Jumat, Januari 22, 2021

KPU Tanjabbar Tetapkan Uas-Haira Calon Bupati Dan Wakil Bupati Terpilih Pemilu Serantak 2020

KUALA TUNGKAL (SR28) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab.Tanjab Barat Gelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Hasil...

Pembangunan Jalan Mayang RT.09 Baru Sebulan Selesai Sudah Menimbulkan Debu

KUALA TUNGAKAL (SR28) – Pembangunan atau peningkatan Jalan Mayang Rt.09 di Kelurahan Sungai Nibung, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjab Barat oleh Dinas...

Polisi Tangkap Kakek Dan Cucu Pemilik 3 Hektare Ladang Ganja

Klik video dibawah untuk nonton berita selengkapnya. https://www.youtube.com/watch?v=RUbDdYV04x8&feature=emb_title

Penumpang Angkot Hanya Bayar 200 Rupiah, Supir : Tak Usah Bayar

Klik video dibawah untuk menonton berita selengkapnya. https://www.youtube.com/watch?v=5cO4INqitE4&feature=emb_title

Technology

Rahima Minta DWP Provinsi Jambi Tingkatkan Peranan Bangun Jambi

JAMBI (SR28) - Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jambi Hj.Rahima Fachrori berharap agar kinerja DWP terus meningkat terutama dalam membangun Provinsi Jambi. Harapan tersebut dikemukakannya dalam Serah Terima Jabatan (Sertijab) Ketua Dharma Wanita Persatuan UIN, DWP Dinas Nakertrans, DWP Bakesbangpol, DWP RSUD Raden Mattaher, dan DWP Rumah Sakit Jiwa Daerah, di Aula DWP Provinsi Jambi, Rabu (23/9/2020).Rahima berpesan agar DWP dapat menjalankan peran dan fungsinya, terutama menjadi mitra pemerintah dalam membangun Provinsi Jambi.

"Saya menaruh harapan yang cukup besar terhadap Dharma wanita Persatuan Provinsi Jambi untuk dapat memainkan peran dan fungsinya secara baik dan terarah. Bekerjalah dengan baik dan profesional," ungkap Rahima.

Rahima juga berharap agar DWP dapat mendorong kaum perempuan di Provinsi Jambi secara umum  dan anggota DWP khususnya untuk terus berkiprah dan berkarya, mampu mandiri secara ekonomi dan berperan lebih luas untuk turut serta menggerakkan roda pembangunan di Provinsi Jambi.

"Saya meminta DWP Persatuan Provinsi Jambi  menciptakan hubungan harmonis dengan dinas/instansi terkait di Povinsi Jambi, maupun dinas/instansi terkait lainnya di jajaran pemerintah pusat, serta masyarakat Provinsi Jambi.  Dharma wanita Persatuan Provinsi Jambi selama ini telah memberikan warna bagi proses perjalanan pembangunan bidang pemberdayaan perempuan di Provinsi Jambi," ujar Rahima.

Rahima mengatakan, tujuan utama pendirian DWP yang kuat adalah meningkatkan sumber daya anggota keluarga Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mencapai kesejahteraan nasional.

"Sebagai organisasi yang diusung untuk tujuan kesejahteran bersama, Dharma Wanita memiliki tugas pokok yaitu membina anggota, memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan, menjalin hubungan kerja sama dengan berbagai pihak, serta meningkatkan kepedulian sosial serta melakukan pembinaan sosial," kata Rahima.

Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jambi Hj.Iin Kurniasih Sudirman menyampaikan bahwa Dharma Wanita adalah sebuah organisasi kemasyarakatan yang menghimpun dan membina istri pegawai negeri sipil/ASN.

"Dharma wanita persatuan wajib bersyukur dan patut berbangga karena telah menjadi sebuah organisasi perempuan yang besar dan semoga tujuan organisasi DWP sebagai center of excellent bisa tercapai,” kata IIn Kurniasih.

Iin Kurniasih mengemukakan, DWP Provinsi Jambi harus yakin dan optimis dalam membangun organisasi yang lebih modern, profesional, disertai dengan program-program pengembangan dan peningkatan kualitas anggota DWP yang berkesinambungan, dan menjadikan anggota DWP secara aktif memberikan kontribusi, pemikiran, gagasan, dan pandangan terhadap pembangunan di negeri yang kita cintai.

Iin Kurniasih Sudirman mengajak para pengurus dan anggota DWP Provinsi Jambi untuk selalu berupaya meningkatkan kualitas, sebagai organisasi istri ASN agar mampu bekerja secara profesional dan menjalankan program kerja secara terintegrasi.

"Untuk itu dibutuhkan komitmen dan kerja sama yang solid, menyamakan gerak dan langkah untuk mencapai tujuan," jelas Iin Kurniasih (Humas)

- Advertisement -

DPRD Tebo Gelar Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-21 Kabupaten Tebo

TEBO (SR28) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tebo menggelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tebo yang Ke- 21 di Aula Utama Gedung DPRD Tebo, Senin (12/10/2020).

Rapat paripurna istimewa dipimpin langsung oleh Ketua DPRD, Mazlan, S. Kom. Dalam sambutannya Ketua DPRD Tebo menyampaikan ucapan Selamat Ulang Tahun untuk Kabupaten Tebo yang ke 21.

"Dengan meneladani semangat para pendiri kabupaten Tebo, jadikanlah hari bersejarah ini sebagai momentum bekerja lebih giat lagi untuk membangun kabupaten tebo tercinta," ujar Ketua DPRD.

Sidang paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD, Mazlan, S. Kom

Pada kesempatan ini, Bupati Tebo, Dr. H. Sukandar, S. Kom. M. Si. menyampaikan pencapaian pembangunan dan prestasi yang telah diraih Kabupaten Tebo selama 21 Tahun berdiri pada Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Tebo.

Capaian pembangunan tersebut disampaikan Bupati Sukandar dimulai dari pertumbuh ekonomi Kabupaten Tebo dan tingkat kesejahteraan masyarakat yang ditandai menurunnya tingkat kemiskinan.

"Dari pertama berdirinya, Kabupaten Tebo terus berbenah dari yang minim sarana prasarana pembangunan kepada posisi kesejahteraan yang baik. Ditandai Tahun 2019 angka pertumbuhan ekonomi berada di 4, 78%. Kemudian data BPS menunjukkan 5 Tahun terakhir angka kemiskinan menurun dari 7, 11 % pada 2015 menjadi 6,47 % pada 2019" ujar bupati.

Bupati Tebo, Sukandar saat menyampaikan sambutan

Untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Bupati Sukandar memaparkan upaya Pemerintah Kabupaten Tebo dengan mendorong sektor strategis, penguatan ketahanan pangan dan peningkatan produksi pertanian serta membangun jaringan infrastruktur yang mendorong stimulasi ekonomi.

Bupati Sukandar juga memaparkan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang dapat dilihat dari Indeks Pembangunan Manusia yang meningkat dari 68, 67% pada tahun 2018 menjadi 69,02 pada tahun 2019. IPM tersebut dicapai dengan usaha perbaikan di bidang pendidikan, kesehatan dan teknologi.

Paripurna berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan

Diakhir sambutannya, meskipun perayaan HUT Kabupaten Tebo ditengah pandemi, Bupati Sukandar mengajak untuk tidak menyurutkan semangat dalam membangun.

Kemudian bupati juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para pendiri dan penggagas serta para bupati dan wabup yang telah memimpin sebelumnya sehingga rangkaian pembangunan dapat terlaksana pada hari ini.

"Kita tahu, proses pembangunan merupakan suatu yang berkelanjutan dan saling berkaitan dari awal berdiri. Saya atas nama pribadi dan pemerintah mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pemimpin terdahulu." ujarnya.

Penyerahan dokumen antara DPRD Tebo dan Bupati tebo

Adapun kegiatan yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan tersebut juga dilakukan penyerahan bonus kepada Desa dan Kecamatan yang berprestasi dalam Pajak PBB Tahun 2019.

