.

Tampak hadir pada acara penandatanganan MoU itu, para pejabat di jajaran Kodim 0420/Sarko, seluruh Danramil di wilayah kerja Kabupaten Merangin, sebanyak 15 orang Babinsa dari masing-masing Danramil di wilayah kerja Kabupaten Merangin.

Selain itu dari Kemenag Merangin, seluruhpejabat di jajaran Kemenag Merangin dan para kepala Kantor Urusan Agama (KUA)  kecamatan dalam wilayah kerja Kabupaten Merangin.

- Advertisement -

Must Read

Fachrori Umar Support Budidaya Mangrove di Tanjung Jabung Barat

KUALA TUNGKAL (SR28) – Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar.M.Hum menegaskan bahwa hutan mangrove harus dilestarikan karena manfaatnya sangat penting, baik untuk menjaga ekosistem air dan fauna dalam ekosisten tersebut maupun manfaat terhadap udara, karena memiliki kemampuan menyimpan karbon 5 kali lebih baik dari hutan daratan, serta dapat mereduksi besarnya gelombang tsunami. Fachrori mengajak masyarakat dan semua pemangku kepentingan untuk bersama-sama melestarikan hutan mangrove. Hal tersebut disampaikan Fachrori dalam Peringatan Hari Mangrove se Dunia Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2020, bertempat di Pelabuhan Roro Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Senin (03/08/2020).Fachrori mengatakan, kegiatan penanaman mangrove dalam rangka Hari Mangrove se Dunia kali ini dilaksanakan di 10 provinsi di Pulau Sumatera yaitu Provinsi Jambi, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepualauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, dan Lampung. ”Penaman mangrove dipusatkan di Provinsi Bangka Belitung, yang akan dipimpin langsung oleh Bapak Presiden Republik Indonesia Ir.H.Joko Widodo dengan penanaman mangrove sebanyak 2.020 batang di setiap provinsi, yang melibatkan jajaran  pemerintah daerah dan kelompok tani,” kata Fachrori.Pada kesempatan ini Fachrori mengajak seluruh kelompok tani dan nelayan untuk ikut menggelorakan semangat menanam mangrove, untuk memberikan kontribusi dalam rehabilitasi dan pelestarian hutan mangrove di Provinsi Jambi.“Ekosistem mangrove merupakan sumber daya lahan basah wilayah pesisir dan sistem penyangga kehidupan dan kekayaan alam yang nilainya sangat tinggi. Untuk itu, perlu upaya perlindungan, pelestarian, dan pemanfaatan secara lestari untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar Fachrori.Fachrori mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi sangat menaruh perhatian akan kelestarian ekosistem mangrove, karena mangrove banyak memiliki fungsi dan manfaat, diantaranya pelindung erosi dan abrasi air laut, penyangga dan pencegah intrusi air laut, tempat berlindung dan berkembang biaknya berbagai jenis fauna dan biota laut, sumber pendapatan masyarakat, penyimpan karbon serta sebagai mitigasi bencana. ”Provinsi Jambi memiliki sebaran ekosistem mangrove seluas 9.347,61 hektar terdapat di Kabupaten Tanjung Jabung Barat seluas 4.165,65 hektar dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur seluas 5.181,99 hektar,” tutur Fachrori.Fachrori menjelaskan, dari hasil penelitian bahwa hutan mangrove memiliki kemampuan menyimpan karbon 5 kali lebih baik dari hutan daratan serta dapat mereduksi besarnya gelombang tsunami, maka ekosistem mangrove perlu tetap terus dipertahankan sebagai bagian dari upaya untuk menangani masalah lingkungan. ”Perlu kita sadari bahwa kebiasaan dalam keseharian kita yang turut menyebabkan kerusakan ekosistem mangrove diantaranya konservasi lahan menjadi area pengunaan lain, perambahan, pencemaran, perluasan tambak, serta praktek budidaya yang tidak berkelanjutan. Perubahan bentang lahan terutama menjadi tambak menyebabkan terlepasnya emisi karbon yang dapat berkontribusi dalam peningkatan suhu bumi,” jelas Fachrori.“Bagi daerah pesisir pantai yang panjang seperti Kabupaten Tanjung Jabung Barat, mangrove (bakau) sangat penting, selain untuk kelestarian ekosistem, juga berperan menjaga daratan jika gelombang besar, terutama tsunami yang ditakuti, melanda,” pungkas FachroriMenteri Lingkungan Hidup RI yang diwakili Staf Khusus Menteri LHK Bidang Koordinasi Jaringan LSM dan Analis Dampak Lingkungan Ir.Hanna Adiati,M,Si mengatakan, setiap tanggal 26 Juli diperingati sebagai Hari Mangrove se Duniia, dan Indonesia sebagai negara maritim dengan dua pertiga luas wilayahnya adalah lautan serta Indonesia memiliki luas hutan mangrove terbesar di dunia. “Luas bakau Indonesia menurut data pada tahun 2019 mencapai 3,31 juta hektar, dimana seluas 2,67 juta hektar atau 81 persen merupakan mangrove dalam kondisi baik. Sudah sewajarnya kita mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan rahmat yang terkandung dalam mangrove yang dikelola selama ini. Kerusakan mangrove disebabkan alih fungsi menjadi pemukiman, perkebunan, pertambangan ilegal, perkembangan infrastruktur percemaran limbah,” terang Hanna Adiati.Hanna Adiati menjelaskan, hutan mangrove sangat mendukung upaya penurunan emisi gas (gas rumah kaca) rumah tangga penyebab perubahan iklim, untuk itu perlu langkah-langkah untuk pencegahan kerusakan mangrove yang lebih luas supaya dapat dipulihkan secara efisien dengan rutin penanamannya. “Kita menyelenggrakan penanaman ini bertujuan agar masyarakat khususnya di Tanjung Jabung Barat menjadi sadar akan pentingnya menjaga  hutan mangrove yang merupakan benteng pertahanan terhadap potensi bencana, dan sekaligus menjaga ekosistem darat dan laut,” pungkasnya.Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr.Ir.H.Safrial,MS menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat bersama-sama Forkopimda setiap tahunnya selalu mengadakan penanaman mangrove (tanaman bakau) sebagai pelindung bagi hewani. Ada tiga manfaat hutan mangrove di Tanjung Jabung Barat: pertama, tempat pelindungan udang ketak, kedua tempat berkembang biaknya kerang, dan ketiga tempat berkembang biaknya kepiting“Selama ini, hutan mangrove ini ditebang, dijadikan arang untuk dijual sebagai penambah ekonomi masyarakat, tapi sekarang sudah dilarang selama 3 tahun ini. Kita harus melestarikan hutan mangrove ini karena banyak manfaatnya” ujar bupati. Danrem 042/Garuda Putih, Brigjen TNI M.Zulkifli turut hadir dalam acara tersebut.

Humas Pemprov Jambi

Pjs Gubernur Jambi Didesak Mundur Oleh 6 Organisasi Mahasiswa Terbesar di Indonesia

JAMBI (SR28)- Pjs Gubernur Jambi Restuardy Daud didesak mundur dari jabatannnya oleh aktivis mahasiswa yang tergabung dalam kealiansian Cipayung Plus. Desakan itu disampaikan secara langsung  oleh perwakilan masing-masing organisasi Cipayung Plus pada Kamis sore (22/10) di markas DPD IMM Jambi melalui tajuk konferensi pers.

