Minggu, Januari 17, 2021

Sriwijaya Air Wajib Ganti Rugi Rp1,25 M per Penumpang SJ182

JAKARTA - Keluarga korban kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182 berhak atas ganti rugi dari pihak maskapai. Hal tersebut mengacu pada Pasal 141 ayat (1)...

Besok Divaksin, Begini Kondisi Kesehatan Jokowi

JAKARTA - Sekretariat Presiden memastikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjalani vaksinasi Covid-19 pada Rabu (13/1) besok di Istana Kepresidenan Jakarta....

Ini Pertimbangan Hakim Tolak Praperadilan Habib Rizieq

JAKARTA - Hakim Akhmad Sahyuti menolak gugatan praperadilan yang diajukan Habib Rizieq Shihab terkait penetapan tersangka kasus pelanggaran kekarantinaan kesehatan dan penghasutan kerumunan di Petamburan, Tanah...

BREAKING NEWS:Black Box Sriwijaya Air SJ182 Ditemukan!

JAKARTA - Black box atau kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ182 ditemukan. Kotak hitam itu kemudian dibawa ke daratan. Seperti dikutip dari Antara,...

Technology

Terbaru! Ini Jadwal Libur Natal & Tahun Baru 2021

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang PMK Muhadjir Effendi mengungkapkan pemerintah memutuskan untuk memangkas libur akhir tahun dan cuti bersama Desember 2020.

Berikut jadwal terbaru libur akhir tahun, Natal dan Tahun Baru 2020, 24 Desember 2020 (Kamis) Libur Cuti Bersama  Natal ,25 Desember 2020 (Jumat) Libur Natal , 28 Desember 2020 (Senin) Masuk , 29 Desember 2020 (Selasa) Masuk, 30 Desember 2020 (Rabu), Masuk 31 Desember 2020 (Kamis), Libur Pengganti Idul Fitri 2020, 1 Januari 2021 (Jumat) : Libur Tahun Baru 2021.

- Advertisement -

Walikota Jambi: Kepala Puskesmas Bisanya Jangan Cuma Merintah

KOTA JAMBI - Berdasarkan laporan, sejumlah Kepala Puskesmas hanya mau memberikan perintah ataupun arahan kepada tenaga medis yang bertugas. Apabila telah ditemukan pasien suspect Covid-19 berdasarkan pemeriksaan awal.

Walikota Jambi Syarif Fasha secara tegas meminta seluruh kepala Puskesmas untuk terjun langsung menangani pasien yang terindikasi terpapar Covid-19 berdasarkan pemeriksaan awal.

Ardy Daud Titip 3 Pesan Kepada Bupati/walikota Se Provinsi Jambi

JAMBI (SR28) - Penjabat sementara (Pjs) Gubernur Jambi, Restuardy Daud, menitipkan 3 pesan kepada Bupati/Walikota yang perlu mendapatkan perhatian lebih dan menjadi fokus bagi Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi pada tahun 2020, yaitu: lebih meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik, menyukseskan pilkada serentak di Provinsi Jambi dan lebih meningkatkan upaya pencegahan dan penanganan covid-19.

Hal tersebut disampaikan Ardy Daud saat memimpin Rapat Koordinasi Pemilihan Kepala Daerah (Rakor Pilkada) Serentak dan Penanganan Covid-19 bersama Bupati/Walikota se Provinsi Jambi melalui Video Conference (Vidcon), yang berlangsung di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jumat (09/10).

"Dalam meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik, ada beberapa hal yang menjadi fokus kita bersama untuk saat ini yaitu, terkait ketentraman dan ketertiban umum menyikapi penetapan undang undang cipta kerja yang dalam 3 hari terakhir menjadi perhatian publik dengan adanya aksi unjuk rasa secara paralel di 5 Daerah yaitu Kota Jambi, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Merangin, Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh", ujar Ardy Daud.

"Kondisi ini menyebabkan terjadinya gejolak pada ketentraman dan ketertiban umum karena adanya disinformasi antara apa yang tertera dalam undang undang dengan yang beredar luas ditengah tengah masyarakat. Undang undang ini sebenarnya untuk menjawab kebutuhan yang ada pada masyarakat, guna menciptakan lapangan kerja, sehingga bukan hanya bagi para pekerja tetapi juga bagi para pencari kerja," tambah Ardy Daud.

