Selasa, Maret 9, 2021

Tolak dan Bubarkan Ketua Umum Moeldoko, Demokrat Jatim Dukung AHY

Plt. Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Emil Dardak. (Beritajatim.ist) Emil memastikan soliditas pengurus dan kader Partai Demokrat se-Jatim sangat...

Satu Hal Baik: Citarasa pulau membuat penguncian lebih mudah

Seminggu sekali, selama 42 minggu terakhir, para senior yang beruntung dalam daftar Glenda Andrew telah disuguhi pengiriman makanan lezat seperti brengsek babi, kari kambing...

Karena salah, Liverpool mempermalukan Fulham 0-1 di Anfield: bola oke

LIVERPOOL - Kekalahan harus kembali dirasakan Liverpool di kandangnya sendiri. Si Merah tersungkur dengan skor tipis 0-1 dari tamunya Fulham...

PERIKSA FAKTA: Kepala seorang pria tersangkut di alat kelamin istrinya saat bercinta?

Suami istri yang baru dilarikan ke rumah sakit karena kepala suami tersangkut di vagina istrinya. ...

Technology

Puluhan protes di India menentang penangkapan aktivis iklim

Puluhan orang berdemonstrasi di dua kota di India setelah seorang aktivis iklim ditangkap karena mengedarkan dokumen yang mendukung protes besar-besaran yang dilakukan petani selama...

Jokowi Lantik Mantan Juru Bicara COVID-19 Jadi Ketua BPJS Kesehatan Dewas

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik jajaran Dewan Pengawas (Dewas) dan jajaran direksi Badan...

Wacana Uji Swab Gratis, Tidak Sepenuhnya Gratis

JAMBI - Pembebasan biaya uji Swab Covid-19 yang diberikan bagi masyarakat ini, dilakukan dalam upaya pencegahan penularan Covid-19. Artinya digratiskan untuk masyarakat yang sudah terkontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 ataupun dalam rangka tracking dan tracing Covid-19.

Pejabat Afghanistan: Pria bersenjata membunuh 7 pekerja, bom membunuh dokter

Seorang pejabat keamanan Afghanistan mengatakan setidaknya tujuh warga sipil ditembak dan dibunuh semalam oleh sekelompok pria bersenjata di provinsi Nangarhar timurOleh RAHIM FAIEZ4...

Latest News

Gerrard Membawa Rangers Mengakhiri Gelar Liga Skotlandia dengan Cepat

Glasgow - Steven Gerrard berhasil membawa Rangers menjadi...

Pejabat Afghanistan: Pria bersenjata membunuh 7 pekerja, bom membunuh dokter

Seorang pejabat keamanan Afghanistan mengatakan setidaknya tujuh warga sipil ditembak dan dibunuh semalam oleh sekelompok pria bersenjata di provinsi Nangarhar timurOleh RAHIM FAIEZ4...

Menang 2-0, Man United Pecahkan Rekor Man City: Okezone the Ball

MANCHESTER - Tren positif Manchester City berupa 21 kemenangan beruntun di semua kompetisi usai. Manchester United berhasil mengalahkan tetangga dengan skor 2-0 pada minggu...

Joan Laporta Resmi Terpilih sebagai Presiden Baru Barcelona

Barcelona - Joan Laporta resmi menjadi presiden baru...

Terkini

Wisuda Unik ala Unama, Mahasiswa ‘Drive Thru’ Naik Andong

KOTA JAMBI - Sebuah video prosesi wisuda drive thru Universitas Dinamika Bangsa (Unama) Jambi menjadi perbincangan di jagat maya lantaran menaiki kendaraan unik. Di antaranya, para wisudawan menaiki kereta kuda atau andong, saat melangsungkan prosesi wisuda.

Momen unik para wisudawan ini banyak diabadikan dalam sebuah video hingga menjadi ramai diperbincangkan. Dari video yang beredar, para wisudawan terlihat mengenakan pakaian toga seperti biasa.

Wabup Tanjab Barat Ikuti Pidato Kenegaraan dalam Rangka HUT RI 75

KUALA TUNGKAL (SR28) - Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Amir Sakib mengikuti jalannya  rapat paripurna DPRD mendengarkan Pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo yang ditayangkan langsung lewat siaran TV Nasional  dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Tahun 2020, Jumat (14/08).

