Selasa, Maret 9, 2021

Tolak dan Bubarkan Ketua Umum Moeldoko, Demokrat Jatim Dukung AHY

Plt. Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Emil Dardak. (Beritajatim.ist) Emil memastikan soliditas pengurus dan kader Partai Demokrat se-Jatim sangat...

Satu Hal Baik: Citarasa pulau membuat penguncian lebih mudah

Seminggu sekali, selama 42 minggu terakhir, para senior yang beruntung dalam daftar Glenda Andrew telah disuguhi pengiriman makanan lezat seperti brengsek babi, kari kambing...

Karena salah, Liverpool mempermalukan Fulham 0-1 di Anfield: bola oke

LIVERPOOL - Kekalahan harus kembali dirasakan Liverpool di kandangnya sendiri. Si Merah tersungkur dengan skor tipis 0-1 dari tamunya Fulham...

PERIKSA FAKTA: Kepala seorang pria tersangkut di alat kelamin istrinya saat bercinta?

Suami istri yang baru dilarikan ke rumah sakit karena kepala suami tersangkut di vagina istrinya. ...

Technology

Millen Cyrus Kembali Ditangkap Karena Narkoba

JAKARTA - Millendaru atau yang dikenal dengan nama Millen Cyrus, kembali ditangkap polisi di sebuah kafe di Jakarta Selatan saat razia protokol kesehatan. Saat diminta untuk...

KPU Persiapkan Debat Kandidat Pilgub Jambi

JAMBI (SR28) - Jadwal pelaksanaan debat kandidat pasnagan calon Gubernur Jambi hingga saat belum ditetapkan. Kendati demkian, KPU Jambi akan segera menggelar rapat koordinasi bersama tim paslon untuk menentukan jadwal tersebut.

Ribuan Orang di Kota Jambi Kena Sanksi Melanggar Protokol Kesehatan

KOTA JAMBI - Jika dihitung secara keseluruhan, ad asebanyak 5.000 orang di Kota Jambi yang terjaring razia lantaran tidak mneggunakan masker. Hanya saja, tidak semua dari jumlah tersebut mendapat sanksi denda sebesar Rp50.000, lantaran ada yang mendapatkan sanksi disiplin fisik maupun sanksi sosial.

Bahkan, semenjak penerapan sanksi wajib penerapan protokol kesehatan itu di Kota Jambi ada sebanyak 25 tepat usaha yang juga mendapatkan sanksi denda lantaran tak patuhi aturan penerapan protokol kesehatan.

Bupati Safrial Harap Guru di Tanjab Barat Bisa Kuasai Aplikasi Daring

KUALA TUNGKAL (SR28) - Mewabahnya Covid-19 di Indonesia membuat pembelajaran daring menjadi pilihan agar proses belajar tidak terputus. Menyikapi hal tersebut, Ikatan Guru Indonesia (IGI) Tanjab Barat mengadakan Workshop Daring yang dibuka secara resmi oleh Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. Safrial, MS di Ruang Rapat Bupati, Kamis (17/09/2020).

Dalam sambutannya Bupati berharap dengan diadakannya workshop di bidang teknologi dan informasi, tenaga pendidik / guru di Tanjab Barat bisa memanfaatkan aplikasi yang sudah tersedia sebagai media pembelajaran.

"Saya harap kegiatan ini bisa menghasilkan pendidik yang memiliki kualitas mumpuni, sehingga aplikasi-aplikasi yang ada bisa dimanfaatkan untuk menyajikan pembelajaran yang bergizi dan berkualitas bagi peserta didik," harapnya.

Bupati juga mengapresiasi IGI Tanjab Barat yang telah mengadakan workshop dengan tema "Berkarya Demi Pendidikan Digdaya". Menurutnya workshop ini sejalan dengan visi dan misi Bupati Tanjab Barat untuk menghasilkan SDM yang berkualitas.

"Semoga tujuan workshop ini dapat tercepai sehingga dapat mewujudkan Kabupaten Tanjab Barat yang maju, adil, makmur, bermartabat dan berkualitas. Saya ucapkan terimakasih kepada panitia yang telah bekerja keras sehingga acara ini terselenggara," tutup Safrial.

Sebelumnya Ketua IGI Tanjab Barat, Heni Septi Nuraini, S.Pd, M.Pd.I menyampaikan kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru yang ada di Tanjab Barat. Diharapkan peserta kegiatan ini kelak akan terjun ke dalam dunia pendidikan digdaya.

Turut serta mendampingi Bupati dalam pembukaan workshop Sekretaris Daerah Ir. H. Agus Sanusi, M.Si, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Martunis, S.Pd, M.Pd dan Pengurus IGI Tanjab Barat. (Sabri)

Latest News

Gerrard Membawa Rangers Mengakhiri Gelar Liga Skotlandia dengan Cepat

Glasgow - Steven Gerrard berhasil membawa Rangers menjadi...

Pejabat Afghanistan: Pria bersenjata membunuh 7 pekerja, bom membunuh dokter

Seorang pejabat keamanan Afghanistan mengatakan setidaknya tujuh warga sipil ditembak dan dibunuh semalam oleh sekelompok pria bersenjata di provinsi Nangarhar timurOleh RAHIM FAIEZ4...

Menang 2-0, Man United Pecahkan Rekor Man City: Okezone the Ball

MANCHESTER - Tren positif Manchester City berupa 21 kemenangan beruntun di semua kompetisi usai. Manchester United berhasil mengalahkan tetangga dengan skor 2-0 pada minggu...

Joan Laporta Resmi Terpilih sebagai Presiden Baru Barcelona

Barcelona - Joan Laporta resmi menjadi presiden baru...

Terkini

Sekda Tanjabbar Sampaikan Nota Rancangan KUPA dan PPAS Perubahan APBD 2020

KUALA TUNGKAL (SR28) – Sekretaris Daerah Tanjung Jabung Barat Ir. H. Agus Sanusi MSI sampaikan Nota Rancangan Kebijakan Umum perubahan APBD (KUPA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara Perubahan APBD (PPASP) Kabupaten Tanjab Barat Tahun Anggaran 2020 pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Selasa (25/08).