Ardy Daud mengatakan, terkait pelaksanaan APBD Tahun 2020 dan penyusunan rancangan APBD Tahun 2021, yang mana sebagian besar sudah melaksanakan perubahan APBD 2020 serta sedang melakukan penyusunan untuk APBD 2021. Untuk APBD 2020, berdasarkan surat dari Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri, masih ada 2 Kabupaten yang serapan anggarannya masih pada kisaran 32 - 36 persen, sehingga memerlukan tindak lanjut dalam mempercepat realisasi anggaran APBD 2020 dengan mendorong kegiatan yang belum terlaksana dan menentukan prioritas sesuai kondisi daerah.

"Selain itu, kita juga harus turut membantu dalam melakukan pemulihan ekonomi nasional dengan menentukan kebijakan prioritas guna mendukung sektor sektor yang sangat terdampak covid-19 dan lebih mengoptimalkan dana Desa yang ada karena menjadi salah satu instrument untuk menstimulus pemulihan ekonomi, sehingga perekonomian Provinsi Jambi secara perlahan meningkat dan ditengah pandemi covid-19," kata Ardy Daud.

Selanjutnya, Ardy Daud mengajak seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi untuk mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan pilkada serentak pada tanggal 09 Desember 2020, yang mana saat ini telah memasuki masa kampanye. Berdasarkan evaluasi dari Pemerintah Pusat, untuk minggu pertama tahapan kampanye di Provinsi Jambi berjalan dengan aman dan tertib, meskipun masih terdapat pelanggaran kampanye tapi masih dalam tingkatan yang rendah.

"Saya minta dukungan dari seluruh Bupati/Walikota dalam penyelenggaraan pilkada serentak ini, karena ada beberapa rangkaian kegiatan yang melakukan mobilisasi besar seperti pendistribusian logistik dan uji rapid test kepada petugas KPPS sebanyak lebih kurang 67 ribu orang," kata Ardy Daud.

Ardy Daud mengungkapkan, dalam hal pencegahan dan penanganan covid-19 yang masih melanda Provinsi Jambi, sangat membutuhkan dukungan bersama karena berdasarkan data per tanggal 08 Oktober 2020 untuk Provinsi Jambi, pasien positif covid-19 semakin meningkat setiap harinya dan menjadi catatan bagi semuanya.

"Hal ini tentunya menjadi catatan tersendiri, dengan semakin meningkatnya pasien positif covid-19 setiap harinya, harus juga dibarengi dengan aspek Penanganan ya seperti menambah tempat bagi pasien positif covid-19, baik itu yang ada gejala maupun yang tanpa gejala," ungkap Ardy Daud.

Ardy Daud mengajak seluruh Bupati/Walikota se Provinsi Jambi untuk menjadi pionir dalam memberikan contoh kepada masyarakat, agar lebih peduli dengan pandemi Covid-19 sebagai hal yang sangat serius. "Kita harus memberikan edukasi kepada masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan yaitu dengan selalu mengingat 3M (Menggunakan masker, Mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, serta Menjaga jarak)," ajak Ardy Daud.

Pada kesempatan tersebut, Bupati/Walikota se Provinsi Jambi melaporkan perkembangan daerahnya masing masing kepada Pjs.Gubernur Jambi.

Bupati Safrial Hadiri Peresmian Mushola Fakultas Perternakan Universitas Jambi

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat DR. Ir. H.Safrial yang juga merupakan civitas akedemika dan Alumni Fakultas Pertenakan Universitas Jambi (UNJA) menghadiri acara Peresmian Musholla Fakultas Perternakan Universitas Jambi, Selasa (11/08). Peresmian musholla ditandai dengan pengguntingan pita oleh Safrial.

Dalam peresmian mushola ini juga turut dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Jambi Prof. Drs. Sutrisno, M. Si, para Dekan Kampus, Dosen, Anggota Komis III DPRD Provinsi Ahmad Fauzi, serta Mahasiswa Fakultas perternakan Universitas Jambi.

Bupati Safrial dalam sambutannya menyampaikan mushola sangat penting terutama sebagai sarana ibadah kepada Allah SWT. Menurutnya, selain bekal ilmu pengetahuan dan teknologi, generasi muda juga perlu dibekali dengan iman dan taqwa.

"Kami di Tanjab Barat, juga berupaya menciptakan generasi muda yang tidak hanya berilmu pengetahuan dan Teknologi (Iptek), namun juga dibekali Iman Taqwa (Imtaq)," ujar Safrial saat berikan sambutan.