Kegiatan yang diselenggarkan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Tanjab Barat ini turut diikuti oleh Pimpinan bersama Anggota Dewan Perwakilan Daerah, Fokopimda, Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, serta Kepala Bagian Lingkup  Sekretariat Daeah Tanjung Jabung Barat.

Pimpin langsung Rapat Paripurna, Ketua DPRD Tanjab Barat Mulyani Siregar, SH dalam sambutannya ingatkan pentingnya mengikuti  Pidato Kenegaraan RI dalam rangka Peringatan Hari ulang Tahun ke 75. Menurutnya, pidato kenegaraan berisi berbagai informasi aktual terkait langkah dan kebijakan yang sudah,  sedang, atau akan dilaksanakan oleh Pemerintah

."Tentunya ini jadi Pedoman oleh semua pihak terutama dalam upaya mensukseskan kebijakan ekonomi daerah, keuangan daerah, prioritas dan sasaran pembangunan daerah, serta program dan prioritas daerah lainnya,"paparnya

Sementara itu, Wakil Bupati Drs. H. Amir Sakib dalam wawancaranya usai mengikuti kegiatan mengatakan Hari ulang Tahun Republik Indonesia  kali ini berbeda dari tahun sebelumnya, hal ini dikarenakan adanya pandemi covid 19. Amir Sakib juga mengajak kepada masyarakat dapat mengikuti arahan Presiden Indonesia terkait penerapan protokol kesehatan.

"Untuk itu sesuai arahan Presiden RI, kita dihimbau untuk mematuhi protokol kesehatan," selain itu juga Agenda Pilkada 2020 harus tetap berjalan, yang mana mengharuskan adanya penerapan disiplin tinggi dalam menjalankan protokol kesehatan," tandasnya. (Sabri)

Rangkuman Berita Pekan Ini 20 September 2020

JAMBI (SR28) - Sejumlah rangkuman berita terhangat sepanjang pekan ini dirangkum dalam program Jambi This Week edisi 20 September 2020.

JAMBI THIS WEEK EDISI 20 SEPTEMBER 2020

JAMBI THIS WEEK EDISI 20 SEPTEMBER 2020

Posted by JAMBI28 TV on Saturday, September 19, 2020
Sumber: JAMBI28.TV

Polda Jambi Grebek Gudang Produksi BBM Oplosan

KOTA JAMBI (SR28) - Tim Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jambi menggerebek gudang yang memproduksi BBM Oplosan di Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi. Dari penggerebekan itu polisi berhasil mengamankan sebanyak 50 ribu liter bahan bakar minyak (BBM) yang sudah dioplos oleh para pelaku.

Sumber: JAMBI28 TV

Terbanyak!!! Hari ini Positif Covid 19 di Provinsi Jambi Bertambah 19 Orang

KOTA JAMBI (SR28)- Setelah berbagai relaksasi aktivitas diberbagai sektor, kasus Covid 19 di Provinsi Jambi mulai menunjukkan ledakannya.
Sore ini (4/8/2020) misalnya Juru Bicara Covid 19 Provinsi Jambi Johansyah menyebut ada 19 orang yang dinyatakan positif Covid 19 setelah melewati berbagai tahap uji medis.

Adapun 19 orang tersebut terdiri dari Kota Jambi,  Kabupaten Batanghari, Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Tebo.

Berikut inisial mereka

MM (perempuan umur 43 tahun) dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif setelah Contact dengan Tenaga Administrasi RSUD Raden Mattaher Jambi

GD (laki-laki umur 13 tahun) dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah Contact dengan Pasien 152

MCI (perempuan umur 11 tahun) dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 152.

EM (laki-laki umur 72 tahun) dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 152

AP (laki-laki umur 18 tahun) dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 152.

YSR (laki-laki umur 52 tahun). Saat ini dia dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 151.

NAY (Perempuan umur  21 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 151.

NRD (perempuan umur  27 tahun). Saat ini dia dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 151

AY (laki-laki umur  20 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 151.

NAW (Perempuan umur  9 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 151.

11.DO (laki-laki umur  31 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 151.

MIS (laki laki umur  42 tahun). Saat ini dirawat di RSUD HAMBA. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 151.

SHY (laki-laki umur  21 tahun). Saat ini dirawat di RSUD HAMBA. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 151.

JKK (laki laki umur  31 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Abdul Thalib. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah pulang dari Babel.

