Minggu, Januari 17, 2021

Sriwijaya Air Wajib Ganti Rugi Rp1,25 M per Penumpang SJ182

JAKARTA - Keluarga korban kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182 berhak atas ganti rugi dari pihak maskapai. Hal tersebut mengacu pada Pasal 141 ayat (1)...

Besok Divaksin, Begini Kondisi Kesehatan Jokowi

JAKARTA - Sekretariat Presiden memastikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjalani vaksinasi Covid-19 pada Rabu (13/1) besok di Istana Kepresidenan Jakarta....

Ini Pertimbangan Hakim Tolak Praperadilan Habib Rizieq

JAKARTA - Hakim Akhmad Sahyuti menolak gugatan praperadilan yang diajukan Habib Rizieq Shihab terkait penetapan tersangka kasus pelanggaran kekarantinaan kesehatan dan penghasutan kerumunan di Petamburan, Tanah...

BREAKING NEWS:Black Box Sriwijaya Air SJ182 Ditemukan!

JAKARTA - Black box atau kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ182 ditemukan. Kotak hitam itu kemudian dibawa ke daratan. Seperti dikutip dari Antara,...

Technology

Bupati Rapat Kembali Fasilitasi Tuntutan Masyarakat Teluk Nilau

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr Safrial kembali memimpin rapat fasilitasi lanjutan tuntutan masyarakat Kelurahan Teluk Nilau dan Komite Pimpinan Wilayah Serikat Tani Nasional (KPWSTN) terhadap areal APL di wilayah Kelurahan Teluk Nilau Kecamatan Pengabuan, Rabu (15/07).

Kegiatan yang diselenggarakan di Balai Pertemuan Kantor Bupati ini turut diikuti oleh Forkompimda, Kasdim, Kapolsek Teluk Nilau, Staf Ahli, Asisten Perekonomian dan pembangunan, Kadis PMD Tanjab Barat, Kesbangpol, Kadis Dukcapil, Camat Tebing Tinggi, Camat pengabuan, Kabag SDA, Kabag Tata pemerintahan, Camat Tebing Tinggi, Camat Pengabuan, Kepala KPHP Kab. Tanjab Barat, Pimpinan PT. WKS, dan 4 kelompok Tani yang bermitra dengan PT Wirakaryasakti, dan serikat Tani nasional (STN).

Usai rapat, Safrial mengatakan bahwa PT. WKS telah menyerahkan 4 bundel dokumen yang berisi MoU Kemitraan, Legalitas Lahan, dan daftar nama anggota dari 4 kelompok tani mitra PT. WKS, namun tidak dilengkapi dengan fotocopy anggota kelompok tani. Sesuai kesepakatan peserta rapat, PT.WKS diminta melengkapi dokumen selambat - lambatnya pada hari Senin 20 Juli 2020 Pukul 15.00 WIB mendatang.

Sementara itu, dari pihak Masyarakat kelurahan Teluk nilau dan Serikat Tani Nasional, dalam rapat ini juga menyerahkan salinan data (fotocopy) yaitu peta dan perda, berita acara rapat di DPRD, dan berita acara di Badan kesbangpol, berita acara pengecekan lapangan, KK, dan KTP kelompok Tani sebanyak 470 KK/KTP kepada Pemkab Tanjab Barat yang diterima oleh Asisten perekonomian dan pembangunan.

"Nantinya, Dinas PM dan PTSP Kabupaten Tanjab Barat akan melakukan verifikasi terhadap legalitas lokasi yang dimitrakan antara PT WKS dan empat kelompok tani," ujar Bupati.

Selanjutnya, kata Bupati, tim terpadu penanganan konflik sosial Kabupaten Tanjab Barat juga akan memverifikasi data yang disampaikan tersebut selama dua minggu terhitung mulai tanggal 20 juli 2020.

"Dan hasil verifikasi akan disampaikan pada pertemuan selanjutnya, selanjutnya hasilnya akan ditindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku" tutur Safrial.

"Fungsi kami hanya sebagai fasilitator, kalau kurang puas dengan hasil kami, ditempuh jalur hukum lebih baik," tambahnya.

Sementara itu, dari Serikat Tani Nasional Provinsi Jambi, Cristian Napitupulu menuturkan bahwa pihaknya masih menunggu hasil verifikasi data dari Dinas PM dan PTSP serta Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial.

"Kita masih menghormati pemerintah daerah kita," ujarnya singkat. (Sabri)

- Advertisement -

144 Pejabat Eselon Dilantik Walikota Jambi

KOTA JAMBI - Pemerintah Kota Jambi kembali merombak sejumlah pejabat Eselon, baik Eselon 2 hingga eselon 4 di lingkup Pemerintah Kota Jambi. Setidaknya, ada 144 pejabat yang dilantik untuk program penyegaran tersebut.

2 Dari 16 Santri yang Positif Corona Merupakan Warga Kota Jambi

KOTA JAMBI (SR28) - Dari 16 orang santri Ponpes Al Hidayah Kota Jambi yang positif Corona ternyata hanya ada 2 santri yang merupakan warga Kota Jambi.

Sekda Tanjabbar Ikuti Rakor Kesiapan Pilkada Serentak Tahun 2020

JAMBI (SR28) - Sekretaris Daerah Ir. H. Agus Sanusi menghadiri sekaligus mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan Pilkada serentak Tahun 2020 dan pengarahan dari satuan tugas covid 19 yang disampaikan Menteri dalam Negeri Tito Karnavian di Ball Room Swiss Bell hotel, Rabu (26/08)

Gubernur Jambi Drs. H. Fachrori Umar dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan Pilkada serentak di tengah kondisi pandemi covid 19 yang menuju normal baru, tentu menghadapi sejumlah tantangan mulai dari aspek penyelenggaraan, aspek peserta pemilu dan aspek pandemi virus Corona yang mengharuskan masyarakat beradaptasi.

"Terkait Pilkada Serentak 2020 ini, Fachrori sampaikan Provinsi Jambi dan 5 Kabupaten Kota siap melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang," paparnya.

Untuk mewujudkan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota serentak tahun 2020 yang aman berkualitas dan demokratis di bumi Sepucuk Jambi sembilan lurah di era adaptasi dan kebiasaan baru akan diambil langkah-langkah konkrit dan antisipatif.

"salah satunya dengan penyesuaian penyelenggaraan Pilkada yang diawali dengan menyiapkan peraturan atau merubah peraturan tentang tahapan program dan jadwal Pilkada menyesuaikan teknis berkaitan dengan mekanisme tata cara pendaftaran, calon metode kampanye, pemungutan dan penghitungan suara serta rekapitulasi perolehan suara yang tepat dengan situasi pandemi."imbuh nya.

Lanjut Fachrori juga diperlukan penerapan ketentuan protokol kesehatan yang ketat dalam penyelenggaraan Pilkada KPU Bawaslu peserta pemilihan dan pemilik misalnya penggunaan masker menjaga jarak dan selalu mencuci tangan." kita sangat membutuhkan inovasi dalam penyelenggaraan dan pengawasan pemilihan Pilkada baik dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk mencegah pelanggaran menindak pelanggaran dan menyelesaikan sengketa pemilihan serta mencegah kerumunan.

"Kita berharap kesuksesan pelaksanaan Pilkada di provinsi Jambi dapat kita wujudkan meski di tengah pandemi, kita upayakan agar tidak menjadi klaster baru penularan virus covid 19, baik bagi pemilih maupun bagi pekerja negara khususnya petugas Pilkada di lapangan," pungkasnya.

Hal yang sama juga disampaikan, Mendagri Tito Karnavian terkait penanganan covid 19. Tito berharap kepada Kepala Daerah dapat bersungguh sungguh dalam penangangan covid 19. Tito juga ingatkan terkait penyelenggaraan Pilkada Serentak di tengah Pandemi Covid 19 agar tidak menimbulkan klaster baru, salah satunya dengan penerapan protokol kesehtan yang ketat dalam penyelenggaraan setiap tahapan Pilkada.

"Masalah pilkada serentak belum ada jamiman pandemi covid 19 sudah berakhir, namun dengan kemauan dan kesungguhan pilkada bisa jadi momentum daerah yang penting untuk menentukan pemimpin dan menekan penyebaran covid 19 melalui dukungan pemerintah daerah baik kabupaten/Kota dan Provinsi," tegas Tito.