Penyerahan bonus kepada Desa oleh Bupati Sukandar

Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Syahlan SH beserta istri, Anggota DPR RI Hj. Saniatul Lativa SE MM., Anggota DPRD Provinsi Dapil BUTE, Unsur Forkopimda beserta istri, Sekda, Staf Ahli Bupati dan Asisten Sekda, Kepala OPD, Bagian Setda, Ketua MUI dan LAM serta Instansi Vertikal. (Tim Liputan).

VIRAL! Pedagang Bakso Ditendang Seorang Pembeli Bermobil Sampai Terpental

KOA JAMBI - Sebuah insiden tidak mengenakkan menimpa seorang pedagang bakso keliling di kota Jambi. Pedagang bakso yang akrab dipanggil bakso Pak Nasib tersebut harus menahan rasa sakit lantaran mendapat perlakuan kasar dari pembelinya.

Tubuhnya yang mungil seketika terpental saat dadanya ditendnag oleh seorang laki-laki bermobil yang sempat membeli baksonya. Aksi tidak terpuji dankejam pelaku terekam camera CCTV dan viral di media sosial instagram.

Status Siaga Karhutla Tetap Diperpanjang, Masih Ada Potensi Titik Panas

JAMBI - Perpanjangan masa status siaga Karhutla di Provinsi Jambi untuk yang ketiga kalinya itu, dilakukan mengingat masih banyaknya potensi titik panas ataupun hotspot yang bisa saja klimatologi dan geofisika Sultan Thaha Jambi. Khususnya,  yang bisa terjadi di kawasan gambut yang tersebar di beberapa wilayah di provinsi Jambi.

BKKBN Provinsi Jambi Sosialisasikan Pencegahan Stunting di Desa Purwodadi

TANJAB BARAT (SR28) - BKKBN Perwakilan Provinsi Jambi mengadakan Sosialisasi Penyiapan Generasi Emas dalam Rangka Penurunan Stunting kepada ibu hamil dan yang memiliki anak di bawah dua tahun di Desa Purwodadi Kecamatan Tebing Tinggi yang dinyatakan sebagai desa locus stunting oleh BKKBN Perwakilan Provinsi Jambi, Senin (10/08).

Kegiatan ini dilakukan di Gor Olahraga Desa Purwodadi yang dihadiri oleh Camat Tebing Tinggi, Perangkat Desa Purwodadi, BPD Purwodadi, Kepala Puskesmas Purwodadi dan Dinas P3AP2KB Tanjung Jabung Barat serta Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang berkolaborasi dengan BKKBN Provinsi Jambi dalam memberikan sosialisasi pencegahan stunting.

Kepala Desa Purwodadi, Jayus menyatakan bahwa perlu adanya intervensi dari berbagai pihak dalam mengatasi kejadian stunting di desa nya tersebut. Selain itu Kepala Desa Purwodadi juga menghimbau kepada peserta sosialisasi untuk dapat memenuhi kebutuhan gizi dari anak-anak nya dan dapat memanfaatkan hasil perkebunan yang diproduksi dari desa Purwodadi.

Dalam penyuluhannya, Koordinator Bidang Keluarga Sejahtera sebagai pemateri dari BKKBN Provinsi Jambi mengungkapkan bahwa stunting bukan hanya gagal tumbuh kembang anak secara fisik, tetapi lebih dikhawatirkan hari ini gagal tumbuhnya perkembangan otak, karena perkembangan otak ditentukan oleh asupan gizi, nutrisi yang tepat pada saat hamil, pengasuhan yang baik dan benar dan pendidikan pada usia bawah dua tahun (Baduta).

Beliau juga mengungkapkan bahwa pencegahan stunting dapat dilakukan dengan mengikuti Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) yang ada di Desa tersebut. “Bina Keluarga Balita (BKB)” bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orangtua untuk mengasuh serta membina tumbuh kembang anak. Upaya tersebut melalui kegiatan stimulasi fisik, mental, intelektual, emosional, spiritual, sosial dan moral sehingga sangat berperan dalam melakukan pencegahan stunting, saya berharap ibu-ibu yang ada disini dapat mengikuti kelompok kegiatan BKB ini, harapnya.

“Dengan sosialisasi tersebut diharapkan dapat menciptakan keluarga yang lebih berkualitas dengan menekan angka stunting, kematian ibu dan anak, angka kemiskinan, angka gizi buruk, dan masalah lainnya,” ujar Sri. (Muhammad Sidik)

Latest News

Bikin Panik Angin Puting Beliung Terjang Waduk Gajah Mungkur Di Wonogiri

Klik video dibawah untuk menonton berita selengkapnya. https://www.youtube.com/watch?v=IjhNWnaBWIM&feature=emb_title

Bupati Tanjabbar Hadiri Acara Peresmian Koramil 419-03 Tungkal Ilir

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjab Barat Dr.Ir.H.Safrial didampingi Wabup Drs.H.Amir Sakib Kamis (21/01/21) Hadiri Acara Peresmian Kantor Koramil 419-03 Tungkal Ilir...

Satpam Tenggelam Di Sugai Batanghari Ditemukan Tanpa Nyawa

Klik video dibawah untuk menonton berita selengkapnya. https://www.youtube.com/watch?v=g5NM1l0TCu0&feature=emb_title

Belum Ada Sanksi Bagi Masyarakat Jambi Yang Menolak Divaksinasi

Klik video dibawah untuk menonton berita selengkapnya. https://www.youtube.com/watch?v=p4ya9PKXxPo&feature=emb_title

Tak Gunakan Masker, 20 Orang Warga Kota Jambi Terjaring Operasi Yustisi

Klik video dibawah untuk nonton berita selengkapnya. https://www.youtube.com/watch?v=QF_Kz28jfKE&feature=emb_title

Music

Pemkot Jambi Minta Kementerian Keuangan RI Segera Hibahkan Rusun

KOTA JAMBI - Hingga kini, Pemerintah Kota Jambi belum dapat memanfaatkan secara maksimal rumah susun yang dibangun oleh Kementerian PUPR. Padahal, rumah susun yang terletak persis di belakang rumah sakit umum Abdul Manap itu telah dibangun sejak 3 tahun yang lalu.

Menyikapi hal ini, pemerintah kota Jambi secara langsung meminta Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jambi agar dapat mengkomunikasikan kepada Dirjen Kekayaan Negara untuk segera melakukan proses penghibahan terhadap aset negara tersebut ke tangan Pemerintah Kota Jambi. Pasalnya, proses penghibahan aset negara yang telah dibangun Kementerian PUPR tersebut tidak bisa serta merta dapat dihibahkan ke Pemerintah Kota Jambi.

Pemkot Jambi Izinkan Peringatan Maulid Nabi di Rumah Ibadah dengan Mengikuti Protokol Kesehatan

KOTA JAMBI (SR28) - Pemkot Jambi mengizinkan rumah ibadah untuk menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 Hijriah dengan catatan mengikuti panduan yang telah ditetapkan.

Siap-siap! Pemprov Jambi Segera Terbitkan Perda Sanksi Bagi Pelanggar Protokol Kesehatan

JAMBI (SR28) - Perda tersebut nantinya akan menjadi payung hukum bagi pemerintah maupun tim Yustisi Satgas Penanganan Covid-19 di seluruh kabupaten kota se Provinsi Jambi untuk menjalankan tugas penegakan disiplin protokol kesehatan. Termasuk, pemberians ankso hukum bagu masyarakat yang masih saja melanggar Perda protokol kesehatan tersebut.

Bupati Tanjabar Safrial MS Salurkan Bantuan Sosial Beras Untuk PKH

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr. Ir. H. Safrial MS serahkan langsung secara simbolis Bantuan sosial beras (BSB) Tahun 2020 kepada perwakilan keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (PKH) Di Gudang Bulog Kuala Tungkal, Selasa(20/10).

Disampaikan Kadis Sosial Drs. Syarifudin MM dalam laporannya, bantuan beras kepada keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (KPM PKH) ini, diperentukan bagi keluarga harapan yang terdampak covid 19 yang mencapai 11. 435 KPM.

"Beras yang disiapkan yaitu kualitas premium dengan kemasan 15 kilogram, dan penyaluran bantuan sosial tersebut akan dilaksanakan selama tiga bulan terhitung sejak Agustus sampai Oktober 2020," jelas Syarifudin.

