Kamis, Januari 28, 2021

Gunung Merapi Kembali Erupsi, Keluarkan Awan Panas Guguran

YOGYAKARTA (SR28) - Gunung Merapi kembali erupsi pada 27 Januari 2021 siang. Jarak luncur awan panas mencapai 3 kilometer. Saat ini, Merapi di...

Jambi Kembali Terima 17.240 Dosis Vaksin Covid-19

JAMBI (SR28) - Berdasarkan rencana pemerintah Jambi, jumlah vaksin Covid-19 itu akan mulai di distribusikan ke 9 kabupaten kota lainnya yang belum...

Belum Ada Laporan Bencana, Status Provinsi Jambi Masih Kesiapsiagaan

JAMBI (SR28) - Berdasarkan pemantauan BPBD Provinsi Jambi, ketinggian muka air sungai Batanghari disejumlah daerah masih berada pada kisaran 12 hingga 13...

Sudah Ada 430 Pasien Covid-19 Tanpa Gejala Yang Dirawat Di Rumah isolasi Milik Pemprov Jambi

JAMBI (SR28) - Sejauh ini sedikitnya sudah ada 430 pasien yang dirawat di 2 rumah isolasi milik pemerintah provinsi Jambi itu sejak...

Technology

Terbanyak!!! Hari ini Positif Covid 19 di Provinsi Jambi Bertambah 19 Orang

KOTA JAMBI (SR28)- Setelah berbagai relaksasi aktivitas diberbagai sektor, kasus Covid 19 di Provinsi Jambi mulai menunjukkan ledakannya.
Sore ini (4/8/2020) misalnya Juru Bicara Covid 19 Provinsi Jambi Johansyah menyebut ada 19 orang yang dinyatakan positif Covid 19 setelah melewati berbagai tahap uji medis.

Adapun 19 orang tersebut terdiri dari Kota Jambi,  Kabupaten Batanghari, Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Tebo.

Berikut inisial mereka

MM (perempuan umur 43 tahun) dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif setelah Contact dengan Tenaga Administrasi RSUD Raden Mattaher Jambi

GD (laki-laki umur 13 tahun) dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah Contact dengan Pasien 152

MCI (perempuan umur 11 tahun) dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 152.

EM (laki-laki umur 72 tahun) dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 152

AP (laki-laki umur 18 tahun) dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 152.

YSR (laki-laki umur 52 tahun). Saat ini dia dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 151.

NAY (Perempuan umur  21 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 151.

NRD (perempuan umur  27 tahun). Saat ini dia dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 151

AY (laki-laki umur  20 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 151.

NAW (Perempuan umur  9 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 151.

11.DO (laki-laki umur  31 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 151.

MIS (laki laki umur  42 tahun). Saat ini dirawat di RSUD HAMBA. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 151.

SHY (laki-laki umur  21 tahun). Saat ini dirawat di RSUD HAMBA. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 151.

JKK (laki laki umur  31 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Abdul Thalib. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah pulang dari Babel.

JRD (Perempuan umur  24 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Abdul Thalib. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 127

IN (Perempuan umur  12 tahun). Saat ini dirawat di RSUD HAMBA. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 127.

17.DHM (Lakilaki umur  48 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Abdul Thalib.
. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 127.

RH (Perempuan umur  25 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Abdul Thalib. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan riwayat screening khusus Bappeda.

AAA (Laki-laki umur  13 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Sulthan Thaha. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah pulang dari Bogor

Muhammad Sidik

- Advertisement -

Pemprov Jambi Pastikan Hasil Pemeriksaan Swab Rampung Paling Lama 3 Hari

JAMBI - Atas banyaknya laporan masyarakat, Pemerintah Provinsi Jambi mulai Senin depan atau tanggal 23 November 2020 memastikan setelah 287 spesimen swab yang belum di uji rampung diperiksa. Hasil peemriksaan swab Covid-19 sudah bisa diketahui paling lama tiga hari setelah pengujian.

Indobarometer: FU-SN Unggul 39,3% diatas CE-RATU dan Haris-Sani

JAMBI (SR28)- Indo Barometer meliris hasil survei untuk calon gubernur dan wakil gubernur Jambi yang akan bertarung pada Pilgub, 9 Desember 2020 mendatang. Hasilnya, pasangan Fachrori Umar-Syafril Nursal mengungguli dua rival politiknya, Cek Endra-Ratu Munawaroh dan Al Haris-Abdullah Sani.

Pasangan Fachrori Umar-Syafril Nursal unggul dengan 39,3 persen.  Sedangkan Cek Endra-Ratu Munawaroh mendapatkan 31,3 persen dan pasangan Haris-Sani diangka 23,3 persen.

Peneliti Indo Barometer, Hadi Suprapto menyebutkan, bahwa survei ini dilakukan pada 16-24 November 2020 lalu atau 12 hari sebelum hari pencoblosan. Survei ini dilaksanakan diseluruh wilayah provinsi Jambi, meliputi 11 Kabupaten/Kota dengan populasi survei adalah Warga Negara Indonesia di Provinsi Jambi, dan sudah mempunyai hak pilih.

Selain itu, jumlah sampel pada survei ini sebanyak 1.200 responden, dengan margin of error sebesar lebih kurang 2,83  persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. Untuk metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner.
" Tingkat keyakinan pemilih terhadap pilihannya hingga hari pencoblosan temuan kita cukup besar yakni 86,5 persen. Meskipun ada kemungkinan merubah pilihan 3,6 persen,” ujarnya, Jumat (4/12) kemarin.

Hadi menyebutkan, ada lima indikator mengapa pasangan Fachrori-Syafril diprediksi bisa memenangkan kontestasi politik Pilgub Jambi.  Pertama karena tingkat elektabilitas gubernur dan juga wakil gubernur unggul dari kandidat lainnnya, begitu juga ketika dalam simulasi berpasangan.
Kedua, lanjut Hadi, dukungan terhadap pasangan Fachrori-Syafril merata hampir di semua daerah. "Pengalaman kita itu terbukti. Kita sudah pernah survei di Jambi, polanya hampir sama. Siapa calon yang merata unggul di sejumlah daerah, akan menang," tegasnya.

Kemudian ketiga, kepribadian Fachrori Umar juga unggul dari calon lain. Kemudian keempat, Fachrori Syafril didukung Capres paling populer saat ini yakni Prabowo.

Hadi menjelaskan, temuan pokok survei elektabilitas calon gubernur, wakil gubernur, dan Paslon dengan pilihan calon Gubernur dalam pertanyaan terbuka atau spontan adalah Fachrori Umar 28,6 persen. Disusul Cek Endra 21,6 persen, Al Haris 17,8 persen, Abdullah Sani 0,1 persen.
Sedangkan Pilihan calon Gubernur untuk tiga nama dalam pertanyaan tertutup, Fachrori Umar memperoleh dukungan 40,3 persen, Cek Endra 30,8 persen, Al Haris 23,1 persen. "Pilihan calon Wakil Gubernur dalam pertanyaan terbuka, Syafril Nursal 24,8 persen, Ratu Munawaroh 19,8 persen, Abdullah Sani 16,8 persen,” katanya.

Selanjutnya pilihan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur dalam pertanyaan terbuka adalah Fachrori Umar – Syafril Nursal unggul dengan dukungan 22,8 persen, disusul pasangan Cek Endra – Ratu Munawaroh 18,8 persen, Al Haris – Abdullah Sani 16,2 peren.

Dalam pilihan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur untuk 3 pasang nama dengan pertanyaan tertutup adalah pasangan Fachrori Umar – Syafril Nursal memperoleh dukungan 39,3 persen, Cek Endra – Ratu Munawaroh 31,3 persen, Al Haris – Abdullah Sani 23,3 persen. " Fachrori juga unggul dari aspek kepribadian dan kemampuan. Penilaian masyarakat terhadap kepribadiannya seperti jujur, intelektual,berwibawa sebagai pemimpin dan dekat dengan rakyat,” katanya.
Selanjutnya, dukungan Fachrori-Syafril juga merata di seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi seperti di Kerinci, Batanghari, Muaro Jambi, Tebo, Bungo, Kota Jambi dan Kota Sungai Penuh. "Sedangkan CE-Ratu unggul di Sarolangun, Tanjab Timur, Tanjab Barat. Al-Haris hanya unggul di Kabupaten Merangin," jelasnya.

Breaking News!!! Partai Gelora Resmi Dukung Fachrori-Syafril

JAMBI (SR28)- Teka-teki arah dukungan berbagai partai politik pada Pilgub Jambi 2020 semakin terjawab.  Kabar teranyar, muncul dari Partai Gelora. Tadi malam (Sabtu 5 September 2020), sejumlah petinggi  Partai Gelora disambut secara khusus oleh calon gubernur petahana H.Fachrori Umar dan calon wakilnya Irjen.Pol. Syafril Nursal di kediaman Fachrori Umar kawasan Tanggo Rajo Kota Jambi.

Pertemuan hangat Pengurus DPW Gelora Provinsi Jmabi bersama Fachrori-Syafril

Dalam perjamuan yang dimulai pukul 21.00 WIB tersebut, Partai Gelora menyampaikan resmi menyampaikan ihwal dukungan politiknya pada Pilgub 2020 ini. Secarik kertas bermap resmi Gelora yang berisi dukungan dari Dewan Pengurus Nasional resmi diserahkan oleh Mahyudi ke Fachrori Umar dan Syafril Nursal.

Penyerahan surat dukungan politik secara resmi Partai Gelora

Mahyudi yang dalam sela-sela perjamuan tersebut menyatakan komitmennya untuk menggerakkan simpul massa yang sudah dibangun selama 4 bulan terakhir.

"Kami sudah bulat memutuskan untuk mendukung Bapak (Fachrori Umar-Syafril Nursal) untuk kembali menjadi Gubernur 2021-2024 mendatang. Kami siap mengaktivasi semua komponen partai kami mulai dari wilayah hingga desa-desa untuk memenangkan pasangan FU-SN. Bismillah, kita sama-sama tancap gas" Ungkap Mahyudi dalam perjamuan tersebut.

Lembar dukungan resmi Partai Gelora untuk Pilgub Jambi

Fachrori Umar yang langsung menerima dukungan tersebut mengaku sangat berterima kasih pada Partai Gelora yang memberikan kejutan di last minutes Pilgub ini

"Terima kasih atas dukungannya, kami menjadi makin optimis untuk menang pada Pilgub tahun ini. Kami sangat menyambut dengan gembira bergabungnya Gelora dalam barisan pemenangan. Kolaborasi ini semoga tidak hanya dalam momen Pilgub Jambi 2020, namun juga kolaborasi jangka panjang"Ungkapnya

Direncanakan, hari ini Partai Gelora juga akan turut mengantarkan pendaftaran calon gubernur ke KPU Provinsi Jambi.

