Minggu, Februari 28, 2021

Anjing Bulldog Milik Lady Gaga yang Dicuri Sudah Ditemukan

Dua anjing berjenis Bulldog Prancis milik Lady Gaga telah berhasil ditemukan setelah sebelumnya dicuri. Dilansir dari Billboard, seorang perempuan membawa pulang dua anjing itu ke Olympic Community Police...

WOW! Kolaborasi dengan 3 Rapper, Raisa Isi OST ‘Raya and The Last Dragon’

JAKARTA - Raisa Andriani akan menyuguhkan sesuatu yang berbeda di karya terbarunya yang berjudul Trust Again. Ibu satu anak itu akan berkolaborasi dengan tiga rapper untuk mengisi...

Technology

Bupati Tanjabbar Bersama Gubernur Jambi Tanam Mangrove di Sekitar Pelabuhan Roro

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial MS bersama Gubernur Jambi Fachrori Umar menanam pohon Mangrove di sekitaran pelabuhan Roro Kuala Tungkal dalam rangka peringatan Hari Mangrove Sedunia Tahun 2020, Senin (03/08/2020).

Kegiatan penanaman mangrove turut diikuti oleh Staf Khusus Menteri Lingkungan hidup bidang koordinasi dampak lingkungan, Kapolda Jambi, Danrem 042 Gapu, Forkompimda Provinsi Jambi, Kepala OPD Provinsi/ Kabupaten, Asisten, Pramuka, dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Safrial memapaparkan singkat tentang kondisi geografis Tanjung Jabung Barat. Bupati juga sampaikan, Kabupaten Tanjung Jabung Barat merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jambi yang memiliki hutan Mangrove yang cukup luas.

"Keberadaan hutan Mangrove di Tanjung Jabung Barat sangat berharga sebagai sumber daya alam yang menyimpan banyak manfaat yang dan harus dijaga kelestariannya," ungkap Safrial.

Selain itu, Pemkab Tanjab Barat didukung Kementerian Pariwisata telah berupaya secara maksimal untuk mengangkat hutan mangrove di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

"Salah satunya dengan menjadi sebuah objek wisata tematik, yang memiliki nilai tambah yaitu dengan membuka dan membangun sarana dan prasarana penunjang ekowisata mangrove pangkal babu agar dapat dikunjungi dengan mudah dan nyaman oleh para wisatawan baik dalam maupun dari luar negeri bahkan juga para peneliti lingkungan hidup yang terkait dengan hutan mangrove untuk pengembangan ilmu pengetahuan," jelas Safrial.

"Jauh lebih penting kedepannya ekowisata hutan mangrove pangkal babu ini dapat senantiasa kita kembangkan dan memberikan dampak yang positif terhadap pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat luas melalui tumbuh kembangnya industri kecil yang menyediakan berbagai kerajinan cenderamata kuliner laut yang khas dan sebagainya," ujarnya.

Selain itu Safrial berharap  pemerintah provinsi Jambi dan pemerintah pusat melalui Kementerian Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dapat mendukung pembangunan dan mendorong perkembangan ekowisata hutan mangrove pangkal babu itu.

Sementara itu, Gubernur Jambi H. Fachrori Umar M. Hum dalam sambutannya menyampaikan saat ini Pemerintah sangat menaruh perhatian terhadap kelestarian hutan mangrove, mengingat banyaknya manfaat hutan mangrove khususnya bagi masyarakat sekitar.

Fachrori berharap melalui kegiatan peringatan hari mangrove sedunia ini, dapat menambah motivasi dalam rehabilitasi dan menjaga kelestarian hutan mangrove, khususnya di Provinsi Jambi.

"Provinsi Jambi memiliki hutan mangrove seluas 9.300 hektar, di Tanjung Jabung Barat 4.166, 65 hektar, melalui kegiatan ini, mari kita gelorakan semangat menanam mangrove untuk memberikan kontribusi dalam rehabilitasi dan kelestarian hutan mangrove," ujar Gubernur. (Sabri)

- Advertisement -

Bangkit Dari Pandemi, Pers Kuat Rakyat Hebat

Selamat Hari Pers Nasional

Penting, Wajib Lihat Rekam Jejak Calon Gubernur Jambi

Minggu ini diskusi membahas pentingnya melihat rekam jejak Calon Gubernur Jambi bersama Mahyudi, Ketua DPW Partai Gelora Provinsi Jambi dan Kasmadi, Direktur Eksekutif Batanghari Institut.

Tonton video lengkapnya disni: https://jambi28.tv/penting-wajib-lihat-rekam-jejak-calon-gubernur-jambi-talkandcoffee/

Gubernur Jambi Izin Cuti Untuk Kampanye

JAMBI (SR28)- Gubernur Jambi Fachrori Umar pada Rabu malam (23/9) menggelar silahturahmi bertajuk pamitan kepada seluruh petinggi  OPD dalam lingkup Pemerintah Provinsi Jambi dikediamannya di bilangan Ancol Kota Jambi. Gubernur Fachrori menyatakan jika dia akan cuti selama beberapa bulan kedepan terhitung 26 September 2020 hingga 5 Desember 2020.

Hadir dalam forum tersebut unsur Forkopimda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Provinsi Jambi serta para tamu dan undangan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jambi, Hj.Iin Kurniasih Sudirman turut hadir dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya Fachrori mengucapkan terima kasih atas kehadiran para tamu undangan.

"Terima kasih atas kehadirannya, semoga dapat memberi semangat dan motivasi bagi kami untuk senantiasa memperjuangkan kepentingan dan kesejahteraan masyarakat," ungkap Fachrori Umar.

Fachrori Umar menuturkan bahwa dirinya menjadi Pelaksana Tugas Gubernur Jambi pada tanggal 10 April 2018 - 12 Februari 2019 kemudian secara definitif pada tanggal 13 Feb 2019 di Istana Negara.

Diujung sambutannya, Fachrori yang didampingi istri jugamenegaskan jika  mereka akan menanggalkan seluruh fasilitas negara selama proses kampanye.

"Selama cuti kami harus meninggalkan rumah dinas gubernur dan tidak menggunakan fasilitas negara. Mohon maaf, dalam menjalankan kepemimpinan ada kekurangan dan kesalahan, namun kami berupaya memberikan yang terbaik demi kemajuan Provinsi Jambi," jelas Fachrori.

Harapan Gubernur Jambi Fachrori Umar kepada Kepala OPD, agar tetap bersinergi dan terus meningkat kinerja serta menjalankan program-program yang telah ditetapkan untuk program kemasyarakatan dapat dipercepat realisasi, termasuk aspek penyelenggaraan Pilkada, aspek peserta dan pemilih. "Upayakan agar tidak menjadi klaster baru penularan Covid-19, bagi pemilih, maupun petugas Pilkada di lapangan," tambah Fachrori.

Selain itu Fachrori juga berpesan untuk ASN lingkup Pemerintah Provinsi Jambi untuk menjaga netralitas serta profesionalitas, karena dengan ASN yang netral birokrasi menjadi kuat.

Bupati Tanjab Barat Terima Penghargaan Dari BPS Pusat

KUALA TUNGKAL (SR28) - Kabupaten Tanjung Jabung Barat, melalui Bupati Dr. Ir. H. Safrial terima penghargaan atas partisipasi dalam sensus penduduk online dengan capaian response rate yang melebihi target dalam pelaksanaannya.

Penghargaan yang ditandatangi langsung oleh Kepala Pusat statistik Dr. Suhariyanto, ini diserahkan oleh Kepala Badan Pusat Statistik Tanjung Jabung Barat di Ruang Rapat Bupati, Rabu (19/08).

