Minggu, Januari 17, 2021

Sriwijaya Air Wajib Ganti Rugi Rp1,25 M per Penumpang SJ182

JAKARTA - Keluarga korban kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182 berhak atas ganti rugi dari pihak maskapai. Hal tersebut mengacu pada Pasal 141 ayat (1)...

Besok Divaksin, Begini Kondisi Kesehatan Jokowi

JAKARTA - Sekretariat Presiden memastikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjalani vaksinasi Covid-19 pada Rabu (13/1) besok di Istana Kepresidenan Jakarta....

Ini Pertimbangan Hakim Tolak Praperadilan Habib Rizieq

JAKARTA - Hakim Akhmad Sahyuti menolak gugatan praperadilan yang diajukan Habib Rizieq Shihab terkait penetapan tersangka kasus pelanggaran kekarantinaan kesehatan dan penghasutan kerumunan di Petamburan, Tanah...

BREAKING NEWS:Black Box Sriwijaya Air SJ182 Ditemukan!

JAKARTA - Black box atau kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ182 ditemukan. Kotak hitam itu kemudian dibawa ke daratan. Seperti dikutip dari Antara,...

Technology

DPRD Tebo Gelar Sidang Paripurna Dengar Pendapat Akhir Fraksi Tentang 8 Ranperda dan APBD 2021

TEBO (SR28) - DPRD Tebo menggelar Sidang Paripurna tentang pendapat akhir fraksi - fraksi terhadap rancangan Peraturan Daerah APBD Tebo 2021 dan 8 Perda lainnya, Senin (16/11/2020).

Tampak Bupati Tebo Dr. H. Sukandar, S. Kom, M.Si bersama Wabup Syahlan, SH menghadiri Sidang Paripurna DPRD Tebo tersebut dengan tetap mengikuti protokol kesehetan.

Ketua DPRD, Mazlan memimpin jalannya sidang paripurna

Sidang Paripurna dibuka langusng oleh Ketua DPRD Tebo Mazlan, S.Kom yang didampingi Wakil Ketua Aivandri, AB  dan Syamsurizal, SE, M.Si serta diikuti Anggota Dewan lainnya.

"Sidang paripurna hari ini untuk memberikan kejelasan dan ketegasan kepada seluruh anggota DPRD Tebo apakah rancangan peraturan daerah Kabupaten Tebo tentang APBD 2021 dan 7 ranperda eksekuitf serta 1 ranperda inisiatif tahun 2020 dapat disetujui untuk dijadikan Perda Tebo," ujar Mazlan dalam persidangan.

Penandatangan dokumen oleh Ketua DPRD Tebo, Mazlan S.Kom

Semenatara itu, Bupati Tebo H. Sukandar dalam pidatonya mengatakan, Paripurna kali ini merupakan momentum strategis bagi Pemkab Tebo dan DPRD Tebo.

"Paripurna kali ini menjadi momentum strategis, sebab di tengah pandemi Covid-19 kita dapat menyusun dan membahas rancangan Perda tentang APBD Tebo 2021 dan 8 Ranperda lainnya,' papar bupati Sukandar.

Penandatanganan dokumen oleh Bupati Tebo, H. Sukandar

Atas penyusunan Ranperda tersebut,Pemkab. Tebo memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih yang setinggi- tingginya kepada Pimpinan dan anggota Dewan.

"Kami menyadari bahwa dalam pembahasan ini ada dinamika, namun atas dasar kepentingan dan kebutuhan masyarakat Kabupaten Tebo maka pembahasan Ranperda berjalan dengan kondusip, terarah dan sesuai tahapan ", ungkap Bupati H. Sukandar.

Seluruh anggota dewan dan undangan tetap mematuhi protokol kesehatan

Jalannya sidang paripurna dapat berjalan dengan tertib dimana setiap anggota dan undangan yang hadir tetap mematuhi protokol kesehatan yakni dengan tetap menggunakan masker dan berjaga jarak antara satu dan lainnya.

- Advertisement -

Walikota Jambi: Kepala Puskesmas Bisanya Jangan Cuma Merintah

KOTA JAMBI - Berdasarkan laporan, sejumlah Kepala Puskesmas hanya mau memberikan perintah ataupun arahan kepada tenaga medis yang bertugas. Apabila telah ditemukan pasien suspect Covid-19 berdasarkan pemeriksaan awal.

Walikota Jambi Syarif Fasha secara tegas meminta seluruh kepala Puskesmas untuk terjun langsung menangani pasien yang terindikasi terpapar Covid-19 berdasarkan pemeriksaan awal.

Wisuda Unik ala Unama, Mahasiswa ‘Drive Thru’ Naik Andong

KOTA JAMBI - Sebuah video prosesi wisuda drive thru Universitas Dinamika Bangsa (Unama) Jambi menjadi perbincangan di jagat maya lantaran menaiki kendaraan unik. Di antaranya, para wisudawan menaiki kereta kuda atau andong, saat melangsungkan prosesi wisuda.

Momen unik para wisudawan ini banyak diabadikan dalam sebuah video hingga menjadi ramai diperbincangkan. Dari video yang beredar, para wisudawan terlihat mengenakan pakaian toga seperti biasa.

Cek Endra Nyoblos Didampingi Putranya

JAMBI - Gubernur Jambi Cek Endra (CE) menggunakan hak pilihnya pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi di Kota Jambi. Cek Endra yang berpasangan dengan Ratu Munawaroh, Ibu Tiri Zumi Zol mneyalurkan hak pilihnya di TPS 07 Kelurahan Pematang Sulur, kecamatan Telanaipura.

Bupati Safrial Hadiri Penandatanganan Kerjasama Kejaksaan Negeri dan Lurah Se Kabupaten Tanjab Barat

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr. Ir. H. Safrial MS saksikan langsung penandatanganan perjanjian kerjasama antara kelurahan se Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan Kejaksaan Negeri Tanjung Jabung Barat terkait penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara. Selasa (27/10).

Penandatanganan kerjasama yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Kantor Bupati ini juga turut dihadiri oleh, Asisten, Kepala OPD, Kepala Bagian lingkup Sekretariaf Daerah, Camat serta Lurah di lingkup Tanjung jabung Barat.

Secara singkat, Kepala Kejaksaan Negeri memaparkan kerjasama yang dimaksudkan sesuai dengan kewenangan kejaksaan negeri yang meliputi penegakan hukum, bantuan hukum, dan pertimbangan hukum sesuai dengan kewenangan kejaksaan.

"Seperti yang disampaikan Kasi Datun tadi, jadi yang kita kerjasamakan hari ini yaitu dalam penegakan hukum, Bantuan Hukum, dan Pertimbangan hukum," jelas Kajari.

Kajari juga berharap dengan dilaksanakannya perjanjian Kerja sama ini akan lebih meningkatkan sinergitas antara Kejaksaan Tanjab Barat dengan pemkab Tanjab Barat."timpal nya.

Bupati dalam sambutannya berharap agar para lurah dapat memanfaatkan dengan baik kerja sama ini, terutama dalam hal pengambilan kebijakan yang berkaitan dengan bidang perdata dan tata usaha negara. Hal ini ditujukan agar dalam pelaksanaan kebijakan yang diambil tidak menjadi sengketa hukum dikemudian hari.

"Apabila kebijakan yang telah diambil ternyata menimbulkan permasalahan hukum baik di bidang perdata maupun tata usaha negara yang memerlukan penangan secara profesional, agar para Lurah segera mengkonsultasikan upaya penanganan permasalahan tersebut dengan pihak kejaksaan, jadikan kesepakatan yang kita buat ini sebagai dasar hukum untuk bekerjasama dengan jaksa sebagai pengacara Negara, " tandasnya. (Sabri)

Latest News

Tak Layak Masuk Dalam Pemiliharaan, Aktivis Endus Dugaan Korupsi Uang Negara Di Pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tanjabbar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Terkait hasil kerja pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tingkat Provinsi Jambi yang berada di Desa Tungkal 1 (Satu)...

Di Akhir Jabatannya, Bupati Safrial Resmikan Proyek Fisik Infrastruktur 2016-2020

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr. Ir.H.Safrial didampingi Wabup Drs. H. Amir Sakib, Senin (11/01/21) kemarin di Laman Orang...

Yuk Intip, Ini Daftar Kekayaan 5 calon Kapolri

JAKARTA (SR28)- Perrgantian Kapolri direncanakan akan rampung pada akhir Januari 2021 ini. Sederet nama pun mulai muncul ke publik, mulai dari petinggi...

Nelayan Melihat Pesawat Jatuh Saat Hujan Deras di Sekitar Lokasi Jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182

JAKARTA - Berdasarkan informasi dari Kepala Seksi Pemerintahan dan Transit Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Surachman mengatakan, nelayan Pulau Lancang mendengar ledakan di...

LSM Petisi: Hasil Kerja Pembangunan Sarana Dan Prasarana MTQ Didesa Tungkal 1 Tanggung Jawab PPK-PPTK

KUALA TUNGKAL (SR28) – Terkait hasil kerja pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tingkat Provinsi Jambi yang berada di Desa Tungkal 1 Kecamatan...

Music

Bawaslu Tolak Bantuan Masker dari Pemprov Jambi

JAMBI (SR28) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jambi secara tegas menolak ide Pemprov Jambi untuk memberikan bantuan masker bagi para Paslon Pilub Jambi selama masa kampanye masih berlangsung.

H Al Haris Terus Buka Desa Terisolir, Tinjau Proyek Jembatan Gantung

MERANGIN - Bupati Merangin H Al Haris terus berupaya membuka desa-desa terisolir, dengan mambangun ruas jalan dan jembatan-jembatan yang bisa dilalui kendaraan roda empat.

Bersama Kepala Dinas PU-PR Merangin Aspan dan Asisten II Setda Merangin Mardansyah Saidi serta Ketua Komisi III DPRD Merangin Mulyadi, pada Senin (12/6) bupati meninjau proyek fisik pembangunan jembatan di Desa Sepantai dan Desa Pulau Bayur Kecamatan Muara Siau.