Sementara itu Sekretaris Daerah Ir. H. Agus Sanusi dalam keterangannya usai mengikuti Rakor mengatakan bahwa Mendagri sampaikan apresiasi dan terima kasih terhadap Kabupaten Kota Se Provinsi Jambi atas dukungan anggaran dalam penanganan Covid 19. Menurutnya, arahan Mendagri lebih fokus pada penanganan covid 19."Yang paling pokok agar lebih banyak pemeriksaan PCR kepada masyarakat, pemeriksaan dengan skala besar,

"Mengenai persiapan pilkada kita sudah sepakat ada 670 TPS yang sudah ditetapkan. Kita sudah sepakat dan itu tidak ada masalah," tandas Sekda Agus Sanusi. (Sabri)

Kapan Perda Covid-19 Provinsi Jambi Terbit?

JAMBI (SR28) - Peraturan Daerah (Perda) terkait Covid-19 Provisni Jambi tampaknya belum akan terbit dalam waktu dekat. Hal ini lantaran, progresnya baru sampai tahap penyusunan materi oleh Tim terkait.

Latest News

Tak Layak Masuk Dalam Pemiliharaan, Aktivis Endus Dugaan Korupsi Uang Negara Di Pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tanjabbar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Terkait hasil kerja pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tingkat Provinsi Jambi yang berada di Desa Tungkal 1 (Satu)...

Di Akhir Jabatannya, Bupati Safrial Resmikan Proyek Fisik Infrastruktur 2016-2020

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr. Ir.H.Safrial didampingi Wabup Drs. H. Amir Sakib, Senin (11/01/21) kemarin di Laman Orang...

Yuk Intip, Ini Daftar Kekayaan 5 calon Kapolri

JAKARTA (SR28)- Perrgantian Kapolri direncanakan akan rampung pada akhir Januari 2021 ini. Sederet nama pun mulai muncul ke publik, mulai dari petinggi...

Nelayan Melihat Pesawat Jatuh Saat Hujan Deras di Sekitar Lokasi Jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182

JAKARTA - Berdasarkan informasi dari Kepala Seksi Pemerintahan dan Transit Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Surachman mengatakan, nelayan Pulau Lancang mendengar ledakan di...

LSM Petisi: Hasil Kerja Pembangunan Sarana Dan Prasarana MTQ Didesa Tungkal 1 Tanggung Jawab PPK-PPTK

KUALA TUNGKAL (SR28) – Terkait hasil kerja pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tingkat Provinsi Jambi yang berada di Desa Tungkal 1 Kecamatan...

Music

Pemkab Merangin Tinjau Rumah Isolasi Covid-19

MERAGIN - Bupati Merangin, Al Haris meninjau rumah isolasi Najmi di kompleks BLK Bangko, Merangin.

"Di rumah isolasi ini semua unit kerja perangkat daerah (UKPD) terkait dilibatkan untuk pelayanan jika ada warga yang terpapar COVID-19, " ujar Bupati.

Selain menyiapkan  tempat isolasi di rumah sakit, Pemkab Merangin juga menyiapkan rumah isolasi terkendali untuk mengantisipasi jika ada warganya yang terpapar COVID-19 agar tidak melakukan isolasi mandiri.

Dikatakan bupati, jika rumah isolasi ini nantinya difungsikan, akan ada petugas piket yang mengawasi, membantu kebutuhan pasien, dari mulai pengobatan hingga pemberian makan dan minumnya selama menjalani isolasi.

"Fungsi rumah isolasi  ini agar tidak ada isolasi mandiri dan tidak ada lagi kluster keluarga," katanya.

Pemkab Tanjab Barat Targetkan SAKIP 2020 Peroleh Nilai BB

KUALA TUNGKAL  (SR28)- Untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik sesuai agenda reformasi birokrasi, Pemkab Tanjab Barat mengikuti rapat koordinasi (rakor) dan evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) secara virtual di Balai Pertemuan Kantor Bupati Tanjab Barat, Kamis (10/9).

Rakor bersama Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) ini dipimpin langsung Bupati Dr. Ir. H. Safrial, MS dan diikuti oleh Tim SAKIP Kabupaten,  12 OPD sample evaluasi SAKIP, 15 OPD Sample evaluasi Reformasi Birokrasi, Tim Pelaksana Reformasi Birokrasi, Tim Asesor PMPRB Tanjab Barat dan OPD terkait pengisian LKE Pusat.

Bupati dalam paparannya mengungkapkan semua rekomendasi terkait Reformasi Birokrasi dan SAKIP oleh Kemenpan RB telah ditindaklanjuti seluruhnya dan progress tindak lanjut telah terpenuhi. Penyempurnaan mendasar juga telah dilakukan pada dokumen perencanaan dengan merevisi RPJMD Tanjab Barat 2016-2021 di tahun 2017."Evaluasi capaian kinerja juga dipimpin langsung oleh Bupati.

"Saya selenggarakan kegiatan ekspos capaian kinerja OPD terhadap RPJMD yang saya pimpin langsung," papar Safrial kepada tim evaluator Kemenpan RB.

Selanjutnya Bupati Safrial juga memaparkan capaian-capaian pemkab Tanjab Barat dalam implementasi SAKIP dan Reformasi Birokrasi. Seperti penghapusan kegiatan inefisiensi dalam penyusunan RKPD 2019 serta capaian kinerja ekonomi makro daerah.

Safrial mengharapkan dari pelaksanaan kegiatan ini akan terwujud tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih serta peningkatan kapasitas dan akuntabilitas kinerja aparatur melalui reformasi birokrasi.

"Di tahun 2020 ini pemkab menargetkan hasil evaluasi SAKIP meraih prediket BB atau minimal mendapat B," tandasnya. (Sabri)

Pjs Gubernur Jambi Harapkan Pilkada Aman dari Covid-19

JAMBI (SR28) - Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi Ir.Restuardy (Ardy) Daud,M.Sc mengharapkan agar seluruh rangkaian tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020 bisa dilaksanakan dengan lancar dan aman dari Covid-19. Harapan itu disampaikannya saat menerima audiensi Ketua KPU Provinsi Jambi H.M. Subhan berserta komisioner KPU Provinsi Jambi, di Ruang Kerja Gubernur, Kantor Gubernur Jambi, Senin (02/11/2020).

Ardy Daud didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Apani Saharudin, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Rahmad Hidayat, Kepala Kesbangpol yang diwakil Kabid Muhamad Nur Agus.

Dalam pertemuan tersebut, komisioner KPU Provinsi Jambi membahas progres tahapan Pemilhan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 serta kesiapan daerah. Di Provinsi Jambi, akan diselenggarakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, Bupati dan Wakil Bupati Batanghari, Bupati dan Wakil Bupati Bungo, Bupati dan Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat, Bupati dan Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sungai Penuh.

Ardy Daud mengarahkan agar seluruh persiapan Pilkada segera diselesaikan. Ia juga menekankan pentingnya memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pemilihan.

Ardy Daud mengharapkan tingkat partisipasi masyarakat pada Pilkada mendatang dapat meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. “Mudah-mudahan Pilkada tahun 2020 ini bisa berjalan lancar dan partisipasi masyarakat dapat meningkat,” harapnya.

Selanjutnya, Ardy Daud berharap agar penyelenggaraan Pilkada serentak yang dilaksanakan ditengah situasi pandemi tetap berjalan secara demokratis, langsung, umum bebas dan rahasia (luber), jujur dan adil (jurdil), dan paling penting tetap aman dari Covid-19. ”Sehingga, ada dua hal yang menjadi penekanan utama bahwa Pilkada 2020 ini harus semakin berkualitas dan juga aman dari Covid-19. Jadi, aspek kesehatan, aspek keselamatan petugas, peserta dan juga tentu saja pemilih harus menjadi prioritas,” tutur Ardy Daud. (Sidik)

Aneh!! Pembubaran Aktivitas Malam Hari

OLEH: AGUSTIA GAFAR

Sebelumnya penulis mau bercerita terlebih dahulu pada jum'at malam tepatnya pada tanggal 31-oktober-2020 menuju tanggal 1-november-2020 penulis berkumpul dengan teman-teman di sebuah Kafe di bilangan Telanai Pura Kota Jambi.

Maksud kami berkumpul yaitu ingin diskusi mengenai kegiatan  paguyuban ke depan atau kegiatan yang akan dilakukan kedepan, namun waktu asik diskusi datanglah segerombolan Polisi. Polisi itu pun masuk ke cafe tersebut dan meminta kami bubar. Karena hari sudah malam terpaksa kami bubar dengan pembahasan yang belum tuntas.

