Kamis, Januari 28, 2021

Gunung Merapi Kembali Erupsi, Keluarkan Awan Panas Guguran

YOGYAKARTA (SR28) - Gunung Merapi kembali erupsi pada 27 Januari 2021 siang. Jarak luncur awan panas mencapai 3 kilometer. Saat ini, Merapi di...

Jambi Kembali Terima 17.240 Dosis Vaksin Covid-19

JAMBI (SR28) - Berdasarkan rencana pemerintah Jambi, jumlah vaksin Covid-19 itu akan mulai di distribusikan ke 9 kabupaten kota lainnya yang belum...

Belum Ada Laporan Bencana, Status Provinsi Jambi Masih Kesiapsiagaan

JAMBI (SR28) - Berdasarkan pemantauan BPBD Provinsi Jambi, ketinggian muka air sungai Batanghari disejumlah daerah masih berada pada kisaran 12 hingga 13...

Sudah Ada 430 Pasien Covid-19 Tanpa Gejala Yang Dirawat Di Rumah isolasi Milik Pemprov Jambi

JAMBI (SR28) - Sejauh ini sedikitnya sudah ada 430 pasien yang dirawat di 2 rumah isolasi milik pemerintah provinsi Jambi itu sejak...

Technology

Ribuan Buruh di Jambi Turun ke Jalan Menolak UU Cipta Kerja

JAMBI (SR28) - Ribuan buruh di Jambi turun ke jalan melaksanakan unjuk rasa menolak undang-undang Omnibus Law Cipta Kerja. Senin (12/10) mulai Pukul 10.30 Wib. Meski sempat diguyur hujan para buruh tetap semangat menyuarakan aspirasi mereka.

- Advertisement -

Bupati Tanjabbar Lepas 34 Calon Mahasiswa BUD Akamigas Cepu

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial MS secara resmi melepas 34 putra putri daerah calon mahasiswa jalur beasiswa utusan daerah (BUD) politeknik energi dan sumber daya mineral akamigas Cepu, Blora, Jumat (07/08).

Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Balai pertemuan kantor bupati tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kepala OPD lainnya, serta wali dari calon mahasiswa.

Kadis Pendidikan dan kebudayaan, dalam laporan nya menampilkan, "dari seleksi beasiswa jalur BUD beberapa waktu lalu, setidaknya ada 35 orang yang dinyatakan lulus seleksi BUD. Namun ada satu peserta yang menyatakan mengundurkan diri, sehingga hanya 34 calon mahasiswa yang akan diberangkatkan menempuh pendidikan di Akamigas Cepu."papar nya.

Bupati Safrial dalam sambutannya mengaku bangga kepada putra-putri daerah Tanjab Barat calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi dan akan menempuh pendidikan di politeknik energi dan sumber daya mineral akamigas Cepu, Kabupaten Blora." ujar nya.

lanjut Safrial," pengembangan kualitas SDM tanjab barat merupakan salah satu prioritas disamping pembangunan di bidang lainnya, sebagai upaya peningkatan kualitas SDM, Pemkab Tanjab Barat juga telah menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia."tambah nya.

Bupati Safrial juga berharapannya, bisa menambah peluang bagi putra-putri daerah tanjung jabung barat untuk dapat menempuh pendidikan yang lebih tinggi," siapa pun nanti pemimpin tanjab barat kedepannya, dapat meneruskan program ini,"harap nya.

Mengakhiri sambutannya, Bupati berpesan kepada para calon mahasiswa agar  memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, serta sungguh-sungguh dalam menempuh pendidikan." pungkasnya. (Sabri)

Selamat!!! Kepala MAN IC Jambi Raih Gelar Doktor Dari Universitas Trisaksi

MUARO JAMBI (SR28) Selain terkenal dengan prestasi akademis siswa-siswinya, MAN Insan Cendekia Jambi juga terkenal dengan kiprah dan capaian dari guru-guru yang mengajar disana dalam berbagai bidang.

Kabar teranyar misalnya, muncul dari orang nomor satu di MAN IC Jambi yaitu Dr.Zakiyah,M.E.Sy. Dia resmi meraih gelar Doktor dari Kampus Universitas Trisakti pada 29 Juli lalu. Dia dinyatakan lulus dengan disertasi yang berjudul "Pengaruh Kecerdasan Emosional, Profesionalisme dan Persepsi Nazhir Terhadap Pengelolaan Wakaf Produktif di Kota Jambi'.

Dalam pernyataan singkatnya pasca sidang yang digelar secara daring via googlemeet, Zakiah berharap dengan capaian akademisnya ini bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi elemen manapun.

"Semoga membawa kemajuan dan manfaat lebih baik lagi buat MAN IC Jambi, Kemenag Provinsi Jambi dan masyarakat pada umumnya"ungkapnya kepada awak media

Jurnalis Muhammad Sidik

Bupati Tanjabbar Safrial Hadiri Peresmian Mushola Fakultas Perternakan UNJA

JAMBI (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat DR. Ir. H.Safrial yang juga merupakan civitas akedemika dan Alumni Fakultas Pertenakan Universitas Jambi (UNJA) menghadiri acara Peresmian Musholla Fakultas Perternakan Universitas Jambi, Selasa (11/08). Peresmian musholla ditandai dengan pengguntingan pita oleh Safrial.

Dalam Peresmian mushola ini juga turut dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Jambi Prof. Drs. Sutrisno, M. Si, para Dekan Kampus, Dosen, Anggota Komis III DPRD Provinsi Ahmad Fauzi, serta Mahasiswa Fakultas perternakan Universitas Jambi.

Bupati Safrial dalam sambutannya menyampaikan mushola sangat penting terutama sebagai sarana ibadah kepada Allah SWT. Menurutnya, selain bekal ilmu pengetahuan dan teknologi, generasi muda juga perlu dibekali dengan iman dan taqwa.

"Kami di Tanjab Barat, juga berupaya menciptakan generasi muda yang tidak hanya berilmu pengetahuan dan Teknologi (Iptek), namun juga dibekali Iman Taqwa (Imtaq)," ujar Safrial saat berikan sambutan.

Safrial juga mengajak kepada Alumni Fakultas Peternakan Universitas Jambi untuk mengajarkan generasi muda tidak takut berkecimpung dalam dunia peternakan. Lebih lanjut, Safrial juga sampaikan terkait adanya program hibah ternak yang menurutnya perlu adanya kerjasama dengan Fakultas Peternakan dalam pelaksanaannya.

"Kami sekarang ada Program Hibah Ternak, keinginan saya fakultas perternakan terlibat dalam hal itu, karena dampaknya cukup bagus.”Ini akan kami hibah ke Bumdes dan Petani sebagai upaya Pemkab dalam  mendorong ketahanan pangan Tanjab Barat," tandas Safrial.

Sementara itu diwaktu yang berbeda dan ditempat yang sama Rektor Unja Prof. Drs. Sutrisno, M. Si dalam sambutan nya mengucapkan terima kasih  dan apresiasi  Kepada para Alumni Fakultas Peternakan atas atas partisipasi dan kontribusi dalam Pembangunan Mushola.