"Tim sudah kami siapjan untuk mengantar Pak FU-SN ke KPU. Semua dukungan mulai dari pendaftaran ke KPU hingga 9 desember mendatang sudah kami siapkan secara maksimal untuk memenangkan FU-SN" tutup Mahyudi.

Sebelum Daftar KPU, Seluruh Bapaslon Pilkada Wajib Uji Swab Covid-19

JAMBI (SR28) - Sebelum melakukan pendaftaran, seluruh Bapaslon Pilkada serentak 2020 provinsi Jambi, di wajibkan untuk melakukan Uji Swab Covid-19 pada 1 September mendatang.

Sumber: JAMBI28 TV

Latest News

Pemkab Luruskan Soal Zona Merah COVID-19 Di Tanjabbar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui Juru Bicara Satgas COVID-19 bantah jika Tanjab Barat saat ini masuk ke...

TEGA! Bapak Ini Disiram Saat Sedang Tertidur Pulas

Seorang Pria renta disiram orang tak dikenal saat tengah tertidur pulas. Tak diketahui apa maksud dari seseorang yang mneyiram tersebut.

UNIK! Band Ini Gelar Konser Di Dalam Balon, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Sebuah grup band asal Amerika Serikat yakni The Flaming Lips Band menggelar sebuah konser di dalam balon. Uniknya mereka tetap mematuhi protokol...

Belasan Rumah Terbakar Di Palembang, Pengakuan Tersangka Bikin Geram

PALEMBANG (SR28) - Tangis histeris mewarnai proses pemadam kebakaran yang terjadi di pemukiman padat penduduk di Jalan KH Ahmad Dahlan Palembang, Senin...

Misteri Kematian Rapper K-Pop Iron, Diduga Tewas Dibunuh?

KOREA SELATAN (SR28) - Polisi sebelumnya sempat menyatakan bahwa mereka belum menemukan kecurigaan atau bukti adanya kemungkinan pembunuhan. Karena...

Music

Fachrori Berharap Baveti Lebih Berperan Tingkatkan Kemajuan Olahraga Tenis

JAMBI (SR28) - Gubernur Jambi, H.Fachrori Umar, berharap agar Barisan Atlet Veteran Tenis Indonesia (Baveti) Provinsi Jambi,...

Astaga! Baru Seumur Jagung Jembatan Parit Azan Sudah Retak

KUALA TUNGKAL (SR28) - Jembatan rigit beton parit Azan Desa Harapan Jaya, Kecamatan Sebarang Kota, Kabupaten Tanjab Barat, baru seumur jagung sudah retak dibagian Oprit jembatan (Timbunan tanah).

Salah seorang warga Sebrang Kota, Saini menyebutkan bangunan jembatan parit Azan itu tidak sama dengan jembatan yang dibangun tahun lalu.

"Yang sudah dibangun di Sebrang Kota ini, dimana posisinya masih kokoh, beda dengan jembatan Parit Azan baru seumur jagung sudah retak dibagian opritnya. " ujarnya kepada SR28.

Baru seumur jagung, kondisi jembatan parit Azan sudah tampak retak

Terkait permasalahn jembatan Parit Azan, Desa Harapan Jaya, Kecamatan Seberang Kota tersbeut, Aktivis Tanjab Barat, Anand Viqriza, SH. MH, juga angkat bicara. Ia mengatakan retaknya di bagian oprit jembatan kemungkinan diakbatkan tidak padatnya penimbunan tanah dibagian penurunan jembatan.

"Kalau kita lihat retak dibagikan oprit jembatan tersebut ini akibat tidak padatnya penimbunan di bagian penurunan jembatan, dan indikasinya itu ditimbun dengan tanah lokal, " ujarAnand.

Selain itu, kata Anand kurangnya pengawasan dari Dinas PUPR ini juga menjadi sebab bangunan jembatan parit Azan itu asal jadi saja.

"Karena kalau itu diawasi dengan benar tentu tidak terjadi penyipangan hingga terjadi retak bangunan dibagian oprit jembatan  tersebut, dan atau ada kerja sama terselubung oknum pengawas, oknum Dinas PUPR untuk meraup keuntungan yang besar,  karena ini ada indikasi korupsi yang disengaja dilakukan oleh pihak rekanan," tegas Anand. (Sabri)

Proyek Jaringan Listrik Seberang Kota Asal Jadi, Belum Dialiri Tegangan Sudah Ambruk

KUALA TUNGKAL (SR28) - Proyek pembangunan jaringan listrik di Kecamatan Seberang Kota (Seko), Kabupaten Tanjab Barat yang bersumberkan dari Dana APBN Pusat dikerjakan asal jadi, Pasalnya belum selesai masa perawatan beberapa tiang listrik sudah tumbang, salah satunya diparit Jawa, Kelurahan Tungkal V, Kecamatan Sebarang Kota.

Salah seorang warga Zaman mengatakan tumbang nya tiang listrik tersebut sudah dilaporkan kepada pekerja namun belum juga diperbaiki.

"Sudah dilaporkan, namun sayangnya sudah hampir dua minggu ini tidak dipebaiki dan dibiarkan begitu saja,” ujarnya kepada SR28, Selasa (4/8/2020).

Menurutnya, tiang listrik tumbang dikarenakan pondasi yang tidak kokoh. "Karena  belum dicor sudah dibentang kabel Jaringan Tegangan Menengah (JTM) yang bebannya cukup berat,  tumbangnya tiang itu kita menilai kontraktor yang mengerjakan jaringan ini tidak profesional dan memang asal jadi saja,untung saja JTM itu belum ada sentruman kalau sudah dialiri listrik tentu akan ada korban ketika melintas di tiang ambruk itu,” papar Zaman.

Mengetahui hal tersebut Aktivis Tanjab Barat Anand Viqriza,SH.MH,juga angkat bicara. Dirinya menilai rekanan yang mengerjakan jaringan listrik dikawasan Seberang Kota itu hanaya ingin mencari keuntungan yang cukup besar

"Lihat saja buktinya jaringan itu baru selesai sudah ada yang ambruk ,dan ini sangat kita sayang kan,dan ini sangat menghawatirkan ,karna baru seumur jagung jaringan itu ambruk, untuk itu dinas istansi terkait kembali mengecek pekerjaan tersebut apakah sudah sesuai yang direncanakan,karna kalau seperti yang kita liat pembangunan jaringan itu memang benar-benar asal jadi," pungaksnya. (Sabri)

Belum Ada Sanksi Bagi Masyarakat Jambi Yang Menolak Divaksinasi

Klik video dibawah untuk menonton berita selengkapnya. https://www.youtube.com/watch?v=p4ya9PKXxPo&feature=emb_title

Perusahaan Bersama Serikat Pekerja dan Serikat Buruh PT LPPPI Bagikan 1500 Masker

TEBING TINGGI (SR28) - PT Lontar Papyrus Pulp and Paper Indystry (PT LPPPI) bersama Serikat Buruh Kehutanan, Perkebunan dan Pertanian (SB-Hukatan) Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI),Serikat Pekerja Demokratis (SPD) melakukan sosialisasi dan edukasi disiplin penggunaan masker untuk warga masyarakat di Kelurahan Tebing Tinggi, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Selasa (6/10).

Sebanyak 1500 masker telah dibagikan kepada masyarakat yang melintas di sepanjang jalan simpang pasar KM2.5.

Pimpinan PT LPPPI bersama ketua SB Hukatan, ketua SPD bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Tebing Tinggi memperketat disiplin penggunaan masker untuk mentaati protokol kesehatan yang berlaku, mengingat masih tingginya penyebaran Covid19 di Provinsi Jambi.

Ketua SB-Hukatan Hasian Marbun mengatakan, sangat mengapresiasi atas upaya yang dilakukan oleh perusahaan, dengan berkolaborasi bersama serikat buruh yang ada di perusahaan hal ini merupakan langkah yang tepat untuk mencegah penyebaran Covid19 di Kecamatan Tebing Tinggi, khususnya di wilayah sekitar perusahaan.

"Kita berharap kegiatan sosialisai ketaatan terhadap penerapan protokol kesehatan dan bantuan peralatan kesehatan seperti masker terus dilakukan tidak hanya satu kali ini saja tapi harus berkelanjutan, sekali lagi saya mengapresiasi kegiatan hari ini," ujar Hasian.

Senada dengan SB-Hukatan, Ketua SPD Hadi Hendri juga mengapresiasi atas kerjasama pembagian masker kepada masyarakat

"Kita harap kegiatan ini terus dilakukan selama pandemi Covid-19 masih berlangsung," timpal Hadi.

Ditempat yang sama Pimpinan PT LPPPI, Suparno mengucapkan terima kasih kepada semua yang terlibat dalam kegiatan hari ini beliau mengatakan semoga kerjasama ini akan terus berjalan antara Perusahaan, Serikat Pekerja dan Serikat Buruh, serta Pemerintah dapat jalan beriringan untuk mengedukasi masyarakat agar tetap disiplin menggunakan masker sebagai bagian dari adaptasi kebiasaan baru dan penerapan protokol kesehatan.

"Semoga bantuan masker ini dapat bermanfaat seluas-luasnya untuk masyarakat," tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini unsur dari Pemerintah Kecamatan Tebing Tinggi yang diwakili oleh Sekretaris Kecamatan Kunardi, Kelurahan Tebing Tinggi diwakili oleh Usman staff Kelurahan, Kepala Puskesmas Perawatan Pijoan Baru dr. Hj. Silvie Zalerti, Kepala Sub Sektor Tebing Tingggi IPDA R. R Simanjuntak, dan Babinsa Tebing Tinggi Sertu Tri Setyantoro. (Sabri)

Culture

- Advertisement -

Paslon Mulya Disahkan Nomor Urut 1 Dimaknai Mudah Dikenal

‌‌KUALA TUNGKAL (Sr28) – Penetapan Nomor Urut yang dilaksana oleh KPU Tanjab Barat, Kamis (24/09) di Tungkal Hotel, Jalan Panglima Camar, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, Mulyani –Amin (Mulya) ditetapkan Nomor Urut 1.‌‌

Atas penetapan Nomor Urut 1 pasangan Mulyani – Amin (Mulya) pun mengucapkan rasa syukur.

