Minggu, Januari 17, 2021

Sriwijaya Air Wajib Ganti Rugi Rp1,25 M per Penumpang SJ182

JAKARTA - Keluarga korban kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182 berhak atas ganti rugi dari pihak maskapai. Hal tersebut mengacu pada Pasal 141 ayat (1)...

Besok Divaksin, Begini Kondisi Kesehatan Jokowi

JAKARTA - Sekretariat Presiden memastikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjalani vaksinasi Covid-19 pada Rabu (13/1) besok di Istana Kepresidenan Jakarta....

Ini Pertimbangan Hakim Tolak Praperadilan Habib Rizieq

JAKARTA - Hakim Akhmad Sahyuti menolak gugatan praperadilan yang diajukan Habib Rizieq Shihab terkait penetapan tersangka kasus pelanggaran kekarantinaan kesehatan dan penghasutan kerumunan di Petamburan, Tanah...

BREAKING NEWS:Black Box Sriwijaya Air SJ182 Ditemukan!

JAKARTA - Black box atau kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ182 ditemukan. Kotak hitam itu kemudian dibawa ke daratan. Seperti dikutip dari Antara,...

Technology

Oknum Polisi Terlibat Pembobolan Mesin ATM dan Gerai Alfamart di Kota Jambi

KOTA JAMBI - Tim gabungan Polresta Jambi dan Polsek Jelutung, Kota Jambi berhasil menangkap dua orang pelaku pembobolan mesin ATM yang berada didalam gerai Alfamart. Dimana satu diantara pelaku tersebut adalah oknum polisi yang berdinas di Jambi.

Untuk memuluskan aksinya, pelaku amsuk ke dalam toko dengan membobol dinding ruko yang mereka sewa sebelumnya agar bisa masuk kedalam gerai tersebut.

- Advertisement -

Opsi Sekolah Tatap Muka Ditengah Pandemi Sedang Digodok Pemkot Jambi

KOTA JAMBI (SR28) - Rencananya, jika perkembangan kasus baru pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di kota Jambi jumlahnya sudah semakin menurun. Opsi pemberlakuan sekolah tatap muka di tengah pandemi tersebut akan segera diberlakukan.

Wabup Apresiasi MoU Kodim 0420/Sarko dengan Kemenag

MERANGIN - Wakil Bupati Merangin H Mashuri sangat mengapresiasi Momerandum of Understanding (MoU) antara Kodim 0420/Sarko Dengan Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Merangin.

MoU tentang pembinaan kehidupan umat beragama secara sistematik, menyeluruh, integral dan integratif itu, ditandatangani Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah dengan Kepala Kemenag Merangin H Marwan Hasan.

‘’Jelasnya nanti kedua belah pihak akan saling  tukar menukar data dan informasi, yang berkaitan dengan tata kehidupan beragama di wilayah Kabupaten Merangin,’’ujar Wabup pada acara yang berlangsung di Aula Kemenag Merangin itu.

Tak kalah penting terang wabup, pembinaan masyarakat dalam rangka mendeteksi dini dan cegah dini berkembangnya paham redikal. Diharapkan wabup, unsur Babinsa dan Penyuluh Agama mampu mendeteksi dini paham radikal itu.

Tidak hanya paham radikal tegas wabup, tapi juga paham-paham lain yang terindikasi menimbulkan gejolak di mayarakat, sehingga keamanan, kenyamanan , keutuhan Negara Kesatuan Republik  Indonesia ini terjaga dengan baik.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Merangin H Marwan Hasan menerangkan, kerjasama tersebut tindak lanjut dari MoU Korem 042 Garuda Putih Jambi dengan Kementerian Agama Provinsi Jambi beberapa bulan lalu.

Tampak hadir pada acara penandatanganan MoU itu, para pejabat di jajaran Kodim 0420/Sarko, seluruh Danramil di wilayah kerja Kabupaten Merangin, sebanyak 15 orang Babinsa dari masing-masing Danramil di wilayah kerja Kabupaten Merangin.

Selain itu dari Kemenag Merangin, seluruhpejabat di jajaran Kemenag Merangin dan para kepala Kantor Urusan Agama (KUA)  kecamatan dalam wilayah kerja Kabupaten Merangin.

Bawaslu Klarifikasi Dugaan Pelanggaran Kampanye 4 Calon Kepala daerah di Jambi

JAMBI (SR28) - Proses klarifikasi itu, dilakukan pihak Bawaslu lantaran para kandidat Pilkada Jambi tersebut diduga melanggar Pasal 187 Ayat 1 Undang-undang Nomor 10 tentang pilkada, yakni dugaan kampanye diluar jadwal.

Latest News

Tak Layak Masuk Dalam Pemiliharaan, Aktivis Endus Dugaan Korupsi Uang Negara Di Pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tanjabbar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Terkait hasil kerja pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tingkat Provinsi Jambi yang berada di Desa Tungkal 1 (Satu)...

Di Akhir Jabatannya, Bupati Safrial Resmikan Proyek Fisik Infrastruktur 2016-2020

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr. Ir.H.Safrial didampingi Wabup Drs. H. Amir Sakib, Senin (11/01/21) kemarin di Laman Orang...

Yuk Intip, Ini Daftar Kekayaan 5 calon Kapolri

JAKARTA (SR28)- Perrgantian Kapolri direncanakan akan rampung pada akhir Januari 2021 ini. Sederet nama pun mulai muncul ke publik, mulai dari petinggi...

Nelayan Melihat Pesawat Jatuh Saat Hujan Deras di Sekitar Lokasi Jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182

JAKARTA - Berdasarkan informasi dari Kepala Seksi Pemerintahan dan Transit Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Surachman mengatakan, nelayan Pulau Lancang mendengar ledakan di...

LSM Petisi: Hasil Kerja Pembangunan Sarana Dan Prasarana MTQ Didesa Tungkal 1 Tanggung Jawab PPK-PPTK

KUALA TUNGKAL (SR28) – Terkait hasil kerja pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tingkat Provinsi Jambi yang berada di Desa Tungkal 1 Kecamatan...

Music

Penting, Wajib Lihat Rekam Jejak Calon Gubernur Jambi

Minggu ini diskusi membahas pentingnya melihat rekam jejak Calon Gubernur Jambi bersama Mahyudi, Ketua DPW Partai Gelora Provinsi Jambi dan Kasmadi, Direktur Eksekutif Batanghari Institut.

Tonton video lengkapnya disni: https://jambi28.tv/penting-wajib-lihat-rekam-jejak-calon-gubernur-jambi-talkandcoffee/

Opsi Sekolah Tatap Muka Ditengah Pandemi Sedang Digodok Pemkot Jambi

KOTA JAMBI (SR28) - Rencananya, jika perkembangan kasus baru pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di kota Jambi jumlahnya sudah semakin menurun. Opsi pemberlakuan sekolah tatap muka di tengah pandemi tersebut akan segera diberlakukan.

EMMANUEL MACRON DAN MASA DEPAN ISLAM

Oleh: Prof. Dr. H. Adrianus Chatib, M.Hum
(Gubes Sejarah Peradaban Islam UIN STS Jambi)

Mencermati dinamika gelombang protes terhadap Emmanuel Macron yang terjadi di seluruh dunia saat ini, memang sisi pandangnya bisa dari berbagai aspek. Salah satunya, menurut hemat saya bahwa tesis John N. dan P. Abourdene, sebagai futurulog dunia dalam buku ‘The Third Wave’-nya Alvin Toffler,  di masa  datang yg akan merajai dunia adalah: pertama, bangsa yang menguasai informasi; kedua, agama yang akan berkembang pesat dan dianut ialah agama rasional, akan terbukti. Dua hal ini pula yang penting kita analisis sekaitan dg tingkah laku dan kepongahan Emmanuel Macron, sang Presiden Prancis  tersebut.

Sejak dulu hingga sekarang Barat telah melakukan tudingan bahwa Agama Islam adalah ‘Agama Teroris’. Salah satu penyebabnya adalah penguasaan informasi di segala lini didominasi oleh Barat. Maka pembuktian tipuan dibuat dan  ditampilkan via media hanyalah kejelekan segelintir orang Islam, tidak representatif umat Islam dan ajarannya secara utuh dan menyeluruh. Di koran, TV, majalah, buku dan  media online lainnya disebarkan berbagai isu miring yang cenderung tendensius. Tidak ada pilihan bagi  orang Barat baik intelektualnya apalagi rakyat biasa kecuali ‘menelan mentah-mentah’ tentang kejelekan Islam.

Menumpuknya suntikan seperti itu sebagai kelanjutan Perang Salib terselubung, selama beratus tahun, maka jadilah putihnya ajaran Islam dan perilaku penganutnya menjadi ‘abu-abu dan menghitam’ di mata mereka. Sekali lagi, di mata mereka. Namun Islam tetapalah berkilau untuk selamanya.

Ketika Itu (dulu),  umat Islam awam tekhnologi, maka  hal itu dimanfaatkan oleh zending Kristen apa yang dinamakan ‘Kristenisasi Global’. Namun sekarang umat Islam tidak bodoh lagi karena kalau tidak menciptakan, minimal  sudah mahir menggunakan teknologi informasi; berita apa pun dapat akses secara global. Pun, saat ini Barat bisa meneliti, mamahami dan membandingkan ajaran-ajaran agama secara nalar rasional, baik  yg empirik maupun non empiric dengan memanfaatkan tekhnologi.