Sejalan dengan Bupati, menurutnya sarana ibadah seperti musholla, merupakan hal penting dalam rangka pembentukan moral generasi muda,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Bupati Tanjab Barat juga serahkan bantuan guna penyelesaian pembangunan musholla Fakultas Peternakan Universitas Jambi. (Sabri)

Ditetapkan Sebagai Tersangka, Walikota Sungai Penuh Terancam 1 Tahun Penjara

JAMBI (SR28) - Diduga lakukan tindak pidana pelanggaran pemilu, Walikota Sungai Penuh Asyafri Jaya Bakri (AJB) kini ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak kepolisian dan terancam hukuman 1 tahun penjara.

Latest News

Pemkab Luruskan Soal Zona Merah COVID-19 Di Tanjabbar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui Juru Bicara Satgas COVID-19 bantah jika Tanjab Barat saat ini masuk ke...

TEGA! Bapak Ini Disiram Saat Sedang Tertidur Pulas

Seorang Pria renta disiram orang tak dikenal saat tengah tertidur pulas. Tak diketahui apa maksud dari seseorang yang mneyiram tersebut.

UNIK! Band Ini Gelar Konser Di Dalam Balon, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Sebuah grup band asal Amerika Serikat yakni The Flaming Lips Band menggelar sebuah konser di dalam balon. Uniknya mereka tetap mematuhi protokol...

Belasan Rumah Terbakar Di Palembang, Pengakuan Tersangka Bikin Geram

PALEMBANG (SR28) - Tangis histeris mewarnai proses pemadam kebakaran yang terjadi di pemukiman padat penduduk di Jalan KH Ahmad Dahlan Palembang, Senin...

Misteri Kematian Rapper K-Pop Iron, Diduga Tewas Dibunuh?

KOREA SELATAN (SR28) - Polisi sebelumnya sempat menyatakan bahwa mereka belum menemukan kecurigaan atau bukti adanya kemungkinan pembunuhan. Karena...

Music

Dilema Penggunaan Masker Dalam Lanjutan Rekrutmen CPNS Kemenkumham Jambi

JAMBI (SR28) - Penggunaan masker pada saat pelaksanaan tes fisik seleksi CPNS di lingkup kemnkumham Jambi menjadi dilema. Pasalnya, seluruh peserta harus melepaskan masker untuk mendapatkan banyak oksigen. Sementara saat ini penularan Covid-19 dalam taraf yang menghawatirkan.

Nonton berita menarik lainnya hanya di JAMBI28.TV

Peningkatan Rumah Dinas Kejaksaan Negeri Kuala Tungkal Dikerjakan CV. Siluman

KUALA TUNGKAL (SR28) - Pembangunan rumah dinas Kejaksaan Negeri Kuala Tungkal yang dikerjakan oleh CV. Siluman. Hal tersebut terpantau oleh sejumlah media dilokasi pekerjan tepat di jalan Sriwijaya perkantoran Bupati Tanjab Barat.

Terkait hal tersebut instansi terkait, Selasa (03/11) yang mengelontorkan proyek tersebut saat ingin dimintai keterangan tidak dapat ditemui, terkait pembangunan penambahan rumah dinas Kejaksaan Negeri Kuala Tungkal tersebut, karna dari awal pekerjaan tidak ada plang merek dilokasi tersebut, alias dikerjakan CV. Siluman.

Menyikapi hal tersebut aktivis Tanjab Barat Anand Viqriza, SH. MH angkat bicara, ia menegaskan bahwa seharusnya setiap proyek yang sedang dikerjakan sudah semestinya memasang papan plang merek.

" Setiap proyek yang dikerjakan melalui dana anggaran APBD, APBN itu sudah seharusnya memasang plang merek di lokasi pekerjaan tersebut, agar masyarakat tau pekerjaan itu bersumber dana dari mana dan berapa jumlah rupiah yang dikucurkan dalam pekerjaan tersebut, " ujar Anand Viqriza.

"Jangan mentang-mentang pekerjaan itu dikawasan Kejaksaan Negeri Kuala Tungkal semau rekanan tidak memasang plang merek dan menurut saya pembangunan ini keliru, Kejaksaan negeri Kuala Tungkal itu pretikal dan dia punya anggaran sendiri dengan anggaran APBN pusat, kenapa mesti harus menggunakan dana angaran daerah APBD Tanjab Barat,apakah Kejaksaan Negeri Kuala Tungkal itu Miskin Anggaran sehingga membangun Rumah dinas itu mengunakan dana Daerah, dan atau rekanan yang mengerjakan jembatan parit 20 dana APBD 2020 yang belum dimanpaat sudah lentur, ingin berlindung di kejaksaan negeri kuala Tungkal, " pungkasnya. (Sabri)

Minggu Depan Pemprov Jambi Gratiskan Uji Swab

JAMBI (SR28) - Ditargetkan minggu depan, Pemprov Jambi akan menggratiskan Uji Swab di RSUD Raden Mattaher Jambi. Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan kapasitas pengujian spesimen yang masih rendah.

Meski Sudah Boleh, Kuota Keberangkatan Umroh di Jambi Belum Tersedia

JAMBI - Meski telah diperkenankan untuk melakukan perjalanan umroh ke tanah suci. Kuota kebernagkatan jemaah umroh di provinsi Jambi belum tersedia.

Proyek Jalan Semau Dana Dak Reguler APBD Tanjabbar Tahun 2020 Baru Hitungan Bulan Rusak Parah

KUALA TUNGKAL (SR28) - Proyek Peningkatan Jalan Semau yang katanya merupakan (Dak Reguler) dari Simpang 3 Parit...

Culture

- Advertisement -

Hari Ini Tempat Hiburan Dan Olahraga di Kota Jambi Boleh Buka Lagi

JAMBI (SR28) - Adapun tempat usaha yang kembali dizinkan buka lago seperti tempat-tempat olahraga yaitu fitnes, senam, bola sodok kemudian tempat pijat refleksi, spa, serta bar, cafe dan tempat karaoke keluarga termasuk kolam renang dan wahana bermain anak-anak.

3 Daerah di Jambi Berstatus Zona Oranye Penyebaran Virus Covid-19

JAMBI (SR28) - Dari 11 wilayah kabupaten kota di provisni Jambi saat ini terdapat 3 wilayah yang amsuk sebagai zona oranye penyebaran Covid-19. 3 wilayah tersbeut yakni Kota Jambi, Kerinci dan Tanjung Jabung Barat. Akibat hal tersebut, Provinsi Jambi kini juga berlabel zona oranye (Sedang) penyebaran virus Covd-19.

Sumber: JAMBI28 TV

Tak Ada Anggaran, Rekrutmen CPNS Dan P3K Pemprov Jambi Terancam Batal

Berdasarkan hasil evaluasi awal, dari 609 usulan yang disampaikan, sedikitnya provinsi Jambi akan mendapatkan alokasi penerima pegawai sebanyak 394 formasi. Kendati demikian,...
- Advertisement -

Must Read

Bupati Tanjabbar Pimpin Apel Operasi Mantab Praja Pengamanan Pemilukada Serentak 2020

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr. Ir. H. Safrial MS pimpin lansung Apel Gelar Pasukan Operasi MANTAB PRAJA (OMP) 2020 POLDA Jambi dalam rangka pengamanan Pemilukada Serentak Tahun 2020,  Jumat (04/09/2020).