Rapat yang diselenggarakan di Ruang Rapat Paripurna DPRD ini dipimpin Wakil Ketua DPRD M. Sajril Simamora, SH, serta turut diikuti oleh 26 Anggota DPRD, Asisten, Kepala OPD Pemkab Tanjung Jabung Barat serta undangan lainnya.

Bacakan sambutan Bupati Tanjung Jabung Barat, Sekda H. Agus Sanusi sampaikan terkait belanja daerah, bahwa arah kebijakan belanja Daerah diharapkan agar dapat lebih terarah  dalam mendukung peningkatan nilai tambah bagi sektor Ekonomi yang akan memberikan kontribusi yang besar bagi pertumbuhan ekonomi Daerah dan penyerapan tenaga kerja sebagai upaya untuk turut meningkatkan perluasan lapangan kerja guna menurunkan angka kemiskinan.

"Penggunaan belanja juga harus dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas kebutuhan dasar masyarakat berupa jalan, jaringan listrik, pendidikan, kesehatan, perumahan dan pemukiman, penanggulangan masalah sosial, infrastruktur Fasilitas umum dan fasilitas sosial serta peningkatan akses layanan kepada masyarakat," ujar Sekda.

Dijelaskan sekda, rancangan kebijakan umum perubahan APBD dan PPAS perubahan APBD Kabupaten Tanjab Barat tahun anggaran 2020 disusun sebagai konsekuensi dari pemberlakuan kebijakan keuangan negara yang telah diamanatkan pada peraturan perundangan yang berlaku.

"Diharapkan hal ini dapat disepakati antara Pemerintah Daerah dengan DPRD Kabupaten Tanjab Barat dan rumusan yang telah disepakati nanti akan menjadi acuan dalam menyusun rancangan peraturan Daerah tentang perubahan APBD Kabupaten Tanjung Jabung Barat," lanjut Sekda.

Mengakhiri sambutannya Sekda berharap rancangan yang diusulkan dapat dibahas dalam kerangka penyempurnaan dan penajaman program dengan mengacu pada aturan dan Undang-Undang serta dokumen-dokumen perancangan yang ada. Sekda juga menghimbau kepada para kepala OPD agar mengikuti pembahasan anggaran tersebut dengan seksama. (Sabri)

Kanada dan sekutunya menyatakan penahanan sewenang-wenang itu tidak bermoral

Kanada, AS, dan koalisi 56 negara lain telah mendukung deklarasi yang mengecam penahanan sewenang-wenang yang disponsori negara terhadap warga...

Meski sibuk, Georgina Rodriguez dan Cristiano Ronaldo selalu punya waktu untuk anak-anak: bola sepak

MEGABINTANG Juventus, Cristiano Ronaldo dan model Argentina Georgina Rodriguez adalah salah satu pasangan paling harmonis di dunia sepakbola. ...

Jelang Pencoblosan di Jambi, 12 Petugas KPPS dan 1 Petugas KPU Positif Corona

JAMBI - Sekitar dua pekan jelang pencoblosan, terdeteksi 11 orang petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara ( KPPS) dan 1 orang petugas KPU di Jambi, dinyatakan positif Covid-19. Dari jumlah itu, tersebar di dua kabupaten, yakni Sarolangun dan Tanjab Barat.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Jambi, Johansyah menyebutkan terjadi penambahan 29 pasien Covid-19, 13 diantaranya merupakan petugas KPPS dan KPU.

Bawaslu Tanjabbar Ingatkan Paslon Pilkada 2020 dan Partai Pengusung Harus Taati Protokol Kesehatan

KUALA TUNGKAL (SR28) - Tahapan Pilkada 2020 Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) sudah dilaksanakan. Namun perlu diingat akan pentingnya kesehatan bagi masyarakat dan partai pengusung dimasa Covid- 19 untuk para Paslon harus mengikuti protokol kesehatan.

Ketua Bawaslu Tanjabbar Hadisiswa melalui Remon Tim Kordit menjelaskan tahapan Pilkada 2020 memang harus mengikuti aturan protokol kesehatan dan sesuai intruksi Presiden dan Mendagri RI.

"Ini mutlak merupakan salah satu syarat setelah keluarnya Perpu yang mana dimasa Covid-19 saat ini sangat penting menjaga kesehatan masyarakat, tetapi untuk menegakan aturan itu merupakan tugas KPU,dan kita Bawaslu sebagai pengawas selama pelaksanaan pilkada berjalan," ujar Remon Rabu (09/09) kemarin saat ditemui di tempat kerjanya.

"Terkait aturan Protokol kesehatan KPU Tanjab Barat itu harus berkoordinasi dengan Tim gugus tugas covid 19,demi mengsukseskan Pilkada ini." KPU dalam menjalankan aturan Protokol kesehatan ini sangat penting campur tangan pemerintah dalam menegakan aturan protokoler tersebut," ujar Remon, Rabu (09/09) kemarin.

Dalam hal ini kata Remon, KPU harus menyesuaikan dengan Tahapan dan bekerjasama dengan tim Gugus Tugas Covid-19 agar pelaksanaan Pilkada 2020 berjalan seperti apa yang diharapkan oleh presiden dan mengikuti protokol kesehatan.

"Yang mana kita juga Bawaslu harus benar-benar mengawasi pilkada 2020 dimana dilaksanakan secara serentak, dan apabila didapati pelanggaran-pelanggaran tersebut maka kami akan sampaikan dan berkoordinasi ke Tim Gugus Covid-19, jika ada sanksi dan sebagainya maka merekalah yang akan menindak lanjutinya dan kami dalam hal ini cuma memfasilitasi dan mengawasi pelanggaran-pelanggaran tersebut," jelas Remon.