‘’Jadi pada 2019 lalu kita ada membangun tiga jembatan gantung yang bisa dilalui kendaraan roda empat. Ini sangat penting untuk membuka keterisoliran desa di Kabupaten Merangin yang wilayahnya luas dan banyak desanya,’’ujar Bupati.

Pembangunan jembatan itu lanjut bupati, akan merubah status desa terisolir menjadi desa tidak terisolir. Bupati berupaya bagaimana jalan-jalan dan jembatan menuju desa-desa menjadi bagus.

‘’Kalau jalan dan jembatannya bagus, tentu masyarakat dengan mudah bisa mengangkut hasil pertaniannya ke pasar, sehingga bisa meningkatkan perekonomian keluarganya,’’harap Bupati.

Diakui bupati dari 205 desa di Kabupaten Merangin, tinggal Desa Air Liki Kecamatan Tabir Barat yang belum bisa dimasuki kendaraan roda empat. Namun berbagai upaya sedang dilakukan.

‘’Izin pembukaan jalan ke Desa Air Lili itu sedang dalam proses, karena harus melewati hutan lindung TNKS. Mudah-mudahan izin itu segera keluar, sehingga pembukaan jalan bisa cepat dikerjakan,’’jelas Bupati.

Menyinggung kendala apa yang dialami dalam membuka keterisoliran desa? Dijelaskan bupati untuk Desa Air Liki jelas masalah izin ke TNKS. Sedangkan kendala untuk desa lainnya cuaca ekstrim.

‘’Ketika cuaca ekstrim, jelas membuat pekerjaan jadi tertunda, sedangkan waktu kontrak terus berjalan. Untuk itu pada 2020 ini kita mempercepat kontrak kerjanya, sehingga disaat cuaca sedang baik pekerjaan bisa lancar dilakukan,’’terang Bupati.

BREAKING NEWS:Black Box Sriwijaya Air SJ182 Ditemukan!

JAKARTA - Black box atau kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ182 ditemukan. Kotak hitam itu kemudian dibawa ke daratan.

Pemkot Jambi Kewalahan, Jelang Pencoblosan 176 Petugas KPPS Dinyatakan Reaktif Rapid Test

KOTA JAMBI - Pemkot Jambi seakan tak beraya untuk menangani ratusan warga Kota Jambi yang telah dinyatakan Reaktif itu untuk selanjutnya menjalankan pemeriksaan swab Covid-19.

Guna menanggulangi hal tersbeut. Pemkot Jambi malah meminta bantuan pemerintah Provinsi Jambi untuk memberikan bantuan pemeriksaan swab bagi 176 KPPS reaktif ini.

Wabup Amir Sakib Ikuti Apel Siaga Pencegahan dan Pengendalian Karhutla

KUALA TUNGKAL (SR28) - Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Amir Sakib ikuti apel siaga pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan Provinsi Jambi yang dilaksanakan di Lapangan Bola Distrik VII PT. Wirakarya Sakti (WKS) Tanjab Timur.

Pj. Sekda Provinsi Jambi, H. Sudirman, SH, MH selaku Pemimpin apel siaga dalam sambutannya menyampaikan bahwa memasuki musim kemarau 2020, lahan gambut  menjadi perhatian khusus kesiapsiagaan personel pengendalian kebakaran hutan dan lahan Provinsi Jambi, terutama lahan gambut yang berada di kawasan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur dan Muaro Jambi."paparnya.

Selain itu sebagai upaya dalam meningkatkan kesiapsiagaan personel pengendalian Karhutla, Pj. Sekda Provinsi Jambi juga berharap apel siaga dan kegiatan latihan bersama ini dapat meningkatkan sinergitas antara Pemerintah, TNI, POLRI serta unsur masyarakat dalam pengendalian kebakaran lahan dan hutan, khususnya di Provinsi Jambi. “Melalui Apel Siaga dan Pelatihan Bersama ini, kita tingkatkan sinergitas Pemerintah, TNI–Polri, Dunia Usaha dan Masyarakat Dalam Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Jambi," ujarnya.

Sementara itu, Wabup H. Amir Sakib juga sepakat bahwa lahan gambut yang tersebar di 3 Kabupaten lingkup Privinsi Jambi ini perlu mendapatkan perhatian lebih dalam upaya pencegahan Karhutla. Hal itu disampaikannya dalam wawancaranya usai kegiatan apel siaga. Wabup juga berharap tujuan pelaksanaan apel siaga dan pelatihan dalam meningkatkan kemampuan personel dan meningkatkan sinergitas semua elemen masyarakat dapat tercapai."Kita sudah memasuki musim kemarau 2020, berdasarkan pengalaman kita, lahan gambut ini memang perlu perhatian lebih dalam pencegahan dan penanggulangan Karhutla,"tutur nya.

Lanjut Amir Sakib, "Selain itu, kesiapsiagaan personel pengendalian kebakaran hutan dan lahan perlu ditingkatkan lagi, terutama pada musim kemarau, seperti arahan Pj Sekda Provinsi Jambi, kita agar Lebih meningkatkan upaya pencegahan sebagai antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, dan ini akan kita tindak lanjuti melalui koordinasi dengan para Camat, TNI, Polri di wilayah kita," tambahnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Pangdam II/Swj, Kapolda Jambi, Danrem 042/Gapu, Kajati Provinsi Jambi, Kepala BPBD Provinsi Jambi, Wakil Bupati Tanjab Timur, Dandim 0415/Batanghari, Dandim 0419/Tanjab, Kapolres Tanjab Barat, dan Kapolres Tanjab Timur. (Sabri)

Culture

- Advertisement -

Terbanyak!!! Hari ini Positif Covid 19 di Provinsi Jambi Bertambah 19 Orang

KOTA JAMBI (SR28)- Setelah berbagai relaksasi aktivitas diberbagai sektor, kasus Covid 19 di Provinsi Jambi mulai menunjukkan ledakannya.
Sore ini (4/8/2020) misalnya Juru Bicara Covid 19 Provinsi Jambi Johansyah menyebut ada 19 orang yang dinyatakan positif Covid 19 setelah melewati berbagai tahap uji medis.

Adapun 19 orang tersebut terdiri dari Kota Jambi,  Kabupaten Batanghari, Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Tebo.

Berikut inisial mereka

MM (perempuan umur 43 tahun) dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif setelah Contact dengan Tenaga Administrasi RSUD Raden Mattaher Jambi

GD (laki-laki umur 13 tahun) dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah Contact dengan Pasien 152

MCI (perempuan umur 11 tahun) dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 152.

EM (laki-laki umur 72 tahun) dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 152

AP (laki-laki umur 18 tahun) dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 152.

YSR (laki-laki umur 52 tahun). Saat ini dia dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 151.

NAY (Perempuan umur  21 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 151.

NRD (perempuan umur  27 tahun). Saat ini dia dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 151

AY (laki-laki umur  20 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 151.

NAW (Perempuan umur  9 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 151.

11.DO (laki-laki umur  31 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 151.

MIS (laki laki umur  42 tahun). Saat ini dirawat di RSUD HAMBA. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 151.

SHY (laki-laki umur  21 tahun). Saat ini dirawat di RSUD HAMBA. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 151.

JKK (laki laki umur  31 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Abdul Thalib. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah pulang dari Babel.

JRD (Perempuan umur  24 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Abdul Thalib. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 127

IN (Perempuan umur  12 tahun). Saat ini dirawat di RSUD HAMBA. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 127.

17.DHM (Lakilaki umur  48 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Abdul Thalib.
. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 127.

RH (Perempuan umur  25 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Abdul Thalib. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan riwayat screening khusus Bappeda.

AAA (Laki-laki umur  13 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Sulthan Thaha. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah pulang dari Bogor

Muhammad Sidik

DPRD Tebo dan Bupati Ikuti Upacara Kenegaraan Secara Virtual

TEBO (SR28)- Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Tebo bersama Bupati dan Wakil Bupati mengikuti Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tebo dalam rangka mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI secara virtual. Kegiatan setahun seklai tersebut digelar di Aula Rapat DPRD pada hari  Jum'at (14/08/2020).

Rapat tersebut langsung dipimpin oleh Ketua DPRD Tebo, Mazlan dan Wakilnya Aivandri serta diikuti anggota DPRD Kabupaten Tebo lainnya.

Dalam sambutannya pada sidang tersebut, Mazlan mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menjadikan HUT RI Ke-75 ini sebagai momentum instrospeksi diri dan mengisi kemerdekaan dengan hal yang positif.

"Pada peringatan HUT RI Ke-75 ini baiknya kita jadikan momentum untuk memperbaiki diri dan bersyukur karena kita bisa menikmati kemerdekaan. Rasa syukur tersebut diwujudkan dengan memberikan kontribusi nyata untuk perbaikan ditengah masyarakat." ujarnya.

Sementara itu Presiden RI Joko Widodo pada Pidato Kenegaraan mengatakan meskipun peringatan pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya dikarenakan pandemi Covid-19, namun semangat untuk mengisi kemerdekaan harus semakin baik.

"Mari kita jadikan momentum musibah pandemi sebagai kebangkitan baru untuk melakukan lompatan besar di berbagai aspek. Inilah saatnya kita membenahi diri secara fundamental, melakukan transformasi besar." ajaknya.

Kemudian Presiden Jokowi juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjadikan krisis yang disebabkan pandemi ini dijadikan pembelajaran. Dia mengibaratkan kondisi saat ini seperti sebuah komputer dimana ketika ada kendala akan memiliki kesempatan menyetting ulang semua sistemnya.

"Jangan sia siakan pelajaran yang diberikan oleh krisis. Jangan biarkan krisis membuahkan kemunduran. Justru momentum Krisi ini harus kita bajak untuk melakukan lompatan kemajuan." tegasnya.