JRD (Perempuan umur  24 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Abdul Thalib. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 127

IN (Perempuan umur  12 tahun). Saat ini dirawat di RSUD HAMBA. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 127.

17.DHM (Lakilaki umur  48 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Abdul Thalib.
. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 127.

RH (Perempuan umur  25 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Abdul Thalib. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan riwayat screening khusus Bappeda.

AAA (Laki-laki umur  13 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Sulthan Thaha. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah pulang dari Bogor

Muhammad Sidik

Si Jago Merah Hanguskan Rumah Bedeng di Tanjabbar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Belum selesai penghitungan suara pilkada Tanjab Barat. Kini warga digegerkan dengan mengamuknya Si Jago Merah, yang menghanguskan rumah bedeng di RT. 06 kelurahan Tungkal IV kota, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Kadis Damkar Iswardi, SE, ketika ditemukan dilokasi kebakaran saat dikonfirmasikan mengungkapkan, kebakaran yang terjadi di RT. 06 diketahui nya sekitar pukul 20.00 Wib, dan atas laporan warga setempat.

"Kobaran api mulai tampak pukul 20.00 Wib," ujar Iswardi, Kamis malam (10/12).

Saat ditanyakan berapa rumah yang ludes terbakar pihaknya belum tahu berapa rumah yang hangus terbakar, demikian juga asal api kita juga belum diketahui.

"Kita akan selidiki terkait kebakaran ini, dari mana asal api, dan berapa rumah yang terbakar serta berapa krtugian yang dialami korban," ujarnya.

Sementara itu, untuk proses pemadaman api Damkar menurunkan empat unit mobil pemadam kebakaran dan dibantu oleh pemadam dari Yayasan Budi Luhur.

Beruntung dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. (Sabri)

Rumah Warga Ambruk Akibat Hujan Deras

KOTA JAMBI (SR28) - Rumah warga ambruk akibat curah hujan yang tinggi. Tampak tanah pada bagian bawah rumah panggung tersebut retak-retak dan amblas hingga ke dalam sungai. Selain merusak rumah, amblasnya tanah juga mrusak satu pos ronda yang ada dis ebelah bangunan rumahnya.

Harus Baca

Musim Hujan Datang, Masyarakat Diminta Waspada Angin Kencang

JAMBI (SR28) - Berdasarkan predisksi Badan meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sultan Thaha Jambi, pada minggu ke 3 bulan September 2020 seluruh wilayah di Provinsi Jambi sudah memasuki musim penghujan dan puncaknya akan terjadi pada bulan November 2020.

Memasuki musim hujan, waspadai angin kencang

Bawaslu Jambi Ingatkan Paslon Serahkan Laporan Penggunaaan Dana Kampanye

JAMBI - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jambi minta seluruh pasangan calon kepala daerah di Jambi baik itu Gubernur, Bupati maupun Walikota untuk tidak lupa melaporkan setuap detil penggunaaan dana kampanye.

Pelaporan penggunaan dana kampanye tersebut, wajib dilakukan oleh seluruh paslon pilkada Jambi sebagai bentuk salahs atunya upaya mewujudkan akuntabilitas pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020.

Kronologi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 menjadi momen penting bagi bangsa Indonesia. Proklamasi menjadi penegasan bahwa Indonesia telah merdeka dan terbebas dari penjajahan.

Sebelum proklamasi kemerdekaan Indonesia terjadi, ada sejumlah peristiwa penting yang terjadi. Salah satunya adalah serangan sekutu terhadap Jepang yang membuat kota Hiroshima hancur akibat bom atom pada 6 Agustus 1945.Setelah insiden tersebut, Jepang membentuk Panita Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) atau Dokuritsu Junbi Cosakai. PPKI dibentuk dengan tujuan mempersiapkan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Jepang juga menjanjikan kemerdekaan Indonesia pada 24 Agustus 1945. Dalam situasi tersebut, Jepang malah kembali mendapat serangan bom dari sekutu yang berlokasi kota Nagasaki pada 9 Agustus 1945. Momen ini yang membuat Jepang menyatakan kalah dari sekutu pada 14 Agustus 1945.

