Kamis, Januari 28, 2021

Gunung Merapi Kembali Erupsi, Keluarkan Awan Panas Guguran

YOGYAKARTA (SR28) - Gunung Merapi kembali erupsi pada 27 Januari 2021 siang. Jarak luncur awan panas mencapai 3 kilometer. Saat ini, Merapi di...

Jambi Kembali Terima 17.240 Dosis Vaksin Covid-19

JAMBI (SR28) - Berdasarkan rencana pemerintah Jambi, jumlah vaksin Covid-19 itu akan mulai di distribusikan ke 9 kabupaten kota lainnya yang belum...

Belum Ada Laporan Bencana, Status Provinsi Jambi Masih Kesiapsiagaan

JAMBI (SR28) - Berdasarkan pemantauan BPBD Provinsi Jambi, ketinggian muka air sungai Batanghari disejumlah daerah masih berada pada kisaran 12 hingga 13...

Sudah Ada 430 Pasien Covid-19 Tanpa Gejala Yang Dirawat Di Rumah isolasi Milik Pemprov Jambi

JAMBI (SR28) - Sejauh ini sedikitnya sudah ada 430 pasien yang dirawat di 2 rumah isolasi milik pemerintah provinsi Jambi itu sejak...

Technology

Bupati Merangin Lepas Santri Ilir Boyo Kembali ke Pondok

MERANGIN - Bupati Merangin H Al Haris melepas sebanyak 87 orang santri asal Desa Ujung Tanjung Simpang Parit  Kecamatan Renah Pembarap, kembali mengikuti proses belajar mengajar di Pesantren Ilir Boyo Jawa Timur, Senin (06/7).

Pada acara pelepasan santri mengunakan tiga unit armada bus dari Mushola Ujung Tanjung Simpang Parit tersebut, bupati berbangga anak-anak sudah bisa kembali belajar. Bupati pesan, agar para santri belajarlah yang rajin dan serius di negeri orang.

‘’Ketika istirahat di rumah makan nanti, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir. Tetap selalu memakai masker dan terapkan betul protokol kesehatan,’’pinta Bupati kepada para santri.

Bila sudah sampai pondok nanti lanjut bupati, anak-anak untuk tetap menjaga jarak dan selalu terapkan protokol kesehatan Covid-19. Jangan sampai ada anak Merangin yang sakit di negeri orang.

Diakui bupati, ketika para orang tua dan anak-anak tergugah untuk mendalami ilmu agama, sering sekali mengalami berbagai cobaan dan ujian. Tapi percayalah ujian dan cobaan itu, akan mendidik para santri dan orang tua untuk bersabar.

Termasuk terang bupati, cobaan wabah virus Corona. Namun demikian bupati mengharapkan tidak ada ujian, cobaan dan halangan yang terjadi untuk para santri asal Merangin tersebut.

‘’Saya berdoa, semoga anak-anak sekalian nanti bisa menjadi penerus para ulama ulama di daerah kita. Alhamdulillah virus Corona sudah mulai berkurang di daerah kita, sehingga nanti anak-anak di Merangin juga sudah bisa kembali sekolah,’’ujar Bupati.

Pada kesempatan ini bupati menyerahkan surat keterangan izin berangkat dari Dinas Perhubungan Merangin dan surat keterangan berbadan sehat dari Puskesmas, kepada pimpinan santri yang berangkat.

- Advertisement -

Sudirman Resmi Menjabat Sebagai Sekda Provinsi Jambi

JAMBI (SR28) - Dalam arahannya, Pjs Gubenrur Jambi Restuardy Daud meminta Sekda terpilih untuk dapat segera bersinergi dengan seluruh pihak. Bukan hanya dengan jajaran peemrintah Provinsi saja, tapi termasuk dengan jajaran pemerintah kabupaten kota serta instansi vertikal.

3 Daerah di Jambi Berstatus Zona Oranye Penyebaran Virus Covid-19

JAMBI (SR28) - Dari 11 wilayah kabupaten kota di provisni Jambi saat ini terdapat 3 wilayah yang amsuk sebagai zona oranye penyebaran Covid-19. 3 wilayah tersbeut yakni Kota Jambi, Kerinci dan Tanjung Jabung Barat. Akibat hal tersebut, Provinsi Jambi kini juga berlabel zona oranye (Sedang) penyebaran virus Covd-19.

Sumber: JAMBI28 TV

Ardy Daud Harap Semua Elemen Siap Hadapi Bencana

JAMBI (SR28) - Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi Restuardy (Ardy) Daud, mengharapkan agar seluruh elemen dan stakeholder (pemangku kepentingan) siap siaga menghadapi dan menanggulangi bencana, karena setiap bencana akan menimbulkan kerugian dalam berbagai bidang. Untuk itu, antisipasi sedini mungkin perlu dilakukan.

Hal tersebut disampaikannya saat memimpin Apel Gabungan Kesiapsiagaan Tanggap Darurat Menghadapi Bencana Hidrometeorologi (banjir, longsor dan angin puting beliung), Provinsi Jambi Tahun 2020, di lapangan depan Kantor Gubernur Jambi, Senin (26/10).

Apel diawali dengan pemeriksaan pasukan, peralatan, dan persiapan logistik oleh. Pjs Gubernur Jambi.

Ardy Daud menyampaikan, apel kesiapsiagaan menghadapi bencana hidrometeorologi dilaksanakan sebagai bentuk keseriusan dan kesiapan Pemerintah Provinsi Jambi dalam menghadapi dan mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana banjir, longsor dan angin puting beliung, sekaligus sebagai bentuk kepatuhan Pemerintah Provinsi Jambi dalam menyikapi Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 440/605/SJ tanggal 8 Oktober 2020 perihal antisipasi dan kesiapsiagaan menghadapi bencana dalam situasi pandemi Covid-19.

”Dalam surat edaran Mendagri tersebut, Pemerintah Daerah segera menyiapkan atau menyiagakan seluruh aparatur daerah dengan mengkoordinasikan dengan TNI, Polri, Basarnas dan instansi vertikal terkait, relawan kebencanaan, serta unsur masyarakat lainnya. Sebagai peningkatan kesiapsiagaan terhadap bencana, kita harus bersinergi dengan kesatuan tugas penanganan Covid-19 di daerah serta menyiapkan sarana dan prasarana yang diperlukan  dalam rangka siaga banjir, tanah longsor, dan risiko  akibat bencana lainnya, personil  sudah siap siaga,” ungkap Ardy Daud.

Pada kesempatan tersebut, Ardy Daud mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas kesiapan Kepala Kepolisian Daerah Jambi dan Komandan Korem 042/Garuda Putih Jambi berserta seluruh peserta apel.

Ardy Daud mengatakan bahwa momen apel ini untuk meningkatkan koordinasi dan sinergi dalam upaya penggulangan bencana hidrometeorologi yang meliput banjir, longsor dan agin putting beliung pada puncak musim hujan di Provinsi Jambi.

Paradigma penaggulangan bencana dewasa ini, lanjut Ardy Daud, sudah mulai berubah dari responsif yang menitikberatkan penanganan saat terjadi bencana menjadi preventif, menitikberatkan penanganan sebelum terjadinya bencana.

”Untuk mendukung paradigma tersebut, Pemerintah Provinsi Jambi dalam kesiapan menghadapi bencana hidrometeorologi telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) gabungan bencana hidrometeorologi yang melibatkan Pemrov Jambi, Kabupaten/Kota, TNI/Polri, dunia usaha, unsur media, dan akademisi,” jelas Ardy Daud.

Ardy Daud berharap semua stakeholder dapat melaksanakan aksi penguatan kesiapsiagaan dan peringatan dini, seperti melakukan pengecekan atau inspeksi sarana dan prasarana yang diperlukan dalam upaya pengentasan bencana.

”Agar satgas bencana dapat berkerja dengan baik, efektif dan efisien, karena akan fokus pada upaya antisipasi bencana banjir, longsor dan angin puting beliung, dengan harapan apabila bencana terjadi, satgas dengan cepat dan tepat mengatasinya dalam menjaga keselamatan masyarakat,” harap Ardy Daud.

Ardy Daud menyatakan, dalam penagananan bencana di Provinsi Jambi akan menggunakan sistem komando untuk menetapkan suatu wilayah dalam kondisi status siaga, akan mendirikan pos siaga sebagai bentuk kesiagaan menghadapi bencana mengingat akhir-akhir ini potensi hujan mulai meningkat.