Rapat Paripurna turut diikuti oleh Sekretaris Daerah, Drs. Teguh Arhadi, MM, Unsur Forkopimda, Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati, dan Kepala OPD dan Bagian Lingkup Pemkab Tebo

Jurnalis Muhammad Sidik

Selamat!!! Nanda-Dorel Terpilih Jadi Presiden dan Wakil Presiden BEM KBM UNJA 2020-2021

MENDALO (SR28)- Setelah melewati dinamika panjang sejak 2019, akhirnya Pemilu Raya Mahasiswa (PEMIRA) Universitas Jambi membuahkan hasil pada siang ini (Senin, 24 Agustus 2020)

Dalam kontestasi yang berlangsung alot dan bertensi  panas tersebut, terpilihlah pasangan calon presiden dan wakil presiden yang diusung oleh Partai Bintang Mahasiswa yaitu Nanda-Dorel.
Keduanya mendapat  5886 suara dan disusul rivalnya Syahrial- Tobi dengan 5181 suara.

Menyikapi hal itu, Presiden Partai Bintang Mahasiswa (PBM) UNJA Aviv Ramadya mengaku jika tahun ini adalah salah satu PEMIRA yang sangat menyita energi dan strategi pada partai besutannya tersebut.

Aviv Ramadya Akbar, Presiden Partai Bintang Mahasiswa (PBM)

"ini adalah kemenangan paling tipis sepanjang sejarah dari torehan partai  UNJA Partai Bintang Mahasiswa, persaingan dilapangan sangat alot, apalagi saat ini semua berbasis online. Tentu ini jadi tantangan tersendiri bagi PBM yang selama bertahun-tahun terbiasa dengan PEMIRA offline. Namun demikian kami puas dengan hasil ini dan saat ini tugas kami adalah merealisasikan janji-janji politik kami kepada mahasiswa uang telah memandatkan dukungan kepada pasangan Nanda-Dorel" Ungkap Aviv

Sementara itu, Kurnia Nanda selaku Presiden Mahasiswa terpilih menyatakan terima kasih atas ribuan dukungan dari mahasiswa UNJA untuk dirinya.

Calon Pemenang Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa UNJA 2020-2021

"Terima kasih kepada seluruh kader PBM, simpatisan , teman-teman komunitas dan seluruh mahasiswa UNJA yang telah memilih kami. Kami membuka ruang kolaborasi sebesar-besarnya untuk kita membangun UNJA bersama-sama" Ungkap Nanda

Selain pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa, PEMIRA tahun ini juga turut memilih suara Majelis Aspirasi Mahasiswa tingkat Universitas hingga Fakultas serta Gubernur dan Wakil Gubernur Mahasiswa di level fakultas.

PEMIRA tahun ini juga menggunakan metode terbaru yaitu e-vooting dan diselenggarakan selama 3 hari.

- Advertisement -

Must Read

Maling Apes Rumah Sasaran Adalah Rumah Polisi

Seorang maling tertangkap di simpang Kubu Kandang, Kabupaten Batanghari, sialnya rumah itu adalh rumah polisi.

Sumber: JAMBI28 TV

Ardy Daud: Pertanian dan Wisata Harus Tingkatkan Kemajuan Kerinci

JAMBI (SR28) - Penjabat sementara (Pjs) Gubernur Jambi, Ir.Restuardy (Ardy) Daud,M.Sc mengemukakan bahwa potensi pertanian dan pariwisata harus bisa meningkatkan kemajuan dan daya saing daerah Kabupaten Kerinci. Hal tersebut dikemukakan Ardy Daud pada Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kerinci dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-62 Kabupaten Kerinci Tahun 2020, yang berlangsung di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Kabupaten Kerinci, Senin (9/11/2020).

Untuk itu, Ardy Daud meminta Pemerintah Kabupaten Kerinci harus terus memanfaatkan potensi pertanian dan pariwisata yang lebih produktif dan inovatif sesuai dengan karakteristik daerah Kerinci demi kesejahteraan masyarakat.

"Kabupaten Kerinci yang terletak di dataran tinggi memiliki keunggulan dan potensi pertanian dan perkebunan, terutama untuk komoditi teh, kopi, dan kayu manis yang memiliki kualitas ekspor. Kita mengetahui kopi produksi Kerinci telah dikenal oleh para pecinta kopi internasional dan telah memiliki brand kopi Sumatera Koerintji," ujar Ardy Daud.

"Berbekal keunggulan dan karakteristik wilayah Kerinci, kita harus terus mendorong daya saing daerah yang berbasis pertanian dengan didorong sektor industri dan pariwisata untuk lebih menggiatkan perekonomian daerah, menciptakan lapangan pekerjaan, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam mempersiapkan generasi emas Indonesia di tahun 2045," tambah Ardy Daud.

Ardy Daud mengungkapkan, Pemerintah Pusat telah menetapkan Kabupaten Kerinci dalam RPJMN 2019-2024 sebagai kawasan strategis pariwisata nasional dan Taman Nasional Kerinci Seblat sebagai cluster destinasi wisata alam prioritas. Pemerintah Provinsi Jambi juga telah menetapkan kawasan nasional Kerinci Seblat dan sekitarnya dalam rencana induk pembangunan kepariwisataan 2016-2021 sebagai kawasan strategis Provinsi Jambi.

"Hal ini didukung dengan keberadaan Bandara Depati Parbo sebagai salah satu simpul jaringan transportasi yang merupakan pintu gerbang perekonomian masyarakat. Semua itu merupakan suatu modal dalam membangun daerah, yang dapat mendorong percepatan pembangunan Kabupaten Kerinci menjadi lebih maju," ungkap Ardy Daud.

Selanjutnya, Ardy Daud menuturkan, aktivitas masyarakat sepanjang tahun 2020 ini sangatlah terbatas akibat pandemi covid-19 yang tengah melanda, serta mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Kerinci untuk sama-sama konsisten dalam menerapkan protokol kesehatan.

Ardy Daud juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Kerinci untuk meyukeskan pilkada serentak pada tanggal 9 Desember 2020 secara aman, demokratis dan sehat, karena pilkada merupakan sebuah proses untuk mendapatkan pemimpin terbaik, serta memiliki legimitasi di masyarakat.

Bupati Kerinci, Dr.H.Adirozal,M.Si menyampaikan berbagai perkembangan dan kemajuan yang telah diraih oleh pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kerinci sejak November 2019 sampai Oktober 2020., terlihat dari berbagai indikator pembangunan, salah satunya pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kerinci 5,01 persen pada tahun 2020.Adirozal menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Kerinci terus melakukan berbagai terobosan dan inovasi untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan, diantaranya peningkatan infrastruktur jalan untuk memperkuat aktivitas ekonomi masyarakat Kerinci, peningkatan kualitas jaringan irigasi, dan pembangunan infrastruktur pasar.

"Untuk sektor perkebunan, terutama komoditi kopi, Pemerintah Kabupaten Kerinci telah melakukan kerja sama dengan Belgia yang didampingi oleh Lembaga Swadaya Masyarakat internasional Rikolto. Kita telah melakukan ekspor kopi ke Belgia sebanyak 15,9 ton dalam bentuk green bean dan ekspor ke Jepang sebanyak 2,1 ton yang dilakukan oleh Koperasi Koerintji Barokah Bersama," jelas Adirozal.

"Sementara itu, Koperasi Kopi Alam Korintji (Alko) juga telah menjalin kerjasama dengan Starbucks dan diviralkan oleh Menteri BUMN, Menteri  Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Najwa Shihab. Hal ini telah membuktikan bahwa perkembangan Kopi Kerinci sangat signifikan," lanjut Adirozal. (Sidik)

Pemerintah Wanti-Wanti Terjadinya Klaster Corona Saat Pilkada Nanti

JAMBI - Berdasarkan intruksi pemerintah pusat, pemerintah daerah diberikan peringatan agar pelaksanaan pilkada serentak ditengah pandemi Covid-19 ini selain dapat berlangsung dengan aman tapi juga kondusif.

Yang artinya, terhindar dari resiko penularan virus Covid-19 atau lebih parahnya lagi dapat terhindar dari adanya klaster baru penyebaran virus corona setelah pelaksanaan kegiatan Pilkada tahun 2020.

Sekda Agus Sanusi Hadiri Rapat Paripurna Nota Kesepakatan Perubahan APBD 2020 Tanjabbar

KUALA TUNGKAL (SR28) – Sekretaris Daerah Tanjung Jabung Barat Ir. H. Agus Sanusi MSI hadiri Rapat Paripurna DPRD dalam rangka penandatanganan Nota kesepakatan Rancangan Kebijakan Umum perubahan APBD (KUPA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan APBD Kabupaten Tanjab Barat Tahun Anggaran 2020, Selasa (01/09/2020).

Rapat yang digelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD ini, dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD H. Muh Sjafril Simamora . SH, serta Turut diikuti oleh 23 Anggota DPRD, Asisten, serta para Kepala OPD di lingkup Pemkab Tanjung Jabung Barat.

Bacakan Sambutan Bupati Tanjab Barat Dr. Ir. H. Safrial MS, Sekda H. Agus Sanusi sampaikan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada pimpinan dan anggota badan anggaran DPRD Tanjab Barat yang telah bersama-sama dengan tim anggaran Pemerintah Daerah(TAPD) dalam melaksanakan rangkaian proses pembahasan KUPA-PPAS Perubahan APBD TA 2020.

"Mulai dari awal sampai ditanda tangani nota kesepakatan KUPA-PPAS Perubahan APBD Kabupaten Tanjab Barat TA 2020, Pidato ini juga merupakan akhir dari proses pembahasan KUPA-PPAS Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020"kata Sekda

Lebih lanjut Sekda menjelaskan, dengan ditanda tanganinya kesepakatan KUPA-PPAS Perubahan APBD Kabupaten Tanjab Barat Tahun Anggaran 2020, telah menetapkan dasar-dasar kebijakan sebagai pedoman dalam rangka penyusunan rancangan peraturan Daerah tentang perubahan APBD Kabupaten Tanjung Jabung Barat Anggaran 2020."timpal nya.

Sementara itu, Rapat Paripurna ke 4 tentang penyampaian laporan hasil kerja panitia khusus I, II dan III serta pengambilan Keputusan DPRD Kabupaten Tanjab Barat terhadap Pengambilan 6 Raperda Kabupaten Tanjab Barat yang semestinya digelar usai Paripurna KUPA-PPAS,  harus ditunda dengan alasan Forum yang tidak tercapai. (Sabri)

Pembangunan Jembatan APBD Provinsi di Pengabuan Diduga Minim Pengawasan

KUALA TUNGKAL (SR28) - Proyek pekerjaan pembangunan infrastruktur di bidang jembatan untuk mendukung kesejahteraan masyarakat pada tahun 2020 melalui dana APBD Provinsi Jambi Kabupaten Tanjung Jabung Barat Kecamatan Pengabuan tepatnya jembatan Parit 6 diduga minim pengawasan dan informasi.