Otak-otak cerdas mereka tidak bisa lagi dipasung seperti zaman silam karena tekhnologi digital telah menjamur. Mereka sudah bisa membedakan mana agama yang hak dan mana agama yang sudah dimanipulasi. Secara teologis, sebenarnya agama Yahudi (yang belum terkontaminasi teologisnya), Kristen dan Islam berkeyakinan  bahwa Tuhan itu Esa. Nabi Musa, Isa dan Muhammad tidak lebih dari sekedar nabi dan rasul. Tidak ada agama-agama tersebut menaikkan ‘tahta dan kasta’ nabi mereka menjadi Tuhan. Dalam Taurat, Injil dan al-Qur'an, Musa, Isa dan Muhammad adalah rasul.

Namun demikian, dalam perkembangannya Islam tidak bisa dibendung, maka kepentingan politik Kaesar Romawi, akhirnya Isa dibesluit atau ‘di-SK-kan’ menjadi Tuhan yg bertentangan dengan risalah dan akal sehat yakni manusia naik pangkat jadi Tuhan. Inilah yg telah berabad-abad dianut oleh umat Kristen yang sesat.

Sekarang, informasi sudah merata menyebar ke seantero dunia. Apa yg dikatakan oleh Jhon N. dan P. Abourdene menjadi terkuak ke permukaan bahwa agama yang rasional akan dilirik umat, terutama kaum intelektualnya. Di kalangan Kristen/Katholik mulai berpikir ulang tentang agama yang dianut mereka sekaligus mengkomparasikan dengan ajaran Islam. Salah seorang yang melakukan itu adalah  Prof. Maourice .B dengan meneliti mummi Fira'un yang ada di musium Pyramid Mesir, dengan pertanyaan penelitian, siapa Fir'aun itu dan apakah ia mati di laut atau tidak.

Melalui test DNA mummi yang ada di musium Mesir itu, Prof. Mourice menyimpulkan bahwa mayat yang di musium itu  adalah mayat Fir'aun yang mengejar Musa dan ditenggelamkan Allah di laut Merah sebagaimana dikisahkan di dalam Al-Quran.  Namun, Allah tidak ingin sejarah ini berlalu tanpa pesan dan kesan. Mereka yang tenggelam itu ‘diselamatkan’ itulah dianya yang ada musium mummi Mesir tersebut. Tujuannya jelas agar menjadi sejarah dan dijadikan pelajaran bagi generasi berikutnya. Akhirnya, setelah  Sang Profesor menemukan kebenaran yang tidak bisa dibantah si Guru Besar itu, mengucapkan syahadat, menganut Islam. Menurut analisisnya, Islamlah agama yg rasional.( baca: surat Yunus: 92).

Jadi, analisis futurolog Jhon N. & P. A. terbukti sudah bahwa agama Islam rasional mengalami perkembangan dan kenaikan yang supersignikfikans penganutnya dewasa ini. Sementara gereja di Eropa banyak yang tutup karena kehilangan penganut. Secara teologis, Barat tidak dapat membuktikan keyakinannya bahwa Isa anak Tuhan atau Tuhan punya anak. ( Baca: Injil yang asli dan komparasikan dengan Al-Qur'an serta Taurat). Injil asli menyebutkanIsa putera Maryam, bukan putera Tuhan. Al-Qur'an menjelaskan Isa adalah nabi dan dalam Surat al-Ikhlash bahwa Tuhan tidak punya anak dan keturunan.

Kalau pandangan Yahudi bahwa Isa bukan anak Tuhan, tetapi ia adalah anak Maryam hasil perzinahan, karena kenyataannya Isa lahir tanpa Bapak bilogis. Oleh sebab itu,  debat teologis, di forum lokal, nasional dan internasional, zending Kristen tidak tegak kepalanya, karena alasan yang dikemukannya irrasional, alias ngaku kalah. Lihat dialog Zakir Naik dan pastor; di tingkat nasional dan internasional,  debat Hj. Irene yang sudah muslimah dengan lawannya di pihak Nasrani. Begitu juga Yahya Wailoni dengan lawan-lawan  politik dengan pemahaman keagamaannya yg irrasional.

Pada titik ini, dengan hal-hal yang rasional, Macron kehilangan percaya diri, lalu ia mencari dan mencuri jalan lain yakni politik. Teori politik yg pernah berhasil di dunia, terutama di Indonesia adalah teori S. Hurgronje yg intinya ada dua: apertama,  politik adu domba  (devide et impera);  kedua, orang Islam kalau minta bantu, maka bantu baik mendirikan mesjid atau mushalla; tapi. kalau bicara politik, ‘potong lehernya’. Hati-hati!

Akhirnya, apa yang ingin saya sampaikan melalui artikel ini adalah bahwa semakin keras perlawanan dan kebencian Macron terhadap Islam, yakinlah Islam tidak akan rusak bahkan sebaliknya akan semakin berkembang karena Islam adalah agama rasional bukan dokmatis. Perlawanan terhadap Macron sesungguhnya hanya sebagai ikhtiar ummat untuk membela Nabi dan agamanya atas kecintaan. Maka, tidak perlu pula berlebihan dan jangan sampai merugikan diri dan bangsa kita sendiri. Islam akan tetap menjadi agama semua ummat di masa yang akan datang. Sama-sama kita doakan Macron mendapat hidayah dan menganut Islam sebagaimana Shopie Petronin yang menghebohkan itu . Amin.

Waduh, Donald Trump Larang Tik Tok di AS, Alasannya Cukup Mengerihkan

Presiden Amerika Serikat Donald Trump bakal menandatangani perintah eksekutif secepatnya untuk melarang aplikasi media sosial (medsos) TikTok yang berkembang pesat di Amerika Serikat.

Trump beralasan, pelarangan dilakukan karena pihak berwenang Amerika telah meningkatkan kekhawatiran bahwa layanan tersebut dapat menjadi alat bagi intelijen China untuk mengambil data pribadi 80 juta pengguna aktif di AS.

Sumber: JAMBI28 TV

Fachrori Lepas Ekspor Perdana Kopi Kerinci melalui Pelabuhan Talang Duku

KERINCI (SR28) - Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, menaruh harapan besar akan pembangunan perkebunan serta peningkatan ekonomi masyarakat saat melakukan Pelepasan Ekspor Perdana Kopi Kerinci melalui Pelabuhan Talang Duku, Selasa (28/7/2020).

Fachrori mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan kegiatan ekspor perdana Kopi Kerinci melalui Pelabuhan Talang Duku yang tentunya dapat memberi dampak positif bagi pembangunan serta perekonomian Jambi.

Gubernur Jambi, H. Fachrori Umar saat penyerahan dokumen

"Dampak positif pada nilai jual dan nilai tambah Kopi Kerinci juga dapat meningkatkan kesejahteraan secara langsung maupun tidak langsung bagi petani dan keluarga," ungkap Fachrori.

Hadirnya Kopi Kerinci di Belgia memberi ruang dan kesempatan bagi petani dalam hal pemasaran yang terkadang menjadi kendala saat masa panen tiba.

"Mengurangi tingkat kejenuhan pasar kopi dalam negeri dan harapan lain kita dapat menjaga ekosistem lingkungan dengan mengikuti arahan pihak terkait yang melakukan pendampingan bagi petani," sambung Fachrori.

Selanjutnya, Gubernur Jambi menegaskan kepada semua pihak untuk berupaya menjamin iklim pertanian yang kondusif dan stabilisasi harga ditingkat petani dengan terus berinovasi agar tata niaga tetap stabil, serta harus berinovasi termasuk mencari pembeli baru dari luar negeri.

"Saat kopi melimpah, tidak terjadi penurunan harga dan ini momentum kebangkitan Kopi Kerinci dan kopi daerah Jambi lainnya," ujar Fachrori.

Fachori Umar menyatakan bahwa Provinsi Jambi memiliki potensi besar untuk mengembangkan komoditas perkebunan rakyat, seperti kopi, kayu manis, karet, pinang, dan kelapa. “Pendampingan organisasi petani oleh Rikolto salah satunya membantu menjembatani petani kopi di Jambi untuk memasuki pasar Eropa. Kami ingin mengajak organisasi petani untuk terus meningkatkan kualitas kopi, juga praktik budidaya yang lebih baik dan ramah lingkungan, sehingga pendapatan petani juga meningkat secara berkelanjutan.”

Bupati Kerinci, H.Adi Rozal mengaku sangat senang dengan kegiatan yang langsung dirasakan masyarakat Kerinci, khususnya petani kopi dengan terealisasinya ekspor tersebut. "Kata tidak cukup untuk ungkapkan terima kasih atas kegiatan ini yang telah memberi perhatian serta pemasaran yang mempermudah penjualan dan peningkatan harga di masyarakat," ungkap Bupati Kerinci.