Sementara itu Bupati H. Safrial dalam sambutannya berharap bantuan ini dapat mengurangi beban masyarakat, khususnya yang terdampak pandemi covid 19. Namun, Bupati juga ingatkan kepada masyarakat untuk tetap produktif selama masa pandemi.

"Kita berharap dengan bantuan ini dapat mengurangi beban ekonomi, yang paling penting kita tekankan, selain bantuan ini kita harus bekerja, karena di era new normal ini kita harus bekerja, ekonomi berjalan dan kesehatan harus dijaga" katanya

Bupati H. Safrial juga menghimbau masyarakat untuk selalu patuhi protokol kesehatan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari, terlebih dengan adanya Perda yang mengatur tentang pelaksanaan dan penerapan protokol kesehatan di masyarakat.

"Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tanjab Barat untuk selalu patuhi protokol kesehatan apalagi kita sudah ada perda tentang Covid 19, artinya jika ada Peraturan Daerah pasti ada sanksinya, jadi saya berharap masyarakat betul-betul menyadari Covid 19 ini sangat berbahaya maka Protokol kesehatan harus dilaksanakan" tegas Bupati.

Ditanya soal persedian Beras di Gudang Bulog , Bupati Safrial langsung Gudang Beras Bulog mengatakan, persedian beras yang tersedia di Gudang Bulog diperkirakan cukup untuk 3 bulan kedepan."hadir dalam acara ini, Para Kepala OPD, Camat, Ka Bulog, Masyarakat Penerima Bantuan serta tamu undangan lainnya. (Sabri)

Jika ASN Kedapatan Langgar Pemilu, Pemprov Jambi Serahkan ke Bawaslu

JAMBI (SR28) - Pemprov Jambi telah memberikan komitmen untuk menyerahkan seluruh proses pelanggaran pemilu yang diakukan oleh ASN apabila nantinya dalam proses masa kampanye ini ada ASN yang terbukti melakukan pelanggaran.

Nonton berita menarik lainnya di JAMBI28.TV

Culture

- Advertisement -

Masjid Istiqlal Bersolek, Tampung Hingga 200 Ribu Jemaah

JAKARTA - Setelah 42 tahun berdiri, Masjid Istiqlal kini bersolek lebih megah setelah direnovasi besar-besaran oleh Kementerian PUPR dengan biaya Rp475 miliar. Inilah wajah terbaru masjid terbesar di Asia Tenggara berkapasitas 200.000 jamaah itu.

Wajah baru masjid Istiqla, masjid tebesar di Asia Tenggara mampu menampung hingga 200 Ribu Jemaah

LSM Petisi: Hasil Kerja Pembangunan Sarana Dan Prasarana MTQ Didesa Tungkal 1 Tanggung Jawab PPK-PPTK

KUALA TUNGKAL (SR28) – Terkait hasil kerja pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tingkat Provinsi Jambi yang berada di Desa Tungkal 1 Kecamatan...

Sambut Kunker Danlanal Palembang, Bupati Paparkan Program Strategis Kemaritiman

KUALA TUNGKAL (SR28) - Sambut langsung Kunjungan Kerja Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Palembang, Kolonel Laut (P) Filda Malari, CTMP di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial MS  memaparkan capaian dan programnya dalam bidang kemaritiman, Kamis (17/09).

Dalam silaturahmi dan makan malam bersama Danlanal, Forkopimda dan Kepala OPD yang dilaksanakan di Rumah Dinas Bupati itu, Bupati juga sampaikan secara singkat tentang Kabupaten Tanjab Barat serta program-program yang telah dilaksanakan terutama di bidang kemaritiman.

"Kabupaten Tanjung Jabung Barat berada di pesisir timur dan sekaligus menjadi pintu gerbang laut Provinsi Jambi. Terdiri dari berbagai kultur etnis dan agama, namun tetap hidup berdampingan dengan damai. Kami punya kelurahan kerukunan umat beragama dan kampung pancasila," ujar Safrial mengawali sambutan.

Lanjut Bupati,"Sebagai sekretariat pengelolaan pantai timur sumatera kami juga gerakkan daerah pesisir timur untuk menanam mangrove. Pada tanggal 26 Juni 2020 juga sudah diresmikan penggunaan gedung baru Pos TNI AL Kuala Tungkal sekaligus penyerahan simbolis Barang Milik Daerah (BMD) dari Pemkab Tanjab Barat ke Pangkalan TNI AL Palembang senilai 1,9 milyar," tambahnya.

Bupati Safrial juga berharap rencana strategisnya untuk membangun Pangkalan TNI AL di Kuala Tungkal bisa terwujud.

"Mengingat letak strategis Tanjab Barat, kami berharap Bapak Danlanal dapat melakukan kanjian mendalam tentang rencana ini dan Pemkab siap mendukung rencana tersebut. Kami sudah siapkan lahan 2 hektar untuk Lanal dan 2 hektar untuk Bakamla," jelas Bupati penuh semangat.

Sementara Komandan Pangkalan TNI AL dalam sambutannya mengungkapkan kunjungan kerjanya ke Tanjab Barat karena Jambi merupakan bagian Lanal Palembang. Sebagai pejabat baru dirinya harus tahu wilayah yang jadi tanggung jawab Lanal Palembang. Dengan kunker ini Danlanal berharap bisa lebih dekat dengan pejabat di Tanjab Barat.

"Dengan kunker ini Lanal Palembang berusaha maksimal membangun negeri," ujarnya.

Turut hadir dalam jamuan makan malam bersama Danlanal, Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto, Kapolres AKBP Guntur Saputro, S.IK, MH, Sekda Ir. Agus Sanusi, M.Si, Kepala OPD lingkup Pemkab Tanjab Barat. (Sabri)

- Advertisement -

Must Read

Pemprov Jambi Terima Piagam WTP dari Kementerian Keuangan RI

JAMBI (SR28) - Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi Ir.Restuardy (Ardy) Daud,M.Sc menerima piagam WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jambi, Supendi, bertempat di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa (20/10/2020) sore.

Ada dua penghargaan yang diterima Pjs.Gubernur Jambi, yakni penghargaan WTP atas laporan keuangan Pemerintah Provinsi Jambi tahun 2019 dan penghargaan WTP 5 (lima) tahun berturut-turut, tahun 2015 – 2019.

Penghargaan tersebut telah diumumkan dalam Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2020, yang dilaksanakan secara virtual oleh Kementerian Keuangan RI pada Selasa (22/9/2020).

Dalam Rakernas tersebut dilaksanakan pemberian penghargaan kepada entitas pelaporan peraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian 10 kali berturut-turut atas pelaporan keuangan tahun 2010 – 2019, peraih opini WTP 5 kali berturut-turut atas pelaporan keuangan tahun 2015 – 2019, dan peraih opini WTP tahun 2019. Provinsi Jambi menerima penghargaan peraih opini WTP 5 (lima) kali berturut-turut atas pelaporan keuangan tahun 2015 – 2019.

Penghargaan Opini WTP 5 kali berturut-turut yang baru diterima dari Menteri Keuangan itu atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) tahun 2015 - 2019, namun kalau secara keseluruhan, Pemerintah Provinsi Jambi telah 8 (delapan kali) menerima Opini WTP, dan itu berturut-turut. Opini WTP ke-8 kalinya diterima oleh Pemprov Jambi pada 30 Juni 2020.

Kronologi Gubernur DKI Anies Baswedan Terpapar Covid-19

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkonfirmasi positif terpapar virus corona setelah menjalani tes swab PCR. Dalam video yang diunggah di akun instagram resminya Selasa (1/12/2020) pagi, Anies menyatakan positif Covid-19 dari hasil tes pada Senin (30/11) kemarin.

Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Ajukan Pembelian 15 Ribu Unit Alat Rapid Test

JAMBI (SR28) - Guna mnegoptimalkan penanganan Covid-19 di Jambi. Dinas Kesehatan Provinsi Jambi kembali mnegajukan 15 ribu unit alat Rapid Test. Hal tersebut dilakukan pada pengajuan ke empat penggunaan anggran refocusing.