Secara kronologis, para aktivis mahasiswa ini merasa telah dibohongi oleh Pjs Gubernur Jambi terkait demonstrasi UU Omnibus Law pada tanggal 12 Oktober lalu. Kala itu Asisten 1 Gubernur Jambi A.Pani didampingi Karo Humas Johansyah menyatakan jika Pemerintah Provinsi Jambi akan menyurati Presiden Jokowi agar membatalkan pengesahan UU Omnibus Law.

“Kami dari OKP yang telah melakukan aksi turun di jalanan juga mencoba melakukan pertemuan atau dialog dengan Pihak Pemprov dalam hal ini Pjs. Gubernur Jambi Restuardy Daud pada tanggal 20 oktober 2020. Waktu itu kami bertemu  asisten 1 Pemprov Pak Pani dan Kepala Biro Humas Pemprov Pak Johansyah” Ungkap Nurhasan Dani dalam keterangan persnya, Kamis 22 Oktober 2020.

Dani melanjutkan jika para mahasiswa menjadi kesal saat mengetahui janji yang telah disampakan oleh Pemerintah Provinsi Jambi dianulir oleh Pjs Gubernur Jambi.

“Hasil pertemuan itu, bahwa Pak Restuardi selaku Pjs Gubernur Jambi berjanji akan menyurati Presiden besoknya pada tanggal 21 paling lama pukul 12.00 wib siang, dala kata lain meneruskan aspirasi masyarakat jambi baik mahasiswa, OKP dan buruh ke Presiden RI. Setelah besoknya, keputusan tersebut di anulir pihak pemprov melalui pak johansyah, dan tidak menepati janjinya. Inkonsistensi dari pihak pemprov ini bagi kami merupakan salah satu bukti nyata bobroknya birokrasi pemerintah Provinsi Jambi ini” Tambah Dani.

Berangkat dari hal itulah hari ini 5 organisasi mahasiwa yang tergabung dalam aliansi Cipayung Plus menyatakan kekecewaannya Pjs Gubernur Jambi Restuardy Daud. adapun 6 organisasi yang tergabung dalam aliansi Cipayung plus itu adalah PW Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Jambi, DPD Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), PKC Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jambi, Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Jambi, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Jambi, dan Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Jambi

Berikut pernyataan resminya:

Pernyataan sikap bersama Aliansi Cipayung Plus

  1. Dengan tegas menolak UU Omnibuslaw

2. Kami mengutuk keras tindakan represif pihak keamanan kepada para demonstran

3. Meminta Pjs Gubernur Jambi untuk mundur dari jabatannya karna tidak memiliki integritas tidak mampu mengayomi masyarakat jambi

4. Kami menyampaikan mosi tidak percaya kepada pihak Pemerintah Provinsi Jambi dalam hal ini Pjs Gubernur Jambi yang cendrung abai, tidak aspiratif dan inkonsisten dalam perkataannya. masyarakat tidak butuh pemimpin seperti beliau , kami menuntut Pak Restuardy selaku Pjs Gubernur Jambi supanya mengundurkan diri.

5. Kami pastikan pengesahan UU Omnibuslaw ini kami OKP Cipayung akan terus melakukan konsolidasi untuk menolak UU Omnibuslaw sampai tuntas, terutama di provinsi jambi

6.  Tidak ada yang bisa membungkan suara mahasiswa terkecuali Tuhan

Sapi Presiden Jokowi “Puang Tedong” Mengamuk, Warga Ketakutan

SULAWESI BARAT- Di Polewali Mandar, Sulawesi Barat warga kuwalahan menghentian sapi kurban milik Presiden Jokowi yang mengamuk saat hendak dipindahkan. Sapi yang diberi nama Puang Tedong ini terus menyeruduk benda disekitarnya hingga membuat warga sekitar ketakutan.

Puang Tedong yang memiliki berat 1,2 ton tersebut mendadak mengamuk saat dikeluarkan dari kandang dan ingin dipindahkan ketempat pemotongan kurban di di Pasangkayu, Sulawesi Barat, Senin (27/7/2020).

Puang Tedong seakan tidak kehabisan tenaga, selama 2 jam ia terus mengamuk dan membuat warga sekitar berhamburan lari menyelamatkan diri. Namun reaksi yang berbeda ditunjukan Rahman, si pengasuh puang tedong dari kecil. Menurut Rahman Puang Tedong hanya kaget dan tahu akan dipindahkan, Puang akan tenang dengan sendirinya.

"Puang Tedong hanya ketakutan, tak apa-apa" Ujar Rahman

Rahman yang telah mengasuh Puang lebih dari 4 tahun ini juga turut sedih karena Puang yang kini beratnya telah mencapai 89 kg harus dipotong saat Idul Adha nanti. Namun ia juga berbangga hati dan bahagia karena Presiden Jokowi memilih sapinya untuk menjadi hewan kurban.

"Saya sedih karena sapi kesayangan saya tak akan pernah lagi bertemu untuk selamanya. Tapi saya juga bangga karena jerih payah saya mebesarkannya selama empat tahun lebih bisa dilirik orang nomor satu di Indonesia ,” Ujar Rahman

Akhirnya setelah 2 jam Puang Tedong berhenti mengamuk dan diantarkan langsung oleh Rahman ke tempat pemotongan hewan.

Masyarakat Antusias Berburu Uang Pecahan Rp.75.000 Untuk Koleksi

KOTA JAMBI - Rilisnya pecahan senilai 75 ribu rupiah dalam rangka HUT RI ke 75 disambut tingginya animo masyarakat Jambi untuk melakukan penukaran.

Sumber: JAMBI28 TV

KPK Tegur Pemkot Jambi, 12 Hotel dan Restoran Menunggak Pajak Hingga Milyaran

JAMBI (SR28) - Permasalahan pajak hotel dan restoran di Kota Jambi menjadi sorotan KPK. Berdasarkan data, ada 12 pelaku usaha yang menunggak pajak dengan nominla hingga ratusan bahkan milyaran rupiah.

Sumber: JAMBI28 TV

Seluruh Objek Wisata di Jambi Kembali Diizinkan Beroperasi

JAMBI - Seluruh objek wisata di Provinsi Jambi sudah diizinkan utuk kembali beroperasi. Namun, izinnya sendiri akan dikeluarkan oleh Satgas Penanganan Covid-19 kabupaten Kota dengan syarat penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Lifestyle Magazine

Merinding! Makna Ibadah Haji dalam Persatuan Umat

Salah satu tujuan disyariatkan ibadah haji,yakni sebagai ajang berkumpulnya umat Islam dalam jumlah sangat besar pada waktu yang sama, di tempat yang sama dan melakukan hal yang sama, dengan pakaian yang sama, dan tujuan dan seruan yang sama, yakni:

“Labbaik Allahumma labbaik. Labbaik laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni’mata laka wal mulk laa syarika lak (Aku penuhi panggilan-Mu, ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan kerajaan bagi-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu).”

Amalan-amalan haji yang sangat agung ini mampu menyatukan segala perbedaan warna kulit, bahasa, asal negara, tingkat sosial, dan lain-lain. Juga,mampu menyatukan semuanya dalam satu kesatuan, sehingga semuanya merasa sebagai satu umat sebagaimana yang dikehendaki Allah, bukan berbagai umat seperti yang diinginkan musuh-musuh mereka.