Proyek yang bersumber dari APBD provinsi tersebut sangat dinanti-nanti oleh masyarakat di beberapa kecamatan yaitu Kecamatan Bram itam, pengabuan, senyerang, hingga menembus ke Kecamatan Tebing Tinggi. Namun dibalik Proyek besar tersebut yang nilai nya miliaran bahkan belasan miliar tersebut, pihak pelaksana tidak mencantumkan informasi nilai kontrak kerja.

Diketahui pekerjaan tersebut dibawah naungan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Pemerintah Provinsi Jambi dengan nama pekerjaan pembangunan Jembatan Parit 6 tahun 2020 dengan pelaksanaan pekerjaan PT Megasari Sejati dengan konsultan pengawas nya PT Yoga Tiga Consultant.

Saat sejumlah media di lokasi sempat menanyai pekerja yang ada di lokasi, namun tak banyak yang bisa diketahui dari para pekerja tersebut karena mereka hanya mengerjakan konstruksi bangunan.

Tampak juga di jembatan sementara yang dibangun tidak ada pekerja yang mengarahkan kendaraan kendaraan baik dari arah Teluk nilau maupun dari arah Bram itam, jadi kendaraan yang lalu-lalang para penggunanya harus ekstra hati-hati dalam bergantian menggunakan jembatan sementara tersebut.

Sementara itu Sekretaris DPD KNPI Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Lukman Nurohim berkomentar keras, dan menyayangkan ketidakterbukaan pihak kontraktor pelaksana dalam informasi nilai kontrak kerja. Karena hal tersebut perlu diperhatikan bukan pekerjaan main-main masyarakat juga sangat perlu informasi-informasi pembangunan yang ada di wilayahnya.

"Harusnya mereka buat lengkap selengkap-lengkapnya, berapa Memangnya nilai kontrak pekerjaan jembatan tersebut, jangan ditutup-tutupi, kami mempertanyakan hal tersebut. Berapa Memangnya jumlah nilai kontrak kerja dengan pekerjaan sebesar itu, harusnya mereka sangat sangat sudah profesional dengan pekerjaan sebesar itu Dinas PU Provinsi harus tegur mereka," ujarnya, Selasa (25/8).

Pihaknya juga meminta kepada Dinas PU Provinsi Jambi untuk aktif melihat proses demi proses dari pembangunan jembatan tersebut. Jangan seperti yang saat ini terjadi hal seperti ini,  karena seharusnya nya nilai kontrak kerja tidak disepelekan karena Keterbukaan Informasi Publik harus dikedepankan. (Sabri)

Bupati Tanjabbar Resmikan Gedung Produksi Kopi Liberika

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial, MS resmikan Gedung Produksi Industri Kopi Liberika Tungkal Jambi yang berada di Kelurahan Mekar Jaya Kecamatan Betara, Minggu (16/08).

Kegiatan peresmian ini juga turut dihadiri oleh, Forkopimda, Sekretaris Daerah, Asisten, Kepala OPD terkait, serta Masyarakat dan undangan lainnya.

Gedung produksi industri kopi liberika tungkal jambi ini difasilitasi dengan showroom tempat promosi dan penjualan kopi,  tempat penjemuran kopi yang cukup luas dengan pengaturan suhu yang baik, kemudian dibelakangnya juga terdapat ruang produksi atau tempat pengolahan kopi. Selain itu, juga masih terdapat lahan kosong sebagai tempat percontohan pembibitan kopi yang nantinya akan bekerjasama dengan pihak Universitas Jambi sebagai tempat pusat penelitian Kopi.

Bupati Safrial, dalam sambutannya mengatakan bahwa pembangunan gedung produksi kopi ini merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam mengembangkan salah produk unggulan daerah yaitu kopi liberika tungkal jambi. Ia berharap pembangunan gedung produksi dengan fasilitas yang lengkap ini, dapat menjadi wadah aktifitas ekonomi khususnya masyarakat berkaitan dengan produksi Kopi Liberika.

"Pemkab Tanjab Barat telah menjlin kerjasama dengan Universitas Jambi terkait upaya pengembangan produk Kopi Liberika Tungkal Jambi, kita juga telah menandatangani mou dengan Unja dalam pengembangan kopi liberika, yang nanti pusat penelitiannya dilaksanakan disini,"selain itu juga Dinas terkait juga telah menandatangani perjanjian kerjasama atau mou dengan pihak unja sebagai wujud implementasi kegiatan dilapangan," ujarnya.

Mengakhiri sambutannya, Safrial berharap pembnagunan gedung produksi ini dapat mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat meski di tengah pandemi covid 19.

"Ini adalah salah satu wujud dari keseriusan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat meski dalam kondisi Pandemi covid 19,"semoga aktivitas ekonomi di Tanjung Jabung barat, bisa segera bergerak, bangkit, serta tumbuh kembali," pungkasnya.(Sabri)

Lifestyle Magazine

Pegawainya Ada yang Positif Covid 19, RSUD Raden Mattaher Jambi Panik

KOTA JAMBI (SR28)- Usai salah satu pegawainya terkena Covid 19, manajemen RSUD Jambi melakukan sederet kebijakan penutupan layanan kesehatan bagi masyarakat. Melalui Surat Edaran yang dikeluarkan hari ini, Direktur RSUD Raden Mattaher Jambi dr.Ferry resmi menutup sejumlah layanan kesehatan seperti Poliklinik, Kamar Pelayanan Elektif serta memerintahkan agar pejabat yang berusia diatas 50 tahun agar bekerja dari rumah.

Berikut visualisasi lengkap dari Surat Edaran tersebut.

Jurnalis Muhammad Sidik

Indobarometer: FU-SN Unggul 39,3% diatas CE-RATU dan Haris-Sani

JAMBI (SR28)- Indo Barometer meliris hasil survei untuk calon gubernur dan wakil gubernur Jambi yang akan bertarung pada Pilgub, 9 Desember 2020 mendatang. Hasilnya, pasangan Fachrori Umar-Syafril Nursal mengungguli dua rival politiknya, Cek Endra-Ratu Munawaroh dan Al Haris-Abdullah Sani.

Pasangan Fachrori Umar-Syafril Nursal unggul dengan 39,3 persen.  Sedangkan Cek Endra-Ratu Munawaroh mendapatkan 31,3 persen dan pasangan Haris-Sani diangka 23,3 persen.

Peneliti Indo Barometer, Hadi Suprapto menyebutkan, bahwa survei ini dilakukan pada 16-24 November 2020 lalu atau 12 hari sebelum hari pencoblosan. Survei ini dilaksanakan diseluruh wilayah provinsi Jambi, meliputi 11 Kabupaten/Kota dengan populasi survei adalah Warga Negara Indonesia di Provinsi Jambi, dan sudah mempunyai hak pilih.

Selain itu, jumlah sampel pada survei ini sebanyak 1.200 responden, dengan margin of error sebesar lebih kurang 2,83  persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. Untuk metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner.
" Tingkat keyakinan pemilih terhadap pilihannya hingga hari pencoblosan temuan kita cukup besar yakni 86,5 persen. Meskipun ada kemungkinan merubah pilihan 3,6 persen,” ujarnya, Jumat (4/12) kemarin.

Hadi menyebutkan, ada lima indikator mengapa pasangan Fachrori-Syafril diprediksi bisa memenangkan kontestasi politik Pilgub Jambi.  Pertama karena tingkat elektabilitas gubernur dan juga wakil gubernur unggul dari kandidat lainnnya, begitu juga ketika dalam simulasi berpasangan.
Kedua, lanjut Hadi, dukungan terhadap pasangan Fachrori-Syafril merata hampir di semua daerah. "Pengalaman kita itu terbukti. Kita sudah pernah survei di Jambi, polanya hampir sama. Siapa calon yang merata unggul di sejumlah daerah, akan menang," tegasnya.

Kemudian ketiga, kepribadian Fachrori Umar juga unggul dari calon lain. Kemudian keempat, Fachrori Syafril didukung Capres paling populer saat ini yakni Prabowo.

Hadi menjelaskan, temuan pokok survei elektabilitas calon gubernur, wakil gubernur, dan Paslon dengan pilihan calon Gubernur dalam pertanyaan terbuka atau spontan adalah Fachrori Umar 28,6 persen. Disusul Cek Endra 21,6 persen, Al Haris 17,8 persen, Abdullah Sani 0,1 persen.
Sedangkan Pilihan calon Gubernur untuk tiga nama dalam pertanyaan tertutup, Fachrori Umar memperoleh dukungan 40,3 persen, Cek Endra 30,8 persen, Al Haris 23,1 persen. "Pilihan calon Wakil Gubernur dalam pertanyaan terbuka, Syafril Nursal 24,8 persen, Ratu Munawaroh 19,8 persen, Abdullah Sani 16,8 persen,” katanya.

Selanjutnya pilihan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur dalam pertanyaan terbuka adalah Fachrori Umar – Syafril Nursal unggul dengan dukungan 22,8 persen, disusul pasangan Cek Endra – Ratu Munawaroh 18,8 persen, Al Haris – Abdullah Sani 16,2 peren.

Dalam pilihan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur untuk 3 pasang nama dengan pertanyaan tertutup adalah pasangan Fachrori Umar – Syafril Nursal memperoleh dukungan 39,3 persen, Cek Endra – Ratu Munawaroh 31,3 persen, Al Haris – Abdullah Sani 23,3 persen. " Fachrori juga unggul dari aspek kepribadian dan kemampuan. Penilaian masyarakat terhadap kepribadiannya seperti jujur, intelektual,berwibawa sebagai pemimpin dan dekat dengan rakyat,” katanya.
Selanjutnya, dukungan Fachrori-Syafril juga merata di seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi seperti di Kerinci, Batanghari, Muaro Jambi, Tebo, Bungo, Kota Jambi dan Kota Sungai Penuh. "Sedangkan CE-Ratu unggul di Sarolangun, Tanjab Timur, Tanjab Barat. Al-Haris hanya unggul di Kabupaten Merangin," jelasnya.