“Bulan November, menurut kepala BMKG Provinsi Jambi akan memasuki masa puncak hujan, sangat perlu kita antisipasi, mulai saat ini sudah siap siaga dalam personil dan perlengkapan termasuk logistik harus siap siaga,” tegas Ardy Daud.

”Kita akan mengajak seluruh elemen masyarakat dan stakeholder baik Kabupaten/Kota, sampai ke desa-desa, untuk berkerja sama dalam penaganan bencana. Kita harus membangun sinergi dengan masyarakat,” pungkas Ardy Daud.

Wabup: Tujuh Intruksi Presiden di HUT Bhayangkara ke-74

MERANGIN - Pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-74, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, memberi tujuh intruksi penting sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas Polri.

Hal tersebut ditegaskan Wabup Merangin H Mashuri, usai mengikuti jalannya peringatan HUT Bhayangkara ke-74 secara virtual pada acara syukuran yang digelar Polres Merangin, Rabu (01/7).

‘’Ketujuh intruksi Presiden ini sangat penting. Tentunya nanti akan diteruskan oleh Kapolres Merangin Bapak AKBP M Lutfi kepada jajaran, sebagai abdi dan pengemban hukum di wilayah Kabupaten Merangin,’’ujar Wabup dibenarkan Kapolres Merangin.

Intruksi itu jelas wabup, pertama Polri diminta Presiden terus memegang teguh dan mengamalkan nilai-nilai luhur Tri Brata dan Catur Prasetya dalam setiap pelaksanaan tugas. Jaga kehormatan, kepercayaan dan kebanggaan sebagai anggota Polri.

Kedua, terus lakukan reformasi diri secara total. Bangun sistem dan tata kelola yang partisipatif, transparan dan akuntabel. Bangun kultur kerja Polri yang profesional, modern dan terpercaya. Ketiga, terus mantapkan soliditas internal.

‘’Tentunya juga harus memperkuat sinergi Polri dengan TNI dan seluruh elemen pemerintah maupun masyarakat untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks,’’sadur Wabup.

Keempat, terus terapkan strategi proaktif serta tindakan persuasif dan humanis dalam menangani masalah sosial yang terjadi di tengah masyarakat. Kelima, terus tingkatkan pelayanan publik yang modern dan profesional.

Lakukan penanganan hukum secara transparan dan berkeadilan, sehingga Polri semakin dipercaya masyarakat. Keenam, terus jaga kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan agar masyarakat produktif dan aman dari Covid-19.

‘’Ketujuh, Polri diminta Presiden harus ikut mendukung proses pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan Polri dengan penuh tanggung jawab,’’terang Wabup pada acara syukuran yang dihadiri para pejabat di jajaran Polres Merangin tersebut.

Latest News

Pemkab Luruskan Soal Zona Merah COVID-19 Di Tanjabbar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui Juru Bicara Satgas COVID-19 bantah jika Tanjab Barat saat ini masuk ke...

TEGA! Bapak Ini Disiram Saat Sedang Tertidur Pulas

Seorang Pria renta disiram orang tak dikenal saat tengah tertidur pulas. Tak diketahui apa maksud dari seseorang yang mneyiram tersebut.

UNIK! Band Ini Gelar Konser Di Dalam Balon, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Sebuah grup band asal Amerika Serikat yakni The Flaming Lips Band menggelar sebuah konser di dalam balon. Uniknya mereka tetap mematuhi protokol...

Belasan Rumah Terbakar Di Palembang, Pengakuan Tersangka Bikin Geram

PALEMBANG (SR28) - Tangis histeris mewarnai proses pemadam kebakaran yang terjadi di pemukiman padat penduduk di Jalan KH Ahmad Dahlan Palembang, Senin...

Misteri Kematian Rapper K-Pop Iron, Diduga Tewas Dibunuh?

KOREA SELATAN (SR28) - Polisi sebelumnya sempat menyatakan bahwa mereka belum menemukan kecurigaan atau bukti adanya kemungkinan pembunuhan. Karena...

Music

KPU Tanjab Barat Tetapkan Nomor Urut Paslon Pilkada 2020

KUALA TUNGKAL (SR28) - Pengambilan nomor urut pasangan calon Kepala Daerah yang dilaksanakan oleh KPU Tanjab Barat di Aula Tungkal Hotel secara Live di Facebook dan Instragram telah menetapkan paslon Mulyani dan Amin dengan nomor urut 1,kemudian Ustadz Anuar Sadar dan Hairan dengan nomor urut 2,sedangkan Muklis dan Supadi ditetapkan nomor urut 3.

Penetapan nomor urut tersebut langsung ditetapkan oleh ketua KPU Tanjab Barat Hairuddin Kamis (24/09) digedung aula Tungkal Hotel, jalan Panglima Camara, Kecamatan Tungkal Ilir, dan dihadiri Pasangan Calon, serta Partai pengusung juga LO. (Sabri)

Ekslusif!!! Menelisik Peta Kontestasi Pilwako Jambi 2023

KOTA JAMBI (SR28)- Meski periode jabatan Walikota Jambi saat ini baru akan berakhir 3 tahun lagi, namun...

Sindikat Pengedar Narkoba Berhasil Diringkus Polda Jambi

JAMBI (SR28) - Ditresnarkoba Polda Jambi berhasil meringkus lima orang tersangka sindikat pengedar Sabu. Kelima tersangka tersebut diamankan di 4 lokasi yang berbeda dan merupakan 1 sindikat narkoba yang diduga melibatkan seorang napi lapas Jambi.

Sumber Youtube: JAMBI28 TV

Siap Maju Di Pemilihan Ketua Umum Perbakin Jambi, Guntur: Sudah Saatnya Jambi Maju 2020-2024

JAMBI (SR28) - Nama HM Guntur Muchtar mulai mencuat, menjelang Musprov Perbakin Jambi, masa bhakti 2020-2024. Sosok yang tak asing lagi di Perbakin ini, merupakan putra daerah Jambi."Guntur kecil lahir di Jambi, pada 26 Juni 1976 silam. Sempat mengenyam pendidikan di Jambi, tepatnya di SMA Nusantara.

“Saya lahir dan besar di Jambi,”ujar nya,Saat mendeklarasikan dirinya untuk maju pada pemilihan Ketua Umum Perbakin Jambi, di hotel Kota Jambi, Minggu (18/10) sekira pukul 13.00,kemarin.

Dalam kesempatan nya, Guntur mengatakan sebagai calon Ketua Umum Perbakin Jambi, dia membawa visi melangkah bersama dan berprestasi, dan misi mengembalikan Jambi sebagai barometer olahraga menembak di Indonesia.

"Sudah waktunya (Perbakin) Jambi maju lagi,”seloroh Guntur.

"Niat untuk maju ini bukan untuk iseng atau main-main. Sebagai orang yang lahir dan besar di Jambi, dia merasa punya tanggungjawab untuk membesarkan Jambi, lewat Perbakin," paparnya.

Kehadiran Guntur pun rupanya tak sendirian. Saat ini, dari 11 klub yang ada, dia didukung tujuh klub. Antara lain, Cruiser Shooting Club, Rajawali Shooting Club, Jahti Shooting Club, Kota Sakti Shooting Club, Jaguar Shooting Club, Bina Lestari Shooting Club, dan Satria Kinayungan Shooting Club.

"Dukungan ini pun terlihat dari kehadiran para ketua dan anggota klub, pada deklarasi tersebut, "Klub-klub ini juga punya harapan besar, bahwa Guntur mampu membawa Perbakin Jambi ke arah yang lebih baik lagi," tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Perbakin membuka pendaftaran Bakal Calon Ketua Umum Perbakin Provinsi Jambi.

"Di buka dari 9 Oktober hingga 20 Oktober,” beber Saptono, Ketua Penjaringan Bakal Calon, didampingi Ketua Pelaksana Musprov, Zuwanda, Rabu (14/10).