Bupati Kerinci, H.Adi Rozal saat menyampaikan sambutan

Adi Rozal mengatakan, pelepasan ekspor perdana Kopi Kerinci melalui pelabuhan Talang Duku memberi semangat bagi petani kopi yang menunggu masa tanam 2,5 - 3 tahun menjelang masa panen. "Dulu, harga empat ribu sekarang bisa 20 ribu sekilo, dan Kopi Kerinci tingkat keasaman yang sangat baik setelah dites labor. Untuk itu, jaga kualitas dan ikuti standar eksportir," terang Adi Rozal.

Kepala Badan Karantina Pertanian Provinsi Jambi Kelas I, Guntur,SP,MM menyampaikan bahwa komoditas ekspor yang dilepas perdana ke Benua Eropa ini bernilai Rp1,4 miliar yang selama ini ekspor Kopi Kerinci dan juga komoditas lainnya dilakukan melalui pelabuhan yang ada di luar Provinsi Jambi.

"Akhirnya bisa lakukan ekspor langsung melalui Jambi, biasanya melalui Belawan Medan, Teluk Bayur Padang, bahkan Teluk Panjang Lampung dan harapan kita tambah volume, frekuensi guna meningkatkan perekonomian. Kita masih ada kayu manis, cangkang sawit/PKE, sarang burung walet, kelapa. Ada 24 jenis dengan tujuan 32 negara," ujar Guntur.

Guntur menambahkan, Jambi yang memiliki komoditas unggulan yang telah laris di pasar global, namun selama ini masih dilalulintaskan melalui pelabuhan di luar Jambi. Produk pertanian tersebut antara lain kulit kayu manis (Cassiavera) yang juga berasal dari Kabupaten Kerinci dan Merangin, cangkang sawit, sarang burung walet, dan kelapa bulat asal Tanjung Jabung Timur.

Kopi Kerinci berdasarkan data dari sistem perkarantinaan, IQFAST di Karantina Pertanian sepanjang Januari hingga Juli 2020 telah difasilitasi ekspornya sebanyak dua kali pengiriman dengan total 16,25 kilogram tujuan Hongkong.

Koperasi Koerintji Barokah Bersama yang berlokasi di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, mengekspor 15,9 ton kopi Arabika Spesialti ke Belgia, dengan pendampingan LSM Rikolto. Koperasi Koerintji Barokah akan mengirimkan sebanyak 290 karung kopi (15,9 ton) Arabika Spesialti dalam 5 varian proses ke ‘Sucafina Specialty’, perusahaan kopi berbasis di Antwerp, Belgia, yang menghubungkan kopi berkualitas dari organisasi petani dengan roaster di kawasan Asia Pasifik, Amerika, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika. Meskipun ekspor kali ini merupakan ekspor perdana yang dilakukan secara mandiri oleh Koperasi Koerintji Barokah, namun Koperasi ini telah berhasil menjual kopinya ke pasar internasional sejak 2017 yaitu sebanyak tiga kali ke Belgia, serta ke Amerika Serikat dan Hong Kong. (Muhammad Sidik)

Culture

- Advertisement -

Pulau Jawa Dikabarkan Memiliki Potensi Terkena Tsunami Setinggi 20 Meter

Pulau Jawa dikabarkan memiliki potensi terkena tsunami setinggi 20 meter. Selengkapnya dirangkum dalam Indonesia 24 Jam.

Sumber: JAMBI28 TV

Pemotongan Tumpeng Rayakan Ultah TNI ke 75

JAMBI (SR28) - Hari Peringatan HUT TNI ke 75 yang dirayakan jajaran korem 042 Garuda Putih kali ini juga ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Penjabat Sementara Gubernur Jambi, Restuardy Daud dan  Danrem 042 Gapu, Brigjen TNI M Zulkifli.

DPRD Tebo Bahas APBD 2020

TEBO (SR28)- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tebo menggelar rapat paripurna dalam rangka Penyampaian Nota Pengantar Rancangan Peraturan Daerah (Perda) Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kab.Tebo Tahun Anggaran 2020. Rapat paripurna yang digelar di Gedung Aula DPRD Tebo pada Senin (22/07/2019) sekitar pukul 10:45 wib dihadiri oleh Wakil Bupati Tebo, Syahlan Arfan, Ketua DPRD Tebo Agus Rubyanto, SE beserta Wakilnya. Selain itu, juga dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Tebo, Unsur Forkompimda Kab. Tebo, Kepala OPD beserta tamu undangan lainnya.

Sementara, Bupati Tebo H. Sukandar. S.Kom M.Si yang diwakilkan oleh wakil Bupati Tebo Syahlan Arfan. SH dalam sambutannya mengatakan bahwa sesuai dengan peraturan perundangan nomor 12 tahun 2019 tentang pedoman pengelolaan keuangan terutama yang berkaitan dengan APBD di mana setiap daerah berkewajiban untuk menyusun dan mengesahkan APBD yang merupakan landasan operasional dalam penganggaran"Ini merupakan penganggaran tahun ketiga dari implementasi dari visi dan misi tahun 2017-2022 menuju Tebo tuntas, tertib, unggul adil dan sejahtera," kata Syahlan.Menurut Syahlan, bahwa 5 tahun bukanlah waktu yang panjang, hal ini dilihat dengan kebutuhan masyarakat yang tidak mampu dengan kemampuan keuangan daerah. Dan tahun 2020 mendatang, pihaknya akan tetap fokus dengan peningkatan infrastruktur, jalan, pendidikan, kesehatan yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat.
"Untuk itu sesuai dengan kemampuan keuangan daerah, kita akan memprioritaskan pembangunan jalan penghubung antar wilayah, prasarana pendidikan dan kesehatan," jelasnya.


Syahlan juga menyampaikan bahwa pokok rancangan APBD T.A 2020. PAD tahun 2020 di prediksi sebesar 1,7 milyar lebih. Angka menunjukkan peningkatan sebesar 38 milyar lebih dari anggaran tahun 2019 lalu atau sebesar 3,43 persen.
"Tentu ada peningkatan setiap tahunnya, hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang menjadi kebutuhan pokok bersama," pungkas Syahlan.

disadur dari Portal Tebo

- Advertisement -

Must Read

Bupati Tanjabbar Ajak Masyarakat Sukseskan Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H.Safrial, M.S mengajak masyarakat ikut serta dalam mensukseskan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020. Hal itu disampaikan dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dalam kegiatan Deklarasi kampanye damai pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang diselenggarakan di Balai Pertemuan Kantor Bupati, Sabtu (26/09).

Lebih lanjut, sekda juga ingatkan terkait masa kampanye yang merupakan salah satu tahapan pemilihan serentak tahun 2020 dalam masa pandemi. Selain tahapan paling semarak, menurutnya masa kampanye juga rawan terhadap penyebaran covid 19 di karenakan melibatkan banyak orang.

"Oleh sebab itu saya mengajak semua pihak yang terlibat pada saat kampanye dilaksanakan wajib melaksanakan protokol kesehatan covid 19, untuk mencegah penularan pandemi covid 19 kepada orang lain," ajaknya.

Sekda juga menghibau kepada semua pihak untuk senantiasa menjaga sikap, perkataan, dan etika, serta selalu menjaga persatu dan ketenteraman masyarakat di daerah kita, jangan mudah terpengaruh dan terprovokasi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, dan yang perlu di ingat, pilihan boleh tidak sama, tetapi persatuan dan kesatuan bangsa harus tetap terjaga.

Sekda juga berharap peserta Pilkada  dapat berkampanye secara simpatik dengan menawarkan visi, misi dan program-program dengan cara yang sopan, saling menghormati, tidak menghasut, tidak saling memojokkan baik individu maupun pasangan calon, serta selalu mengedepankan etika dan moral politik yang mencerminkan kepribadian bangsa yang berbudaya dan beragama.

"Jadikanlah kegiatan kampanye ini sebagai proses pendidikan politik bagi masyarakat, agar masyarakat lebih menyadari akan hak dan kewajibannya dalam berdemokrasi," ujar Sekda.

Dalam kesempatan yang sama, sekda bersama jajaran Forkompimda, Ketua dan anggota KPU, ketua dan anggota Bawaslu, saksikan penandatanganani deklarasi kampanye damai pemilihan bupati dan wakil bupati kabupaten tanjung jabung barat 2020 oleh paslon Bupati/Wakil Bupati Tanjab Barat. (Sabri)

Pengusngsi Banjir di Jambi Mulai Terserang Penyakit Gatal-gatal Hingga Kekurangan Air Bersih

BATANGHARI - Banjir yang melanda 7000 rumah warga di 7 kecamatan di kabupaten Batanghari, Jambi membuat sebagian warga telah mengungsi ke tenda-tenda pengungsian yang sudah disiapkan petugas BPBD dan Dinas Sosial.

Warga mengaku telah mengungsi sejak 3 hari terakhir, mulai kesulitan untuk mendapatkan air bersih serta mulai terserang berbagai penyakit, terutama penyakit gatal-gatal, flu dan muntah-muntah karena masuk angin.