Pemkab Tanjab Barat Gelar Tes SKB Formasi CPNS 2019

KUALA TUNGKAL (SR28) - Pemkab Tanjab Barat gelar tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bagi 394 peserta seleksi CPNS yang dinyatakan lulus pada seleksi tahap pertama atau Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Senin (14/09).

Sekretaris Daerah Ir. H. Agus Sanusi M.Si  yang sempat meninjau langsung pelaksanaan tes seleksi, mengatakan bahwa seleksi yang diselenggarakan di BW Luxury Hotel Kota Jambi ini, dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat, seperti pemakaian masker, Face Shield dan menjaga Jarak.

"Dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat, seperti pemakaian masker, Faceshild dan menjaga Jarak, diharapakan dapat mengantisipasi dampak penyebaran Covid 19," harapnya.

Lebih lanjut Sekda sampaikan, tes Seleksi Kompetensi Bidang seharusnya diikuti sebanyak 394 peserta seleksi CPNS Formasi 2019 Kabupaten Tanjung Jabung Barat, namun dari 394 tersebut hanya 380 yang ikut SKB di BW Luxury. Dari jumlah keseluruhan peserta, 84 orang merupakan formasi tenaga teknis, 199 formasi Guru, dan 111 untuk formasi tenaga kesehatan.

"Sementara 13 orang lainnya mengikuti SKB ditempat lain di Jambi, sesuai tempat dipilih saat pendaftaran SKB, dan 1 izin karena habis melahirkan" jelasnya.

Adapun peserta yang mengikuti ujian SKB  13 peserta ditempat lain dengan rincian UPT BKN Serang 1 peserta, Kantor Regional VII BKN Palembang 3 peserta, UPT BKN Lampung 1 peserta, BKN Pusat 3 peserta, UPT BKN Padang 5 peserta," tambahnya.

Sekda berharap peserta yang dinyatakan lulus nantinya merupakan peserta terbaik untuk mengisi kekurangan SDM di lingkup Pemkab Tanjab Barat.

"Kita berharap 394 CPNS ini merupakan SDM yang berkualitas, dan siapa pun yg lulus adalah yang terbaik, yang bisa dan mampu bekerja di Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat," tambahnya.

Tampak hadir mendampingi Sekda tinjau pelaksanaan tes SKB, Asiten III, Kadis BKPSDM, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Inspektorat, Kasat Pol PP, Kadis Kominfo, serta Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan. (Sabri)

Pasien Covid 19 Tetap Bisa Nyoblos, KPU Siapkan Bilik Khusus

JAMBI - Pada hari H pencoblosan esok, pihak KPU Jambi memastikan bahwa seluruh masyarakat jambi yang telah mendapatkan hak pilih tetap dapat menggunakan hak pilihnya tersbeut walaupun berstatus pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Lantaran, hak pilih seseorang merupakan hak konstitusi yang dilindungi oleh Undang-undang.

Untuk mengantisipasi pemilih khusus tersbeut, nantinya pihak KPU akan melakukan koordinasi bersama pihak Satgas penanganan Covid-19 untuk mencarikan solusi terkait pemilih ini.

Bawaslu Klarifikasi Dugaan Pelanggaran Kampanye 4 Calon Kepala daerah di Jambi

JAMBI (SR28) - Proses klarifikasi itu, dilakukan pihak Bawaslu lantaran para kandidat Pilkada Jambi tersebut diduga melanggar Pasal 187 Ayat 1 Undang-undang Nomor 10 tentang pilkada, yakni dugaan kampanye diluar jadwal.

Video News

- Advertisement -

Gubernur Jambi Buka Ruang Aspirasi Masyarakat Terkait UU Cipta Kerja

JAMBI (SR28) - Penjabat Gubernur Jambi Restuardy Daud, bersama Forkopimda secara virtual Mengikuti Rapat Koordinasi Kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerah dalam Pelaksanaan Regulasi Omnibus Law di Ruang Rapat Gubernur Jambi, Rabu (14/10).

Hadir Menko Perekonomian, Mendagri, Menaker, Menkeu, Menteri LHK, Menteri ATR/Kepala BPN, Polri, Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, Kepala BIN.

Menko Polhukam Mahfud MD menegaskan tugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dengan cara memberi pengertian tentang latar belakang UU Cipta Kerja dengan materi sebenarnya bukan hoax.

"Undang-Undang Cipta Kerja sudah dibahas secara umum makanya ada beberapa naskah Omnibus Law dari beberapa UU menjadi satu hingga seperti pada bagian perizinan bisa lebih sederhana," jelas Mahfud MD.

Dalam keterangan Resmi Menko Polhukam terkait Undang-Undang Cipta Kerja dibentuk justru untuk melaksanakan tugas Pemerintah dalam membangun kesejahteraan masyarakat melalui penciptaan lapangan kerja yang semakin banyak, perlindungan terhadap buruh, penyederhanaan birokrasi dan kemudahan berusaha serta pemberantasan pungli dan pencegahan tindak pidana korupsi.

Menko Polhukam Mahfud MD menyampaikan keberadaan Pemerintah menghormati kebebasan berpendapat dan menyampaikan aspirasi terkait UU Cipta Kerja sepanjang itu dilaksanakan dengan damai dan menghormati hak-hak warga yang lain dan tidak mengganggu ketertiban umum.

"Unjuk rasa silakan dan yang anarkis ditangani dan negara harus diselamatkan," kata Mahfud MD.

Hadir Kapolda Jambi Irjen.Pol.Drs.Firman Santyabudi,M.Si, Danrem 042/Gapu Jambi Brigjen TNI M.Zulkifli, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Pj.Sekda Provinsi Jambi Sudirman, Pihak Kejaksaan Tinggi Jambi.

Pjs. Gubernur Jambi dan jajaran Forkopimda Provinsi Jambi menyimak penjelasan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja yang secara urgensi dan substansi disampaikan Menteri Ketenagakerjaan, Menko Perekonomian, Mendagri, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Keuangan, Pejabat dari Mabes Polri, juga yang mewakili Panglima TNI dan Wakil Jaksa Agung serta dari pihak BIN.

"Pemerintah daerah tadi diwakili oleh asosiasi gubernur, asosiasi wali kota dan asosiasi bupati karena kita juga sama-sama terus mempelajari juga turut mencermati itu bersama teman-teman di provinsi," ungkap Ardy Daud.

Pjs. Gubernur Jambi akan menindaklanjuti terkait hal tersebut di daerah untuk membangun komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat sebelum diimplementasikan atau akan diturunkan dalam beberapa regulasi atau Peraturan Pemerintah, Kepres, Permen, Peraturan Daerah.

"Tentunya perlu masukan dari kita semua jadi ada ruang bagi kita untuk memberikan masukan terhadap hal-hal yang terkait dengan aspirasi yang disampaikan selama ini kami di Provinsi Jambi mengajak seluruh masyarakat Jambi khususnya yang memiliki masukan atau aspirasi silakan nanti akan ada tim yang akan mengakomodir itu akan kami tindaklanjuti beberapa hari kedepan diharapkan sudah bisa berjalan," jelas Ardy Daud.

Menyikapi beberapa opini yang berkembang terkait UU Cipta Kerja ditengah masyarakat, selaku Pjs. Gubernur Jambi mengimbau kepada semua pihak untuk mencermati penerimaan informasi karena masih ada opini yang terbentuk tidak sesuai kondisi terkait.

"Mari kita pelajari bersama dan betul-betul cermati manakala ada hal-hal yang tidak sesuai dengan kondisi dan kami juga akan menginformasikan materi yang betul-betul sesuai dengan yang aslinya dan terakhir kepada pihak-pihak yang aspirasinya ingin disampaikan ada jalur melalui Uji Materi MK itu juga silahkan digunakan manakala itu diperlukan," kata Pjs.Gubernur Jambi.

Apresiasi Pjs.Gubernur Jambi kepada jajaran Forkopimda dan masyarakat atas situasi aman, terkendali, kondusif di Provinsi Jambi selama masa penyampaian aspirasi dari masyarakat.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada semua elemen masyarakat kemaren yang dapat menahan diri pada waktu menyampaikan aspirasi dan pendapat tidak bertindak bersifat anarkis berlebihan dan apresiasi kepada jajaran Forkopimda yang sigap di lapangan dalam beberapa hari terakhir dan kita juga berjuang menekan angka penyebaran Covid-19 ini merupakan tanggung jawab kita semua dan jangan dilupakan karena ini penting untuk kesehatan kita semua," ungkap Pjs.Gubernur Jambi.

Rapat virtual tersebut berlangsung empat jam lebih mendengarkan beberapa penjelasan Pemerintah Pusat untuk kemudian disosialisasikan kepada masyarakat serta membuka ruang penyampaian aspirasi daerah.

H Al Haris: Enam Ranperda Merupakan Perda Revisi

MERANGIN - Pemerintah Kabupaten Merangin sedang merevisi enam Peraturan Daerah (Perda) yang sudah tidak relevan, untuk disesuaikan dengan kondisi yang terjadi sekarang ini.

Hal ini ditegaskan Bupati Merangin H Al Haris, usai Paripurna ketiga DPRD Merangin, penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi Dewan dan penyampaian jawaban Pemerintah terhadap enam Ranperda yang diajukan, Senin (13/7).

‘’Jadi ada enam Perda yang kita evaluasi, seperti  Ranperda tentang pendirian BUMD PT Merangin Bima Tama (Perseroda), Ranperda tentang Penambahan penyertaan modalnya,’’ujar Bupati didampingi Wabup H Mashuri.

Selain itu lanjut bupati, ada Ranperda tentang Perubahan kedua atas Perda nomor 04 tahun 2010 tentang Penyertaan Modal pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Merangin.

‘’Ranperda tentang Perubahan Atas Perda nomor 01 tahun 2013 tentang Retribusi Pelayanan Tera/Tera Ulang, juga kita ajukan sebagai revisi dari Perda sebelumnya,’’terang Bupati.