Safrial juga mengajak kepada Alumni Fakultas Peternakan Universitas Jambi untuk mengajarkan generasi muda tidak takut berkecimpung dalam dunia peternakan. Lebih lanjut, Safrial juga sampaikan terkait adanya program hibah ternak yang menurutnya perlu adanya kerjasama dengan Fakultas Peternakan dalam pelaksanaannya

."Kami sekarang ada Program Hibah Ternak, keinginan saya fakultas perternakan terlibat dalam hal itu, karena dampaknya cukup bagus.”Ini akan kami hibah ke Bumdes dan Petani sebagai upaya Pemkab dalam  mendorong ketahanan pangan Tanjab Barat," tandas Safrial.

Sementara itu diwaktu yang berbeda dan ditempat yang sama Rektor Unja Prof. Drs. Sutrisno, M. Si dalam sambutan nya mengucapkan terima kasih  dan apresiasi  Kepada para Alumni Fakultas Peternakan atas atas partisipasi dan kontribusi dalam Pembangunan Mushola.

Sejalan dengan Bupati, menurutnya sarana ibadah seperti musholla, merupakan hal penting dalam rangka pembentukan moral generasi muda.

Dalam kesempatan ini, Bupati Tanjab Barat juga menyerahkan bantuan guna penyelesaian pembangunan musholla Fakultas Peternakan Universitas Jambi. (Sabri)

Eksklusif!!! Ingin Instansi/Perusahaanmu Show Up Dalam Bentuk Podcast? Yuk Cek Disini

JAMBI(SR28)- Sebagai salah satu media yang concern menjadi TV Online dengan basis produksi di Provinsi Jambi, JAMBI28TV terus memberikan layanan tontonan yang  bersifat edukatif dan kekinian. Dipenghujung tahun 2020 ini misalnya, redaksi JAMBI28TV memilih fokus pada siaran Podcast sebagai layanan yang bersifat by request dari stakeholder/mitra maupun spesial undangan dari redaksi.

Hal tersebut dilatarbelangi dari suksesnya beberapa kali podcast maupun talkshow yang telah digelar sebelumnya. Minat warganet tampak sangat antusias dengan sajian yang bersifat ting-tong tersebut.

"JAMBI28TV sudah beberapa kali menggelar podcast dan kami merasakan betul respon dari masyarakat sangat positif. Nampaknya masyarakat kita sangat senang melihat siaran yang singkat, padat serta punya daya gali terhadap informasi yang mendalam" ungkap Muhammad Sidik, Pimred JAMBI28TV (Kamis 3 Desember 2020)

Sidik juga menyebut, jika JAMBI28TV kedepan memposisikan diri sebagai wadah bagi seluruh elemen masyarakat untuk bisa berpartisipasi aktif dalam panggung digital ini.

"Tren saat ini saluran informasi utama masyarakat sudah banyak yang melekat pada Handpohone mereka. Sehingga media TV online seperti kami pikir menjadi layanan yan tepat sebagai wadah penyaluran informasi kepada masyarakat. Salah satu produk layanan kami kedepan adalah kami mempersilahkan kepada siapapun baik Pemerintahan maupun swasta serta kelompok sosial untuk bisa mengisi ruang-ruang saluran informasi dengan bentuk Podcast. Alat kami semua lengkap, sehingga siap untuk berkolaborasi dengan siapapun"tambahnya

Untuk diketahui, pada 1 Desember 2020 kemarin, JAMBI28TV telah memberikan surat undangan kepada seluruh instansi dilevel Pemerintah Provinsi Jambi. JAMBI28TV melihat capaian yang dilakukan oleh setiap instansi sangat baik jika terkomunikaskan secara utuh kepada masyarakat dengan format yang paling udah untuk diakses.

Latest News

Tak Layak Masuk Dalam Pemiliharaan, Aktivis Endus Dugaan Korupsi Uang Negara Di Pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tanjabbar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Terkait hasil kerja pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tingkat Provinsi Jambi yang berada di Desa Tungkal 1 (Satu)...

Di Akhir Jabatannya, Bupati Safrial Resmikan Proyek Fisik Infrastruktur 2016-2020

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr. Ir.H.Safrial didampingi Wabup Drs. H. Amir Sakib, Senin (11/01/21) kemarin di Laman Orang...

Yuk Intip, Ini Daftar Kekayaan 5 calon Kapolri

JAKARTA (SR28)- Perrgantian Kapolri direncanakan akan rampung pada akhir Januari 2021 ini. Sederet nama pun mulai muncul ke publik, mulai dari petinggi...