"Kami yang dapat Nomor Urut 1 bersyukur Alhamdulillah, karena nomor 1 lebih mudah untuk mengenal kami,dengan  Nomor  Urut 1,mudah-mudahan kedepan kita bersatu untuk memajukan Tanjab Barat ini, beda kandidat itu hal yang biasa  tetap kita bersama saudara,” ujar Paslon Mulya.‌‌

Lanjut Paslon 1 (Satu),Mulyani-Amin (Mulya) dengan ditetapkan sebagai Nomor Urut  1 kedepan dalam tahapan Pilkada 2020 ini dirinya akan menjaga kesehatan.

"Kita wajib mematuhi Protokol Kesehatan,mengingat di pilkada 2020 ini kita masih dihadapkan dengan Virus Covid-19 yang hinga kini belum juga hilang," imbuhnya.

"Dengan tahapan Pilkada yang sangat riskan akan virus Covid-19 semoga dari awal tahapan ini hingga akhir pemilihan semua berjalan dengan lancer aman dan damai dan tidak didapati Klaster Baru Covid -19 dalam Pilkada ini, baik sebelum maupun sesudahnya," pungkas Paslon nomor urut 1 usai prosesi pencabutan nomor.(Sabri)

Selama Periode Januari – November 2020, Basarnas Jambi Tangani Musibah Sebanyak 37 Kali

JAMBI - Selama Periode Januari - November 2020, Kantor Pencarian dan Pertolongan Jambi (Basarnas) telah melaksanakan Operasi SAR mulai dari Kecelakaan Kapal, Bencana, dan Kondisi Membahayakan Jiwa Manusia sebanyak 37 kali.

Kepala Sub Seksi Operasi Basarnas Jambi, Kornelis menyebutkan Operasi SAR Sebanyak 37 Kali terdiri dari Kecelakaan Kapal Sebanyak 5 Kali, Bencana Alam Banjir 1 kali, dan Musibah membahayakan Jiwa Manusia sebanyak 31 Kali.

Untuk Pelaksanaan Operasi SAR Provinsi Jambi, Wilayah Kerja Operasi SAR Kantor Pencarian dan Pertolongan Jambi menangani 11 Musibah Membahayakan Jiwa Manusia dan 1 Bencana Alam, Pos SAR Bungo Menangani 10 Musibah Membahayakan Manusia, POS SAR Kerinci Menangani 6 Musibah Membahayakan Manusia, dan Unit Siaga SAR Tungkal Menangani 5 Kecelakaan Kapal dan 4 Musibah Membahayakan Manusia.

Polda Jambi Persiapkan Langkah Pengamanan Pilkada Serentak 2020

JAMBI - Kepolisian Daerah Jambi menggelar rapat koordinasi Operasi Mantap Praja 2020 bersama Pemprov Jambi terkait guna mempersiapkan langkah pengamanan Pilkada serentak 9 Desember mendatang yang digelar ditengah pandemi.

- Advertisement -

Must Read

Bupati Tanjabbar Ingatkan Lurah Tidak Lakukan Mark Up dan Fiktif Kelola Dana Kelurahan

KUALA TUNGKAL (SR28) - Pemerintah pusat sejak tahun 2019 telah mengalokasikan Dana Alokasi Umum (DAU) bagi pembangunan sarana dan prasarana serta pemberdayaan masyarakat kelurahan. Di Tahun 2019 dan 2020 Pemkab Tanjab Barat juga telah mengalokasikan anggaran dalam APBD untuk 20 kelurahan.

Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial, MS saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Camat dan Lurah se-Tanjab Barat di Balai Pertemuan Kantor Bupati, rabu (30/9), secara tegas mengingatkan Lurah agar mengelola dana kelurahan dengan baik sesuai aturan.

"Jangan ada mark up dan fiktif. Bikin proyek padat karya dengan melibatkan masyarakat lokal secara swakelola. Para Camat juga awasi dan pantau dana kelurahan. Bantu dalam pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB)," tegasnya.

Bupati H. Safrial juga berpesan kepada lurah agar dalam pengelolaan dana desa di rapatkan dulu dengan masyarakat. Jangan sampai ada kepentingan lurah dalam pelaksanaannya. Dalam melaksanakan kegiatan Lurah harus aktif berkoordinasi dengan Camat, Tim Koordinasi Pelaksanaan Dana Kelurahan, Inspektorat ataupun langsung dengan BPKP.

"Melalui Rakor Percepatan Dana Kelurahan ini saya harap Camat dan Lurah dapat menyamakan persepsi, sehingga sarana dan prasarana serta pemberdayaan masyarakat di kelurahan bisa berjalan dengan baik tanpa ada permasalahan,"timpal Bupati.

Sebelumnya Kabag Tata Pemerintahan Setda Hermansyah, S.STP melaporkan kegiatan Rakor Camat dan Lurah bertujuan untuk memberikan info dan pemahaman kepada Camat dan Lurah agar anggaran dana kelurahan 2020 berdampak pada pelayanan dan kesejahteraan masyarakat.

Turut hadir mendampingi Bupati, Sekda Ir. H. Agus Sanusi, M.Si dan Asisten Pemerintahan dan Kesra Hidayat, SH, MH. Sebagai pemateri, Inspektur Drs. Encep Zarkasih dan Tim Koordinasi Pelaksanaan Dana Kelurahan KabupatenTanjab Barat. (Sabri)

Meski Sudah Dibuka Kembali, Layanan IGD Rumah Sakit Abdul Manap Belum Optimal

KOTA JAMBI (SR28) - Kendati demikian, pembukaan layanan IGD ini belum bisa berjalan secara optimal. Lantaran dibuka dengan berbagai keterbatasan. Sebab, beberapa tenaga medis masih harus melaukan isolasi mandiri lantaran belum keluarnya hasil uji swab.

Fachrori Berharap Baveti Lebih Berperan Tingkatkan Kemajuan Olahraga Tenis

JAMBI (SR28) - Gubernur Jambi, H.Fachrori Umar, berharap agar Barisan Atlet Veteran Tenis Indonesia (Baveti) Provinsi Jambi, turut meningkatkan kemajuan tenis lapangan...

Pasien Positif Covid-19 di Provinsi Jambi Tembus 534 Orang

JAMBI (SR28) - Kasus baru pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Jambi terus bertambah. Bahkan dalam beberapa hari terakhir saja. Rata-rata penambahan mencapao 20 orang perharinya dna secara keseluruhan pasien Covid-19 hingga saat ini sudah menembus 534 orang.

Libur Panjang, Tim Pemantau Protokol Kesehatan Belum Nampak

JAMBI (SR28) - Ditugaskan memantau penerapan protokol kesehatan pada masa libur panjang pekan ini. Tim Satgas penanganan Covid-19 provinsi Jambi nyatanya belum melakukan tugasnya.

Bola Panas Pilkada Makin Memanas B1KWK PBB Terbaru Ternyata Dukung ke Cici-Jalil

KUALA TUNGKAL (SR28)- Polemik Dukungan Partai Politik Kepada Bakal Calon Kepala Daerah di Kabupaten Tanjung jabung Barat Semakin menjadi Bola Panas,Hal ini dikarenakan Beredarnya B1-KWK Partai Politik Partai Bulan Bintang (PBB) Yang Menunjukkan Dukungan Kepada Lebih dari 1 Pasang Bakal Calon Bupati/wakil bupati di Kabupaten Tanjung jabung Barat. Setelah PPP yang membatalkan dukungannya ke Paslon Cici - Jalil, Kini Partai Bulan Bintang (PBB) yang di Gawangi Prof Yusril Ihza Mahendra ini mendadak membatalkan Dukungan Dan B1-KWK yang awalnya di Berikan Kepada Pasangan Muklis-Supardi.

B1-KWK yang beredar luas di Media Sosial Menunjukkan Arah Dukungan dan B1-KWK kepada Pasangan Bakal Calon Bupati Hj.Cici Halimah, SE dan Drs.H.Abdul Jalil, MM dimana Pada Frasa SK tersebut DPP PBB Membatalkan Dukungan Kepada Muklis - Supardi dengan alasan Tidak Sesuai dengan Kesepakatan Partai PBB, sehingga Dukungan dan B1-KWK Di Putuskan Di Berikan Kepada Paslon Hj.Cici Halimah, SE dan Drs.H.Abdul Jalil, MM .

Informasi Terkait Pembatalan Surat dukungan dan B1-KWK partai Bulan Bintang ini Di Benarkan Media Center Cici - Jalil yang masih enggan menyebutkan nama nya juga,'dia juga memaparkan Bahwa Tim Koalisi Cici - Jalil telah menerima Putusan Dukungan DPP PBB Yang ditujukan Kepada Pasangan Hj.Cici Halimah, SE dan.Drs.H.Abdul Jalil, tertanggal 1 September 2020  Terkait Hal ini Tim kita Media Center cici - jalil akan mendesak KPUD Tanjung jabung Barat Agar Menganulir Syarat Dukungan Partai Bulan Bintang Kita akan Pertanyakan kepada KPUD Tanjung jabung Barat apalagi pihak KPUD sudah menerima putusan DPP PBB terkait perubahan dan pembatalan Dukungan Partai dan B1-KWK PBB" ujar Media Center Cici - Jalil,"tegasnya. (Sabri)

Lifestyle Magazine

Sampaikan Aspirasi Buruh di Tanjabbar, Bupati Surati Presiden RI

KUALA TUNGKAL (SR28) - Serap aspirasi buruh terkait penolakan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja, Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial, MS surati Presiden RI melalui Gubernur Jambi. "Dalam surat Surat Penyampaian Aspirasi dengan Nomor: 565/2739/Naker yang ditandatangani Bupati pada Senin, 12 Oktober 2020 disampaikan aspirasi pernyataan sikap DPC F. Hukatan Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Kab. Tanjab Barat yang menolak diberlakukannya UU Cipta Kerja.

Pemkab melalui Dinas Tenaga Kerja, Polres dan Kodim serta OPD terkait telah memfasilitasi KSBSI untuk menyampaikan aspirasi dan tuntutannya. Semua poin tuntutan buruh diakomodir Pemkab dalam surat yang disampaikan kepada Presiden.

Bupati Tanjung Jabung Barat melalui Sekretaris Daerah Ir. H. Agus Sanusi, M.Si juga mengapresiasi KSBI Tanjab Barat yang tidak melakukan demontrasi dalam menolak pengesahan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja.

"Apresiasi dan terimakasih kami sampaikan kepada KSBSI Tanjab Barat yang menyikapi UU Cipta Kerja  tanpa ada unjuk rasa dan demonstrasi," ujar Sekda.

Lanjut sekda,"Utamanya dalam masa pandemi saat ini. Karena jika kasus meledak tidak tahu isolasi dimana," papar Sekda dalam pertemuan dengan KSBSI Tanjab Barat di Balai Pertemuan Kantor Bupati, senin (12/10).