Diakui bupati, sekarang ini banyak para pedagang di pasar-pasar yang tidak melakukan tera ulang pada timbangannya, sehingga merugikan konsumen. Pemda juga jadi tidak mendapatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari tera ulang itu.

Melalui evaluasi Perda itu lanjut bupati, Pemerintah bisa mengawasi jalannya Perda dan masyarakat juga jadi paham terhadap perubahan aturan daerah yang dilakukan.

Untuk diketahui keenam Perda yang direvisi itu selengkapnya, Ranpeda tentang pendirian BUMD PT Merangin Bima Tama (Perseroda), Ranperda tentang Penambahan penyertaan modal Pemerintah Daerah pada PT Merangin Bima Tama (Perseroda).
Ada juga, Ranperda tentang Perubahan kedua atas Perda nomor 04 tahun 2010 tentang Penyertaan Modal pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Merangin, Ranperda tentang Perubahan Atas Perda nomor 01 tahun 2013 tentang Retribusi Pelayanan Tera/Tera Ulang.

Selanjutnya, Ranperda tentang retribusi tempat rekreasi dan olahraga dan Ranperda tentang Pencabutan Perda nomor 05 tahun 2011 tentang retribusi pelayanan kesehatan pada RSD Kol Abundjani Bangko.

Tidak hanya itu, pada paripurna tersebut DPRD Merangin juga menyampaikan dua Ranperda inisiatif DPRD Merangin 2020 yang dianggap sangat penting dibahas menjadi Perda.

Kedua Ranperda inisiatif Dewan itu, Ranperda tentang Penyelenggaraan Perlindungan Perempuan dan Anak dari Tindakan Kekerasan, serta Ranperda tentang Perlindungan Produk Unggulan Daerah.

Ditangkap Karena Curi Besi Cetakan Polongan, Satu Pelaku Ternyata Spesialis Curanmor

KOTA JAMBI - Polresta Jambi Melalui Unit Reskrim Polsek Kota Baru Jambi berhasil menangkap seorang pelaku spesialis pencurian sepeda motor (curanmor). Kapolsek Kota Baru, AKP Afrito Marbaro saat menggelar konferensi pers, mengatakan pelaku bernama Abdulrahim alias Baim (30) warga Alam Barajo, Kota Jambi ditangkap setelah polisi menerima laporan ada aksi pencurian besi pencetak polongan beton bersama dua rekannya Eko (25) dan Adi (33) di tempat persembunyiannya.

Bupati Tanjabbar Serahkan Bantuan Kendaraan Operasional Inseminasi Buatan di Tebing Tinggi


KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat DR. Ir. H. Safrial, MS menghadiri acara penyerahan  mobil operasional Inseminasi Buatan (IB) program TJLSP (Tanggung Jawab sosial dan lingkungan perusahaan) Bank Jambi di Desa Purwodadi Kecamatan Tebing Tinggi, Selasa (25/08).

Kadis Perkebunan dan Peternakan, Ir. Melam Bangun,dalam laporan nya mengatakan penyebaran bantuan ternak sapi sampai saat ini tersebar di 6 kecamatan, yang meliputi kecamatan Tebing Tinggi, Batang asam, Renah mendaluh, Muara papalik, Tungkal Ilir, dan Kecamatan Pengabuan.

"Semntara itu Kondisi bantuan ternak sekarang ini terbilang cukup baik, karena dari penyebaran 200 ekor sudah lahir 21 ekor, sementara pada posisi sekarang sapi yang mengandung /Bunting sebanyak 76. Ekor, kita berharap kedepannya ada penambahan petugas imseminasi buatan sehingga dapat meningkatkan produktifitas dari ternak ini," timpalnya.

Diwaktu yang berbeda Bupati Tanjab Barat, Dr. Ir. H. Safrial MS dalam sambutannnya mengapresiasi kepada Bank Jambi dan pihak lainnya yang telah mendukung Pemerintah dalam upaya mengembangkan sektor peternakan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Salah satunya dengan adanya bantuan mobil operasional yang berasal dari dana CSR Bank Jambi,untuk program Inseminasi Buatan Saya berharap bantuan ini dapat mendukung pengembangan perternakan di kabupaten Tanjung Jabung Barat khususnya dalam pelayanan insemminasi buatan ke para peternak sehingga jumlah akseptor dan kelahiran ternak semakin meningkat.

"Untuk mendukung kegiatan tersebut Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat memberikan bantuan hibah ternak sapi kepada kelompok tani untuk tahun 2019 sebanyak 200 ekor dan tahun 2020 sebanyak 88 ekor yang dapat menjadi akseptor program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (Si Komandan), saya  berharap pihak perusahaan dapat bersinergi dalam mendukung pelaksanaan program Pemerintah, salah satunya melalui forum CSR sehingga bantuan yang diberikan tepat sasaran," jelasnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan kunci mobil operasional dari Bank Jambi kepada Bupati Tanjab Barat yang diteruskan kepada Kepala Desa Purwodadi Jayus. Masih dalam kegiatan yang sama, Bupati juga buka forum diskusi tanya jawab dengan para peternak sapi di Kecamatan Tebing Tinggi. (Sabri)

Siap-siap! Pemprov Jambi Segera Terbitkan Perda Sanksi Bagi Pelanggar Protokol Kesehatan

JAMBI (SR28) - Perda tersebut nantinya akan menjadi payung hukum bagi pemerintah maupun tim Yustisi Satgas Penanganan Covid-19 di seluruh kabupaten kota se Provinsi Jambi untuk menjalankan tugas penegakan disiplin protokol kesehatan. Termasuk, pemberians ankso hukum bagu masyarakat yang masih saja melanggar Perda protokol kesehatan tersebut.

Langgar Aturan Kampanye, Bawaslu Copot Paksa Stiker-stiker Calon Gubernur Jambi

KOTA JAMBI (SR28) - Bawaslu Kota Jambi mencopot paksa puluhan stiker calon Gubernur Jambi yang terpasang di angkutan kota (Angkot). Hal tersebut lantaran melanggar pasal 26 PKPU Nomor 11 tahun 2020 tentang pemasangan APK di area publik termasuk angkot.

- Advertisement -

Music

15 Organisasi Kepemudaan Islam Desak Presiden Tuntaskan Kasus Pembunuhan 6 Laskar FPI

JAKARTA (SR28)- Buntut dari  insiden antara anggota  Front  Pembela  Islam  (FPI)  dengan aparat Kepolisian yang terjadi di Jalan Tol Cikampek KM. 50 pada hari Senin (7  Desember 2020) yang menewaskan  6  orang  korban  jiwa  dari  pihak  FPI akhirnya berbuntut panjang. Berbagai tokoh, ormas, LSM dan senator menuntut agar presiden membentuk tim independen pencari fakta untuk mengusut kasus pelanggaran HAM berat tersebut.

Tuntutan yang sama juga datang dari kalangan aktivis pemuda Islam. sedikitnya, ada 15 organisasi kepemudaan berbasis Islam yang mendesak agar kasus yang dialami oleh FPI tersebut bisa diusut tuntas.

Berikut keterangan persnya:

Kami 15 organisasi  pelajar, mahasiswa dan pemuda Islam, menyatakan sikap sebagai berikut:

1.Turutberduka  dan  berbelasungkawayang  sangat  mendalam atas wafatnya 6  orang anak bangsa dalam peristiwa tersebut.

2.Menyayangkan tindakanberlebihan dan diduga menyalahi prosedur (extra judicial killing) oleh aparat kepolisian dalam peristiwa tersebut yang dianggap melanggar hukum dan HAM

3.Meminta Presiden sebagai panglima tertinggi dalam penegakakan hukum dan HAM untuk mengambil  alih  penuntasan masalahini yang  menyebabkan  kematian  6  orang tersebut sebagai  bentuk  komitmen  terhadap perlindungan  bagi  segenap  bangsa  dan  memberikan rasa aman pada seluruh warga.

4.Meminta   Presiden secepatnya membentuk   Tim   Independen   Pencari   Fakta   untuk mengungkapfakta dan memastikan penegakkan hukumyang adil, transparan, independen yangsesuai  dengan  aturan  perundang-undanganagar  tidak  menimbulkan  gejolak sosialyang semakin luas di tengahmasyarakat.

5.Insiden inimengoyak  rasa  kemanusiaan  dan  kebangsaan  kita  dan menjadi ekses negatif bagi penegakan hukum  dan HAM  di di  Indonesia,  apalagi  bertepatan  dengan peringatanHari HAM se-Dunia  yang jatuh pada tanggal 10 Desember 2020.

6.15OKP   Islam   akan mengawal prosespenegakan hukum terhadap   kasus   ini dan mengkonsolidasikannya.

Jakarta,10Desember 2020

Tertanda

1.Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI)

2.Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)

3.Gerakan Pemuda Al Washliyah (GPA)

4.Pelajar Islam Indonesia (PII)

5.Himpunan Mahasiswa Islam (HMIMPO)

6.Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (JPRMI)7.Himpunan Mahasiswa Persis (HIMAPersis)

8.Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI)

9.Pemuda MuslimIndonesia10.Pemuda Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (Pemuda DDII)

11.Pemuda Persatuan Umat Islam (Pemuda PUI)

12.Pemuda Hidayatullah

13.Barisan MudaAl Ittihadiyah

14.Pemuda Al Irsyad

15.PemudaPersis

Kontak SusantoTriyogo+6285972710973

Affandi Ismail+6282347757212

Rumah Warga Ambruk Akibat Hujan Deras

KOTA JAMBI (SR28) - Rumah warga ambruk akibat curah hujan yang tinggi. Tampak tanah pada bagian bawah rumah panggung tersebut retak-retak dan amblas hingga ke dalam sungai. Selain merusak rumah, amblasnya tanah juga mrusak satu pos ronda yang ada dis ebelah bangunan rumahnya.

Pelaku Penganiayaan Tukang Bakso Ditangkap Polisi, Terancam 2 Tahun Penjara

KOTA JAMBI - Saat ini, pelaku telah diamankan di Polresta Jambi guna penyelidikan lebih lanjut. Dari pengakuan pelaku terungkap, ia mengaku menendnag korban hingga terpental lantaran kesal kepada korban karena memberi harga bakso lebih mahal dari biasanya.

