Selasa, Januari 19, 2021

Belum Dilintasi Mobil Sisi Ofrit Jembatan Sungai Bakung Sudah Retak-retak

KUALA TUNGKAL (SR28) – Peningkatan Jembatan Parit Bakung Kecamatan Sebrang Kota, Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang dikerjakan oleh CV Hardianty dengan Dana...

Pembangunan Jalan Kelurahan Tungkal Harapan Asal Jadi, Baru Seumur Jagung Sudah Retak dan Berlubang

KUALA TUNGKAL (SR28) – Pembangunan jalan atau peningkatan skala di kawasan Kelurahan Tungkal Harapan, Kecamatan Tungkal Ilir, KabupatenTanjung Jabung Barat oleh Dinas...

Sriwijaya Air Wajib Ganti Rugi Rp1,25 M per Penumpang SJ182

JAKARTA - Keluarga korban kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182 berhak atas ganti rugi dari pihak maskapai. Hal tersebut mengacu pada Pasal 141 ayat (1)...

Besok Divaksin, Begini Kondisi Kesehatan Jokowi

JAKARTA - Sekretariat Presiden memastikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjalani vaksinasi Covid-19 pada Rabu (13/1) besok di Istana Kepresidenan Jakarta....

Technology

Terkendali Dari Penularan Covid-19, Relaksasi Ekonomi Diperpanjang Hingga Satu Bulan Ke Depan

KOTA JAMBI - Lantaran situasi dan kondisi Kota Jambi sudah dianggap terkendali dari penularan Covid-19. Pemkot Jambi memutuskan untuk memperpanjang waktu relaksasi ekonomi sosial dan kemasyarakatan di amsa pandemi Covid-19 hingga satu bulan kedepan.

- Advertisement -

Pakai Adat Minang, Intip Potret Bahagia Pernikahan Nikita Willy dan Indra Priawan

JAKARTA - Artis cantik Nikita Willy dan Indra Priawan resmi menjadi sepasang suami istri. Akad nikah Indra dan Nikita pagi tadi, digelar dengan memakai adat Minang.

Ardy Daud: Pertanian dan Wisata Harus Tingkatkan Kemajuan Kerinci

JAMBI (SR28) - Penjabat sementara (Pjs) Gubernur Jambi, Ir.Restuardy (Ardy) Daud,M.Sc mengemukakan bahwa potensi pertanian dan pariwisata harus bisa meningkatkan kemajuan dan daya saing daerah Kabupaten Kerinci. Hal tersebut dikemukakan Ardy Daud pada Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kerinci dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-62 Kabupaten Kerinci Tahun 2020, yang berlangsung di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Kabupaten Kerinci, Senin (9/11/2020).

Untuk itu, Ardy Daud meminta Pemerintah Kabupaten Kerinci harus terus memanfaatkan potensi pertanian dan pariwisata yang lebih produktif dan inovatif sesuai dengan karakteristik daerah Kerinci demi kesejahteraan masyarakat.

"Kabupaten Kerinci yang terletak di dataran tinggi memiliki keunggulan dan potensi pertanian dan perkebunan, terutama untuk komoditi teh, kopi, dan kayu manis yang memiliki kualitas ekspor. Kita mengetahui kopi produksi Kerinci telah dikenal oleh para pecinta kopi internasional dan telah memiliki brand kopi Sumatera Koerintji," ujar Ardy Daud.

"Berbekal keunggulan dan karakteristik wilayah Kerinci, kita harus terus mendorong daya saing daerah yang berbasis pertanian dengan didorong sektor industri dan pariwisata untuk lebih menggiatkan perekonomian daerah, menciptakan lapangan pekerjaan, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam mempersiapkan generasi emas Indonesia di tahun 2045," tambah Ardy Daud.

Ardy Daud mengungkapkan, Pemerintah Pusat telah menetapkan Kabupaten Kerinci dalam RPJMN 2019-2024 sebagai kawasan strategis pariwisata nasional dan Taman Nasional Kerinci Seblat sebagai cluster destinasi wisata alam prioritas. Pemerintah Provinsi Jambi juga telah menetapkan kawasan nasional Kerinci Seblat dan sekitarnya dalam rencana induk pembangunan kepariwisataan 2016-2021 sebagai kawasan strategis Provinsi Jambi.

"Hal ini didukung dengan keberadaan Bandara Depati Parbo sebagai salah satu simpul jaringan transportasi yang merupakan pintu gerbang perekonomian masyarakat. Semua itu merupakan suatu modal dalam membangun daerah, yang dapat mendorong percepatan pembangunan Kabupaten Kerinci menjadi lebih maju," ungkap Ardy Daud.

Selanjutnya, Ardy Daud menuturkan, aktivitas masyarakat sepanjang tahun 2020 ini sangatlah terbatas akibat pandemi covid-19 yang tengah melanda, serta mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Kerinci untuk sama-sama konsisten dalam menerapkan protokol kesehatan.

Ardy Daud juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Kerinci untuk meyukeskan pilkada serentak pada tanggal 9 Desember 2020 secara aman, demokratis dan sehat, karena pilkada merupakan sebuah proses untuk mendapatkan pemimpin terbaik, serta memiliki legimitasi di masyarakat.

Bupati Kerinci, Dr.H.Adirozal,M.Si menyampaikan berbagai perkembangan dan kemajuan yang telah diraih oleh pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kerinci sejak November 2019 sampai Oktober 2020., terlihat dari berbagai indikator pembangunan, salah satunya pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kerinci 5,01 persen pada tahun 2020.Adirozal menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Kerinci terus melakukan berbagai terobosan dan inovasi untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan, diantaranya peningkatan infrastruktur jalan untuk memperkuat aktivitas ekonomi masyarakat Kerinci, peningkatan kualitas jaringan irigasi, dan pembangunan infrastruktur pasar.

"Untuk sektor perkebunan, terutama komoditi kopi, Pemerintah Kabupaten Kerinci telah melakukan kerja sama dengan Belgia yang didampingi oleh Lembaga Swadaya Masyarakat internasional Rikolto. Kita telah melakukan ekspor kopi ke Belgia sebanyak 15,9 ton dalam bentuk green bean dan ekspor ke Jepang sebanyak 2,1 ton yang dilakukan oleh Koperasi Koerintji Barokah Bersama," jelas Adirozal.

"Sementara itu, Koperasi Kopi Alam Korintji (Alko) juga telah menjalin kerjasama dengan Starbucks dan diviralkan oleh Menteri BUMN, Menteri  Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Najwa Shihab. Hal ini telah membuktikan bahwa perkembangan Kopi Kerinci sangat signifikan," lanjut Adirozal. (Sidik)

RSUD Raden Mattaher Jambi Jamin Pembuangan Limbah B3 Aman

KOTA JAMBI (SR28) - Ditengah melonjaknya kasus baru Covid-19, pembuangan limbah hasil medis itu mejadi hal krusial. Kendati demikian, RSUD Raden Mattaher Jambi menjamin bahwa pengelolaan limbah B3 tersebut aman terkendali.

Sumber: JAMBI28 TV

Polresta Jambi Musnahkan Puluhan Kilo Barang Bukti Narkoba

KOTA JAMBI (SR28)- Senin pagi (3/8/2020), Polresta Jambi memusnahkan puluhan kilogram narkoba jenis sabu, ganja, ekstasi. Barang haram tersebut diperoleh dari para pengedar dan pengguna yang berhasil ditangkap oleh pihak polresta Jambi  selama 1 semester di tahun 2020 ini. Adapun jenis narkoba yang dimusnahkan pada hari ini terdiri dari Ganja 25Kg, Sabu 1 Kg dan ekstasi seberat 142,9 gram.