Hal pembubaran aktivitas dimalam hari ternyata bukan hanya terjadi di kota jambi juga terjadi di kota-kota lainya atau daerah lain yang berada di provinsi jambi.

Hampir setiap daerah melakukan pembubaran aktivitas pada malam hari dengan alasan untuk memutuskan rantai penyebaran virus corona atau covid-19,  namun menurut penulis sangat aneh dan banyak pertanyaan tentang pembubaran aktivitas masyarakat pada malam hari.

Jika alasan hanya untuk memutuskan rantai penyebaran covid19 pertanyaaannya kenapa pembubaran aktivitas masyarakat cuma pada malam hari? Lalu bagaimana dengan aktivitas siang hari? Tentu ini sangat bertentangan sekali dengan pikiran penulis.

Apa yang membedakan aktivitas siang dan malam hari? Bahkan aktivitas siang hari lebih ramai perkumpulan masyarakat dari pada malam hari, di mall contohnya banyak sekali terjadi perkumpulan dan tidak ada petugas yang melakukan pembubaran.

Bahkan pembubaran pada malam hari yang sering terjadi di cafe dan warung-kopi dan dimana di cafe dan diwarung kopi penulis sering berkumpul berdiskusi dengan teman-teman.

Mari kita lihat undang-undang yang mengatur tentang perkumpulan.
Pasal 28 ayat 3 UUD 1945 berbunyi:
“Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat.”

Sangat jelas sekali penjelasan dalam UUD 1945 ini, kecuali perkumpulan yang membuat keributan, kegaduhan baru boleh dibubarkan dan bahkan bisa dipidana, jika hanya duduk ngopi sambil diskusi, bercerita, dan canda tawa dengan teman perkumpulan maka tidak pantas untuk dibubarkan dan jika memang alasan untuk memutus penyebaran covid 19 maka perlu juga pembubaran pada siang hari.

Selain UUD 1945, hal ini juga diatur dalam Pasal 24 ayat (1) Undang-undang no.39 tahun 1999 tentang hak asasi manusia (“UU HAM”) yang berbunyi:
“Setiap orang berhak untuk berkumpul, berapat, dan berserikat untuk maksud-maksud damai".

Jelas sekali berkumpul dengan damai mempunyai dasar yang jelas dan dilindungi oleh undang-undang.

Hari Ini Tempat Hiburan Dan Olahraga di Kota Jambi Boleh Buka Lagi

JAMBI (SR28) - Adapun tempat usaha yang kembali dizinkan buka lago seperti tempat-tempat olahraga yaitu fitnes, senam, bola sodok kemudian tempat pijat refleksi, spa, serta bar, cafe dan tempat karaoke keluarga termasuk kolam renang dan wahana bermain anak-anak.

Culture

- Advertisement -

Target Partisipasi Pemilih di Jambi Hanya 75 Persen

JAMBI - Pihak Kesbangpol Provinsi Jambi menyatakan bahwa partisipasi pemilih yang dipatok sebesar 75 persen itu merupakan angka yang cukup tinggi. Berdasarkan pengamatan, pihak Kesbangpol menilai bahwa angka partisipasi masyarakat untuk mengikuti Pilkada serentak tahun 2020 ini malah lebih meningkat jika dibandingkan Pilkada serentak tahun 2019 lalu yang hanya mencapai 72 persen dari keseluruhan DPT saat itu.

Tim Yustisi Covid-19 Kota Jambi Gencarkan Patroli Protokol Kesehatan di Pasar

KOTA JAMBI (SR28) - Mencegah peningkatan kasus terkonfirmasi Positif Covid-19 semakin membludak. Tim Yustisi satgas penanganan Covid-19 Kota Jambi kini gencarkan melakukan patroli di pasar tradisional. Kendati demikian, masih saja ditemukan warga yang tidak menggunaan masker.

Nonton berita menarik lainnya di JAMBI28.TV

Mengenal Batik Asal Jambi Yang Memikat Hati

KOTA JAMBI (SR28) - Batik Jambi merupakan warisan budaya asli dari Provinsi Jambi. Batik Jambi juga merupakan batik tertua di Sumatera yang keindahannya selalu memikat para pecinta batik nusantara.

- Advertisement -

Must Read

Walikota Jambi: Kepala Puskesmas Bisanya Jangan Cuma Merintah

KOTA JAMBI - Berdasarkan laporan, sejumlah Kepala Puskesmas hanya mau memberikan perintah ataupun arahan kepada tenaga medis yang bertugas. Apabila telah ditemukan pasien suspect Covid-19 berdasarkan pemeriksaan awal.

Walikota Jambi Syarif Fasha secara tegas meminta seluruh kepala Puskesmas untuk terjun langsung menangani pasien yang terindikasi terpapar Covid-19 berdasarkan pemeriksaan awal.

Pemprov Jambi Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 Saat Libur Panjang Minggu Depan

JAMBI (SR28) - Langkah antisipasi ini perlu dilakukan pemerintah daerah agar meningkatnya aktivitas masyarakat selama libur panjang tersebut. Akibat berkunjung ke tempat-tempat wisata maupun tempat keramaian lainnya bahkan mudik bisa di minimalisir.

Bupati Tanjabbar Sampaikan Pengantar Laporan Pertanggungjawaban APBD 2019

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr Safrial sampaikan nota pengantar penyampaian laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2019 pada Rapat Paripurna Pertama DPRD Tanjab Barat yang diselenggarakan di ruang rapat paripurna, Selasa (14/07/20).

Mengawali sambutannya, Safrial sampaikan perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat telah di peroleh dua tahun berturut-turut. Lanjutnya, perolehan opini WTP ini berdampak pada bertambahnya penerimaan daerah berupa Dana Intensif Daerah (DID). "Mudah-mudahan dana insentif tersebut di tahun 2021 atas perolehan opini WTP tahun 2019 dapat kita peroleh kembali dengan nilai yang lebih besar dari tahun sebelumnya," ucap Safrial.

Bupati mengatakan, walaupun LKPD tahun 2019 sudah memperoleh opini WTP, namun masih terdapat beberapa catatan BPK yang perlu mendapat perhatian dan tidak lanjut yang tidak signifikan berpengaruh terhadap opini atas laporan keuangan tahun 2019. Permasalahan tersebut, lanjutnya, meliputi sistem pengendalian intern dan kepatuhan terhadap perundang-undangan.Untuk itu kami sedang dan telah melakukan langkah-langkah konkrit untuk menyelesaikan permasalahan tersebut agar opini di masa yang akan datang dapat dipertahankan dan dengan harapan lebih baik dari tahun sebelumnya," jelasnya.

Safrial menyebutkan, laporan keuangan yang telah di audit tersebut, diharapkan dapat dipergunakan sebagai bahan evaluasi atas kinerja keuangan pemerintah daerah, baik oleh internal pemerintah daerah maupun oleh eksternal pemerintah daerah.

"Bagi internal pemerintah daerah, hasil evaluasi digunakan untuk melakukan perbaikan atau peningkatan kinerja yang belum optimal pada tahun berikutnya, sehingga apa yang direncanakan pemerintah dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) diharapkan dapat dicapai sesuai target yang telah ditetapkan," terangnya.

Sedangkan bagi pihak eksternal pemerintah daerah, katanya menambahkan, laporan keuangan tersebut menjadi pertanggungjawaban pemerintah daerah atas pelaksanaan keuangan. Sekaligus menjadi dasar bagi berbagai pihak untuk memberikan masukan ataupun saran kepada pemerintah daerah atas pelaksanaan pembangunan.

"Apakah sudah sesuai dengan visi misi serta program yang telah ditetapkan dalam RPJMD, khususnya program yang langsung bisa rasakan oleh masyarakat Tanjung Jabung Barat," tuturnya.

Safrial berharap, hal ini dapat berguna untuk menentukan arah kebijakan Umum Kabupaten Tanjung Jabung Barat lebih baik untuk masa yang akan datang.

"Semoga kita semua selalu diberikan kekuatan oleh Allah subhanahu wa taala untuk melanjutkan amanah yang dipercayakan kepada kita, demi terwujudnya Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang maju adil makmur dan bermartabat,"pungkasnya.

Rapat Paripurna pertama ini diakhiri dengan penandatanganan nota kesepakatan tentang persetujuan Raperda diluar Propemperda yaitu tentang penegakan protokol kesehatan Covid 19 yang disaksikan peserta rapat. (Sabri)

Bupati Tanjabbar Safrial Hadiri Peresmian Mushola Fakultas Perternakan UNJA

JAMBI (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat DR. Ir. H.Safrial yang juga merupakan civitas akedemika dan Alumni Fakultas Pertenakan Universitas Jambi (UNJA) menghadiri acara Peresmian Musholla Fakultas Perternakan Universitas Jambi, Selasa (11/08). Peresmian musholla ditandai dengan pengguntingan pita oleh Safrial.