Kronologi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (1)
Komandan Jepang mendengarkan ketentuan penyerahan diri kepada sekutu. Foto: Wikipedia

Para pemuda yang mendengar kekalahan Jepang langsung mengadakan rapat di Gedung Bakteriologi. Hasil rapat tersebut adalah memerintahkan Wikana dan Darwis mendesak Soekarno untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Namun, Soekarno dan Mohammad Hatta selaku golongan tua menginginkan konsep kemerdekaan yang lebih matang dan tidak terburu-buru. Akhirnya, Soekarno dan Moh. Hatta diculik oleh golongan muda ke Rengasdengklok, Karawang pada 16 Agustus 1945 pukul 03.00 WIB. Pemilihan Rengasdengklok untuk merundingkan kemerdekaan katena letaknya yang strategis, sudah dikuasai oleh PETA, dan masyarakat di sana juga anti dengan Jepang. Setelah golongan tua yang diwakili Soekarno, Moh. Hatta, dan Mr. Achmad Subardjo dengan golongan muda membuat kesepakatan, proklamasi kemerdekaan akhirnya diputuskan untuk diadakan pada esok harinya, 17 Agustus 1945.Namun sebelum itu, dilakukan pertemuan PPKI di rumah Laksamana Maeda, Kepala Kantor Penghubung Angkatan Laut Jepang, terlebih dahulu. Pertemuan tersebut bertujuan untuk perumusan teks proklamasi yang dihadari oleh golongan tua dan golongan muda. Setelah ditulis tangan oleh Soekarno, teks proklamasi tersebut diketik oleh Sayuti Melik.

Kronologi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (2)
Pengibaran bendera Merah Putih pada 17 Agustus 1945. Foto: Wikipedia

Selanjutnya, para tokoh proklamator mendatangi rumah Soekarno yang terletak di Jalan Pegangsaan Timur nomor 56 untuk membacakan teks proklamasi pada 17 Agustus 1945. Prosesi proklamasi tersebut berjalan lancar. Pengibaran bendera Merah Putih juga dilakukan oleh Latief Hendraningrat, Suhud Sastro Kusumo, dan Surastri Karma (SK) Trimurti.  Lalu, acara dilanjutkan dengan sambutan oleh beberapa walikota, yaitu Suwiryo dan dr. Muwardi.

sumber : kumparan.com

Hasil Undian 16 Besar Liga Europa 2020-2021, Manchester United vs AC Milan: Football Okezone

NYON - Hasil undian babak 16 besar Liga Eropa 2020-2021 telah diselesaikan oleh Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA). Alhasil, sejumlah laga besar bakal...

Bawaslu Larang Keras Konser Musik Saat Kampanye Ditengah Pandemi

JAMBI (SR28) - Bawaslu Provinsi Jambi melarang keras orang berkumpul di suatu tempat seperti konser musik serta kegiatan kampanye lainnya yang mengumpulkan massa lebih dari 50 ditengah pandemi saat ini.

Gubernur Jambi Ajak Masyarakat Pererat Persatuan dan Kesatuan

JAMBI (SR28) - Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengajak seluruh masyarakat Provinsi Jambi untuk mempererat persatuan dan kesatuan guna menyukseskan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan,...

Ini Dua Tema Utama Dalam Debat Pertama Pilgub Jambi

JAMBI (SR28) - Dua tema utama itu, yakni menggali potensi daerah Jambi untuk mewujudkan kesejahteraan menuju masyarakat mandiri, serta membangun partisipasi dan mneingkatkan kesadaran hukum masyarakat guna menyelesaikan persoalan daerah.

Putin memperingatkan upaya asing yang tidak disebutkan namanya untuk mengguncang Rusia

Presiden Vladimir Putin telah memerintahkan badan kontraintelijen tertinggi Rusia untuk melipatgandakan upayanya untuk mengatasi apa yang dia gambarkan sebagai upaya Barat untuk mengguncang negara...

Proses Vaksinasi COVID-19 Seluruh Nakes Jambi Dijadwalkan Selesai Tahun Depan

JAMBI (SR28) - Dinas Kesehatan Provinsi Jambi menargetkan proses penyuntikkan vaksin Covid-19 bagi tenaga kesehatan di seluruh provinsi Jambi selambatnya selesai tahun...