Apel Gelar Pasukan yang diselenggarakan di halaman Polres Tanjab Barat ini juga turut dihadiri, Kasdim 0419 Tanjab, Kabid Trantib Pol PP, Kadis Dishub, Intansi Terkait, Ketua KPU, Perwakilan Bawaslu, serta Perwakilan Partai, dengan peserta Apel merupakan gabungan TNI Kodim 0419 Tanjab, Polres Tanjabbar,Airut, Sabara, polantas, Polpp, serta Puskesmas.

Apel gelar pasukan diawali dengan pengecekan kelengkapan personil oleh Bupati Tanjab Barat H. Safrial, dan dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta Apel.

Bacakan Sambutan Kapolda Jambi, Safrial sampaikan Apel gelar pasukan OMO 2020 ini merupakan wahana penting dan strategis untuk mengetahui kesiapan operasional anggota Polri dalam rangka mengemban tugas yang berat namun mulia berkenaan dengan pelaksanaan Pilkada serentak baik Gubernur, Bupati dan Walikota.

"Kesiapan operasional dalam rangka pengamanan Pemilukada serentak lanjutan tahun 2020, erat kaitanya dengan rencana operasi mantap Praja khususnya dalam menghadapi situasi perkembangan politik dan keamanan di Indonesia menjelang pelaksanaan Pemilukada serentak lanjutan tahun 2020," ujarnya.

"Untuk itu Saya berharap akan terbentuk suatu kesiapsiagaan Polri dalam rangka memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat serta penegakan hukum dan upaya mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif dengan memperhatikan protokol kesehatan pandemi Covid-19," tambah Safrial.

Lanjut Bupati sampaikan, Kondisi Pandemi Covid 19 berpengaruh negatif terhadap berbagai aspek kehidupan yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas yang menjadi tantangan tersendiri dalam menjalankan tugas.

"Dengan situasi yang saat ini berkembang, seperti Pandemi Covid 19 yang mengakibatkan resesi ekonomi Nasional, maka tidak menutup kemungkinan akan ada keterkaitan isu global dengan dinamika politik Nasional yang tentunya berpotensi menimbulkan kerawanan sosial politik yang menjurus pada gangguan Kamtibnas," tambahnya.

Menurut Bupati, pelaksanaan kegiatan Apel Gelar Pasukan OMP 2020 sangat tepat dan relevan dalam mengantisipasi ancaman maupun gangguan Kamtibnas, khususnya dalam penyelenggaraan Pemilukada Serentak lanjutan 2020, sesuai dengan tema

Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja 2020, Polri Siap Mengamankan Penyelenggaraan Pemilukada Serentak Lanjutan di Provinsi Jambi Tahun 2020.

"Kesiapan Polri dalam Mengamankan Pemilukada Serentak Lanjutan Tahun 2020 adalah suatu keharusan, dimana hal tersebut ditimbulkan melalui Apel yang intensif dan serius, dengan melibatkan beberapa fungsi serta komponen terkai," tandas nya. (Sabri)

Manfaatkan Libur Panjang Dengan Aman Dan Poduktif, Hindari Kerumunan

JAMBI (SR28) - Untuk mengantisipasi terjadinya kluster baru dan lonjakan kasus Covid-19 pada libur panjang akhir Oktober 2020, Penjabat sementara (Pjs) Gubernur Jambi Restuardy Daud, memimpin rapat terpadu bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jambi bersama instansi terkait, Jumat (23/10/2020) sore.

Rapat diikuti semua unsur Forkopimda, Kakanwil Kemenag Prov Jambi, BNN, dan para OPD terkait lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, dipandu oleh Sekda Provinsi Jambi, Sudirman,SH,MH.

Rapat ini juga sekaligus sebagai tindak lanjut Rapat Antisipasi Penyebaran Covid-19 Saat Libur Panjang Akhir Oktober 2020 se nasional  yang telah dilakukan secara virtual pada Kamis, 22 Oktober 2020, yang diikuti oleh seluruh Pemerintah Daerah se Indonesia.

Ardy Daud mengemukakan bahwa libur panjang akhir Oktober 2020 jangan memimbulkan kluster baru Covid-19. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Jambi bersinergi dengan seluruh instansi terkait melakukan upaya mengantisipasi terjadinya peningkatan Covid-19 pada libur panjang akhir Oktober 2020. Dihimbau kepada masyarakat Jambi untuk mengisi libur panjang ini dengan kegiatan yang produktif di rumah dan lingkungan masing-masing, terutama hindari kerumunan.

Ardy Daud menampung pendapat dari seluruh instansi peserta rapat yang akan dituangkan ke dalam surat edaran, yaitu masukan dari TNI, Polri, Kabinda, Kejati, BNN Provinsi Jambi, selain tentunya dari OPD terkait Pemerintah Provinsi Jambi.
Ardy Daud menekankan agar protokol kesehatan harus diterapkan. Selanjutnya disiapkan langkah operasional antara lain pelayanan kesehatan harus tetap siaga, pengaktifan pos pengawasan di perbatasan provinsi Jambi dengan provinsi tetangga, mengantisipasi kemacetan akibat meningkatnya lalu lintas dan kemungkinan bencana, serta mendorong tempat-tempat wisata menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

“Kita mengambil beberapa langkah agar libur panjang akhir Oktober 2020 tidak menjadi penyebab naiknya angka Covid-19, karena pada masa libur, kemungkinan terjadi peningkatan aktivitas dan mobilitas masyarakat, termasuk wisata. Untuk pembatasan terhadap kegiatan yang berpotensi berkumpul dalam jumlah banyak, Satgas Covid-19 diminta untuk mencermatinya,” ujar Ardy Daud.

Setelah mendengarkan masukan dari berbagai instansi, Sekda Provinsi Jambi, H.Sudirman menyampaikan, sesuai dengan saran-saran yang didapadkan dalam rapat, akan dibuat 3 (tiga) surat edaran, yakni: 1.Surat edaran kepada kabupaten/kota, 2.Surat edaran tentang angkutan barang, dan 3.Surat edaran kepada ASN (internal) Pemerintah Provinsi Jambi.
Melalui Surat edaran kepada kabupaten/kota, diminta Bupati dan Walikota untuk mengkonsolidasikan langkah-langkah antisipasi bersama unsur terkait diwilayahnya masing-masing.

Dalam kesempatan tersebut, Kakanwil Kemenang Provinsi Jambi mengimbau agar peringatan Maulid dilaksanakan secara sederhana dan jumlah terbatas, dan jika ada konsumsi, sebaiknya tidak disajikan secara prasmanan tetapi misalnya langsung disiapkan nasi kotak. Selain itu, Plt. Kasatpol PP Provinsi Jambi menyatakan bahwa Satpol PP Provinsi Jambi akan melakukan penjagaan di tempat wisata milik Pemerintah Provinsi Jambi, serta mengaktifkan patroli bersama untuk penegakan disiplin kesehatan Covid-19.

Tangkap Pengedar Sabu, Polisi Malah Temukan Penyeludupan Benih Lobster

TANJAB TIMUR - Selain barang bukti 27 box styrofoam berisi 40.500 ekor Baby Lobster jenis mutiara dan pasir. Dalam penangkapan tersebut polisi juga mengamankan sebanyak 3 orang tersangka, yakni KR, RN dan AB.