Deklarasi dan Pengukuhan Tim Koalisi Kecamatan Sebrang Kota Pemenangan Mulya dan Jambi Cerah Berjalan Sukses dan Semarak

KUALA TUNGKAL (SR28) – Deklarasi dan Pengukuhan Tim Kualisi Kecamatan Seberang Kota Pemenangan Mulyani-Amin (mulya) Calon Bupati Tanjab Barat dan Cek Endra - Ratu Munawar (jambi Cerah) Calon Gubernur Jambi yang dilaksanakan di Desa Kuala Kahar, Sebrang Kota minggu (18/10) berjalan suskses dan semarak.

Hadir dalam pengukuhan, Ketua Koalisi Mulayani –Amin H.M.Efendi,S.pd,Ketua Partai Kualisi Cek Endar –Ratu Munawarah (Jambi Cerah) Ahmad Jahfar Sekali Gus Ketua Partai Golkar,anggota Partai PDIP,Anggota Partai Golkar,serta Tim pemenangan Mulyani –amin sekaligus pemenangan Cek Endra-Ratu Munawarah (jambi Cerah) dan para Undangan.

Ketua Kualisi  Mulyani –Amin (Muliya) H.M.Efendi,S.pd dalam sambutan mengajak segenap Tim pemenagan Mulya dan Jambi Cerah Desa Kuala Kahar ,Seberang Kota,bersama-sama memnagan pasangan Calon Bupati Mulya Dan Pasanga Gubernur Jambi Cerah untuk memenagkan Pilkada tahun 2020 ini.

"Selain masayarakat minimal keluarga kita yang harus kita bawa untuk memenagkan dan memilih Pasangan Calon Bupati dan Gubernur dan Wakil Gubernur,Mulyani – Amin  (Mulya) dan Cek Endra-Ratu Munawarah (Jambi Cerah),”ajak H.M.Efendi.

"Kami bersama rombongan ini datang mewakili Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, Gubernur Jambi dan wakil Gubernur Jambi, sebelum nya kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya karena tidak bisa menghadirkan pasangan Calon (Paslon) tersebut karana masing-masing paslon jadwalnya sangat padat sehingga tidak bisa hadir dihadapan bapak-bapak dan saudara semua, oleh karenanya kami tim koalisi menghaturkan maaf yang sebesar-besarnya,” papar Efendi.

Efendi juga mneyampaikan 9 Desember 2020 mendatang sebagai penentuannya paslon  Cek Endra dan  Ratu Munawaroh sebagai gubernur dan wakil gubernur Provinsi Jambi.

"Insya Allah sama-sama kita berikan dukungan juga pada pasangan  Mulyani – Amin untuk menjadi Bupati dan Wakil Bupati Tanjab Barat kami berharap kiranya kita semua mendukung dan memberikan kemenangan kepada pasangan muliya dan Jambi Cerah Calon Bupati Tanjab Barat dan Calon Gubernur Jambi,dihari pencoblosan,dan Jangan Sampi Lupa dimana  nomor Urut kita Muliya Nomor 1 (satu) dan Jambi Cerah Juga Nomor Urut 1 (Satu),” timpal H.M. Efendi.

Masih ditampat yang sama Ketua Partai Koalisi Jambi Cerah, Ahmad Jafar mengutarakan hari ini PDI-P dan Golkar selaku fungsionaris partai politik bergerak untuk mendukung Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, Cek Endra-Ratu Munawaroh maupun Calon Bupati dan Wakil Bupati Tanjab Barat, Mulyani-Amin.

”Dari PDIP dan Partai Golkar kesempatan kali ini adalah suatu hari yang istimewa untuk menandai titik pergerakan kita untuk memenangkan siapa memenangkan pasangan Mulyani –Amin dan Cek Endra – Ratu Munawarah,calon Bupati dan wakil Bupati,Calon Gubernur dan wakil Gubernur Jambi," ujarnya.

"Hari ini kita bergerak selaku fungsionaris partai politik tetapi sebelum bergerak tentulah kita harus memastikan bahwa kita punya kepercayaan diri atau punya kebanggaan,sebagai bagian dari partai PDIP dan Partai Golkar,siapa bangga menjadi warga Kecamatan seberang kota ini untuk ikut serta mendorong pembangunan di daerah daerah terutama di daerah yang Marjinal seperti seberang kota,” papar Ahmad Jahfar.

"Bisa dikatakan bahwa ini adalah daerah yang tertinggal tetapi ini adalah daerah yang Marjinal Artinya kita sering terpinggirkan oleh kebijakan-kebijakan yang barangkali sering tidak tepat dikotomi politik masih menjadi satu masalah di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Saya kira di mana dikotomi politik itu menjadikan kita sering tidak menjadi prioritas di dalam pembangunan kita sering melihat bahasa hulu dan hilir bagian dari pada bagian dari pada Hilir ini lalu seolah-olah konsentrasinya sudah tercukupi untuk daerah Hilir ini, tetapi kita tidak tahu definisi itu yang mana yang mendapatkan prioritas.”dan kita sering terperangkap di dalam istilah-istilah itu kita tentu tidak ingin kita sudah menjadi Marjinal di dalam politik Marjinal nggak di dalam persoalan pembangunan untuk itu kehadiran partai politik harus menjadi jaminan bahwa daerah-daerah seperti ini menjadi prioritas juga di dalam pembangunan, dan pada masa masa yang akan dating,” beber nya.

Lanjut Jahfar,” Oleh karena itu Pilkada harus membawa makna besar bagi daerah kita ini membawa manfaat bagi kita,karena harus kita maknai bahwa Pilkada adalah bias usaha kita untuk ikut serta masuk menjadi pengambil kebijakan yang prioritas teman-teman yang di PDIP tentu harus punya komunikasi langsung dengan para anggota DPRD dari PDIP Kepada Bupati yang diusung oleh PDIP sehingga kelak mampu menjadi penyalur aspirasi masyarakat yang berkepentingan terhadap pembangunan yang ada di daerah kita, bagi teman-teman yang ada di Golkar pengurus di tingkat kecamatan hingga ke desa hingga kepada TPS TPS yang ada pengurusnya Insya Allah harus menjalin komunikasi efektif dengan anggota DPRD dan calon yang diusung oleh Partai Golkar sehingga nanti temen-temen bisa ikut mendorong proses pembangunan yang ada di tingkatan kemasyarakatan yang ada di sebuah kota  oleh karena itu tugas anda sekalian, pertama hari ini adalah memenangkan pasangan Mulyani - Amin dan pasangan Cek Endra dan Ratu Munawarah serta bagaimana nanti mengawal bupati dan wakil bupati dan wakil gubernur dan wakil gubernur,jika diberi kemenangan dalam bentuk apa dan Bagaimana membawa aspirasi masyarakat sebanyak-banyaknya untuk bisa diambil menjadi satu kebijakan di wilayah Sebrang Kota,” pungkasnya. (Sabri)

Wisata Danau Sipin Sepi Pengunjung, Penyewa Perahu Gigit Jari

KOTA JAMBI (SR28) - Sepinya wisatawan di Kota Jambi menjadi keluhan tersendiri bagi para pennyewa perahu ketek di kawasan wisata danau sipin. Pasalnya, pendapatan mereka jauh merosot dari pekan libur panjang biasanya.

Gara-gara Cemburu, Seorang Pria di Jambi Bunuh Mantan Tetangganya

KOTA JAMBI (SR28) - Seorang pria di Kota Jambi tega menghabisi nyawa seorang pria yang adalah mantan tetangganya karena terbakar api cemburu. Kejadian penikaman terjadi di kelurahan Thehok, kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi pada Rabu malam.

Saat kejadian, korban sedang menonton tv di rumahnya dan dengan tiba-tiba pelaku datang dan langsung menikam korban sebanyak 7 tusukan sehingga mengakibatkan korban meninggal dunia.

Gara-gara Cemburu, Seorang Pria di Jambi Bunuh Mantan Tetangganya

Gara-gara Cemburu, Seorang Pria di Jambi Bunuh Mantan Tetangganya

Posted by JAMBI28 TV on Friday, September 18, 2020
Sumber: JAMBI28.TV

Lifestyle Magazine

Gelora Indonesia Dukung Penuh Fachrori Umar – Syafril Nursal di Pilgub Jambi

JAMBI (SR28) - Dukungan penuh terhadap paslon Gubernur Jambi Fachrori Umar - Syafril Nursal disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Umum Partai Gelora Indonesia yakni Fahri Hamzah.

Nonton berita lainnya di JAMBI28.TV

Tim SAR Lakukan Pencarian Bocah 7 Tahun yang Tenggelam di Sungai Batanghari

KOTA JAMBI (SR28) - Upaya pencarian korban terus dilakukan tim SAR gabungan. Namun higga Kamis sore korban belum berhasil ditemukan. Operasi pencarian dilanjutkan Jumat pagi atau hingga 7 hari kedepan jika korban belum juga ditemukan.

Dana Covid-19 Menipis, Pemkot Jambi Berhemat

KOTA JAMBI (SR28) - Pemerintah Kota Jambi kini tengah mengambil langkah-langkah penghematan untuk bisa mempertahankan dana Covid-19 yang tersisa Rp18 Milyar agar tetap bisa dipergunakan untuk penanganan Covid-19 hingga akhir tahun 2020.

Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Ajukan Pembelian 15 Ribu Unit Alat Rapid Test

JAMBI (SR28) - Guna mnegoptimalkan penanganan Covid-19 di Jambi. Dinas Kesehatan Provinsi Jambi kembali mnegajukan 15 ribu unit alat Rapid Test. Hal tersebut dilakukan pada pengajuan ke empat penggunaan anggran refocusing.

Dinkes ajukan pembeloan 15 ribu rapid test

H Al Haris Terus Buka Desa Terisolir, Tinjau Proyek Jembatan Gantung

MERANGIN - Bupati Merangin H Al Haris terus berupaya membuka desa-desa terisolir, dengan mambangun ruas jalan dan jembatan-jembatan yang bisa dilalui kendaraan roda empat.

Bersama Kepala Dinas PU-PR Merangin Aspan dan Asisten II Setda Merangin Mardansyah Saidi serta Ketua Komisi III DPRD Merangin Mulyadi, pada Senin (12/6) bupati meninjau proyek fisik pembangunan jembatan di Desa Sepantai dan Desa Pulau Bayur Kecamatan Muara Siau.

‘’Jadi pada 2019 lalu kita ada membangun tiga jembatan gantung yang bisa dilalui kendaraan roda empat. Ini sangat penting untuk membuka keterisoliran desa di Kabupaten Merangin yang wilayahnya luas dan banyak desanya,’’ujar Bupati.

Pembangunan jembatan itu lanjut bupati, akan merubah status desa terisolir menjadi desa tidak terisolir. Bupati berupaya bagaimana jalan-jalan dan jembatan menuju desa-desa menjadi bagus.

‘’Kalau jalan dan jembatannya bagus, tentu masyarakat dengan mudah bisa mengangkut hasil pertaniannya ke pasar, sehingga bisa meningkatkan perekonomian keluarganya,’’harap Bupati.

Diakui bupati dari 205 desa di Kabupaten Merangin, tinggal Desa Air Liki Kecamatan Tabir Barat yang belum bisa dimasuki kendaraan roda empat. Namun berbagai upaya sedang dilakukan.

‘’Izin pembukaan jalan ke Desa Air Lili itu sedang dalam proses, karena harus melewati hutan lindung TNKS. Mudah-mudahan izin itu segera keluar, sehingga pembukaan jalan bisa cepat dikerjakan,’’jelas Bupati.

Menyinggung kendala apa yang dialami dalam membuka keterisoliran desa? Dijelaskan bupati untuk Desa Air Liki jelas masalah izin ke TNKS. Sedangkan kendala untuk desa lainnya cuaca ekstrim.

‘’Ketika cuaca ekstrim, jelas membuat pekerjaan jadi tertunda, sedangkan waktu kontrak terus berjalan. Untuk itu pada 2020 ini kita mempercepat kontrak kerjanya, sehingga disaat cuaca sedang baik pekerjaan bisa lancar dilakukan,’’terang Bupati.

Video News

- Advertisement -

Ribuan Buruh di Jambi Turun ke Jalan Menolak UU Cipta Kerja

JAMBI (SR28) - Ribuan buruh di Jambi turun ke jalan melaksanakan unjuk rasa menolak undang-undang Omnibus Law Cipta Kerja. Senin (12/10) mulai Pukul 10.30 Wib. Meski sempat diguyur hujan para buruh tetap semangat menyuarakan aspirasi mereka.

Menteri Agama Imbau Warga Ikuti Pedoman Penyembelihan Hewan Kurban Sesuai Protokol Kesehatan

JAKARTA - Menteri Agama Fachrul Razi mengimbau masyarakat mematuhi protokol kesehatan saat pelaksanaan salat Iduladha 1441 Hijriah dan penyembelihan hewan kurban. Sebab, hari raya Iduladha tahun ini berada di tengah pandemi covid-19.

Source: Jambi28 TV

Kasus Corona Tembus 2.168 Orang, Pemprov Jambi Siapkan Pembelian Vaksin

JAMBI - Dengan alokasi anggaran pembelian vaksin Covid-19 tersebut, pemernintah provinsi Jambi berharap agar rencana peningkatan kekebalan tubuh masyarakat terhadap paparan virus corona ini juga bisa dilaksanakan di Jambi. Yang pada akhirnya akan mempercepat proses memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Provinsi Jambi.

Mengingat, peningkatan kasus terkonfirmasi positif di Jambi dalam beberapa waktu terakhir sudah mencapai 2.168 orang dan didominasi pasien konfirmasi tanpa gejala.

Hari Ini Tempat Hiburan Dan Olahraga di Kota Jambi Boleh Buka Lagi

JAMBI (SR28) - Adapun tempat usaha yang kembali dizinkan buka lago seperti tempat-tempat olahraga yaitu fitnes, senam, bola sodok kemudian tempat pijat refleksi, spa, serta bar, cafe dan tempat karaoke keluarga termasuk kolam renang dan wahana bermain anak-anak.

Fachrori Apresiasi Langkah Baznas Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19

MUARA SABAK (SR28)- Fachrori Apresiasi Langkah Baznas Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19Nipah Panjang, Kab.Tanjabtim (Humas Pemprov Jambi) - Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar.M.Hum mengemukakan dirinya sangat mengapresiasi langkah Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jambi yang membantu masyarakat yang tidak mampu yang sangat terdampak Covid-19. Hal itu disampaikannya saat Penyerahan Bantuan dari Baznas Provinsi Jambi kepada Masyarakat yang sangat Terdampak Covid-19 di Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Rabu (29/07/2020).Sebanyak 300 (tiga ratus) paket sembako dibagikan kepada mustahiq agar dapat meringankan beban ekonomi masyarakat yang sangat terdampak pandemi Korona.Sebelumnya, gubernur meninjau Lapas Kelas III B Muara Sabak dan menyerahkan satu set bola kaki dan bola voli, serta meninjau Kampung Asimilasi dan Edukasi Kepompong di lapas tersebut, dilanjutkan peninjauan Pondok Pesantren Al-Hidayah Rantau Rasau. Pada kesempatan ini Fachrori menyerahkan bantuan pribadi.Fachrori menyampaikan ucapan terima kasih kepada Baznas Provinsi Jambi yang telah penuh perhatian  kepada masyarakat, serta berharap agar Baznas meningkatkan peran dan fungsinya dalam pelayanan optimalisasi zakat, sehingga zakat dapat menjadi stimulan dalam menggerakkan keswadayaan masyarakat, guna mengurangi beban masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19.“Sebagaimana kita ketahui bahwa zakat merupakan ibadah wajib bagi umat Islam, ibadah zakat tidak saja menyangkut hubungan hamba dengan Rabb-nya, tetapi mengandung nilai-nilai sosial yang mengatur hubungan sesama manusia. Mengingat arti penting  ibadah zakat begitu banyak dalil didalam Al-Qur’an maupun hadis-hadis Nabi Sholallahu’alaihi Asallam yang menekankan kewajiban berzakat diantaranya firman Allah Subhanathu Wa Taala dalam surat At-Taubat ayat 103 dan surat Al-Baqarah ayat 43,” ujar Fachrori.Facrori menjelaskan, zakat merupakan filantropi Islam yang tidak ditemukan dalam ajaran agama lain sebagai bentuk kedermawanan. “Zakat menanamkan nilai-nilai kemanusiaan dan rasa tanggung jawab sosial terhadap nasib sesama insan. Selain kedermawanan, zakat juga mendidik umat muslim untuk tidak egois dan kikir dalam mengelola harta titipan Allah, karena harta yang ada dengan kita hakekatny aadalah hak orang lain yang disalurkan melalui tangan kita, peran yang kita jalankan hanyalah mendisrtibusikan harta tersebut. Sunguh merupakan sebuah kemuliaan jika kita ditakdirkan sebagi penyalur rezeki kepada makluk-makluk Allah,” tutur Fachrori.Fachrori mengatakan, pandemi Covid-19 saat ini menimbulkan banyak problematika akibat adanya pembatasan aktivitas di hampir seluruh daerah di Indonesia termasuk Provinsi Jambi. Fachrori berharap dengan adanya bantuan ini dapat membantu meringankan beban ekonomi masyarakat saat pandemi yang melanda dunia.Sebelumnya, Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur Robi Nahliansyah menyampaikan,  atas nama Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur mengucapkan terima kasih kepada Baznas Provinsi Jambi yang telah penuh perhatian kepada masyarakat di Tanjung Jabung Timur, dan turun langsung menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat yang sangat terdampak Covid-19. “Suatu kehormatan bagi kita semua karena langsung diantar dan Gubernur Jambi langsung turun ketengah masyarakat,” yngkap Wakil Bubati Tanjabtim.“Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur terus berupaya bekerja sama dengan tim gabuanga Covid-19 dan terus mengimbau  masyarakat dalam  melaksanakan aktivitas sehari-hari selalu melakukan sesuai dengan anjuran protokol kesehatan yaitu mencuci tangan, pakai masker, jaga jarak dimanapun kita berada,” sambung Robi.Ketua Bazans Provinsi Jambi Hasan Basri menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Jambi yang langsung turun  ketengah masyarakat yang sedang memerlukan bantuan. “Baznas mempunyai banyak program untuk membantu masyarakat terutama fakir miskin dan para pedagang kecil. Baznas akan terus berkoordinasi dengan tim gugus tugas dalam upaya membantu pemerintah dalam percepatan penaggulangan dampak Covid-19.