Dalam pemusnahan narkoba tersebut, Polresta Jambi juga turut menghadirkan 10 dari 13 tersangka.

“semua kasus ada 12 dengan jumlah tersangka 13 orang. Namun pada kesempatan ini menghadirkan 10 orang, karena 3 orang yang lain telah diserahkan ke Lembaga Pemasyarakatan”. Ungkap Dover Crishtian kepada tim SR28

Diketahui, jumlah tersangka maupun jumlah barang bukti yang berhasil diamankan pada semester 1 tahun ini lebih banyak dibandingkan dengan semester 1 tahun 2019. (Muhammad Sidik)

Sumber: JAMBI28 TV

Latest News

Ini Pertimbangan Hakim Tolak Praperadilan Habib Rizieq

JAKARTA - Hakim Akhmad Sahyuti menolak gugatan praperadilan yang diajukan Habib Rizieq Shihab terkait penetapan tersangka kasus pelanggaran kekarantinaan kesehatan dan penghasutan kerumunan di Petamburan, Tanah...

BREAKING NEWS:Black Box Sriwijaya Air SJ182 Ditemukan!

JAKARTA - Black box atau kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ182 ditemukan. Kotak hitam itu kemudian dibawa ke daratan. Seperti dikutip dari Antara,...

Tak Layak Masuk Dalam Pemiliharaan, Aktivis Endus Dugaan Korupsi Uang Negara Di Pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tanjabbar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Terkait hasil kerja pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tingkat Provinsi Jambi yang berada di Desa Tungkal 1 (Satu)...

Di Akhir Jabatannya, Bupati Safrial Resmikan Proyek Fisik Infrastruktur 2016-2020

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr. Ir.H.Safrial didampingi Wabup Drs. H. Amir Sakib, Senin (11/01/21) kemarin di Laman Orang...

Yuk Intip, Ini Daftar Kekayaan 5 calon Kapolri

JAKARTA (SR28)- Perrgantian Kapolri direncanakan akan rampung pada akhir Januari 2021 ini. Sederet nama pun mulai muncul ke publik, mulai dari petinggi...

Music

Bawaslu Tanjabbar Ingatkan Paslon Pilkada 2020 dan Partai Pengusung Harus Taati Protokol Kesehatan

KUALA TUNGKAL (SR28) - Tahapan Pilkada 2020 Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) sudah dilaksanakan. Namun perlu diingat akan pentingnya kesehatan bagi masyarakat dan partai pengusung dimasa Covid- 19 untuk para Paslon harus mengikuti protokol kesehatan.

Ketua Bawaslu Tanjabbar Hadisiswa melalui Remon Tim Kordit menjelaskan tahapan Pilkada 2020 memang harus mengikuti aturan protokol kesehatan dan sesuai intruksi Presiden dan Mendagri RI.

"Ini mutlak merupakan salah satu syarat setelah keluarnya Perpu yang mana dimasa Covid-19 saat ini sangat penting menjaga kesehatan masyarakat, tetapi untuk menegakan aturan itu merupakan tugas KPU,dan kita Bawaslu sebagai pengawas selama pelaksanaan pilkada berjalan," ujar Remon Rabu (09/09) kemarin saat ditemui di tempat kerjanya.

"Terkait aturan Protokol kesehatan KPU Tanjab Barat itu harus berkoordinasi dengan Tim gugus tugas covid 19,demi mengsukseskan Pilkada ini." KPU dalam menjalankan aturan Protokol kesehatan ini sangat penting campur tangan pemerintah dalam menegakan aturan protokoler tersebut," ujar Remon, Rabu (09/09) kemarin.

Dalam hal ini kata Remon, KPU harus menyesuaikan dengan Tahapan dan bekerjasama dengan tim Gugus Tugas Covid-19 agar pelaksanaan Pilkada 2020 berjalan seperti apa yang diharapkan oleh presiden dan mengikuti protokol kesehatan.

"Yang mana kita juga Bawaslu harus benar-benar mengawasi pilkada 2020 dimana dilaksanakan secara serentak, dan apabila didapati pelanggaran-pelanggaran tersebut maka kami akan sampaikan dan berkoordinasi ke Tim Gugus Covid-19, jika ada sanksi dan sebagainya maka merekalah yang akan menindak lanjutinya dan kami dalam hal ini cuma memfasilitasi dan mengawasi pelanggaran-pelanggaran tersebut," jelas Remon.

"Penyelenggara  pilkada kita harapkan berjalan dengan lancar, akan tetapi perlu kita ingat kepada Bakal Pasangan Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati, untuk mentaati protokoler kesehatan yang sudah diatur dalam Perpu PKPU tentang pentingnya menjaga kesehatan, selain itu juga kita mengingatkan pada partai pengusung saat berkumpul agar mematuhi aturan dan protokoler kesehatan dengan menjaga jarak agar tidak ada klaster baru didalam pilkada," pungkasnya. (Sabri)

Laporan Dana Kampanye Pasangan Haris-Sani Paling Tinggi

JAMBI - Pasangan nomor urut 3 yakni Haris-Sani dengan laporan LPSDK tertinggi yakni sebesar Rp.789.250.000. Dana tersebut bersumber dari dana pribadi calon sebesar Rp.152 Juta dan Rp.357.250.000 dari dana perorangan.

Jokowi Beberkan Alasan Dirinya Rela Jadi yang Pertama Divaksin Corona

JAKARTA - Saat mengumumkan vaksin Corona akan dibagikan gratis untuk masyarakat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menyatakan akan menjadi orang pertama disuntik vaksin.

Jokowi pun membeberkan alasan dia bersedia untuk disuntik vaksin pertama di Indonesia. Dia ingin membuktikan kepada masyarakat luas bahwa vaksin tersebut aman.

Pengacara Djoko Tjandra Akan Diperiksa Kejagung

JAKARTA - Kejaksaan Agung (Kejagung) mengagendakan pemeriksaan terhadap pengacara Djoko Tjandra, Anita Kolopaking, Senin (27/7). Ia dipanggil untuk dikonfirmasi soal pertemuannya dengan Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan Anang Supriatna.

"Rencana begitu [diperiksa]," ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Hari Setiyono, Minggu (26/7).

"Didalami ya tentu seputar dugaan pertemuan dengan Kajari Jakarta Selatan dan seorang Jaksa perempuan yang dikaitkan dengan berita yang beredar di media sosial," tambah dia.

Dalam sengkarut penanganan perkara Djoko Tjandra, Kejagung telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah pihak. Yakni Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus (Kasi Pidsus), Kepala Seksi Intelijen, pegawai yang bertugas saat kejadian dan salah satu tamu yang turut terekam dalam video pertemuan yang kemudian viral di media sosial.

Video yang dimaksud adalah pertemuan Anang dengan pengacara dari Djoko Tjandra, Anita Kolopaking. Informasi ini diungkap akun Twitter @xdigeeembok.

Akun media sosial anonim itu membocorkan rekaman video pertemuan yang diduga untuk memuluskan upaya-upaya yang dilakukan buron kasus korupsi pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali tersebut.

Kemudian, beredar juga foto yang memperlihatkan Anita sedang bersama seorang wanita yang mengenakan pakaian seragam dinas kejaksaan, diduga wanita itu adalah Jaksa. Atas dasar itu, kejaksaan melakukan pemeriksaan internal terhadap personelnya.

Sementara itu, Anita sendiri telah dicegah bepergian ke luar negeri oleh Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Pencegahan tersebut menindaklanjuti permintaan Bareskrim Polri.