Dinkes ajukan pembeloan 15 ribu rapid test

Puluhan Ribu Massa Sambut Kedatangan Habib Rizieq Shihab di Bandara 3 Soetta

TANGERANG (SR28)- Hari ini (10/11) tepat pukul 09.00 WIB, Pesawat Saudi Arabian yang dinaiki Habib Rizieq mendarat di Bandara Soekarno Hatta. Baik didalam maupun diluar bandara terlihat ribuan massa memadati lokasi dimana imam besar FPI itu akan menaiki kendaraannya.

Kedatangan Habib Rizieq sendiri juga turut mendapat pengawalan dari ribuan TNI dan POLRI. Jumlah ini diterjunkan untuk memastikan massa yang jumlahnya mencapai ratusan ribu dalam keadaan tertib.

Sesampainya di Terminal 3 Soetta, Habib Rizieq tampak langsung menaiki mobil berwarna putih dan dikawal ribuan laskar.

"Allahuakbar, Allahuakbar, Allahuakbar" pekik Habib Rizieq kepada puluhan ribu massa yang menjemputnya.

Fachrori Salurkan JPS Covid-19 Tahap II Untuk Masyarakat Batang Hari

BATANGHARI (SR28) - Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar, M.Hum, selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi menyalurkan bantuan tahap kedua Jaring Pengaman Sosial (JPS) Covid-19 untuk 275 Kelompok Penerima Manfaat/KK, berbentuk sembako dan uang tunai bagi masyarakat yang sangat terdampak wabah Covid-19, di Kantor Camat Maro Sebo Ilir Kabupaten Batang Hari, Senin (20/7/20).

Fachrori mengharapkan, bantuan bagi masyarakat yang sangat terdampak Covid-19 sudah memasuki tahap kedua khususnya daerah Batang Hari, dapat meringankan beban kebutuhan pokok masyarakat. "Sejak merebak wabah Covid-19 dan akhirnya kita mulai adaptasi kebiasaan baru dengan jaga jarak, hindari kerumunan, cuci tangan, gunakan masker, yang bertujuan antisipasi penyebaran Covid-19," ungkap Fachrori.

Penyaluran Jaring Pengaman Sosial Covid-19 oleh Pemerintah Provinsi Jambi dengan mempertimbangkan risiko terjadinya tumpang tindih dan ketidaktepatan sasaran menjadi bentuk serta menjadi kontribusi Pemerintah Provinsi membantu Kabupaten/Kota. "Saat ini, mari bahu-membahu membantu masyarakat yang kurang mampu," harap Fachrori.

Alokasi anggaran dalam penyediaan bantuan kesehatan dan Jaring Pengaman Sosial bagi masyarakat yang terdampak atau memiliki risiko sosial akibat Covid-19 sebanyak 30.000 KK telah diberikan untuk masyarakat, dengan bantuan pengawasan dan pengawalan dari pihak TNI dan Polri serta aparat hukum guna menghindari kesalahan administrasi dan keterlambatan distribusi.

Bupati Batang Hari H.Syahirsah menyampaikan, beberapa sumber bantuan sosial tunai telah disalurkan terhitung bulan April dengan Dana Desa sebesar Rp600 ribu sementara dari Pemerintah Kabupaten ada Bantuan Batang Hari Tunai. "Bantuan Batang Hari Tunai kita harapkan menjadi bantuan yang paling terakhir menutupi semua bantuan yang telah diberikan," ujar Syahirsah.

Syahirsah menyampaikan terima kasih atas kedatangan Gubernur Jambi yang menyalurkan bantuan kepada masyarakat khususnya di Kecamatan Maro Sebo Ilir.

Sementara itu Kadis Sosial, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jambi Arif Munandar melaporkan, JPS Covid-19 berbentuk paket sembako disalurkan Bulog serta uang tunai melalui PT Pos, saat ini telah memasuki tahap kedua dalam menghadapi bencana Covid-19 dengan beberapa jenis bantuan PKH, Bantuan Sosial Tunai dari Kabupaten/Kota serta Dana Desa termasuk Pemerintah Provinsi Jamb, hingga saat ini ada bantuan dari perikanan. "Melaksanakan JPS sudah mulai dari bulan Mei-Juni-Juli dan ini sudah tahap kedua melaksanakan distribusi, kita targetkan tiga hari mulai tanggal 24-27 Juli," kata Arif Munandar.

Arif Munandar menyampaikan, dari 30 ribu KPM yang diperkirakan sejak awal wabah terjadi dapat diberikan bantuan sesuai SK Bupati/ Wali Kota sebanyak 27.731 KPM dengan realisasi 98,35 persen atau ada 457 KPM yang tidak mendapat bantuan. "Ada data tumpang tindih hingga dikembalikan ke pemerintah, sedangkan untuk Kabupaten Batang Hari tahap pertama sebanyak 1.124 KPM untuk tahap kedua ketiga 3.371 KPM," jelas Arif Munandar.

Penyaluran Jaring Pengaman Sosial Covid-19 juga didampingi Forkopimda Kabupaten Batang Hari serta para pejabat lingkup Pemerintah Provinsi Jambi. (Sidik)

Belum Ada Sanksi Bagi Masyarakat Jambi Yang Menolak Divaksinasi

Klik video dibawah untuk menonton berita selengkapnya. https://www.youtube.com/watch?v=p4ya9PKXxPo&feature=emb_title

Lifestyle Magazine

Ditinggal Mati Gajah Betina, Gajah Jantan Milik Taman Rimba Jambi Kini Dilanda Stres

JAMBI (SR28) - Selepas kepergian Yanti (Gajah Betina), Alfa (Gajah Jantan) pasangan gajah betina tersebut kini mengalami stres. Lantaran, selama beberapa tahun terakhir selalu hidup berdampingan sebagai pasangan.

Update Data Corona di Provinsi Jambi Per 3 Agustus 2020

JAMBI - Juru Bicara Gugus Tugas penanganan Covid-19 Johansyah menyampaikan update data Corona Provinsi Jambi per 3 Agustus 2020.

Sumber: JAMBI28 TV

Status Siaga Karhutla Masih Diperpanjang Hingga Akhir Oktober

JAMBI (SR28) - Satuan tugas kebakaran hutan danlahan (Karhutla) hingga akhir bulan Oktober berdasarkan data sepanjang tahun 2020 ini sudah ada sebanyak 200 Hektare lahan terbakar.

Nah Loh, Bawaslu Kota Jambi Masih Temukan Data Pemilih Ganda

KOTA JAMBI (SR28) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Jambi masih mendapati banyaknya temuan data pemilih ganda jelang penetapan DPT ini. Selain itu, terjadi ketidak singkronan data di lapangan antara Panwascam dan PPK.

Tak Terima Kena Razia, Warga Bungo Ini Ajak Duel Pol PP

BUNGO (SR28)- Guna memutus mata rantai Covid-19 di Kabupaten Bungo, tim Tim gabungan Satgas Covid-19 Kabupaten Bungo yang berasal dari jajaran TNI, POLRI, SATPOL PP, DISHUB, dan BPBD terus menggelar operasi yustisi. Operasi ini digelar dalam rangka penegakkan disiplin protokol kesehatan covid-19.

Saat razia digelar, petugas masih menemukan banyak warga yang membandel dengan tidak menggunakan masker dan menjaga jarak. Padahal saat ini wilayah kabupaten bungo telah memberlakukan jam malam lantaran masih masuk dalam zona oranye.

Salah satu kejadian yang menyita perhatian masyarakat sekitar lokasi razia adalah saat ada 2 pemuda yang diperkirakan merupakan warga sekitar membantah intruksi-intruksi yang dikeluarkan oleh tim gabungan. Mereka tidak terima dirazia dan dikenakan hukuman push up. Sontak, kejadian itu membuat petugas menjadi bersitegang bahkan hingga nyaris baku hantam dengan 2 pemuda yang mengendarai kendaraan roda dua tersebut.

"Kami adolah masker, cuma dak tepake bae, lupo.. ai kau ni siapo. aku tingok namo kau, besok aku cari kau" ujar salah satu pemuda yang terjaring razia tersebut sembari menantang aparat dari Pol PP.