Sekda berharap dengan disampaikannya aspirasi buruh kepada Presiden Jokowi, kondisi bisa kembali kondusif sehingga tidak ada peningkatan kasus covid-19 terutama di Kab. Tanjab Barat.

Sebelumnya Kadis Naker Tanjab Barat Dianda Putra, S.STP, M.Si menyampaikan seluruh aspirasi buruh yang tergabung dalam DPC F. Hukatan KSBSI Tanjab Barat telah di terima Bupati. Pemkab juga sudah memfasilitasi buruh untuk menyampaikan sikapnya melalui pertemuan yang dilaksanakan mulai dari Jumat (9/10) lalu.

"Termasuk tuntuan agar UU Cipta Kerja diberlakukan bagi buruh dan investor baru," paparnya.

Sementara Hendry, perwakilan KSBSI Tanjab Barat dari PT Produk Sawitindo Jambi menyampaikan terimakasih kepada Pemkab yang telah memfasilitasi KSBSI untuk menyampaikan sikap dan tuntutannya.

"Terimakasih kepada Pemkab Tanjab Barat yang telah memfasilitasi pertemuan mulai dari hari jumat. Seharusnya kami datang ke sini delapan (8) pengurus dari perusahaan. Mengingat pandemi jadinya dua pengurus. Kami upayakan memberi pengertian anggota untuk tidak membuat aksi hari ini," tandasnya.

Turut serta dalam pertemuan dengan KSBSI, Wakapolres Tanjab Barat, Kasdim 0419/Tanjab, Kabid Tibung Satpol-PP, Sekretaris Dinkes, Kesbangpol, Bagian Hukum Setda dan tamu undangan lainnya. (Sabri)

Sekda Tanjabbar Ikuti Rakor Kesiapan Pilkada Serentak Tahun 2020

JAMBI (SR28) - Sekretaris Daerah Ir. H. Agus Sanusi menghadiri sekaligus mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan Pilkada serentak Tahun 2020 dan pengarahan dari satuan tugas covid 19 yang disampaikan Menteri dalam Negeri Tito Karnavian di Ball Room Swiss Bell hotel, Rabu (26/08)

Gubernur Jambi Drs. H. Fachrori Umar dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan Pilkada serentak di tengah kondisi pandemi covid 19 yang menuju normal baru, tentu menghadapi sejumlah tantangan mulai dari aspek penyelenggaraan, aspek peserta pemilu dan aspek pandemi virus Corona yang mengharuskan masyarakat beradaptasi.

"Terkait Pilkada Serentak 2020 ini, Fachrori sampaikan Provinsi Jambi dan 5 Kabupaten Kota siap melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang," paparnya.

Untuk mewujudkan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota serentak tahun 2020 yang aman berkualitas dan demokratis di bumi Sepucuk Jambi sembilan lurah di era adaptasi dan kebiasaan baru akan diambil langkah-langkah konkrit dan antisipatif.

"salah satunya dengan penyesuaian penyelenggaraan Pilkada yang diawali dengan menyiapkan peraturan atau merubah peraturan tentang tahapan program dan jadwal Pilkada menyesuaikan teknis berkaitan dengan mekanisme tata cara pendaftaran, calon metode kampanye, pemungutan dan penghitungan suara serta rekapitulasi perolehan suara yang tepat dengan situasi pandemi."imbuh nya.

Lanjut Fachrori juga diperlukan penerapan ketentuan protokol kesehatan yang ketat dalam penyelenggaraan Pilkada KPU Bawaslu peserta pemilihan dan pemilik misalnya penggunaan masker menjaga jarak dan selalu mencuci tangan." kita sangat membutuhkan inovasi dalam penyelenggaraan dan pengawasan pemilihan Pilkada baik dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk mencegah pelanggaran menindak pelanggaran dan menyelesaikan sengketa pemilihan serta mencegah kerumunan.

"Kita berharap kesuksesan pelaksanaan Pilkada di provinsi Jambi dapat kita wujudkan meski di tengah pandemi, kita upayakan agar tidak menjadi klaster baru penularan virus covid 19, baik bagi pemilih maupun bagi pekerja negara khususnya petugas Pilkada di lapangan," pungkasnya.

Hal yang sama juga disampaikan, Mendagri Tito Karnavian terkait penanganan covid 19. Tito berharap kepada Kepala Daerah dapat bersungguh sungguh dalam penangangan covid 19. Tito juga ingatkan terkait penyelenggaraan Pilkada Serentak di tengah Pandemi Covid 19 agar tidak menimbulkan klaster baru, salah satunya dengan penerapan protokol kesehtan yang ketat dalam penyelenggaraan setiap tahapan Pilkada.

"Masalah pilkada serentak belum ada jamiman pandemi covid 19 sudah berakhir, namun dengan kemauan dan kesungguhan pilkada bisa jadi momentum daerah yang penting untuk menentukan pemimpin dan menekan penyebaran covid 19 melalui dukungan pemerintah daerah baik kabupaten/Kota dan Provinsi," tegas Tito.

Sementara itu Sekretaris Daerah Ir. H. Agus Sanusi dalam keterangannya usai mengikuti Rakor mengatakan bahwa Mendagri sampaikan apresiasi dan terima kasih terhadap Kabupaten Kota Se Provinsi Jambi atas dukungan anggaran dalam penanganan Covid 19. Menurutnya, arahan Mendagri lebih fokus pada penanganan covid 19."Yang paling pokok agar lebih banyak pemeriksaan PCR kepada masyarakat, pemeriksaan dengan skala besar,

"Mengenai persiapan pilkada kita sudah sepakat ada 670 TPS yang sudah ditetapkan. Kita sudah sepakat dan itu tidak ada masalah," tandas Sekda Agus Sanusi. (Sabri)

Lepas Atlet PABBSI Ikuti Uji Tanding, Bupati Tanjabbar: Jaga Nama Baik Daerah

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial, MS lepas atlet Persatuan Angkat Besi dan Berat Seluruh Indonesia (PABBSI) yang akan berangkat ke Kota Jambi untuk mengikuti Try Out dan Uji Tanding bersama PABBSI Kota Jambi, Kamis (17/9/2020).

Dalam pelepasan yang diadakan di Ruang Rapat Bupati tersebut, Bupati Safrial berpesan agar para atlet PABSSI Tanjab Barat bertanding dengan sportif dan bisa menjaga nama baik daerah.

"Dalam sebuah pertandingan juara itu penting, tapi sportifitas tetap harus dijaga. Jaga nama baik daerah. Selamat berjuang, mudah-mudahan sukses. Teriring doa dari kami secara pribadi. Semoga adek-adek memperoleh medali yang banyak," ujarnya.

Bupati juga berjanji akan meminta OPD terkait untuk bisa meningkatkan insentif atlet di Tanjab Barat.

"Insentif harus disesuaikan, upayakan lebih tinggi dari daerah lain, minimal sama. Agar atlet-atlet berprestasi tidak pindah ke daerah lain," tambah Safrial.

Sebelumnya ketua PABBSI Tanjab Barat H. M. Arif mengungkapkan try out dan latih tanding ini diadakan untuk menjaga kebugaran atlet karena banyak kegiatan terhenti disebabkan pandemi covid-19 sekaligus persiapan bagi atlet yang lolos PON Papua.

"Atlet PABBSI kita termasuk berprestasi Pak, ada dua yang ikut PON Papua, tapi tertunda karena Covid. Untuk itu kita adakan kegiatan ini agar kondisi atlet PABBSI tetap bugar," paparnya

Sementara Ketua KONI Tanjab Barat, Syarifuddin yang ikut serta dalam pelepasan berpesan agar atlet PABBSI bisa mengikuti kegiatan dengan semangat dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Ketua KONI juga minta maaf tidak bisa membantu dengan maksimal karena pandemi covid-19. (Sabri)

Gelora Indonesia Dukung Penuh Fachrori Umar – Syafril Nursal di Pilgub Jambi

JAMBI (SR28) - Dukungan penuh terhadap paslon Gubernur Jambi Fachrori Umar - Syafril Nursal disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Umum Partai Gelora Indonesia yakni Fahri Hamzah.

Nonton berita lainnya di JAMBI28.TV

Deklarasi dan Pengukuhan Tim Koalisi Kecamatan Sebrang Kota Pemenangan Mulya dan Jambi Cerah Berjalan Sukses dan Semarak

KUALA TUNGKAL (SR28) – Deklarasi dan Pengukuhan Tim Kualisi Kecamatan Seberang Kota Pemenangan Mulyani-Amin (mulya) Calon Bupati Tanjab Barat dan Cek Endra - Ratu Munawar (jambi Cerah) Calon Gubernur Jambi yang dilaksanakan di Desa Kuala Kahar, Sebrang Kota minggu (18/10) berjalan suskses dan semarak.

Hadir dalam pengukuhan, Ketua Koalisi Mulayani –Amin H.M.Efendi,S.pd,Ketua Partai Kualisi Cek Endar –Ratu Munawarah (Jambi Cerah) Ahmad Jahfar Sekali Gus Ketua Partai Golkar,anggota Partai PDIP,Anggota Partai Golkar,serta Tim pemenangan Mulyani –amin sekaligus pemenangan Cek Endra-Ratu Munawarah (jambi Cerah) dan para Undangan.

Ketua Kualisi  Mulyani –Amin (Muliya) H.M.Efendi,S.pd dalam sambutan mengajak segenap Tim pemenagan Mulya dan Jambi Cerah Desa Kuala Kahar ,Seberang Kota,bersama-sama memnagan pasangan Calon Bupati Mulya Dan Pasanga Gubernur Jambi Cerah untuk memenagkan Pilkada tahun 2020 ini.

"Selain masayarakat minimal keluarga kita yang harus kita bawa untuk memenagkan dan memilih Pasangan Calon Bupati dan Gubernur dan Wakil Gubernur,Mulyani – Amin  (Mulya) dan Cek Endra-Ratu Munawarah (Jambi Cerah),”ajak H.M.Efendi.

"Kami bersama rombongan ini datang mewakili Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, Gubernur Jambi dan wakil Gubernur Jambi, sebelum nya kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya karena tidak bisa menghadirkan pasangan Calon (Paslon) tersebut karana masing-masing paslon jadwalnya sangat padat sehingga tidak bisa hadir dihadapan bapak-bapak dan saudara semua, oleh karenanya kami tim koalisi menghaturkan maaf yang sebesar-besarnya,” papar Efendi.

Efendi juga mneyampaikan 9 Desember 2020 mendatang sebagai penentuannya paslon  Cek Endra dan  Ratu Munawaroh sebagai gubernur dan wakil gubernur Provinsi Jambi.