"Penyelenggara  pilkada kita harapkan berjalan dengan lancar, akan tetapi perlu kita ingat kepada Bakal Pasangan Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati, untuk mentaati protokoler kesehatan yang sudah diatur dalam Perpu PKPU tentang pentingnya menjaga kesehatan, selain itu juga kita mengingatkan pada partai pengusung saat berkumpul agar mematuhi aturan dan protokoler kesehatan dengan menjaga jarak agar tidak ada klaster baru didalam pilkada," pungkasnya. (Sabri)

Front cuaca dingin melanda Yunani, dengan salju di Athena

Athena, Yunani - Cuaca dingin telah melanda Yunani, mengirim suhu turun dari 20-an Celcius (sekitar 70 Fahrenheit) pada hari Jumat menjadi jauh di bawah...

Taman Pedestrian Danau Sipin Senilai Rp.13,8 M Akhirnya Dihibahkan Ke Pemprov Jambi

Pihak Balai Sarana pemukiman wilayah Jambi mejamin setelah proses hibah, bangun taman yang sekarang sudah resmi milik pemerintah Provinsi Jambi itu sduah bisa dibuka untuk umum.

Harus Baca

Landasan Prinsip Hukum Syariah terhadap Asuransi di Indonesia

Oleh: Muhammad Haadi Nugraha, SH.MH

Asuransi syariah menyimpan dananya di bank yang berdasarkan syariat Islam dengan sistem mudhârabah. Untuk berbagai bentuk investasi lainnya didasarkan atas petunjuk Dewan Pengawas Syariah.

Allah Swt. berfirman dalam Q.S Âli ‘Imran (3): 130. Asuransi atau pertanggungan adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih, dimana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premi asuransi untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin akan diderita tertanggung yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau untuk memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.

Berdasarkan hukum untuk mempertanggungkan suatu risiko berkaitan dengan keuangan yang diakui secara sah oleh hukum, antara tertanggung dan suatu yang dipertanggungkan dan dapat menimbulkan hak dan kewajiban keuangan secara hukum. Ada beberapa prinsip-prinsip dalam asuransi, yaitu:

1. Utmost good faith, atau itikad baik dari kedua pihak, antara tertanggung dan penanggung.

2. Indemnity, atau ganti rugi. Artinya mengendalikan posisi keuangan tertangung setelah terjadi kerugian seperti pada posisi sebelum terjadinya kerugian tersebut.

3. Proximate cause, adalah suatu sebab aktif, efisien yang mengakibatkan terjadinya suatu peristiwa secara berantai atau beurutan dan intervensi kekuatan lain, diawali dan bekerja dengan aktif dari suatu sumber baru dan independen.

4. Subrogation, merupakan hak penanggung yang telah memberikan ganti rugi kepada tertanggung untuk menuntut pihak lain yang mengakibatkan kepentingan asuransinya mengalami suatu peristiwa kerugian.

5. Contribution, suatu prinsip di mana penanggung berhak mengajak penanggung-penanggung lain yang memiliki kepentingan yang sama untuk ikut bersama membayar ganti rugi kepada seorang tertanggung, meskipun jumlah tanggungan masing-masing penanggung belum tentu sama besarnya.

Ada dua jenis risiko yang dapat diasuransikan:

1. Takâful keluarga (asuransi jiwa), meliputi:

a. TakâfulBerencanaWaktu, Insurance and Islamic Law,

b. Takâful Pembiayaan,

c. Takâful Pendidikan;

d. Takâful Kolektif (asuransi kerugian), meliputi Takâful kebakaran,  Takâful kendaraan bermotor, Takâful kecelakaan diri, Takâful pengangkutan laut, darat, dan udara serta Takâful l rekayasa/engineering

Ada baiknya, kita mengutip pandangan ulama Islam terhadap eksistensi asuransi pada masa-masa awal sehingga melahirkan satu konsep yang disebut dengan asuransi takaful. Tujuannya sama dengan asuransi, namun beda dalam banyak praktek dan teori. Yang paling mengemuka dari pendapat-pendapat tersebut terbagi tiga, yaitu:

Pertama, Mengharamkan. Asuransi itu haram dalam segala macam bentuknya, temasuk asuransi jiwa. Pendapat ini dikemukakan oleh Sayyid Sabiq, ‘Abd Allâh al-Qalqi (mufti Yordania), Yusuf Qaradhâwi dan Muhammad Bakhil al-Muth’i (mufti Mesir). Alasan-alasan yang mereka kemukakan ialah: Asuransi sama dengan judi, Asuransi mengandung unsur-unsur tidak pasti,  Asuransi mengandung unsur riba/renten; dan Asuransi mengandung unsur pemerasan, karena pemegang polis, apabila tidak bisa melanjutkan pembayaran preminya, akan hilang premi yang sudah dibayar atau dikurangi, Premi-premi yang sudah dibayarakan diputar dalam praktik-praktik riba,  Asuransi termasuk jual beli atau tukar menukar mata uang tidak tunai. Hidup dan mati manusia dijadikan objek bisnis, dan sama halnya dengan mendahului takdir Allah.

China mengatakan masalah nuklir Iran di ‘titik kritis’

China mengatakan perkembangan seputar program nuklir Iran berada pada "titik kritis" dan bahwa pencabutan sanksi terhadap negara itu adalah kunci untuk memecahkan kebuntuan.OlehThe Associated...

DPRD Tebo Bahas APBD 2020

TEBO (SR28)- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tebo menggelar rapat paripurna dalam rangka Penyampaian Nota Pengantar Rancangan Peraturan Daerah (Perda) Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kab.Tebo Tahun Anggaran 2020. Rapat paripurna yang digelar di Gedung Aula DPRD Tebo pada Senin (22/07/2019) sekitar pukul 10:45 wib dihadiri oleh Wakil Bupati Tebo, Syahlan Arfan, Ketua DPRD Tebo Agus Rubyanto, SE beserta Wakilnya. Selain itu, juga dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Tebo, Unsur Forkompimda Kab. Tebo, Kepala OPD beserta tamu undangan lainnya.