Ketiga tersangka in diduga merupakan jaringan yang terlibat dalam aksi penyelundupan benih lobster tersebut ke luar negeri.

Ketiga tersangka itu saat ini juga telah diperiksa untuk dilakukan pengembangan leih guna dapat menankap tersangka lainnnya.

Masih Banyak Warga Kota Jambi Langgar Aturan Jam Malam dan Tak Patuhi Protokol Kesehatan

KOTA JAMBI (SR28) - Wakil Walikota Jambi Maulana pimpin langsung operasi Yustisi penerapan jam malam dan protokol kesehatan ke sejumlah titik keramaian di Kota Jambi. Al hasil masih banyak warga yang melanggar aturan jam malam. Bahkan 20 persen masyarakat khususnya kaum muda tak patuhi protokol kesehatan.

Jembatan Sungai Piring Baru Seumur Jagung Sudah Ada Yang Retak

KUALA TUNGKAL (SR28) - Jembatan Sungai Piring yang dibangun Dengan Dana APBD murni Tahun Anggaran 2020 kemarin sebesar Rp.4.287.000.000 baru seumur jagung...

Korem 042 Gapu Jambi Siapkan Ratusan Personel Selama Pilkada Jambi

JAMBI - Komando Resort Militer 042 Gapu telah menyiapkan 10 satuan setingkat Kompi untuk pengamanan Pemilihan Kepala Daerah serentak di Provinsi Jambi 9 Desember 2020 mendatang, khsusnya untuk 3 daerah rawan konflik di Jambi.

Lifestyle Magazine

Fachrori: Pendidikan Prioritas Dalam Pembangunan SDM

JAMBI (SR28) - Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum., menyatakan, Pemerintah Provinsi Jambi telah menempatkan pendidikan sebagai prioritas dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di Provinsi Jambi agar kedepannya lebih meningkat lagi. Hal tersebut disampaikan Fachrori pada Wisuda Santri Akhir Pondok Karya Pembangunan (PKP) Al Hidayah Pemerintah Provinsi Jambi Tahun Ajaran 2019/2020, yang berlangsung di Lapangan PKP Al Hidayah Pemerintah Provinsi Jambi, Sabtu (25/07).

“Pembangunan SDM menjadi sangat penting sekali, karena SDM yang akan melaksanakan pembangunan di Provinsi Jambi. Pembangunan SDM saat ini, diarahkan kepada terbentuknya insan yang memiliki kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual yang harus melebur dalam setiap jiwa manusia,” ujar Fachrori.

Fachrori menjelaskan, ketiga kecerdasan tersebut harus benar benar seimbang, karena saat ini banyak SDM yang cerdas secara intelektual tetapi tidak cerdas secara emosional dan spiritual, sehingga sangat mudah sekali terprovokasi. SDM seperti wisudawan dan wisudawati ini sebagai pelaku pembangunan sudah seharusnya lebih mengasah potensi intelektual agar menjadi seorang cendikia yang cerdas, melatih kepekaan rasa agar memiliki ketajaman spiritual dan lebih mengolah daya imajinasi agar dapat lebih berkreasi dan berinovasi.

“Saya berpesan kepada semuanya, untuk bersikap optimis dan penuh percaya diri terhadap kemajuan yang sangat cepat saat ini, sehingga bisa menggapai masa depan yang lebih baik. Kita harus menyikapi kemajuan pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat saat ini secara arif, sehingga dapat memberikan manfaat bagi kebutuhan manusia,” jelas Fachrori.

Selanjutnya Fachrori mengingatkan kepada seluruh wisudawan dan wisudawati untuk terus semangat dalam belajar sepanjang hayat, karena saat ini akan memasuki masa pembelajaran yang sesungguhnya dalam kehidupan masyarakat. Hal yang sangat penting adalah harus bisa memanfaatkan peluang dan kesempatan yang ada, karena peluang dan kesempatan tidak datang dua kali, sedangkan tantangan hidup yang ada akan semakin bertambah berat.

“Kita harus mempersiapkan diri dengan baik dalam pengembangan diri yang berorientasi pada peningkatan produktivitas, kinerja dan harus didukung dengan teknologi informasi yang terus berkembang dengan cepat. Tantangan kedepannya menjadi lebih kompleks lagi dalam menghadapi berbagai kultur dan budaya yang masih mengakar kuat di masyarakat dan masih lemahnya dalam akses terhadap teknologi informasi,” pesan Fachrori.

“Saya sangat mengharapkan lulusan PKP Al Hidayah ini mampu menjawab dan mengantisipasi berbagai tantangan saat ini, terutama dalam upaya meningkatkan pembangunan SDM di Provinsi Jambi. Saya juga mengharapkan lulusan PKP Al Hidayah memiliki berbagai keterampilan dan nilai tambah lainnya, sehingga mampu bersaing dan sejajar dengan lulusan lulusan dari sekolah lainnya,” pungkas Fachrori.

Direktur PKP Al Hidayah Pemerintah Provinsi Jambi, Ustadz H.Hasan Basri Husein,SH., mengatakan, sejak berdirinya PKP Al Hidayah Pemerintah Provinsi Jambi sampai saat ini, baru pada kesempatan ini Gubernur Jambi menghadiri acara wisuda santri akhir. Semoga dengan kedatangan Bapak Gubernur Jambi, menjadi motivasi tersendiri bagi PKP Al Hidayah Pemerintah Provinsi Jambi untuk kedepannya menjadi lebih baik lagi.

“Semoga kedepannya, PKP Al Hidayah Pemerintah Provinsi Jambi kedepannya bisa melahirkan santriwan dan santriwati yang lebih berprestasi lagi, sehingga mendukung program Pemerintah Provinsi Jambi dalam menciptakan SDM yang berkualitas dan berakhlak serta dapat membantu pembangunan di Provinsi Jambi,” kata Ustadz Hasan. (Sidik)

Gudang Penampungan Minyak Hangus Terbakar

KOTA JAMBI (SR28) - Kebakaran hebat melanda sebuah gudang pnampungan minyak yang diduga ilegal. Selain membakar satu minibus dan satu truk, api juga membakar sebuah rumah dan gudang rotan yang berada di sebelahnya.

Jabatan Gubernur Segera Berakhir, Fachrori Umar Pamitan

JAMBI (SR28) - Sesuai ketentuan amanat pasal 79 ayat 1 UU No 23 Tahun 2014, tentang pemerintahan daerah, bahwa setiap kepala daerah...

TEGA! Bapak Ini Disiram Saat Sedang Tertidur Pulas

Seorang Pria renta disiram orang tak dikenal saat tengah tertidur pulas. Tak diketahui apa maksud dari seseorang yang mneyiram tersebut.

Kena Covid-19, Aktris Nirina Zubir Sempat Drop

JAKARTA - Aktris dan presenter Nirina Zubir kini tengah menjalani isolasi bersama keluarganya karena sama-sama terinfeksi COVID-19. Bukan hal yang mudah baginya menerima kenyataan...

Video News

- Advertisement -

Tim Yustisi Covid-19 Kota Jambi Gencarkan Patroli Protokol Kesehatan di Pasar

KOTA JAMBI (SR28) - Mencegah peningkatan kasus terkonfirmasi Positif Covid-19 semakin membludak. Tim Yustisi satgas penanganan Covid-19 Kota Jambi kini gencarkan melakukan patroli di pasar tradisional. Kendati demikian, masih saja ditemukan warga yang tidak menggunaan masker.