Dalam kegiatan tersebut Turut mendampingi Bupati Asisten III Jetter simamora S. IP, Kepala Bapeda Ir. Firdaus Khatab, serta pihak Badan Pusat Statistik Tajung Jabung Barat.‌‌

Kepala Badan Statistik Tanjung Jabung Barat, Wasi Riyanto, S.ST, M.E. dalam sambutannya sampaikan apresiasi atas partisipasi Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dalam mensukseskan Sensus Online di Tanjab Barat.

"Kita juga berharap dukungan dan partisipasi Pemkab Tanjab Barat dalam proses pendataan atau sensus secara manual pada September mendatang dengan melibatkan Camat, Kepala Desa, dan RT," imbuhnya.

‌‌Lanjut Wasi Riyanto,”Berkat bantuan dan partisipasi yang aktif dari Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, hasil Sensus Penduduk Online di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dapat melampaui target yang telah ditetapkan BPS Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Per 29 Mei 2020, tercatat 8.382 keluarga yang telah melakukan Sensus Penduduk Online dimana angka ini melampaui 5.000 keluarga yang menjadi target BPS Kabupaten Tanjung Jabung Barat.”tambah nya.‌‌

Namun Sensus Penduduk belum berakhir, akibat Pandemi Covid-19, Sensus Penduduk yang semula direncanakan menggunakan metode wawancara dari rumah ke rumah mengalami perubahan metode menjadi Antar-Jemput Dokumen. Masyarakat yang belum melakukan pengisian Sensus Penduduk Online akan diberikan dokumen untuk diisi.

"Oleh karena itu, BPS Kab. Tanjung Jabung Barat sekali lagi berharap dukungan dari Pemerintah Kab. Tanjung Jabung Barat untuk dapat menyukseskan SP 2020 dan menghasilkan data kependudukan yang berkualitas demi Indonesia Maju," jelas Wasi Riyanto.

Sementara itu, Bupati H. Safrial sendiri juga sampaikan apresiasinya atas kinerja dari Badan pusat Statistik Tanjab Barat atas realisasi target sensus penduduk Online yang mencapai 8.382 Kepala Keluarga dari target 5.000 Kepala keluarga.

Terkait proses Pendataan secara manual oleh BPS, Bupati mengaku sangat mendukung langkah tersebut. Bupati juga sarankan BPS dapat melibatkan peran para Camat, Kepala Desa, RT,untuk mensukseskan pendataan warga yang belum terdata di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. (Sabri)

Latest News

BLT Subsidi Gaji Cair Bos! Cek Rekening, Ini Syarat Penerimanya

JAKARTA - Pemerintah pada 2020 memberikanBLT subsidi gaji yang merupakan bantuan saat pandemi untuk para pekerja dengan pendapatan di bawah Rp5 Juta yang disalurkan dalam dua...

Pengadilan Jerman menghukum imam radikal keanggotaan di ISIS

Seorang mantan imam di sebuah masjid radikal di Jerman pada hari Rabu menjadi anggota kelompok Negara Islam dan dijatuhi hukuman 10 1/2 tahun penjara.OlehThe...

Penting!Ini Tips Aman Bertransaksi Perbankan Saat Pandemi, Cegah Skimming

JAKARTA - Kondisi pandemi menuntut nasabah untuk membiasakan diri bertransaksi secara non-tunai (online). Namun ada kalanya, nasabah perlu melakukan tarik tunai di ATM terdekat. Oleh...

2 Pemain Asing Persib Bandung Absen di Latihan Pertama, Kenapa? : Okezone Bola

BANDUNG - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts memastikan timnya tidak akan diperkuat dua pemain asingnya, Wander Luiz dan Nick Kuipers. Saat itulah...

Janji Akan Cium Kaki Messi jika La Pulga Gabung Klub MLS

DALLAS – Masa kontrak Lionel Messi di Barcelona sejatinya akan berakhir pada 30 Juni 2021. Tak mengherankan jika saat ini Messi dikaitkan dengan sejumlah klub, seperti Paris Saint-Germain (PSG)...

Music

GeNose Jadi Alat Cek Covid-19 di Piala Menpora 2021, IDI Tolak Komentar: Bola Okezone

JAKARTA - Pemimpin Satuan Tugas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban menolak berkomentar soal penggunaan GeNose di turnamen...

Ardy Daud Lantik Sudirman Sebagai Sekda Provinsi Jambi

JAMBI (SR28) - Penjabat sementara (Pjs) Gubernur Jambi, Restuardy (Ardy) Daud melantik H.Sudirman,SH,MH sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jumat (16/10/2020 sore) dalam acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jumat (16/10/2020) sore.

Pelantikan Sudirman sebagai Sekda Provinsi Jambi didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 160/TPA Tahun 2020 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi

Dalam arahannya, Ardy Daud mengemukakan bahwa berbagai tantangan dalam pemerintahan dan pelayanan publik dihadapkan kepada Sekda, untuk dicarikan solusinya.

Ardy Daud menekankan dua hal kepada Sekda Provinsi Jambi yang beru dilantik, yakni mendukung kesuksesan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 dan penanganan Covid-19 di Provinsi Jambi, agar penanganan Covid-19 di Provinsi Jambi terus ditingkatkan, yakni dengan mendorong pelaksanaan Protokol Kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Sekda, kata Ardy Daud, akan mendukung tugas-tugas dan kebijakan kepala daerah (gubernur) dan juga berperan sebagai sekretaris gubernur. Untuk itu, Sekda harus membangun sinergi dengan instansi vertikal, terutama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

7 Fraksi DPRD Tebo Setujui Ranperda APBD TA 2020 dan Perumda Air Minum Tirta Muaro

TEBO (SR28) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tebo, Selasa (06/08/2019) sekitar pukul 14:00 wib menggelar rapat paripurna dalam rangka penyampaian pendapat akhir Fraksi-fraksi DPRD Kab. Tebo Terhadap nota pengantar rancangan perda Kabupaten Tebo tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2020 dan ranperda kabupaten Tebo tentang Perumda air minum Tirta Muaro.

Rapat langsung dipimpin oleh ketua DPRD Tebo, Agus Rubyanto. Hadir dalam rapat paripurna tersebut, Bupati Tebo, H. Sukandar, Ketua DPRD Agus Rubyanto, SE dan wakilnya Wartono Triankusumo, para anggota dewan, Asisten dan para Staf Ahli Bupati, serta para tamu undangan lainnya

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua DPRD Tebo Wartono mewakili 7 fraksi di DPRD Tebo dalam penyampaian pendapat akhir Fraksi-fraksi DPRD Kab. Tebo Terhadap nota pengantar rancangan perda Kab. Tebo tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2020 dan ranperda kab Tebo tentang Perumda air minum tirta muaro.

Ketujuh Fraksi di DPRD Tebo Yaitu Fraksi Golongan Karya, Frakasi PDI Perjuangan, Fraksi Demokrat, Fraksi Gerindra, Fraksi PAN, Fraksi Nasional Demokrat Kebangkitan Bangsa dan Fraksi Nurani Sejahtera menyetujui Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Tahun Anggaran 2020 dan Rancangan Peraturan Daerah tentang Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Muaro Kabupaten Tebo menjadiPeraturan Daerah.

Serapan Dana Desa di Jambi Masih Rendah, Baru 79 Persen

JAMBI - Rendahnya serapan anggaran penerimaan dan belanja daerah atau APBD Provinsi Jambi tahun 2020, juga menular ke rendahnya serapan dana desa yang dialokasikan peemrintah pusat untuk provinsi Jambi pada tahun 2020.