Untuk persyaratan, mekanisme serta pengambilan formulir pendaftaran kata dia, dapat dilakukan di Sekretariat Perbakin Provinsi Jambi, Jalan Kapten Sujono Nomor 140, Kecamatan Kota Baru, pada jam kerja setiap hari.
Sebagai informasi, hak suara pada Pemilihan Ketua Umum Perbakin Provinsi Jambi masa bhakti 2020 – 2024 adalah pada klub–klub/perkumpulan menembak yang terdaftar resmi di bawah naungan Pengprov Perbakin Jambi. (Sabri)

Ditinggal Mati Gajah Betina, Gajah Jantan Milik Taman Rimba Jambi Kini Dilanda Stres

JAMBI (SR28) - Selepas kepergian Yanti (Gajah Betina), Alfa (Gajah Jantan) pasangan gajah betina tersebut kini mengalami stres. Lantaran, selama beberapa tahun terakhir selalu hidup berdampingan sebagai pasangan.

Culture

- Advertisement -

Kecelakaan Mobil VS Motor di Muntialo, Pengendara Motor Luka Parah

KUALA TUNGKAL (SR28) - Naas Kecelakaan adu kambing mobil merek Ford bernopol B 8906 D dengan motor Matick vario terjadi di jalan lintas Kuala Tungkal-Jambi Desa Muntialo Rt 01, Kecamatan Betara,Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kamis(27/08/20)

Dua kendaraan itu ringsek, dan pengendara Roda dua lukaparah."Belum diketahui adanya korban jiwa dalam peristiwa tersebut namun kondisi pengemudi dan penumpang kendaraan roda dua mengalami luka parah.
Saat ini korban telah di evakuasi oleh warga sekitar.

Saat ini pihak Satlantas Polres Tanjung Jabung Barat lagi melakukan olah TKP dan suasana lalu lintas lancar terkendali.

Saat di konfirmasi ke Satlantas Polres Tanjabbar, belum bisa memberi penjelasan karena petugas masih di TKP.

"Sekarang anggota masih di lapangan," timpal Kasat Lantas. (Sabri)

Pangdam II/Sriwijaya Terpikat Sungkai Merangin

MERANGIN - Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, sangat terpikat dengan assesoris yang dibuat dari batu Sungkai Merangin. Keterpikatan Pangdam terhadap Batu Sungkai itu, terlihat ketika melakukan kunjungan kerja ke Merangin, Senin malam (06/7).

Assesoris patung naga yang terpajang di ruang tamu rumah dinas bupati Merangin, menjadi pengamatan serius Pangdam. ‘’Bentuknya seperti kayu, tapi batu. Ini sangat menarik sekali,’’ujar Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan.

Sebelumnya kunjungan kerja Pangdam II/Sriwijaya bersama Danrem 042/Gapu Brigjen Zulkifli ke Kabupaten Merangin, disambut Bupati Merangin H Al Haris bersama Wabup H Mashuri dan Pj Sekda H Hendri Maidalef di pelataran rumah dinas bupati.

Hadir juga saat itu menyambut Pangdam, Ketua DPRD Merangin Herman Effendi, Kapolres Merangin AKBP M Lutfi dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Merangin Dr Mussa, serta sejumlah tokok masyarakat.

Pangdam bersama rombongan lalu dipersilahkan masuk ke ruang tengah rumah dinas bupati, untuk jamuan makan malam. Selanjutnya Pangdam dan rombongan istirahat, karena Selasa (07/7) akan menghadiri serangkaian kegiatan di Merangin dan Sarolangun.

‘’Kami merasa berterimakasih sekali atas kunjungan kerja Bapak Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, bersama rombongan ke Kabupaten Merangin. Bimbingan dan masukan beliau untuk membangun Merangin sangat kami butuhkan,’’ujar Bupati.

Usai sarapan pagi bersama bupati, Pandam kemudian melakukan kunjungan ke Kodim 0420 Sarko, guna memberi  pengarahan dan bimbingan kepada para anggota TNI di jajaran Kodim 0420 Sarko.

Selanjutnya Pangdam bersama rombongan bertolak menuju kawasan terpadu Suku Anak Dalam (SAD) di Desa Lubuk Jering, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun.

Bocah Laki-laki Terekam CCTV Curi Tanaman Hias

BUNGO - Dalam rekaman CCTV terlohat, seorang bocah laki-laki nampak mendatangi halaman rumah korban dan langsung mencabut beberapa tanaman hias yang ada di dalam pot. Usai mencuri bunga, pelaku kemudian langsung kabur diduga bersama rekannya yang telah menunggu di pinggir jalan.

Menurut korban, aksi pencruian tersbeut terjadi sekitar pukul 03.00 dini hari pada Rabu hari kemarin. Selain dirinya, aksi pencurian tanaman hias sebelumnya juga juga banyak menimpa tetangganya.

- Advertisement -

Must Read

Siap-siap! Pemprov Jambi Segera Terbitkan Perda Sanksi Bagi Pelanggar Protokol Kesehatan

JAMBI (SR28) - Perda tersebut nantinya akan menjadi payung hukum bagi pemerintah maupun tim Yustisi Satgas Penanganan Covid-19 di seluruh kabupaten kota se Provinsi Jambi untuk menjalankan tugas penegakan disiplin protokol kesehatan. Termasuk, pemberians ankso hukum bagu masyarakat yang masih saja melanggar Perda protokol kesehatan tersebut.

Ribuan Buruh di Jambi Turun ke Jalan Menolak UU Cipta Kerja

JAMBI (SR28) - Ribuan buruh di Jambi turun ke jalan melaksanakan unjuk rasa menolak undang-undang Omnibus Law Cipta Kerja. Senin (12/10) mulai Pukul 10.30 Wib. Meski sempat diguyur hujan para buruh tetap semangat menyuarakan aspirasi mereka.

Menanti Solusi Pemerintah Atasi Pencemaran Sungai Batanghari

JAMBI - Pemerintah Provinsi Jambi selaku pemangku tertinggi kebijakan di daerah. Membuka forum koordinasi pengelolaan daerah aliran sungai (DAS) sungai Batanghari bersama seluruh stakholder terkait.

Forum Koordinasi tersebut dimaksudkan untuk merancang dan mengeluarkan berbagai program serta kebijakan yang akhirnya bisa mengintervensi prilaku masyarakat untuk memanfaatkan kekayaan alam dengan cara tidak bertanggungjawab.

Terjawab Sudah, Pasangan Alharis-Sani Menangi Pilgub Jambi

JAMBI (SR2)- Setelah saling salip dalam Quick Count hingga diangka 0,2% selama 2 hari terakhir, sore ini (Senin 15 Desember 2020) tim Media Centre Alharis-Sani menyatakan sikap resmi terkait perolehan suara.

Dari hasil resmi pleno 141 Kecamatan yang ada di Provinsi Jambi, teka-teki siapa yang memenangkan Pilgub Jambi 2020 terjawab sudah. Drama seru perebutan suara antara pasangan CE-Ratu dan Haris-Sani yang mendebarkan bagi pendukung, kini boleh dibilang berakhir. Al Haris sang birokrat dan Abdullah Sani sang kiyai, menang!

Direktur Center Haris-Sani, Hasan Mabruri, merilis data, kemenangan Haris-Sani dibuktikan dari Form (Formulir) pengesahan D-Hasil Kecamatan-KWK seluruh kecamatan. Rangkuman semua itu menunjukkan, pasangan dengan jargon Jambi Mantap berhasil menjadi juara dengan meraup 596.589 Suara (38,1 Persen).

Sementara, di posisi kedua ditempati pasangan CE-Ratu dengan jargon Jambi Cerah yang mendapatkan 587.172 suara (37,5 Persen), sedangkan pasangan Fachrori-Syafril dengan jargon Jambi Berkah berhasil mengumpulkan 383.639 suara (24,5 persen).

Bila dilihat dari jumlah total kemenangan Kabupaten, pasangan CE-Ratu berhasil unggul di 5 Kabupaten. Yakni; Sarolangun, Tebo, Batanghari, Tanjabbar dan Tanjabtim. Berikutnya, pasangan Fachrori-Syafril unggul di 3 Kabupaten/Kota, yakni; Bungo, Kerinci dan Sungai Penuh. Sementara pasangan Haris-Sani juga unggul di 3 Kabupaten Kota, yakni; Merangin, Muaro Jambi dan Kota Jambi.