Meski terjadi cekcok panas, namun pemuda tersebut akhirnya menuruti perintah petugas dengan melakukan push up sebanyak 10 kali.

Razia tersebut dilakukan dikawasan pasar bawah Kabupaten Bungo pada Rabu malam (14/10).
Dalam razia tersebut, petugas gabungan mendapati 79 warga yang belum mengenakan masker saat berada dikeramaian.

Video News

- Advertisement -

Jambi28TV Sukses Gelar Podcast Bersama Fahri Hamzah

KOTA JAMBI (SR-28)- Nama  Fahri Hamzah tentu tidak asing dikalangan politisi, jurnalis, aktivis dan masyarakat Indonesia secara umum.  Dia dikenal sebagai salah satu politisi tanah air yang kritis, berani dan senantiasa menelurkan ide cerdas serta melawan arus ditengah gonjang-ganjing kebijakan yang akan dan telah diambil oleh Pemerintah yang berkuasa.

Fahri Hamzah dalam berbagai isu politik  juga sempat diisukan akan bergabung dengan partai lain.  Bahkan dia juga sempat ditawari untuk mengakuisisi partai yang sudah ada dengan sederet fasilitas kemudahan. Namun pria kelahiran NTB itu memilih jalan juang sendiri.  Bersama rekan sejawatnya Anis Matta, dia mendirikan partai politik baru yang dinamai Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora Indonesia).

Berbekal pengalaman menjadi aktivis mahasiswa dan belasan tahun membesarkan partai tempat dia bernaung sebelumnya, Partai Gelora kian melesat meski baru di tahun pertama pendiriannya.

Bahkan, Fahri menyebut Partai Gelora adalah partai yang tumbuh secara digital dan menempatkan diri sebagai partai yang mudah diakses oleh siapapun untuk bisa bergabung, terutama milenial yang akrab dengan gawainya.

Pada hari minggu (1/11), Fahri Hamzah mendarat ke negeri Sepucuk Jambi Sembilan Lurah. Fahri menyebut ini adalah lawatannya dalam berbagai hajat, mulai dari dukungan politik, acara keluarga hingga menjadi narasumber di media tv online lokal Jambi, JAMBI28TV.

Dalam acara podcast yang berlangsung 36 menit tersebut, Fahri Hamzah didapuk menjadi narasumber disandingkan dengan Ketua DPW Gelora Jambi, Mahyudi.

Diskusi podcast tampak sangat hidup tatkala Yandrik Ershad yang menjadi Host terus mengangkat isu-isu terkini terkait peran-peran milenial dalam konstalasi perannya terhadap negara.

Berikut videonya

https://youtu.be/qgov2g52_eU

Wakil Bupati Tanjab Barat Hadiri Dua Paripurna Sekaligus

KUALA TUNGKAL (SR28) - Wakil Bupati Tanjab Barat Drs. H. Amir Sakib hadiri rapat paripurna DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan agenda penyampaian laporan Pansus 1 dan Keputusan DPRD terhadap 2 Raperda Kabupaten Tanjab Barat dan dilanjutkan pidato penyampaian Nota Keuangan dan Ranperda Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020, Selasa (15/9) di ruang paripurna DPRD Tanjab Barat.

Membacakan sambutan Bupati, Wabup mengapreasiasi penyampaian laporan Pansus 1 DPRD Tanjab Barat yang dilanjutkam dengan persetujuan penetapan  keputusan DPRD terhadap 2 rancangan peraturan daerah inisiatif kepala Daerah menjadi Peraturan Daerah tentang perubahan ketiga atas perda No. 6 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah dan Raperda  tentang Penegakan Protokol Kesehatan Cirona Virus Diseases 2019.

Disampaikan Wabup Ranperda tentang Pajak Daerah, pada tahap selanjutnya akan di evalusi oleh Gubernur Jambi melalui Biro Hukum Setda Provinsi Jambi dan hasil evaluasi tersebut akan diteruskan ke Kemendagri guna dilakukan evaluasi.

Selanjutnya dalam penyampaian Nota Keuangan dan Ranperda Perubahan APBD Tahun anggaran 2020, Wabup mengatakan Pemkab Tanjung Jabung Barat saat ini telah berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan percepatan pelaksanaan pembangunan melalui berbagai upaya diantaranya proses penyusunan perubahan APBD Tahun Anggaran 2020 yang dalam penyusunannya diprioritaskan untuk menyelesaikan program kegiatan pemerintah daerah yang masih belum terealisasi sebagaimana yang tercantum dalam dokumen perencanaan pembangunan daerah RPJMD 2016-2021.

"Alokasi Perubahan APBD Tahun 2020 sebagian besar diarahkan untuk program dan kegiatan yang strategis dan kreativitas dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar masyarakat antara lain di bidang infrastruktu, kesehatan, pendidikan dan perekonomian.  Untuk mewujudkan program kegiatan dimaksud perlu komitmen yang kuat dan pandangan yang searah nantinya antara Pemerintah Daerah dan DPRD untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang maju adil dan makmur martabat dan berkualitas," tutup Wabup.

Wabup berharap nantinya dalam pembahasan ini dapat berjalan lancar dan menghasilkan keputusan yang lebih baik dan berkualitas dalam upaya membangun Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Tanjab Barat Ahmad Jafar didampingi Wakil Ketua DPRD Sjafril Simamora turut dihadiri Sekda Ir. H. Agus Sanusi, Para Asisten, dan Kepala OPD lingkup Kab. Tanjab Barat. (Sabri)

Ditangkap di Lampung Terkait Prostitusi Online, Intagram Artis VS Diserbu Netizen

JAKARTA - Seperti diketahui, artis VS ditangkap oleh Satreskrim Polresta Bandar Lampung pada 28 Juli 2020 malam atas kasus prostitusi online. VS ditangkap bersama dua orang yang diduga mucikari di sebuah hotel berbintang di Bandar Lampung.

Nama Vernita Syabila kini pun tengah jadi perbincangan hangat publik. Instagram Vernita pun kin diserbu netizen.

Salah satu unggahan teranyar Vernita pun menjadi sorotan netizen. Dia membagikan video dirinya dengan mencantumkan lokasi di Pontianak, Kalimantan Barat. Tak hanya itu, Vernita juga membagikan suasana di sebuah hotel.

Unggahan teranyar Vernita di akun instagramnya @vernitasyabila

Beberapa netizen pun menduga bahwa lokasi yang dicantumkan oleh Vernita hanya pengalihan. Ada yang menilai bahwa suasana hotel yang dibagikannya itu mirip seperti hotel yang ada di kawasan Bandar Lampung.

"Haha. Makanya, update lokasi di Pontianak, tapi suasananya di N***tel Lampung," komentar netizen lainnya. (Okezone)

Pegawainya Ada yang Positif Covid 19, RSUD Raden Mattaher Jambi Panik

KOTA JAMBI (SR28)- Usai salah satu pegawainya terkena Covid 19, manajemen RSUD Jambi melakukan sederet kebijakan penutupan layanan kesehatan bagi masyarakat. Melalui Surat Edaran yang dikeluarkan hari ini, Direktur RSUD Raden Mattaher Jambi dr.Ferry resmi menutup sejumlah layanan kesehatan seperti Poliklinik, Kamar Pelayanan Elektif serta memerintahkan agar pejabat yang berusia diatas 50 tahun agar bekerja dari rumah.

Berikut visualisasi lengkap dari Surat Edaran tersebut.

Jurnalis Muhammad Sidik

Seorang Anak Tega Habisi Nyawa Orang Tua Kandung

MUARO JAMBI - Seorang  anak berinisial RD (40) tega membunuh ibunya berinisial WT (65) dan menganiaya ST, ayahnya yang sudah renta. Peristiwa ini terjadi di Desa Penyigat Olak, Kecamatan Jalulo, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi, Kamis malam  (10/2020) sekira pukul jam 22.00 WIB.

Peristiwa tragis anak kandung yang membunuh ibu dan melukai ayahnya itu sontak membuat geger warga setempat.