"Kemarin tanggal 22 Juli 2020, tim penyidik Bareskrim Polri mengirimkan surat kepada kantor Imigrasi kelas 1 khusus Bandara Soekarno Hatta," ujar Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Argo Yuwono kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (24/7). (CNN Indonesia)

Pemprov Jambi Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 Saat Libur Panjang Minggu Depan

JAMBI (SR28) - Langkah antisipasi ini perlu dilakukan pemerintah daerah agar meningkatnya aktivitas masyarakat selama libur panjang tersebut. Akibat berkunjung ke tempat-tempat wisata maupun tempat keramaian lainnya bahkan mudik bisa di minimalisir.

Culture

- Advertisement -

Polres Merangin Temukan 2 Hektar Perkebunan Ganja di Area Gunung Masurai

MERANGIN (SR28) - Aparat kepolisian dari Polres Merangin, Jambi berhasil menemukan dua hektar lahan yang digunakan untuk menanam ganja. Setidaknya terdapat ratusan batang pohon ganja dan puluhan bibit ditemukan di area gunung Masurai. Tepatnya di desa Nilo Dingin, kecamatan Masurai, Kabupaten Merangin.

Hadir di Pemakaman, Walikota Jambi Sy Fasha dan Istri Lepas Kepergian Putra Bungsunya

KOTA JAMBI (SR28) - Wali Kota Jambi Syarif Fasha bersama istri dan kedua anaknya menghadiri prosesi pemakaman menggunakan APD. Bahkan sesaat peti jenazah di masukkan ke dalam liang lahat Syarif Fasha mengazani putra bungsunya untuk yang terakhir kalinya.

Hadir di Pemakaman, Walikota Jambi Sy Fasha dan Istri Lepas Kepergian Putra Bungsunya

Hadir di Pemakaman, Walikota Jambi Sy Fasha dan Istri Lepas Kepergian Putra Bungsunya

Posted by JAMBI28 TV on Tuesday, September 22, 2020
Sumber: JAMBI28.TV

Langgar Protokol Kesehatan, 20 Orang Warga Langsung Kena Sanksi

JAMBI28TV - Puluhan masyarakat Kota Jambi terjaring operasi Yustisi penerapan protokol kesehatan di jalan raya. Setidaknya, ada 20 orang warga yang akhirnya digelandang untuk mendapatkan sanksi lantaran tak menggunakan masker.

Nonton berita menarik lainnya di JAMBI28.TV
- Advertisement -

Must Read

Demo Tolak RUU Cipta Kerja Berujung Ricuh dan Mencekam

JAMBI (SR28) - Demo menolak UU Cipta Kerja yang dilakukan mahasiswa berujung ricuh. Alhasil kompleks perkantoran di kawasan Telanaipura menjadi mencekam.

Breaking News! SDN 175 Kota Jambi Terbakar, Puluhan Guru dan Warga Teriak Histeris

KOTA JAMBI (SR28)- Jumat pagi (18/12/2020) sekira pukul 10.30 WIB  kebakaran hebat terjadi di Jalan Raja Yamin, RT 01, Lorong Bungo Tanjung, Kelurahan Telanai Pura Kota Jambi.  Sijago merah yang seketika membesar itu membuat para guru dan warga panik dan berteriak histeris. Kejadian tersebut terjadi tepat di gedung kelas SDN 175 Kota Jambi. Dengan posisi gedung sekolah yang berdampingan dengan rumah warga, sijago merah pun dengan cepat nyaris menyambar rumah-rumah warga yang ada disekitarnya.

Informasi yang berhasil dihimpun, kebakaran tersebut diduga  karena ada aktivitas pembakaran sampah dan api membesar seketika hingga tidak terkendali.

"karena ada bakar sampah disitu" ungkap salah satu warga yang berada disekitar lokasi kebakaran.

Sementara informasi lain menyebut jika kebakaran berkemungkinan disebabkan karena arus pendek listrik.

Hingga saat ini penyebab kebakaran tengah dikaji oleh Polsek Telanai Pura yang juga telah turun ke lokasi.

Kebakaran tersebut dalam waktu singkat telah berhasil diselesaikan oleh 6 unit mobil pemadam kebakaran yang segera datang ke lokasi.

Pantauan tim dilapangan juga tampak hadir Ketua Komisi 4 DPRD Kota Jambi, Jasrul S.Ag. Dia juga turut meninjau langsung dilokasi kekabaran yang melalap habis 9 ruang yang terdiri dari ruang kelas, TU dan ruang guru.

"Semua habis, tidak ada lagi yang bisa dipakai" ungkap Jasrul.

Wisata Danau Sipin Sepi Pengunjung, Penyewa Perahu Gigit Jari

KOTA JAMBI (SR28) - Sepinya wisatawan di Kota Jambi menjadi keluhan tersendiri bagi para pennyewa perahu ketek di kawasan wisata danau sipin. Pasalnya, pendapatan mereka jauh merosot dari pekan libur panjang biasanya.

Merinding! Makna Ibadah Haji dalam Persatuan Umat

Salah satu tujuan disyariatkan ibadah haji,yakni sebagai ajang berkumpulnya umat Islam dalam jumlah sangat besar pada waktu yang sama, di tempat yang sama dan melakukan hal yang sama, dengan pakaian yang sama, dan tujuan dan seruan yang sama, yakni:

“Labbaik Allahumma labbaik. Labbaik laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni’mata laka wal mulk laa syarika lak (Aku penuhi panggilan-Mu, ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan kerajaan bagi-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu).”

Amalan-amalan haji yang sangat agung ini mampu menyatukan segala perbedaan warna kulit, bahasa, asal negara, tingkat sosial, dan lain-lain. Juga,mampu menyatukan semuanya dalam satu kesatuan, sehingga semuanya merasa sebagai satu umat sebagaimana yang dikehendaki Allah, bukan berbagai umat seperti yang diinginkan musuh-musuh mereka.

Mulai Dilanda Banjir, Pemerintah Kekeh Tak Naikkan Status Siaga

JAMBI - Beberapa daerah di wilayah Provinsi Jambi, sudah menikmati rendaman air sungai Batanghari yang meluap lantaran tingginya curah hujan. Kendati demikian, peemrintah provinsi Jambi hingga saat ini tetap kekeh dan belum berniat untuk menaikkan status siaga bencana.

Gara-gara Cemburu, Seorang Pria di Jambi Bunuh Mantan Tetangganya

KOTA JAMBI (SR28) - Seorang pria di Kota Jambi tega menghabisi nyawa seorang pria yang adalah mantan tetangganya karena terbakar api cemburu. Kejadian penikaman terjadi di kelurahan Thehok, kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi pada Rabu malam.

Saat kejadian, korban sedang menonton tv di rumahnya dan dengan tiba-tiba pelaku datang dan langsung menikam korban sebanyak 7 tusukan sehingga mengakibatkan korban meninggal dunia.

Gara-gara Cemburu, Seorang Pria di Jambi Bunuh Mantan Tetangganya

Gara-gara Cemburu, Seorang Pria di Jambi Bunuh Mantan Tetangganya

Posted by JAMBI28 TV on Friday, September 18, 2020
Sumber: JAMBI28.TV

Lifestyle Magazine

Kasus Covid 19 Melonjak, Pemkot Jambi Kembali Berlakukan Belajar di Rumah

KOTA JAMBI (SR28) - Pemkot Jambi kembali mengambil kebijakan untuk memberhentikan sementara kegiatan tatap muka di sekolah selama dua minggu kedepan. Keputusan itu diberlakukan setelah tim Satgas Penanganan Covid-19 menggelar rapat dengan hasil keputusan belajar di rumah secara daring.

Keputusan tersebut diambil lantaran terdapat lonjakan jumlah pasien terkonfirmasi positif di Provinsi Jambi.