Sementara, Bupati Tebo H. Sukandar. S.Kom M.Si yang diwakilkan oleh wakil Bupati Tebo Syahlan Arfan. SH dalam sambutannya mengatakan bahwa sesuai dengan peraturan perundangan nomor 12 tahun 2019 tentang pedoman pengelolaan keuangan terutama yang berkaitan dengan APBD di mana setiap daerah berkewajiban untuk menyusun dan mengesahkan APBD yang merupakan landasan operasional dalam penganggaran"Ini merupakan penganggaran tahun ketiga dari implementasi dari visi dan misi tahun 2017-2022 menuju Tebo tuntas, tertib, unggul adil dan sejahtera," kata Syahlan.Menurut Syahlan, bahwa 5 tahun bukanlah waktu yang panjang, hal ini dilihat dengan kebutuhan masyarakat yang tidak mampu dengan kemampuan keuangan daerah. Dan tahun 2020 mendatang, pihaknya akan tetap fokus dengan peningkatan infrastruktur, jalan, pendidikan, kesehatan yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat.
"Untuk itu sesuai dengan kemampuan keuangan daerah, kita akan memprioritaskan pembangunan jalan penghubung antar wilayah, prasarana pendidikan dan kesehatan," jelasnya.


Syahlan juga menyampaikan bahwa pokok rancangan APBD T.A 2020. PAD tahun 2020 di prediksi sebesar 1,7 milyar lebih. Angka menunjukkan peningkatan sebesar 38 milyar lebih dari anggaran tahun 2019 lalu atau sebesar 3,43 persen.
"Tentu ada peningkatan setiap tahunnya, hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang menjadi kebutuhan pokok bersama," pungkas Syahlan.

disadur dari Portal Tebo

Usai Ketok Palu APBD 2021, Pemprov Jambi Langsung Usulkan Perda Sanksi Protokol Kesehatan

JAMBI - Usai ketok palu penetapan APBD Provinsi Jambi tahun 2021. Pemerintah Provinsi Jambi akan langsung mengusulkan penerbitan Peraturan Daerah (Perda) sanksi penerapan protokol kesehatan bagi masyarakat yang masih melanggar.

Paslanya, hingga saat ini, peemrintah provinsi Jambi sendiri belum memiliki landasan hukum dan aturan jelas terkait penerapan dan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan di Jambi.

Sosok Kepala Dinas SDA yang ditunjuk Anies, Ahok pun memujinya soal Semanggi

Jakarta -Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melantik 13 pejabat di lingkungan Pemprov DKI Jakarta pada Selasa kemarin. Salah satunya adalah Yusmada Faizal. Yusmada Faizal dipilih...

Breaking News! Istri dan Anak Rocky Candra Positif Covid-19

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Rocky Candra pada Sabtu malam (26/9) resmi mengumumkan kabar terkait Covid-19 yang menyerang keluarganya. Dalam keterangan tertulis resminya Rocky menyebut jika istri dan anaknya yang paling kecil berusia 7 bulan positif covid-19 per 25 september 2020 kemarin.

Berikut pesan tertulis resmi dari Rocky Candra

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh
semoga bapak dan ibu serta keluarga senantiasa dalam keadaan sehat.
Bapak ibu yg saya hormati Saya Rocky Candra, Wakil Ketua DPRD Prov.Jambi - warga Villa Gading Mayang menginformasikan bahwa saya dan keluarga saya telah melaksanakan SWAB.
Dari hasil SWAB  menyatakan bahwa Istri saya BCS usia 32 tahun dan Putri saya AZO usia 7 bulan Positif COVID 19, pada tgl 25 september kemarin, dan saat ini telah melaksanakan isolasi mandiri di kediaman pribadi kami di luar villa gading mandiri.
Adapun Saya dan kedua anak saya yg lain serta adik sepupu saya berdasarkan hasil SWAB di nyatakan negative
Mengingat putri saya baru berusia 7 bulan saya berinisiatif untuk isolasi mandiri sesuai aturan KEMENKES .
Anak dan istri saya sama sekali tidak ada gejala, saya melakukan swab sekeluarga menyusul dengan keluarnya hasil Positif lebih dahulu Covid - 19 dari pengasuh anak saya yang bekerja paruh waktu di kediaman saya.
Istri saya sebagai ibu rumah tangga yang jarang sekali beraktifitas di luar rumah begitupun anak saya yg baru berusia 7 bulan, kami sekeluarga sudah semaksimal mungkin melaksanakan protokoler kesehatan,Tapi saya meyakini ini adalah ujian dari Allah untuk saya dan keluarga
Alhamdulilah istri dan anak saya  hari ini dalam keadaan sehat dan mudah mudahan kedepannya juga seperti itu. Mohon doa dari bapak2 dan ibu2 sekalian agar saya dan keluarga dapat melalui cobaan ini dan kami dapat berkumpul kembali.
atas pehatian bapak dan ibu saya ucapkan terimakasi..??
Fastabiqul khairat
wassalamualaikum Warahmatullah Wabarakatu

Kajari Tanjab Barat Sambut Baik Audensi Forum Jurnalis Tanjung Jabung Barat (FJTJB )

KUALA TUNGKAL (SR28) - Berlokasi di Ruang Kepala Kejaksaan Negeri Tanjung Jabung Barat, Forum Jurnalis Tanjung Jabung Barat (FJTJB) disambut baik oleh Kejari Tanjung Jabung Barat Togar Rafilion,SH bersama pejabat struktural Kejaksaan Negeri Tanjung Jabung Barat, Selasa (01/12).