Meski hanya unggul di 3 Kabupaten Kota, strategi pasangan Haris-Sani boleh dibilang jitu. Sebab, keunggulan tersebut diraih pada kabupaten/kota yang memiliki suara “gemuk”, alias memiliki pemilih paling banyak berdasarkan DPT (Daftar Pemilih Tetap). Seperti Kota Jambi dengan pemlilih terbanyak pertama, Muaro Jambi pemlih terbanyak kedua dan Merangin pemilih terbanyak ketiga.

Di Kota Jambi, pasangan Haris-Sani berhasil meraup 126.334 suara (52,8 persen), jauh unggul dari pasangan CE-Ratu yang meraih 74.407 (31,1 persen), sementara Fachrori-Syafril meraih 38.421 suara (16,1 persen). Kemenangan terbesar Haris-Sani terjadi di Kabupaten Merangin, di mana pasangan nomor urut 3 ini berhasil meraih 116.070 suara atau 69,7 persen, disusul pasangan CE-Ratu 34.443 suara (20,6 persen) dan pasangan nomor urut 3 dengan perolehan 16.122 suara.

Direktur Centre Haris-Sani, Hasan Mabruri S.Sos mengucapkan rasa syukur atas kemenangan ini. Menurutnya, kemenangan ini bukanlah kemenangan Haris-Sani saja, tapi kemenangan seluruh elemen pencinta demokrasi dan rakyat Jambi.

”Bapak Al Haris dan Bapak Abdullah Sani mengucapkan rasa syukur terkait hasil ini. Ini adalah kemenangan demokrasi di Jambi, ini adalah kemenangan seluruh masyarakat, kemenangan ini adalah awal kebangkitan kita untuk membangun Jambi dimasa akan dating,” tutur pria yang akrab disapa Bohok ini.

Ia juga mengimbau kepada seluruh pendukung dan pemilih Haris-Sani untuk tetap menjaga suasana kondusif sampai proses penetapan nanti.

”Tentu kita semua merasa gembira dengan kemenangan ini, dan sangat wajar bila masyarakat merasa senang. Meski begitu, satu hal yang lebih penting adalah, kita harus kembali merajut kebersamaan, kembali merangkai semangat, kembali menyulam rasa saling memliki, karna sikap ini adalah kekuatan bagi Haris-Sani nantinya dalam menyukseskan pembangunan Jambi untuk kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Terkait merebaknya isu akan ada gugatan dari pasangan lain ke Mahkamah Konstitusi (MK), ia mengaku tidak ingin berspekulasi.

”Saya kira semua kandidat diberi ruang yang sama untuk berekspresi, saya tidak ingin berspekulasi terkait isu tersebut. Namun satu keyakinan saya, semua kandidat adalah orang-orang besar dan tokoh kunci panutan masyarakat Jambi, para panutan kita tersebut saya yakini tidak ingin ada kegaduhan lebih lanjut, karena semua mencintai Propinsi Jambi dan semua pasti ingin Jambi segera membangun dan melaju untuk mengejar ketertinggalan. Sekarang mari kita semua berpikir positif untuk kemaslahatan,” tandasnya.

*rilis

Sekda Sudirman Berangkatkan 270 Peserta Magang

JAMBI (SR28)- Penjabat Sekretaris Daerah (Pj.Sekda) Provinsi Jambi H.Sudirman,SH,MH  melepas 270 orang peserta pemagangangan dalam negeri ke perusahaan  di Provinsi Jambi tahun 2020, Senin (10/8/2020), bertempat di Hotel O2 Weston, Kota Jambi. Sudirman mengemukakan, upaya ini merupakan langkah terpadu dalam rangka memulihkan sektor ketenagakerjaan ditengah pandemi Covid-19.

Hadir pada kesempatan ini Kepala Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Jambi Bahari, perwakilan pimpinan perusahaan, dan perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Jambi.

Sudirman menjelaskan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi sampai dengan tahun 2019 jumlah penduduk Provinsi Jambi 3.624.579 jiwa, dari jumlah tersebut dilaporkan kondisi ketenagakerjaan Provinsi Jambi pada Februari 2020, penduduk bekerja berjumlah 1,74 juta orang,  jumlah pengangguran 80.337 orang dengan tingkat pengangguran terbuka sebesar 4,41%, menurun dibandingkan dengan periode Februari 2019 sebesar 8,51%.

“Disisi lain, pada awal Maret 2020 negara kita tidak terkecuali Provinsi Jambi sedang dilanda pandemi Covid-19 yang melumpuhkan berbagai aktivitas perekonomian Indonesia, begitu pula dengan Jambi. Salah satu sektor yang paling terkena dampak Covid-19 adalah sektor ketenagakerjaan. Banyak tenaga kerja yang di PHK dan dirumahkan oleh perusahaan. Berdasarkan data dari dinas Tenaga Kerja Provinsi Jambi, jumlah tenaga kerja yang terkena dampak Covid-19 : total tenaga kerja yang dirumahkan dan di PHK 4.710 orang dengan rincian 4.582 orang tenaga kerja yang dirumahkan dan 128 orang tenaga kerja yang di-PHK,” kata Sudirman.

Bertolak dari kondisi tersebut, lanjut Sudirman, diperlukan langkah-langkah terpadu dalam rangka memulihkan sektor ketenagakerjaan.

“Untuk itu, Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi telah mengarahkan agar seluruh program dan kegiatan yang akan dilaksanakan harus mengacu pada strategi penurunan kemiskinan (pro poor),  program perluasan kesempatan kerja (pro job), pertumbuhan ekonomi (pro growth) dan berwawasan lingkungan (pro environment). Secara konkret di bidang ketenagakerjaan, Pemerintah Provinsi Jambi juga telah melaksanakan program pelatihan tenaga kerja Provinsi Jambi dan pemagangan dalam negeri maupun luar negeri, sebagai bagian dari pemulihan sektor ketenagakerjaan di Provinsi Jambi,” terang Sudirman.

Sudirman yakin bahwa program pemagangan ini merupakan salah satu upaya nyata yang dapat menjadi stimulus sektor ketenagakerjaan pasca pandemi Covid-19. Dan, kegiatan ini akan dapat berjalan dengan baik dan berhasil jika adanya kerjasama yang baik antara peserta magang, perusahaan, serta adanya kesungguhan peserta dalam mengikuti kegiatan pemagangan tersebut. “Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam program pemagangan, ini merupakan bentuk komitmen dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia Provinsi Jambi serta menstimulus sektor ketenagakerjaan di tengah pandemi Covid-19 yang sedang kita hadapi saat ini. Kita sama-sama berharap melalui kegiatan pemagangan ini, secara bertahap tingkat pengangguran dan kemiskinan di bumi Sepucuk Jambi sembilan Lurah ini dapat dikurangi,” ujar Sudirman.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Sudirman berpesan kepada para peserta program pemagangan untuk menggunakan kesempatan ini dengan sungguh-sungguh. “Ini adalah kesempatan yang langka dan tentunya mempunyai efek sendiri bagi saudara untuk dapat mengembangkan diri, dan meningkatkan kualitas serta dapat mengoptimalkan segala potensi dan sumber daya yang dimiliki agar mampu bersaing di pangsa kerja secara global.  Semoga upaya nyata kita bersama dalam mendukung dan mengatasi permasalahan sektor ketenagakerjaan dapat didukung oleh semua pihak dan pada akhirnya nanti dapat mewujudkan Jambi TUNTAS  2021 dan Indonesia maju,” pungkas Sudirman.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi, Bahari Panjaitan dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini melibatkan perusahaan besar, menengah, dan kecil sebagai lokus penempatan peserta magang dengan berbagai sektor. “Perusahaan yang bekerjasama dengan kita diantaranya sektor industri dengan jumlah peserta 108 orang,  sektor perkebunan dengan jumlah peserta 10 orang,  sektor industri usaha kecil menengah dan besar dengan jumlah peserta pemagangan 10 orang, pariwisata dengan jumlah peserta 10 orang.  Tempat pemagangan tersebut antara lain PT Pelindo Indonesia, Jambi Waras, PT Aneka Bumi Pratama, International Finance, Djambi Waraz, Jaya Indah Motor, BPJS Ketenagakerjaan, Agung Automall, Saimen, KFC, Luminor, Odua Weston, Hypermart. Setiap peserta akan diberikan uang transportasi Rp1.000.000 dan diberikan juga perlindungan BPJS Ketenagakerjaan dan Jaminan Kematian selama 5 bulan,” tutur Bahar

Astaga! Baru Seumur Jagung Jembatan Parit Azan Sudah Retak

KUALA TUNGKAL (SR28) - Jembatan rigit beton parit Azan Desa Harapan Jaya, Kecamatan Sebarang Kota, Kabupaten Tanjab Barat, baru seumur jagung sudah retak dibagian Oprit jembatan (Timbunan tanah).