Nelayan Melihat Pesawat Jatuh Saat Hujan Deras di Sekitar Lokasi Jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182

JAKARTA - Berdasarkan informasi dari Kepala Seksi Pemerintahan dan Transit Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Surachman mengatakan, nelayan Pulau Lancang mendengar ledakan di...

LSM Petisi: Hasil Kerja Pembangunan Sarana Dan Prasarana MTQ Didesa Tungkal 1 Tanggung Jawab PPK-PPTK

KUALA TUNGKAL (SR28) – Terkait hasil kerja pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tingkat Provinsi Jambi yang berada di Desa Tungkal 1 Kecamatan...

Music

Puluhan Kilogram Sabu Dan Ribuan PIL Ekstasi Dikremasi

MUARO JAMBI - Puluhan Kilogram narkotika jenis Sabu dan ribuan butir pol ekstasi hasil penindakan Direktorat Narkoba Polda Jambi selama dua bulan terakhir dimusnahkan dengan cara dibakar yakni di kremasi di pondok Meja, Muaro Jambi, Jambi. Pemusnahan barang bukti narkotika tersbeut merupakan barang bukti dari 22 tersangka yang berhasil diamankan Polda Jambi saat berupaya menyelundupkan narkoba ke Jambi.

Bupati Tanjabbar Sampaikan Pengantar Laporan Pertanggungjawaban APBD 2019

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr Safrial sampaikan nota pengantar penyampaian laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2019 pada Rapat Paripurna Pertama DPRD Tanjab Barat yang diselenggarakan di ruang rapat paripurna, Selasa (14/07/20).

Mengawali sambutannya, Safrial sampaikan perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat telah di peroleh dua tahun berturut-turut. Lanjutnya, perolehan opini WTP ini berdampak pada bertambahnya penerimaan daerah berupa Dana Intensif Daerah (DID). "Mudah-mudahan dana insentif tersebut di tahun 2021 atas perolehan opini WTP tahun 2019 dapat kita peroleh kembali dengan nilai yang lebih besar dari tahun sebelumnya," ucap Safrial.

Bupati mengatakan, walaupun LKPD tahun 2019 sudah memperoleh opini WTP, namun masih terdapat beberapa catatan BPK yang perlu mendapat perhatian dan tidak lanjut yang tidak signifikan berpengaruh terhadap opini atas laporan keuangan tahun 2019. Permasalahan tersebut, lanjutnya, meliputi sistem pengendalian intern dan kepatuhan terhadap perundang-undangan.Untuk itu kami sedang dan telah melakukan langkah-langkah konkrit untuk menyelesaikan permasalahan tersebut agar opini di masa yang akan datang dapat dipertahankan dan dengan harapan lebih baik dari tahun sebelumnya," jelasnya.

Safrial menyebutkan, laporan keuangan yang telah di audit tersebut, diharapkan dapat dipergunakan sebagai bahan evaluasi atas kinerja keuangan pemerintah daerah, baik oleh internal pemerintah daerah maupun oleh eksternal pemerintah daerah.

"Bagi internal pemerintah daerah, hasil evaluasi digunakan untuk melakukan perbaikan atau peningkatan kinerja yang belum optimal pada tahun berikutnya, sehingga apa yang direncanakan pemerintah dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) diharapkan dapat dicapai sesuai target yang telah ditetapkan," terangnya.

Sedangkan bagi pihak eksternal pemerintah daerah, katanya menambahkan, laporan keuangan tersebut menjadi pertanggungjawaban pemerintah daerah atas pelaksanaan keuangan. Sekaligus menjadi dasar bagi berbagai pihak untuk memberikan masukan ataupun saran kepada pemerintah daerah atas pelaksanaan pembangunan.

"Apakah sudah sesuai dengan visi misi serta program yang telah ditetapkan dalam RPJMD, khususnya program yang langsung bisa rasakan oleh masyarakat Tanjung Jabung Barat," tuturnya.

Safrial berharap, hal ini dapat berguna untuk menentukan arah kebijakan Umum Kabupaten Tanjung Jabung Barat lebih baik untuk masa yang akan datang.

"Semoga kita semua selalu diberikan kekuatan oleh Allah subhanahu wa taala untuk melanjutkan amanah yang dipercayakan kepada kita, demi terwujudnya Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang maju adil makmur dan bermartabat,"pungkasnya.