Acara hanya satu hari ini bertujuan tidak lain dan tidak bukan, pertama menjalin siturahmi dan kerjasama kedepan untuk kemajuan daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Dalam sambutannya, ketua FJTJB Sabri mengucapkan, terimakasih kepada pihak Kejaksaan Negeri Tanjung Jabung Barat yang sudah menerima FJTJB untuk beraudensi langsung dengan Pak Kejari dan Para Pejabat Struktural Kejaksaan Negeri Tanjung Jabung Barat.

"Alhamdulillah sambutan bapak Kajari dan para pejabat nya sangat baik. Sehingga kita bisa beraudesi dan bersilaturahmi untuk menjalin hubungan kerja lebih baik lagi," ungkap Sabri, Selasa (01/12).

Sabri juga menegaskan, anggota yang tergabung dalam FJTB merupakan wartawan yang resmi, bukan kaleng kaleng. Jika ada mengatas namakan FJTJB, dia berharap dapat melaporkan ke organisasi nya ini."Kami berharap kedepan pihak Kejaksaan terus membuka diri untuk bekerjasama yang baik," tukasnya.

Senada, Kepala Kejaksaan Negeri Tanjung Jabung Barat Togar Rafilion,SH mengatakan, sangat senang dan rendah hati menerima rekanan FJTJB yang sudah mau bersilaturahmi dan menjalin kerjasama dengan Kejari Tanjung Jabung Barat untuk kemajuan Tanjab Barat ini.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada rekan rekan wartawan dari FJTJB yang sudah mau datang bersilaturahmi dengan kami Kejaksaan Negeri Tanjung Jabung Barat," kata Kajari.

Kedepan, Kajari berjanji dengan adanya silaturrahmi perdana ini dia berharap selalu terus berkoordinasi jika ada hal terkait pemberitaan untuk dapat di konfirmasi sebelum diterbitkan.

"Jika ada berita yang perlu diekspose agar kawan kawan konfirmasi dulu dengan Intel saya," timpalnya. (Sabri)

Belasan Rumah Terbakar Di Palembang, Pengakuan Tersangka Bikin Geram

PALEMBANG (SR28) - Tangis histeris mewarnai proses pemadam kebakaran yang terjadi di pemukiman padat penduduk di Jalan KH Ahmad Dahlan Palembang, Senin...

Breaking News! DPP PDIP Resmi Usung Yunninta-Mahdan Untuk Pilbup Batanghari

(KOTA JAMBI SR28)- Setelah melewati proses panjang dan alot, hari ini (Selasa 11 Juli 2020) Dewan Pengurus Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP) resmi mengumumkan calon kepala daerah. Salah satu calon kepala daerah yang resmi diumumkan untuk mengikuti pesta demokrasi adalah pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Batanghari.

Diumumkan secara virtual dan disaksikan oleh berbagai pengurus DPD, DPP PDIP resmi mengusung pasangan Yunninta Asmara dan Mahdan untuk Calon Bupati Kabupaten Batanghari. pengumuman tersebut langsung disampaikan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri di Kantor DPP PDIP.

Guna memeriahkan pengumuman tersebut, pasangan Yunninta Asmara dan Mahdan tampak turut memeriahkan dengan didapatkan dukungan tersebut melalui selebrasi yang digelar di Kantor DPD PDIP di bilangan Talang Banjar Kota Jambi. Dalam prosesi tersebut, Yunninta dan Mahdan juga turut dikawal oleh puluhan pendukungnya.

Hal yang unik dari pengumuman ini adalah justru tertuju pada Mahdan. Pasalnya, Mahdan merupakan anggota DPRD Kabupaten Batanghari yang 2019 kemarin maju dari Partai Amanat Nasional. Namun sikap frontalnya dia tunjukkan hari ini. Dengan menggunakan masker, Mahdan dengan percaya diri memakai jas resmi PDIP.

Informasi yang berhasil tim himpun, Mahdan diperkirakan maju pada Pilkada Batanghari bersama Yunninta Asmara karena PAN tidak mendukungnya. PAN secara resmi telah menyatakan dukungan di Muhammad Havis dan Camelia Puji Astuti.

Muhammad Sidik

Video News

Pembangunan Jalan Kelurahan Tungkal Harapan Asal Jadi, Baru Seumur Jagung Sudah Retak dan Berlubang

KUALA TUNGKAL (SR28) – Pembangunan jalan atau peningkatan skala di kawasan Kelurahan Tungkal Harapan, Kecamatan Tungkal Ilir, KabupatenTanjung Jabung Barat oleh Dinas...

Landasan Prinsip Hukum Syariah terhadap Asuransi di Indonesia

Oleh: Muhammad Haadi Nugraha, SH.MH

Asuransi syariah menyimpan dananya di bank yang berdasarkan syariat Islam dengan sistem mudhârabah. Untuk berbagai bentuk investasi lainnya didasarkan atas petunjuk Dewan Pengawas Syariah.

Allah Swt. berfirman dalam Q.S Âli ‘Imran (3): 130. Asuransi atau pertanggungan adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih, dimana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premi asuransi untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin akan diderita tertanggung yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau untuk memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.

Berdasarkan hukum untuk mempertanggungkan suatu risiko berkaitan dengan keuangan yang diakui secara sah oleh hukum, antara tertanggung dan suatu yang dipertanggungkan dan dapat menimbulkan hak dan kewajiban keuangan secara hukum. Ada beberapa prinsip-prinsip dalam asuransi, yaitu:

1. Utmost good faith, atau itikad baik dari kedua pihak, antara tertanggung dan penanggung.

2. Indemnity, atau ganti rugi. Artinya mengendalikan posisi keuangan tertangung setelah terjadi kerugian seperti pada posisi sebelum terjadinya kerugian tersebut.

3. Proximate cause, adalah suatu sebab aktif, efisien yang mengakibatkan terjadinya suatu peristiwa secara berantai atau beurutan dan intervensi kekuatan lain, diawali dan bekerja dengan aktif dari suatu sumber baru dan independen.