Sumber: JAMBI28 TV

Ditangkap Karena Curi Besi Cetakan Polongan, Satu Pelaku Ternyata Spesialis Curanmor

KOTA JAMBI - Polresta Jambi Melalui Unit Reskrim Polsek Kota Baru Jambi berhasil menangkap seorang pelaku spesialis pencurian sepeda motor (curanmor). Kapolsek Kota Baru, AKP Afrito Marbaro saat menggelar konferensi pers, mengatakan pelaku bernama Abdulrahim alias Baim (30) warga Alam Barajo, Kota Jambi ditangkap setelah polisi menerima laporan ada aksi pencurian besi pencetak polongan beton bersama dua rekannya Eko (25) dan Adi (33) di tempat persembunyiannya.

Wabup Amir Sakib Ikuti Apel Siaga Pencegahan dan Pengendalian Karhutla

KUALA TUNGKAL (SR28) - Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Amir Sakib ikuti apel siaga pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan Provinsi Jambi yang dilaksanakan di Lapangan Bola Distrik VII PT. Wirakarya Sakti (WKS) Tanjab Timur.

Pj. Sekda Provinsi Jambi, H. Sudirman, SH, MH selaku Pemimpin apel siaga dalam sambutannya menyampaikan bahwa memasuki musim kemarau 2020, lahan gambut  menjadi perhatian khusus kesiapsiagaan personel pengendalian kebakaran hutan dan lahan Provinsi Jambi, terutama lahan gambut yang berada di kawasan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur dan Muaro Jambi."paparnya.

Selain itu sebagai upaya dalam meningkatkan kesiapsiagaan personel pengendalian Karhutla, Pj. Sekda Provinsi Jambi juga berharap apel siaga dan kegiatan latihan bersama ini dapat meningkatkan sinergitas antara Pemerintah, TNI, POLRI serta unsur masyarakat dalam pengendalian kebakaran lahan dan hutan, khususnya di Provinsi Jambi. “Melalui Apel Siaga dan Pelatihan Bersama ini, kita tingkatkan sinergitas Pemerintah, TNI–Polri, Dunia Usaha dan Masyarakat Dalam Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Jambi," ujarnya.

Sementara itu, Wabup H. Amir Sakib juga sepakat bahwa lahan gambut yang tersebar di 3 Kabupaten lingkup Privinsi Jambi ini perlu mendapatkan perhatian lebih dalam upaya pencegahan Karhutla. Hal itu disampaikannya dalam wawancaranya usai kegiatan apel siaga. Wabup juga berharap tujuan pelaksanaan apel siaga dan pelatihan dalam meningkatkan kemampuan personel dan meningkatkan sinergitas semua elemen masyarakat dapat tercapai."Kita sudah memasuki musim kemarau 2020, berdasarkan pengalaman kita, lahan gambut ini memang perlu perhatian lebih dalam pencegahan dan penanggulangan Karhutla,"tutur nya.

Lanjut Amir Sakib, "Selain itu, kesiapsiagaan personel pengendalian kebakaran hutan dan lahan perlu ditingkatkan lagi, terutama pada musim kemarau, seperti arahan Pj Sekda Provinsi Jambi, kita agar Lebih meningkatkan upaya pencegahan sebagai antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, dan ini akan kita tindak lanjuti melalui koordinasi dengan para Camat, TNI, Polri di wilayah kita," tambahnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Pangdam II/Swj, Kapolda Jambi, Danrem 042/Gapu, Kajati Provinsi Jambi, Kepala BPBD Provinsi Jambi, Wakil Bupati Tanjab Timur, Dandim 0415/Batanghari, Dandim 0419/Tanjab, Kapolres Tanjab Barat, dan Kapolres Tanjab Timur. (Sabri)

Serapan Dana Desa di Jambi Masih Rendah, Baru 79 Persen

JAMBI - Rendahnya serapan anggaran penerimaan dan belanja daerah atau APBD Provinsi Jambi tahun 2020, juga menular ke rendahnya serapan dana desa yang dialokasikan peemrintah pusat untuk provinsi Jambi pada tahun 2020.

Pasalnya hingga awal November lalu, nilai serapan dana desa yang digelontorkan pemerintah pusat sebesar 1,2 triliun untuk Provinsi Jambi itu amsih bertengger di kisaran 79 persen.

Video News

- Advertisement -

Sindikat Pengedar Narkoba Berhasil Diringkus Polda Jambi

JAMBI (SR28) - Ditresnarkoba Polda Jambi berhasil meringkus lima orang tersangka sindikat pengedar Sabu. Kelima tersangka tersebut diamankan di 4 lokasi yang berbeda dan merupakan 1 sindikat narkoba yang diduga melibatkan seorang napi lapas Jambi.

Sumber Youtube: JAMBI28 TV

HUT TNI Ke-75, Bupati Harap TNI Semakin Profesional Dalam Menjaga Kedaulatan NKRI

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial, MS hadiri momen perayaan HUT TNI ke 75 di Makodim 0419/Tanjab, Senin, (5/10).

Bupati dalam sambutannya mengucapkan Selamat Hari ulang tahun TNI yang ke-75, semoga Tentara Nasional Indonesia semakin profesional dalam menegakkan kedaulatan negara, menjaga keutuhan NKRI, melindungi segenap bangsa dan seluruh rakyat Indonesia khususnya warga Tanjung Jabung Barat yang saat ini sedang dilanda badai Covid-19.

"Selama 75 tahun, merupakan usia yang sudah cukup lama atau sudah panjang dalam mengabdikan diri untuk negeri ini, hari ini adalah suatu momen yang harus kita jaga dan harus kita peringati menjadi salah satu motivasi kita untuk memberikan yang terbaik kepada republik ini," ujar Bupati.

Dandim 0419/Tanjab, Letkol Inf. Erwan Susanto mengatakan dalam acara perayaan yang kecil-kecilan dan luar biasa mendapat surprise dari Forkopimda. Mudah-mudahan kedatangan bapak Bupati dan Forkompimda Tanjab Barat menjadi berkah untuk semuanya.

"Sinergitas di antara kita semuanya yang ada di kabupaten tidak bisa terpisahkan karena kita satu. Bagaimana menjamin situasi di wilayah ini aman, tertib, damai, kondusif dan sehat mudah-mudahan wabah pandemi ini cepat berlalu," harapnya.

Dandim juga meminta do'a dan suportnya untuk tim gugus tugas atau satgas Govid-19 di Kabupaten Tanjung Jabung Barat segera dapat melakukan tindak lanjut memerangi pandemi Covid-19 ini.

"Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat Tanjab Barat, mohon doa restunya mudah-mudahan Tentara Nasional Indonesia yang pada hari ini ulang tahun ke-75 semakin menunjukkan tekad dan semangat untuk memberikan karya terbaik kepada Republik Indonesia," paparnya.

Turut hadir pada acara perayaan HUT TNI, Kapolres Tanjab Barat, Kajari Tanjab Barat, Kepala Pengadilan Negeri Tanjab Barat, Perwakilan DPRD Tanjab Barat, Insan Pers, serta para perwira dan anggota Kodim 0419/Tanjab dan Polres Tanjab Barat. (Sabri)

Pemprov Jambi Butuh Dukungan Komisi V DPR RI untuk Pembangunan Infrastruktur

JAMBI (SR28) - Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi, Ir Restuardy (Ardy) Daud M.Sc berharap dukungan pembangunan infrastruktur dan transportasi di Provinsi Jambi dari Komisi V DPR RI.

Hal itu disampaikannya saat menerima kunjungan kerja Komisi V DPR RI di Provinsi Jambi, di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin siang, 12 Oktober 2020.