Humas Provinsi Jambi

Ledakan Dahsyat Di Lebanon, Puluhan Orang Tewas Ribuan Luka-luka

Ledakan dahsyat mengguncang ibu kota Lebanon, Beirut, hari Selasa (04/08/2020), menyebabkan paling tidak 78 orang meninggal dan lebih dari 4.000 lainnya luka-luka.

Sumber: JAMBI28 TV
- Advertisement -

Music

Gelora untuk FU-SN

Oleh:Mahyudi
Ketua DPW Gelora Indonesia Provinsi Jambi.

Pilkada Jambi 2020 bisa dikatakan sebagai Pilkada tersulit sejak era pemilihan langsung kepala daerah di terapkan. Pandemic Covid19 membawa efek "rusak" luar biasa terhadap tatanan kehidupan. Pertumbuhan ekonomi melambat dan cenderung negatif, masyarakat terpenjara dalam kehidupan sosial ekonominya. Korban terus berjatuhan terinfeksi Covid19 tanpa bisa di bendung. Pemerintahpun menghadapi dilema pelik antara memilih menghidupkan sektor ekonomi atau melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. Benar-benar pada posisi memakan buah simalakama.

Pun dalam kehidupan politik negeri ini, juga terkena imbas yang tak kalah berat. Pesta demokrasi yang seyogyanya di helat September 2020 harus ikut menyesuaikan di undur hingga 9 Desember 2020. Itupun tetap menyisakan sikap pro dan kontra di tengah publik. Namun keputusan bersama antara Pemerintah dan DPR telah di buat, dan Partai Gelora Indonesia sebagai bagian entitas politik menyatakan siap memberikan andil terbaik untuk berpartisipasi dalam momen suksesi kepemimpinan daerah tahun ini. Dan ini di buktikan dengan turut berpartisipasi dalam 190 Pilkada dari 270 Pilkada yang akan berlangsung.

Khusus untuk Pilkada Jambi 2020, Partai Gelora Indonesia Provinsi Jambi ikut mendukung dalam 5 dari 6 Pilkada yang bakal di gelar. Antara lain Pilgub Jambi, Pilkada Batang Hari, Bungo, Tanjabbar dan Pilwako Sei Penuh.

Terkait dengan Pilgub Jambi, Partai Gelora memutuskan mendukung paslon Bapak Dr. Drs. H. Fachrori Umar - Irjen Pol. Drs. H. Syafril Nursal, SH. MH (FU-SN). Yang dalam perjalanannya melalui proses berliku bahkan sempat terjadi klaim dukungan sepihak dari timses salah satu kandidat.

Meskipun berstatus partai politik baru, Partai Gelora telah memiliki modal yang patut di perhitungkan guna memenangkan paslon FU-SN.

Modal pertama, Partai Gelora Indonesia Provinsi Jambi memiliki kekuatan struktur yang kokoh. Hingga saat ini Gelora Jambi telah memiliki 6.591 pengurus mulai struktur di tingkat DPW, DPD, DPC hingga PAC. Bahkan saat ini pun fungsionaris Gelora terus bekerja melengkapi barisan strukturnya hingga tingkat RT. Coba di bayangkan jika Gelora melakukan program aktivasi konsolidasi struktur untuk penjaringan pemilih dimana setiap kader Gelora membawa 3 anggota keluarganya ke TPS untuk mencoblos FU-SN maka di dapat 19.773 suara. Pun jika di hitung margin error 5% maka masih di kisaran angka 18 ribuan suara rill. Tidak cuma ini saja, masih ada beberapa program kerja pemenangan Gelora untuk FU-SN lainnya yang tentunya menargetkan suara semaksimal mungkin. Namun setidaknya ini bisa memberikan gambaran betapa solidnya struktur tempur di darat dari partai Gelora. Belum lagi jika di tinjau dari usia para pengurus Gelora yang di kisaran 20-45 tahun. Ini juga menjadi keuntungan tersendiri. Sosok-sosok muda yang enerjik, bertenaga dan didalam benaknya terpatri visi semangat Indonesia menjadi kekuatan 5 besar dunia plus familiar dengan teknologi menjadikan ini benar-benar paket komplit karakter tangguh kader maupun partai.

Modal kedua adalah struktur tempur di udara. Sebagai parpol yang menasbihkan diri sebagai partai digital, tidak heran jika partai Gelora memiliki struktur media yang mumpuni terutama dalam platform media sosial. Akun-akun medsos Gelora tumbuh bak jamur di musim hujan di setiap level struktur. Belum lagi akun-akun medsos yang dimiliki masing-masing kader. Makanya tidak heran jika jagad medsos selalu di ramaikan oleh aksi "serangan udara" dari cyber army Gelora yang mengajak masyarakat Jambi memilih paslon FU-SN. Oiya, yang menjadi salah satu "rahasia" mengapa dalam tempo 5 bulan Gelora bisa menyiapkan struktur hingga level terbawah, ini tak lain juga di support dengan program rekrutmen kader yang dilakukan secara online. Dimana proses pendaftarannya simpel dan langsung mendapatkan kartu tanda anggota (KTA) dalam bentuk digital.

Modal ketiga, memiliki tokoh dengan julukan Singa Parlemen yang sudah tidak di ragukan memiliki magnet kuat sebagai news maker. Statemen dan buah pikirannya selalu konsisten dan berani melawan arus. Dan dalam perhelatan Pilgub Jambi kali ini, Bung Fahri Hamzah  mengirimkan video dukungan kepada pasangan FU-SN dan mengajak kepada segenap masyarakat Jambi untuk mempercayakan suaranya kepada 2 sosok paslon yang memiliki jam terbang tinggi baik di pemerintahan Provinsi Jambi maupun di institusi Polri. Guna melanjutkan program kerja pembangunan Jambi BERKAH. Disini pas rasanya adagium melanjutkan itu lebih mudah dari pada memulai dr awal/baru.

Namun terlepas dari itu semua, kerja pemenangan ini adalah kerja bersama semua elemen tim pemenangan paslon FU-SN. Pola kolaborasi apik Gelora dengan Partai Demokrat, Gerindra, PPP dan Hanura yang tergabung dalam parpol koalisi beserta semua organisasi sayap pemenangan baik dari pihak keluarga besar FU-SN, kalangan milenial,  paguyuban dan forum alumni hingga komunitas sosial lainnya semakin kokoh dan memberi hasil kemenangan di tanggal 9 Desember nanti. Terus berikhtiar maksimal dan berdoa hingga aroma kemenangan kian hari semakin terasa harumnya. Semoga.

Talak cerai Via Telepon

Oleh: Farida Ayu Nadya S.Sos, M.H

Urusan perkawinan di Indonesia diatur dalam Undang-Undang Perkawinan Nomor  16 Tahun 2019 yang diatur ketentuannya dalam Kompisili Hukum Islam. Aturan-aturan Islam mengenai perkawinan, perceraian, dan perwarisan bersumber dari literatur-literatur Islam dari berbagai mazhab yang dirangkum dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Namun dalam praktek perkawinan yang berlaku di dalam masyarakat, banyak bermunculan hal baru bersifat ijtihad, karena tidak ada aturan yang khusus untuk mengatur hal tersebut.

Perkembangan Teknologi informasi (TI) abad XXI sangat pesat dan menduduki lini kehidupan. Terutama dalam komunikasi yang berbasis kemudahan dalam melakukan hubungan seseorang secara langsung. Konteks dalam Hukum Islam ini yang bersifat universal (umum), sehingga dengan kaidah ushul fikih itu sendiri, bahwa hukum tersebut akan berubah dengan perubahan zaman dan perubahan tempat.

Permasalahannya, hukum positif di Indonesia sekarang ini belum mengatur spesifik kaidah perkawinan yang melalui alur telekomunikasi, sementara itu perkembangan teknologi informasi yang lebih cepat dan pesat jika dibandingkan dengan perkembangan hukum, perangkat hukum dan aparatur penegak hukum demi menyelesaikan persoalan hukum ini dalam bingkai teknologi.

Menurut Undang-Undang Nomor  16 Tahun 2019 tentang Perkawinan, perkawinan adalah ikatan lahir batin seorang laki-laki dan perempuan sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga bahagia dan kekal. Perkawinan pada umumnya dilakukan disatu tempat seperti masjid, rumah, atau gedung dimana calon suami dan calon istri serta walinya hadir di tempat tersebut, namun di Jakarta Selatan pada tahun 1989 terjadi perkawinan melalui telepon, dan hal tersebut sah dengan adanya Putusan Pengadilan Agama Jakarta Selatan No. 1751/P/1989 tentang pengesahan pernikahan melalui telepon, walaupun sampai saat ini hukum positif di Indonesia belum mengatur secara spesifik tentang kaidah perjawinan melalui jalur telekomunikasi.