Bawaslu Jambi Ingatkan Paslon Serahkan Laporan Penggunaaan Dana Kampanye

JAMBI - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jambi minta seluruh pasangan calon kepala daerah di Jambi baik itu Gubernur, Bupati maupun Walikota untuk tidak lupa melaporkan setuap detil penggunaaan dana kampanye.

Pelaporan penggunaan dana kampanye tersebut, wajib dilakukan oleh seluruh paslon pilkada Jambi sebagai bentuk salahs atunya upaya mewujudkan akuntabilitas pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020.

Pj Sekda Buka Rakor Karhutla

MERANGIN - Pj Sekda Merangin H Hendri Maidalef membuka rapat koordinasi (Rakor) pencegahan dan penangulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Merangin 2020 di Aula Bappeda Merangin, Rabu (22/7).

Dikatakan Pj Sekda, butuh peran serta semua lapisan masyarakat untuk pelaksanaan Karhutla. ‘’Mari bersama-sama kita jaga keutuhan hutan dan lahan kita dari kebakaran,’’pinta H Hendri Maidalef.

Untuk itu Pj Sekda minta, masyarakat untuk tidak membakar sampah sembarangan, apalagi membuka lahan dengan sistem membakar. Hal ini akan sangat membahayakan, pelakunya akan dikenakan sanksi hukum.

Sementara itu, Dandim 0420 Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis, selaku pimpinan Rakor Karhutla, mengajak semua eleman masyarakat  bersama-sama,  baik Pemerintah maupun pihak swasta, membantu dan mencegah Karhutla di Bumi Merangin.

‘’Karhutla adalah tugas kita semua. Kita sadar sarana dan prasarana yang kita miliki, banyak kelemahan. Oleh karena itu kita sangat berharap pihak swasta bisa ikut aktif dalam membantu kita,’’ujar Dandim.

Sedikit saja terdapat titik api di kawasan Kabupaten Merangin yang cukup luas ini jelas Dandim, akan terpantau oleh Satelit, sehingga dengan cepat masyarakat nasional dan internasional bisa tahu di Merangin ada titik api.

Fachrori Umar Resmikan Laboratorium PCR Covid-19 dan Unit Transfusi Darah RS Raden Mattaher Jambi

JAMBI (SR28)- Guna mempercepat penanganan penyakit yang diakibatkan virus corona atau Covid-19, Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum meresmikan Laboratorium Biologi Molekuler dan Gedung Unit Transfusi Darah Rumah Sakit (UTDRS) di RSUD Raden Mattaher, Selasa (22/9/2020). Dengan diresmikannya laboratorium tersebut, Pemerintah Provinsi Jambi resmi memiliki Laboratorium PCR (Polymerase Chain Reaction) untuk uji Swab Covid-19.  Langkah ini merupakan upaya Gubernur Jambi dan jajaran serta pihak terkait, mendorong percepatan penanganan Covid-19 di Provinsi Jambi.

Tampak mendampingi Gubernur, Plt.Kepala Dinkes Provinsi Jambi  Refrizal, Direktur Utama RSUD Raden Mattaher dr.Ferry Kusnadi, SpOG. Tampak hadir pula Danrem 042/GAPU, Brigjen TNI M.Zulkifli.

Gubernur berharap, adanya Laboratorium Biologi Molekuler ini, bisa mempercepat tracing (penelusuran) penyebaran Covid-19, meningkatkan kinerja, dan dengan cepat mendiagnosa penyakit, khususnya Covid-19.Gubernur menjelaskan, upaya secara medis harus dimaksimalkan, dengan peralatan dan sebagainya. Tak hanya itu, Gubernur pun berharap agar masyarakat tetap punya kesadaran untuk mematuhi protokol Kesehatan Covid-19.

“Pemerintah  Provinsi Jambi mengucapkan terima kasih kepada Plt.Kadis Kesehatan dan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Raden Mattaher yang telah menyiapkan gedung dan laboratorium biologi molekuler coronavirus dan juga gedung unit Transfusi Darah. Keberadaan gedung ini mempermudah masyarakat untuk mendapat darah tepat waktu dan memudahkan penanganan kasus Covid-19 di Provinsi Jambi,” kata gubernur.

Gubernur mengungkapkan, akhir bulan Juli lalu terjadi lonjakan kasus Covid-19 dan per tanggal 20 September 2020 terdapat 386 jumlah kasus di Provinsi Jambi, serta menerangkan beberapa upaya dalam percepatan penanganan wabah Covid-19 antara lain disediakannya Bapelkes sebagai rumah isolasi mandiri dan penambahan ruang isolasi Rumah Sakit Raden Mattaher Jambi, sebagai salah satu rumah sakit rujukan pasien Covid-19 Provinsi Jambi. Gubernur mengharapkan peresmian laboratorium Biologi Molekuler  ini dapat meningkatkan kapasitas pemeriksaan sampel uji swab per hari dan memperpendek antrian pemeriksaan sampel sehingga dapat mempermudah kerja tim gugus tugas dan gerak cepat dalam penelusuran kontak  untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Tidak saja laboratorium biomolekuler saja  yang diresmikan hari ini tetapi juga Gedung Unit Transfusi Darah RS Raden Mattaher Jambi. Iini merupakan bentuk komitmen untuk mewujudkan pelayanan transfusi darah yang aman, tepat waktu, sesuai dengan standar.  Keberadaan UTDRS ini diharapkan pula dapat memenuhi ketersediaan darah dan memudahkan pasien untuk mendapat darah, khususnya pada keadaan darurat,” tutur gubernur.Gubernur berpesan kepada seluruh jajaran Rumah Sakit Umum Daerah  Raden Mattaher Jambi termasuk pemeriksaan laboratorium yang akan semakin banyak, agar tetap bekerja ikhlas dan maksimal, memberikan pelayanan prima yang dimulai dari kemampuan, sikap, penampilan,  perhatian,  tindakan dan tanggung jawab.Direktur Utama RSUD Raden Mattaher dr.Ferry Kusnadi, SpOG menyampaikan, peresmian Gedung Unit Transfusi Darah Rumah Sakit dan Laboratorium Molekuler dapat meningkatkan semangat dan kinerja seluruh jajaran RSUD Raden Mattaher.

“Dengan adanya laboratorium Biologi Molekuler ini, Rumah sakit Raden Mattaher sudah dapat melakukan PCR, tes cepat molekuler untuk penanganan diagnose Covid-19. Dan dengan adanya gedung unit transfusi darah yang sesuai dengan standar tipe B, maka kita dapat mengambil komponen darah tertentu, dan uji saring. RSUD juga memiliki satu buah unit mobil dengan alat transfusi darah lengkap,” ujar Ferry (HUMAS)

Sambut Kunker Danlanal Palembang, Bupati Paparkan Program Strategis Kemaritiman

KUALA TUNGKAL (SR28) - Sambut langsung Kunjungan Kerja Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Palembang, Kolonel Laut (P) Filda Malari, CTMP di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial MS  memaparkan capaian dan programnya dalam bidang kemaritiman, Kamis (17/09).