Pilkada Di Masa Pandemi, Pemkab Tanjabbar Gelar Rakor Penegakan Hukum Protokol Kesehatan

KUALA TUNGKAL (SR28) - Gelaran Pilkada Serentak 2020 yang berlangsung di masa pandemi Covid-19 harus dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan. Untuk itu Pemkab Tanjab Barat mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Penegakan Hukum Protokol Kesehatan pada Tahapan Pilkada Serentak 2020 di Balai Pertemuan Kantor Bupati yang dibuka oleh Sekretaris Daerah, Ir. H. Agus Sanusi M,Si, Kamis (17/09).

Sekda Tanjabbar H. Agus Sanusi saat membacakan sambutan Bupati mengatakan Pemilihan Kepala Daerah tahun ini berbeda dengan pemilihan sebelumnya. Pandemi Covid-19 membuat penyelenggara pilkada 2020 memasuki babak baru, sempat tertunda namun akhirnya tetap dilaksanakan pada tanggal 9 Desember mendatang dengan berbagai penyesuaian yang baru.

"Protokol kesehatan yang akan dijadikan salah satu regulasi pada pilkada tahun ini adalah menjadi salah satu kewajiban moral yang harus selalu kita ingatkan kepada masyarakat dan para pendukung masing-masing pasangan bakal calon," ujarnya.

"Kita berharap pilkada berlangsung Aman, Damai dan semua sehat, bukan hanya pilkadanya sukses tapi cluster Covid 19 dapat dikendalikan." melalui pertemuan ini diharapkan dapat diperoleh rumusan yang komprehensif, konkret dan antisapasif dalam mewujudkan sukses pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat yang bebas dari Cluster Covid 19.'Mengakhiri sambutannya Sekda mengajak untuk saling menjaga stabilitas politik, ekonomi, sosial budaya serta ketentraman dan ketertiban masyarakat ditengah pandemi Covid-19," timpalnya.

Sebelumnya Kepala Kesbangpol Tanjab Barat, Drs. R. Azis Muslim M.AP menyampaikan Rakor ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Kemendagri tanggal 14 September 2020 perihal pelaksanaan Rapat Koordinasi Penegakan Hukum Protokol Kesehatan di wilayahnya untuk menekan penyebaran Covid-19 saat menyelenggarakan Pilkada Serentak 2020. Melalui rakor ini diharapkan terbangun komitmen dan persamaan persepsi bersama peningkatan disiplin protokol kesehatan.

Turut serta menjadi pembicara dalam rakor KPU Kab. Tanjab Barat memaparkan PKPU nomor 10 Tahun 2020 tentang perubahan atas Peraturan KPU RI Nomor 6 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil bupati, Walikota/Wakil Walikota serentak lanjutan dalam kondisi  bencana non alam Covid 19.

Kemudian materi dari Bawaslu tentang Peraturan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengawasan, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota serentak lanjutan dalam kondisi bencana non alam Covid 19."Hadir dalam rakor ini, Forkopimda, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Para Kepala OPD, Para Camat serta tamu undangan lainya. (Sabri)

- Advertisement -

Music

Pemprov Jambi Butuh Dukungan Komisi V DPR RI untuk Pembangunan Infrastruktur

JAMBI (SR28) - Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi, Ir Restuardy (Ardy) Daud M.Sc berharap dukungan pembangunan infrastruktur dan transportasi di Provinsi Jambi dari Komisi V DPR RI.

Hal itu disampaikannya saat menerima kunjungan kerja Komisi V DPR RI di Provinsi Jambi, di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin siang, 12 Oktober 2020.

Ardy Daud mengparesiasi kunjungan kerja Komisi V DPR RI ke Provinsi Jambi pada Reses Masa Persidangan I Tahun 2020 – 2021, sebagai perhatian terhadap pembangunan di daerah, sekaligus menjaring aspirasi daerah terkait program dan kegiatan pemerintah.

Ardy mengatakan, pembangunan infrastruktur dan penyediaan sarana prasarana transportasi menjadi salah saru prasyarat penting, untuk meningkatkan daya saing saerah, karena ketersediaan infrastruktur dan sarana prasarana transporttasi yang memadai dapat memperlancar berbagai aktivitas serta menjadi katalisator bagi pergerakan dan perkembangan sektor-sektor lain, dan Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur wilayah serta sarana dan prasarana transportasi.

Ardy Daud mengharapkan dukungan Komisi V DPR RI terhadap pembangunan Kawasan Ekonomi Ujung Jabung, yang diproyeksikan menjadi pusat produksi sekaligus distribusi produk unggulan Provinsi Jambi dan sekitarnya, dengan harapan dapar meningkatkan nilai tambah produk, diversifikasi usaha, dan penyerapan tenaga kerja, serta menjadi kawasan perekonomian andalan Provinsi Jambi di masa depan.

Ardy menjelaskan, pembangunan Kawasan Ujung Jabung diinisiasi sejak 2010. Pemerintah Provinsi Jambi sudah menyiapkan beberapa dokumen dan kerangka legal, penyusunan masterplan, penetapan Perda Kawasan, pembebasan lahan untuk jalan dan Pelabuhan.
Kementerian Perhubungan telah mengalokasikan Rp 231 miliar sejak tahun 2014 sampai 2019, namun saat ini pembangunan pelabuhan terhenti. Kementerian PUPR juga memberikan dukungan dalam pembangunan jalan ke Kawasan Ujung Jabung.

Ardy mengatakan, dukungan pembangunan Jembatan Sungai Rambut sebagai bagian jalan akses menuju Pelabuhan Ujung Jabung juga sangat diharapkan. “Terlebih, kedua kegiatan ini sudah masuk dalam Program Prioritas Nasional dalam RPJMN 2020 – 2024,” ujar Ardy.

Kedua, Pembangunan subbidang Sumber Daya Air, khususnya lanjutan pembangunan prasarana pengendalian banjur Kota Jambi, berupa pembangunan dan Revitalisasi Drainase Utama Kota Jambi, serta lanjutan revitalisasi Danau Sipin Kota Jambi.

Ketiga, untuk sub bisang Keciptakaryaan, prioritas kegiatan adalah penurunan luasan kawasan kumuh perkotaan Jambi, berupa perbaikan kualitas Kawasan kumuh Danau Sipin Kota Jambi, Pembagunan Sistem Pengolahan Air Limbah Kota Jambi, serta Sistem Penyediaan Air Minum untuk Kebupaten Tebo dan Kabupaten Kerinci.

Keempat, untuk sub bidang perumahan, selain kegiatan rutin Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dalam rangka meningkatkan jumlah Rumah Layak Huni di seluruh kabupaten/kota, juga untuk merealisasikan pembangunan Rumah Susun Pekerja RSUD Raden Mattaher Jambi.

Kelima, untuk sub bidang Kebinamargaan, pembangunan jalan ruas Jambi – Muara Sabak agar dapat dituntaskan sepenuhnya. Selain itu, beberapa ruas jalan nasional lainnya serta beberapa jembatan, serta memohon kiranya beberapa ruas jalan kewenangan provinsi dapat ditingkatkan statusnya menjadi jalan kewenangan nasional, sesuai dengan kondisi terkini dan kebutuhan.

Keenam, untuk sektor transportasi, pengembangan bandara-bandara yang ada di Provinsi Jambi, seperti rencana perpanjangan runway Bandara Sultan Thaha, serta pengembangan dan penambahan fasilitas Bandara Depati Parbo Kerinci dan Bandara Bungo.

Selain itu, pembangunan Halte Sungai di Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, serta pembangunan dermaga di Danau Kerinci untuk menunjang transportasi dan pariwisata.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI yang juga Ketua Rombongan Kunjungan Kerja Komisi V, H Syarief Abdullah Alkadrie mengatakan, pembangunan infrastruktur dan peningkatan konektivitas sangat berdampak terhadap semua sektor, termasuk untuk membantu ketahanan pangan.

Syarief Abdullah Alkadrie menngemukakan, pembangunan infrastruktur juga untuk membantu penyerapan tenaga kerja di tengah pandemi.

Syarief minta mitra Komisi V DPR RI yang ikut dalam kunjungan kerja ini menampung usuan-usulan dari Pemerintah Provinsi Jambi.