Pelaksanaan hukum perceraian sebagai bagian dari hukum perkawinan juga bersifat pluralistis, sehinnga pada hal-hal tertentu (perbuataan hukum dan peristiwa hukum tertentu) masing-masing golongan penduduk tunduk pada subsistem hukum perceraian yang berbeda-beda, yaitu sebagai berikut :

a. Hukum perceraian menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUH Perdata) berlaku bagi para suami dan istri warga negara Indonesia yang bergama Islam, yang melakukan perceraian di pengadilan negeri.

b. Hukum perceraian menurut hukum islam berlaku bagi para suami dan istri warga negara Indonesia yang bergama Islam, yang melakukan perceraian di pengadilan agama.

c. Hukum perceraian menurut hukum adat berlaku bagi para suami dan istri warga negara Indonesia yang juga menjadi warga dari kesatuan masyarakat hukum adat dan memegang teguh hukum adatnya, yang melakukan perceraian di pengadilan agama (bagi yang beragama Islam) atau di Pengadilan Negeri (bagi yang beragama Kristen).

Hukum talak (cerai) melalui SMS dapat dianalogikan atau dikiaskan dengan hukum cerai melalui tulisan surat biasa. Sebab kesamaan keduanya merupakan pesan cerai Keabsahan melalui teks yang bukan verbal (lisan), para ulama fikih (fuqaha) sepakat bahwa hal itu efektif jatuh talak. Perceraian adalah putusnya suatu perkawinan antara suami istri yang telah melangsungkan suatu perkawinan, baik cerai hidup maupun cerai mati yang disebabkan oleh beberapa faktor dan memenuhi persyaratan. Dalam perumusanxketentuanxhukum suatu permasalahan atauxperistiwa sebaiknya menggunakanxinstrumen istibat hukum yang konfrehensi agar tercapaixkemaslahatan bagi umat. Alangkah baiknya perkembangan teknologi yang ada saat ini bisa disikapi dengan bijaksana agar pengguna teknologi dapat pengaruh positif bagi perkembangan bangsa dan agama.

Beli Narkoba Pakai Uang Palsu, 5 Pelaku Dibekuk Polisi

JAMBI - Tim Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) dan Tim Spartan Sat Reskrim Polres Bungo, Jambi berhasil mengamankan 5 orang pelaku pencetak dan penyebar uang palsu.

Kasus tersbeut terungkap pada saat pelaku menipu warga dengan menggunakan uang palsu untuk membeli narkoba.

Meski Sudah Dibuka Kembali, Layanan IGD Rumah Sakit Abdul Manap Belum Optimal

KOTA JAMBI (SR28) - Kendati demikian, pembukaan layanan IGD ini belum bisa berjalan secara optimal. Lantaran dibuka dengan berbagai keterbatasan. Sebab, beberapa tenaga medis masih harus melaukan isolasi mandiri lantaran belum keluarnya hasil uji swab.

Sport News

Sah! Zumi Zola Resmi Sandang Status Duda

JAKARTA - Zumi Zola resmi menyandang status duda. Pengadilan Agama Jakarta Selatan mengabulkan gugatan cerai istri Zumi, Sherrin Taria. Sherrin Taria menggugat cerai Zumi Zola pada 26 Maret 2020. Sherrin memutuskan pisah karena merasa tidak lagi mendapat perhatian dari Zumi yang saat ini mendekam di penjara.

Sumber: JAMBI28 TV 

Bupati Tanjabbar Sambut Kunjungan dan Koordinasi Pelaksanaan SSDN, Lemhanas RI

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjab Barat Dr. Ir. H. Safrial MS sambut kunjungan Direktur Operasional Pendidikan Kedeputian Pendidikan Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) RI Marsekal Pertama Maman Suherman M.A.P, M. HAN di Rumah Jabatan Bupati, Kamis (06/08/2020).

Turut mendampingi Bupati, Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Para Kabag di Lingkup Sekretariat Daerah, serta tamu undangan lainnya.

Kunjungan Lemhanas RI Marsekal Maman Suherman beserta rombongan ini merupakan koordinasi terkait pelaksanaan Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) program pendidikan reguler angkatan L XI(61) Lembaga Ketahanan Nasional RI.

Bupati Tanjab Barat Dr. Ir. H. Safrial MS dalam sambutannya mengatakan atas nama pemerintah dan masyarakat mengucapkan Selamat datang kepada bapak Marsekal Pertama TNI Mawan Suherman M, AP, M, HAN di bumi serengkuh dayung serentak ke tujuan.

Bupati Safrial memapaparkan terkait keadaan strategis Kabupaten Tanjab barat, Bupati Safrial juga mengatakan dipilihnya Kabupaten Tanjab Barat sebagai salah satu daerah pelaksanaan Studi strategis dalam Negeri merupakan langkah yang baik. Menurutnya Kabupaten Tanjab Barat salah satu Kabupaten yang baik dari segi pertahanan, ditambah juga sektor Ekonomi dan Etnik Budaya, serta sumberdaya alam baik Migas maupun Batu Bara.

"Kami pada dasarnya siap membantu memberikan informasi yang dibutuhkan, sehingga pada akhirnya studi strategis ini dapat Memberikan masukan dan saran kepada pemerintah Kabupaten Tanjab Barat dalam menyusun perencanaan pembangunan Kabupaten Tanjab Barat," ujar Bupati.

Sementara itu, Direktur operasional pendidikan kedeputian pendidikan Lemhanas RI Marsekal Pertama TNI Maman Suherman, dalam sambutanya mengatakan terimakasih atas sambutan yang diberikan Kabupaten Tanjab Barat. Maman Suherman berharap hasil dari Studi Strategis Dalam Negeri ini nantinya dapat memberikan manfaat bagi Provinsi Jambi, khususnya Tanjung Jabung Barat.

"Terima Kasih atas sambutanya, semoga nanti data-data hasil studi yang diberikan dapat bermanfaat buat Provinsi Jambi Khususnya Kabupaten Tanjab Barat," ujarnya.

Ditambahkannya, terpilihnya Kabupaten Tanjab Barat dikarenakan Tanjab Barat merupakan salah satu lokasi yang paling ideal,Menurutnya, Kabupaten Tanjab Barat merupakan salah satu Kabupaten penghasil industri yang sangat menopang perekonomian Jambi.

"Nanti kami mengelola data sebagai data masukan ke kementrian Dalam Negeri sejauh mana perkembangan Pertahanan Nasional di Provinsi Jambi," papar nya.

Maman juga sampaikan bahwa kegiatan  survey oleh petugas akan dilaksanakan mulai dari tanggal 03 Agustus sampai dengan 07 Agustus 2020 mendatang, sementara Kegiatan SSDN dilaksanakan dari tanggal 24 agustus sampai dengan 28 Agustus 2020.

"Kegiatan SSDN dari tanggal 24 Agustus s/d 28 Agustus 2020 kami membawa peserta berjumlah 25 orang," pungkasnya. (Sabri)

Antisipasi Inflasi di Akhir Tahun, Pemkot Jambi Rencanakan Gerakan Tanam Cabai dan Operasi Pasar

KOTA JAMBI - Jika nantinya terjadi kenaikan harga bahan pangan, pemerintah kota juga tengah menyisihkan dana untuk melakukan beberapa langkah operasi pasar.

Selain itu, pemkot jambi juga tengah merencanakan gerakan menanam cabai untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan. Dimana, pemerintah melalui dinas terkait akan menyiapkan bibitnya secara gratis bagi masyarakat.

- Advertisement -

Tak Terima Kena Razia, Warga Bungo Ini Ajak Duel Pol PP

BUNGO (SR28)- Guna memutus mata rantai Covid-19 di Kabupaten Bungo, tim Tim gabungan Satgas Covid-19 Kabupaten Bungo yang berasal dari jajaran TNI, POLRI, SATPOL PP, DISHUB, dan BPBD terus menggelar operasi yustisi. Operasi ini digelar dalam rangka penegakkan disiplin protokol kesehatan covid-19.

Saat razia digelar, petugas masih menemukan banyak warga yang membandel dengan tidak menggunakan masker dan menjaga jarak. Padahal saat ini wilayah kabupaten bungo telah memberlakukan jam malam lantaran masih masuk dalam zona oranye.

Salah satu kejadian yang menyita perhatian masyarakat sekitar lokasi razia adalah saat ada 2 pemuda yang diperkirakan merupakan warga sekitar membantah intruksi-intruksi yang dikeluarkan oleh tim gabungan. Mereka tidak terima dirazia dan dikenakan hukuman push up. Sontak, kejadian itu membuat petugas menjadi bersitegang bahkan hingga nyaris baku hantam dengan 2 pemuda yang mengendarai kendaraan roda dua tersebut.

"Kami adolah masker, cuma dak tepake bae, lupo.. ai kau ni siapo. aku tingok namo kau, besok aku cari kau" ujar salah satu pemuda yang terjaring razia tersebut sembari menantang aparat dari Pol PP.

Meski terjadi cekcok panas, namun pemuda tersebut akhirnya menuruti perintah petugas dengan melakukan push up sebanyak 10 kali.

Razia tersebut dilakukan dikawasan pasar bawah Kabupaten Bungo pada Rabu malam (14/10).
Dalam razia tersebut, petugas gabungan mendapati 79 warga yang belum mengenakan masker saat berada dikeramaian.