Dalam Peresmian mushola ini juga turut dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Jambi Prof. Drs. Sutrisno, M. Si, para Dekan Kampus, Dosen, Anggota Komis III DPRD Provinsi Ahmad Fauzi, serta Mahasiswa Fakultas perternakan Universitas Jambi.

Bupati Safrial dalam sambutannya menyampaikan mushola sangat penting terutama sebagai sarana ibadah kepada Allah SWT. Menurutnya, selain bekal ilmu pengetahuan dan teknologi, generasi muda juga perlu dibekali dengan iman dan taqwa.

"Kami di Tanjab Barat, juga berupaya menciptakan generasi muda yang tidak hanya berilmu pengetahuan dan Teknologi (Iptek), namun juga dibekali Iman Taqwa (Imtaq)," ujar Safrial saat berikan sambutan.

Safrial juga mengajak kepada Alumni Fakultas Peternakan Universitas Jambi untuk mengajarkan generasi muda tidak takut berkecimpung dalam dunia peternakan. Lebih lanjut, Safrial juga sampaikan terkait adanya program hibah ternak yang menurutnya perlu adanya kerjasama dengan Fakultas Peternakan dalam pelaksanaannya.

"Kami sekarang ada Program Hibah Ternak, keinginan saya fakultas perternakan terlibat dalam hal itu, karena dampaknya cukup bagus.”Ini akan kami hibah ke Bumdes dan Petani sebagai upaya Pemkab dalam  mendorong ketahanan pangan Tanjab Barat," tandas Safrial.

Sementara itu diwaktu yang berbeda dan ditempat yang sama Rektor Unja Prof. Drs. Sutrisno, M. Si dalam sambutan nya mengucapkan terima kasih  dan apresiasi  Kepada para Alumni Fakultas Peternakan atas atas partisipasi dan kontribusi dalam Pembangunan Mushola.

Sejalan dengan Bupati, menurutnya sarana ibadah seperti musholla, merupakan hal penting dalam rangka pembentukan moral generasi muda,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Bupati Tanjab Barat juga serahkan bantuan guna penyelesaian pembangunan musholla Fakultas Peternakan Universitas Jambi. (Sabri)

DPRD Tebo Setujui Ranperda Perubahan RPJMD

TEBO (SR28)-DPRD Kabupaten Tebo menyetujui dan menerima Rancangan Peraturan Daerah Tentang Perubahan atas Perda No. 6 Tahun 2017 tentang RPJMD Kabupaten Tebo Tahun 2017- 2022 menjadi Peraturan Daerah, Kamis (04/06/2020)..Hal tersebut disampaikan pada Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Tebo Dalam Rangka Penyampaian Laporan Bapemperda terhadap Ranperda Perubahan RPJMD yang diselenggarakan terpisah melalui konferensi video serta dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD, Syamsulrizal, SE., M. Si., dan Aivandri, AB..

Wakil Bupati Tebo, Syahlan, SH., dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam pandangan akhir tersebut terlihat semangat kebersamaan dalam pembangunan daerah ditengah pandemi proses tersebut dilakukan dengan semangat demokrasi..Beliau juga mengatakan bahwa RPJMD merupakan instrumen yang diarahkan untuk memecahkan masalah dan menjawab isu isu strategis yang akan dihadapi kedepannya. Substansi pokok di dalam perubahan tersebut adalah sasaran pembangunan dapat tercapai..

"Substansi perubahan RPJMD adalah agar sasaran pembangunan daerah Tahun 2021-2022 tercapai. Hal tersebut diawali dengan upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi yang ditandai peningkatan laju pertumbuhan ekonomi serta indikator lainnya seperti tingkat kemiskinan, pengangguran terbuka, indeks gini dan indeks pembangunan manusia." jelas beliau.

Diakhir sambutannya, Wabup Syahlan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung pelaksanaan pembangunan dengan mengawal dan mengevaluasi prosesnya untuk percepatan pembangunan menuju Tebo Tuntas 2022.

Jurnalis: Rd Ari

Tahun 2020 Polda Jambi Hanya Tangani 13 Kasus Kebakaran Hutan dan Lahan

JAMBI - Bedasarkan data yang dihimpun Polda Jambi, jumlah kasus yang masuk dalam daftar pemeriksaan juga turun signifikan. Setidaknya, untuk kasus kebakaran hutan di provinsi Jambi ahun 2020 ini, Polda Jambi hanya menangani 1 3 kasus Karhutla dan seluruhnya merupakan kasus perorangan dan tak ada satupun kasus yag melibatkan perusahaan.

Lifestyle Magazine

Tembakan Gas Air Mata Polisi ke Permukiman Membuat Warga Marah Besar

JAMBI (SR28) - Polisi menembakkan gas air mata untuk memukul mundur demonstran dari Gedung DPRD Jambi ke Jalan RE Martadinata. Roslina warga jalan RE Martadinata, Kota Jambi, marah pada polisi karena gas air mata masuk ke pemukiman saat demonstrasi penolakan Omnibus Law UU Cipta Kerja rusuh.

Tertular Dari Istri, Kalapas Klas IIA Jambi Positif Terkena Covid-19

KOTA JAMBI (SR28)- Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Klas IIA Jambi, Yusran Saad, telah dinyatakan positif Covid-19 sejak tanggal 30 Juli lalu. Ketika  dimintai konfirmasi oleh awak media dia mengaku terpapar virus itu dari isterinya yang baru berpergian dari luar daerah.

“Ya, Saya positif Corona. Saya dinyatakan positif akhir bulan lalu, kalau untuk isteri saya sudah menjalani isolasi di rumah sakit umum Abdul Manap, saat ini saya juga sedang menjalani isolasi mandiri,” kata Yusran seperti dilansir dari rubrikjambi.com

Kepala Divisi Pemasyarakat Kanwil Kemenkumham Jambi Maizar membenarkan terkait Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Klas IIA Jambi, Yusran Saad, telah dinyatakan positif Covid-19 sejak tanggal 30 Juli lalu.

Maizar menyatakan dirinya maupun seluruh pegawai Kanwil kemenkumham Jambi, siap di rapid test maupun diuji swab.

“Saya sendiri pengen dirapid test, apalagi saya sering olahraga tennis bersama dengan kalapas sebelum beliau dinyatakan positif,”terangnya

Maizar menambahkan, bahkan saat ini seluruh lapas sudah melaksanakan tatanan new normal dengan menerima tahanan yang baru dari pengadilan, serta telah menyiapkan dan melaksanakan protokol kesehatan, seperti menyiapkan ruang isolasi , hand Sanitizer maupun air cuci tangan.

Namun demikian, dia sendiri tidak bisa mengambil keputusan lapas Klas IIA Jambi, apakah ada pembatasan atau tidak dalam menerima tahanan untuk kedepannya.”

Muhammad Sidik

DPRD Tebo Soroti Guru Tak Pakai Masker

TEBO (SR28) - Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sekolah di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo tingkat SMP, SD maupun TK, sudah mulai dilaksanakan  pekan ini. Meskipun di tengah wabah Covid-19, belajar tatap muka mulai dilaksanakan.

Proses pembelajaran tetap menerapkan protokol kesehatan, sesuai dengan SOP yang ditetapkan oleh pemerintah. Seperti terlihat di lapangan, tampak wali murid saat mengantar dan menjemput anak mereka sudah menggunakan masker. Namun ada pandangan yang menarik perhatian, justru para guru di salah satu sekolah tak menggunakan masker saat berada di lingkungan sekolah.

Menanggapi hal ini, anggota Komisi I DPRD Tebo, Andri angkat bicara. Dirinya sangat menyayangkan hal ini bisa terjadi. Seharusnya ketika pembelajaran tatap muka dimulai, proses pembelajaran menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan pemerintah.

“Kepada dewan guru dan murid saat memasuki areal sekolah, diwajibkan memakai masker sebagai upaya antisipasi penyebaran Virus Corona," kata Andri.

Selain dewan guru dan murid, penerapan yang sama juga di instruksikan kepada warga yang masuk ke areal sekolah, agar mengikuti protokol kesehatan.

Andri juga mengatakan akan membahas hal ini bersama ketua Komisi DPRD Tebo.