Ardy Daud mengparesiasi kunjungan kerja Komisi V DPR RI ke Provinsi Jambi pada Reses Masa Persidangan I Tahun 2020 – 2021, sebagai perhatian terhadap pembangunan di daerah, sekaligus menjaring aspirasi daerah terkait program dan kegiatan pemerintah.

Ardy mengatakan, pembangunan infrastruktur dan penyediaan sarana prasarana transportasi menjadi salah saru prasyarat penting, untuk meningkatkan daya saing saerah, karena ketersediaan infrastruktur dan sarana prasarana transporttasi yang memadai dapat memperlancar berbagai aktivitas serta menjadi katalisator bagi pergerakan dan perkembangan sektor-sektor lain, dan Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur wilayah serta sarana dan prasarana transportasi.

Ardy Daud mengharapkan dukungan Komisi V DPR RI terhadap pembangunan Kawasan Ekonomi Ujung Jabung, yang diproyeksikan menjadi pusat produksi sekaligus distribusi produk unggulan Provinsi Jambi dan sekitarnya, dengan harapan dapar meningkatkan nilai tambah produk, diversifikasi usaha, dan penyerapan tenaga kerja, serta menjadi kawasan perekonomian andalan Provinsi Jambi di masa depan.

Ardy menjelaskan, pembangunan Kawasan Ujung Jabung diinisiasi sejak 2010. Pemerintah Provinsi Jambi sudah menyiapkan beberapa dokumen dan kerangka legal, penyusunan masterplan, penetapan Perda Kawasan, pembebasan lahan untuk jalan dan Pelabuhan.
Kementerian Perhubungan telah mengalokasikan Rp 231 miliar sejak tahun 2014 sampai 2019, namun saat ini pembangunan pelabuhan terhenti. Kementerian PUPR juga memberikan dukungan dalam pembangunan jalan ke Kawasan Ujung Jabung.

Ardy mengatakan, dukungan pembangunan Jembatan Sungai Rambut sebagai bagian jalan akses menuju Pelabuhan Ujung Jabung juga sangat diharapkan. “Terlebih, kedua kegiatan ini sudah masuk dalam Program Prioritas Nasional dalam RPJMN 2020 – 2024,” ujar Ardy.

Kedua, Pembangunan subbidang Sumber Daya Air, khususnya lanjutan pembangunan prasarana pengendalian banjur Kota Jambi, berupa pembangunan dan Revitalisasi Drainase Utama Kota Jambi, serta lanjutan revitalisasi Danau Sipin Kota Jambi.

Ketiga, untuk sub bisang Keciptakaryaan, prioritas kegiatan adalah penurunan luasan kawasan kumuh perkotaan Jambi, berupa perbaikan kualitas Kawasan kumuh Danau Sipin Kota Jambi, Pembagunan Sistem Pengolahan Air Limbah Kota Jambi, serta Sistem Penyediaan Air Minum untuk Kebupaten Tebo dan Kabupaten Kerinci.

Keempat, untuk sub bidang perumahan, selain kegiatan rutin Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dalam rangka meningkatkan jumlah Rumah Layak Huni di seluruh kabupaten/kota, juga untuk merealisasikan pembangunan Rumah Susun Pekerja RSUD Raden Mattaher Jambi.

Kelima, untuk sub bidang Kebinamargaan, pembangunan jalan ruas Jambi – Muara Sabak agar dapat dituntaskan sepenuhnya. Selain itu, beberapa ruas jalan nasional lainnya serta beberapa jembatan, serta memohon kiranya beberapa ruas jalan kewenangan provinsi dapat ditingkatkan statusnya menjadi jalan kewenangan nasional, sesuai dengan kondisi terkini dan kebutuhan.

Keenam, untuk sektor transportasi, pengembangan bandara-bandara yang ada di Provinsi Jambi, seperti rencana perpanjangan runway Bandara Sultan Thaha, serta pengembangan dan penambahan fasilitas Bandara Depati Parbo Kerinci dan Bandara Bungo.

Selain itu, pembangunan Halte Sungai di Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, serta pembangunan dermaga di Danau Kerinci untuk menunjang transportasi dan pariwisata.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI yang juga Ketua Rombongan Kunjungan Kerja Komisi V, H Syarief Abdullah Alkadrie mengatakan, pembangunan infrastruktur dan peningkatan konektivitas sangat berdampak terhadap semua sektor, termasuk untuk membantu ketahanan pangan.

Syarief Abdullah Alkadrie menngemukakan, pembangunan infrastruktur juga untuk membantu penyerapan tenaga kerja di tengah pandemi.

Syarief minta mitra Komisi V DPR RI yang ikut dalam kunjungan kerja ini menampung usuan-usulan dari Pemerintah Provinsi Jambi.

Usai pertemuan di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Pjs.Gubernur Jambi mendampingi Komisi V DPR RI dan rombongan meninjau prasarana pengendali banjir Kota Jambi di Sungai Tembuku, yang dibangun oleh Kementerian PUPR Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Sumatera VI, dilanjutkan dengan pembangunan jalan ruas Jembatan Batanghari II – Muara Sabak.

Pjs Gubernur Jambi dan rombongan tim Komisi V DPR RI singgah di Candi Muaro Jambi. Gubernur Jambi Periode 2010 – 2015, H Hasan Basri Agus (HBA) yang saat ini menjadi anggota Komisi V DPR RI memperkenalkan Candi Muaro Jambi kepada rombongan Komisi V DPR RI, yang pada tahun 2011 ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia sebagai Kawasan Wisata Sejarah Budaya Terpadu.

Peninjauan Perpanjangan Landasan Pacu Bandara Sultan Thaha

Sebelum pertemuan di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Ardy Daud menyambut kedatangan rombongan Komisi V DPR RI di Bandara Sultan Thaha, yang dilanjutkan dengan peninjauan pembangunan perpanjangan runway (landasan pacu) Bandara Sultan Thaha.

Komisi V DPR RI mendapatkan pemaparan dari pihak Angkasa Pura tentang progres kerja yang dilakukan oleh Angkasa Pura II. Lingkup pekerjaan yang dilakukan adalah perpanjangan runway 2.220 X 45 m menjadi 2.602 X 45m beserta pendukungnya.

Lingkup pekerjaan pendukung yang dilakukan adalah clearing include strip, perbaikan tanah dasar, urug tanah, runway strip dan runway safety area, pekerjaan saluran, pekerjaan flexible pavement, pekerjaan airfield lighting, dan pekerjaan marka.

Tidak hanya akan memperluas terminal dan perpanjangan runway, rencananya sekaligus akan diperluas apron dari eksisting 38.000 meter persegi menjadi 46.500 meter persegi.

Bukan Hanya Pilkada, Pjs Gubernur Jambi Juga Harus Percepat Penanganan Covid-19

JAMBI (SR28) - Usai ditetapkansebagai Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi Restuardy Daud diamanahkan 3 tugas dari Menteri Dalam Negeri (Mnedagri) RI yakni bukan hanya terkait pelaksanaan Pilkada saja namun juga tentang percepatan penanganan Covid-19 di Provinsi Jambi.

Nonton berita menarik lainnya di JAMBI28 TV

Peningkatan Rumah Dinas Kejaksaan Negeri Kuala Tungkal Dikerjakan CV. Siluman

KUALA TUNGKAL (SR28) - Pembangunan rumah dinas Kejaksaan Negeri Kuala Tungkal yang dikerjakan oleh CV. Siluman. Hal tersebut terpantau oleh sejumlah media dilokasi pekerjan tepat di jalan Sriwijaya perkantoran Bupati Tanjab Barat.