Usai pertemuan di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Pjs.Gubernur Jambi mendampingi Komisi V DPR RI dan rombongan meninjau prasarana pengendali banjir Kota Jambi di Sungai Tembuku, yang dibangun oleh Kementerian PUPR Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Sumatera VI, dilanjutkan dengan pembangunan jalan ruas Jembatan Batanghari II – Muara Sabak.

Pjs Gubernur Jambi dan rombongan tim Komisi V DPR RI singgah di Candi Muaro Jambi. Gubernur Jambi Periode 2010 – 2015, H Hasan Basri Agus (HBA) yang saat ini menjadi anggota Komisi V DPR RI memperkenalkan Candi Muaro Jambi kepada rombongan Komisi V DPR RI, yang pada tahun 2011 ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia sebagai Kawasan Wisata Sejarah Budaya Terpadu.

Peninjauan Perpanjangan Landasan Pacu Bandara Sultan Thaha

Sebelum pertemuan di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Ardy Daud menyambut kedatangan rombongan Komisi V DPR RI di Bandara Sultan Thaha, yang dilanjutkan dengan peninjauan pembangunan perpanjangan runway (landasan pacu) Bandara Sultan Thaha.

Komisi V DPR RI mendapatkan pemaparan dari pihak Angkasa Pura tentang progres kerja yang dilakukan oleh Angkasa Pura II. Lingkup pekerjaan yang dilakukan adalah perpanjangan runway 2.220 X 45 m menjadi 2.602 X 45m beserta pendukungnya.

Lingkup pekerjaan pendukung yang dilakukan adalah clearing include strip, perbaikan tanah dasar, urug tanah, runway strip dan runway safety area, pekerjaan saluran, pekerjaan flexible pavement, pekerjaan airfield lighting, dan pekerjaan marka.

Tidak hanya akan memperluas terminal dan perpanjangan runway, rencananya sekaligus akan diperluas apron dari eksisting 38.000 meter persegi menjadi 46.500 meter persegi.

Baru Seumur Jagung Jembatan Parit 20 Sudah Retak, Aktivis Minta Kejari Kuala Tungkal Periksa Rekanan dan Oknum PUPR

‌‌KUALA TUNGKAL (SR28) –Peningkatan Jembatan Parit 20 Kecamatan Sebrang Kota yang dibangun dengan Dana APBD Tahun Anggaran 2020 sebesar 5,8 Milyar lebih baru seumur jagung sudah retak dan lentur. Hal ini sangat mengecewakan masyarakat Parit 20.

Pasalnya jalan tersebut belum dilalui mobil dan roda dua namun kondisinya sudah memperihatinkan.‌‌

Dari laporan warga setempat Penigkatan Jembatan Parit 20 itu dibangun dengan tiang pancang sebayak 2 sambung.

"Wajar saja kalau jembatan tersebut lentur sebelum dilalui kendaraan, selain itu juga dari coran beton rekanan mengunakan ari lobak saat mengecor jembatan tersebut, jadi wajar saja kalau jembatan Parit 20 itu retak dan lentur karena hasil kerjanya asal jadi" ungkap JM kepada SR28 kemarin.‌‌

Menyikapi hal tersebut aktivis Tanjab Barat Anand Viqriza,SH.MH, mendesak BPK dan aparat penegak hukum untuk menindaklanjuti hal tersebut.

"Karana menurut saya hal ini sudah merugikan negara, dan ada indikasi  atau melakukan korupsi dengan dikuranginya tiang pancang yang ditanam rekanan, karena setahu saya jembatan Parit 20 yang dibangun oleh rekanan tersebut Dalam BQ  nya itu Rata-Rata Empat sambung bukan 2 sambung,”seloroh Anand Viqriza,SH,MH, Jum’at (06/11) kemarin.‌‌

"Demikian juga Oprit Jembatan yang sudah retak dan itu juga ada idikasi kerugian Negara,karena tidak sesuai juga dengan RAB dan mutu beton serta kepadatan Tembokan OPrit tersebut,hal ini juga kurangan pengwasan dari oknum Dinsa PUPR Tanjab Barat sealama pelaksanaan pekerjaan tersebut,untuk itu kembali kita tekankan kepada Pengak hukum  kejaksaan Negri Kuala Tungkal Jangan Hanya meninjau Saja di 17 jembatan tersebut saat mendampigi Sekda Tanjab Barat kita minta segra dilakukan pemereiksaan terhadap rekanan dan oknum Dinas PUPR,” pungkas Anand Viqriza. (Sabri)

Ribuan Orang di Kota Jambi Kena Sanksi Melanggar Protokol Kesehatan

KOTA JAMBI - Jika dihitung secara keseluruhan, ad asebanyak 5.000 orang di Kota Jambi yang terjaring razia lantaran tidak mneggunakan masker. Hanya saja, tidak semua dari jumlah tersebut mendapat sanksi denda sebesar Rp50.000, lantaran ada yang mendapatkan sanksi disiplin fisik maupun sanksi sosial.

Bahkan, semenjak penerapan sanksi wajib penerapan protokol kesehatan itu di Kota Jambi ada sebanyak 25 tepat usaha yang juga mendapatkan sanksi denda lantaran tak patuhi aturan penerapan protokol kesehatan.

KPU Jambi Lakukan Pemetaan Daerah Minim Jaringan Internet

JAMBI - Pihak KPU Provinsi Jambi saat ini tengah melakukan pemetaan terhadap daerah mana saja yang minim atau malah tak terjangkau jarngan internet. Lantaran, kesuksesan penggunaan aplikasi Si Rekap ini, tentunya menuntut hadirnya jaringan internet untukbisa mengirimkan laporan hasil penghitungan surat suara pilkada serentak 2020 dari keseluruhan TPS di Provinsi Jambi.

Sport News

Blak-Blakan Wakil Rektor UNJA Terpapar Virus Corona

JAMBI (SR28) - Wakil Rektor 3 Universitas Jambi (UNJA) Teja Kaswari secara blak-balkan menceritakan bahwa dirinya positif terpapar virus corona usai dilakukan uji swab. Teja mengatakan jika ia sempat memeriksakan kesehatan di Rumah Sakit Kambang, dan juga mendapat perawatan di Rumah Sakit Theresia.

Nah Loh, Bawaslu Kota Jambi Masih Temukan Data Pemilih Ganda

KOTA JAMBI (SR28) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Jambi masih mendapati banyaknya temuan data pemilih ganda jelang penetapan DPT ini. Selain itu, terjadi ketidak singkronan data di lapangan antara Panwascam dan PPK.

Baru 15 Tahun, Remaja Ini Sudah Lakukan Curnamor di 17 TKP

KOTA JAMBI (SR28) - Seorang remaja berusia sekitar 15 tahun berinisial DS alias Lelek sudah melakukan pencurian kendaraan bermotor di 17 TKP yang berbeda-beda. Sebelum belasan kasus itu terungkap, DS yang melkaukan pencurian di jalan Surya Dharma, Kelurahan Kenali Asam Bawah, Kecamatan Kota Baru, berhasil ditangkap oleh tim Macan dari Polsek Kota Baru, Kota Jambi.

- Advertisement -

Kasus Baru Positif Corona Melonjak, Program Pengetatan Pemkot Jambi Gagal??

KOTA JAMBI (SR28) - Pemkot Jambi secara tegas menolak bahwa kebijakan pengetatan di berbagai bidang yang kembali diberlakukan dianggap gagal dalam mengerem laju penularan virus corona di wilayah Kota Jambi.

Gelar Khitanan Masal Dengan Protokol Kesehatan, Bupati Tanjabbar Apresiasi BAZNAS

KUALA TUNGKAL (SR28) - Kegiatan khitanan massal yang diselenggarakan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kab. Tanjab Barat mendapat apresiasi Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial, MS. Pasalnya, kegiatan khitanan masal yang diselenggarakan di Balai Pertemuan Kantor Bupati ini, diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Atas nama pribadi dan Pemkab Tanjab Barat, saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada panitia pelaksana dan unsur yang terlibat dalam kegiatan ini yang tetap mengedepankan protokol kesehatan," ujar Bupati.