"Nanti kita akan turun ke lapangan, untuk memastikan apakah pihak sekolah menjalankan instruksi yang telah ditetapkan sebelum pembelajaran tatap muka.

Kedepan, dewan akan terus memantau sekolah dalam penerapan protokol kesehatan setiap melaksanakan belajar mengajar.

" Jika ada sekolah yang mengabaikan instruksi tersebut, akan diberi peringatan, suhu tubuh siswa juga harus dicek oleh pihak kesehatan maupun sekolah,” ujarnya. (Tim Liputan).

Terjatuh Saat Dikejar, Pelaku Curanmor Dibekuk Polisi

TEBO (SR28) - Satlantas dan Tim Sultan Satreskrim Polres Tebo berhasil mengamankan satu pelaku pencurian kendaraan bermotor. Pelaku ditangkap petugas, karena terjatuh saat dilakukan pengejaran. Sementara satu pelaku lainnya berhasil kabur ke hutan.

7000 Rumah Warga di Kabupaten Batanghari Terendam Banjir

BATANGHARI - Banjir di kabupaten Batanghari, Jambi saat ini sudah merendam sebanyak 7000 rumah yang tersebar di 7 kecamatan. Kondisi tersebut diprediksi akan terus bertambah meningkat kondisi air yang terus naik dan curah hujan yang masih tinggi.

Video News

- Advertisement -

VIRAL! Pedagang Bakso Ditendang Seorang Pembeli Bermobil Sampai Terpental

KOA JAMBI - Sebuah insiden tidak mengenakkan menimpa seorang pedagang bakso keliling di kota Jambi. Pedagang bakso yang akrab dipanggil bakso Pak Nasib tersebut harus menahan rasa sakit lantaran mendapat perlakuan kasar dari pembelinya.

Tubuhnya yang mungil seketika terpental saat dadanya ditendnag oleh seorang laki-laki bermobil yang sempat membeli baksonya. Aksi tidak terpuji dankejam pelaku terekam camera CCTV dan viral di media sosial instagram.

Aksi Demo Petani di Jambi Ditengah Pandemi

KOTA JAMBI (SR28) - Ratusan masa petani yang tergabung dalam Gestur Jambi  menggelar aksi demontrasi di kawasan perkantoran Telanaipura, Kota Jambi. Aksi tersebut digelar dalam upaya penyampaian aspirasi kepada Pemerintah yang berbarengan dengan peringatan hari Tani ke 60.

Sumber: JAMBI28.TV

Warga Geruduk Kantor Pos Indonesia di Jambi Persoalkan BLT Covid-19

KOTA JAMBI (SR28) - Sejumlah warga yang tergabung dalam Laskar Merah Putih Perjuangan menggeruduk Kantor Pos Wilayah Jambi yang terletak di Kawasan Pasar Kota Jambi.

Mereka menuding jika PT Pos tidak menyalurkan sejumlah BLT terhadap masyarakat yang masuk kategori penerima.Informasi yang terhimpun, lembaga swadaya masyarakat ini menemukan fakta jika ada sekitar 2800 penerima BLT tahap pertama tidak mendapat BLT lagi pada tahap kedua penyaluran BLT pandemi Covid 19 ini.

Dalam aksinya, massa langsung diterima oleh Kepala Kantor Pos Wilayah Jambi dan menggelar audiensi.Menyikapi tudingan itu, Kepala Kantor Pos Wilayah Jambi menyebut jika mengenai jumlah penerima berikut pengurangan jumlah penerima itu adalah wewenang Kementerian Sosial RI.Massa akhirny membubarkan diri setelah mendapat klarifikasi dari Kepala Pos Jambi. (Sidik)

Sumber: JAMBI28 TV

New Normal Covid-19 Di Pasar Tradisional Provinsi Jambi

JAMBI (SR28) - Pemerintah Provinsi Jambi telah memberlakukan New Normal bagi masyarakat. Kebijakan ini terlihat di pasar tradisional Mama, para pedagang dan pembeli tetap melaksanakan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus corona.

New Normal di Pasar Tradisional Jambi

Breaking News! DPP PDIP Resmi Usung Yunninta-Mahdan Untuk Pilbup Batanghari

(KOTA JAMBI SR28)- Setelah melewati proses panjang dan alot, hari ini (Selasa 11 Juli 2020) Dewan Pengurus Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP) resmi mengumumkan calon kepala daerah. Salah satu calon kepala daerah yang resmi diumumkan untuk mengikuti pesta demokrasi adalah pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Batanghari.

Diumumkan secara virtual dan disaksikan oleh berbagai pengurus DPD, DPP PDIP resmi mengusung pasangan Yunninta Asmara dan Mahdan untuk Calon Bupati Kabupaten Batanghari. pengumuman tersebut langsung disampaikan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri di Kantor DPP PDIP.

Guna memeriahkan pengumuman tersebut, pasangan Yunninta Asmara dan Mahdan tampak turut memeriahkan dengan didapatkan dukungan tersebut melalui selebrasi yang digelar di Kantor DPD PDIP di bilangan Talang Banjar Kota Jambi. Dalam prosesi tersebut, Yunninta dan Mahdan juga turut dikawal oleh puluhan pendukungnya.

Hal yang unik dari pengumuman ini adalah justru tertuju pada Mahdan. Pasalnya, Mahdan merupakan anggota DPRD Kabupaten Batanghari yang 2019 kemarin maju dari Partai Amanat Nasional. Namun sikap frontalnya dia tunjukkan hari ini. Dengan menggunakan masker, Mahdan dengan percaya diri memakai jas resmi PDIP.

Informasi yang berhasil tim himpun, Mahdan diperkirakan maju pada Pilkada Batanghari bersama Yunninta Asmara karena PAN tidak mendukungnya. PAN secara resmi telah menyatakan dukungan di Muhammad Havis dan Camelia Puji Astuti.

Muhammad Sidik

H Al Haris: Enam Ranperda Merupakan Perda Revisi

MERANGIN - Pemerintah Kabupaten Merangin sedang merevisi enam Peraturan Daerah (Perda) yang sudah tidak relevan, untuk disesuaikan dengan kondisi yang terjadi sekarang ini.

Hal ini ditegaskan Bupati Merangin H Al Haris, usai Paripurna ketiga DPRD Merangin, penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi Dewan dan penyampaian jawaban Pemerintah terhadap enam Ranperda yang diajukan, Senin (13/7).

‘’Jadi ada enam Perda yang kita evaluasi, seperti  Ranperda tentang pendirian BUMD PT Merangin Bima Tama (Perseroda), Ranperda tentang Penambahan penyertaan modalnya,’’ujar Bupati didampingi Wabup H Mashuri.

Selain itu lanjut bupati, ada Ranperda tentang Perubahan kedua atas Perda nomor 04 tahun 2010 tentang Penyertaan Modal pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Merangin.

‘’Ranperda tentang Perubahan Atas Perda nomor 01 tahun 2013 tentang Retribusi Pelayanan Tera/Tera Ulang, juga kita ajukan sebagai revisi dari Perda sebelumnya,’’terang Bupati.

Diakui bupati, sekarang ini banyak para pedagang di pasar-pasar yang tidak melakukan tera ulang pada timbangannya, sehingga merugikan konsumen. Pemda juga jadi tidak mendapatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari tera ulang itu.

Melalui evaluasi Perda itu lanjut bupati, Pemerintah bisa mengawasi jalannya Perda dan masyarakat juga jadi paham terhadap perubahan aturan daerah yang dilakukan.

Untuk diketahui keenam Perda yang direvisi itu selengkapnya, Ranpeda tentang pendirian BUMD PT Merangin Bima Tama (Perseroda), Ranperda tentang Penambahan penyertaan modal Pemerintah Daerah pada PT Merangin Bima Tama (Perseroda).
Ada juga, Ranperda tentang Perubahan kedua atas Perda nomor 04 tahun 2010 tentang Penyertaan Modal pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Merangin, Ranperda tentang Perubahan Atas Perda nomor 01 tahun 2013 tentang Retribusi Pelayanan Tera/Tera Ulang.

Selanjutnya, Ranperda tentang retribusi tempat rekreasi dan olahraga dan Ranperda tentang Pencabutan Perda nomor 05 tahun 2011 tentang retribusi pelayanan kesehatan pada RSD Kol Abundjani Bangko.

Tidak hanya itu, pada paripurna tersebut DPRD Merangin juga menyampaikan dua Ranperda inisiatif DPRD Merangin 2020 yang dianggap sangat penting dibahas menjadi Perda.