Dalam silaturahmi dan makan malam bersama Danlanal, Forkopimda dan Kepala OPD yang dilaksanakan di Rumah Dinas Bupati itu, Bupati juga sampaikan secara singkat tentang Kabupaten Tanjab Barat serta program-program yang telah dilaksanakan terutama di bidang kemaritiman.

"Kabupaten Tanjung Jabung Barat berada di pesisir timur dan sekaligus menjadi pintu gerbang laut Provinsi Jambi. Terdiri dari berbagai kultur etnis dan agama, namun tetap hidup berdampingan dengan damai. Kami punya kelurahan kerukunan umat beragama dan kampung pancasila," ujar Safrial mengawali sambutan.

Lanjut Bupati,"Sebagai sekretariat pengelolaan pantai timur sumatera kami juga gerakkan daerah pesisir timur untuk menanam mangrove. Pada tanggal 26 Juni 2020 juga sudah diresmikan penggunaan gedung baru Pos TNI AL Kuala Tungkal sekaligus penyerahan simbolis Barang Milik Daerah (BMD) dari Pemkab Tanjab Barat ke Pangkalan TNI AL Palembang senilai 1,9 milyar," tambahnya.

Bupati Safrial juga berharap rencana strategisnya untuk membangun Pangkalan TNI AL di Kuala Tungkal bisa terwujud.

"Mengingat letak strategis Tanjab Barat, kami berharap Bapak Danlanal dapat melakukan kanjian mendalam tentang rencana ini dan Pemkab siap mendukung rencana tersebut. Kami sudah siapkan lahan 2 hektar untuk Lanal dan 2 hektar untuk Bakamla," jelas Bupati penuh semangat.

Sementara Komandan Pangkalan TNI AL dalam sambutannya mengungkapkan kunjungan kerjanya ke Tanjab Barat karena Jambi merupakan bagian Lanal Palembang. Sebagai pejabat baru dirinya harus tahu wilayah yang jadi tanggung jawab Lanal Palembang. Dengan kunker ini Danlanal berharap bisa lebih dekat dengan pejabat di Tanjab Barat.

"Dengan kunker ini Lanal Palembang berusaha maksimal membangun negeri," ujarnya.

Turut hadir dalam jamuan makan malam bersama Danlanal, Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto, Kapolres AKBP Guntur Saputro, S.IK, MH, Sekda Ir. Agus Sanusi, M.Si, Kepala OPD lingkup Pemkab Tanjab Barat. (Sabri)

Video News

- Advertisement -

Pembangunan Jalan Kelurahan Tungkal Harapan Asal Jadi, Baru Seumur Jagung Sudah Retak dan Berlubang

KUALA TUNGKAL (SR28) – Pembangunan jalan atau peningkatan skala di kawasan Kelurahan Tungkal Harapan, Kecamatan Tungkal Ilir, KabupatenTanjung Jabung Barat oleh Dinas...

Bupati Sukandar Sampaikan Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2019

TEBO (SR28)- Bupati Tebo, Dr. H. Sukandar, S. Kom., M. Si., menyampaikan Nota Pengantar Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Tebo Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019 di Gedung DPRD Kabupaten Tebo, Senin (20/07/2020).

Pada sampaiannya, Bupati Sukandar memaparkan garis besar laporan keuangan Tahun 2019 berbasis Akuntansi Akrual yang terdiri dari anggaran pendapatan dan belanja daerah.Pelaksanaan APBD Tahun 2019 dapat tercermin dari hasil pemeriksaan BPK atas Laporan Keuangan Kabupaten Tebo. Adapun opini yang diberikan adalah Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).Opini WTP tersebut merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan untuk pengelolaan keuangan pemerintah daerah dan Pemkab Tebo telah meraihnya sebanyak lima kali berturut-turut.

Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik yang sejalan dengan amanah Permendagri Nomor 13 Tahun 2006. Nota pengantar Ranperda tersebut akan ditindaklanjuti oleh DPRD Kabupaten Tebo yang nanti akan disampaikan pada Rapat Paripurna penyampaian akhir Fraksi Fraksi yang ada di DPRD.

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Mazlan, S. Kom., dan Wakilnya Aivandri, AB serta diikuti Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Drs. Teguh Arhadi, MM., Staf Ahli Bupati dan Asisten Sekda, Instansi Vertikal, Kepala OPD dan Pimpinan BUMN/ BUMD.

Dilansir dari Humas Pemkab Tebo

Jurnalis Rd.Ari

Pemprov Jambi gencar Sosialisasi RPP Turunan UU Cipta Kerja

JAMBI - Diharapkan RPP yang merupakan turunan dari Undang-Undang Cipta Kerja itu, nantinya akan menyederhanakan dan mempermudah berbagai regulasi dalam penyelenggaraan perizinan di provinsi Jambi. Yang pada akhirnya adalah mempermudah masyarakat maupun dunia usaha untuk menciptakan lapangan kerja baru di provinsi Jambi.

Rangkuman Berita Pekan Ini 20 September 2020

JAMBI (SR28) - Sejumlah rangkuman berita terhangat sepanjang pekan ini dirangkum dalam program Jambi This Week edisi 20 September 2020.

JAMBI THIS WEEK EDISI 20 SEPTEMBER 2020

JAMBI THIS WEEK EDISI 20 SEPTEMBER 2020

Posted by JAMBI28 TV on Saturday, September 19, 2020
Sumber: JAMBI28.TV

Sapi Presiden Jokowi “Puang Tedong” Mengamuk, Warga Ketakutan

SULAWESI BARAT- Di Polewali Mandar, Sulawesi Barat warga kuwalahan menghentian sapi kurban milik Presiden Jokowi yang mengamuk saat hendak dipindahkan. Sapi yang diberi nama Puang Tedong ini terus menyeruduk benda disekitarnya hingga membuat warga sekitar ketakutan.

Puang Tedong yang memiliki berat 1,2 ton tersebut mendadak mengamuk saat dikeluarkan dari kandang dan ingin dipindahkan ketempat pemotongan kurban di di Pasangkayu, Sulawesi Barat, Senin (27/7/2020).

Puang Tedong seakan tidak kehabisan tenaga, selama 2 jam ia terus mengamuk dan membuat warga sekitar berhamburan lari menyelamatkan diri. Namun reaksi yang berbeda ditunjukan Rahman, si pengasuh puang tedong dari kecil. Menurut Rahman Puang Tedong hanya kaget dan tahu akan dipindahkan, Puang akan tenang dengan sendirinya.

"Puang Tedong hanya ketakutan, tak apa-apa" Ujar Rahman

Rahman yang telah mengasuh Puang lebih dari 4 tahun ini juga turut sedih karena Puang yang kini beratnya telah mencapai 89 kg harus dipotong saat Idul Adha nanti. Namun ia juga berbangga hati dan bahagia karena Presiden Jokowi memilih sapinya untuk menjadi hewan kurban.

"Saya sedih karena sapi kesayangan saya tak akan pernah lagi bertemu untuk selamanya. Tapi saya juga bangga karena jerih payah saya mebesarkannya selama empat tahun lebih bisa dilirik orang nomor satu di Indonesia ,” Ujar Rahman

Akhirnya setelah 2 jam Puang Tedong berhenti mengamuk dan diantarkan langsung oleh Rahman ke tempat pemotongan hewan.