"Insya Allah sama-sama kita berikan dukungan juga pada pasangan  Mulyani – Amin untuk menjadi Bupati dan Wakil Bupati Tanjab Barat kami berharap kiranya kita semua mendukung dan memberikan kemenangan kepada pasangan muliya dan Jambi Cerah Calon Bupati Tanjab Barat dan Calon Gubernur Jambi,dihari pencoblosan,dan Jangan Sampi Lupa dimana  nomor Urut kita Muliya Nomor 1 (satu) dan Jambi Cerah Juga Nomor Urut 1 (Satu),” timpal H.M. Efendi.

Masih ditampat yang sama Ketua Partai Koalisi Jambi Cerah, Ahmad Jafar mengutarakan hari ini PDI-P dan Golkar selaku fungsionaris partai politik bergerak untuk mendukung Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, Cek Endra-Ratu Munawaroh maupun Calon Bupati dan Wakil Bupati Tanjab Barat, Mulyani-Amin.

”Dari PDIP dan Partai Golkar kesempatan kali ini adalah suatu hari yang istimewa untuk menandai titik pergerakan kita untuk memenangkan siapa memenangkan pasangan Mulyani –Amin dan Cek Endra – Ratu Munawarah,calon Bupati dan wakil Bupati,Calon Gubernur dan wakil Gubernur Jambi," ujarnya.

"Hari ini kita bergerak selaku fungsionaris partai politik tetapi sebelum bergerak tentulah kita harus memastikan bahwa kita punya kepercayaan diri atau punya kebanggaan,sebagai bagian dari partai PDIP dan Partai Golkar,siapa bangga menjadi warga Kecamatan seberang kota ini untuk ikut serta mendorong pembangunan di daerah daerah terutama di daerah yang Marjinal seperti seberang kota,” papar Ahmad Jahfar.

"Bisa dikatakan bahwa ini adalah daerah yang tertinggal tetapi ini adalah daerah yang Marjinal Artinya kita sering terpinggirkan oleh kebijakan-kebijakan yang barangkali sering tidak tepat dikotomi politik masih menjadi satu masalah di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Saya kira di mana dikotomi politik itu menjadikan kita sering tidak menjadi prioritas di dalam pembangunan kita sering melihat bahasa hulu dan hilir bagian dari pada bagian dari pada Hilir ini lalu seolah-olah konsentrasinya sudah tercukupi untuk daerah Hilir ini, tetapi kita tidak tahu definisi itu yang mana yang mendapatkan prioritas.”dan kita sering terperangkap di dalam istilah-istilah itu kita tentu tidak ingin kita sudah menjadi Marjinal di dalam politik Marjinal nggak di dalam persoalan pembangunan untuk itu kehadiran partai politik harus menjadi jaminan bahwa daerah-daerah seperti ini menjadi prioritas juga di dalam pembangunan, dan pada masa masa yang akan dating,” beber nya.

Lanjut Jahfar,” Oleh karena itu Pilkada harus membawa makna besar bagi daerah kita ini membawa manfaat bagi kita,karena harus kita maknai bahwa Pilkada adalah bias usaha kita untuk ikut serta masuk menjadi pengambil kebijakan yang prioritas teman-teman yang di PDIP tentu harus punya komunikasi langsung dengan para anggota DPRD dari PDIP Kepada Bupati yang diusung oleh PDIP sehingga kelak mampu menjadi penyalur aspirasi masyarakat yang berkepentingan terhadap pembangunan yang ada di daerah kita, bagi teman-teman yang ada di Golkar pengurus di tingkat kecamatan hingga ke desa hingga kepada TPS TPS yang ada pengurusnya Insya Allah harus menjalin komunikasi efektif dengan anggota DPRD dan calon yang diusung oleh Partai Golkar sehingga nanti temen-temen bisa ikut mendorong proses pembangunan yang ada di tingkatan kemasyarakatan yang ada di sebuah kota  oleh karena itu tugas anda sekalian, pertama hari ini adalah memenangkan pasangan Mulyani - Amin dan pasangan Cek Endra dan Ratu Munawarah serta bagaimana nanti mengawal bupati dan wakil bupati dan wakil gubernur dan wakil gubernur,jika diberi kemenangan dalam bentuk apa dan Bagaimana membawa aspirasi masyarakat sebanyak-banyaknya untuk bisa diambil menjadi satu kebijakan di wilayah Sebrang Kota,” pungkasnya. (Sabri)

Video News

- Advertisement -

Pegawainya Ada yang Positif Covid 19, RSUD Raden Mattaher Jambi Panik

KOTA JAMBI (SR28)- Usai salah satu pegawainya terkena Covid 19, manajemen RSUD Jambi melakukan sederet kebijakan penutupan layanan kesehatan bagi masyarakat. Melalui Surat Edaran yang dikeluarkan hari ini, Direktur RSUD Raden Mattaher Jambi dr.Ferry resmi menutup sejumlah layanan kesehatan seperti Poliklinik, Kamar Pelayanan Elektif serta memerintahkan agar pejabat yang berusia diatas 50 tahun agar bekerja dari rumah.

Berikut visualisasi lengkap dari Surat Edaran tersebut.

Jurnalis Muhammad Sidik

Setahun Bertugas di Perbatasan RI-Timor Leste, 400 TNI Tiba di Jambi dengan Selamat

JAMBI (SR28) - Usai menjalankan misi mejaga perbatasan RI-Timor Leste, 400 personel Yonif Raider 142 Kstaria Jaya, dibahwa komando Korem 042 Garuda Putih tiba di Jambi dengan selamat.

Sumber: JAMBI28 TV

Iuran BPJS Kesehatan Kelas III Mandiri Naik, Ini Daftar Terbarunya

JAKARTA (SR28) - Pemerintah memutuskan untuk mengurangi bantuan iuran untuk setiap peserta BPJS Kesehatan Kelas 3 Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja...

Satu Tenaga Medis Terpapar Covid-19, Puskesmas Koni Kota Jambi Ditutup Sementara

KOTA JAMBI (SR28) - Lantaran satu tenaga medis terpapar Covid-19, Puskesmas Koni Kota Jambi akhirnya ditutup sementara daris egala aktifitas pelayanan kesehatan masyarakat selama tiga hari.

Satu Tenaga Medis Terpapar Covid-19, Puskesmas Koni Kota Jambi Ditutup Sementara

Satu Tenaga Medis Terpapar Covid-19, Puskesmas Koni Kota Jambi Ditutup Sementara

Posted by JAMBI28 TV on Tuesday, September 22, 2020
Sumber: JAMBI28.TV

Bupati Tanjabbar Ingatkan Lurah Tidak Lakukan Mark Up dan Fiktif Kelola Dana Kelurahan

KUALA TUNGKAL (SR28) - Pemerintah pusat sejak tahun 2019 telah mengalokasikan Dana Alokasi Umum (DAU) bagi pembangunan sarana dan prasarana serta pemberdayaan masyarakat kelurahan. Di Tahun 2019 dan 2020 Pemkab Tanjab Barat juga telah mengalokasikan anggaran dalam APBD untuk 20 kelurahan.

Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial, MS saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Camat dan Lurah se-Tanjab Barat di Balai Pertemuan Kantor Bupati, rabu (30/9), secara tegas mengingatkan Lurah agar mengelola dana kelurahan dengan baik sesuai aturan.

"Jangan ada mark up dan fiktif. Bikin proyek padat karya dengan melibatkan masyarakat lokal secara swakelola. Para Camat juga awasi dan pantau dana kelurahan. Bantu dalam pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB)," tegasnya.

Bupati H. Safrial juga berpesan kepada lurah agar dalam pengelolaan dana desa di rapatkan dulu dengan masyarakat. Jangan sampai ada kepentingan lurah dalam pelaksanaannya. Dalam melaksanakan kegiatan Lurah harus aktif berkoordinasi dengan Camat, Tim Koordinasi Pelaksanaan Dana Kelurahan, Inspektorat ataupun langsung dengan BPKP.

"Melalui Rakor Percepatan Dana Kelurahan ini saya harap Camat dan Lurah dapat menyamakan persepsi, sehingga sarana dan prasarana serta pemberdayaan masyarakat di kelurahan bisa berjalan dengan baik tanpa ada permasalahan,"timpal Bupati.

Sebelumnya Kabag Tata Pemerintahan Setda Hermansyah, S.STP melaporkan kegiatan Rakor Camat dan Lurah bertujuan untuk memberikan info dan pemahaman kepada Camat dan Lurah agar anggaran dana kelurahan 2020 berdampak pada pelayanan dan kesejahteraan masyarakat.

Turut hadir mendampingi Bupati, Sekda Ir. H. Agus Sanusi, M.Si dan Asisten Pemerintahan dan Kesra Hidayat, SH, MH. Sebagai pemateri, Inspektur Drs. Encep Zarkasih dan Tim Koordinasi Pelaksanaan Dana Kelurahan KabupatenTanjab Barat. (Sabri)

Restuardy Daud Tinjau Kesiapan Asrama BPSDM Dijadikan Rumah Isolasi Pasien Covid-19

JAMBI (SR28) - Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi, Ir Restuardy Daud M.Sc meninjau asrama BPSDM Provinsi Jambi, di Kota Baru, Kota Jambi, yang dijadikan rumah isolasi bagi pasien terkonfirmasi Covid-19 di Provinsi Jambi.

Pemerintah dan Satuan Tugas Covid-19 Provinsi Jambi menyiapkan 70 tambahan tempat tidur bagi pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19. Ini merupakan upaya Satgas Covid-19 Provinsi Jambi meningkatkan pelayanan penanganan Covid-19.

Pjs Gubernur didampingi Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Shantyabudi, Danrem 042/Gapu Brigjen M Zulkifli, Asisten I Setda Provinsi Jambi Apani Saharudin, Kepala BPBD Provinsi Jambi Bachyuni Deliansyah, Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Reflizar, Wakil Wali Kota Jambi Maulana, Kepala Biro Humas dan Protokol Johansyah serta anggota lainnya.

Restuardy menjelaskan, Pemerintah Provinsi Jambi dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi terus berupaya dalam penanganan Covid-19. Salah satunya menyiapkan Asrama BPSDM Provinsi Jambi sebagai tambahan rumah isolasi untuk pengendalian dan percepatan penanganan Covid-19 di Provinsi Jambi.

“Pada hari ini kami bersama tim Satuan Tugas Covid-19 Provinsi Jambi langsung turun melihat persiapan tambahan tempat isolasi. Kami harapkan bisa menampung pasien terkonfirmasi Covid-19 yang akhir-akhir ini jumlahnya meningkat signifikan,” katanya.