Rapat Paripurna pertama ini diakhiri dengan penandatanganan nota kesepakatan tentang persetujuan Raperda diluar Propemperda yaitu tentang penegakan protokol kesehatan Covid 19 yang disaksikan peserta rapat. (Sabri)

KPU Ingatkan Paslon Untuk Lengkapi SK Pengunduran Diri Bila Tidak Akan Dicoret

KUALA TUNGKAL (SR28) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjab Barat sebagai penyelenggara Pilkada 2020 ingatkan Pasangan Calon (Paslon) Pilkada Kabupaten Tanjab Barat untuk segra siapkan Surat keputusan (SK) pemberhentian  instansi tempat Paslon  bekerja, 5 hari sebelum penetapan calon, atau 30 hari sebelum hari H pencoblosan.

Hal itu telah tertuang dalam Peraturan KPU RI Nomor 1 tahun 2019, dimana  anggota TNI, Polri, PNS/ASN, Anggota DPRD, Kepala Desa, Perangkat Desa serta instansi pemerintah lainnya yang ikut sebagai peserta dalam pemelihan kepala Daerah (Pilkada) wajib mengundurkan diri.

Ketua KPU Khairuddin melalui Komisioner KPU Tanjab Barat Divisi Teknis Peyelenggaraan, M Taufik menjelaskan, peserta wajib menyatakan secara tertulis pengunduran diri sebagai anggota TNI, Polri, PNS/ASN, kepala desa atau perangkat desa sejak ditetapkan sebagai pasangan calon bupati dan wakil Bupati.

"Hal itu tertuang dalam aturan," ujar Taufik.

Lebih tegas Taufik mengingatkan kepada peserta Pilkada Kabupaten Tanjab Barat 2020.

"Peserta Pilkada wajib melampirkan surat pengundurkan diri dan surat keterangan tidak lagi bekerja di instansi pemerintahan dan DPRD,DPR Provinsi,dengan menyerahkan berkas pengunduran dirinya ke KPU setidaknya 5 hari sebelum penetapan calon," tegasTaufik.

Lanjut Taufik,"Jika dalam 30 Hari menjelang pencoblosan Paslon yang masih berstatus ASN ataupun Anggota Legislatif yang telah mendaftar  sebagai peserta Pilkada Tanjabbar tidak menyerahkan SK pemberhentian dari instansi terkait maka KPU dengan tegas mencoret Daftar nama yang bersangkutan dalam pendaftaran sebagi paslon pilkada 2020 mendatang dan tidak boleh diganti."Jika peserta hingga waktu yang ditetapkan tidak menyerahkan surat pengunduran diri dan bukti lainnya maka paslon tersebut akan di coret," tambah Taufik.

Untuk itu, pihaknya kembali mengingatkan kepada peserta Paslon Pilkada Kabupaten Tanjab Barat agar menyiapkan berkas yang menjadi syarat sah tahapan Pilkada secepatnya. (Sabri)

Segera Atasi Pencemaran Sungai Batanghari

JAMBI - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI meminta pemerintah Provinsi Jambi untuk serius menangani pencemaran air sungai Batanghari demi kelangsungan ekosistem dan kehidupan.

Jokowi Resmi Tandatangani UU Cipta Kerja

JAMBI (SR28) Upaya demonstrasi jutaan mahasiswa, buruh, LSM, se-Indonesia kian menemui kebuntuan solusi. Pasalnya meski telah didemo hampir seluruh kabupaten/kota ditanah air, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akhirnya tetap menandatangani RUU Cipta Kerja pada hari Senin (2 November 2020).

Jokowi resmi menandatangani RUU tersebut dalam UU No 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja dengan nomor lembar negara 245 dan terdiri dari 1187 halaman dan  Tambahan Lembar Negara (TLN) 6673.

UU ini memuat 11 klaster, 15 bab, 186 pasal, dan merevisi 77 undang-undang yang dibahas sejak April hingga Oktober oleh Badan Legislasi (Baleg) DPR dan pemerintah.

Sejak ditandantangani, salinan UU tersebut sudah dapat diunduh melalui link resmi Pemerintah berikut.

https://jdih.setneg.go.id/Terbaru

Culture

- Advertisement -

Polda Jambi Persiapkan Langkah Pengamanan Pilkada Serentak 2020

JAMBI - Kepolisian Daerah Jambi menggelar rapat koordinasi Operasi Mantap Praja 2020 bersama Pemprov Jambi terkait guna mempersiapkan langkah pengamanan Pilkada serentak 9 Desember mendatang yang digelar ditengah pandemi.