Pasalnya hingga awal November lalu, nilai serapan dana desa yang digelontorkan pemerintah pusat sebesar 1,2 triliun untuk Provinsi Jambi itu amsih bertengger di kisaran 79 persen.

Terbaru, Habib Rizieq Resmi Ditahan

JAKARTA (SR28)- Imam Besar Front Pembela Islam pada Minggu dini hari sekira pukul 00.30 resmi ditahan di Polda Metro Jaya.

Penahanan dilakukan setelah Habib Rizieq diperiksa selama 14 jam oleh penyidik sejak Sabtu pagi. Dia diperiksa sebagai tersangka kasus pelanggaran Covid-19 saat  menikahkan puterinya di Petamburan Jakarta.

Pukul 00.22 Habib Rizieq keluar dari ruang Ditreskrimum dengan mengggunakan rompi orange dan tangan diikat.

Sebelum diperiksa Habib Rizieq menjelani test Swab terlebih dahulu dan hasilnya negatif.

Rizieq ditetapkan sebagai tersangka pada 10 Desember 2020, dalam kasus kerumunan dalam acara pernikahan putri Rizieq di Petamburan, Jakarta Pusat dan penghasutan. Rizieq diduga melanggar Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan. Selain itu, dia juga dikenakan pasal 160 dan 216 KUHP.

Selain Rizieq, ada lima orang lainnya yang juga ditetapkan sebagai tersangka yakni ketua panitia acara Haris Ubaidillah (HU), sekretaris panitia Ali Bin Alwi Alatas (A), penanggung jawab keamanan acara Maman Suryadi (MS), penanggung jawab acara Shabri Lubis (SL) dan kepala seksi acara, Habib Idrus (HI).

Culture

- Advertisement -

Siap-siap! Pemprov Jambi Segera Terbitkan Perda Sanksi Bagi Pelanggar Protokol Kesehatan

JAMBI (SR28) - Perda tersebut nantinya akan menjadi payung hukum bagi pemerintah maupun tim Yustisi Satgas Penanganan Covid-19 di seluruh kabupaten kota se Provinsi Jambi untuk menjalankan tugas penegakan disiplin protokol kesehatan. Termasuk, pemberians ankso hukum bagu masyarakat yang masih saja melanggar Perda protokol kesehatan tersebut.

Myanmar diguncang oleh gerakan militer, internet terputus

YANGON, Myanmar - Penampakan pengangkut personel lapis baja di kota terbesar Myanmar dan penutupan internet meningkatkan ketegangan politik pada Minggu malam, setelah sejumlah besar...

Ardy Daud Titip 3 Pesan Kepada Bupati/walikota Se Provinsi Jambi

JAMBI (SR28) - Penjabat sementara (Pjs) Gubernur Jambi, Restuardy Daud, menitipkan 3 pesan kepada Bupati/Walikota yang perlu mendapatkan perhatian lebih dan menjadi fokus bagi Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi pada tahun 2020, yaitu: lebih meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik, menyukseskan pilkada serentak di Provinsi Jambi dan lebih meningkatkan upaya pencegahan dan penanganan covid-19.

Hal tersebut disampaikan Ardy Daud saat memimpin Rapat Koordinasi Pemilihan Kepala Daerah (Rakor Pilkada) Serentak dan Penanganan Covid-19 bersama Bupati/Walikota se Provinsi Jambi melalui Video Conference (Vidcon), yang berlangsung di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jumat (09/10).

"Dalam meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik, ada beberapa hal yang menjadi fokus kita bersama untuk saat ini yaitu, terkait ketentraman dan ketertiban umum menyikapi penetapan undang undang cipta kerja yang dalam 3 hari terakhir menjadi perhatian publik dengan adanya aksi unjuk rasa secara paralel di 5 Daerah yaitu Kota Jambi, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Merangin, Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh", ujar Ardy Daud.

"Kondisi ini menyebabkan terjadinya gejolak pada ketentraman dan ketertiban umum karena adanya disinformasi antara apa yang tertera dalam undang undang dengan yang beredar luas ditengah tengah masyarakat. Undang undang ini sebenarnya untuk menjawab kebutuhan yang ada pada masyarakat, guna menciptakan lapangan kerja, sehingga bukan hanya bagi para pekerja tetapi juga bagi para pencari kerja," tambah Ardy Daud.

Ardy Daud mengatakan, terkait pelaksanaan APBD Tahun 2020 dan penyusunan rancangan APBD Tahun 2021, yang mana sebagian besar sudah melaksanakan perubahan APBD 2020 serta sedang melakukan penyusunan untuk APBD 2021. Untuk APBD 2020, berdasarkan surat dari Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri, masih ada 2 Kabupaten yang serapan anggarannya masih pada kisaran 32 - 36 persen, sehingga memerlukan tindak lanjut dalam mempercepat realisasi anggaran APBD 2020 dengan mendorong kegiatan yang belum terlaksana dan menentukan prioritas sesuai kondisi daerah.

"Selain itu, kita juga harus turut membantu dalam melakukan pemulihan ekonomi nasional dengan menentukan kebijakan prioritas guna mendukung sektor sektor yang sangat terdampak covid-19 dan lebih mengoptimalkan dana Desa yang ada karena menjadi salah satu instrument untuk menstimulus pemulihan ekonomi, sehingga perekonomian Provinsi Jambi secara perlahan meningkat dan ditengah pandemi covid-19," kata Ardy Daud.

Selanjutnya, Ardy Daud mengajak seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi untuk mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan pilkada serentak pada tanggal 09 Desember 2020, yang mana saat ini telah memasuki masa kampanye. Berdasarkan evaluasi dari Pemerintah Pusat, untuk minggu pertama tahapan kampanye di Provinsi Jambi berjalan dengan aman dan tertib, meskipun masih terdapat pelanggaran kampanye tapi masih dalam tingkatan yang rendah.

"Saya minta dukungan dari seluruh Bupati/Walikota dalam penyelenggaraan pilkada serentak ini, karena ada beberapa rangkaian kegiatan yang melakukan mobilisasi besar seperti pendistribusian logistik dan uji rapid test kepada petugas KPPS sebanyak lebih kurang 67 ribu orang," kata Ardy Daud.

Ardy Daud mengungkapkan, dalam hal pencegahan dan penanganan covid-19 yang masih melanda Provinsi Jambi, sangat membutuhkan dukungan bersama karena berdasarkan data per tanggal 08 Oktober 2020 untuk Provinsi Jambi, pasien positif covid-19 semakin meningkat setiap harinya dan menjadi catatan bagi semuanya.

"Hal ini tentunya menjadi catatan tersendiri, dengan semakin meningkatnya pasien positif covid-19 setiap harinya, harus juga dibarengi dengan aspek Penanganan ya seperti menambah tempat bagi pasien positif covid-19, baik itu yang ada gejala maupun yang tanpa gejala," ungkap Ardy Daud.

Ardy Daud mengajak seluruh Bupati/Walikota se Provinsi Jambi untuk menjadi pionir dalam memberikan contoh kepada masyarakat, agar lebih peduli dengan pandemi Covid-19 sebagai hal yang sangat serius. "Kita harus memberikan edukasi kepada masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan yaitu dengan selalu mengingat 3M (Menggunakan masker, Mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, serta Menjaga jarak)," ajak Ardy Daud.

Pada kesempatan tersebut, Bupati/Walikota se Provinsi Jambi melaporkan perkembangan daerahnya masing masing kepada Pjs.Gubernur Jambi.