Pemprov Jambi dan Satgas Covid-19 terus mengamati pergerakan angka yang terus bergerak naik. Saat ini jumlah pasien positif Covid-19 terus mengalami peningkatan, sedangkan daya tampung rumah sakit terbatas.

Restuardy mengatakan, Asrama BPSDM Provinsi Jambi dapat menampung pasien Covid-19 tanpa gejala sebanyak 70 orang, sedangkan dokter dan para medis disiagakan.

Restuardy mengajak masyarakat Provinsi Jambi bersama-sama dan displin melaksanakan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, dengan cara selalu memakai masker saat di luar rumah, cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

“Dengan cara itulah kita bisa menekan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Provinsi Jambi secara efektif,” tegasnya.

Sebelumnya, Rabu, 30 September 2020, Restuardy Daud meninjau salah satu gedung di Rumah Sakit Raden Mattaher, yakni gedung enam lantai untuk segera dilanjutkan pembangunannya sebagai tempat isolasi pasien Covid-19.

- Advertisement -

Music

Kejari Tanjabbar Musnahkan Barang Bukti Hasil Ingcrah di Pengadilan Negeri

KUALA TUNGKAL (SR28) - Kejari Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat, melakukan pemusnahan sejumlah barang hasil ingcrah atau putusan tetap oleh hakim Pengadilan Negeri Kuala Tungkal, pemusnahan tersebut dipimpin langsung oleh Kajari Kuala Tungkal Trijoko, SH, MH, Selasa (25/8).

Ada pun Barang bukti yang dimusnahkan terdiri dari 18 kasus perkara narkotika jenis shabu shabu kurang lebih seberat 2 kilo gram, dan 34 perkara kasus tindak pidana lain. Pemusnahan ini di laksanakan di Halaman Kantor Kejaksaan Negeri Kuala Tungkal, Kab. Tanjung Jabung Barat, dalam pemusnahan tersebut turut dihadiri para Kasubbag, Para Kasi dan Anggota Polres Tanjab Barat.

Kajari Tanjung Jabung Barat Trijoko,SH.MH mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan ini merupakan perkara tahun 2019 dan sudah diputus di tahun 2020 yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap oleh Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Barat yang mana ada 43 perkara kasus.

"Dari 34 kasus perkara, diantara nya 18 kasus narkotika jenis shabu shabu dan sisa nya perkara tindak pidana lain," ujar Tri Joko.

"Memang perkara narkoba ini di Tanjab Barat sangat signifikan terjadi di Tanjab Barat bukti saja ditahun 2019 ada sekitar 40 kasus lebih kita tangani, dan ditahun 2020 sampai bulan Juli ini saja kita tangani sudah sekitar 50 kasus perkara,"Narkoba shabu shabu yang kita musnahkan ini kurang lebih 2 kilo, kalau diharga kan sekitar 2 Milliar," tambahnya.

Adapun Pemusnahan barang bukti narkoba jenis shabu shabu tersebut dilakukan dengan cara diblender,  sedangkan perkara lain dimusnahkan dengan cara dibakar dalam kobaran api yang sangat panas.

"Kalau perkara lain barang bukti yang kita musnahkan berupa kasus pencurian dan perkara burung," pungkasnya. (Sabri)

Akhir Tahun 2020, Izin Berkerumun Justru Cenderung Meningkat

JAMBI - Mendekati masa kahir tahun 2020, permintaan perizinan berkerumun di Provinsi Jambi justru meningkat walau di tengah pandemi Covid-19.

Permintaan perizinan tersbeut, mulai dari penyelanggraan rapat, seminar maupun kegiatan kegiatan yang akhirnya menimbulkan keramaia, malah semakin banyak di penghujung tahun ini.

Sejumlah Petugas Medis Positif Covid-19, 4 Layanan RSUD Raden Mattaher Ditutup

JAMBI (SR28) - Empat unit layanan kesehatan di RSUD Raden Mattaher Jambi terpaksa ditutup hingga satu minggu kedepan. lantaran, sejumlah petugas medis di rumah sakit tersebut terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan uji swab mandiri yang dilakukan pihak rumah sakit.

Nonton berita menarik lainnya di JAMBI28 TV

Talak cerai Via Telepon

Oleh: Farida Ayu Nadya S.Sos, M.H

Urusan perkawinan di Indonesia diatur dalam Undang-Undang Perkawinan Nomor  16 Tahun 2019 yang diatur ketentuannya dalam Kompisili Hukum Islam. Aturan-aturan Islam mengenai perkawinan, perceraian, dan perwarisan bersumber dari literatur-literatur Islam dari berbagai mazhab yang dirangkum dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Namun dalam praktek perkawinan yang berlaku di dalam masyarakat, banyak bermunculan hal baru bersifat ijtihad, karena tidak ada aturan yang khusus untuk mengatur hal tersebut.

Perkembangan Teknologi informasi (TI) abad XXI sangat pesat dan menduduki lini kehidupan. Terutama dalam komunikasi yang berbasis kemudahan dalam melakukan hubungan seseorang secara langsung. Konteks dalam Hukum Islam ini yang bersifat universal (umum), sehingga dengan kaidah ushul fikih itu sendiri, bahwa hukum tersebut akan berubah dengan perubahan zaman dan perubahan tempat.

Permasalahannya, hukum positif di Indonesia sekarang ini belum mengatur spesifik kaidah perkawinan yang melalui alur telekomunikasi, sementara itu perkembangan teknologi informasi yang lebih cepat dan pesat jika dibandingkan dengan perkembangan hukum, perangkat hukum dan aparatur penegak hukum demi menyelesaikan persoalan hukum ini dalam bingkai teknologi.

Menurut Undang-Undang Nomor  16 Tahun 2019 tentang Perkawinan, perkawinan adalah ikatan lahir batin seorang laki-laki dan perempuan sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga bahagia dan kekal. Perkawinan pada umumnya dilakukan disatu tempat seperti masjid, rumah, atau gedung dimana calon suami dan calon istri serta walinya hadir di tempat tersebut, namun di Jakarta Selatan pada tahun 1989 terjadi perkawinan melalui telepon, dan hal tersebut sah dengan adanya Putusan Pengadilan Agama Jakarta Selatan No. 1751/P/1989 tentang pengesahan pernikahan melalui telepon, walaupun sampai saat ini hukum positif di Indonesia belum mengatur secara spesifik tentang kaidah perjawinan melalui jalur telekomunikasi.

Pelaksanaan hukum perceraian sebagai bagian dari hukum perkawinan juga bersifat pluralistis, sehinnga pada hal-hal tertentu (perbuataan hukum dan peristiwa hukum tertentu) masing-masing golongan penduduk tunduk pada subsistem hukum perceraian yang berbeda-beda, yaitu sebagai berikut :

a. Hukum perceraian menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUH Perdata) berlaku bagi para suami dan istri warga negara Indonesia yang bergama Islam, yang melakukan perceraian di pengadilan negeri.

b. Hukum perceraian menurut hukum islam berlaku bagi para suami dan istri warga negara Indonesia yang bergama Islam, yang melakukan perceraian di pengadilan agama.

c. Hukum perceraian menurut hukum adat berlaku bagi para suami dan istri warga negara Indonesia yang juga menjadi warga dari kesatuan masyarakat hukum adat dan memegang teguh hukum adatnya, yang melakukan perceraian di pengadilan agama (bagi yang beragama Islam) atau di Pengadilan Negeri (bagi yang beragama Kristen).

Hukum talak (cerai) melalui SMS dapat dianalogikan atau dikiaskan dengan hukum cerai melalui tulisan surat biasa. Sebab kesamaan keduanya merupakan pesan cerai Keabsahan melalui teks yang bukan verbal (lisan), para ulama fikih (fuqaha) sepakat bahwa hal itu efektif jatuh talak. Perceraian adalah putusnya suatu perkawinan antara suami istri yang telah melangsungkan suatu perkawinan, baik cerai hidup maupun cerai mati yang disebabkan oleh beberapa faktor dan memenuhi persyaratan. Dalam perumusanxketentuanxhukum suatu permasalahan atauxperistiwa sebaiknya menggunakanxinstrumen istibat hukum yang konfrehensi agar tercapaixkemaslahatan bagi umat. Alangkah baiknya perkembangan teknologi yang ada saat ini bisa disikapi dengan bijaksana agar pengguna teknologi dapat pengaruh positif bagi perkembangan bangsa dan agama.

Sport News

Talak cerai Via Telepon

Oleh: Farida Ayu Nadya S.Sos, M.H

Urusan perkawinan di Indonesia diatur dalam Undang-Undang Perkawinan Nomor  16 Tahun 2019 yang diatur ketentuannya dalam Kompisili Hukum Islam. Aturan-aturan Islam mengenai perkawinan, perceraian, dan perwarisan bersumber dari literatur-literatur Islam dari berbagai mazhab yang dirangkum dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Namun dalam praktek perkawinan yang berlaku di dalam masyarakat, banyak bermunculan hal baru bersifat ijtihad, karena tidak ada aturan yang khusus untuk mengatur hal tersebut.

Perkembangan Teknologi informasi (TI) abad XXI sangat pesat dan menduduki lini kehidupan. Terutama dalam komunikasi yang berbasis kemudahan dalam melakukan hubungan seseorang secara langsung. Konteks dalam Hukum Islam ini yang bersifat universal (umum), sehingga dengan kaidah ushul fikih itu sendiri, bahwa hukum tersebut akan berubah dengan perubahan zaman dan perubahan tempat.

Permasalahannya, hukum positif di Indonesia sekarang ini belum mengatur spesifik kaidah perkawinan yang melalui alur telekomunikasi, sementara itu perkembangan teknologi informasi yang lebih cepat dan pesat jika dibandingkan dengan perkembangan hukum, perangkat hukum dan aparatur penegak hukum demi menyelesaikan persoalan hukum ini dalam bingkai teknologi.

Menurut Undang-Undang Nomor  16 Tahun 2019 tentang Perkawinan, perkawinan adalah ikatan lahir batin seorang laki-laki dan perempuan sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga bahagia dan kekal. Perkawinan pada umumnya dilakukan disatu tempat seperti masjid, rumah, atau gedung dimana calon suami dan calon istri serta walinya hadir di tempat tersebut, namun di Jakarta Selatan pada tahun 1989 terjadi perkawinan melalui telepon, dan hal tersebut sah dengan adanya Putusan Pengadilan Agama Jakarta Selatan No. 1751/P/1989 tentang pengesahan pernikahan melalui telepon, walaupun sampai saat ini hukum positif di Indonesia belum mengatur secara spesifik tentang kaidah perjawinan melalui jalur telekomunikasi.