Salah seorang warga Sebrang Kota, Saini menyebutkan bangunan jembatan parit Azan itu tidak sama dengan jembatan yang dibangun tahun lalu.

"Yang sudah dibangun di Sebrang Kota ini, dimana posisinya masih kokoh, beda dengan jembatan Parit Azan baru seumur jagung sudah retak dibagian opritnya. " ujarnya kepada SR28.

Baru seumur jagung, kondisi jembatan parit Azan sudah tampak retak

Terkait permasalahn jembatan Parit Azan, Desa Harapan Jaya, Kecamatan Seberang Kota tersbeut, Aktivis Tanjab Barat, Anand Viqriza, SH. MH, juga angkat bicara. Ia mengatakan retaknya di bagian oprit jembatan kemungkinan diakbatkan tidak padatnya penimbunan tanah dibagian penurunan jembatan.

"Kalau kita lihat retak dibagikan oprit jembatan tersebut ini akibat tidak padatnya penimbunan di bagian penurunan jembatan, dan indikasinya itu ditimbun dengan tanah lokal, " ujarAnand.

Selain itu, kata Anand kurangnya pengawasan dari Dinas PUPR ini juga menjadi sebab bangunan jembatan parit Azan itu asal jadi saja.

"Karena kalau itu diawasi dengan benar tentu tidak terjadi penyipangan hingga terjadi retak bangunan dibagian oprit jembatan  tersebut, dan atau ada kerja sama terselubung oknum pengawas, oknum Dinas PUPR untuk meraup keuntungan yang besar,  karena ini ada indikasi korupsi yang disengaja dilakukan oleh pihak rekanan," tegas Anand. (Sabri)

Lifestyle Magazine

Isu Copy Paste Warnai Pandangan DPRD Terhadap Ranperda Provinsi Jambi

JAMBI (SR28) - Lima Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pemprov Jambi dinilai sebagian besar fraksi di DPRD Jambi ebagai usulan copy paste dari daerah lain.

Isu Copy Paste Warnai Pandangan DPRD Terhadap Ranperda Provinsi Jambi

Isu Copy Paste Warnai Pandangan DPRD Terhadap Ranperda Provinsi Jambi

Posted by JAMBI28 TV on Wednesday, September 16, 2020
Ranperda Pemprov Jambi dianggap copy paste dari daerah lain

Daftar 15 Bank Dapat Jaminan Kredit Korporasi Rp100 Triliun

JAKARTA - Pemerintah akhirnya resmi meluncurkan penjaminan pinjaman untuk segmen korporasi non-UMKM dan non-BUMN sebesar Rp100 triliun. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, penjaminan kredit korporasi ini mengandeng bank-bank di Tanah Air dengan target kredit sebesar Rp100 triliun hingga 2021.

Sumber: JAMBI28 TV

Dampak Corona, Penerimaan Pajak Kota Jambi Masih Rendah

KOTA JAMBI - Belum maksimalnya realisasi Pendapatan Daerah itu, juga akibat dari kebijakan pembebasan pajak beberapa sektor yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Jambi, lantaran untuk menghentikan sementara kegiatan di masa awal kehadiran virus corona.

Wabup buka pengobatan gratis bagi lansia di Kejari Jambi

MERANGIN - Dalam  tatanan kehidupan new normal pada pandemi Covid 19 ini, para orang tua lanjut usia (Lansia), membutuhkan perhatian kesehatan yang serius.

Hal ini mengingat usia Lansia itu sangat rentan terhadap virus Covid-19. Ini dikatakan Wabup Merangin, H. Mashuri yang juga merupakan Ketua Pengurus Daerah (Pengda) Lansia Merangin, saat menghadiri acara Bhakti Sosial Hari Bhakti Adhyaksa ke-60, di Gedung Kejari Kabupaten Merangin, Kamis (16/7/2020)).

‘’Saya sangat berterima kasih sekali dan memberikan penghargaan serta meng- apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kejari Merangin, yang telah dan sangat perduli terhadap Lansia. pada Momentum Hari Adyaksa dan melakukan Bhakti Sosial, pengobatan gratis bagi Lansia ini,’’ ujar Wabup.

Wabup pun berharap, perhatian Kejari Merangin terhadap kesehatan para Lansia itu, agar dapat terus berlanjut dan menjadi agenda rutin bagi Kejari Merangin pada berbagai kegiatan.

‘’Mudah-mudahan bhakti sosial pengobatan gratis ini, akan mampu meningkatkan derajat dan kwalitas kesahatan para orangtua Lansia di Kabupaten Merangin. Tidak hanya pengobatan gratis, Kejari Merangin juga akan gelar Senam massal Lansia,’’

Wabup pun menambahkan, Untuk senam massal lansia,  itu rencananya akan dilakukan pada Minggu (19/7/2020) di halaman Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Merangin, Wabup sangat mengharapkan kepada para Lansia Merangin khususnya dapat hadir untuk mengikutinya.

Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Merangin Martha Parulina Berliana, S.H, M.H mengatakan, bhakti sosial, pengobatan kesehatan gratis tersebut, akan terus dilakukan pada Hari Bhakti Adhyaksa setiap tahunnya nanti.

‘’Lansia itu, merupakan orang pendamping kita dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan, karena para Lansia ini sudah sangat berpengalaman dalam berbagai hal,’’ Sebut Kajari.

Langgar Protokol Kesehatan Saat Kampanye, 2 Paslon Gubernur Jambi Kena Tegur Bawaslu

JAMBI (SR28) - Dimasa awal kampanye Pilkada serentak 2020. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jambi sudah melakukan teguran keras terhadap dua paslin Gubernur Jambi lantaran mengabaikan protokol kesehatan Covid-19 saat kampanye.

Nonton berita menarik lainnya di JAMI28.TV

Video News

- Advertisement -

DPRD Tebo dan Bupati Ikuti Upacara Kenegaraan Secara Virtual

TEBO (SR28)- Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Tebo bersama Bupati dan Wakil Bupati mengikuti Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tebo dalam rangka mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI secara virtual. Kegiatan setahun seklai tersebut digelar di Aula Rapat DPRD pada hari  Jum'at (14/08/2020).

Rapat tersebut langsung dipimpin oleh Ketua DPRD Tebo, Mazlan dan Wakilnya Aivandri serta diikuti anggota DPRD Kabupaten Tebo lainnya.

Dalam sambutannya pada sidang tersebut, Mazlan mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menjadikan HUT RI Ke-75 ini sebagai momentum instrospeksi diri dan mengisi kemerdekaan dengan hal yang positif.

"Pada peringatan HUT RI Ke-75 ini baiknya kita jadikan momentum untuk memperbaiki diri dan bersyukur karena kita bisa menikmati kemerdekaan. Rasa syukur tersebut diwujudkan dengan memberikan kontribusi nyata untuk perbaikan ditengah masyarakat." ujarnya.

Sementara itu Presiden RI Joko Widodo pada Pidato Kenegaraan mengatakan meskipun peringatan pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya dikarenakan pandemi Covid-19, namun semangat untuk mengisi kemerdekaan harus semakin baik.

"Mari kita jadikan momentum musibah pandemi sebagai kebangkitan baru untuk melakukan lompatan besar di berbagai aspek. Inilah saatnya kita membenahi diri secara fundamental, melakukan transformasi besar." ajaknya.

Kemudian Presiden Jokowi juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjadikan krisis yang disebabkan pandemi ini dijadikan pembelajaran. Dia mengibaratkan kondisi saat ini seperti sebuah komputer dimana ketika ada kendala akan memiliki kesempatan menyetting ulang semua sistemnya.

"Jangan sia siakan pelajaran yang diberikan oleh krisis. Jangan biarkan krisis membuahkan kemunduran. Justru momentum Krisi ini harus kita bajak untuk melakukan lompatan kemajuan." tegasnya.