- Advertisement -

Must Read

Tinjau Operasi Zebra, Ardy Daud Imbau Masyarakat Terapkan Protokol Kesehatan

JAMBI (SR28) - Penjabat sementara (Pjs) Gubernur Jambi Ir.Restuardy (Ardy) Daud,MSc meninjau pelaksanaan Operasi Zebra 2020 di depan Kantor Satpol PP Provinsi Jambi, Telanaipura, Rabu (4/11/2020). Operasi Zebra 2020 ini bertujuan untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas serta menekan tingkat penyebaran Covid-19. Untuk itu, keseluruhan rangkaian kegiatan tetap memedomani protokol kesehatan demi penanggulangan penyebaran Covid-19.

Dalam peninjauan tersebut, Pjs Gubernur Jambi berdialog dengan tim lapangan dari TNI/POLRI dan Satpol PP Provinsi Jambi yang dipimpin Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Jambi AKBP Wan Agus Hendra, dan Plt Kasatpol PP Provinsi Jambi Apani.

Ardy Daud memberi arahan kepada masyarakat yang kedapatan melanggar peraturan lalu lintas dan protokol kesehatan seperti tidak memakai masker. Kepada para pelanggar tersebut, Ardy Daud menegaskan pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas dan menaati protokol kesehatan.

“Kegiatan ini dilakukan setiap hari dan akan terus kita lakukan. Kegiatan ini merupakan kegiatan gabungan dari Polda/TNI, Satpol PP Provinsi dan Kota Jambi. Kegaitan ini akan terus kita lakukan untuk mendorong kesadaran akan penerapan protokol kesehatan. Hari ini, kita melakukan operasi di Pasar Aur Duri dan ini juga berlangsung pararel, setelah ini Satpol PP akan melakukan hal yang sama untuk patroli malam. Melalui kesempatan ini, saya mengimbau mari kita jaga protokol kesehatan, dengan cara ini kita dapat memutus penyebaran Covid-19, sehingga kita dapat melaksanakan kegiatan kita dengan normal,” ujar Ardy Daud

Sementara itu, Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Jambi AKBP Wan Agus Hendra dalam wawancara menyatakan bahwa Operasi Zebra dimulai dari tanggal 26 Oktober sampai 8 November 2020. Target operasinya adalah pelanggar lalu lintas dan penegakan disiplin protokol kesehatan (Prokes). AKBP Wan Agus juga mengimbau warga dan pengguna jalan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. (Sidik)

Breaking News!!! Partai Gelora Resmi Dukung Fachrori-Syafril

JAMBI (SR28)- Teka-teki arah dukungan berbagai partai politik pada Pilgub Jambi 2020 semakin terjawab.  Kabar teranyar, muncul dari Partai Gelora. Tadi malam (Sabtu 5 September 2020), sejumlah petinggi  Partai Gelora disambut secara khusus oleh calon gubernur petahana H.Fachrori Umar dan calon wakilnya Irjen.Pol. Syafril Nursal di kediaman Fachrori Umar kawasan Tanggo Rajo Kota Jambi.

Pertemuan hangat Pengurus DPW Gelora Provinsi Jmabi bersama Fachrori-Syafril

Dalam perjamuan yang dimulai pukul 21.00 WIB tersebut, Partai Gelora menyampaikan resmi menyampaikan ihwal dukungan politiknya pada Pilgub 2020 ini. Secarik kertas bermap resmi Gelora yang berisi dukungan dari Dewan Pengurus Nasional resmi diserahkan oleh Mahyudi ke Fachrori Umar dan Syafril Nursal.

Penyerahan surat dukungan politik secara resmi Partai Gelora

Mahyudi yang dalam sela-sela perjamuan tersebut menyatakan komitmennya untuk menggerakkan simpul massa yang sudah dibangun selama 4 bulan terakhir.

"Kami sudah bulat memutuskan untuk mendukung Bapak (Fachrori Umar-Syafril Nursal) untuk kembali menjadi Gubernur 2021-2024 mendatang. Kami siap mengaktivasi semua komponen partai kami mulai dari wilayah hingga desa-desa untuk memenangkan pasangan FU-SN. Bismillah, kita sama-sama tancap gas" Ungkap Mahyudi dalam perjamuan tersebut.

Lembar dukungan resmi Partai Gelora untuk Pilgub Jambi

Fachrori Umar yang langsung menerima dukungan tersebut mengaku sangat berterima kasih pada Partai Gelora yang memberikan kejutan di last minutes Pilgub ini

"Terima kasih atas dukungannya, kami menjadi makin optimis untuk menang pada Pilgub tahun ini. Kami sangat menyambut dengan gembira bergabungnya Gelora dalam barisan pemenangan. Kolaborasi ini semoga tidak hanya dalam momen Pilgub Jambi 2020, namun juga kolaborasi jangka panjang"Ungkapnya

Direncanakan, hari ini Partai Gelora juga akan turut mengantarkan pendaftaran calon gubernur ke KPU Provinsi Jambi.

"Tim sudah kami siapjan untuk mengantar Pak FU-SN ke KPU. Semua dukungan mulai dari pendaftaran ke KPU hingga 9 desember mendatang sudah kami siapkan secara maksimal untuk memenangkan FU-SN" tutup Mahyudi.

Aktivis Terus Sorot Pembangunan Rumah Dinas Kejari Kuala Tungkal

KUALA TUNGKAL  (SR28) - Rehab Rumah Dinas Kejaksaan Negeri Kuala Tungkal terus jadi sorotan aktivis Tanjab Barat. Proyek APBD-P 2020 tersebut bukan hanya janggal tapi juga kurang pengawasan.

Pasalnya, cerucup diameter kecil terus ditanam oleh rekanan untuk pondasi bangunan baru perumahan Kejaksaan Negeri kuala Tungkal. Hal ini terkesan didiamkan dan kurangnya pengawasan. Demikian pula dengan judul Plang merek yang terpasang nampak janggal.

Aktivis Tanjab Barat Anand Viqrija, SH, MH kembali berkomentar keras, terkait bangunan yang ada di tanah vertikal Rumah Dinas Kejaksaan Negeri Kuala Tungkal tersebut.

"Sangat disayangkan, karena masih bayak lagi rehab rumah dinas yang membutuhkan dana APBD-P tersebut, " ujar Anand Viqriza, SH. MH. Kamis (12/11) kepada SR28.

"Terlebih dari judul plang merek yang dipasang itu diduga merupakan pembodohan dan pembohongan publik, karena selain rehap ada bangun Baru, " timpal Anand Viqriza, SH.MH. (Sabri)

Terungkap, Alasan Tersembunyi Xi Jinping Melawan Jack Ma

Beijing - Presiden China Xi Jinping, dikabarkan langsung turun tangan dalam menjinakkan...

Lifestyle Magazine

7 Fraksi DPRD Tebo Setujui Ranperda APBD TA 2020 dan Perumda Air Minum Tirta Muaro

TEBO (SR28) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tebo, Selasa (06/08/2019) sekitar pukul 14:00 wib menggelar rapat paripurna dalam rangka penyampaian pendapat akhir Fraksi-fraksi DPRD Kab. Tebo Terhadap nota pengantar rancangan perda Kabupaten Tebo tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2020 dan ranperda kabupaten Tebo tentang Perumda air minum Tirta Muaro.