4. Subrogation, merupakan hak penanggung yang telah memberikan ganti rugi kepada tertanggung untuk menuntut pihak lain yang mengakibatkan kepentingan asuransinya mengalami suatu peristiwa kerugian.

5. Contribution, suatu prinsip di mana penanggung berhak mengajak penanggung-penanggung lain yang memiliki kepentingan yang sama untuk ikut bersama membayar ganti rugi kepada seorang tertanggung, meskipun jumlah tanggungan masing-masing penanggung belum tentu sama besarnya.

Ada dua jenis risiko yang dapat diasuransikan:

1. Takâful keluarga (asuransi jiwa), meliputi:

a. TakâfulBerencanaWaktu, Insurance and Islamic Law,

b. Takâful Pembiayaan,

c. Takâful Pendidikan;

d. Takâful Kolektif (asuransi kerugian), meliputi Takâful kebakaran,  Takâful kendaraan bermotor, Takâful kecelakaan diri, Takâful pengangkutan laut, darat, dan udara serta Takâful l rekayasa/engineering

Ada baiknya, kita mengutip pandangan ulama Islam terhadap eksistensi asuransi pada masa-masa awal sehingga melahirkan satu konsep yang disebut dengan asuransi takaful. Tujuannya sama dengan asuransi, namun beda dalam banyak praktek dan teori. Yang paling mengemuka dari pendapat-pendapat tersebut terbagi tiga, yaitu:

Pertama, Mengharamkan. Asuransi itu haram dalam segala macam bentuknya, temasuk asuransi jiwa. Pendapat ini dikemukakan oleh Sayyid Sabiq, ‘Abd Allâh al-Qalqi (mufti Yordania), Yusuf Qaradhâwi dan Muhammad Bakhil al-Muth’i (mufti Mesir). Alasan-alasan yang mereka kemukakan ialah: Asuransi sama dengan judi, Asuransi mengandung unsur-unsur tidak pasti,  Asuransi mengandung unsur riba/renten; dan Asuransi mengandung unsur pemerasan, karena pemegang polis, apabila tidak bisa melanjutkan pembayaran preminya, akan hilang premi yang sudah dibayar atau dikurangi, Premi-premi yang sudah dibayarakan diputar dalam praktik-praktik riba,  Asuransi termasuk jual beli atau tukar menukar mata uang tidak tunai. Hidup dan mati manusia dijadikan objek bisnis, dan sama halnya dengan mendahului takdir Allah.

Pejabat Irak: 3 roket menghantam di luar bandara Irbil dekat pasukan AS, melukai sedikitnya 2 warga sipil, menyebabkan kerusakan

Pejabat Irak: 3 roket menghantam di luar bandara Irbil dekat pasukan AS, melukai sedikitnya 2 warga sipil, menyebabkan kerusakan Sumber : https://abcnews.go.com/International/wireStory/iraqi-officials-rockets-hit-irbil-airport-us-troops-75909539

Puluhan Wartawan Jambi Lakukan Rapid Test

JAMBI (SR28) - Puluhan wartawan Jambi mengikuti Rapid Tes yang digelar Pemerintah Provinsi Jambi, di Pendopo Halaman Kantor Gubernur Jambi, Kamis (17/9/2020).

Hal ini dilakukan Pemerintah Provinsi Jambi karena buntut dari Walikota Jambi Sy Fasha yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 beberapa waktu yang lalu. Selain wartawan, puluhan pegawai Humas Pemprov Jambi juga dilakukan rapid test.

Puluhan Wartawan Jambi Lakukan Rapid Test

Puluhan Wartawan Jambi Lakukan Rapid Test

Posted by JAMBI28 TV on Thursday, September 17, 2020
Sumber: JAMBI28 TV

Bupati Tanjabbar Safrial Buka Pelatihan Dasar CPNS Secara Virtual

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial MS secara virtual buka kegiatan pelatihan dasar (latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan II dan III dengan pola pembelajaran jarak jauh (Distance Learning) Kabupaten Tanjung Jabung Barat 2020, Senin (05/10).

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Bupati, juga turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Asisten Administrasi Umum, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jambi, serta Kepala BKPSDM Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Dalam laporkan Kepala BKPSDM Tanjab Barat, H. R. Gatot suwarso, SH. MM pelatihan dasar CPNS Golongan III dan II ini diikuti 145 orang, dengan rincian peserta golongan II sebanyak 26 orang, dan golongan III berjumlah 119 orang.

"Tujuan penyelenggaraan pelatihan dasar cpns golongan II dan III ini adalah untuk membentuk karakter dan kompetensi pns yang memiliki pengetahuan dan wawasan sebagai pelayanan masyarakat yang baik dan profesional," ujar Gatot Suwarso.

Ditambahkan Gatot Suwarso, kurikulum materi pelajaran yang akan disampaikan kepada peserta telah di sesuaikan dengan kurikulum yang dikeluarkan oleh lembaga administrasi negara, dengan 511 jam pelatihan yang dialokasikan untuk pembelajaran klasikal online sebanyak 117 jam pelatihan.

"Pembelajaran non klasikal sebanyak 320 jam pelatihan dan pembimbingan dan aktualisasi sebanyak 14 jam pelatihan," paparnya.

Sementara itu, Bupati Tanjung Jabung Barat dalam sambutannya menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan pelatihan dasar CPNS ini telah di atur dalam peraturan kepala kembang administrasi negara republik indonesia nomor 12 tahun 2018 tentang pelatihan dasar calon pegawai negeri sipil, yang mana pelatihan dasar calon pegawai negeri sipil adalah syarat untuk pengangkatan dati CPNS ke PNS.

"Pelatihan dasar cpns ini sebagai salah satu jenis pelatihan yang strategis pasca undang-undang ASN dalam rangka pembentukan karakter pns dengan menggunakan perspektif whole of government atau one government yang didasari nilai-nilai dasar pns berdasarkan kedudukan dan peran pns dalam NKRI ada setiap pelaksanaan tugas jabatannya sebagai pelayan masyarakat," tambah Safrial.