Langgar Protokol Kesehatan, 20 Orang Warga Langsung Kena Sanksi

JAMBI28TV - Puluhan masyarakat Kota Jambi terjaring operasi Yustisi penerapan protokol kesehatan di jalan raya. Setidaknya, ada 20 orang warga yang akhirnya digelandang untuk mendapatkan sanksi lantaran tak menggunakan masker.

Nonton berita menarik lainnya di JAMBI28.TV

Toko Karpet Hangus Terbakar

KOTA JAMBI (SR28) - Kebakaran hebat melanda sebuah ruko yang menjual aneka karpet dan plastik di kawasan gang siku, Pasar, Kota Jambi. Meski tak sampai merembet ke bangunan lainnya, tapi apo sulit dipadamkan, lantaran banyaknya material mudah terbakar yang ada di toko tersebut.

Kebakaran hanguskan sebuah ruko di gang Siku, Kota Jambi
- Advertisement -

Must Read

Rapat Pleno KPU Tanjab Barat Pastikan Tiga Paslon Sahabat Maju Pilbub Tanjab Barat

KUALA TUNGKAL (SR28) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjab Barat menggelar rapat pleno penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat tahun 2020 di Aula Kantor KPU Tanjab Barat, Rabu (23/9).

Ketua KPU Tanjab Barat, Hairuddin menjelaskan dari hasil rapat pleno tersebut sebanyak tiga bakal pasangan calon (Balon) ditetapkan dan di pastikan sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tanjab Barat periode 2021-2024 yang dinyatakan memenuhi persyaratan untuk mengikuti Pilkada serentak 2020.

"Tiga pasangan bakal calon Bupati dan wakil bupati yang ditetapkan adalah, pasangan Muklis-Supardi,pasangan Anwar Sadat-Hairan, dan
pasangan Mulyani Siregar-M Amin sebagai pasangan calon Bupati dan wakil bupati Tanjab Barat pada Pilkada 2020," ujar Ketua KPU.

Usai ditetapkan, KPU bakal menggelar tahapan pengundian nomor urut pada hari Kamis (24/09) mendatang yang rencananya di lakukan di aula Tungkal Hotel, Jalan Panglima Camar, Kec. Tungkal Ilir,pelaksanaan pengundian bakal mengedepankan dengan protokol kesehatan dengan membatasi jumlah peserta yang hadir saat penetapan.

"Yang boleh masuk adalah pasangan kandidat, perwakilan tim kampanye, dan  LO Partai Koalisi," ujarnya. (Sabri)

Gudang Penampungan Minyak Hangus Terbakar

KOTA JAMBI (SR28) - Kebakaran hebat melanda sebuah gudang pnampungan minyak yang diduga ilegal. Selain membakar satu minibus dan satu truk, api juga membakar sebuah rumah dan gudang rotan yang berada di sebelahnya.

DPRD Tebo Gelar Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-21 Kabupaten Tebo

TEBO (SR28) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tebo menggelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tebo yang Ke- 21 di Aula Utama Gedung DPRD Tebo, Senin (12/10/2020).

Rapat paripurna istimewa dipimpin langsung oleh Ketua DPRD, Mazlan, S. Kom. Dalam sambutannya Ketua DPRD Tebo menyampaikan ucapan Selamat Ulang Tahun untuk Kabupaten Tebo yang ke 21.

"Dengan meneladani semangat para pendiri kabupaten Tebo, jadikanlah hari bersejarah ini sebagai momentum bekerja lebih giat lagi untuk membangun kabupaten tebo tercinta," ujar Ketua DPRD.

Sidang paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD, Mazlan, S. Kom

Pada kesempatan ini, Bupati Tebo, Dr. H. Sukandar, S. Kom. M. Si. menyampaikan pencapaian pembangunan dan prestasi yang telah diraih Kabupaten Tebo selama 21 Tahun berdiri pada Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Tebo.

Capaian pembangunan tersebut disampaikan Bupati Sukandar dimulai dari pertumbuh ekonomi Kabupaten Tebo dan tingkat kesejahteraan masyarakat yang ditandai menurunnya tingkat kemiskinan.