Pelaksanaan hukum perceraian sebagai bagian dari hukum perkawinan juga bersifat pluralistis, sehinnga pada hal-hal tertentu (perbuataan hukum dan peristiwa hukum tertentu) masing-masing golongan penduduk tunduk pada subsistem hukum perceraian yang berbeda-beda, yaitu sebagai berikut :

a. Hukum perceraian menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUH Perdata) berlaku bagi para suami dan istri warga negara Indonesia yang bergama Islam, yang melakukan perceraian di pengadilan negeri.

b. Hukum perceraian menurut hukum islam berlaku bagi para suami dan istri warga negara Indonesia yang bergama Islam, yang melakukan perceraian di pengadilan agama.

c. Hukum perceraian menurut hukum adat berlaku bagi para suami dan istri warga negara Indonesia yang juga menjadi warga dari kesatuan masyarakat hukum adat dan memegang teguh hukum adatnya, yang melakukan perceraian di pengadilan agama (bagi yang beragama Islam) atau di Pengadilan Negeri (bagi yang beragama Kristen).

Hukum talak (cerai) melalui SMS dapat dianalogikan atau dikiaskan dengan hukum cerai melalui tulisan surat biasa. Sebab kesamaan keduanya merupakan pesan cerai Keabsahan melalui teks yang bukan verbal (lisan), para ulama fikih (fuqaha) sepakat bahwa hal itu efektif jatuh talak. Perceraian adalah putusnya suatu perkawinan antara suami istri yang telah melangsungkan suatu perkawinan, baik cerai hidup maupun cerai mati yang disebabkan oleh beberapa faktor dan memenuhi persyaratan. Dalam perumusanxketentuanxhukum suatu permasalahan atauxperistiwa sebaiknya menggunakanxinstrumen istibat hukum yang konfrehensi agar tercapaixkemaslahatan bagi umat. Alangkah baiknya perkembangan teknologi yang ada saat ini bisa disikapi dengan bijaksana agar pengguna teknologi dapat pengaruh positif bagi perkembangan bangsa dan agama.

Bupati Merangin Lepas Santri Ilir Boyo Kembali ke Pondok

MERANGIN - Bupati Merangin H Al Haris melepas sebanyak 87 orang santri asal Desa Ujung Tanjung Simpang Parit  Kecamatan Renah Pembarap, kembali mengikuti proses belajar mengajar di Pesantren Ilir Boyo Jawa Timur, Senin (06/7).

Pada acara pelepasan santri mengunakan tiga unit armada bus dari Mushola Ujung Tanjung Simpang Parit tersebut, bupati berbangga anak-anak sudah bisa kembali belajar. Bupati pesan, agar para santri belajarlah yang rajin dan serius di negeri orang.

‘’Ketika istirahat di rumah makan nanti, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir. Tetap selalu memakai masker dan terapkan betul protokol kesehatan,’’pinta Bupati kepada para santri.

Bila sudah sampai pondok nanti lanjut bupati, anak-anak untuk tetap menjaga jarak dan selalu terapkan protokol kesehatan Covid-19. Jangan sampai ada anak Merangin yang sakit di negeri orang.

Diakui bupati, ketika para orang tua dan anak-anak tergugah untuk mendalami ilmu agama, sering sekali mengalami berbagai cobaan dan ujian. Tapi percayalah ujian dan cobaan itu, akan mendidik para santri dan orang tua untuk bersabar.

Termasuk terang bupati, cobaan wabah virus Corona. Namun demikian bupati mengharapkan tidak ada ujian, cobaan dan halangan yang terjadi untuk para santri asal Merangin tersebut.

‘’Saya berdoa, semoga anak-anak sekalian nanti bisa menjadi penerus para ulama ulama di daerah kita. Alhamdulillah virus Corona sudah mulai berkurang di daerah kita, sehingga nanti anak-anak di Merangin juga sudah bisa kembali sekolah,’’ujar Bupati.

Pada kesempatan ini bupati menyerahkan surat keterangan izin berangkat dari Dinas Perhubungan Merangin dan surat keterangan berbadan sehat dari Puskesmas, kepada pimpinan santri yang berangkat.

Kecanduan Judi Online, Pegawai Rumah Makan Sikat Duit Bos

KOTA JAMBI (SR28) - Anggota Unit Reskrim Polsek Kota Baru, Kota Jambi meringkus seorang pemuda bernama Elveny Saputra (27) saat sedang mengamen di jalan.

Pelaku ditangkap lantaran terbukti mencuri yang di rumah makan selero Bundo, di kawasan jalan Patimura, kelurahan Kenali Besar, kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi.

Pelaku merupakan karyawan rumah makan tersebut dan baru dua minggu bekerja disana. Sebelum melakukan aksinya, pelaku terlebih dahulu memantau situasi dn memantau gerak gerik pemilik rumah makan serta karyawan lainnya.

Dari pengakuan pelaku, ia nekat mencuri karena terlanjur kecanduan judi online. Karena ingin bermain judi namun tak punya uang, ia pun kemudian nekat melakukan aksi pencurian.

"Itu uang dihabiskan langsung buat main game online," ujar pelaku.

Pada hari kejadian, situasi rumah makan tengah ramai pengunjung, di sanalah pelaku memanfaatkan situasi tersebut untuk mencuri uang majikannya yang disimpan dilaci kasir rumah makan. Akibat pencurian tersebut, korban mengalami kerugian hingga 6 Juta Rupiah.

"Pelaku ini merupakan karyawan di Rumah Makan Selero Bundo, pelaku mengambil uang di laci kasir rumah makan," jelas AKP Afrito Marbaro kepada awak media.

Selain pelaku, petugas juga menyita barang bukti berupa satu unit Handphone hasil uang curian yang digunakan pelaku selain untuk berjudi.

Atas perbuatannya, pelaku dikenakan pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman 5 tahun kurungan penjara. (ANK)

- Advertisement -

Rina Nose Buka Suara Usai Dikecam Karena Dukung Anji

JAKARTA - Musisi Anji belakangan menuai pro dan kontra akibat pernyataannya soal COVID-19. Di tengah kontroversi tersebut, dia mengunggah cuplikan layar direct message Instagram seseorang.

“Mas Anji, aku mendukungmu. Saat ini, COVID-19 seolah menjelma menjadi sebuah kepercayaan baru yang tabu atau pamali bahkan haram untuk dibantah,” bunyi pesan DM tersebut.

Setelah menimbulkan polemik baru terkait siapa sosok pengirim pesan, Anji kemudian memberikan bocoran yang mengarah pada sosok presenter Rina Nose. Hal itu kemudian ‘diamini’ sang presenter setelah seorang warganet berkomentar dalam salah satu unggahannya.

Rina Nose dalam unggahan di akun instagramnya @rinanose16

“Oh ini yang DM Manji?” ujar pengguna Instagram tersebut. Rina Nose pun membalasnya dengan, “Iya, saya. Ada yang bisa dibantu?”

Karena menuliskan dukungan untuk Anji, presenter 36 tahun asal Bandung, Jawa Barat itu harus menuai hujatan warganet. Lewat Insta Story pun dia memberikan penjelasan di balik dukungannya.

“Saya selalu memiliki empati terhadap orang-orang (siapapun itu) yang disudutkan oleh opini publik secara membabi buta akibat mengungkap sebuah pemikiran (yang sebetulnya tidak melanggar nilai moral atau tidak melanggar hukum) di ruang publik,” ujarnya pada Rabu (29/7/2020). (Okozone)

DPRD Tebo Setujui Ranperda Perubahan RPJMD

TEBO (SR28)-DPRD Kabupaten Tebo menyetujui dan menerima Rancangan Peraturan Daerah Tentang Perubahan atas Perda No. 6 Tahun 2017 tentang RPJMD Kabupaten Tebo Tahun 2017- 2022 menjadi Peraturan Daerah, Kamis (04/06/2020)..Hal tersebut disampaikan pada Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Tebo Dalam Rangka Penyampaian Laporan Bapemperda terhadap Ranperda Perubahan RPJMD yang diselenggarakan terpisah melalui konferensi video serta dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD, Syamsulrizal, SE., M. Si., dan Aivandri, AB..

Wakil Bupati Tebo, Syahlan, SH., dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam pandangan akhir tersebut terlihat semangat kebersamaan dalam pembangunan daerah ditengah pandemi proses tersebut dilakukan dengan semangat demokrasi..Beliau juga mengatakan bahwa RPJMD merupakan instrumen yang diarahkan untuk memecahkan masalah dan menjawab isu isu strategis yang akan dihadapi kedepannya. Substansi pokok di dalam perubahan tersebut adalah sasaran pembangunan dapat tercapai..

"Substansi perubahan RPJMD adalah agar sasaran pembangunan daerah Tahun 2021-2022 tercapai. Hal tersebut diawali dengan upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi yang ditandai peningkatan laju pertumbuhan ekonomi serta indikator lainnya seperti tingkat kemiskinan, pengangguran terbuka, indeks gini dan indeks pembangunan manusia." jelas beliau.

Diakhir sambutannya, Wabup Syahlan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung pelaksanaan pembangunan dengan mengawal dan mengevaluasi prosesnya untuk percepatan pembangunan menuju Tebo Tuntas 2022.

Jurnalis: Rd Ari

Buruh Anggap UU Cipta Kerja Merugikan dan Menindas Pekerja

JAMBI (SR28) - Dalam orasinya, para buruh dengan tegas menolak UU Omnibuslaw Cipta Kerja khususnya klaster ketenagakerjaan. Buruh menilai UU janggal tersebut dirasa sangat merugikan dan menindas para pekerja maupun buruh.

Gubernur Jambi Lepas Petugas Patroli Pencegahan Karhutla

JAMBI (SR28) - Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum melepas petugas patroil pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dalam Apel Pelepasan Petugas Patroli Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan dan Pembalakan Liar di Provinsi Jambi Tahun 2020, di lapangan dalam Makorem 042/Gapu, Minggu (02/08/2020) pagi. Fachrori mengatakan, dalam mengatasi dan pencegahan karhutla di Provinsi Jambi, ditempatkan 254 personil gabungan di daerah rawan kebakaran hutan dan lahan, agar mudah terpantau dan mudah diatasi.

Sebelum pelepasan, Gubernur Jambi Fachrori Umar didampingi Kapolda Jambi Irjen Pol.Firman Santyabudi dan Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Zulkifli melakukan pengecekan persiapan personil yang akan melaksanakan tugas patroli pencegahan karhutla.

Fachrori mengucapkan terima kasih kepada Kepolisian daerah Jambi dan Komandan Korem 042/Gapu Jambi beserta jajaran dan seluruh peserta apel siaga. Fachrori berharap momen ini bisa meningkatkan koordinasi dan sinergi dalam upaya bersama penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi.