Diakui pelaku, ia sebeleumnya memang telah menjadi langganan bakso mas Nasib sejak beberapa bulan terakhir. Usai ditangkap polisi, ia pun mnegaku menyesali perbuatannya.

Pemkab Tanjab Barat Targetkan SAKIP 2020 Peroleh Nilai BB

KUALA TUNGKAL  (SR28)- Untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik sesuai agenda reformasi birokrasi, Pemkab Tanjab Barat mengikuti rapat koordinasi (rakor) dan evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) secara virtual di Balai Pertemuan Kantor Bupati Tanjab Barat, Kamis (10/9).

Rakor bersama Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) ini dipimpin langsung Bupati Dr. Ir. H. Safrial, MS dan diikuti oleh Tim SAKIP Kabupaten,  12 OPD sample evaluasi SAKIP, 15 OPD Sample evaluasi Reformasi Birokrasi, Tim Pelaksana Reformasi Birokrasi, Tim Asesor PMPRB Tanjab Barat dan OPD terkait pengisian LKE Pusat.

Bupati dalam paparannya mengungkapkan semua rekomendasi terkait Reformasi Birokrasi dan SAKIP oleh Kemenpan RB telah ditindaklanjuti seluruhnya dan progress tindak lanjut telah terpenuhi. Penyempurnaan mendasar juga telah dilakukan pada dokumen perencanaan dengan merevisi RPJMD Tanjab Barat 2016-2021 di tahun 2017."Evaluasi capaian kinerja juga dipimpin langsung oleh Bupati.

"Saya selenggarakan kegiatan ekspos capaian kinerja OPD terhadap RPJMD yang saya pimpin langsung," papar Safrial kepada tim evaluator Kemenpan RB.

Selanjutnya Bupati Safrial juga memaparkan capaian-capaian pemkab Tanjab Barat dalam implementasi SAKIP dan Reformasi Birokrasi. Seperti penghapusan kegiatan inefisiensi dalam penyusunan RKPD 2019 serta capaian kinerja ekonomi makro daerah.

Safrial mengharapkan dari pelaksanaan kegiatan ini akan terwujud tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih serta peningkatan kapasitas dan akuntabilitas kinerja aparatur melalui reformasi birokrasi.

"Di tahun 2020 ini pemkab menargetkan hasil evaluasi SAKIP meraih prediket BB atau minimal mendapat B," tandasnya. (Sabri)

Sport News

Kronologi Gubernur DKI Anies Baswedan Terpapar Covid-19

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkonfirmasi positif terpapar virus corona setelah menjalani tes swab PCR. Dalam video yang diunggah di akun instagram resminya Selasa (1/12/2020) pagi, Anies menyatakan positif Covid-19 dari hasil tes pada Senin (30/11) kemarin.

Pasien Corona Membludak! Pemkot Jambi Mulai Kewalahan, Siapkan Skenario Isolasi Mandiri

KOTA JAMBI (SR28) - Pemkot Jambi kini mulai kewalahan dengan semakin membludaknya pasien Positif Corona. Bahkan ruang isolasi yang telah disiapkan sudah tak mampu lagi menampung pasien positif Covid-19.

Proyek Jaringan Listrik Seberang Kota Asal Jadi, Belum Dialiri Tegangan Sudah Ambruk

KUALA TUNGKAL (SR28) - Proyek pembangunan jaringan listrik di Kecamatan Seberang Kota (Seko), Kabupaten Tanjab Barat yang bersumberkan dari Dana APBN Pusat dikerjakan asal jadi, Pasalnya belum selesai masa perawatan beberapa tiang listrik sudah tumbang, salah satunya diparit Jawa, Kelurahan Tungkal V, Kecamatan Sebarang Kota.

Salah seorang warga Zaman mengatakan tumbang nya tiang listrik tersebut sudah dilaporkan kepada pekerja namun belum juga diperbaiki.

"Sudah dilaporkan, namun sayangnya sudah hampir dua minggu ini tidak dipebaiki dan dibiarkan begitu saja,” ujarnya kepada SR28, Selasa (4/8/2020).

Menurutnya, tiang listrik tumbang dikarenakan pondasi yang tidak kokoh. "Karena  belum dicor sudah dibentang kabel Jaringan Tegangan Menengah (JTM) yang bebannya cukup berat,  tumbangnya tiang itu kita menilai kontraktor yang mengerjakan jaringan ini tidak profesional dan memang asal jadi saja,untung saja JTM itu belum ada sentruman kalau sudah dialiri listrik tentu akan ada korban ketika melintas di tiang ambruk itu,” papar Zaman.

Mengetahui hal tersebut Aktivis Tanjab Barat Anand Viqriza,SH.MH,juga angkat bicara. Dirinya menilai rekanan yang mengerjakan jaringan listrik dikawasan Seberang Kota itu hanaya ingin mencari keuntungan yang cukup besar

"Lihat saja buktinya jaringan itu baru selesai sudah ada yang ambruk ,dan ini sangat kita sayang kan,dan ini sangat menghawatirkan ,karna baru seumur jagung jaringan itu ambruk, untuk itu dinas istansi terkait kembali mengecek pekerjaan tersebut apakah sudah sesuai yang direncanakan,karna kalau seperti yang kita liat pembangunan jaringan itu memang benar-benar asal jadi," pungaksnya. (Sabri)

- Advertisement -

Bupati Tanjabbar Serahkan Bantuan Kendaraan Operasional Inseminasi Buatan di Tebing Tinggi


KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat DR. Ir. H. Safrial, MS menghadiri acara penyerahan  mobil operasional Inseminasi Buatan (IB) program TJLSP (Tanggung Jawab sosial dan lingkungan perusahaan) Bank Jambi di Desa Purwodadi Kecamatan Tebing Tinggi, Selasa (25/08).

Kadis Perkebunan dan Peternakan, Ir. Melam Bangun,dalam laporan nya mengatakan penyebaran bantuan ternak sapi sampai saat ini tersebar di 6 kecamatan, yang meliputi kecamatan Tebing Tinggi, Batang asam, Renah mendaluh, Muara papalik, Tungkal Ilir, dan Kecamatan Pengabuan.

"Semntara itu Kondisi bantuan ternak sekarang ini terbilang cukup baik, karena dari penyebaran 200 ekor sudah lahir 21 ekor, sementara pada posisi sekarang sapi yang mengandung /Bunting sebanyak 76. Ekor, kita berharap kedepannya ada penambahan petugas imseminasi buatan sehingga dapat meningkatkan produktifitas dari ternak ini," timpalnya.

Diwaktu yang berbeda Bupati Tanjab Barat, Dr. Ir. H. Safrial MS dalam sambutannnya mengapresiasi kepada Bank Jambi dan pihak lainnya yang telah mendukung Pemerintah dalam upaya mengembangkan sektor peternakan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Salah satunya dengan adanya bantuan mobil operasional yang berasal dari dana CSR Bank Jambi,untuk program Inseminasi Buatan Saya berharap bantuan ini dapat mendukung pengembangan perternakan di kabupaten Tanjung Jabung Barat khususnya dalam pelayanan insemminasi buatan ke para peternak sehingga jumlah akseptor dan kelahiran ternak semakin meningkat.

"Untuk mendukung kegiatan tersebut Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat memberikan bantuan hibah ternak sapi kepada kelompok tani untuk tahun 2019 sebanyak 200 ekor dan tahun 2020 sebanyak 88 ekor yang dapat menjadi akseptor program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (Si Komandan), saya  berharap pihak perusahaan dapat bersinergi dalam mendukung pelaksanaan program Pemerintah, salah satunya melalui forum CSR sehingga bantuan yang diberikan tepat sasaran," jelasnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan kunci mobil operasional dari Bank Jambi kepada Bupati Tanjab Barat yang diteruskan kepada Kepala Desa Purwodadi Jayus. Masih dalam kegiatan yang sama, Bupati juga buka forum diskusi tanya jawab dengan para peternak sapi di Kecamatan Tebing Tinggi. (Sabri)

Bupati Sukandar Sampaikan Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2019

TEBO (SR28)- Bupati Tebo, Dr. H. Sukandar, S. Kom., M. Si., menyampaikan Nota Pengantar Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Tebo Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019 di Gedung DPRD Kabupaten Tebo, Senin (20/07/2020).

Pada sampaiannya, Bupati Sukandar memaparkan garis besar laporan keuangan Tahun 2019 berbasis Akuntansi Akrual yang terdiri dari anggaran pendapatan dan belanja daerah.Pelaksanaan APBD Tahun 2019 dapat tercermin dari hasil pemeriksaan BPK atas Laporan Keuangan Kabupaten Tebo. Adapun opini yang diberikan adalah Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).Opini WTP tersebut merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan untuk pengelolaan keuangan pemerintah daerah dan Pemkab Tebo telah meraihnya sebanyak lima kali berturut-turut.

Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik yang sejalan dengan amanah Permendagri Nomor 13 Tahun 2006. Nota pengantar Ranperda tersebut akan ditindaklanjuti oleh DPRD Kabupaten Tebo yang nanti akan disampaikan pada Rapat Paripurna penyampaian akhir Fraksi Fraksi yang ada di DPRD.

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Mazlan, S. Kom., dan Wakilnya Aivandri, AB serta diikuti Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Drs. Teguh Arhadi, MM., Staf Ahli Bupati dan Asisten Sekda, Instansi Vertikal, Kepala OPD dan Pimpinan BUMN/ BUMD.

Dilansir dari Humas Pemkab Tebo

Jurnalis Rd.Ari

Gudang Penampungan Minyak Hangus Terbakar

KOTA JAMBI (SR28) - Kebakaran hebat melanda sebuah gudang pnampungan minyak yang diduga ilegal. Selain membakar satu minibus dan satu truk, api juga membakar sebuah rumah dan gudang rotan yang berada di sebelahnya.