Kecelakaan Mobil VS Motor di Muntialo, Pengendara Motor Luka Parah

KUALA TUNGKAL (SR28) - Naas Kecelakaan adu kambing mobil merek Ford bernopol B 8906 D dengan motor Matick vario terjadi di jalan lintas Kuala Tungkal-Jambi Desa Muntialo Rt 01, Kecamatan Betara,Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kamis(27/08/20)

Dua kendaraan itu ringsek, dan pengendara Roda dua lukaparah."Belum diketahui adanya korban jiwa dalam peristiwa tersebut namun kondisi pengemudi dan penumpang kendaraan roda dua mengalami luka parah.
Saat ini korban telah di evakuasi oleh warga sekitar.

Saat ini pihak Satlantas Polres Tanjung Jabung Barat lagi melakukan olah TKP dan suasana lalu lintas lancar terkendali.

Saat di konfirmasi ke Satlantas Polres Tanjabbar, belum bisa memberi penjelasan karena petugas masih di TKP.

"Sekarang anggota masih di lapangan," timpal Kasat Lantas. (Sabri)

Video News

5 kekalahan beruntun di Anfield!

Liverpool - Liverpool mencetak rekor baru setelah menghadapi...

Senegal meluncurkan kampanye vaksinasi dengan Sinopharm China

Senegal telah meluncurkan kampanye vaksinasi COVID-19 di ibu kota, dan menteri kesehatan adalah orang pertama yang menerima suntikan vaksin Sinopharm China.Oleh YESICA FISCH...

Cina menetapkan target pertumbuhan ekonomi "lebih dari 6%" untuk tahun 2021, mengumumkan rencana pengembangan teknologi, industri yang lebih bersih

China menetapkan target pertumbuhan ekonomi "lebih dari 6%" untuk 2021, mengumumkan rencana untuk pengembangan teknologi, industri yang lebih bersih Sumber : https://abcnews.go.com/International/wireStory/china-sets-economic-growth-target-2021-announces-plans-76263512

Karyawan Indomaret Tabrak Wajah Pelanggan, Korban Dapat 9 Jahitan

Ilustrasi: Pria berjas putih karyawan Indomaret dengan donasi Rp 1000 / ...

Izin Pergi, Ini Jadwal Terbaru Laga Timnas U-23 Indonesia Vs PS Tira Persikabo dan Bali United: Okezone Football

PSSI dan Timnas Indonesia (Timnas) U-23 akhirnya bisa bernafas lega. Pasalnya, Mabes Polri akhirnya mengeluarkan izin pertandingan uji coba Timnas U-23 Indonesia vs PS...

Bupati Safrial Terima Audiensi dan Silaturahim Forum Jurnalis Tanjung Jabung Barat

KUALA TUNGKAL (SR28)- Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial MS sambut langsung kunjungan Ketua beserta Pengurus Forum Jurnalis Tanjab Barat (FJ-TJB) dalam rangka audiensi sekaligus silaturahmi di Ruang Rapat Bupati, Selasa (15/09).

Dalam arahannya Bupati menyampaikan, penberdayaan pers lokal sudah tercantum dalam visi misinya sebagai Bupati Tanjung Jabung Barat. Menurutnya, salah satu fungsi Media merupakan kontrol terhadap jalannya pemerintahan.

Dirinya juga menyatakan tidak anti kritik, dan siap menerima kritikan asalkan berdasarkan data dan fakta.

"Kerjasama dengan pemkab tidak harus memberikan pujian kepada saya. Saya tidak butuh popularitas. Saya butuh kritik dan saran yang membangun," ungkapnya.

Bupati Safrial juga memaparkan capaiannya selama hampir 5 tahun menjabat sebagai Bupati.

"Air bersih sudah mengalir ke Tungkal walaupun belum sempurna, masalah listrik sebentar lagi gardu induk selesai, pelabuhan Roro sudah selesai, insfrastruktur juga tinggal beberapa yang masih belum. SDM juga kita tingkatkan lewat beasiswa dan pengiriman ratusan putra-putri daerah ke berbagai sekolah vokasi," jelas Safrial.

Ditempat yang sama Ketua Forum Jurnalis Tanjab Barat, Sabri mengungkapkan kunjungannya bertujuan untuk silaturahmi, memperkenalkan pengurus, ikut serta mensukseskan pilkada dan meminta arahan Bupati agar organisasi berjalan sebagaimana mestinya.

Lebih lanjut ketua FJ-TJB juga memaparkan, Organisasi Forum Jurnalis Tanjabbar terbentuk sejak maret 2017.