Nonton berita menarik lainnya di JAMBI28.TV

Gubernur Jambi Perkuat Komunikasi dengan Pihak Sekolah

JAMBI (SR28) - Penjabat Gubernur Jambi Restuardy Daud, berupaya menguatkan komunikasi guna mengetahui kebutuhan sekolah yang saat ini kegiatan belajar mengajar mengalami perubahan menghadapi Pandemi Covid-19, Sabtu (10/10).

Audiensi bersama Kepala Sekolah SMAN/SMKN se Kota Jambi yang berlangsung di Rumah Dinas Gubernur Jambi menjadi harapan Pjs.Gubernur Jambi untuk meningkatkan kemajuan dan ketertiban sekolah dengan bangunan komunikasi yang baik sehingga proses belajar mengajar dapat terlaksana maksimal. "Generasi Z merupakan generasi yang lahir 1998 hingga tahun 2010 akan berbeda gaya komunikasi dan saya yakin para guru sudah menerapkan dan punya strategi," ungkap Pjs.Gubernur Jambi.

Dunia pendidikan memiliki sosok penting yaitu guru yang bertatap muka secara langsung juga banyak memahami kondisi mental dan keinginan peserta didik, menyikapi hal tersebut Pjs.Gubernur Jambi menitikberatkan perhatian,"Saat anak-anak didik tidak dapat bertatap muka langsung diharapkan pembelajaran serta bimbingan tetap berlangsung baik dan Pemerintah Daerah juga berusaha memberikan fasilitas penunjang belajar yang dibutuhkan sekolah," jelas Pjs.Gubernur Jambi.

Sumbang saran dari beberapa kepala sekolah menginginkan adanya penambahan sarana dan prasarana sekolah guna memfasilitasi kebutuhan penerimaan dan pembelajaran siswa, serta kebijakan lain yang perlu dilakukan untuk kemajuan sekolah.

"Terima kasih atas masukan untuk Pemerintah Daerah dengan komunikasi ini kita dapat mengetahui secara langsung adanya pembinaan untuk siswa, keberadaan ruang kelas dan kebutuhan penting lainnya juga membangun kerja sama pemerintah, pihak sekolah dan orang tua," kata Ardy Daud.

Beli Narkoba Pakai Uang Palsu, 5 Pelaku Dibekuk Polisi

JAMBI - Tim Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) dan Tim Spartan Sat Reskrim Polres Bungo, Jambi berhasil mengamankan 5 orang pelaku pencetak dan penyebar uang palsu.

Kasus tersbeut terungkap pada saat pelaku menipu warga dengan menggunakan uang palsu untuk membeli narkoba.

Keberangkatan Haji Provinsi Jambi Tahun 2021 Masih Menunggu Petunjuk Pusat

Walaupun sifatnya masih menunggu, Kanwil Kemenag Provinsi Jambi telah melakukan berbagai persiapan untuk keberangkatan embarkasi antara bagi calon jemaah haji Jambi.

PM Lebanon Bersumpah Untuk Menghukum Mereka yang Bertanggung Jawab Atas Ledakan Besar

Perdana Menteri Lebanon, Hassan Diab bersumpah akan mencari siapa orang yang membuat ledakan ini. Dia akan meminta pertanggungjawaban atas ledakan besar yang menewaskan puluhan orang dan ribuan orang luka-luka.

Sumber: JAMBI28 TV

Innalillah, Mantan Bupati Muaro Jambi As’ad Syam Meninggal Dunia

KOTA JAMBI (SR28)- Kabar duka muncul dari mantan Bupati Muaro Jambi As'ad Syam. Dia dikabarkan baru saja tutup usia pada siang ini pukul 12.25 di RS Baiturrahim Kota Jambi. Hal tersebut disampaikan oleh dokter klinik di lokasi tahanan Lapas Klas II A Kota Jambi dr Arman Siregar.

"Iya, meninggal jam 12.25 tadi. almarhum mengidap penyakit komplikasi struk dan kencing manis "katanya seperti dilansir dari Jamberita.com

As'ad Syam semasa hidupnya menjabat sebagai Bupati pada tahun 2001-2006. Dia lahir 2 November 1953 dan wafat pada hari ini 23 September 2020 di usia 67 tahun.

- Advertisement -

Music

SMAN 1 Batanghari Jalin Kemitraan dengan Dua Sekolah di Amerika

BATANGHARI (SR28) - SMAN 1 Batanghari, bekerja sama dengan sekolah di Amerika Serikat (Waverly, Michigan dan St. Louis, Missouri) mengadakan program Pertukaran Pemuda secara Virtual. Program ini diberi nama "Connected Planet Project".

SMANSA telah memilih Empat utusan terbaik, dan empat utusan pendamping untuk nantinya berdialog dan berdiskusi tentang peran pemuda dalam membantu Komunitas dan Pemerintah dalam Menangani Kasus Corona. Mereka adalah M. Ghifari, Leonardo Samosir, Nurul S, Indana Zulfa (kelas XII), Faras Aldi, Aqlah Dien, (Kelas XI), dan Nina Norin, Sakyna Maharani (Kelas X).

Sementara dari Waverly High School telah menunjuk dua utusan terbaiknya: Keegan Gray dan Donovan Owen (Kelas XII). Dari St. Louis, Vashon High School juga mengutus dua utusan terbaik: Ryan Standley dan Dominic Archie Jr. (Kelas XII).

Diskusi secara virtual melalui apliaksi Zoom Meeteng

Diskusi berjalan dengan lancar. Pertukaran pemuda virtual menggunakan zoom sendiri mampu menimbulkan rasa keingintahuan yang tinggi dari masing-masing peserta terhadap budaya dan tradisi yang tentunya berbeda antara Amerika dan Indonesia. Topik diskusi pun sangat beragam mulai dari kepemimpinan, olahraga, lingkungan, social media, hingga memuncak pada topik pembelajaran selama pandemik, serta peran pemuda dalam masa adaptasi new normal.

Acara diawali dengan perkenalan dari guru SMANSA, Dion Ginanto, Samantha Lurie dari Vashon HS dan guru dari Waverly HS Mr. Robert Lurie. Mr. Lurie sendiri pernah berkunjung ke Batang Hari dan singgah satu hari di SMANSA. Acara Connected Planet Project ini adalah follow up dari kunjungan Mr. Lurie satu tahun yang lalu. Sementara guru dari Vashon HS dipimpin oleh Samantha Lurie, yang juga putri kandung dari Robert Lurie. Baik Samantha maupun Robert pernah mendapatkan pengharagaan dari Pemerintah Amerika Serikat sebagai guru terbaik dan favorit.

Setelah perkenalan sekolah, acara dilanjutkan dengan perkenalan antar siswa. Acara ini semakin seru karena diselingi dengan ice breaker, naming ceremony: mengartikan nama. Jadi masing-masing siswa berkenalan dan memberi arti dari nama yang mereka miliki.

Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi di mana topik yang disepakai pada pertemuan pertama kali ini adalah “Peran Pemuda dalam membantu Komunitas dan Pemerintah dalam Penanganan Covid-19.”