Fachrori mengatakan, kebakaran hutan dan lahan banyak menimbulkan dampak negatif yang merusak ekologis, menurunnya keanekaragaman hayati, perubahan iklim, serta menimbulkan asap yang dapat mengganggu kesehatan masyarakat dan mengganggu aktivitas trasportasi darat, laut, dan udara. ”Pada tahun 2019 yang lalu, kita pernah merasakan dampak yang sangat buruk dari kebakaran hutan dan lahan, selain menyebabkan kerugian, material berupa terbakarnya lahan-lahan produktif dan kawasan hutan, termasuk lahan gambut yang mestinya terjaga kondisi tutupannya, juga menyebabkan merebaknya penyakit, khususnya Inveksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), serta terganggunya berbagai aktivitas kehidupan manusia,” terang Fachrori.

Fachrori menegaskan agar kejadian kebakaran hutan dan lahan tidak terjadi lagi, semua pemangku kepentingan harus waspada dan selalu mengantisipasi berbagai kemungkinan di seluruh wilayah Provinsi Jambi.

Fachrori menjelaskan, paradigma penanggulangan bencana dewasa ini sudah berubah dari responsif yang menitikberatkan penanganan saat telah terjadi bencana, menjadi preventif, yang menitikberatkan penanganan sebelum terjadinya bencana. ”Untuk mendukung paradigma tersebut, Pemerintah Provinsi Jambi telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Gabungan Karhutla yang melibatkan Pemrov Jambi, Pemkab/Pemkot, TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni, dunia usaha bidang kehutanan dan perkebunan serta masyarakat. Satgas yang telah dibentuk akan ditempatkan di 171 desa/kelurahan rawan kebakaran hutan dan lahan,” jelas Fachrori.

“Untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Provinsi Jambi, kita akan menempatkan petugas patroli di beberapa titik wilayah rawan kebakaran hutan dan lahan. Saya berharap kepada petugas di lapangan dapat berkerja dengan baik dan efektif serta efisien, fokus pada upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan, bukan pemadaman. Tindakan pemadaman harus tetap dilakukan apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan yang tidak terkendali,” tutur Fachrori.

Selain itu, Fachrori juga berpesan kepada petugas dilapangan yang, dalam suasana pandemi Covid-19, selalu memedomani protokol kesehatan dalam semua tindakan di lapangan. ”Seluruh petugas di lapangan tetap utamakan keselamatan dan menjalankan protokol kesehatan dalam bertugas. Kepada komandan Korem 042/Garuda Putih, Brigjen TNI Zulkifli, sesuai dengan Surat Keputusan Nomor 540/Kep.Gub/BPBD-2/2020 tanggal 1 Juli 2020, gubernur selaku komandan Satuan Tugas menunjuk saudara Danrem 042/Gapu sebagai Pelaksana Harian Komandan Satuan Tugas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Jambi tahun 2020. Saya yakin dan percaya bahwa Danrem mampu melaksanakan tugas harian (Dansatgas) tersebut dengan baik dan penuh tanggung jawab,” ujar Fachrori.

Korem 042/Gapu Brigjen TNI Zulkifli menyampaikan, bahwa hari ini Satgas akan menempatkan petugas di beberapa titik yang rawan kebakaran hutan dan lahan, petugas akan berkerja sama dengan petugas koramil yang ada di wilayah tertentu seperti di Sadu dan Muaro Jambi. ”Pasukan yang kita kirim merupakan gabungan dari semua istansi, ada TNI, Polri, BPBD, Polhut, Manggala Agni. Minggu depan kita akan megirim pasukan ke daerah Kumpeh untuk antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Untuk itu, Korem mengimbau masayarakat dan pengusaha perkebunan untuk berkerja sama dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan,” jelas Danrem 042/Gapu.

Kapoda Jambi Irjen Pol. Firman Santyabudi menyampaikan, Polda Jambi sudah menyiapkan 1.500 personil, sebagian sudah masuk di polres/polsek kabupaten/kota se Provinsi Jambi yang disebut dengan Gugus Tugas Kabupaten. ”Personil yang kita siapkan agar mendekatkan ke lokasi titik rawan kebakaran hutan dan lahan, guna pencegahan lebih dini, agar cepat memadamkan api. Kita minta masyarakat agar bisa berkerja sama untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan bersama-sama. Selain itu, kita terus melakukan patroli dan pemantauan dari jauh. Kita minta perusahan untuk berkerja sama untuk memadamkan api di wilayah perusahannya masing-masing,” terang Kapolda. (Muhammad Sidik)

TV

UNIK! Band Ini Gelar Konser Di Dalam Balon, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Sebuah grup band asal Amerika Serikat yakni The Flaming Lips Band menggelar sebuah konser di dalam balon. Uniknya mereka tetap mematuhi protokol...

Waspada! November Hingga Desember Bencana Banjir Ancam Seluruh Wilayah Jambi

JAMBI - Kepala BMKG Jambi menjelaskan curah hujan tinggi juga akan mengakibatkan potensi terjadinya genangan air hingga banjir dengan kategori menengah pada wilayah Jambi bagian barat. Dan pada bulan desember, bahkan potensi banjir dengan kategori menengah ini akan meluas dan mengancam seluruh wilayah provinsi Jambi.

Hj Cici Halimah Tatap Muka Bersama Ibu Pengajian dan Masyarakat Tungkal Harapan Menangkan Paslon Mulia

KUALA TUNGKAL (SR28) - Hj. Cici Halimah Anggota DPRD  Tanjab Barat Praksi Partai PDIP,dan juga selaku Partai Pengusung Pasangan Calon (Paslon) Mulyani-Amin (Mulia) selasa (20/10) kemarin  sambangi Ibu-ibu Pengajian dan masyarakat Kelurahan Tungkal Harapan.

Kedatangan Hj Cici Halimah bertujuan mensosialisaikan pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Nomor Urut 1 Mulyani –Amin (Mulia) yang sudah siap bertarung dipikada 2020 yang akan dilaksanakan secara serentak 9 Desember mendatang.

Pertemuan tatap muka bersama ibu pengajian dan masyarakat Kelurahan Tungkal Harapan juga dihadiri Relawan Hj Cici Halimah bertasama Tim 40 dan relawan Mulia pemenangan Mulyani-Amin dan juga Bawaslu Kecamatan yang ikut memantau pertemuan tersebut.

Dalam pertemuan tersebut Hj.Cici Halimah mengajak ibu-ibu pengajian dan masyarakat untuk mensukseskan Pilkada 2020 dengan mendatangi TPS yang ada.

"Jangan sampai Golput, karena hak suara masyarakat merupakan harapan besar untuk daerah kita menuju perubahan yang lebih baik lagi ,” ujar  Hj. Cici Halimah.

Dalam kesempatan tersebut Anggota DPRD Tanjab Barat dari Fraksi PDI-P ini juga mengajak Ibu Pengajian dan masyarakat untuk memenangkan Mulyani – Amin Paslon pilkada dalam pertarungan 2020 ini.

"Kita harus menang dalam Pilkada ini demi menyelesaikan apa-apa yang belum sempat terselesaikan di tahun sebelumnya, kalau bukan Paslon Mulyani-Amin, siapa lagi yang mau meneruskan program-program yang belum sempat terselesaikan oleh kepala Daerah sebelumnya," uajrnya.

"Jadi saya mohon kepada seluruh masyarakat Tanjab Barat, bantu dan coblos Nomor Urut 1 pasangan Mulya, berikan do'a kepada Paslon Mulyani-Amin agar bisa memenangkan pemilihan calon Bupati Tanjab Barat 2021-2024," imbuh Hj.Cici Halimah. (Sabri)

Pemkab Merangin Dapat Bantuan Lima Mobil Sampah Dari Pemerintah Pusat

MERANGIN - Bupati Merangin H Al Haris didampingi Wabup H Mashuri dan Pj Sekda H Hendri Maidalef, secara resmi mengoperasionalkan lima mobil sampah baru dan tiga unit kendaraan roda tiga pengangkut sampah.

Acara ditandai dengan pemecahan kendi berisi air kembang, persis di bemper salah satu mobil sampah yang resmi dioperasionalkan. Pada acara yang berlangsung di halaman Dinas Lingkungan Hidup (LH) Merangin itu, juga hadir Kadis LH Zulhifni.

‘’Sebanyak lima unit mobil, terdiri dari tiga damtruk, dua mobil amrol dan tiga unit kendaraan roda tiga pengangkut sampah ini, merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat yang bersumber dari dana DAK. Terimakasih atas bantuan ini,’’ujar Bupati.

Bupati minta armada sampah yang dititipkan ke petugas kebersihan Pemkab Merangin tersebut, digunakan dengan benar dan benar-benar dirawat serta dijaga dengan baik.

Dengan dioperasionalkannya armada baru itu, bupati berharap kepada petugas kebersihan, jangan ada lagi keluhan dari masyarakat ada sampah yang belum diangkut dan menumpuk.

‘’Kita harus jeli dan sigap dalam menyikapi sampah di daerah kita. Mobil sampah ini kapan saja harus stand by. Jika ada masyarakat yang menghubungi minta untuk mengangkut sampah, harus selalu siap,’’pinta Bupati.

Jangan sampai lanjut bupati, muncul paradigma bahwa hanya saat penilaian Adipura saja, sibuk mengurusi sampah. Jadikan pengangkuan sampah itu, sebagai tugas dan kewajiban rutin yang dilaksanakan setiap hari.

Begitu juga sambung bupati, himbauan larangan menggunakan kantong plastik yang pada akhirnya menciptakan sampah plastik, hendaknya jangan hanya menjadi slogan saja, tapi harus diaplikasikan dalam kehiduapn masyarakat sehari-hari.

‘’Didapatkan bantuan mobil ini juga berkat kerja keras para bapak dan ibu petugas kebersihan yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik, sehingga Kota Bangko selalu terlihat bersih dan indah,’’terang Bupati.

Pada kesempatan itu, bupati juga minta petugas kebersihan dapat menjaga dengan baik Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampai di kawasan Langling,  yang menjadi TPA terbaik di Sumatera.

Sementara itu menurut Kadis LH Merangin Zulhifni, Merangin menjadi kabupaten pertama yang mendapatkan bantuan tersebut. Bantuan tersebut, menyusul bantuan-bantuan sebelumnya yang telah diserahkan Pemerintah Pusat.

‘’TPA sampah yang dimiliki Kabupaten Merangin sudah mendapatkan bantuan Pemerintah Pusat sebesar Rp 25 miliar, termasuk alat berat untuk TPA dan satu unit mobil penyedot tinda pada 2019 lalu,’’ujar Zulhifni.