Lebih lanjut, dalam sambutannya Bupati Safrial juga menyampaikan terimakasih kepada Baznas yang tetap berbagi di tengah wabah pandemi covid 19 ini. Bupati juga berharap Baznas ke depannya bisa berbuat lebih banyak lagi dengan kegiatan yang berbeda.

"Terimakasih Baznas Tanjab Barat yang telah berbagi dengan masyarakat kurang mampu, ke depan saya harap bisa dalam bentuk lain mungkin berupa bedah rumah atau pembagian sembako. Ini akan jadi contoh untuk masyarakat lainnya yang memiliki rezki lebih untuk saling berlomba dalam kebaikan," ujar Safrial.

Sebelumnya Ketua Panitia, Drs. Sahrudin Awang dalam laporannya menyampaikan kegiatan khitanan massal ini bertujuan untuk membantu masyarakat miskin dalam melaksanakan kewajiban khitan dan sekaligus sebagai syiar islam oleh Baznas. Menurutnya sudah menjadi cita-cita Baznas untuk dekat dengan masyarakat serta menjalin ukhuwah islamiyah.

"Di tengah pandemi ini kita berupaya melaksanakan sunatan massal dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Setiap anak di beri masker dan face shield. Kemudian juga disediakan hand sanitizer, air dan sabun. Dalam pelaksanaan juga di beri jarak tanpa ada kerumunan," jelasnya.

Sahrudin Awang juga melaporkan khitanan massal diikuti oleh 100 anak dari berbagai kecamatan di Tanjab Barat dengan prioritas keluarga miskin. Kegiatan melibatkan tim medis dengan 25 perawat dan 3 dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Tanjab Barat

Setelah dibuka secara resmi oleh Bupati H. Safrial acara dilanjutkan dengan pemberian paket secara simbolis berupa uang santunan, sarung dan juz 'ama oleh Bupati kepada salah satu anak peserta khitanan massal. (Sabri)

Gawat! Ruang Isolasi di Jambi Penuh Akibat Lonjakan Pasien Covid-19 Terus Bertambah

JAMBI (SR28) - Akibat kasus baru pasein terkonfirmasi positif Covid-19. Ruang isolasi yang sudah disiapkan kini tak lagi mampu menampung pasien. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Jambi kini tengah mneyiapkan beberapa gedun alternatif.

Nonton berita menarik lainnya di JAMBI28 TV

Pemerintah Kota Jambi Beli Alat PCR Covid-19

KOTA JAMBI - Untuk mneingkatkan kualitas penanganan Covid-19. Pemerintah Kota Jambi dalam waktu dekat akan membeli alat PCR termasuk mengaktifkan alat TCM di Rumah Sakit Umum Abdul Manap, Kota Jambi.

TV

Segera Atasi Pencemaran Sungai Batanghari

JAMBI - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI meminta pemerintah Provinsi Jambi untuk serius menangani pencemaran air sungai Batanghari demi kelangsungan ekosistem dan kehidupan.

Ditinggal Mati Gajah Betina, Gajah Jantan Milik Taman Rimba Jambi Kini Dilanda Stres

JAMBI (SR28) - Selepas kepergian Yanti (Gajah Betina), Alfa (Gajah Jantan) pasangan gajah betina tersebut kini mengalami stres. Lantaran, selama beberapa tahun terakhir selalu hidup berdampingan sebagai pasangan.

Banjir Sudah Datang, Status Siaga Bencana Belum Ditetapkan BPBD Jambi

JAMBI - Meski beberapa daerah di wilayah Jambi sudah dilanda banjir. Namun pemerintah provinsi Jambi memilih untuk belum menaikkan status bencana Hidrometeorologi menjadi siaga.

BPBD Jambi menjelaskan belum ditetapkannnya status siaga bencana lantaran curah hujan di awal bulan Desember ini belum terlalu tinggi.

Bupati Safrial Memberikan 2 Lembar Surat Dukungan Ditujukan kepada Presiden RI Agar Perhatikan Honorer Tanjabbar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Forum Honorer Tanjab Barat (FHT) setelah mengantongi surat dukungan dari Ketua DPRD Tanjab Barat bersama Forum Guru Honorer Non Kategori Usia 35 tahun (GTKHNK 35+) menyambangi Bupati Safrial di Rumah Dinas, Selasa (4/8/2020).

Tujuan kedatangan mereka adalah untuk meminta “Garuda Emas” berupa surat dukungan dari Bupati Tanjab Barat agar pemerintah pusat bisa lebih memperhatikan nasib dan masa depan tenaga honorer yang di Kabupaten Tanjab Barat.

Bupati Safrial dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada seluruh tenaga honorer Tanjab Barat.

Diakui bupati peran dan tugas tenaga honorer baik guru, tenaga teknis dan kesehatan ditengah masa Pademi sekarang sangatlah berat.

"Mulai dari tenaga guru yang harus mengajar melalui online (daring) ditengah keterbatasan sinyal internet dan fasilitas pendukung yang kurang memadai sedangkan faktanya tenaga teknis dan kesehatan saling bekerjasama membantu pemeritah dalam hal menegakan protokoler kesehatan diera new normal saat ini.“Jadi ini adalah harapan dan impian kita semua bagaimana pemerintah pusat bisa lebih memperhatikan nasib dan masa depan tenaga honorer,” tegas bupati.

Di hadapan bupati, Ketua Umum FHT Hendra Novariadi, S.Kom juga melaporkan bahwa Forum Guru Honorer Non Kategori Usia 35 tahun (GTKHNK 35+) Tanjab Barat sudah terbentuk pada tanggal 10 Juli 2020 dalam musyawarah yang dihadiri oleh guru honorer tiap kecamatan. Hasilnya terpilih secara aklamasi Adi Saputra Hasibuan, S. H.I sebagai ketua GTKHNK 35+ Tanjab Barat.

Selain itu Hendra  juga menyampaikan aspirasi  seluruh tenaga honorer Tanjab Barat. Saat ini telah terbentuk kepengurusan GTKHNK 35+ di 8 Kabupaten/Kota yang ada di provinsi Jambi diantaranya Tanjab Barat, Kota Jambi, Muaro Jambi, Batanghari, Bungo, Tebo, Kerinci dan Kota Sungai Penuh. Sedangkan untuk 3 Kabupaten masih dalam proses yaitu Tanjung Jabung Timur, Merangin dan Sarolangun.

"Sedangkan  Untuk Tanjab Barat sendiri  sudah diakukan pendataan secara online sejak tanggal 8 hingga 25 Juli 2020. Database tersebut nantinya akan dikirim kepada Presiden RI secara kolektif se-provinsi Jambi dengan disertai surat dukungan/rekomendasi dari Kepala Daerah masing-masing," beber Hendra.

Usai dialog, Bupati Safrial memberikan 2 (dua) lembar surat dukungan yang ditujukan kepada Presiden RI. Surat pertama untuk Guru Honorer Non Kategori Usia 35 tahun yang isinya mendukung hasil RAKORNAS GTKHNK35+ di Jakarta 20 Februari 2020 yang lalu.

Sedangkan surat dukungan yang kedua untuk honorer tenaga teknis dan kesehatan yang isinya agar Pemerintah Pusat melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan KemenPAN-RB melakukan pendataan kembali Tenaga Honorer Non Kategori yang masih aktif dan sudah lama mengabdi minimal masa kerja 5 tahun untuk masuk dalam Database. Kemudian poin kedua, agar Pemerintah Pusat dapat melaksanakan kembali rekrutmen PPPK tahap kedua dengan mengakomodir formasi untuk tenaga teknis.

Atas dukungan tersebut, baik FHT maupun GTKHNK35+ menyampaikan ucapan terima kasih atas kepedulian bupati safrial akan nasib dan masa depan tenaga honorer di Tanjab Barat.

”Surat ini sangat berharga sekali bagi kami dan akan segera kami teruskan kepada bapak presiden, Ketua DPR dan DPD RI dan Menteri/Badan terkait,” pungkas Hendra, Ketua FHT mewakili seluruh rombongan yang hadir. (Sabri)