"Ini merupakan periode kedua, di bawah pengurus yang baru saat ini kami ingin bersilaturahmi dan memperkenalkan pengurus kepada Bapak. Anggota kami ada 15 orang yang terdiri dari 12 media, selain itu juga FJ-TJB siap menjalin kerjasama yang baik dan bersinergi dengan Pemkab Tanjab Barat," tegasnya.

Dalam pertemuan penuh keakraban tersebut juga di bahas banyak isu-isu aktual seputar Tanjab Barat.

Ikut serta mendampingi Bupati Asisten Administrasi Umum, Jeter Simamora, S.IP dan Kasubbag Komunikasi Pimpinan, Ari Kresna Wisnu Nenggar, S.Pd. (Sabri)

Daerah

25 Orang Terjaring Razia Masker, Langsung Dihukum Ditempat

KOTA JAMBI (SR28) - Pasca Walikota Jambi Syarif Fasha menyatakan diri terpapar virus Covid-19. Satgas penanganan Covid-19 Kota Jambi meningkatkan kegiatan razia penggunaan masker di Jalan Raya. Setidaknya dalam razia tersebut ada 25 orang terjaring razia masker dan langsung dihukum ditempat.

25 Orang Terjaring Razia Masker, Langsung Dihukum Ditempat

25 Orang Terjaring Razia Masker, Langsung Dihukum Ditempat

Posted by JAMBI28 TV on Wednesday, September 16, 2020
Tak gunakan masker langsung dihukum ditempat

Menyebut Juventus layak mendapat penalti, Pirlo kesal dengan penjelasan wasit: Okezone bola

PORTO - Pelatih Juventus, Andrea Pirlo, menyebut timnya pantas mendapat penalti di menit-menit akhir pertandingan melawan FC Porto di leg pertama Babak Babak 16...

Bukan Juara, Ini Target Arema FC di Piala Menpora 2021: Okezone Football

MISKIN - Arema FC tidak memasang target tinggi di turnamen Piala Menpora 2021. Padahal, tim berjuluk Singo Edan itu tidak memasang target juara. General...

Kasus Baru Covid-19 Melonjak, Filipina Lockdown Lagi

MANILA - Filipina menjadi negara ke dua di Asia Tenggara, setelah Indonesia, dengan jumlah pasien positif dan kematian akibat dari COVID19. Minggu, 2 Agustus 2020, pemerintah Filipina mengumumkan ada 5.032 kasus baru yang terjadi dalam 24 jam.

Sehingga jumlah keseluruhan mencapai angka di atas 100.000 jiwa. Melihat grafik angka penambahan postif COVID19 di negaranya, Presiden Filipina Rodrigo Duterte, menyetujui akan memberlakukan lagi lockdown di ibu kota negera, Manila, selama dua pekan. Dimulai dari Selasa, 4 Agustus 2020 dan berakhir pada 18 Agustus 2020.

Sumber: JAMBI28 TV

Sport

Polisi nekat membunuh 2 perempuan muda di hotel, ternyata ini negerinya

Aipda RS adalah tersangka pembunuhan dua wanita muda. Pelakunya adalah anggota polisi berpangkat Aipda. ...

2 Dari 16 Santri yang Positif Corona Merupakan Warga Kota Jambi

KOTA JAMBI (SR28) - Dari 16 orang santri Ponpes Al Hidayah Kota Jambi yang positif Corona ternyata hanya ada 2 santri yang merupakan warga Kota Jambi.

Gubernur Beri Penjelasan Atas Tanggapan Dewan Terhadap 5 Ranperda

JAMBI (SR28) - Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum menyampaikan penjelasan dan jawaban atas tanggapan dewan terhadap lima rancangan peraturan daerah (Ranperda) Provinsi Jambi dalam rapat paripurna DPRD Provinsi Jambi, di Ruang Rapat Utama Gedung DPRD Provinsi Jambi, Senin (14/9/2020). Penjelasan gubernur tersebut merupakan tindak lanjut dari pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Provinsi Jambi terhadap Nota Keuangan Rancangan Perubahan APBD Provinsi Jambi Tahun 2020, yang telah disampaiakan oleh gubernur kepada dewan dalam rapat paripurna pada Jumat, 11 September 2020.