"Dari pertama berdirinya, Kabupaten Tebo terus berbenah dari yang minim sarana prasarana pembangunan kepada posisi kesejahteraan yang baik. Ditandai Tahun 2019 angka pertumbuhan ekonomi berada di 4, 78%. Kemudian data BPS menunjukkan 5 Tahun terakhir angka kemiskinan menurun dari 7, 11 % pada 2015 menjadi 6,47 % pada 2019" ujar bupati.

Bupati Tebo, Sukandar saat menyampaikan sambutan

Untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Bupati Sukandar memaparkan upaya Pemerintah Kabupaten Tebo dengan mendorong sektor strategis, penguatan ketahanan pangan dan peningkatan produksi pertanian serta membangun jaringan infrastruktur yang mendorong stimulasi ekonomi.

Bupati Sukandar juga memaparkan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang dapat dilihat dari Indeks Pembangunan Manusia yang meningkat dari 68, 67% pada tahun 2018 menjadi 69,02 pada tahun 2019. IPM tersebut dicapai dengan usaha perbaikan di bidang pendidikan, kesehatan dan teknologi.

Paripurna berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan

Diakhir sambutannya, meskipun perayaan HUT Kabupaten Tebo ditengah pandemi, Bupati Sukandar mengajak untuk tidak menyurutkan semangat dalam membangun.

Kemudian bupati juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para pendiri dan penggagas serta para bupati dan wabup yang telah memimpin sebelumnya sehingga rangkaian pembangunan dapat terlaksana pada hari ini.

"Kita tahu, proses pembangunan merupakan suatu yang berkelanjutan dan saling berkaitan dari awal berdiri. Saya atas nama pribadi dan pemerintah mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pemimpin terdahulu." ujarnya.

Penyerahan dokumen antara DPRD Tebo dan Bupati tebo

Adapun kegiatan yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan tersebut juga dilakukan penyerahan bonus kepada Desa dan Kecamatan yang berprestasi dalam Pajak PBB Tahun 2019.

Penyerahan bonus kepada Desa oleh Bupati Sukandar

Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Syahlan SH beserta istri, Anggota DPR RI Hj. Saniatul Lativa SE MM., Anggota DPRD Provinsi Dapil BUTE, Unsur Forkopimda beserta istri, Sekda, Staf Ahli Bupati dan Asisten Sekda, Kepala OPD, Bagian Setda, Ketua MUI dan LAM serta Instansi Vertikal. (Tim Liputan).

Bupati Tanjabbar Ajak Masyarakat Sukseskan Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H.Safrial, M.S mengajak masyarakat ikut serta dalam mensukseskan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020. Hal itu disampaikan dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dalam kegiatan Deklarasi kampanye damai pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang diselenggarakan di Balai Pertemuan Kantor Bupati, Sabtu (26/09).

Lebih lanjut, sekda juga ingatkan terkait masa kampanye yang merupakan salah satu tahapan pemilihan serentak tahun 2020 dalam masa pandemi. Selain tahapan paling semarak, menurutnya masa kampanye juga rawan terhadap penyebaran covid 19 di karenakan melibatkan banyak orang.

"Oleh sebab itu saya mengajak semua pihak yang terlibat pada saat kampanye dilaksanakan wajib melaksanakan protokol kesehatan covid 19, untuk mencegah penularan pandemi covid 19 kepada orang lain," ajaknya.

Sekda juga menghibau kepada semua pihak untuk senantiasa menjaga sikap, perkataan, dan etika, serta selalu menjaga persatu dan ketenteraman masyarakat di daerah kita, jangan mudah terpengaruh dan terprovokasi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, dan yang perlu di ingat, pilihan boleh tidak sama, tetapi persatuan dan kesatuan bangsa harus tetap terjaga.

Sekda juga berharap peserta Pilkada  dapat berkampanye secara simpatik dengan menawarkan visi, misi dan program-program dengan cara yang sopan, saling menghormati, tidak menghasut, tidak saling memojokkan baik individu maupun pasangan calon, serta selalu mengedepankan etika dan moral politik yang mencerminkan kepribadian bangsa yang berbudaya dan beragama.

"Jadikanlah kegiatan kampanye ini sebagai proses pendidikan politik bagi masyarakat, agar masyarakat lebih menyadari akan hak dan kewajibannya dalam berdemokrasi," ujar Sekda.