Rapat langsung dipimpin oleh ketua DPRD Tebo, Agus Rubyanto. Hadir dalam rapat paripurna tersebut, Bupati Tebo, H. Sukandar, Ketua DPRD Agus Rubyanto, SE dan wakilnya Wartono Triankusumo, para anggota dewan, Asisten dan para Staf Ahli Bupati, serta para tamu undangan lainnya

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua DPRD Tebo Wartono mewakili 7 fraksi di DPRD Tebo dalam penyampaian pendapat akhir Fraksi-fraksi DPRD Kab. Tebo Terhadap nota pengantar rancangan perda Kab. Tebo tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2020 dan ranperda kab Tebo tentang Perumda air minum tirta muaro.

Ketujuh Fraksi di DPRD Tebo Yaitu Fraksi Golongan Karya, Frakasi PDI Perjuangan, Fraksi Demokrat, Fraksi Gerindra, Fraksi PAN, Fraksi Nasional Demokrat Kebangkitan Bangsa dan Fraksi Nurani Sejahtera menyetujui Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Tahun Anggaran 2020 dan Rancangan Peraturan Daerah tentang Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Muaro Kabupaten Tebo menjadiPeraturan Daerah.

Di Depan KPK, Calon Kepala Daerah di Jambi Tandatangani Fakta Integritas

JAMBI - Pada pembekalan para calon kepala daerah (Cakada) Jambi, disampaikan bagaimana pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020 yang harus mengikuti protokol kesehatan lantaran dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

KPK juga mengeluarkan tiga indikator kesuksesan berjalannya pilkada serentak tahun 2020 ini. Mulai dari kualitas Pilkada melalui peningkatan partisipasi publik, kemudian lahirnya ide-ide penanganan Covid-19 dari para paslon, serta keselamatan masyarakat saat pilkada berlangsung.

Penduduk Miskin Di Jambi Bertambah 12.300 Jiwa

Lantaran berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi pada bulan Maret 2020 lalu penduduk yang berada dibawah garis kemiskinan di provinsi Jambi sudah bertambah kurang lebih sebanyak 2.000 jiwa.

Man United Tame Newcastle di Old Trafford: Okezone bola

MANCHESTER - Manchester United menjalani kelanjutan Liga Primer Musim 2020-2021 dengan menjamu Newcastle United di Stadion Old Trafford, Senin (22/2/2021) dini hari WIB. ...

Perusahaan Bersama Serikat Pekerja dan Serikat Buruh PT LPPPI Bagikan 1500 Masker

TEBING TINGGI (SR28) - PT Lontar Papyrus Pulp and Paper Indystry (PT LPPPI) bersama Serikat Buruh Kehutanan, Perkebunan dan Pertanian (SB-Hukatan) Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI),Serikat Pekerja Demokratis (SPD) melakukan sosialisasi dan edukasi disiplin penggunaan masker untuk warga masyarakat di Kelurahan Tebing Tinggi, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Selasa (6/10).

Sebanyak 1500 masker telah dibagikan kepada masyarakat yang melintas di sepanjang jalan simpang pasar KM2.5.

Pimpinan PT LPPPI bersama ketua SB Hukatan, ketua SPD bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Tebing Tinggi memperketat disiplin penggunaan masker untuk mentaati protokol kesehatan yang berlaku, mengingat masih tingginya penyebaran Covid19 di Provinsi Jambi.

Ketua SB-Hukatan Hasian Marbun mengatakan, sangat mengapresiasi atas upaya yang dilakukan oleh perusahaan, dengan berkolaborasi bersama serikat buruh yang ada di perusahaan hal ini merupakan langkah yang tepat untuk mencegah penyebaran Covid19 di Kecamatan Tebing Tinggi, khususnya di wilayah sekitar perusahaan.

"Kita berharap kegiatan sosialisai ketaatan terhadap penerapan protokol kesehatan dan bantuan peralatan kesehatan seperti masker terus dilakukan tidak hanya satu kali ini saja tapi harus berkelanjutan, sekali lagi saya mengapresiasi kegiatan hari ini," ujar Hasian.

Senada dengan SB-Hukatan, Ketua SPD Hadi Hendri juga mengapresiasi atas kerjasama pembagian masker kepada masyarakat

"Kita harap kegiatan ini terus dilakukan selama pandemi Covid-19 masih berlangsung," timpal Hadi.

Ditempat yang sama Pimpinan PT LPPPI, Suparno mengucapkan terima kasih kepada semua yang terlibat dalam kegiatan hari ini beliau mengatakan semoga kerjasama ini akan terus berjalan antara Perusahaan, Serikat Pekerja dan Serikat Buruh, serta Pemerintah dapat jalan beriringan untuk mengedukasi masyarakat agar tetap disiplin menggunakan masker sebagai bagian dari adaptasi kebiasaan baru dan penerapan protokol kesehatan.

"Semoga bantuan masker ini dapat bermanfaat seluas-luasnya untuk masyarakat," tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini unsur dari Pemerintah Kecamatan Tebing Tinggi yang diwakili oleh Sekretaris Kecamatan Kunardi, Kelurahan Tebing Tinggi diwakili oleh Usman staff Kelurahan, Kepala Puskesmas Perawatan Pijoan Baru dr. Hj. Silvie Zalerti, Kepala Sub Sektor Tebing Tingggi IPDA R. R Simanjuntak, dan Babinsa Tebing Tinggi Sertu Tri Setyantoro. (Sabri)

Video News

- Advertisement -

Pimpin Paripurna Kenegaraan, Ketua DPRD Tebo: Bersyukur Bisa Menikmati Kemerdekaan

TEBO (SR28) - Ketua DPRD Mazlan didampingi Wakil Ketua Aivandri, AB serta Anggota DPRD Tebo memimpin jalannya rapat paripurna DPRD Tebo dalam rangka mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI secara virtual, di Aula Rapat DPRD Kabupaten Tebo, Jambi, Jumat (14/08). Paripurna dihadiri pula oleh Bupati Tebo, Sukandar, didampingi Wakil Bupati Syahlan.

Dalam sambutannya pada sidang tersebut, Ketua DPRD Tebo, Mazlan mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat Tebo, untuk menjadikan HUT ke-75 RI ini sebagai momentum instrospeksi diri dan mengisi kemerdekaan dengan hal hal yang positif.

"Pada peringatan HUT ke-75 RI ini baiknya kita jadikan momentum untuk memperbaiki diri dan bersyukur karena kita bisa menikmati kemerdekaan. Rasa syukur tersebut diwujudkan dengan memberikan kontribusi nyata untuk perbaikan ditengah tengah masyarakat," ujar Mazlan.

Ketua DPRD memimpin paripurna dengar pidato kenegaraan

Pada saat berlangsung pidato kenegaraan, Presiden RI Joko Widodo  (Jokowi) mengatakan bahwa, meskipun peringatan pada tahun ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya dikarenakan pandemi COVID-19, namun semangat untuk mengisi kemerdekaan harus semakin baik.

Anggota DPRD mengikuti paripurna dengan protokol kesehatan

"Mari kita jadikan momentum musibah pandemi sebagai kebangkitan baru untuk melakukan lompatan besar di berbagai aspek. Inilah saatnya kita membenahi diri secara fundamental, melakukan transformasi besar," ajaknya.

Kemudian Presiden Jokowi mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjadikan krisis yang disebabkan pandemi ini dijadikan pembelajaran. Beliau mengibaratkan sebuah komputer dimana ketika ada kendala akan memiliki kesempatan mem- setting ulang semua sistemnya.

"Jangan sia siakan pelajaran yang diberikan oleh krisis. Jangan biarkan krisis membuahkan kemunduran. Justru momentum Krisi ini harus kita bajak untuk melakukan lompatan kemajuan," tegas Presiden.