Agenda rapat paripurna tersebut adalah :1.Penyampaian Pandangan Umum Fraksi-fraksi terhadap Rancangan Perubahan APBD Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2020, 2.Penyampaian Tanggapan dan/atau Jawaban Gubernur Jambi terhadap Pandangan Umum Fraksi-fraksi atas 5 (lima) Ranperda Provinsi Jambi dan Pembentukan Pansus.

Rapat paripurna tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto,SH.I,M.Si didampingi Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Rocky Candra, dan diikuti oleh 32 orang dari 55 orang anggota DPRD Provinsi Jambi.

Juru bicara fraksi-fraksi yang membacakan pandangan umum terhadap Rancangan Perubahan APBD Provinsi Jambi Tahun 2020 adalah: Fraksi PDIP Wartono Priyo Kusumo, Faksi Gerindra Hakiman, Fraksi Golkar Dra.Hj.Mai Masnah, Fraksi Demokrat Ahmad Fauzi Ansori, Fraksi PAN H.Musharudin,SE, Fraksi PKB Hj.Eka Marlina, Fraksi PKS H.Rudi Wijaya, Fraksi P3 Berkarya Kamaluddin Havis,S.Ag, dan Fraksi Nasdem Hanura Sofwan.

Pada intinya, semua fraksi di DPRD Provinsi Jambi memberikan saran agar penyusunan dan pelaksanaan APBD benar-benar memperhatikan prinsip efektivitas, efisiensi, dan bisa mendorong peningkatan perekonomian masyarakat.

Gubernur memberikan penjelasan atas pandangan umum fraksi-fraksi terhatap lima Ranperda Provinsi Jambi. Kelima ranperda tersebut adalah:

a. Rancangan Peraturan Daerah tentang Cadangan Pangan

b. Rancangan Peraturan Daerah tentang Pengangkutan Batubara di Provinsi Jambi

c. Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan Atas PERDA Provinsi Jambi Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Provinsi Jambi

d. Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan PERDA Provinsi Jambi Nomor 6 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah

e. Rancangan Peraturan Daerah tentang Pencabutan PERDA Nomor 4 Tahun 2014 tentang Retribusi Perpanjangan Izin Mempergunakan Tenaga Asing

Gubernur memberikan jawaban dan penjelasan atas pertanyaan seluruh fraksi terhadap lima ranperda, secara runut dan menyeluruh. Ia berharap agar tanggapan dan jawaban yang diberikannya memberikan penjelasan yang baik dan memadai terhadap pertanyaan fraksi-fraksi.

Gubernur mengemukakan, dirinya yakin bahwa Pemerintah Provinsi dan DPRD Provinsi Jambi memiliki semangat yang sama untuk meningkatkan kualitas lima ranperda Provinsi Jambi, dari segi isi dan redaksional, serta agar Perda yang dihasilkan nantinya implementatif.

Dalam Ranperda tentang Cadangan Pangan, gubernur mengatakan, peran pemerintah daerah dan stakeholder adalah memberikan informasi terkait bencana alam, bencana sosial, gagal panen, dan keadaan kronis yang mengalami kerawanan pangan pasca bencana yang terjadi di wilayah kabupaten/kota, mulai dari tingkat desa yang terkena bencana dengan melakukan pendataan yang diketahui oleh kecamatan dan diusulkan kepada bupati/wali kota. Informasi ini selanjutnya ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah dalam bentuk penyaluran cadangan pangan berupa beras, sesuai dengan tingkat konsumsi masyarakat per kapita per hari dan akan dituangkan dalam Peraturan Gubernur.

Mengenai Rancangan Peraturan Daerah tentang Pengangkutan Batubara di Provinsi Jambi, gubernur menerangkan, Ranperda tersebut telah disusun berdasarkan kajian naskah akademik dengan tetap berpedoman pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan serta Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang Minerba. Dalam proses perumusannya, telah dikomunikasikan dengan pihak-pihak terkait sesuai peraturan perundang-undangan. Selain itu, Ranperda ini juga telah melalui proses harmonisasi di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI Provinsi Jambi.

Terkait Rancangan Peraturan Daerah tentang Pencabutan PERDA Nomor 4 Tahun 2014 tentang Retribusi Perpanjangan Izin Mempergunakan Tenaga Asing, gubernur mengucapkan terima kasih kepada Dewan atas saran untuk melakukan pemantauan tenaga kerja asing di Provinsi Jambi.

Terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan PERDA Provinsi Jambi Nomor 6 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah, gubernur mengungkapkan bahwa pada dasarnya dengan adanya ranperda ini diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Jambi.

Pada kesempatan tersebut, DPRD Provinsi Jambi membentuk panitia khusus (pansus) untuk mendalami pembahasan lima ranpeda Provinsi Jambi.

Los Colchoneros menenggelamkan Yellow Submarine

Jakarta - Perjalanan Atletico Madrid ke markas Villarreal...

Kampanye Langgar Prokes, 2 Paslon Walikota Sungai Penuh Disanksi

JAMBI - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jambi memberikan sanksi pelarangan kampanye tatap muka terbatas selama 3 hari kepada 2 paslon Walikota Sungai Penuh lantaran melanggar protokol kesehatan saat berkampanye beberapa waktu lalu.

Antisipasi Tunggakan Listrik, PLN Tertibkan Pelanggan Nakal

Memasuki awal tahun 2021, tunggakan listrik pascabayar para pelanggan PLN UP3 Jambi mencapai Rp1,3 Miliar.

TV

Kasus Baru Positif Covid 19 di Petro China, Sekda Himbau ASN Patuhi Protokol Kesehatan

KUALA TUNGKAL (SR28) - Terkait adanya penambahan kasus baru terkonfirmasi positif covid 19 di Kabupaten Tanjung Jabung Barat baru-baru ini, Sekretaris Daerah Ir. H. Agus Sanusi himbau ASN agar disiplin terapkan protokol kesehatan. Hal itu disampaikan Sekda dalam arahannya saat menjadi inspektur Apel rutin Sekretariat Daerah yang diselenggarakan di Halaman Kantor Bupati, Senin (27/07/2020).

Sekda mengutarakan, "Meskipun kita terapkan new normal atau adaptasi kebiasaan baru, saya himbau kepada masyarakat, khususnya ASN, untuk betul-betul terapkan protokol kesehatan, seperti yang kita tau, beberapa hari ini di kabupaten Tanjung Jabung Barat ada penambahan kasus Baru positif covid 19 di salah satu perusahaan yang beroperasi di Kecamatan Betara, untuk diketahui, hingga Minggu (26/07) kemarin, ada 13 karyawan perusahaan Petrochina International Jabung Ltd yang terkonfirmasi positif covid 19 dari hasil tracking disertai uji swab," beber Sekda.

Menurut Sekda, menyikapi adanya kasus baru positi covid 19 di Tanjab Barat, Tim Satgas Percepatan Penanggulangan Covid 19 Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Provinsi Jambi akan turun langsung lakukan peninjauan ke lokasi perusahaan.

"Selain itu, rencananya hari ini Tim Satgas Tanjab Barat dan Provinsi Jambi akan lakukan pengambilan sampel di salah satu pasar di Kecamatan Betara untuk memantau perkembangan covid 19, rencananya sekitar 500 sampel," jelas Sekda.

Lanjut sekda terkait hal tersebut hari ini juga akan dilakukan pembahasan terhadap Raperda Penegakan Protokol Kesehatan yang beberapa waktu lalu telah disampaikan oleh Bupati pada Rapat Paripurna DPRD Tanjung Jabung Barat.

"Semoga pembahasan Raperda ini nantinya berjalan lancar dan bisa segera diberlakukan, tujuannya agar protokol kesehatan bisa benar-benar diterapkan di masyarakat," pungkasnya. (Sabri)

Hasil Tinjauan Pjs Gubernur Jambi, Debit Air Sungai Batanghari Masih Aman

JAMBI (SR28) - Berdasarkan tinjauan tersebut, Pemerintah Provinsi Jambi menyatakan bahwa kondisi air saat ini dalam keadaan aman atau ketinggian air sungai Batanghari hingga 26 Oktober kemarin masih pada level waspada.

Dua Gol Morata, Si Nyonya Tua Menang 3-1

Turin - Juventus menjamu Lazio di lanjutan Liga...

Liverpool vs Everton, Ancelotti tak meremehkan Salah dan kawan meski tampil tidak konsisten

LIVERPOOL - Pelatih Everton, Carlo Ancelotti, tak ingin meremehkan Liverpool, meski belakangan ini tim tidak konsisten. Bagi Ancelotti, potensi Mohamed Salah dan kawan-kawan untuk...