Kedua Ranperda inisiatif Dewan itu, Ranperda tentang Penyelenggaraan Perlindungan Perempuan dan Anak dari Tindakan Kekerasan, serta Ranperda tentang Perlindungan Produk Unggulan Daerah.

- Advertisement -

Music

Hasil Tinjauan Pjs Gubernur Jambi, Debit Air Sungai Batanghari Masih Aman

JAMBI (SR28) - Berdasarkan tinjauan tersebut, Pemerintah Provinsi Jambi menyatakan bahwa kondisi air saat ini dalam keadaan aman atau ketinggian air sungai Batanghari hingga 26 Oktober kemarin masih pada level waspada.

Pemkab Merangin Dapat Bantuan Lima Mobil Sampah Dari Pemerintah Pusat

MERANGIN - Bupati Merangin H Al Haris didampingi Wabup H Mashuri dan Pj Sekda H Hendri Maidalef, secara resmi mengoperasionalkan lima mobil sampah baru dan tiga unit kendaraan roda tiga pengangkut sampah.

Acara ditandai dengan pemecahan kendi berisi air kembang, persis di bemper salah satu mobil sampah yang resmi dioperasionalkan. Pada acara yang berlangsung di halaman Dinas Lingkungan Hidup (LH) Merangin itu, juga hadir Kadis LH Zulhifni.

‘’Sebanyak lima unit mobil, terdiri dari tiga damtruk, dua mobil amrol dan tiga unit kendaraan roda tiga pengangkut sampah ini, merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat yang bersumber dari dana DAK. Terimakasih atas bantuan ini,’’ujar Bupati.

Bupati minta armada sampah yang dititipkan ke petugas kebersihan Pemkab Merangin tersebut, digunakan dengan benar dan benar-benar dirawat serta dijaga dengan baik.

Dengan dioperasionalkannya armada baru itu, bupati berharap kepada petugas kebersihan, jangan ada lagi keluhan dari masyarakat ada sampah yang belum diangkut dan menumpuk.

‘’Kita harus jeli dan sigap dalam menyikapi sampah di daerah kita. Mobil sampah ini kapan saja harus stand by. Jika ada masyarakat yang menghubungi minta untuk mengangkut sampah, harus selalu siap,’’pinta Bupati.

Jangan sampai lanjut bupati, muncul paradigma bahwa hanya saat penilaian Adipura saja, sibuk mengurusi sampah. Jadikan pengangkuan sampah itu, sebagai tugas dan kewajiban rutin yang dilaksanakan setiap hari.

Begitu juga sambung bupati, himbauan larangan menggunakan kantong plastik yang pada akhirnya menciptakan sampah plastik, hendaknya jangan hanya menjadi slogan saja, tapi harus diaplikasikan dalam kehiduapn masyarakat sehari-hari.

‘’Didapatkan bantuan mobil ini juga berkat kerja keras para bapak dan ibu petugas kebersihan yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik, sehingga Kota Bangko selalu terlihat bersih dan indah,’’terang Bupati.

Pada kesempatan itu, bupati juga minta petugas kebersihan dapat menjaga dengan baik Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampai di kawasan Langling,  yang menjadi TPA terbaik di Sumatera.

Sementara itu menurut Kadis LH Merangin Zulhifni, Merangin menjadi kabupaten pertama yang mendapatkan bantuan tersebut. Bantuan tersebut, menyusul bantuan-bantuan sebelumnya yang telah diserahkan Pemerintah Pusat.

‘’TPA sampah yang dimiliki Kabupaten Merangin sudah mendapatkan bantuan Pemerintah Pusat sebesar Rp 25 miliar, termasuk alat berat untuk TPA dan satu unit mobil penyedot tinda pada 2019 lalu,’’ujar Zulhifni.

Debit Air Sungai Batanghari Semakin Naik Signifikan

JAMBI (SR28) - Semakin sering diguyur hujan, debit air Subgai Batanghari perlahan terus mengalami peningkatan. Bahkan kenaikan ketinggian muka air yang tercatat di Pos duga air otomatis Tanggo Rajo sudah mencapai 10,44 Cm.

Debit Air Sungai Batanghari Semakin Naik Signifikan

Debit Air Sungai Batanghari Semakin Naik Signifikan

Posted by JAMBI28 TV on Thursday, September 17, 2020
Sumber: JAMBI28 TV

Pembangunan Kebun Raya Merangin Terganjal Sertifikat Lahan

MERANGIN - Pembangunan Kebun Raya Merangin (KRM), yang disepakati pada rapat 06 Maret 2020 berlokasi di Taman Arboretum Rio Alif  Dusun Mudo Bangko, terganjal belum adanya sertifikat kepemilikan lahan oleh Pemkab Merangin.

Hal tersebut diketahui pada rapat percepatan pembangunan KRM yang dipimpin Wabup Merangin H Mashuri, di Ruang Pola Kol H Moh Syukur Lantai 2 Kantor Bupati Merangin, Selasa (21/7).

Padahal kepemilikan sertifikat lahan itu sebagai syarat mutlak, menjadi pedoman penyusunan rencana induk (Master Plan) KRM. Pembangunan KRM merupakan realisasi kerjasama Pemkab Merangin dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

‘’Kita juga baru tahu kalau Arboretum itu belum mempunyai sertifikat. Tapi tadi sudah langsung diurus, September 2020 nanti kepemilikan sertifikat itu akan diterbitkan Badan Pertanahan Nasional Merangin,’’terang Wabup usai rapat.

Pembangunan KRM diatas lahan seluas 71 hektar tersebut jelas wabup, tetap akan mempertahankan pohon-pohon khas Merangin seperti Sungkai, sebagai kearifan lokal. KRM ini merupakan pengembangan Kebun Raya Bogor dibawah naungan LIPI.

‘’Nanti dampak pembangunan KRM ini, tidak hanya sekedar sebagai objek wisata, tetapi terpenting sebagai pusat penelitian dan pendidikan. KRM ini satu-satunya di Provinsi Jambi,’’terang Wabup.

Rapat yang diikuti sejumlah pimpinan instansi terkait, dihadiri  Pj Sekda H Hendri  Maidalef dan Asisten II Setda Merangin Mardansyah Saidi itu, diharapkan akan semakin mempercepat pembangunan KRM.

Sport News

Syafril Nursal Hadiri Sidang Ujian Promosi Doktor

JAMBI  (SR28)- Calon Wakil Gubernur Jambi Syafril Nursal menghadiri sidang ujian promosi doktor bidang ekonomi, Sekjen Ikatan Alumni SMP Negeri 7 Kota Jambi Sesraria Yuvanda, Di ruang sidang prodi doktor Ekonomi Pascasarjana Universitas Jambi, Telanai Pura, Kota Jambi, Rabu 21/10/20.

Kehadiran Syafril Nursal selaku Ketua Ikatan Alumni SMP Negeri 7 Kota Jambi. Ia mengatakan kehadirannya untuk memenuhi undangan sahabat sejawatnya Sesraria Yuvanda. Syafril tampak datang lebih awal dari jadwal, ia tampak menyimak dan meperhatikan proses sidang disertasi tersebut dengan sesekali mencatat poin pentingnya.

"Alhamdulillah bisa memenuhi undangan sahabat saya Ibu Sesraria Yuvanda. Selamat kepada ibu Sesraria Yuvanda atas ujian promosi doktor bidang ekonomi," ujar Syafril sebelum sidang ujian dimulai.

Dalam Disertasinya, Sesraria Yuvanda yang juga dosen di Universitas Muhammadiyah Jambi ini mengangkat judul 'strategi pengembangan industri kecil menengah pangan unggulan di Provinsi Jambi'.

"Insya Allah pemikiran, ide dan gagasan beliau bisa bermanfaat untuk orang banyak, khususnya untuk masyarakat Provinsi Jambi," ujarnya.

Pelaksanaan ujian dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sampai berita ini di tayangkan, proses sidang ujian promosi doktor masih berlangsung. *

Aktivis Tanjabbar Kembali Soalkan Pembangunan WC dan Musholah di WFC Terkesan Janggal dan Teridikasi Mark-Up

KUALA TUNGKAL (SR28) - Pembangunan WC dan Mushola di Watter Front City (WFC)  Tanjung Jabung Barat sudah rampung akan tetapi dari dana sebesar Rp.199.522.512,86 masih penuh tanda tanya dan  terkesan janggal oleh aktivis Tanjabbar, dan terindikasi Mark-up karena tidak ada perencanaan dan konsultan pengawas, dimana hanya mengunakan tenaga teknis.