Terkait hal tersebut instansi terkait, Selasa (03/11) yang mengelontorkan proyek tersebut saat ingin dimintai keterangan tidak dapat ditemui, terkait pembangunan penambahan rumah dinas Kejaksaan Negeri Kuala Tungkal tersebut, karna dari awal pekerjaan tidak ada plang merek dilokasi tersebut, alias dikerjakan CV. Siluman.

Menyikapi hal tersebut aktivis Tanjab Barat Anand Viqriza, SH. MH angkat bicara, ia menegaskan bahwa seharusnya setiap proyek yang sedang dikerjakan sudah semestinya memasang papan plang merek.

" Setiap proyek yang dikerjakan melalui dana anggaran APBD, APBN itu sudah seharusnya memasang plang merek di lokasi pekerjaan tersebut, agar masyarakat tau pekerjaan itu bersumber dana dari mana dan berapa jumlah rupiah yang dikucurkan dalam pekerjaan tersebut, " ujar Anand Viqriza.

"Jangan mentang-mentang pekerjaan itu dikawasan Kejaksaan Negeri Kuala Tungkal semau rekanan tidak memasang plang merek dan menurut saya pembangunan ini keliru, Kejaksaan negeri Kuala Tungkal itu pretikal dan dia punya anggaran sendiri dengan anggaran APBN pusat, kenapa mesti harus menggunakan dana angaran daerah APBD Tanjab Barat,apakah Kejaksaan Negeri Kuala Tungkal itu Miskin Anggaran sehingga membangun Rumah dinas itu mengunakan dana Daerah, dan atau rekanan yang mengerjakan jembatan parit 20 dana APBD 2020 yang belum dimanpaat sudah lentur, ingin berlindung di kejaksaan negeri kuala Tungkal, " pungkasnya. (Sabri)

Pj Sekda Buka Rakor Karhutla

MERANGIN - Pj Sekda Merangin H Hendri Maidalef membuka rapat koordinasi (Rakor) pencegahan dan penangulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Merangin 2020 di Aula Bappeda Merangin, Rabu (22/7).

Dikatakan Pj Sekda, butuh peran serta semua lapisan masyarakat untuk pelaksanaan Karhutla. ‘’Mari bersama-sama kita jaga keutuhan hutan dan lahan kita dari kebakaran,’’pinta H Hendri Maidalef.

Untuk itu Pj Sekda minta, masyarakat untuk tidak membakar sampah sembarangan, apalagi membuka lahan dengan sistem membakar. Hal ini akan sangat membahayakan, pelakunya akan dikenakan sanksi hukum.

Sementara itu, Dandim 0420 Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis, selaku pimpinan Rakor Karhutla, mengajak semua eleman masyarakat  bersama-sama,  baik Pemerintah maupun pihak swasta, membantu dan mencegah Karhutla di Bumi Merangin.

‘’Karhutla adalah tugas kita semua. Kita sadar sarana dan prasarana yang kita miliki, banyak kelemahan. Oleh karena itu kita sangat berharap pihak swasta bisa ikut aktif dalam membantu kita,’’ujar Dandim.

Sedikit saja terdapat titik api di kawasan Kabupaten Merangin yang cukup luas ini jelas Dandim, akan terpantau oleh Satelit, sehingga dengan cepat masyarakat nasional dan internasional bisa tahu di Merangin ada titik api.

- Advertisement -

Music

DPRD Tebo Gelar Sidang Paripurna Dengar Pendapat Akhir Fraksi Tentang 8 Ranperda dan APBD 2021

TEBO (SR28) - DPRD Tebo menggelar Sidang Paripurna tentang pendapat akhir fraksi - fraksi terhadap rancangan Peraturan Daerah APBD Tebo 2021 dan 8 Perda lainnya, Senin (16/11/2020).

Tampak Bupati Tebo Dr. H. Sukandar, S. Kom, M.Si bersama Wabup Syahlan, SH menghadiri Sidang Paripurna DPRD Tebo tersebut dengan tetap mengikuti protokol kesehetan.

Ketua DPRD, Mazlan memimpin jalannya sidang paripurna

Sidang Paripurna dibuka langusng oleh Ketua DPRD Tebo Mazlan, S.Kom yang didampingi Wakil Ketua Aivandri, AB  dan Syamsurizal, SE, M.Si serta diikuti Anggota Dewan lainnya.

"Sidang paripurna hari ini untuk memberikan kejelasan dan ketegasan kepada seluruh anggota DPRD Tebo apakah rancangan peraturan daerah Kabupaten Tebo tentang APBD 2021 dan 7 ranperda eksekuitf serta 1 ranperda inisiatif tahun 2020 dapat disetujui untuk dijadikan Perda Tebo," ujar Mazlan dalam persidangan.

Penandatangan dokumen oleh Ketua DPRD Tebo, Mazlan S.Kom

Semenatara itu, Bupati Tebo H. Sukandar dalam pidatonya mengatakan, Paripurna kali ini merupakan momentum strategis bagi Pemkab Tebo dan DPRD Tebo.

"Paripurna kali ini menjadi momentum strategis, sebab di tengah pandemi Covid-19 kita dapat menyusun dan membahas rancangan Perda tentang APBD Tebo 2021 dan 8 Ranperda lainnya,' papar bupati Sukandar.

Penandatanganan dokumen oleh Bupati Tebo, H. Sukandar

Atas penyusunan Ranperda tersebut,Pemkab. Tebo memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih yang setinggi- tingginya kepada Pimpinan dan anggota Dewan.

"Kami menyadari bahwa dalam pembahasan ini ada dinamika, namun atas dasar kepentingan dan kebutuhan masyarakat Kabupaten Tebo maka pembahasan Ranperda berjalan dengan kondusip, terarah dan sesuai tahapan ", ungkap Bupati H. Sukandar.

Seluruh anggota dewan dan undangan tetap mematuhi protokol kesehatan

Jalannya sidang paripurna dapat berjalan dengan tertib dimana setiap anggota dan undangan yang hadir tetap mematuhi protokol kesehatan yakni dengan tetap menggunakan masker dan berjaga jarak antara satu dan lainnya.

Kecelakaan Mobil VS Motor di Muntialo, Pengendara Motor Luka Parah

KUALA TUNGKAL (SR28) - Naas Kecelakaan adu kambing mobil merek Ford bernopol B 8906 D dengan motor Matick vario terjadi di jalan lintas Kuala Tungkal-Jambi Desa Muntialo Rt 01, Kecamatan Betara,Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kamis(27/08/20)

Dua kendaraan itu ringsek, dan pengendara Roda dua lukaparah."Belum diketahui adanya korban jiwa dalam peristiwa tersebut namun kondisi pengemudi dan penumpang kendaraan roda dua mengalami luka parah.
Saat ini korban telah di evakuasi oleh warga sekitar.

Saat ini pihak Satlantas Polres Tanjung Jabung Barat lagi melakukan olah TKP dan suasana lalu lintas lancar terkendali.

Saat di konfirmasi ke Satlantas Polres Tanjabbar, belum bisa memberi penjelasan karena petugas masih di TKP.

"Sekarang anggota masih di lapangan," timpal Kasat Lantas. (Sabri)

Bupati Safrial Hadiri Peresmian Mushola Fakultas Perternakan UNJA Provinsi Jambi

JAMBI (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat DR. Ir. H.Safrial yang juga merupakan civitas akedemika dan Alumni Fakultas Pertenakan Universitas Jambi (UNJA) menghadiri acara Peresmian Musholla Fakultas Perternakan Universitas Jambi, Selasa (11/08). Peresmian musholla ditandai dengan pengguntingan pita oleh Safrial.

Dalam Peresmian mushola ini juga turut dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Jambi Prof. Drs. Sutrisno, M. Si, para Dekan Kampus, Dosen, Anggota Komis III DPRD Provinsi Ahmad Fauzi, serta Mahasiswa Fakultas perternakan Universitas Jambi.