Rapat Paripurna turut diikuti oleh Sekretaris Daerah, Drs. Teguh Arhadi, MM, Unsur Forkopimda, Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati, dan Kepala OPD dan Bagian Lingkup Pemkab Tebo

Jurnalis Muhammad Sidik

Pemkot Jambi Minta Bantuan Dana CSR Perusahaaan untuk Beli Alat PCR Covid-19

KOTA JAMBI - Pemerintah Kota Jambi memutuskan untuk membeli alat PCR Covod-19 tersebut dari luar Indonesia yang tentunya dengan bantuan dana CSR dai para pengusaha di Kota Jambi. Sementara, dana yang sudah dianggarkan pemerintah nantinya bisa dipergunakan untuk memebeli alat kesehatan lainnya guna mendukung pelaksanaan pengujian spesimen swab Covid-19 itu berjalan dengan optimal.

Fachrori Berharap Baveti Lebih Berperan Tingkatkan Kemajuan Olahraga Tenis

JAMBI (SR28) - Gubernur Jambi, H.Fachrori Umar, berharap agar Barisan Atlet Veteran Tenis Indonesia (Baveti) Provinsi Jambi, turut meningkatkan kemajuan tenis lapangan...

TENANG

Oleh: Bahren Nurdin
(Akademisi UIN STS Jambi dan Direktur Pusat Kajian Demokrasi dan Kebangsaan)

Semua diharap tenang. Masa kampanye telah berakhir dan tahapan Pilkada serentak tahun ini mamasuki babak baru yaitu masa tenang. Ada tiga hari sebelum menunaikan hajat bersama ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) di sebut masa tenang. Hiruk-pikuk ‘jualan’ para pasangan calon (paslon) bersama tim sudah harus dihentikan baik secara ‘off line’ maupun ‘on line’.

Semua alat peraga harus sudah dibersihkan. Itu artinya seluruh ‘studio’ di jalan sudah harus tutup dan tidak ada lagi yang memajang foto-foto para perserta kontes. Sudah cukup waktu yang diberikan oleh Komisi Pelilihan Umum (KPU) untuk ‘jual’ tampang dan menawarkan program-program kepada ‘calon pembeli’. Termasuk alat kampanye online. Seluruh akun media sosial yang secara resmi didaftarkan kepada KPU sudah harus sign out. Tidak boleh diakses sama sekali.

Seharusnya hal ini juga dihormati oleh para tim sukses. Status-status di media sosial sudah tidak dibenarkan lagi berkampanye. Tidak boleh lagi menonjol-nonjolkan tim jagoanya. Kembalilah menulis statu-status yang menyejukkan. Unggahlah foto-foto selfie terbaik dengan senyum-senyum lebar yang tidak bersangkut paut dengan pilkada. Riang dan gembira. Pilkada tidak harus tegang, kan?

Jika selama masa kampanye beberapa bulan terakhir paslon dan tim sangat sedikit atau bahkan tidak –punya waktu untuk berkumpul dengan anak, isteri, dan keluarga, saatnya untuk pulang ke rumah. Saatnya berkumpul dan bersama. Ada waktu tiga hari untuk menarik nafas selebum nanti  naik ring yang sebenarnya. Begitu juga tim sukses yang harus ikut menenangkan diri. Usaha sudah dilaksanakan maksimal. Tinggal menunggu hasil. Yakinlah hasil tidak akan mengingkari usaha. Apa yang diusahakan itulah yang akan dihasilkan. Ups, jangan lupa ada juga kehendak Tuhan di sana. Maka, usaha harus pula dibingkai harap dan munajat kepada yang Maha pengambil keputusan.

Masa tenang merupakan hari-hari yang diberikan oleh KPU kepada para calon pemilih untuk menenangkan diri sehingga siap untuk mengambil keputusan. Calon pemilih selama ini sudah sangat banyak disuguhkan janji-janji dan program kerja para paslon. Saatnya menimbang-nimbang paslon mana yang akan dipercaya untuk mengemban amanah dan harapan. Menakar-nakar siapa yang mampu menepati janji. Mempelajari semua program dan strategi siapa yang jitu untuk membawa perubahan yang dijanjikan. Masa tenang inilah kesempatan.

Maka dari itu, hentikan segala bentuk provokasai apa lagi intimidasi kepada siapa pun di masa tenang ini. harus diingat pula, masa tenang tidak boleh digunakan untuk menghitung ‘amplop’ yang harus disebarluaskan.  Jika semua itu dilakukan, tentu saja sanksi hukum telah menanti. Tegas, siapa pun yang melanggar segala bentuk aturan yang telah ditetapkan dan diikat oleh undang-undang yang berlaku, harus mendapat hukuman. Termasuk, jika ada yang masih coba-coba berkampanye di masa tenang.

Akhirnya, masa tenang selama tiga hari ke depan tidak boleh ada yang membuat ‘kegaduhan’. Semua harus tenang. Jika selama kampanye ada yang ‘gila’ sekarang saatnya ‘waras’. Jika ada yang tidak bisa menahan lidah dan jarinya, saatnya menahan diri. Maka, jika KPU sudah menyatakan minggu tenang, TENANGLAH! Janganlah ada yang berkampanye lagi!.

Segera Atasi Pencemaran Sungai Batanghari

JAMBI - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI meminta pemerintah Provinsi Jambi untuk serius menangani pencemaran air sungai Batanghari demi kelangsungan ekosistem dan kehidupan.

Bupati Tanjabbar Lepas 34 Calon Mahasiswa BUD Akamigas Cepu

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial MS secara resmi melepas 34 putra putri daerah calon mahasiswa jalur beasiswa utusan daerah (BUD) politeknik energi dan sumber daya mineral akamigas Cepu, Blora, Jumat (07/08).

Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Balai pertemuan kantor bupati tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kepala OPD lainnya, serta wali dari calon mahasiswa.

Kadis Pendidikan dan kebudayaan, dalam laporan nya menampilkan, "dari seleksi beasiswa jalur BUD beberapa waktu lalu, setidaknya ada 35 orang yang dinyatakan lulus seleksi BUD. Namun ada satu peserta yang menyatakan mengundurkan diri, sehingga hanya 34 calon mahasiswa yang akan diberangkatkan menempuh pendidikan di Akamigas Cepu."papar nya.

Bupati Safrial dalam sambutannya mengaku bangga kepada putra-putri daerah Tanjab Barat calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi dan akan menempuh pendidikan di politeknik energi dan sumber daya mineral akamigas Cepu, Kabupaten Blora." ujar nya.

lanjut Safrial," pengembangan kualitas SDM tanjab barat merupakan salah satu prioritas disamping pembangunan di bidang lainnya, sebagai upaya peningkatan kualitas SDM, Pemkab Tanjab Barat juga telah menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia."tambah nya.

Bupati Safrial juga berharapannya, bisa menambah peluang bagi putra-putri daerah tanjung jabung barat untuk dapat menempuh pendidikan yang lebih tinggi," siapa pun nanti pemimpin tanjab barat kedepannya, dapat meneruskan program ini,"harap nya.

Mengakhiri sambutannya, Bupati berpesan kepada para calon mahasiswa agar  memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, serta sungguh-sungguh dalam menempuh pendidikan." pungkasnya. (Sabri)

- Advertisement -

Music

Rendahnya Serapan APBD 2020 Bikin Pemprov Jambi Ketar Ketir

JAMBI (SR28) - Rendahnya serapan APBD Tahun 2020 yang masih dibawah 50 persen membuat pimpinan tertinggi Pemprov Jambi semakin ketar ketir. Apalagi tahun 2020 sendiri hanya menyisakan kurang lebih 2 bulan.

Ombudsman Sebut Tanjabbar Masuk Predikat Tinggi Dalam Pelayanan Publik

KUALA TUNGKAL (SR28) - Ketua Ombudsman RI Perwakilan Jambi, Dr. Jafar Ahmad, S.Ag, M.Si sebut Tanjung Jabung Barat di tahun 2019 merupakan salah satu kabupaten yang memperoleh Predikat Tinggi dalam pelayanan publik. Hal ini disampaikannya kepada Bupati Tanjab Barat Dr. Ir. Safrial, MS saat rapat Persiapan Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2021 di Aula Bapenda (16/09).

Rapat yang dipimpin langsung Bupati Safrial bersama Ombudsman Perwakilan Provinsi Jambi tersebut diadakan untuk melakukan pengamatan kelengkapan standar pelayanan minimal yang ada pada seluruh Perangkat Daerah di Lingkup Kabupaten Tanjab Barat mulai tanggal 15 s/d 16 September 2020.