HUT RI Ke 75, DPRD Tebo Gelar Paripurna Dengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI

TEBO (SR28) - DPRD Kabupaten Tebo menggelar sidang Paripurna dalam rangka Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI secara virtual, di Aula kantor DPRD Tebo, pada Jum'at (14/08/2020).

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Tebo, Mazlan, S. Kom didampingi Wakil I Aivandri, AB dan diikuti Anggota DPRD Kabupaten Tebo lainnya serta dihadiri oleh Bupati Tebo Dr.H.Sukandar dan Wabup Tebo Syahlan Arfan.

Suasana parpurna mendengarkan pdato kenegaraan

Dalam sambutannya pada sidang tersebut, Mazlan mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menjadikan HUT RI Ke-75 ini sebagai momentum instrospeksi diri dan mengisi kemerdekaan dengan hal yang positif.

"Pada peringatan HUT RI Ke-75 ini baiknya kita jadikan momentum untuk memperbaiki diri dan bersyukur karena kita bisa menikmati kemerdekaan. Rasa syukur tersebut diwujudkan dengan memberikan kontribusi nyata untuk perbaikan ditengah masyarakat." ujarnya.

Seluruh anggota DPRD Tebo gunakan mengikuti protokol kesehatan selama paripurna berlangsung

Sementara itu Presiden RI Joko Widodo pada Pidato Kenegaraan mengatakan meskipun peringatan pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya dikarenakan pandemi Covid-19, namun semangat untuk mengisi kemerdekaan harus semakin baik.

"Mari kita jadikan momentum musibah pandemi sebagai kebangkitan baru untuk melakukan lompatan besar di berbagai aspek. Inilah saatnya kita membenahi diri secara fundamental, melakukan transformasi besar," ajaknya.

Presiden Jokowi saat pidato kenegaraan dalam secara virtual


Selain itu, Presiden Jokowi juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjadikan krisis yang disebabkan pandemi ini dijadikan pembelajaran. Beliau mengibaratkan sebuah komputer dimana ketika ada kendala akan memiliki kesempatan mem- setting ulang semua sistemnya.

"Jangan sia - siakan pelajaran yang diberikan oleh krisis. Jangan biarkan krisis membuahkan kemunduran. Justru momentum Krisis ini harus kita bajak untuk melakukan lompatan kemajuan." tegasnya.

Bupati Tebo, Sukandar saat mengikuti pidato kenegaraan


Dalam rapat paripurna tersebut tampak hadir pula Sekretaris Daerah, Drs. Teguh Arhadi, MM, Unsur Forkopimda, Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati, dan Kepala OPD serta Bagian Lingkup Pemkab Tebo. (Tim Liputan)

- Advertisement -

Music

Gubernur Apresiasi Perjanjian Kerjasama IDI dan Polda Jambi Di Bidang Pelayanan Kesehatan

JAMBI (SR28) - Gubernur Jambi Dr.Drs.H. Fachrori Umar, M.Hum mengapresiasi perjanjian kerjasama antara Ikatan Dokter Indonesia wilayah Jambi dan Kepolisian Daerah Jambi dibidang pelayanan kesehatan dan praktik kedokteran. Pernyataan ini disampaikannya usai menyaksikan penandatanganan kerjasama antara IDI wilayah Jambi dan Kepolisian Daerah Jambi, Selasa (21/7) bertempat di hotel Shang Ratu.

Gubernur mengharapkan kerjasama ini mampu berkontribusi bagi pelayanan kesehatan dan penegakkan hukum dalam praktik kedokteran di Provinsi Jambi. Hadir pada kesempatan tersebut Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Shantyabudi, Ketua IDI Wilayah Jambi Dr. dr. H. Deri Mulyadi, sedangkan Ketua Umum PB IDI Dr. Daeng M.Faqih hadir secara virtual dari Jakarta.

“Saya sangat mengapresiasi penandatanganan perjanjian kerjasama Ikatan Dokter Indonesia dan kepolisian daerah, semoga agenda ini mampu berkontribusi bagi pelayanan kesehatan dan penegakan hukum dalam praktik kedokteran di provinsi Jambi sebagaimana kita ketahui bersama bahwa saat ini dokter di Indonesia termasuk provinsi Jambi menghadapi berbagai isu kesehatan baik dari masalah gizi, penyakit menular, hingga BPJS Kesehatan. Berrbagai masalah tersebut menjadi tantangan dokter untuk meningkatkan profesionalisme. Peningkatan profesionalisme ini tentu membutuhkan regulasi serta komitmen antara para pemangku kepentingan dalam menjalankan praktik kedokteran dan mendapat kepercayaan dari semua pihak. Beberapa kendala yang dihadapi juga dimana terdapat beberapa pelanggaran yaitu pelanggaran kode etik, pelanggaran disiplin dan pelanggaran hukum sehingga dibutuhkan proses hukum dan mekanisme kedisiplinan dalam praktek kedokteran, “ ujar Gubernur.

Dilanjutkan Gubernur melalui kerjasama Ikatan Dokter Indonesia wilayah Jambi dengan kepolisian daerah Jambi ini dapat memberikan solusi terkait masalah pelayanan kesehatan dan penegakan hukum dan praktik kedokteran di provinsi Jambi. “ Saya berharap berbagai bentuk kerjasama yang dilakukan dapat memberikan rekomendasi dalam proses penegakan hukum di provinsi Jambi, tentunya kesepakatan ini juga merupakan salah satu bentuk inovasi dari Ikatan Dokter Indonesia wilayah Jambi dan Kepolisian Daerah Jambi dalam membangun sinergi untuk mewujudkan dan menumbuhkan peran dalam masyarakat sebagai pelayan dan pengayom masyarakat. Semoga dengan dilaksanakannya kerjasama ini Ikatan Dokter Indonesia wilayah Jambi dan Kepolisian daerah Jambi dapat saling bertukar data dan informasi dalam rangka pelayanan kesehatan dan praktik kedokteran dengan tetap memperhatikan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan pada akhirnya saya berharap hasil kesepakatan ini dapat membantu pemerintah dalam berbagai bidang seperti pelayanan kesehatan, praktik kedokteran, bantuan pengamanan, penelitian dan pengembangan serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia” katanya.

Sementara itu Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Shantyabudi menyatakan bahwa bentuk kerjasama yang dilakukan dalam bidang, tukar menukar data dan/ atau informasi, Bidang Pembinaan (litbang, penyuluhan, rekrutmen atau seleksi), bidang operasional (pelayanan, kesehatan, praktek kedokteran, bantuan pengamanan dan penegakan hukum) serta meningkatan kapasitas sumberdaya manusia. “ Dengan penandatanganan diharapkan adanya koordinasi antara penegak hukum dan dokter termasuk di dalamnya petugas kesehatan. Oleh karena itu sering sekali saya sampaikan kepada semua yang saya bahwa jika ada yang telah kesepakan yang ditandatangani maka kita tidak lagi bicara tentang kaami tetapi kita, temui ditandatangani kita tidak lagi berbicara kami bicaranya kita. Kalau kita bicara kita, maka kita bersama-sama untuk membangun Indonesia. Hukum kesehatan akan terus berkembang dengan dinamika masyarakat, hukum kesehatan mengatur hubungan hukum dalam pelayanan kesehatan, dalam pelayanan kesehatan dokter, rumah sakit, puskesmas, tenaga kesehatan lain dengan pasien Ikatan Dokter Indonesia merupakan organisasi profesi yang mempunyai kode etik dan disiplin dalam pelayanan kedokteran sebagai sebagai aset bangsa yang perlu dibina dan dilindungi. Dan Polri dalam menjalankan profesinya mengalami berbagai tantangan sehingga memerlukan kerjasama dalam aspek pelayanan kesehatan, bantuan pengamanan dan penegakan hukum dalam praktik antara dua belah pihak untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan praktek kedokteran di provinsi Jambi” ujar Kapolda.