Bupati juga sampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada kepala BPSDM provinsi jambi beserta jajarannya yang telah bermitra dengan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dalam penyelenggaraan pelatihan dasar cpns ini.

Mengakhiri sambutannya, Bupati berharap agar peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik. Menurutnya, keikutsertaan peserta dalam setiap materi dan kegiatan akan dijadikan sebagai penilaian baik bagi panitia ataupun widyaiswara.

"Pelatihan ini hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk memperoleh bekal sebanyak-banyaknya, menjadi aparat yang profesional dan berdedikasi, serta membentengi diri dengan kekuatan mental yang tangguh sebagai aparat yang siap mewujudkan pemerintahan yang baik dan dipercaya oleh masyarakat," ujar bupati.

"Saya berharap panitia dapat melihat dan mengamati juga peserta yang proaktif dan mempunyai kesungguhan untuk memahami setiap sesi pembelajaran sebagai penambahan nilai dalam evaluasi penilaian peserta," pungkasnya. (Sabri)

Hasil Liga Eropa tadi malam: Man United Menang Besar, Arsenal dan Milan Compact untuk Bermain Seri: Okezone the Ball

TOTAL Laga seru dan menarik tersaji dalam kelanjutan babak 32 besar Liga Eropa 2020-2021. Beberapa tim besar menang pada leg pertama yang berlangsung...

Daerah

Waspada! November Hingga Desember Bencana Banjir Ancam Seluruh Wilayah Jambi

JAMBI - Kepala BMKG Jambi menjelaskan curah hujan tinggi juga akan mengakibatkan potensi terjadinya genangan air hingga banjir dengan kategori menengah pada wilayah Jambi bagian barat. Dan pada bulan desember, bahkan potensi banjir dengan kategori menengah ini akan meluas dan mengancam seluruh wilayah provinsi Jambi.

Nurdin Abdullah mengaku tidak tahu apa-apa tentang penyuapan: Demi Allah!

Jakarta - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah ditetapkan sebagai tersangka kasus suap proyek di...

Anak-anak berusia dua tahun diselamatkan dari lingkaran pelecehan di Filipina

Sekelompok anak, beberapa berusia dua tahun, telah diselamatkan dari kasus dugaan pelecehan anak di Filipina setelah mendapat informasi dari Orang Australia pihak berwajib. Sembilan anak,...

Pengacara Kanada mengatakan komentar Trump seharusnya tidak menghentikan ekstradisi

Seorang pengacara departemen kehakiman Kanada mengatakan komentar yang dibuat oleh mantan Presiden AS Donald Trump tidak memenuhi standar untuk menghentikan sidang ekstradisi seorang...

Sport

Gubernur Jambi Dukung Prestasi Olahraga Tenis

JAMBI (SR28) - Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, membuka Turnamen Tenis Rakuwat Cup 1 di Lapangan Tenis BPSDM, Jumat (8/1/2021).

Bersama MUI, Bupati di Jambi Ini Islamkan 30 Warga Suku Anak Dalam

MERANGIN - Sekitar 30 warga Suku Anak Dalam (SAD) Jambi memutuskan untuk memeluk agama Islam atau menjadi mualaf. Mereka terdiri dari orang dewasa dan anak-anak, baik laki-laki atau pun perempuan.

Untuk sembilan anak SAD, prosesi pengucapan dua kalimat Syahadat dibimbing langsung oleh ketua MUI Merangin Dr Joni Musa bersama Bupati Merangin Jambi Dr Al Haris, Senin (7/7/2020) malam.

Rumah Zuhadi, Kepala Desa Nalo Gedang, Kecamatan Nalo Tantan, Kabupaten Merangin menjadi tempat sembilan anak SAD dari Temenggung (kepala) Karim dan warga SAD lainnya mengucapkan Syahadat.

Bupati Merangin Al Haris mengaku sangat bangga dan bersyukur atas hidayah yang diterima anak- anak keturunan Temenggung Karim dan warga SAD lainnya.

"Saya, ketua MUI dan warga di sini menerima anak-anak kita dari SAD dengan hidayah Allah memeluk agama islam dipimpin ketua MUI membacakan dua kalimat syahadat, saya tentunya sangat berbahagia," kata Al Haris.

Al Haris menyebutkan akan memberikan bimbingan ilmu agama dan berharap anak-anak SAD yang baru mualaf tersebut menjadi muslim yang taat.

"Insya Allah kita membimbing dan mendidik mereka bagai mana mendidik anak Merangin lainnya. Mereka harus dibekali ilmu agama dan saya harap masyarakat membantu kami jika ketemu di jalan tegur sapalah mereka. Saya minta petugas kesehatan menyunat mereka," ujarnya.

"Mereka harus ada tempat mengaji, sekolah dan berbaur dengan masyarakat, semoga ada yang hafiz. Karena sudah ada anak-anak SAD yang di pesantren umur enam tahun sudah khatam Alquran dan saat ini belajar hafiz. Kita juga berharap yang lainnya juga mendapat hidayah," tambah Al Haris lagi.

Bupati Merangin dua priode ini juga mengapresiasi Pemdes Nalo Gedang dan Camat Nalotantan yang sudah memfasilitasi anak-anak dari SAD memeluk Islam.

"Alhamdulillah orang tuanya setuju anaknya Islam. Dunia terus berkembang, ilmu terus berkembang dan teknelogi juga berkembang dak mungkin selamanya mereka di rimba. Semoga niat masuk Islam untuk merubah diri agar lebih baik lagi," sebut Al Haris.

Sementara itu ketua MUI Merangin Dr Joni Musa mendoakan agar anak-anak SAD tersebut istiqamah dan menjadi Islam yang taat, menjadi muslim yang baik dan menjadi teladan di tengah komunitas mereka.