Dari hal tersebut tenaga teknis yang diminta bantu oleh Kadispora Tanjab Barat Otto Aryadi ,salah seorang oknum Dinas Perumahan Dan Permukiman (PERKIM) Fadil  menjelaskan pihaknya memang diperbantukan dalam Pembutan WC dan Musholah yang ada di WFC tersebut .

"Kita diminta langsung oleh Kadispora ,akan tetapi tidak  diminta untuk menghitung bahan baku dari bangunan tersebut, bukan volume pekerjaan, demikian juga perencanaa nya saya tidak tahu,” ungkap Fadil saat dikonfirmasi SR28 di tempat kerjanya belum lama ini.

Terpisah Kadispora Tanjab Barat Otto Aryadi, ketika dipertanykan siapa perencanaan pembangunan WC dan Musholah WFC tersebut tidak bisa menjelaskan dengan gamblang dan berdalih dengan filosofi pembangunan tersebut, bahkan berpura-pura tidak tahu dan akan mencari tahu perencanaan pembangunan WC dan Musholah WFC tersebut.

"Nanti kita cari tahu perencanaan pembangunan WC dan Musholah WFC tersebut," kilahnya saat di temuo di ruang kerjanya.

Melihat hal tersebut membuat aktivis Tanjab Barat Adnand Viqriza, SH, MH berkomentar keras, ia mengkritik pedas soal pembangunan yang seharusnya adanya perencanan.

"Kalau setiap pembangunan mestinya ada perencanaan, kalau tidak ada tentu itu merupakan akal-akalan oknum Kadispora Tanjab Barat saja untuk meraup keuntungan dari pembangunan WC dan Musholah di WFC bersama rekanan karena aneh bila pembnagan itu tampa ada perencanan,terlebih bangunan itu juga terindikasi Mark-up, dari dana yang digunakan dan ini unsur sengaja dibuat oleh oknum Dispora Tanjab Barat, agar kecipratan keuntungan dari rekanan," ujar Anand.

"Terkait itu nantinya hal ini akan kita laporkan kepada pihak penegak hukum, karena ada persekongkolan untuk meraup keuntungan dari pekerjaan tersebut," pungkasnya. (Sabri)

Jelang Natal dan Akhir Tahun, Bulog Pastikan Stok Beras di Jambi Aman

JAMBI  - Menjelang perayaan natal dan taun baru 2021, kantor wilayah Bulog Jambi pastikan stok beras untuk provinsi Jambi aman dan terkendali. Stok beras yang ada di seluruh gudang bulog di wilayah provinsi Jambi setidaknya tercatat ada 9000 ton beras untuk saat ini.

Dengan estimasi konsumsi masyarakat Jambi yang encapai 1500 ton perbulan, Kanwil Bulog Jambi jamin stok beras tersebut akan aman hingga 6 bulan kedepan.

- Advertisement -

Warga Desa Tungkal 1 Keluhkan Kelapa Dijarahi Ratusan Monyet Liar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Diperkirakan ribuan hektare kebun kelapa milik warga Desa Tungkal 1, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat dijarahi ratusan monyet liar.

Gangguan hama monyet liar yang meresahkan petani kelapa ini membuat petani merugi. Akibatnya hasil buah kelapa pun berkurang saat panen, akibat buah dan daun kelapa yang dirusak oleh monyet. Hal ini seperti dikatakan oleh Salim selaku Badan Perangkat Desa (BPD) Tungkal.

"Petani merugi, akibatnya hasil buah kelapa pun berkurang saat panen, akibat buah dan daun kelapa yang dirusak oleh monyet," ujarnya kepada SR28, Senin (28/09).

Terpisah, Sekdes Tungkal 1, Lukman Hakim mengatakan, pihaknya sudah menyurati Dinas Perkebunan dan Peternakan Tanjabbar krena gangguan monyet ini sangat berpengaruh dengan hasil perkebunan warga petani kelapa.

"Bayangkan saja kalau satu monyet sampai makan 3 buah kelapa dalam berapa banyak buah yang habis dimakan ratusan monyet itu. Kalau buah yang jatuh itu rusak tidak mau dimakannya, diambilnya lagi yang baru," ujar Sekdes.

"Untuk itu kita berharap dengan apa yang terjadi saat ini, dinas istansi terkait, dapat membantu kami untuk mengusir hamonyet yang hingga kini makin menjadi dan merusak kebun kelapa warga," pungkasnya. (Sabri)

Aliansi Muslim Jambi Serukan Boikot Produk Prancis

KOTA JAMBI - Setelah Selesai melakukan shalat Jum’at ratusan masa yang tergabung dalam Aliansi Muslim Indonesia yang berjumlah ratusan umat muslim berkumpul di masjid agung al falah broni kota jambi,dan melakukan konvoi menuju tugu juang Sipin,tampak aksi tersebut dikawal oleh aparat kepolisian. Dalam orasinya, dihimbau untuk masyarakat muslim untuk tidak membeli dan memboikot produk – produk Prancis yang ada di Indonesia khususnya daerah Jambi.

Gubernur Jambi Antisipasi Penularan Covid-19 pada Libur Akhir Oktober

JAMBI (SR28) - Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi Ir.Restuardy (Ardy) Daud,M.Sc secara daring/virtual mengikuti Rapat Antisipasi Penyebaran Covid-19 Saat Libur Panjang Akhir Oktober 2020 di Ruang Kerja Gubernur, Kantor Gubernur Jambi, Kamis (22/10/20).

Rapat tersebut diadakan oleh Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah seluruh Indonesia.

Pjs. Gubernur Jambi menegaskan perlunya langkah antisipasi hadapi beberapa kondisi saat libur pada akhir bulan Oktober Tahun 2020 yang diperkirakan terjadi peningkatan aktivitas atau kunjungan masyarakat dari satu tempat ke daerah lain. "Saya mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, batasi kerumunan, dan mari rencanakan liburan secara produktif," ungkap Ardy Daud.

Ardy Daud mengatakan, Pemerintah Provinsi Jambi akan menindaklanjutinya guna mengambil langkah-langkah yang perlu dipersiapkan hingga liburan tiba masyarakat tetap terjaga kesehatannya. "Pemerintah Daerah akan siapkan tempat pelayanan kesehatan, supaya siaga selama libur untuk pos-pos pemantauan, guna memperlancar arus lalu lintas dan sebagainya, pada Dinas Perhubungan berkoordinasi dengan Polda Jambi," jelas Ardy Daud.

Mendagri Tito Karnavian saat membuka rapat tersebut mengingatkan, libur Maulid Nabi tanggal 29 Oktober dan cuti bersama 28-30 Oktober 2020 perlu antisipasi pengamanan, pengaturan arus lalu lintas, juga tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Sementara Menko Polhukam Mahfud MD tegaskan dalam menghadapi masa libur tetap sejalan dengan kebijakan pokok pemerintah terkait protokol kesehatan yang sudah lama dikerjakan. "Terjadi kerumunan dan potensi penularan seperti di transportasi umum, terminal, tempat rekreasi, dan ini harus diantisipasi jangan sampai menjadi klaster baru penularan Covid-19," tegas Mahfud MD.

Aktivitas masyarakat dari satu daerah ke daerah lain, termasuk adanya suasana keakraban bertemu teman dan keluarga saat libur akhir Oktober ini diharapkan dapat berjalan lancar dan penularan Covid 19 tidak meningkat hingga masa libur tiba, kesehatan terjaga, dan  masyarakat bahagia.

Gubernur Jambi Puji Kontribusi XL Dukung Pembelajaran Jarak Jauh

JAMBI (SR28) - Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum puji kontribusi PT XL Axiata dan Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informasi Seluruh Indonesia yang sangat mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan memberikan 5.100 kuota paket internet gratis kepada siswa-siswi, mahasiswa, guru, dan dosen di Provinsi Jambi. Hal itu disampaikannya saat Penyerahan Paket Internet Gratis bagi Pelajar di Kota Jambi, Kerja Sama dengan XL AXIATA – ASKOMPSI Peduli Pendidikan. Penyerahan secara simbolis dilakukan di SMK Negeri 1 Kota Jambi, Selasa (01/09/2020).