Dilanjutkan Kapolda Jambi bahwa Polda Jambi dan IDI selama ini sudah menjalin kerjasama dengan baik diantaranya pemeriksaan kesehatan, rekrutmen calon anggota Polri dan TNI/Polri. maupun bantuan tenaga dokter, tenaga kesehatan telah menjadi mitra untuk memberikan pelayanan dan fasilitas kesehatan tingkat pertama ini juga membantu kami. Oleh karena itu pada Jambi akan selalu memberikan perlindungan kepada para dokter dalam menjalankan tugas selaku penyelenggara kesehatan, kepada masyarakat selaku penerima layanan kesehatan. Polda Jambi juga berkomitmen untuk menjunjung tinggi yang berpedoman pada norma hukum dan kelembagaan Polri dalam penegakan hukum yang berkeadilan bagi dokter dalam menjalankan profesinya sesuai dengan peraturan dan prosedur operasional serta aturan etika profesi kedokteran” katanya.

Ketua IDI Wilayah Jambi Dr. dr. H. Deri Mulyadi dalam sambutannya menyatakan bahwa dengan kerjasama ini memberikan keyakinan bahwa pelayanan kesehatan di daerah tersebut akan semakin baik yang tentunya nanti akan berdampak kepada masyarakat secara baik dari segi pelayanan kesehatan. “ Tujuan dari kerjasama ini adalah bahwa yang pertama pasti bahwa pelayanan kesehatan harus diberikan perlindungan yang pasti memberikan perlindungan kepada masyarakat atau pasien, dan juga kepada yang memberikan memberikan pelayanan kesehatan tetapi juga secara substansi masalah regulasi juga akan memberikan perlindungan kepada antara lain dokte, petugas kesehatan yang lain, dan disitulah kita dalam kerjasama ini kedua-duanya ingin kita capai perlindungan kepada masyarakat maupun perlindungan kepada dokter atau tenaga kesehatan” ujar Deri.(Sidik)

Diikuti ratusan peserta, Forkompimda Tebo Sukses Gelar Upacara HUT RI ke 75

TEBO (SR28)- Bupati Sukandar Pimpin Upacara Peringatan HUT KemerBupati Tebo, Dr. H. Sukandar, S. Kom., M. Si., memimpin Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-75 yang diselenggarakan di Lapangan Upacara Kantor Bupati Tebo, Senin (17/08/2020).

Upacara berlangsung dengan hikmat meskipun berbeda dengan pelaksanaan upacara dari tahun tahun sebelumnya. Penyelenggaraan upacara menyesuaikan dengan kondisi pandemi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Bertugas sebagai Komandan Upacara Kapten Inf. Wahid Nurohim dan Petugas Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945 Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo, Sindi, SH., MH., serta pembacaan doa dipimpin Kakan Kemenag, Herman, S. Ag. MH.

Usai upacara dilakukan penyerahan  Piagam Penghargaan dari Panglima Komando Daerah Militer ll/ Sriwijaya yang diwakili oleh Dandim 0416/ BUTE Letkol Inf. Widi Rahman kepada Bupati Sukandar. Penghargaan tersebut merupakan apresiasi atas kerja sama dan dukungan dalam pelaksanaan tugas. Kemudian dilanjutkan penyerahan Sertifikat Tanah Pemda Kabupaten Tebo dan Sertifikat Redistribusi Tanah Objek dan Landreform yang secara simbolis diserahkan oleh Bupati Sukandar kepada Wakapolres Tebo, Ketua DPRD Tebo kepada Sekda Tebo, Kajari Tebo Kepada Kakan Kemenag Tebo, Dandim 0416/ BUTE kepada Perwakilan Desa Sumber Sari dan Kepala BPN Tebo kepada Perwakilan Desa Sapta Mulya.  Adapun peserta upacara pada kesempatan tersebut terdiri dari KODIM 0416/ BUTE, KOMPI Senapan B 142 (TNI-AD), Polres Tebo, Pejabat Eselon ll, lllA, dan lllB, Dinas Damkar dan Penyelamatan, Satpol PP, dan Dinas LH dan Perhubungan Kabupaten Tebo.Bupati Sukandar dan Wakil Bupati, Syahlan SH., diikuti Unsur Forkopimda, Sekda, Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati, Kepala OPD serta Pejabat Eselon lll Lingkup Pemkab Tebo seusai upacara mengikuti Upacara Peringatan Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-75 secara virtual dari Istana Negara.

sumber: Pemkab Tebo

Jurnalis: Rd.Ari

Kasus Baru Covid-19 Melonjak, Filipina Lockdown Lagi

MANILA - Filipina menjadi negara ke dua di Asia Tenggara, setelah Indonesia, dengan jumlah pasien positif dan kematian akibat dari COVID19. Minggu, 2 Agustus 2020, pemerintah Filipina mengumumkan ada 5.032 kasus baru yang terjadi dalam 24 jam.

Sehingga jumlah keseluruhan mencapai angka di atas 100.000 jiwa. Melihat grafik angka penambahan postif COVID19 di negaranya, Presiden Filipina Rodrigo Duterte, menyetujui akan memberlakukan lagi lockdown di ibu kota negera, Manila, selama dua pekan. Dimulai dari Selasa, 4 Agustus 2020 dan berakhir pada 18 Agustus 2020.

Sumber: JAMBI28 TV

Unjuk Rasa Jilid 3 Kembali Ricuh, Motor Petugas Kepolisian Dibakar Massa

JAMBI (SR28) - Aksi unju rasa berlanjut hingga petang, bahkan satu sepeda motor yang digunakan petugas kepolisian berhasil direbut paksa demonstran dan dibakar massa.

Sport News

Brakkk! Bus VS Truk Tangki Adu Kambing di Jalan Lintas Timur Jambi-Riau

KUALA TUNGKAL (SR28) - Kecelakaan lalulintas kembali terjadi di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, tepatnya dijalan lintas timur, Jambi-Riau tepatnya di Km 82 Merlung, Jum’at (25/9/20) kemarin. Kecelakaan terjadi antara Bus PT Kita Bersama tujuan Medan dengan Truk Tangki tujuan Jambi.

Akibat kejadian tersebut, 2 orang mengalami luka berat, sementara 6 lainnya luka ringan. Sedangkan bus beradu muka dengan truk tangki hingga kondisinya sama-sama rusak parah dan terpental melintang di tepi jalan.

Kapolres Tanjabbar AKBP Guntur Saputro melalui kasat Lantas IPTU Eko Sutoyo, SH membenarkan peristiwa itu.

"Kecelakaan antara bus Kita Bersama dengan Truck Tangki kejadian ini sekitar pukul 15.30 WIB di KM 82,” ujar Kasat saat dikonfirmasi via telpon.