Presiden Jokowi sampaikan pidato keneraan secara virtual

Rapat Paripurna turut diikuti oleh Sekretaris Daerah, Teguh Arhadi, unsur Forkopimda, Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati, serta para  Kepala OPD dan Bagian Lingkup Pemkab Tebo. (Tim Liputan)

Fachrori Terima Penghargaan Anugerah TPAKD Award 2020

JAMBI (SR28) - Gubernur Jambi, H.Fachrori Umar, atas nama Pemerintah Provinsi Jambi, menerima penghargaan Anugerah Tim Percepatan Akses Keuangan Darah (TPAKD) Award...

Satgas Pastikan Baru Satu Anggota DPRD yang Positif Corona

JAMBI - Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi memastikan hingga saat ini, baru satu orang yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 dari klaster perjalanan dinas anggota DPRD Jambi tersebut. Kendati demikian, Satgas tetap memfasilitasi bagi ke 14 anggota dewan lain untuk melakukan pemeriksaan uji swab jika merasa diperlukan.

Dua Perawat Positif Covid-19, Pelayanan RSUD Daud Arif Tanjabbar Tutup Sementara

KUALA TUNGKAL (SR28) - Minggu (16/08) dengan positifnya dua perawat RSUD Daud Arif terpapar covid-19, membuat pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) di RSUD Daud Arif ditutup sementara. Hal tersebut merupakan upaya pemutusan mata rantai Covid-19.

Jubir Covid-19, Taharuddin Tahir mengatakan, pihak rumah sakit Daud Arif mengambil langkah menutup sementara pelayanan IGD untuk melakukan kegiatan Tracking. Dari hasil swab test diketahui dua perawat RSUD Daud Arif terkonfirmasi setelah adanya kontak erat pasien 209 inisial SA yang saat ini sedang dalam proses perawatan.

"Setelah dilakukan Rapid Test kepada 3 org perawat ternyata hasilnya reaktif,” beber Taharuddin.

"Kemudian dari hasil swab test tersebut ada 2 orang perawat yang terkonfirmasi positif, namun hasil resminya belum diterima oleh Gugus Tugas Kabupaten Tanjab Barat,” jelas Taharuddin.

Elfry Syahril, Direktur RSUD Daud Arif, melalui surat edarannya menjelaskan bahwa penutupan pelayanan IGD dilakukan karena pihak RSUD KH. Daud Arif ingin melakukan Tracking dan Screening Swab, TCM/PCR pada karyawan RSUD KH. Daud Arif secara bertahap.

"Penutupan dimulai Senin (17/08/20) hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan. Untuk pelayanan rawat jalan tetap berjalan seperti biasanya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” pungkas nya. (Sabri)

Belajar Docker: Membuat Docker Container

Sama seperti Linux yang tidak sengaja dibuat dan dikembangkan oleh Linus Torvalds, Docker pun merupakan produk tidak sengaja oleh Solomon Hykes. Pada...

Kapolda Jambi Resmikan Gedung Polsubsektor Sungai Gelam

Pembangunan gedung baru Polsubsektor ini berdiri atas partisipasi Pemerintah Daerah Kabupaten Muaro Jambi oleh Bupati Muaro Jambi bersama Dinas PUPR Muaro Jambi yang dihibahkan kepada Polri.
- Advertisement -

Music

Sejumlah Petinggi DPN Partai Gelora Kunjungi Jambi

KOTA JAMBI (S28)-Sebagai partai politik teranyar di blantika perpolitikan tanah air, Partai Gelora Indonesia terus menggenjot dan mengaktivasi mesin politiknya. Apalagi dengan adanya Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 mendatang tentu menjadi konsekuensi politik bagi Partai Gelora untuk mengasah sekaligus menorehkan capaian-capaian politiknya pada semua daerah di Indonesia.

Pada hari Minggu kemarin (18/10) misalnya, Sejumlah Petinggi Dewan Pengurus Nasional Partai Gelora mengunjungi kader-kader yang ada di Kota Jambi dan sekitarnya. Kunjungan dengan tajuk Orientasi Kepartaian tersebut selain menjadi ajang transfer pengetahuan dari DPN ke DPW dan DPD, juga dijadikan sebagai momentum untuk diluncurkannya Akademi Manusia Indonesia (AMI) dan Srikandi Gelora.

Ketua DPW Partai Gelora  Provinsi Jambi menyebutkan jika dia sangat senang atas kunjungan dari petinggi DPN.

"Kami tentu sangat senang dengan kegiatan yang digelar kemarin. kegiatan kemarin benar-benar menjadi proses transfer knowledge dan semangat yang luar biasa tentang visi 5 besar dunia, tentang tujuan bergabung dengan gelora yaitu dengan menjadi sosok yg religius, betrpengetahuan dan sejahterah" Ungkap Mahyudi.

Adapun sejumlah petinggi yang hadir dalam kegiatan yang berlangsung dibilangan Karya Kota Jambi itu dihadiri antara lain oleh fungsionaris DPN Zahfan Badri Sampurno (Ketua Bangter Sumatera) KH. Musyafa Ahmad Rahim ( Kabid SDM DPN) Coach Gunawan  ( Wakabid SDM DPN) Dr. Muhammad Rahman (Staf Bidang SDM).

Lanjut Mahyudi, dia juga menyampaikan ke Petinggi DPN terkait gerakan-gerakan yang telah dilakukan oleh Partai Gelora untuk Pilkada di Provinsi Jambi.

"setiap pekannya saya rutin melapor ke DPN mengenai geilat-geliat kita di daerah dan kemarin kita juga menyampaikan secara langsung semua aktivitas-aktivitas politik pada Partai Gelora di Provinsi Jambi" Tutup Mahyudi

Sapi Presiden Jokowi “Puang Tedong” Mengamuk, Warga Ketakutan

SULAWESI BARAT- Di Polewali Mandar, Sulawesi Barat warga kuwalahan menghentian sapi kurban milik Presiden Jokowi yang mengamuk saat hendak dipindahkan. Sapi yang diberi nama Puang Tedong ini terus menyeruduk benda disekitarnya hingga membuat warga sekitar ketakutan.

Puang Tedong yang memiliki berat 1,2 ton tersebut mendadak mengamuk saat dikeluarkan dari kandang dan ingin dipindahkan ketempat pemotongan kurban di di Pasangkayu, Sulawesi Barat, Senin (27/7/2020).

Puang Tedong seakan tidak kehabisan tenaga, selama 2 jam ia terus mengamuk dan membuat warga sekitar berhamburan lari menyelamatkan diri. Namun reaksi yang berbeda ditunjukan Rahman, si pengasuh puang tedong dari kecil. Menurut Rahman Puang Tedong hanya kaget dan tahu akan dipindahkan, Puang akan tenang dengan sendirinya.

"Puang Tedong hanya ketakutan, tak apa-apa" Ujar Rahman

Rahman yang telah mengasuh Puang lebih dari 4 tahun ini juga turut sedih karena Puang yang kini beratnya telah mencapai 89 kg harus dipotong saat Idul Adha nanti. Namun ia juga berbangga hati dan bahagia karena Presiden Jokowi memilih sapinya untuk menjadi hewan kurban.

"Saya sedih karena sapi kesayangan saya tak akan pernah lagi bertemu untuk selamanya. Tapi saya juga bangga karena jerih payah saya mebesarkannya selama empat tahun lebih bisa dilirik orang nomor satu di Indonesia ,” Ujar Rahman

Akhirnya setelah 2 jam Puang Tedong berhenti mengamuk dan diantarkan langsung oleh Rahman ke tempat pemotongan hewan.

Nissa Sabyan dan Ayus Mengaku Saling Mencintai Keluarga

Jakarta - Nissa Sabyan sibuk dengan rumor perselingkuhan dengan Ayus, keyboardist Sabyan Gambus. Keluarga Ayus...