Bupati H. Safrial dalam arahannya mengatakan pelayanan publik adalah merupakan suatu kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundangan-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, dan pelayanan administratif yang disediakan penyelenggara pelayanan publik.

"Saya sangat berharap perhatian besar dari seluruh Kepala Perangkat Daerah sekalian untuk dapat mengikuti Rapat hari ini dengan baik dan dapat memanfaat kesempatan ini dengan sebaiknya," ujarnya.

lanjut Bupati mengatakan semoga rapat hari ini dapat memberikan masukan terhadap kekurangan dari standar pelayanan publik yang telah ditetapkan perangkat daerah sekaligus memberikan pendampingan dalam rangka persiapan penilaian kepatuhan standar pelayanan publik tahun 2021.

"Saya berharap nantinya Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat masih bisa memperoleh predikat tingkat kepatuhan tinggi yang bukan hanya dari hasil nilai yang diperoleh tetapi lebih kepada pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Mari layani dengan baik,Kalau bisa dipermudah kenapa dipersulit," tegas Safrial.

Sementara Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jambi mengatakan pada tahun 2019 Pemkab Tanjab Barat mendapat penilaian dengan predikat dengan kepatuhan tinggi, dengan nilai rata rata 88,26%. Ombudsman berharap prestasi tersebut bisa lebih ditingkatkan, termasuk oleh OPD yang tidak dinilai.

"Saya berharap OPD yang tidak dinilai oleh Ombudsman Perwakilan Jambi selain dari Disdukcapil, Dinsos, Dishub, DPMTSP dan Dinas Tenaga Kerja juga ada perhatian untuk memperbaiki pelayanan minimal standar pelayan publik," harapnya.

Turut hadir dalam acara ini Sekda, Asisten III, Tim Ombudsman Perwakilan Jambi, Para Kepala OPD, Camat Tungkal Ilir, Para Kabag di lingkup Sekretariat Daerah serta tamu undangan lainnya. (Sabri)

15 Organisasi Kepemudaan Islam Desak Presiden Tuntaskan Kasus Pembunuhan 6 Laskar FPI

JAKARTA (SR28)- Buntut dari  insiden antara anggota  Front  Pembela  Islam  (FPI)  dengan aparat Kepolisian yang terjadi di Jalan Tol Cikampek KM. 50 pada hari Senin (7  Desember 2020) yang menewaskan  6  orang  korban  jiwa  dari  pihak  FPI akhirnya berbuntut panjang. Berbagai tokoh, ormas, LSM dan senator menuntut agar presiden membentuk tim independen pencari fakta untuk mengusut kasus pelanggaran HAM berat tersebut.

Tuntutan yang sama juga datang dari kalangan aktivis pemuda Islam. sedikitnya, ada 15 organisasi kepemudaan berbasis Islam yang mendesak agar kasus yang dialami oleh FPI tersebut bisa diusut tuntas.

Berikut keterangan persnya:

Kami 15 organisasi  pelajar, mahasiswa dan pemuda Islam, menyatakan sikap sebagai berikut:

1.Turutberduka  dan  berbelasungkawayang  sangat  mendalam atas wafatnya 6  orang anak bangsa dalam peristiwa tersebut.

2.Menyayangkan tindakanberlebihan dan diduga menyalahi prosedur (extra judicial killing) oleh aparat kepolisian dalam peristiwa tersebut yang dianggap melanggar hukum dan HAM

3.Meminta Presiden sebagai panglima tertinggi dalam penegakakan hukum dan HAM untuk mengambil  alih  penuntasan masalahini yang  menyebabkan  kematian  6  orang tersebut sebagai  bentuk  komitmen  terhadap perlindungan  bagi  segenap  bangsa  dan  memberikan rasa aman pada seluruh warga.

4.Meminta   Presiden secepatnya membentuk   Tim   Independen   Pencari   Fakta   untuk mengungkapfakta dan memastikan penegakkan hukumyang adil, transparan, independen yangsesuai  dengan  aturan  perundang-undanganagar  tidak  menimbulkan  gejolak sosialyang semakin luas di tengahmasyarakat.

5.Insiden inimengoyak  rasa  kemanusiaan  dan  kebangsaan  kita  dan menjadi ekses negatif bagi penegakan hukum  dan HAM  di di  Indonesia,  apalagi  bertepatan  dengan peringatanHari HAM se-Dunia  yang jatuh pada tanggal 10 Desember 2020.

6.15OKP   Islam   akan mengawal prosespenegakan hukum terhadap   kasus   ini dan mengkonsolidasikannya.

Jakarta,10Desember 2020

Tertanda

1.Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI)

2.Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)

3.Gerakan Pemuda Al Washliyah (GPA)

4.Pelajar Islam Indonesia (PII)

5.Himpunan Mahasiswa Islam (HMIMPO)

6.Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (JPRMI)7.Himpunan Mahasiswa Persis (HIMAPersis)

8.Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI)

9.Pemuda MuslimIndonesia10.Pemuda Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (Pemuda DDII)

11.Pemuda Persatuan Umat Islam (Pemuda PUI)

12.Pemuda Hidayatullah

13.Barisan MudaAl Ittihadiyah

14.Pemuda Al Irsyad

15.PemudaPersis

Kontak SusantoTriyogo+6285972710973

Affandi Ismail+6282347757212

Rahima Minta DWP Provinsi Jambi Tingkatkan Peranan Bangun Jambi

JAMBI (SR28) - Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jambi Hj.Rahima Fachrori berharap agar kinerja DWP terus meningkat terutama dalam membangun Provinsi Jambi. Harapan tersebut dikemukakannya dalam Serah Terima Jabatan (Sertijab) Ketua Dharma Wanita Persatuan UIN, DWP Dinas Nakertrans, DWP Bakesbangpol, DWP RSUD Raden Mattaher, dan DWP Rumah Sakit Jiwa Daerah, di Aula DWP Provinsi Jambi, Rabu (23/9/2020).Rahima berpesan agar DWP dapat menjalankan peran dan fungsinya, terutama menjadi mitra pemerintah dalam membangun Provinsi Jambi.

"Saya menaruh harapan yang cukup besar terhadap Dharma wanita Persatuan Provinsi Jambi untuk dapat memainkan peran dan fungsinya secara baik dan terarah. Bekerjalah dengan baik dan profesional," ungkap Rahima.

Rahima juga berharap agar DWP dapat mendorong kaum perempuan di Provinsi Jambi secara umum  dan anggota DWP khususnya untuk terus berkiprah dan berkarya, mampu mandiri secara ekonomi dan berperan lebih luas untuk turut serta menggerakkan roda pembangunan di Provinsi Jambi.

"Saya meminta DWP Persatuan Provinsi Jambi  menciptakan hubungan harmonis dengan dinas/instansi terkait di Povinsi Jambi, maupun dinas/instansi terkait lainnya di jajaran pemerintah pusat, serta masyarakat Provinsi Jambi.  Dharma wanita Persatuan Provinsi Jambi selama ini telah memberikan warna bagi proses perjalanan pembangunan bidang pemberdayaan perempuan di Provinsi Jambi," ujar Rahima.

Rahima mengatakan, tujuan utama pendirian DWP yang kuat adalah meningkatkan sumber daya anggota keluarga Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mencapai kesejahteraan nasional.

"Sebagai organisasi yang diusung untuk tujuan kesejahteran bersama, Dharma Wanita memiliki tugas pokok yaitu membina anggota, memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan, menjalin hubungan kerja sama dengan berbagai pihak, serta meningkatkan kepedulian sosial serta melakukan pembinaan sosial," kata Rahima.

Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jambi Hj.Iin Kurniasih Sudirman menyampaikan bahwa Dharma Wanita adalah sebuah organisasi kemasyarakatan yang menghimpun dan membina istri pegawai negeri sipil/ASN.

"Dharma wanita persatuan wajib bersyukur dan patut berbangga karena telah menjadi sebuah organisasi perempuan yang besar dan semoga tujuan organisasi DWP sebagai center of excellent bisa tercapai,” kata IIn Kurniasih.