Tidak Optimalnya Penerapan Protokol Kesehatan Saat Tes SKB CPNS Kota Jambi

KOTA JAMBI (SR28) - UPT BKN Kota Jambi melanjutkan proses rekrutmen tahapan seleksi Kompetensi Bidang bagi CPNS di 9 kabupaten kota di Provinsi Jambi. Kendati demikian, dihari pertama pelaksanaannya diwarnai tidak optimlannya penerapan protokol kesehatan.

Peserta CPNS tak mneghiraukan untuk jaga jarak

Musim Hujan Datang, Masyarakat Diminta Waspada Angin Kencang

JAMBI (SR28) - Berdasarkan predisksi Badan meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sultan Thaha Jambi, pada minggu ke 3 bulan September 2020 seluruh wilayah di Provinsi Jambi sudah memasuki musim penghujan dan puncaknya akan terjadi pada bulan November 2020.

Memasuki musim hujan, waspadai angin kencang

Catat Tanggalnya, Pemprov Jambi Kembali Gelar Pemutihan Jilid 2

JAMBI (SR28)- Pemprov Jambi kembali melaksanakan pemutihan pajak kendaraan tahap 2. Dalam pemutihan pajak tahap II ini Pemprov Jambi resmi menggelar pemutihan dari tanggal 1 Agustus sampai 30 November 2020.

Pemutihan tahap 2 ini dilakukan atas pertimbangan Gubernur Jambi Fachrori Umar yang prihatin melihat kondisi perekonomian masyarakat yang kian sulit saat pandemi ini.

Adapun untuk pemutihan tahap 2 ini, Pemprov Jambi menargetkan pendapatan pajak kendaraan bermotor diangka 30 Milyar. angka tersebut dinilai realistis mengingat target awal sebelum Covid 19 lalu adalah 120 Milyar.

"saat tahap 1 kemarin kita baru tercapai 90 milyar, kan target awal kita 120 milyar" terang Ahmad Subhan Kabid Pajak Daerah dan Dana Perimbangan ke awak media


Beberapa keringanan pajak kendaraan bermotor dengan ketentuan adalah menunggak Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) selama 2 tahun ke atas yang hanya dipungut pokok tunggakan satu tahun terakhir, dan satu tahun berjalan sesuai dengan jatuh tempo pajak.

"Selain itu bebas sanksi administrasi PKB, Bea Balik Kendaraan Bermotor, bebas Bea Balik Nama kendaraan bermotor II dan kendaraan lelang," tutupnya

Jurnalis Muhammad Sidik

TV

Indobarometer: FU-SN Unggul 39,3% diatas CE-RATU dan Haris-Sani

JAMBI (SR28)- Indo Barometer meliris hasil survei untuk calon gubernur dan wakil gubernur Jambi yang akan bertarung pada Pilgub, 9 Desember 2020 mendatang. Hasilnya, pasangan Fachrori Umar-Syafril Nursal mengungguli dua rival politiknya, Cek Endra-Ratu Munawaroh dan Al Haris-Abdullah Sani.

Pasangan Fachrori Umar-Syafril Nursal unggul dengan 39,3 persen.  Sedangkan Cek Endra-Ratu Munawaroh mendapatkan 31,3 persen dan pasangan Haris-Sani diangka 23,3 persen.

Peneliti Indo Barometer, Hadi Suprapto menyebutkan, bahwa survei ini dilakukan pada 16-24 November 2020 lalu atau 12 hari sebelum hari pencoblosan. Survei ini dilaksanakan diseluruh wilayah provinsi Jambi, meliputi 11 Kabupaten/Kota dengan populasi survei adalah Warga Negara Indonesia di Provinsi Jambi, dan sudah mempunyai hak pilih.

Selain itu, jumlah sampel pada survei ini sebanyak 1.200 responden, dengan margin of error sebesar lebih kurang 2,83  persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. Untuk metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner.
" Tingkat keyakinan pemilih terhadap pilihannya hingga hari pencoblosan temuan kita cukup besar yakni 86,5 persen. Meskipun ada kemungkinan merubah pilihan 3,6 persen,” ujarnya, Jumat (4/12) kemarin.

Hadi menyebutkan, ada lima indikator mengapa pasangan Fachrori-Syafril diprediksi bisa memenangkan kontestasi politik Pilgub Jambi.  Pertama karena tingkat elektabilitas gubernur dan juga wakil gubernur unggul dari kandidat lainnnya, begitu juga ketika dalam simulasi berpasangan.
Kedua, lanjut Hadi, dukungan terhadap pasangan Fachrori-Syafril merata hampir di semua daerah. "Pengalaman kita itu terbukti. Kita sudah pernah survei di Jambi, polanya hampir sama. Siapa calon yang merata unggul di sejumlah daerah, akan menang," tegasnya.

Kemudian ketiga, kepribadian Fachrori Umar juga unggul dari calon lain. Kemudian keempat, Fachrori Syafril didukung Capres paling populer saat ini yakni Prabowo.

Hadi menjelaskan, temuan pokok survei elektabilitas calon gubernur, wakil gubernur, dan Paslon dengan pilihan calon Gubernur dalam pertanyaan terbuka atau spontan adalah Fachrori Umar 28,6 persen. Disusul Cek Endra 21,6 persen, Al Haris 17,8 persen, Abdullah Sani 0,1 persen.
Sedangkan Pilihan calon Gubernur untuk tiga nama dalam pertanyaan tertutup, Fachrori Umar memperoleh dukungan 40,3 persen, Cek Endra 30,8 persen, Al Haris 23,1 persen. "Pilihan calon Wakil Gubernur dalam pertanyaan terbuka, Syafril Nursal 24,8 persen, Ratu Munawaroh 19,8 persen, Abdullah Sani 16,8 persen,” katanya.

Selanjutnya pilihan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur dalam pertanyaan terbuka adalah Fachrori Umar – Syafril Nursal unggul dengan dukungan 22,8 persen, disusul pasangan Cek Endra – Ratu Munawaroh 18,8 persen, Al Haris – Abdullah Sani 16,2 peren.

Dalam pilihan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur untuk 3 pasang nama dengan pertanyaan tertutup adalah pasangan Fachrori Umar – Syafril Nursal memperoleh dukungan 39,3 persen, Cek Endra – Ratu Munawaroh 31,3 persen, Al Haris – Abdullah Sani 23,3 persen. " Fachrori juga unggul dari aspek kepribadian dan kemampuan. Penilaian masyarakat terhadap kepribadiannya seperti jujur, intelektual,berwibawa sebagai pemimpin dan dekat dengan rakyat,” katanya.
Selanjutnya, dukungan Fachrori-Syafril juga merata di seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi seperti di Kerinci, Batanghari, Muaro Jambi, Tebo, Bungo, Kota Jambi dan Kota Sungai Penuh. "Sedangkan CE-Ratu unggul di Sarolangun, Tanjab Timur, Tanjab Barat. Al-Haris hanya unggul di Kabupaten Merangin," jelasnya.

Pasien Covid 19 Tetap Bisa Nyoblos, KPU Siapkan Bilik Khusus

JAMBI - Pada hari H pencoblosan esok, pihak KPU Jambi memastikan bahwa seluruh masyarakat jambi yang telah mendapatkan hak pilih tetap dapat menggunakan hak pilihnya tersbeut walaupun berstatus pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Lantaran, hak pilih seseorang merupakan hak konstitusi yang dilindungi oleh Undang-undang.

Untuk mengantisipasi pemilih khusus tersbeut, nantinya pihak KPU akan melakukan koordinasi bersama pihak Satgas penanganan Covid-19 untuk mencarikan solusi terkait pemilih ini.

Kecelakaan Mobil VS Motor di Muntialo, Pengendara Motor Luka Parah

KUALA TUNGKAL (SR28) - Naas Kecelakaan adu kambing mobil merek Ford bernopol B 8906 D dengan motor Matick vario terjadi di jalan lintas Kuala Tungkal-Jambi Desa Muntialo Rt 01, Kecamatan Betara,Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kamis(27/08/20)

Dua kendaraan itu ringsek, dan pengendara Roda dua lukaparah."Belum diketahui adanya korban jiwa dalam peristiwa tersebut namun kondisi pengemudi dan penumpang kendaraan roda dua mengalami luka parah.
Saat ini korban telah di evakuasi oleh warga sekitar.

Saat ini pihak Satlantas Polres Tanjung Jabung Barat lagi melakukan olah TKP dan suasana lalu lintas lancar terkendali.

Saat di konfirmasi ke Satlantas Polres Tanjabbar, belum bisa memberi penjelasan karena petugas masih di TKP.

"Sekarang anggota masih di lapangan," timpal Kasat Lantas. (Sabri)

Ada 24 Orang Positif Corona Bersama Anies Baswedan dan Riza Patria

JAKARTA - Sebanyak 24 orang yang memiliki kontak erat dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dinyatakan positif Corona. Hal itu diketahui setelah Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta melakukan tracing atau penelusuran.

Anies terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil tes usap PCR yang keluar pada Selasa (1/12) dini hari. Anies melaksanakan tes PCR di Balai Kota, Senin (30/11) siang. Sementara itu, Wagub Ahmad Riza Patria lebih dahulu dinyatakan positif Corona. Riza Patria terkonfirmasi positif Corona pada Jumat (27/11) lalu.