MENJADI PEMILIH LOYALIS RASIONALIS

Oleh: Bahren Nurdin
(Akademisi UIN STS Jambi dan Dir. Pusakademia)

Saya mencoba untuk menggunakan dua istilah di atas; loyalis dan rasionalis. Saya mencoba memadupadankan dua istilah ini dalam konteks Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Secara harfiah kata ‘loyalis’ diartikan oleh Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ‘pengikut atau pendukung (pemerintah dan sebagainya) yang setia, dan ‘rasionalis’ berarti ‘orang yang menganut paham rasionalisme’. Maka, pada konteks Pilkada dapat diartikan secara bahasa sebagai pemilih yang loyal tapi tetap rasional. Seperti apa?

Contoh sederhananya ketika kita belanja di pasar tradisional. Saya sering ‘hunting’ ikan sungai di pasar tradisional. Ada banyak pedagang ikan yang menawarkan jenis ikan yang sama. Saya biasanya tidak membeli ikan pada satu pedagang sebelum saya datangi dua atau tiga pedagang lainnya. Selalu mencari perbandingan agar dapat ikan yang saya inginkan dan berkualitas.

Apa yang perlu diperbandingkan? Kualitas ikannya (segar, besar, kecil, hidup, mati dll), harga, cara membersihkannya, layanan penjualnya, dan lain-lain. Ada beberapa pedagang yang sudah saya kenal. Tapi ketika barometer ini tidak terpenuhi, saya tetap memilih membeli ikan di tempat yang lain. Saya akan loyal terhadap satu pedagang selagi ia mampu memenuhi standar produk yang saya inginkan.

Inilah yang saya rumuskan menjadi loyalis rasionalis. Taat dan setia tapi tidak membunuh rasionalisme. Pertimbangan-pertimbangan rasional harus tetap dipelihara agar loyalitas yang dimiliki tidak ‘membabi buta’. Standar-standar objektivitas masih harus dikedepankan dalam menempatkan loyalitas yang dimiliki.

Loyalis rasionalis ini saya rasa juga akan menghindari fanatisme ‘buta’ dan primordialisme ‘kaku’. Fanatisme dan primordialisme sering kali menghancurkan ‘critical thinking’ seseorang. Nilai-nilai kritis sering terkubur dengan istilah yang paling jamak didengar di tengah masyarakat ‘pokoknya’. ‘Pokoknya’ memilih pasangan calon Si A dan Si B walaupun tanpa kualitas dan prestasi apa pun. ‘Pokoknya’!

Sekali lagi, sesungguhnya tidak ada yang salah dengan fanatisme dan primordialisme selagi ditempatkan pada porsinya yang pas. Maka untuk menentukan takarannya, loyalis rasionalis menjadi tawaran yang baik. Artinya, tatap loyal pada pasangan calon yang dipilih tetapi tidak mengabaikan nilai-nilai rasional dan objektivitas. Harus ada pertimbangan-pertimbangan logis mengapa pilihan jatuh pada pasangan calon tersebut.

Hal ini tentunya juga untuk mendapatkan calon pemimpin yang berkualitas untuk mencapai kesejahteraan rakyat. Ingat, hakikat pemilihan umum itu adalah terpilihnya pemimpin yang berkualitas dan legitimit, serta tercapainya kesejahteraan rakyat dengan percepatan pembangunan di berbagai bidang. Jika para pemilih hanya mengedepankan fanatisme dan primordialisme tanpa sedikit pun memberi ruang pada objectivitas logikanya, dikhawatirkan akan terpilih pemimpin yang ‘abal-abal’.

Harus diakui bahwa untuk menjadi loyalis rasionalis ini memerlukan ‘nyali’ besar. Bagaimana mungkin untuk tidak memilih pasangan calon yang berasal dari daerah yang sama, masih ada hubungan keluarga (primordialisme), atau sudah termakan budi selama ini walaupun tahu persis pasangan calon tersebut tidak memenuhi standar kepemimpinan. Di sinilah nilai-nilai nasionalisme itu dimunculkan. Lihatlah kepentingan yang lebih besar. Kepentingan pembangunan daerah dan bangsa ini. Itulah bentuk pengerobanan yang harus dilakukan. Berani untuk tidak memilih keluarga sendiri jika dinilai akan menyengsarakan rakyat di kemudian hari.

Akhirnya, ibarat pedagang ikan di pasar tradisional, para pasangan calon telah menawarkan produk-produk mereka melalui kampanye-kampanye yang dilakukan. Saatnya masyarakat menentukan pilihan. Untuk mendapatkan ‘poduk’ yang diinginkan, jadilah ‘pembeli’ yang loyal dan rasional. Setialah pada pasangan calon yang dipilih dengan tetap mengedepankan nilai-nilai rasionalisme. Jadilah loyalis rasionalis. Semoga.

Sport News

Sah! Jenderal Listyo Sigit Prabowo Dilantik Sebagai Kapolri baru

JAKARTA (SR28) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik Listyo Sigit Prabowo menjadi Kepolisian Republik Indonesia. Listyo menggantikan Idham Azis yang...

Banjir di Jakarta Jadi Sorotan Media Asing

Jakarta - Banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya saat ini memang tak luput dari perhatian...

Breaking News!!! Partai Gelora Resmi Dukung Fachrori-Syafril

JAMBI (SR28)- Teka-teki arah dukungan berbagai partai politik pada Pilgub Jambi 2020 semakin terjawab.  Kabar teranyar, muncul dari Partai Gelora. Tadi malam (Sabtu 5 September 2020), sejumlah petinggi  Partai Gelora disambut secara khusus oleh calon gubernur petahana H.Fachrori Umar dan calon wakilnya Irjen.Pol. Syafril Nursal di kediaman Fachrori Umar kawasan Tanggo Rajo Kota Jambi.

Pertemuan hangat Pengurus DPW Gelora Provinsi Jmabi bersama Fachrori-Syafril

Dalam perjamuan yang dimulai pukul 21.00 WIB tersebut, Partai Gelora menyampaikan resmi menyampaikan ihwal dukungan politiknya pada Pilgub 2020 ini. Secarik kertas bermap resmi Gelora yang berisi dukungan dari Dewan Pengurus Nasional resmi diserahkan oleh Mahyudi ke Fachrori Umar dan Syafril Nursal.

Penyerahan surat dukungan politik secara resmi Partai Gelora

Mahyudi yang dalam sela-sela perjamuan tersebut menyatakan komitmennya untuk menggerakkan simpul massa yang sudah dibangun selama 4 bulan terakhir.

"Kami sudah bulat memutuskan untuk mendukung Bapak (Fachrori Umar-Syafril Nursal) untuk kembali menjadi Gubernur 2021-2024 mendatang. Kami siap mengaktivasi semua komponen partai kami mulai dari wilayah hingga desa-desa untuk memenangkan pasangan FU-SN. Bismillah, kita sama-sama tancap gas" Ungkap Mahyudi dalam perjamuan tersebut.

Lembar dukungan resmi Partai Gelora untuk Pilgub Jambi

Fachrori Umar yang langsung menerima dukungan tersebut mengaku sangat berterima kasih pada Partai Gelora yang memberikan kejutan di last minutes Pilgub ini

"Terima kasih atas dukungannya, kami menjadi makin optimis untuk menang pada Pilgub tahun ini. Kami sangat menyambut dengan gembira bergabungnya Gelora dalam barisan pemenangan. Kolaborasi ini semoga tidak hanya dalam momen Pilgub Jambi 2020, namun juga kolaborasi jangka panjang"Ungkapnya

Direncanakan, hari ini Partai Gelora juga akan turut mengantarkan pendaftaran calon gubernur ke KPU Provinsi Jambi.