Eko menyebutkan bahwa kronologi kejadian bus Kita Bersama tujuan Medan dari arah berlawanan. Saat kejadian kondisi jalan usai hujan sehingga kondisi jalan licin. Selain itu, kondisi jalan yang menanjak dan menikung juga menjadi salah satu faktor diduga terjadinya kecelakaan itu.

"Kondisi jalan agak licin dan menikung, dengan kondisi tak terkendali maka tabrakan pun tak terhindarkan lagi,” ujar Eko.

Akibat kecelakaan tersebut didapati korban 8 orang, 2 orang mengalami luka berat, 6 luka ringan. Korban telah dibawa ke tempat medis disekitar lokasi dengan menggunakan mobil ambulan. (Sabri)

Cegah Lonjakan Kasus Corona, Resepsi Pernikahan Ditiadakan Hingga Penutupan Area Publik Selama 2 Minggu

KOTA JAMBI (SR28) - Mengantisipasi ledakan kasus baru Covid-19. Pemerintah Kota Jambi akhirnya mengeluarkan kebijakan untuk menutup seluruh area publik dan tempat keramaian di Kota Jambi di Kota Jambi hingga 14 hari kedepan. Termasuk kembali memberlakukan jam malam.

Nonton berita menariklainnya di JAMBI28 TV

KPK Ingatkan Sanksi Pemecatan Bagi ASN di Jambi yang Terlibat Politik

JAMBI - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI mengingatkan agar seluruh aparatur sipil negara (ASN) di Jambi, untuk tidak ikut kegiatan politik para calon kepala daerah saat selama masa kampanye masih berlangsung.

KPK mengutarakan ada sanksi tegas yang dapat diberikan jika masih ada ASN di seluruh wilayah Jambi yang berani mengikuti kegiatan politik praktis para paslon Pilkada.

- Advertisement -

Wabup: Tujuh Intruksi Presiden di HUT Bhayangkara ke-74

MERANGIN - Pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-74, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, memberi tujuh intruksi penting sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas Polri.

Hal tersebut ditegaskan Wabup Merangin H Mashuri, usai mengikuti jalannya peringatan HUT Bhayangkara ke-74 secara virtual pada acara syukuran yang digelar Polres Merangin, Rabu (01/7).

‘’Ketujuh intruksi Presiden ini sangat penting. Tentunya nanti akan diteruskan oleh Kapolres Merangin Bapak AKBP M Lutfi kepada jajaran, sebagai abdi dan pengemban hukum di wilayah Kabupaten Merangin,’’ujar Wabup dibenarkan Kapolres Merangin.

Intruksi itu jelas wabup, pertama Polri diminta Presiden terus memegang teguh dan mengamalkan nilai-nilai luhur Tri Brata dan Catur Prasetya dalam setiap pelaksanaan tugas. Jaga kehormatan, kepercayaan dan kebanggaan sebagai anggota Polri.

Kedua, terus lakukan reformasi diri secara total. Bangun sistem dan tata kelola yang partisipatif, transparan dan akuntabel. Bangun kultur kerja Polri yang profesional, modern dan terpercaya. Ketiga, terus mantapkan soliditas internal.

‘’Tentunya juga harus memperkuat sinergi Polri dengan TNI dan seluruh elemen pemerintah maupun masyarakat untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks,’’sadur Wabup.

Keempat, terus terapkan strategi proaktif serta tindakan persuasif dan humanis dalam menangani masalah sosial yang terjadi di tengah masyarakat. Kelima, terus tingkatkan pelayanan publik yang modern dan profesional.

Lakukan penanganan hukum secara transparan dan berkeadilan, sehingga Polri semakin dipercaya masyarakat. Keenam, terus jaga kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan agar masyarakat produktif dan aman dari Covid-19.

‘’Ketujuh, Polri diminta Presiden harus ikut mendukung proses pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan Polri dengan penuh tanggung jawab,’’terang Wabup pada acara syukuran yang dihadiri para pejabat di jajaran Polres Merangin tersebut.

Belasan Santri di Ponpes Al Hidayah Jambi Positif Covid-19

KOTA JAMBI (SR28) - Sebanyak 16 santri di pondok pesantren Al Hidayah Kota Jambi terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan data yang telah dirilis satgas penanganan Covid-19 Provinsi Jambi.

H Al Haris: Semua Pasien Covid-19 yang Dirawat Sembuh

MERANGIN - Bupati Merangin H Al Haris memulangkan lima pasien Covid-19, setelah tim medis Rumah Sakit Daerah (RSD) Kol Abundjani Bangko menyatakan kelima pasien tersebut telah sembuh totol dan hasil Swab terakhir negatif.

Kelima pasien Covid-19 yang sebelumnya mendapat perawatan insentif dan sekarang dipulangkan dari rumah isolasi RSD Kol Abundjani Bangko pada Selasa malam (23/6) itu, JG (23), WI (16), AK (54), B (40) dan AHM (20).

Lima pasien Covid-19 yang dipulangkan itu jelas bupati, merupakan akhir dari sebanyak 21 pasien Covid-19 yang sebelumnya dirawat insentif di RSD Kol Abundjani Bangko. Artinya semua pasien Covid-19 Merangin sudah sembuh semua.

“Alhamdulillah, Allah memberikan kita keyakinan. Alhamdulillah pasien sembuh semua dan bisa berkumpul bersama keluarga. Saya juga bernazar kalau semua sembuh saya akan memotong kerbau,’’ujar Bupati.

Pada kesempatan itu, bupati mengucapkan terima kasih kepada tim medis RSD Kol Abundjani Bangko, Satgas Covid-19 Merangin dan semua pihak yang terlibat dalam menangani pasien Covid-19.

Selain itu, bupati juga mengungkapkan rasa maafnya kepada para mantan pasien Covid-19 Merangin, jika selama dalam perawatan terjadi berbagai kekurangan atau pelayanan perawat yang belum memuaskan.

Bila sampai berakhirnya wabah Corona dan Kabupaten Merangin benar-benar bersih dari virus Covid-19, tidak ada warga Merangin yang meninggal dunia karena Covid-19, bupati segara akan membayar nazar memotong satu ekor kerbau.

Bupati juga mengingatkan agar pasien Covid-19 yang sudah sembuh, agar tetap mengindahkan protokol kesehatan Covid-19, dengan selalu mengenakan masker, menjaga jarak dan selalu mencucitangan dengan sabun di air yang mengalir.

‘’Pertahankan apa yang menjadi acuan Pemerintah dalam penanganan Covid-19. Mudahan tidak ada lagi pasien Corona dan Merangin akan bersih serta bebas dari wabah Covid-19,”harap Bupati.

Walikota Jambi: Kepala Puskesmas Bisanya Jangan Cuma Merintah

KOTA JAMBI - Berdasarkan laporan, sejumlah Kepala Puskesmas hanya mau memberikan perintah ataupun arahan kepada tenaga medis yang bertugas. Apabila telah ditemukan pasien suspect Covid-19 berdasarkan pemeriksaan awal.

Walikota Jambi Syarif Fasha secara tegas meminta seluruh kepala Puskesmas untuk terjun langsung menangani pasien yang terindikasi terpapar Covid-19 berdasarkan pemeriksaan awal.