Gubernur menyampaikan, bantuan paket internet yang diberikan agar dapat membantu kemudahan akses internet melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bagi siswa/i ditengah kondisi pandemi Covid-19, dan diharapkan bisa mendukung pencapaian tugas belajar dan menengajar di rumah. “Berdasarkan arahan dari Pemerintah Pusat terkait pelaksanaan pembelajaran di masa Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung sejak bulan Maret 2020, Pemerintah Pusat berkomitmen membantu penyedian paket kuota internet gratis bagi siswa-siswi dan mahasiswa serta para guru dan dosen sampai akhir tahun 2020. Untuk itu, saya minta Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi bergerak cepat untuk memastikan kepala sekolah terkait pendataan kuota internet gratis bagi para siswa, nantinya agar dimasukan dalam aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik),” ujar Fachrori.

Pada Kesempatan ini, Fachrori menginstruksikan kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi untuk menyesuaikan anggaran tahun 2020 dan menyiapkan anggaran tahun 2021 untuk mendukung kemudahan bagi siswa-siswi dalam melakukan PJJ dan menfaatkan aplikasi PJJ dari XL Axiata yang telah diuji coba pada SMK Negeri 1 Kota Jambi, serta segera mendistribusikan paket internet gratis sebanyak 5.000 paket kepada pemerima yang berhak untuk mendukung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia di Provinsi Jambi.

Selain itu, Fachrori mengajak para wali murid, pihak sekolah, dan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi serta Dinas Kominfo Provinsi Jambi agar mengawasi penggunaan kouta internet gratis ini betul betul untuk mendukung PJJ dan mengunakan internet positif untuk pembelajaran efektif. ”Pada kesempatan ini, saya mengimbau kepedulian sosial kita bersama melalui pemberian hand phone kepada siswa yang tidak mampu agar bisa tetap mendapatkan pembelajaran dan menggapai cita-cita yang gemilang dalam pembelajaran situasi pandemi Covid-19,” ungkap Fachrori.

“Hari ini kita bagikan paket internet agar bisa belajar jarak jauh, untuk itu pergunakanlah internet ini sebaik mungkin, sehingga kegiatan belajar dan mengajar bisa terlaksana dan berjalan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan,” pungkas gubernur Jambi.

Sebelumnya, Kelapa Dinas Kominfo Provinsi Jambi Nurachmat Herlambang mengucapkan terima kasih kepada PT XL yang telah memberikan internet gratis bagi siswa-siswa yang kurang mampu di Provinsi Jambi.

“Kegiatan ini memang dilakukan di ruang terbaka sesuai dengan anjuran protokol kesehatan, kita tidak boleh berkumpul lama di ruang tertutup. Untuk itu, pemberian paket internet Gratis XL Axiata berkerja sama dengan Askompsi Peduli Pendidikan memberikan 5.100 paket gratis untuk pelajar di Provinsi Jambi,” ujar Nurachmat

Selain itu, lanjut, Nurachmat Herlambang, PT XL juga memberikan aplikasi pembelajaran jarak jauh bagi siswa dan guru di seluruh Indonesia, aplikasi ini sangat membantu pembelajartan jarak jauh seperti video, foto, dan berkomonikasi langsung. Dengan aplikasi ini, orang tua murud juga bisa memantau pembelajaran anak didik.

Area Manejer PT XL- Axiata Jambi Haris Alparizi menyampaikan, XL-Axiata senantiasa berkomitmen ikut berpartisipasi mengembangkan dunia pendidikan di Indonesia.

“Pada hari ini, XL-Axiata secara serentak menyerahkan paket internet gratis, dilaksanakan di 28 provinsi se Indonesia dan 10 provinsi se Sumatera, termasuk salah satunya Provinsi Jambi. 260.450 pieces secara nasional. Memang tidak semua daerah punya akses smart phone ataupun koneksi internet yang baik, ini merupakan suatu hal yang menantang, tetapi kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama kedepan, memastikan sekolah bisa menyelenggarakan pembelajaran daring," ungkap Haris

“Selain itu, siswa-siswi dapat menemukan berbagai aplikasi pembelajaran daring yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran di rumah. Kemudian ada surat edaran, panduan, serta kumpulan informasi, video, dan infografis yang dapat membantu edukasi pencegahan penularan Covid-19," terang Haris,” tambah Haris.

Pada kesempatan ini, gubernur menyerahkan bantuan alat olahraga berupa 2 paket bola kaki dan 2 paket bola voli, yang diterima oleh perwakilan siswa/i SMK Negeri 1 Kota Jambi.

TV

Pelantikan Pejabat Dadakan, Badan Kepgawaian Kota Jambi Kelabakan

KOTA JAMBI - Lantaran jadwal pelantikan yang diinginkan Pemerintah Kota Jambi begitu mendadak. Badan Kepegawaian Kota Jambi kelabaka menghubungi 144 Pejabat Eselon di lingkup Pemkot Jambi yang akan dilantik.

New Normal Covid-19 Di Pasar Tradisional Provinsi Jambi

JAMBI (SR28) - Pemerintah Provinsi Jambi telah memberlakukan New Normal bagi masyarakat. Kebijakan ini terlihat di pasar tradisional Mama, para pedagang dan pembeli tetap melaksanakan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus corona.

New Normal di Pasar Tradisional Jambi

Terima Audiensi KNPI, Bupati Tanjabbar Mengaku Bangga Bersinergi Dengan KNPI

KUALA TUNGKAL (SR28)- Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr. Ir. H. Safrial, MS terima langsung audiensi sekaligus silaturahmi pengurus DPD KNPI Tanjung Jabung Barat di Ruang Rapat Bupati, Selasa (15/09).

Dalam pertemuan yang berlangsung santai selama kurang lebih satu jam tersebut, Bupati mengungkapkan rasa senang dan bangga bisa menerima KNPI Tanjab Barat.

"Bangga bisa bersinergi dengan adek-adek KNPI. KNPI itu kumpulan pemuda intelektual yang bicara sesuai data dan fakta. Senang sekali kalau KNPI tadi menyatakan akan menjadi mitra strategis Pemerintah," ungkap Bupati.

Lebih lanjut, Bupati menyampaikan bahwa Pemerintah membutuhkan kritik dan saran yang membangun sesuai dengan data dan fakta. Menurutnya, justru berbahaya jika tidak ada kritik bagi Pemerintah. Bupati juga berharap KNPI bisa jadi backup untuk program Pemerintah yang bagus, dan juga sebaliknya, KNPI juga diharapkan mengkritik program Pemerintah yang dirasa tidak bagus.

"Saya sangat butuh kritik asal jangan fitnah, fitnah itu yang berbahaya. Kita perlu membangun Tanjab Barat lebih baik, saya sadar masih banyak kekurangan, tapi masyarakat harus realistis karna banyak juga kemajuan yang kita buat," jelas Safrial.

Ditambahkan Bupati, dengan adanya KNPI yang di dalamnya merupakan pemuda/pemudi intelektual, diharapkan bisa menjembati gap pola pikir Pemerintah dengan masyarakat.

"Pola pikir kita harus sama dan fundamental. Banyak pembangunan yang telah kita lakukan dan sekarang bisa dirasakan  bersama seperti pelabuhan roro, gardu induk, pipanisasi hingga peningkatan SDM dengan mengirim putra-putri Tanjab Barat sekolah vokasi," tutup Safrial.

Sementara ketua KNPI Tanjab Barat, Dadang Ginanjar, S.IP menyampaikan kedatangannya audiensi dengan Bupati untuk memperkenalkan pengurus baru sekaligus mengundang Bupati agar bisa hadir saat pelantikan Pengurus KNPI Tanjab Barat yang akan diadakan dalam waktu dekat. Dadang juga menyampaikan komitmennya bahwa KNPI kedepannya akan menjadi mitra stretegis Pemerintah dalam proses pembangunan.

Turut hadir dalam audiensi Asisten Pemerintahan dan Kesra Hidayat, SH, MH, dan pengurus inti KNPI Tanjab Barat mulai dari Sekretaris, Bendahara dan Wakil Ketua Bidang. (Sabri)

Datang ke Jambi, Mendagri Tito Karnavian Beri Arahan Soal Pilkada dan Covid-19

JAMBI (SR28) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian memberikan arahan pada rapat koordinasi persiapan Pilkada 2020 dan Covid19. Tito berpesan kedepan agar dibuat Peraturan Daerah (Perda) protokol kesehatan seperti pemakaian masker yang didalamnya memuat sanksi. Kepada para Calon Kepala Daerah yang akan mengikuti Pilkada Tito juga berpesan agar menjadikan Alat Peraga Kampanye (APK) juga dijadikan sebagai alat pencegahan Covid19.

Sumber: JAMBI28 TV