Masing-masin peserta sangat antusias bertukar informasi mengenai bagaimana Pandemic mempengarui proses belajar mengajar. Mereka juga bertukar fikiran tentang kiat-kiat mengefektifkan pembelajaran daring agar memperoleh hasil yang maksimal. Serta berdiskusi tentang bagaimana dapat menyeimbangkan antara ekspektasi dan tanggungjawab ketika belajar dari rumah.

Ghifari, memberikan highlight bahwa meskipun ia mempunyai akses terhadapa tehnology dan laptop dan smartphone, namun Ghifari memberikan penekanan pada siswa-siswi yang kurang beruntung dan yang tidak memiliki akses yang cukup pada teknologi. Keegan, siswi dari Waverly juga setuju bahwa permasalahan kekurangan teknologi juga menjadi masalah di Waverly.

Siswa ikuti diskusi secara virtual menggunakan aplikasi Zoom Meeteng

Beberapa siswa diantaranya Ryan dan Keegan juga memiliki kesulitan untuk menyeimbangkan antara waktu penggunaan media sosial media dan waktu belajar. Sementara itu, Dominic dan Donovan menyotori banyaknya tugas yang harus mereka selesaikan di sekolah selama Pandemic.

Keegan, juga mengungkapkan bahwa rindunya dia pada teman-temannya, dan betapa rindunya Keegan pada kegiatan-kegiatan sekolah.

Terakhir, Nina Norin dan Keegan berbagi nilai positif selama belajar dari rumah. Norin bercerita pengalaman bahwa ketika belajar dari rumah dia lebih mempunyai waktu untuk belajar mandiri, sehingga ia dapat belajara bahasa Korea secara mandiri. Senada dengan Norin, Keegan lebih mampu mempelajari budaya Afrika secara mendalam, termasuk bahasa dan makanan dari Afrika.

Beberapa peserta dari Amerika meminta rekomendasi makanan dari Indonesia. Siswa siswi Indonesia secara kompak membagi informasi tentang rendang dan nasi goreng.

Di ujung acara, peserta diskusi membuat rekomendasi tentang pembelajaran online selama pandemic, diantaranya:

Untuk guru agar tidak memberikan banyak tugas dan PR selama Pandemic. Karena siswa sudah merasa berat dengan pembelajaran online, maka guru harus secara ikhlas mengurangi intensitas pemberian PR dan Tugas.

Jika memang harus memberikan tugas, maka guru harus memberikan tenggat waktu yang lebih flexible.

Agar guru dapat memberikan materi secara menarik dan mudah dipahami, bukan hanya sekedar memberikan tugas.

Diskusi berlangsung secara virtual oleh SMANSA, Waverly HS, dan Vashon HS

Peserta dari Indonesia dan Amerika juga merekomendasikan agar pemuda dapat terus mematuhi aturan pemerintah termasuk untuk tetap menjaga physical distancing dan disiplin dalam menggunakan masker ketika harus ke luar rumah. Yang terpenting, agar siswa dapat memanfaatkan waktu belajara dari rumah untuk memaksimalkan penelitian dan penemuan jati diri, contohnya dengan secara mandiri mempelajari bahasa asing, atau mempelajari budaya dari negara lain yang tentunya tidak diajarkan di sekolah.

Di akhir acara, baik SMANSA, Waverly HS, dan Vashon HS berkomitmen untuk melanjutkan kegiatan ini dengan jumlah peserta yang lebih besar dan dilakukan dengan rutin, agar terjalin hubungan yang erat antar sekolah dari kedua negara. Pertemuan ini diakhiri dengan foto bersama secara virtual

Acara Connected Planet Project didukung sepenuhnya oleh keluarga besar SMAN 1 Batanghari. Kepala SMAN 1 Batanghari, Dra. Rony Setwawati, M.Pd., berharap agar acara ini menjadi langkah awal SMANSA dalam melatih lulusannya untuk menjalin kerjasama dan diplomasi dengan negara tetangga. (Dion Ginanto)

Fachrori Terima Penghargaan Anugerah TPAKD Award 2020

JAMBI (SR28) - Gubernur Jambi, H.Fachrori Umar, atas nama Pemerintah Provinsi Jambi, menerima penghargaan Anugerah Tim Percepatan Akses Keuangan Darah (TPAKD) Award...

DPRD Tebo Setujui Ranperda Perubahan APBD TA 2020

TEBO (SR28) - Menindaklanjuti Nota Pengantar Ranperda Perubahan APBD Kabupaten Tebo T.A. 2020, DPRD Kabupaten Tebo menyampaikan Pendapat Akhir Fraksi-fraksi DPRD pada Rapat Paripurna di Aula Rapat DPRD Tebo, Rabu (16/09/2020).

"Dalam rangka menyampaikan Pendapat Akhir Fraksi-fraksi DPRD Tebo terhadap Nota Pengantar Ranperda kabupaten Tebo Perubahan APBD TA 2020. Skor saya cabut dan secara resmi dibuka dan terbuka untuk umum," ujar Ketua DPRD Tebo Mazlan dalam sambutannya.

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Tebo Mazlan, S.Kom

Pada penyampaian yang dibacakan Wakil Ketua DPRD Tebo, Syamsul Rizal, SE., M. Si tersebut, sebanyak tujuh fraksi secara umum menyetujui Ranperda tersebut dijadikan sebagai Perda Perubahan APBD T.A. 2020.

Penyampaian persetujuan dibacakan Wakil Ketua DPRD Tebo Syamsul Rizal, SE., M. Si

Bupati Tebo, Dr. H. Sukandar, S. Kom., M. Si., melalui Wakil Bupati, Syahlan, SH., pada arahannya menyampaikan Perubahan Ranperda mengenai APBD ini merupakan upaya dari pembenahan kinerja demi pelaksanaan pembangunan yang lebih baik.

Penandatanganan dokumen oleh Bupati Tebo Sukandar

"Pembahasan Ranperda perubahan yang dilakukan bersama ini merupakan upaya untuk terus berbenah dalam memperbaiki kinerja baik dalam mengelola keuangan daerah maupun program pembangunan yang efektif dan efesien. Agar program yang disusun pada tahun ini lebih tepat sasaran dan mempercepat visi dan misi Pemerintah Kabupaten Tebo 2017-2022." ujar wabup.

7 Fraksi DPRD Tebo menyetujui Ranperda

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD, Mazlan, S. Kom., dan diikuti oleh Unsur Forkopimda Kabupaten Tebo, Sekretaris Daerah, Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tebo, Instansi Vertikal, Pimpinan BUMD di Kabupaten Tebo.

Anggota dewan mengikuti protokol kesehatan selama rapat paripurna berlangsung

.

Selamat!!! Nanda-Dorel Terpilih Jadi Presiden dan Wakil Presiden BEM KBM UNJA 2020-2021

MENDALO (SR28)- Setelah melewati dinamika panjang sejak 2019, akhirnya Pemilu Raya Mahasiswa (PEMIRA) Universitas Jambi membuahkan hasil pada siang ini (Senin, 24 Agustus 2020)

Dalam kontestasi yang berlangsung alot dan bertensi  panas tersebut, terpilihlah pasangan calon presiden dan wakil presiden yang diusung oleh Partai Bintang Mahasiswa yaitu Nanda-Dorel.
Keduanya mendapat  5886 suara dan disusul rivalnya Syahrial- Tobi dengan 5181 suara.