TV

Astaga! Kecanduan Filler Pipi, Bentuk Wajah Wanita Ini jadi Aneh

Wanita bernama Anastasiia Pokreshchuk ini, nekat melakukan injeksi filler sendiri di bagian wajahnya, demi menonjolkan tulang pipinya.

Namun, kecanduan Anastasiia terhadap injeksi filler itu malah membuat bentuk wajahnya jadi terlihat aneh. Tulang pipinya tampak begitu menonjol, tak seperti pada umumnya.

Walaupun terlihat aneh di mata banyak orang, namun wanita asal Ukraina ini mengaku sangat puas dengan penampilan wajahnya yang sekarang.

"Setelah aku mendapatkan injeksi filler dan aku melihat perubahan di pipiku, aku jatuh cinta dengan bentuknya. Aku suka pipiku, aku ingin bentuknya seperti itu dan aku sangat senang," ungkap Anastasiia, dilansir dari Daily Star.

Anehnya, Anastasiia nekat menginjeksi filler dengan bahan hyaluronic acid filler ke pipinya, tanpa pernah belajar ilmu kesehatan dan kedokteran.

"Aku sering menyuntikkan beberapa bagian di wajahku sendiri. Aku memahami bahwa terlihat aneh bagi orang lain tapi aku tidak memikirkannya," sambungnya.

Anastasiia mengaku, filler pipi yang dilakukannya seorang diri malah membuatnya jadi lebih percaya diri. Sebelum melakukan filler, Anastasiia mengaku sangat tidak percaya diri, ia bahkan malu untuk mengunggah foto di media sosial.

"Aku sangat malu dengan segalanya, suaraku, penampilanku. Aku bekerja keras untuk itu," jelasnya. (Indozone)

Pelaku Penganiayaan Tukang Bakso Ditangkap Polisi, Terancam 2 Tahun Penjara

KOTA JAMBI - Saat ini, pelaku telah diamankan di Polresta Jambi guna penyelidikan lebih lanjut. Dari pengakuan pelaku terungkap, ia mengaku menendnag korban hingga terpental lantaran kesal kepada korban karena memberi harga bakso lebih mahal dari biasanya.

Diakui pelaku, ia sebeleumnya memang telah menjadi langganan bakso mas Nasib sejak beberapa bulan terakhir. Usai ditangkap polisi, ia pun mnegaku menyesali perbuatannya.

Merinding! Makna Ibadah Haji dalam Persatuan Umat

Salah satu tujuan disyariatkan ibadah haji,yakni sebagai ajang berkumpulnya umat Islam dalam jumlah sangat besar pada waktu yang sama, di tempat yang sama dan melakukan hal yang sama, dengan pakaian yang sama, dan tujuan dan seruan yang sama, yakni:

“Labbaik Allahumma labbaik. Labbaik laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni’mata laka wal mulk laa syarika lak (Aku penuhi panggilan-Mu, ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan kerajaan bagi-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu).”

Amalan-amalan haji yang sangat agung ini mampu menyatukan segala perbedaan warna kulit, bahasa, asal negara, tingkat sosial, dan lain-lain. Juga,mampu menyatukan semuanya dalam satu kesatuan, sehingga semuanya merasa sebagai satu umat sebagaimana yang dikehendaki Allah, bukan berbagai umat seperti yang diinginkan musuh-musuh mereka.

TENANG

Oleh: Bahren Nurdin
(Akademisi UIN STS Jambi dan Direktur Pusat Kajian Demokrasi dan Kebangsaan)

Semua diharap tenang. Masa kampanye telah berakhir dan tahapan Pilkada serentak tahun ini mamasuki babak baru yaitu masa tenang. Ada tiga hari sebelum menunaikan hajat bersama ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) di sebut masa tenang. Hiruk-pikuk ‘jualan’ para pasangan calon (paslon) bersama tim sudah harus dihentikan baik secara ‘off line’ maupun ‘on line’.

Semua alat peraga harus sudah dibersihkan. Itu artinya seluruh ‘studio’ di jalan sudah harus tutup dan tidak ada lagi yang memajang foto-foto para perserta kontes. Sudah cukup waktu yang diberikan oleh Komisi Pelilihan Umum (KPU) untuk ‘jual’ tampang dan menawarkan program-program kepada ‘calon pembeli’. Termasuk alat kampanye online. Seluruh akun media sosial yang secara resmi didaftarkan kepada KPU sudah harus sign out. Tidak boleh diakses sama sekali.

Seharusnya hal ini juga dihormati oleh para tim sukses. Status-status di media sosial sudah tidak dibenarkan lagi berkampanye. Tidak boleh lagi menonjol-nonjolkan tim jagoanya. Kembalilah menulis statu-status yang menyejukkan. Unggahlah foto-foto selfie terbaik dengan senyum-senyum lebar yang tidak bersangkut paut dengan pilkada. Riang dan gembira. Pilkada tidak harus tegang, kan?

Jika selama masa kampanye beberapa bulan terakhir paslon dan tim sangat sedikit atau bahkan tidak –punya waktu untuk berkumpul dengan anak, isteri, dan keluarga, saatnya untuk pulang ke rumah. Saatnya berkumpul dan bersama. Ada waktu tiga hari untuk menarik nafas selebum nanti  naik ring yang sebenarnya. Begitu juga tim sukses yang harus ikut menenangkan diri. Usaha sudah dilaksanakan maksimal. Tinggal menunggu hasil. Yakinlah hasil tidak akan mengingkari usaha. Apa yang diusahakan itulah yang akan dihasilkan. Ups, jangan lupa ada juga kehendak Tuhan di sana. Maka, usaha harus pula dibingkai harap dan munajat kepada yang Maha pengambil keputusan.

Masa tenang merupakan hari-hari yang diberikan oleh KPU kepada para calon pemilih untuk menenangkan diri sehingga siap untuk mengambil keputusan. Calon pemilih selama ini sudah sangat banyak disuguhkan janji-janji dan program kerja para paslon. Saatnya menimbang-nimbang paslon mana yang akan dipercaya untuk mengemban amanah dan harapan. Menakar-nakar siapa yang mampu menepati janji. Mempelajari semua program dan strategi siapa yang jitu untuk membawa perubahan yang dijanjikan. Masa tenang inilah kesempatan.

Maka dari itu, hentikan segala bentuk provokasai apa lagi intimidasi kepada siapa pun di masa tenang ini. harus diingat pula, masa tenang tidak boleh digunakan untuk menghitung ‘amplop’ yang harus disebarluaskan.  Jika semua itu dilakukan, tentu saja sanksi hukum telah menanti. Tegas, siapa pun yang melanggar segala bentuk aturan yang telah ditetapkan dan diikat oleh undang-undang yang berlaku, harus mendapat hukuman. Termasuk, jika ada yang masih coba-coba berkampanye di masa tenang.

Akhirnya, masa tenang selama tiga hari ke depan tidak boleh ada yang membuat ‘kegaduhan’. Semua harus tenang. Jika selama kampanye ada yang ‘gila’ sekarang saatnya ‘waras’. Jika ada yang tidak bisa menahan lidah dan jarinya, saatnya menahan diri. Maka, jika KPU sudah menyatakan minggu tenang, TENANGLAH! Janganlah ada yang berkampanye lagi!.