Bupati Safrial Hadiri Penandatanganan Kerjasama Kejaksaan Negeri dan Lurah Se Kabupaten Tanjab Barat

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr. Ir. H. Safrial MS saksikan langsung penandatanganan perjanjian kerjasama antara kelurahan se Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan Kejaksaan Negeri Tanjung Jabung Barat terkait penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara. Selasa (27/10).

Penandatanganan kerjasama yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Kantor Bupati ini juga turut dihadiri oleh, Asisten, Kepala OPD, Kepala Bagian lingkup Sekretariaf Daerah, Camat serta Lurah di lingkup Tanjung jabung Barat.

Secara singkat, Kepala Kejaksaan Negeri memaparkan kerjasama yang dimaksudkan sesuai dengan kewenangan kejaksaan negeri yang meliputi penegakan hukum, bantuan hukum, dan pertimbangan hukum sesuai dengan kewenangan kejaksaan.

"Seperti yang disampaikan Kasi Datun tadi, jadi yang kita kerjasamakan hari ini yaitu dalam penegakan hukum, Bantuan Hukum, dan Pertimbangan hukum," jelas Kajari.

Kajari juga berharap dengan dilaksanakannya perjanjian Kerja sama ini akan lebih meningkatkan sinergitas antara Kejaksaan Tanjab Barat dengan pemkab Tanjab Barat."timpal nya.

Bupati dalam sambutannya berharap agar para lurah dapat memanfaatkan dengan baik kerja sama ini, terutama dalam hal pengambilan kebijakan yang berkaitan dengan bidang perdata dan tata usaha negara. Hal ini ditujukan agar dalam pelaksanaan kebijakan yang diambil tidak menjadi sengketa hukum dikemudian hari.

"Apabila kebijakan yang telah diambil ternyata menimbulkan permasalahan hukum baik di bidang perdata maupun tata usaha negara yang memerlukan penangan secara profesional, agar para Lurah segera mengkonsultasikan upaya penanganan permasalahan tersebut dengan pihak kejaksaan, jadikan kesepakatan yang kita buat ini sebagai dasar hukum untuk bekerjasama dengan jaksa sebagai pengacara Negara, " tandasnya. (Sabri)

TV

Fachrori-Syafril Terlihat Sangat Kompak Ikuti Webinar Bersama KPK

JAMBI (SR28) - Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jambi nomor urut 2 Fachrori Umar dan Syafril Nursal kompak dalam mengikuti webinar nasional pilkada berintegritas 2020 yang diselengarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa 20 Oktober 2020.

Fachrori dan Syafril tampak kompak menggunakan baju kemeja khasnya dengan warna campuran putih, biru, hijau dan oranye. Keduanya kompak hadir secara virtual dilokasi yang sama, di kawasan Telanai Pura, Kota Jambi.

Webinar via aplikasi zoom ini mengangkat tema yang menarik dan penting, dengan tema 'Mewujudkan pimpinan daerah berkualitas melalui Pilkada serentak yang jujur berintegritas' dijadwalkan mulai pukul 09.00 sampai dengan 13.00 WIB.

Secara virtual tampak hadir pembicara dan narasumber Ketua KPK Firli Bahuri, Sekjen Kementerian Dalam Negeri Muhammad Hudori, Pelaksana Harian Ketua KPU RI Ilham Saputra dan Ketua Bawaslu RI Abhan.

Calon gubernur Jambi nomor urut 2 Fachrori Umar mengatakan ia bersama wakilnya Syafril Nursal memang sudah menyiapkan waktu untuk mengikuti webinar yang penting ini. Fachrori mengapresiasi dan berterima kasih atas terselengaranya webinar ini.

"Alhamdulillah, saya bersama pak Syafril bisa mengikuti secara virtual. Kehadiran kita merupakan salah satu bentuk komitmen kita untuk mewujudkan pilkada serentak yang jujur dan berintegritas," kata cagub Jambi Fachrori Umar sebelum acara dimulai.

Senada dengan Fachrori, calon wakil gubernur Jambi nomor urut 2 Syafril Nursal mengatakan, ia bersama Fachrori berkomitmen untuk mewujudkan pilkada serentak 2020 yang jujur berintegritas.

"Tema webinar ini sangat menarik dan penting. Tentunya akan banyak gagasan dan ide serta ilmu yang bisa kita dapatkan. Kita berkomitmen untuk mewujudkan pimpinan daerah berkualitas melalui Pilkada serentak yang jujur berintegritas," ucap Syafril.

Ini Penyebab Munculnya Fenomena Awan Tsunami di Aceh

MEULABOH - Fenomena alam,awan berbentuk gelombang selimuti langit Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Aceh. Pada senin pagi.gumpalan awan jenis arcus yang muncul secara tiba-tiba dan sempat menggelapkan kota meulaboh ini membuat warga panik. Namun badan Meteorologi Geofisika Nagan Raya, meminta warga tidak panik karena itu hanya fenomena alam biasa.

Sumber: JAMBI28 TV

Breaking News! Istri dan Anak Rocky Candra Positif Covid-19

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Rocky Candra pada Sabtu malam (26/9) resmi mengumumkan kabar terkait Covid-19 yang menyerang keluarganya. Dalam keterangan tertulis resminya Rocky menyebut jika istri dan anaknya yang paling kecil berusia 7 bulan positif covid-19 per 25 september 2020 kemarin.

Berikut pesan tertulis resmi dari Rocky Candra

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh
semoga bapak dan ibu serta keluarga senantiasa dalam keadaan sehat.
Bapak ibu yg saya hormati Saya Rocky Candra, Wakil Ketua DPRD Prov.Jambi - warga Villa Gading Mayang menginformasikan bahwa saya dan keluarga saya telah melaksanakan SWAB.
Dari hasil SWAB  menyatakan bahwa Istri saya BCS usia 32 tahun dan Putri saya AZO usia 7 bulan Positif COVID 19, pada tgl 25 september kemarin, dan saat ini telah melaksanakan isolasi mandiri di kediaman pribadi kami di luar villa gading mandiri.
Adapun Saya dan kedua anak saya yg lain serta adik sepupu saya berdasarkan hasil SWAB di nyatakan negative
Mengingat putri saya baru berusia 7 bulan saya berinisiatif untuk isolasi mandiri sesuai aturan KEMENKES .
Anak dan istri saya sama sekali tidak ada gejala, saya melakukan swab sekeluarga menyusul dengan keluarnya hasil Positif lebih dahulu Covid - 19 dari pengasuh anak saya yang bekerja paruh waktu di kediaman saya.
Istri saya sebagai ibu rumah tangga yang jarang sekali beraktifitas di luar rumah begitupun anak saya yg baru berusia 7 bulan, kami sekeluarga sudah semaksimal mungkin melaksanakan protokoler kesehatan,Tapi saya meyakini ini adalah ujian dari Allah untuk saya dan keluarga
Alhamdulilah istri dan anak saya  hari ini dalam keadaan sehat dan mudah mudahan kedepannya juga seperti itu. Mohon doa dari bapak2 dan ibu2 sekalian agar saya dan keluarga dapat melalui cobaan ini dan kami dapat berkumpul kembali.
atas pehatian bapak dan ibu saya ucapkan terimakasi..??
Fastabiqul khairat
wassalamualaikum Warahmatullah Wabarakatu

Pemprov Jambi Tolak Pinjamkan Tugu Juang Untuk Deklarasi KAMI

JAMBI (SR28) - Rencana Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) batal melakukan deklarasi pada, Jumat (9/10/2020). Pasalnya, Pemerintah Provinsi Jambi menolak meminjamkan area Tugu Juang untuk digunakan sebagai tempat deklarasi.

"Kami sudah menerima surat dari Pemerintah Provinsi Jambi. Isinya, permohonan izin peminjaman Tugu Juang untuk deklarasi ditolak," jelas Presidium KAMI Provinsi Jambi Amrizal Ali Munir, Senin (5/10/2020).

"Suratnya berbunyi permohonan izin yang KAMI sampaikan tidak dapat dipertimbangkan," tambah Amrizal Ali Munir.

Amrizal memperlihatkan surat yang ditandatangani Sekda Provinsi Jambi. Surat  tersebut tertanggal 29 September 2020 dan diterima KAMI dua hari kemudian.

"Salah satu alasan penolakan adalah alasan keamanan. Menurut kami, alasan tersebut tidak beralasan. Gangguan keamanan apa sih yang diakibatkan dari pelaksanaan deklarasi tersebut? Kalau ada aksi penolakan, ya biarin aja, itu kan bukan gangguan keamanan," jelasnya.

Sementara itu, Komite Eksekutif KAMI Provinsi Jambi Muhamad Usman menyebutkan pihaknya akan mencari lokasi alternatif dan menjadwalkan ulang rencana deklarasi.

"Panitia deklarasi telah merespons surat Pemprov Jambi dan langsung menggelar rapat. Hasilnya, panitia akan menjadwalkan kembali rencana deklarasi. Kami juga akan mencari tempat alternatif untuk deklarasi," ungkap Muhamad Usman.

Muhamad Usman berjanji pelaksanaan deklarasi akan menerapkan protokol kesehatan, yakni mencuci tangan, menjaga jarak, dan tidak membuat kerumunan.

"KAMI juga akan melakukan deklarasi jika kondisi pandemi sudah membaik. Jika situasinya masih pandemi, kami belum akan melakukan deklarasi," ungkapnya.

Ketua Panitia Deklarasi KAMI Jambi Ika Sonizar menyatakan pihaknya telah menggelar rapat membahas surat Pemprov Jambi.

"Kami bergerak cepat dan langsung menggelar rapat Sabtu (3/10/2020) kemarin. Kami tidak mempermasalahkan jika Pemprov Jambi menolak meminjamkan Tugu Juang untuk dijadikan lokasi deklarasi. Kami sudah  mempertimbangkan sejumlah lokasi lainnya sebagai alternatif lokasi deklarasi," kata Ika Sonizar.

Ika Sonizar mengaku tidak mempersoalkan jika deklarasi harus ditunda.

"Gak apa-apa ditunda, apalagi sekarang situasinya pandemi Covid19 sedang memburuk. Kan ada surat instruksi dari Walikota Jambi, kami akan patuhi. Kami juga tak ingin anggota KAMI ada yang terpapar Covid19," pungkasnya. (Muhammad Sidik)