Menyikapi hal itu, Presiden Partai Bintang Mahasiswa (PBM) UNJA Aviv Ramadya mengaku jika tahun ini adalah salah satu PEMIRA yang sangat menyita energi dan strategi pada partai besutannya tersebut.

Aviv Ramadya Akbar, Presiden Partai Bintang Mahasiswa (PBM)

"ini adalah kemenangan paling tipis sepanjang sejarah dari torehan partai  UNJA Partai Bintang Mahasiswa, persaingan dilapangan sangat alot, apalagi saat ini semua berbasis online. Tentu ini jadi tantangan tersendiri bagi PBM yang selama bertahun-tahun terbiasa dengan PEMIRA offline. Namun demikian kami puas dengan hasil ini dan saat ini tugas kami adalah merealisasikan janji-janji politik kami kepada mahasiswa uang telah memandatkan dukungan kepada pasangan Nanda-Dorel" Ungkap Aviv

Sementara itu, Kurnia Nanda selaku Presiden Mahasiswa terpilih menyatakan terima kasih atas ribuan dukungan dari mahasiswa UNJA untuk dirinya.

Calon Pemenang Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa UNJA 2020-2021

"Terima kasih kepada seluruh kader PBM, simpatisan , teman-teman komunitas dan seluruh mahasiswa UNJA yang telah memilih kami. Kami membuka ruang kolaborasi sebesar-besarnya untuk kita membangun UNJA bersama-sama" Ungkap Nanda

Selain pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa, PEMIRA tahun ini juga turut memilih suara Majelis Aspirasi Mahasiswa tingkat Universitas hingga Fakultas serta Gubernur dan Wakil Gubernur Mahasiswa di level fakultas.

PEMIRA tahun ini juga menggunakan metode terbaru yaitu e-vooting dan diselenggarakan selama 3 hari.

Sport News

Istri Camat Dijambret Oknum Pegawai Honorer di Bungo

BUNGO (SR28) - Tim Spartran Polres Bungo, Jambi mengamankan 1 pelaku penjambretan istri seorang camat. Dari penangkapan tersebut akhirnya diketahui pelaku merupakan oknum pegawai honorer di pemerintahan kabupaten Bungo yang beristri dua.

Muaro Jambi Kini Berstatus Zona Oranye Penyebaran Covid-19

MUARO JAMBI (SR28) - Terus mengalami lonjakan pasien dalam dua pekan terakhir. Kini 1 daerah di Provinsi Jambi berstatus zona oranye penyebaran Covid-19. Wilayah tersebut yakni kabupaten Muaro Jambi yang menjadi anggota terbaru setelah 3 daerah lainnya terlebih dahulu menyandang status Zona Oranye penyebaran Covid-19.

Walikota Jambi Syarif Fasha Ngaku Stress Jalani Isolasi Covid-19

KOTA JAMBI (SR28) - Orang nomor satu di Kota Jambi tersebut bahkan mnegaku sempat stress dan tertekan lantaran harus menjalani isolasi Covid-19. Fasha mengaku hal tersebut merupakan hal terberat bahkan mengalahkan kondisi kesehatannya.

- Advertisement -

Haris-Sani Goyah, Partai Berkarya Versi Tommy Soeharta Tak Diakui Kemenkumham

KOTA JAMBI (SR28)- Kedinamisan politik terus terjadi di pusat hingga daerah menjelang Pilkada 2020 mendatang. Kabar teranyar datang dari Partai Berkarya. Partai yang disebut-sebut punya keluarga mantan presiden RI ke-2 tersebut mengalami dualisme hingga berujung pada sengketa keabsahan siapa yang memiliki legitimasi menjadi ketua partai.

Konflik runcing antara Tommy dan Muchdy PR berujung pada Munaslub yang digelar pada 11-13 juli 2020 kemarin. Dalam munas tersebut, Muchdy terpilih sebagai ketua umum yang sah Partai Berkarya.

Pada rabu siang (5/8), Kementerian Hukum dan HAM resmi memutuskan ketua umum Partai Berkarya adalah Muchdy PR.

Pergantian Ketum Partai Berkarya tersebut disebut-sebut berimplikasi pada dukungan disejumlah daerah, termasuk Jambi. Untuk Provinsi Jambi, Partai Berkarya telah resmi memutuskan bahwa mereka mendukung Alharis-Sani.

Menyikapi hal tersebut, tim sukses Alharis Hasan Mabruri mengaku jika dia dan tim telah memiliki plan lain jika akhirnya dukungan diarahkan ke pasangan lainnya.

"langkah antisipasi sudah kita siapkan" katanya kepada wartawan

Hasan juga optimis jika dukungan Partai Berkarya tidak akan berpaling dari Alharis mengingat hubungan Alharis dengan ketua Partai Provinsi Jambi sangat akrab.

Jurnalis: Muhammad Sidik

Ditetapkan Tersangka, Gisel Akui Video Syur Dirinya

Polda Metro Jaya menetapkan Gisella Anastasia alias GA dan MYD sebagai tersangka kasus video syur. Gisel terbukti sebagai pemeran dalam video tersebut dari keterangan ahli...

Sejumlah OKP Besar di Provinsi Jambi Sayangkan Tindakan Polda Salah Tangkap Terhadap Mahasiswa (Juanson Ambarita)

KOTA JAMBI (SR28)- Pada hari Jumat (30/10/20) Team Resmob Polda Jambi melakukan penangkapan kepada Saudara Juanson Ambarita di rumah kostnya Perumahan Valencia Desa Mendalo Indah. Sebagaimana diketahui Saudara Juanson Ambarita adalah anggota GMKI Cabang Jambi.

Dari info yang kita dapatkan, saudara Juanson Ambarita ditangkap sekitar Pukul 01.30 Wib, dan langsung di seret paksa ke mobil petugas yang mengaku dari Team Resmob Polda Jambi dan dituduh Sebagai pelaku Pembakaran Sepeda motor Polda Jambi pada aksi Unjuk rasa tanggal 20/10/2020 di depan universitas Jambi Telanai Pura.
Proses penangkapan Juanson Ambarita berjalan tanpa memenuhi bukti dan fakta serta syarat penangkapan dan penggeledahan sebagaimana tertuang dalam KUHAP, dan dilepaskan pada pukul 22.00 Wib setelah selesai di interogasi.

Atas dasar itu, 6 OKP di Provinsi Jambi yang terdiri dari GMNI Jambi, GMKI Jambi, PKC PMII Jambi, DPD IMM Jambi, PW KAMMI Jambi, PMKRI Jambi menyampaikan beberapa poin.

Turut menyampaikan Empati kepada Bung Juanson Ambarita yang dituduh sebagai pelaku pembakaran sepeda motor Polda Jambi tanpa bukti dan fakta.

Kepolisian Daerah Jambi kita anggap GAGAL sebagai Institusi Resmi yang memiliki tugas dan fungsi sebagai Pengayom, Pelindung, dan sekaligus sebagai alat Negara dalam proses penegakan hukum.

Mengecam dan menyayangkan Tindakan Kepolisian Daerah Jambi yang bertindak secara semena-mena tanpa bukti dan fakta yang jelas, sehingga terjadi sala tangkap.