Bupati Safrial dalam sambutannya menyampaikan mushola sangat penting terutama sebagai sarana ibadah kepada Allah SWT. Menurutnya, selain bekal ilmu pengetahuan dan teknologi, generasi muda juga perlu dibekali dengan iman dan taqwa.

"Kami di Tanjab Barat, juga berupaya menciptakan generasi muda yang tidak hanya berilmu pengetahuan dan Teknologi (Iptek), namun juga dibekali Iman Taqwa (Imtaq)," ujar Safrial saat berikan sambutan.

Safrial juga mengajak kepada Alumni Fakultas Peternakan Universitas Jambi untuk mengajarkan generasi muda tidak takut berkecimpung dalam dunia peternakan. Lebih lanjut, Safrial juga sampaikan terkait adanya program hibah ternak yang menurutnya perlu adanya kerjasama dengan Fakultas Peternakan dalam pelaksanaannya."Kami sekarang ada Program Hibah Ternak, keinginan saya fakultas perternakan terlibat dalam hal itu, karena dampaknya cukup bagus.

”Ini akan kami hibah ke Bumdes dan Petani sebagai upaya Pemkab dalam  mendorong ketahanan pangan Tanjab Barat," tandas Safrial.

Sementara itu diwaktu yang berbeda dan ditempat yang sama Rektor Unja Prof. Drs. Sutrisno, M. Si dalam sambutan nya mengucapkan terima kasih  dan apresiasi  Kepada para Alumni Fakultas Peternakan atas atas partisipasi dan kontribusi dalam Pembangunan Mushola.

” Sejalan dengan Bupati, menurutnya sarana ibadah seperti musholla, merupakan hal penting dalam rangka pembentukan moral generasi muda,”pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Bupati Tanjab Barat juga serahkan bantuan guna penyelesaian pembangunan musholla Fakultas Peternakan Universitas Jambi. (Sabri)

Menteri Agama Imbau Warga Ikuti Pedoman Penyembelihan Hewan Kurban Sesuai Protokol Kesehatan

JAKARTA - Menteri Agama Fachrul Razi mengimbau masyarakat mematuhi protokol kesehatan saat pelaksanaan salat Iduladha 1441 Hijriah dan penyembelihan hewan kurban. Sebab, hari raya Iduladha tahun ini berada di tengah pandemi covid-19.

Source: Jambi28 TV

Sport News

Wilayah Jambi Terancam Imbas Cuaca Ekstrem La Nina

JAMBI (SR28) - Sejumlah wilayah di Indonesia termasuk Jambi terancam cuaca ekstrem imbas La Nina. Fenomena cuaca ekstrem itu bahkan berlangsung hingga puncaknya pada Februari 2021 mendatang.

Bupati Ingatkan PNS Dan Honorer Jaga Netralitas Dalam Pilkada

KUALA  TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat, melalui Asisten Administrasi Umum, Jeter Simamora, S.IP mengingatkan seluruh PNS dan Tenaga Honorer agar tidak terlibat politik praktis. Dalam gelaran Pilkada Serentak 2020 ASN dan Non ASN diminta fokus dalam melaksanakan fungsi pelayanan publik. Hal ini disampaikan Jeter Simamora saat mewakili Bupati dalam Kampanye Virtual, Gerakan Nasional Netralitas (GNN) ASN lewat Zoom Meeting di Ruang Rapat Bupati, Rabu (7/10).

Jeter berpesan agar Kepala OPD di lingkup Pemkab Tanjab  Barat mempedomani dan melaksanakan SKB Pimpinan Lima (5) Lembaga terkait Netralitas ASN. "Lima lembaga negara mulai dari Menpan RB, Mendagri, Kepala BKN, Ketua Bawaslu dan Ketua Komisi ASN telah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama terkait pengawasan Netralitas ASN. Bupati meminta semua kepala OPD mempedomani dan melaksanakannya. Seluruh ASN dan Non ASN di lingkup kerjanya benar-benar diingatkan agar tetap netral dan tidak terlibat dalam politik praktis,"imbuhnya.

Lanjut Jeter dalam SKB 5 Lembaga tersebut terdapat sanksi yang tegas bagi ASN dan Non ASN yang tidak netral. Khusus PNS juga ada Undang-Undang ASN Tahun 2014 dan juga PP 53 Tahun 2010 yang mengatur tentang Disiplin PNS. Untuk itu setiap ASN diharapkan untuk fokus dalam melaksanakan tugas dan fungsi sehingga pelayanan publik tidak terabaikan."tambah nya.

Sebelumnya Wakil Presiden RI, Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin saat membuka kegiatan Kampanye Virtual GNN-ASN menyampaikan netralitas ASN merupakan faktor penentu keberhasilan Pilkada Serentak 2020.

"Wapres meminta pelaksanaan Pilkada harus dilakukan secara terbuka, akuntabel, berintegritas dan netral. Dalam UU No. 5/2014 tentang ASN disebutkan jelas bahwa penyelenggaraan kebijakan dan manajemen ASN didasarkan pada asas netralitas," tandasnya.

Sementara Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Prof. Agus Pramusinto M.D.A selaku penyelenggara kegiatan melaporkan Kampanye Virtual GNN-ASN merupakan upaya bersama untuk mewujudkan netralitas ASN dalam penyelenggara Pilkada Serentak.

"Pelanggaran netralitas ASN dalam pilkada akan menjadi pintu masuk adanya gangguan birokrasi dan pelanggaran hukum. Sampai saat ini dalam pilkada serentak 2020 sudah ada 694 kasus yang dilaporkan ke KASN. Dari laporan tersebut 492 kasus melanggar,dan 256 sudah ditindaklanjuti Pejabat Pembina Kepegawaian," paparnya.

Dalam kampanye virtual ini dibacakan Ikrar Netralitas ASN pada Pilkada Serentak 2020 yang diikuti seluruh peserta kampanye. Hadir sebagai pemateri Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia, Ketua KPK RI Firli Bahuri, Peneliti Senior LIPI Siti Zuhro dan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Ikut serta dalam Kampanye Virtual GNN-ASN mendampingi Asisten III, Kepala BKPSDM Gatot Suwarso, SH, MM dan Inspektur Drs. Encep Jarkasih. (Sabri)

Polda Jambi Amankan 41 Kg Sabu, 6 Tersangka Diringkus

JAMBI (SR28) - Polda Jambi bersama Polres Muaro Jambi berhasil menggagalkan pengirim narkoba jenis Sabu-sabu sebanyak 41 Kg dari dua kasus yang berbeda. Enam pelaku diamankan, namun satu diantaranya terpaksa ditembak hingga tewas lantaran berusaha melawan saat penyergapan.

- Advertisement -

Ormas Rajawali Sakti Geruduk Kantor Bupati dan Dinas PUPR Tanjabbar Soalkan Lelang Proyek Sarana dan Prasaran MTQ

KUALA TUNGKAL (SR28) - Ormas Rajawali Sakti, Kamis  (13/08) geruduk Kantor Bupati Tanjab Barat dan Dinas PUPR Tanjab terkail ada dugaan Penyimpangan Lelang Proyek Pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tingkat Provinsi 2021 Kabupaten Tanjab Barat yang dimenangkan oleh PT.Bumi Delta Hatten,Dana Sebesar Tiga Puluh Milyar lebih,Tahun Anggaran 2020 APBD Tanjab Barat.