"Tim sudah kami siapjan untuk mengantar Pak FU-SN ke KPU. Semua dukungan mulai dari pendaftaran ke KPU hingga 9 desember mendatang sudah kami siapkan secara maksimal untuk memenangkan FU-SN" tutup Mahyudi.

- Advertisement -

3 Daerah di Jambi Berstatus Zona Oranye Penyebaran Virus Covid-19

JAMBI (SR28) - Dari 11 wilayah kabupaten kota di provisni Jambi saat ini terdapat 3 wilayah yang amsuk sebagai zona oranye penyebaran Covid-19. 3 wilayah tersbeut yakni Kota Jambi, Kerinci dan Tanjung Jabung Barat. Akibat hal tersebut, Provinsi Jambi kini juga berlabel zona oranye (Sedang) penyebaran virus Covd-19.

Sumber: JAMBI28 TV

Ini Harapan Ketua DPRD Tebo pada HUT RI ke-75

TEBO (SR28) - Ketua DPRD Tebo Mazlan menghadiri upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke-75. Upacara dilaksanakan di lapangan kantor bupati Tebo, Senin (17/8/2020).

Foto bersama usai upacara HUT RI ke 75

Upacara peringatan HUT RI ke 75 berlangsung khidmat. Bupati Sukandar naik ke mimbar memimpin jalannya upacara. Dia tampak memakai pakaian dinas Bupati Tebo berwarna putih lengkap dengan atribut pakaian.

Bupati Sukandar memimpin upacara HUT RI ke 75

Usai upacara, pada moment kemerdekaan kali ini Ketua DPRD mengucapkan HUT Kemerdekaan RI yang ke-75. Ia berharap tetap terbangunya Indonesia dengan SDM yang unggul dan masyarakat dapat saling menyelamatkan dan mengasihi di tengah pandmei glbal Covid-19.

"Selamat HUT RI ke 75, kita berharap terbangunya Indonesia dengan SDM yang unggul dan masyarakat dapat saling menyelamatkan, mengasihi dan bergotong royong di tengah pandemi global Covid-19 ini," ujar Mazlan.

Ketua DPRD Tebo serahkan sertifikat tanah Pemda Tebo

Pada kesempatan itu pula, ketua DPRD Tebo turut mendampingi Bupati Tebo dalam menyerahkan sertifikat tanah Pemda Kabupaten Tebo dan Sertifikat Redistribusi Tanah Objek dan Landreform yang secara simbolis diserahkan oleh Bupati Sukandar kepada Wakapolres Tebo, kemudian Ketua DPRD Tebo kepada Sekda Tebo, Kajari Tebo Kepada Kakan Kemenag Tebo, Dandim 0416/ BUTE kepada Perwakilan Desa Sumber Sari dan Kepala BPN Tebo kepada Perwakilan Desa Sapta Mulya. (Tim Liputan)

Petugas paskibraka saat akan menaikkan bendera merah putih

Presiden Trump Mendadak Pecat Menhan AS

WASHINGTON DC - Presiden Amerika Serikat Donald Trump secara mendadak mencopot Mark Esper dari jabatannya sebagai Menteri Pertahanan Amerika Serikat. Pemberitahuan ini diumumkan oleh Trump melalui akun Twitternya @realdonaldtrump (9/11/2020) waktu setempat.

TV

7000 Rumah Warga di Kabupaten Batanghari Terendam Banjir

BATANGHARI - Banjir di kabupaten Batanghari, Jambi saat ini sudah merendam sebanyak 7000 rumah yang tersebar di 7 kecamatan. Kondisi tersebut diprediksi akan terus bertambah meningkat kondisi air yang terus naik dan curah hujan yang masih tinggi.

Aktris Cantik Ini Putuskan Jadi Transgender

Aktris nominasi Oscar Ellen Page mengumumkan memutuskan untuk menjadi transgender, Selasa (1/12/2020). Pemeran utama dalam film Juno itu pun mengganti namanya menjadi Elliot. Menurutnya banyak kaum trans yang menghadapi pelecehan dan ancaman. Ia berharap dirinya bisa mengubah dunia menjadi lebih baik.

Ancelotti Bertekad Hapus Rekor Buruk Melawan Liverpool: Okezone Bola

LIVERPOOL - Pelatih Everton, Carlo Ancelotti, mengomentari pertandingan melawan Liverpool dalam lanjutan Liga Primer musim 2020-2021 yang akan dimainkan timnya. Ancelotti bertekad bisa menghapus...

Siap Maju Di Pemilihan Ketua Umum Perbakin Jambi, Guntur: Sudah Saatnya Jambi Maju 2020-2024

JAMBI (SR28) - Nama HM Guntur Muchtar mulai mencuat, menjelang Musprov Perbakin Jambi, masa bhakti 2020-2024. Sosok yang tak asing lagi di Perbakin ini, merupakan putra daerah Jambi."Guntur kecil lahir di Jambi, pada 26 Juni 1976 silam. Sempat mengenyam pendidikan di Jambi, tepatnya di SMA Nusantara.

“Saya lahir dan besar di Jambi,”ujar nya,Saat mendeklarasikan dirinya untuk maju pada pemilihan Ketua Umum Perbakin Jambi, di hotel Kota Jambi, Minggu (18/10) sekira pukul 13.00,kemarin.

Dalam kesempatan nya, Guntur mengatakan sebagai calon Ketua Umum Perbakin Jambi, dia membawa visi melangkah bersama dan berprestasi, dan misi mengembalikan Jambi sebagai barometer olahraga menembak di Indonesia.

"Sudah waktunya (Perbakin) Jambi maju lagi,”seloroh Guntur.

"Niat untuk maju ini bukan untuk iseng atau main-main. Sebagai orang yang lahir dan besar di Jambi, dia merasa punya tanggungjawab untuk membesarkan Jambi, lewat Perbakin," paparnya.

Kehadiran Guntur pun rupanya tak sendirian. Saat ini, dari 11 klub yang ada, dia didukung tujuh klub. Antara lain, Cruiser Shooting Club, Rajawali Shooting Club, Jahti Shooting Club, Kota Sakti Shooting Club, Jaguar Shooting Club, Bina Lestari Shooting Club, dan Satria Kinayungan Shooting Club.

"Dukungan ini pun terlihat dari kehadiran para ketua dan anggota klub, pada deklarasi tersebut, "Klub-klub ini juga punya harapan besar, bahwa Guntur mampu membawa Perbakin Jambi ke arah yang lebih baik lagi," tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Perbakin membuka pendaftaran Bakal Calon Ketua Umum Perbakin Provinsi Jambi.

"Di buka dari 9 Oktober hingga 20 Oktober,” beber Saptono, Ketua Penjaringan Bakal Calon, didampingi Ketua Pelaksana Musprov, Zuwanda, Rabu (14/10).

Untuk persyaratan, mekanisme serta pengambilan formulir pendaftaran kata dia, dapat dilakukan di Sekretariat Perbakin Provinsi Jambi, Jalan Kapten Sujono Nomor 140, Kecamatan Kota Baru, pada jam kerja setiap hari.
Sebagai informasi, hak suara pada Pemilihan Ketua Umum Perbakin Provinsi Jambi masa bhakti 2020 – 2024 adalah pada klub–klub/perkumpulan menembak yang terdaftar resmi di bawah naungan Pengprov Perbakin Jambi. (Sabri)