"Mereka ini butuh perhatian kita semua, semoga yang lainnya juga diberikan hidayah. Tentu ini menjadi sejarah besar karena barang siapa yang mengislamkan orang laki mau pun perempuan maka wajib baginya surga," katanya.

Sementara itu Temenggung Karim mengatakan tidak ada paksaan terhadap sembilan keturunannya mengucapkan dua kalimat syahadat, meski dirinya belum memeluk agama Islam. "Ya mereka mau masuk Islam. Saya tidak masalah," kata Temenggung Karim.

Selain Bupati, Ketua MUI, Camat Nalotantan dan Kades Nalo Gedang pengislaman sembilan anak SAD juga disaksikan warga setempat.

Usai sembilan anak SAD mengucapkan dua kalimat syahadat, mereka juga diberi nama Islam yakni Abdurrahman Efendi, Abdurrahim Kembar, Abdul rozak Ambul, Sholeh Tanga, Fatimah Vivi, Eva Solehah, Budi Abdul Fattah, Ganang Zainudin dan Muhammad Supri. Kemudian dilanjutkan bimibingan syahadat terhadap 21 warga SAD lainnya.

Janji Akan Cium Kaki Messi jika La Pulga Gabung Klub MLS

DALLAS – Masa kontrak Lionel Messi di Barcelona sejatinya akan berakhir pada 30 Juni 2021. Tak mengherankan jika saat ini Messi dikaitkan dengan sejumlah klub, seperti Paris Saint-Germain (PSG)...

Selamat!!! Kepala MAN IC Jambi Raih Gelar Doktor Dari Universitas Trisaksi

MUARO JAMBI (SR28) Selain terkenal dengan prestasi akademis siswa-siswinya, MAN Insan Cendekia Jambi juga terkenal dengan kiprah dan capaian dari guru-guru yang mengajar disana dalam berbagai bidang.

Kabar teranyar misalnya, muncul dari orang nomor satu di MAN IC Jambi yaitu Dr.Zakiyah,M.E.Sy. Dia resmi meraih gelar Doktor dari Kampus Universitas Trisakti pada 29 Juli lalu. Dia dinyatakan lulus dengan disertasi yang berjudul "Pengaruh Kecerdasan Emosional, Profesionalisme dan Persepsi Nazhir Terhadap Pengelolaan Wakaf Produktif di Kota Jambi'.

Dalam pernyataan singkatnya pasca sidang yang digelar secara daring via googlemeet, Zakiah berharap dengan capaian akademisnya ini bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi elemen manapun.

"Semoga membawa kemajuan dan manfaat lebih baik lagi buat MAN IC Jambi, Kemenag Provinsi Jambi dan masyarakat pada umumnya"ungkapnya kepada awak media

Jurnalis Muhammad Sidik

Wisuda Unik ala Unama, Mahasiswa ‘Drive Thru’ Naik Andong

KOTA JAMBI - Sebuah video prosesi wisuda drive thru Universitas Dinamika Bangsa (Unama) Jambi menjadi perbincangan di jagat maya lantaran menaiki kendaraan unik. Di antaranya, para wisudawan menaiki kereta kuda atau andong, saat melangsungkan prosesi wisuda.

Momen unik para wisudawan ini banyak diabadikan dalam sebuah video hingga menjadi ramai diperbincangkan. Dari video yang beredar, para wisudawan terlihat mengenakan pakaian toga seperti biasa.

Semua Alat Peraga Kampanye Calon Gubernur Jambi Diturunkan KPU

JAMBI (SR28) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi bersama tim gabungan melakukan penurunan seluruh alat peraga kampanye (APK) yang tersebar di 11 kecamatan se Kota Jambi. Setidaknya dalam kegiatan tersebut KPU bersama tim menurunkan sebanyak 48 APK berbentuk Billboard.

Sumber: JAMBI28.TV

Hanya Beda 0,4-0,5%, Semakin Keujung Persaingan CE-Haris Kian Bersaing Sengit

JAMBI (SR28)- Pergerakan angka menjelang 100% pada pemilihan gubernur Jambi tahun 2020 terus saling berkejaran dan kian sengit. Hingga pukul 12.00 WIB pertanggal 14 Desember 2020 misalnya, persaingan suara Cek Endra-Ratu dan Haris-Sani berada diangka 37,9% dan 37,4%.

Untuk diketahui hingga saat ini suara yang telah masuk adalah mencapai 91%.

Sementara itu, berbagai laporan antar timses terhadap calon gubernur yang berlaga tahun ini terus berlanjut. Terkait dugaan kampanye dihari tenang misalnya, kini Bawaslu Tanjabtim dan Kota Jambi tengah menangani dugaan kasus kampanye terselubung tersebut.

Terus pantau perkembangan pilkada diseluruh wilayah di Indonesia melalui https://pilkada2020.kpu.go.id/#/pkwkp .

TV

Jadi Tersangka Suap, Nurdin Abdullah Minta Maaf kepada Warga Sulawesi Selatan

Jakarta - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah meminta maaf kepada masyarakat Sulawesi Selatan setelah...

Ekslusif!!! Menelisik Peta Kontestasi Pilwako Jambi 2023

KOTA JAMBI (SR28)- Meski periode jabatan Walikota Jambi saat ini baru akan berakhir 3 tahun lagi, namun eskalasi perebutan tahta untuk menjadi...

Arsenal Mencoba Melepaskan Kutukan Man City: Okezone Si Bola

LONDON - Gudang senjata akan mencoba untuk menghilangkan kutukan tidak pernah menang Manchester City dalam beberapa pertandingan terakhir. Ini akan menjadi tantangan...

Tak Ada UN, Kelulusan Siswa Ditentukan 3 Penilaian

JAMBI (SR28) - Lantaran masih tingginya kasus baru pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia. Kementerian Pendidikan RI akhirnya memutuskan untuk meniadakan penyelenggaraan...