Sudirman Ketua Ormas Rajawali Sakti mengatakan, dari hasil lelang proyek tersebut menduga ada pemain terselubung antara panitia lelang yaitu Unit Pelayanan Pengadaan Barang Dan Jasa  (ULP) dan Oknum Dinas PUPR Tanjab Barat  sehingga rekanan tersebut melaksanakan Pekerjaan padahal.

"Dari hasil investigasi bayak kejanggalan dari pemenang proyek tersebut,” ujar Sudirman.

"Selain itu juga kami menyoalkan Admitrasi Perusahaan,dan kita minta agar Panitia Lelang (ULP) bertanggung Jawab tentang Legalitas penawaran Sub Kontraktor yang diduga Bodong,” ungkap Sudirman.

Lanjut Sudirman, "Kami juga disini mempertanykan Ke Dinas PUPR Tanjab Barat tentang pungsi pengawasan pisik Pekerjaan Sarana dan Prasaran  MTQ Tingkal Provinsi 2021,dan uji Slam /agregat kedalaman Ting pancang,surat dukungan Pabrik Tiang Pancang (Brosur Tiang Pancang),” tambah Sudirman.

Menurutnya, proyek tersebut juga diduga telah mengakangi  Perpres 54 Tahun 2010 tentang pengadaan Barang dan jasa,dan perubahan nomor 4 tahun 2015,yang mana anggaran  diatas Rp.25 Milyar wajib di Sub kontraktorkan (Sub Penyedia Usaha Kecil).

"Namun seperti itu tidak kita temukan di lapangan," ujarnya.

"Terkait pertanyaan kami akan terus persoalkan permasalahan ini hingga nanti akan kita laporkan ke pihak hukum," pungkas Sudirman. (Sabri)

Minggu Depan Pemprov Jambi Gratiskan Uji Swab

JAMBI (SR28) - Ditargetkan minggu depan, Pemprov Jambi akan menggratiskan Uji Swab di RSUD Raden Mattaher Jambi. Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan kapasitas pengujian spesimen yang masih rendah.

Kasus Covid 19 Melonjak, Pemkot Jambi Kembali Berlakukan Belajar di Rumah

KOTA JAMBI (SR28) - Pemkot Jambi kembali mengambil kebijakan untuk memberhentikan sementara kegiatan tatap muka di sekolah selama dua minggu kedepan. Keputusan itu diberlakukan setelah tim Satgas Penanganan Covid-19 menggelar rapat dengan hasil keputusan belajar di rumah secara daring.

Keputusan tersebut diambil lantaran terdapat lonjakan jumlah pasien terkonfirmasi positif di Provinsi Jambi.

Sumber: JAMBI28 TV

7 Fraksi DPRD Tebo Setujui Ranperda APBD TA 2020 dan Perumda Air Minum Tirta Muaro

TEBO (SR28) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tebo, Selasa (06/08/2019) sekitar pukul 14:00 wib menggelar rapat paripurna dalam rangka penyampaian pendapat akhir Fraksi-fraksi DPRD Kab. Tebo Terhadap nota pengantar rancangan perda Kabupaten Tebo tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2020 dan ranperda kabupaten Tebo tentang Perumda air minum Tirta Muaro.

Rapat langsung dipimpin oleh ketua DPRD Tebo, Agus Rubyanto. Hadir dalam rapat paripurna tersebut, Bupati Tebo, H. Sukandar, Ketua DPRD Agus Rubyanto, SE dan wakilnya Wartono Triankusumo, para anggota dewan, Asisten dan para Staf Ahli Bupati, serta para tamu undangan lainnya

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua DPRD Tebo Wartono mewakili 7 fraksi di DPRD Tebo dalam penyampaian pendapat akhir Fraksi-fraksi DPRD Kab. Tebo Terhadap nota pengantar rancangan perda Kab. Tebo tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2020 dan ranperda kab Tebo tentang Perumda air minum tirta muaro.

Ketujuh Fraksi di DPRD Tebo Yaitu Fraksi Golongan Karya, Frakasi PDI Perjuangan, Fraksi Demokrat, Fraksi Gerindra, Fraksi PAN, Fraksi Nasional Demokrat Kebangkitan Bangsa dan Fraksi Nurani Sejahtera menyetujui Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Tahun Anggaran 2020 dan Rancangan Peraturan Daerah tentang Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Muaro Kabupaten Tebo menjadiPeraturan Daerah.

TV

DPRD Tebo Setujui Ranperda Perubahan APBD TA 2020

TEBO (SR28) - Menindaklanjuti Nota Pengantar Ranperda Perubahan APBD Kabupaten Tebo T.A. 2020, DPRD Kabupaten Tebo menyampaikan Pendapat Akhir Fraksi-fraksi DPRD pada Rapat Paripurna di Aula Rapat DPRD Tebo, Rabu (16/09/2020).

"Dalam rangka menyampaikan Pendapat Akhir Fraksi-fraksi DPRD Tebo terhadap Nota Pengantar Ranperda kabupaten Tebo Perubahan APBD TA 2020. Skor saya cabut dan secara resmi dibuka dan terbuka untuk umum," ujar Ketua DPRD Tebo Mazlan dalam sambutannya.

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Tebo Mazlan, S.Kom

Pada penyampaian yang dibacakan Wakil Ketua DPRD Tebo, Syamsul Rizal, SE., M. Si tersebut, sebanyak tujuh fraksi secara umum menyetujui Ranperda tersebut dijadikan sebagai Perda Perubahan APBD T.A. 2020.

Penyampaian persetujuan dibacakan Wakil Ketua DPRD Tebo Syamsul Rizal, SE., M. Si

Bupati Tebo, Dr. H. Sukandar, S. Kom., M. Si., melalui Wakil Bupati, Syahlan, SH., pada arahannya menyampaikan Perubahan Ranperda mengenai APBD ini merupakan upaya dari pembenahan kinerja demi pelaksanaan pembangunan yang lebih baik.

Penandatanganan dokumen oleh Bupati Tebo Sukandar

"Pembahasan Ranperda perubahan yang dilakukan bersama ini merupakan upaya untuk terus berbenah dalam memperbaiki kinerja baik dalam mengelola keuangan daerah maupun program pembangunan yang efektif dan efesien. Agar program yang disusun pada tahun ini lebih tepat sasaran dan mempercepat visi dan misi Pemerintah Kabupaten Tebo 2017-2022." ujar wabup.

7 Fraksi DPRD Tebo menyetujui Ranperda

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD, Mazlan, S. Kom., dan diikuti oleh Unsur Forkopimda Kabupaten Tebo, Sekretaris Daerah, Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tebo, Instansi Vertikal, Pimpinan BUMD di Kabupaten Tebo.

Anggota dewan mengikuti protokol kesehatan selama rapat paripurna berlangsung

.

Pelantikan Pejabat Dadakan, Badan Kepgawaian Kota Jambi Kelabakan

KOTA JAMBI - Lantaran jadwal pelantikan yang diinginkan Pemerintah Kota Jambi begitu mendadak. Badan Kepegawaian Kota Jambi kelabaka menghubungi 144 Pejabat Eselon di lingkup Pemkot Jambi yang akan dilantik.

Al Haris Tak Bisa Pastikan Menang di Pilgub Jambi

MERANGIN - Usai mencoblos, Al Haris mneyebut jika dirinya tidak bisa memastikan apakah dirinya menang atau kalah. Namun dirinya berharap warga Jambi memilih dia dan Abdullah Sani menjadi Gubernur Jambi dan Wakil Gubernur Jambi.

Belum Dilintasi Mobil Sisi Ofrit Jembatan Sungai Bakung Sudah Retak-retak

KUALA TUNGKAL (SR28) – Peningkatan Jembatan Parit Bakung Kecamatan Sebrang Kota, Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang dikerjakan oleh CV Hardianty dengan Dana...