Iin Kurniasih mengemukakan, DWP Provinsi Jambi harus yakin dan optimis dalam membangun organisasi yang lebih modern, profesional, disertai dengan program-program pengembangan dan peningkatan kualitas anggota DWP yang berkesinambungan, dan menjadikan anggota DWP secara aktif memberikan kontribusi, pemikiran, gagasan, dan pandangan terhadap pembangunan di negeri yang kita cintai.

Iin Kurniasih Sudirman mengajak para pengurus dan anggota DWP Provinsi Jambi untuk selalu berupaya meningkatkan kualitas, sebagai organisasi istri ASN agar mampu bekerja secara profesional dan menjalankan program kerja secara terintegrasi.

"Untuk itu dibutuhkan komitmen dan kerja sama yang solid, menyamakan gerak dan langkah untuk mencapai tujuan," jelas Iin Kurniasih (Humas)

Sport News

Satu Bulan Pemutihan Pajak Kendaraan Jilid 2, Pendapatan Daerah Jambi Capai Rp16 Milyar

KOTA JAMBI (SR28) - Berdasarkan catatan Badan Keuangan Daerah Provinsi Jambi. Baru dilaksanakan satu bulan lebih, penerimaan pendapatan Provinsi Jambi melalui sektor pemutihan pajak kendaraan bermotor untuk yang kedua kalinya pada tahun 2020 ini sudah mencapao angka Rp16 Milyar.

Satu Bulan Pemutihan Pajak Kendaraan Jilid 2, Pendapatan Daerah Jambi Capai Rp16 Milyar

Satu Bulan Pemutihan Pajak Kendaraan Jilid 2, Pendapatan Daerah Jambi Capai Rp16 Milyar

Posted by JAMBI28 TV on Friday, September 18, 2020
Sumber: JAMBI28.TV

Gelora Indonesia Dukung Penuh Fachrori Umar – Syafril Nursal di Pilgub Jambi

JAMBI (SR28) - Dukungan penuh terhadap paslon Gubernur Jambi Fachrori Umar - Syafril Nursal disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Umum Partai Gelora Indonesia yakni Fahri Hamzah.

Nonton berita lainnya di JAMBI28.TV

Pegawainya Ada yang Positif Covid 19, RSUD Raden Mattaher Jambi Panik

KOTA JAMBI (SR28)- Usai salah satu pegawainya terkena Covid 19, manajemen RSUD Jambi melakukan sederet kebijakan penutupan layanan kesehatan bagi masyarakat. Melalui Surat Edaran yang dikeluarkan hari ini, Direktur RSUD Raden Mattaher Jambi dr.Ferry resmi menutup sejumlah layanan kesehatan seperti Poliklinik, Kamar Pelayanan Elektif serta memerintahkan agar pejabat yang berusia diatas 50 tahun agar bekerja dari rumah.

Berikut visualisasi lengkap dari Surat Edaran tersebut.

Jurnalis Muhammad Sidik

- Advertisement -

Bawaslu Larang Keras Konser Musik Saat Kampanye Ditengah Pandemi

JAMBI (SR28) - Bawaslu Provinsi Jambi melarang keras orang berkumpul di suatu tempat seperti konser musik serta kegiatan kampanye lainnya yang mengumpulkan massa lebih dari 50 ditengah pandemi saat ini.

Syafril Nursal Hadiri Konsolidasi Partai Gelora Se-Provinsi Jambi

KOTA JAMBI (SR28) - Forum konsolidasi Partai Gelora se Provinsi Jambi yang digelar pada Minggu pagi mendadak terhenti. Hal tersebut dikarenakan  adanya lawatan Calon wakil Gubernur Syafril Nursal ke partai pendukung dia dan Fachrori ini.

Syafril yang didampingi rombongan pun langsung disambut hangat oleh partai berlogo ombak laut ini.

Syafril pun secara singkat diperkenalkan dengan seluruh petinggi partai Gelora yang hadir.

Dalam pertemuan singkat itu, Syafril yang didampingi langsung oleh ketua DPW Gelora Provinsi Jambi, Mahyudi menyampaikan sederet apresiasi dan arahan kepada Partai Gelora untuk memenangkan dia dan petahana tersebut.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kerja keras Partai Gelora selama ini telah menggerakkan kader-kader dan simpatisan untuk mendukung kami bersama Pak Fachrori" ungkap Syafril.

Selain itu, Syafril juga memotivasi agar kader-kader Partai Gelora untuk semangat hingga 9 Desember 2020 mendatang.

"Target kita 80% suara. Semoga kita bisa merealisasikan target tersebut" tutup Syafril. (Sidik)

Pejuang Covid-19 Merangin Diberi Penghargaan

MERANGIN - Bupati Merangin H Al Haris didampingi Wabup H Mashuri, memberi penghargaan dan bingkisan kepada para pejuang Covid-19 dan masyarakat yang berdisiplin dalam menegakan protokol kesehatan Covid-19.

Piagam Penghargaan untuk pejuang Covid-19 yang telah bekerja setulus hati melakukan pencegahan dan penanggulangan Corona di Kabupaten Merangin tersebut, diberikan bupati usai Upacara Kedisipinan di halaman Kantor Bupati, Senin (06/7).

‘’Mereka ini telah banyak membantu dalam pencegahan, penanganan dan penanggulangan Covid-19, sehingga sangat layak diberikan penghargaan. Terimakasih kepada teman-teman yang telah bekerja tulus dan iklas,’’ujar Bupati.

Para pejuang Covid-19 yang menerima Piagam Penghargaan dari Bupati Merangin tersebut, utusan dari pedagang atas nama Dasria R Putra dan Al Madani, Tomi utusan dari Ojek, dr.Derallah Ansusa dan Ns.Joko Prayoso dari Tenaga Medis.

Selain itu, AIPDA Toip, SERTU Marzuwin Alpandi dan Noprianto dari petugas Posko Covid-19. Bupati juga memberikan Piagam Penghargaan kepada pihak ketiga  yang sangat peduli dalam penanganan Covid-19.

‘’Saya juga berterimakasih yang sebesar-besarnya kepada Tim Gugus Tugas Covid-19 Merangin yang telah bekerja ekstra keras. Begitu juga pejuang Covid-19 yang bertugas di RSD Kol Abundjani Bangko dan Puskesmas-puskesmas,’’terang Bupati.

Berkat kerja keras semua pihak itu lanjut bupati, sebanyak 21 orang pasien Covid-19 di Kabupaten Merangin sekarang sudah sembuh semua, sehingga untuk saat ini Merangin nol pasien Covid-19.

Fachrori Terima Penghargaan Anugerah TPAKD Award 2020

JAMBI (SR28) - Gubernur Jambi, H.Fachrori Umar, atas nama Pemerintah Provinsi Jambi, menerima penghargaan Anugerah Tim Percepatan Akses Keuangan Darah (TPAKD) Award...

TV

SK Pengangkatan 137 CPNS Kota Jambi Akan Diserahkan Desember Nanti

KOTA JAMBI - 137 Surat Keputusan (SK) CPNS Kota Jambi yang telah dinyatakan lulus seleksi baru akan diserahkan Pemerintah Kota Jambi yang telah dinyatakan lulus seleksi. Baru akan diserahkan pemerintah Kota Jambi paling lambat Desember  mendatang.

Kecelakaan Maut di F1 Bahrain, Mobil Meledak Terbelah Dua

BAHRAIN - Romain Grosjean mengalami kecelakaan mengerikan pada gelaran F1 Bahrain malam tadi. Pebalap Tim Haas itu nyaris tewas dalam insiden tersebut, untungnya dia selamat. Api besar membakar VF-20 milik Grosjean. Dari udara terlihat kalau mobil tersebut terbelah dua nyaris tepat di tengah, memisahkan bagian depan dan belakang.

Yuk Intip, Ini Daftar Kekayaan 5 calon Kapolri

JAKARTA (SR28)- Perrgantian Kapolri direncanakan akan rampung pada akhir Januari 2021 ini. Sederet nama pun mulai muncul ke publik, mulai dari petinggi...

Polda Jambi Grebek Gudang Produksi BBM Oplosan

KOTA JAMBI (SR28) - Tim Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jambi menggerebek gudang yang memproduksi BBM Oplosan di Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi. Dari penggerebekan itu polisi berhasil mengamankan sebanyak 50 ribu liter bahan bakar minyak (BBM) yang sudah dioplos oleh para pelaku.

Sumber: JAMBI28 TV