Meminta Kepada Kapolda Jambi untuk memeriksa anggotanya yang bertindak tanpa SOP yang sesuai Prosedural dan memberikan Sanksi yang tegas.

Meminta Kepada Kapolda Jambi untuk menyampaikan maaf kepada publik/ korban salah tangkap dan memulihkan nama baik korban.

Demikian Pernyataan sikap ini kami perbuat, semoga tidak ada lagi korban selanjutnya atas tindakan konyol tersebut.

Hormat Kami,
Ketua-Ketua Umum 6 OKP Jambi.
Ttd.

Gubernur Jambi Terpilih Dapat Jatah Rp5 Milyar untuk Beli Mobil Dinas Baru

Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi terpilih pada pilkada serentak tahun 2020 lalu akan mendapatkan jatah Rp5 Milyar untuk pembelian mobil dinas baru.

TV

Nginap Aman, Hotel 02 Weston Jambi Terapkan Protokol Kesehatan

KOTA JAMBI - Hotel 02 Weston Jambi siap menerima tamu hotel dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat, seperti menyediakan area cuci tangan, pengecekan suhu tubuh dan menempatkan Hand Sanitizer di beberapa tempat strategis di lingkup hotel.

Publik area dan kamar-kamar hotel juga selalu di semprotkan cairan desinfektan standar rumah sakit. Tak hanya itu, karyawan hotel juga dibekali proteksi yang sama, seperti sarung tangan dan face shield.

Gubernur Jambi Buka Ruang Aspirasi Masyarakat Terkait UU Cipta Kerja

JAMBI (SR28) - Penjabat Gubernur Jambi Restuardy Daud, bersama Forkopimda secara virtual Mengikuti Rapat Koordinasi Kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerah dalam Pelaksanaan Regulasi Omnibus Law di Ruang Rapat Gubernur Jambi, Rabu (14/10).

Hadir Menko Perekonomian, Mendagri, Menaker, Menkeu, Menteri LHK, Menteri ATR/Kepala BPN, Polri, Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, Kepala BIN.

Menko Polhukam Mahfud MD menegaskan tugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dengan cara memberi pengertian tentang latar belakang UU Cipta Kerja dengan materi sebenarnya bukan hoax.

"Undang-Undang Cipta Kerja sudah dibahas secara umum makanya ada beberapa naskah Omnibus Law dari beberapa UU menjadi satu hingga seperti pada bagian perizinan bisa lebih sederhana," jelas Mahfud MD.

Dalam keterangan Resmi Menko Polhukam terkait Undang-Undang Cipta Kerja dibentuk justru untuk melaksanakan tugas Pemerintah dalam membangun kesejahteraan masyarakat melalui penciptaan lapangan kerja yang semakin banyak, perlindungan terhadap buruh, penyederhanaan birokrasi dan kemudahan berusaha serta pemberantasan pungli dan pencegahan tindak pidana korupsi.

Menko Polhukam Mahfud MD menyampaikan keberadaan Pemerintah menghormati kebebasan berpendapat dan menyampaikan aspirasi terkait UU Cipta Kerja sepanjang itu dilaksanakan dengan damai dan menghormati hak-hak warga yang lain dan tidak mengganggu ketertiban umum.

"Unjuk rasa silakan dan yang anarkis ditangani dan negara harus diselamatkan," kata Mahfud MD.

Hadir Kapolda Jambi Irjen.Pol.Drs.Firman Santyabudi,M.Si, Danrem 042/Gapu Jambi Brigjen TNI M.Zulkifli, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Pj.Sekda Provinsi Jambi Sudirman, Pihak Kejaksaan Tinggi Jambi.

Pjs. Gubernur Jambi dan jajaran Forkopimda Provinsi Jambi menyimak penjelasan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja yang secara urgensi dan substansi disampaikan Menteri Ketenagakerjaan, Menko Perekonomian, Mendagri, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Keuangan, Pejabat dari Mabes Polri, juga yang mewakili Panglima TNI dan Wakil Jaksa Agung serta dari pihak BIN.

"Pemerintah daerah tadi diwakili oleh asosiasi gubernur, asosiasi wali kota dan asosiasi bupati karena kita juga sama-sama terus mempelajari juga turut mencermati itu bersama teman-teman di provinsi," ungkap Ardy Daud.

Pjs. Gubernur Jambi akan menindaklanjuti terkait hal tersebut di daerah untuk membangun komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat sebelum diimplementasikan atau akan diturunkan dalam beberapa regulasi atau Peraturan Pemerintah, Kepres, Permen, Peraturan Daerah.

"Tentunya perlu masukan dari kita semua jadi ada ruang bagi kita untuk memberikan masukan terhadap hal-hal yang terkait dengan aspirasi yang disampaikan selama ini kami di Provinsi Jambi mengajak seluruh masyarakat Jambi khususnya yang memiliki masukan atau aspirasi silakan nanti akan ada tim yang akan mengakomodir itu akan kami tindaklanjuti beberapa hari kedepan diharapkan sudah bisa berjalan," jelas Ardy Daud.

Menyikapi beberapa opini yang berkembang terkait UU Cipta Kerja ditengah masyarakat, selaku Pjs. Gubernur Jambi mengimbau kepada semua pihak untuk mencermati penerimaan informasi karena masih ada opini yang terbentuk tidak sesuai kondisi terkait.

"Mari kita pelajari bersama dan betul-betul cermati manakala ada hal-hal yang tidak sesuai dengan kondisi dan kami juga akan menginformasikan materi yang betul-betul sesuai dengan yang aslinya dan terakhir kepada pihak-pihak yang aspirasinya ingin disampaikan ada jalur melalui Uji Materi MK itu juga silahkan digunakan manakala itu diperlukan," kata Pjs.Gubernur Jambi.

Apresiasi Pjs.Gubernur Jambi kepada jajaran Forkopimda dan masyarakat atas situasi aman, terkendali, kondusif di Provinsi Jambi selama masa penyampaian aspirasi dari masyarakat.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada semua elemen masyarakat kemaren yang dapat menahan diri pada waktu menyampaikan aspirasi dan pendapat tidak bertindak bersifat anarkis berlebihan dan apresiasi kepada jajaran Forkopimda yang sigap di lapangan dalam beberapa hari terakhir dan kita juga berjuang menekan angka penyebaran Covid-19 ini merupakan tanggung jawab kita semua dan jangan dilupakan karena ini penting untuk kesehatan kita semua," ungkap Pjs.Gubernur Jambi.

Rapat virtual tersebut berlangsung empat jam lebih mendengarkan beberapa penjelasan Pemerintah Pusat untuk kemudian disosialisasikan kepada masyarakat serta membuka ruang penyampaian aspirasi daerah.

UNIK! Band Ini Gelar Konser Di Dalam Balon, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Sebuah grup band asal Amerika Serikat yakni The Flaming Lips Band menggelar sebuah konser di dalam balon. Uniknya mereka tetap mematuhi protokol...

Provinsi Jambi Targetkan 3.000 Uji Swab Dalam Sepekan

JAMBI (SR28) - Paling lambat pada akhir bulan Oktober ini satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi menargetkan bisa melakukan uji swab hingga 3000 sampel dalams atu pekan dan meningkat 3 kali lipat dari sebelumnya. hal tersbeut dilakukan dalam upaya percepatan penanganan virus corona di Provinsi Jambi.