Dalam kesempatan yang sama, sekda bersama jajaran Forkompimda, Ketua dan anggota KPU, ketua dan anggota Bawaslu, saksikan penandatanganani deklarasi kampanye damai pemilihan bupati dan wakil bupati kabupaten tanjung jabung barat 2020 oleh paslon Bupati/Wakil Bupati Tanjab Barat. (Sabri)

Gokil! China Punya Matahari Buatan, 10 Kali Lebih Panas

JAMBI - China sukses menyalakan 'Matahari' buatan, menandai perkembangan tenaga nuklir Negeri Tirai Bambu. China punya penelitian fusi nuklir yang menciptakan reaktor HL-2M atau Matahari buatan.

Mengapa julukannya demikian? Sebab, reaktor tersebut menggunakan medan magnet kuat yang mengombinasikan plasma panas sehingga suhunya melampaui 150 juta derajat Celcius. Suhu itu, 10 kali lebih panas dari inti Matahari.

Asrama Balai Diklat BPSDM Provinsi Jambi Siap Jadi Tempat Isolasi

JAMBI (SR28) - Gedung asrama Balai Diklat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jambi sudah siap untuk menampung pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Jambi. Khususnya bagi pasien dengan status orang tanpa gejala (OTG).

Lifestyle Magazine

Fachrori Dorong Ekonomi Kerakyatan Melalui Peremajaan Sawit Rakyat

BATANGHARI (SR28) - Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengemukakan, perkebunan sawit memiliki potensi yang cukup besar di Provinsi Jambi, yang merupakan bagian dari aset serta modal dasar bagi pembangunan ekonomi masyarakat dalam mensejahterakan masyarakat. Sejalan dengan hal tersebut, Fachrori mendukung dan mendorong ekonomi kerakyatan, salah satunya melalui replanting (peremajaan) sawit rakyat. Hal itu dikemukakannya dalam Pembukaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) KUD Barokah Tahun Buku 2019 dan Penanaman Perdana Peremajaan/Replanting Kelapa Sawit Anggota KUD Barokah Desa Karya Mukti Kecamatan Muaro Sebo Ilir Kabupaten Batanghari, Senin (20/07/2020.)

Sebelumnya, Gubernur Jambi yang didampingi Bupati Batanghari Syahirsyah dan Wakil Ketua DPRD Batanghari Yunita Asmara melakukan penanaman kelapa sawit secara simbolis, peremajaan sawit rakyat seluas 212 hektar, bantuan Badan Pengelolaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Fachrori menyampaikan, RAT dipadukan dengan penanaman peremajaan kelapa sawit, cerminan bahwa seluruh pengurus KUD Barokah telah berusaha menfasilitasi kepentingan anggotanya untuk kelanjutan usaha perkebunan kelapa sawit untuk jangka panjang.

Fachrori menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada ketua dan seluruh jajaran Koperasi Barokah yang telah berhasil mengharumkan nama Provinsi Jambi di tingkat nasional, yang telah berhasil menjadi koperasi berprestasi di tinggkat nasional tahun 2020.”Iini bisa menjadi motivasi bagi para pengurus koperasi lainnya yang ada di Provinsi Jambi, untuk senantiasa berinovasi dalam melaksanakan kegiatan koperasi, dengan tujuan kita bersama agar perekonomian masyarakat dapat meningkat,” ujar Fachrori.

“Perkembangan koperasi di Provinsi Jambi saat ini cukup menggembirakan, terlihat dari jumlah masyarakat yang menjadi anggota koperasi dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan, tetapi belum diikuti dengan kualitas, dapat terlihat dari data jumlah koperasi tahun 2020 posisi per 30 Juni 2020, sebanyak 3.652 unit yang terdiri dari 2.126 koperasi aktif dan 1.526 koperasi tidak aktif. Koperasi aktif yang bisa melaksanakan rapat tahunan baru mencapai 652 unit koperasi baru mencapai 24 persen. Ini tantangan bagi kita semua, baik pemerintah daerah maupun pemangku kepentingan yang terlibat dalam sektor perkoperasian,” ungkap Fachrori.

Selain itu, Fachrori mengimbau seluruh pemangku kepentingan koperasi dan UMKM di provinsi maupun kabupaten/kota se Provinsi Jambi untuk dapat memberikan pendampingan dan pelayanan kepada masyarakat yang akan mendirikan koperasi. ”Pada saat ini, pemerintah memberikan kemudahan, dimana proses pelayanan akan dilakukan secara online, jika persyaratannya sudah lengkap, paling lama 3 hari nomor Badan Hukum dan Nomor Induk Koperasi (NIK) sudah diterbitkan,” kata Fachrori.

“Sejalan dengan implementasi Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, pengesahan Badan Hukum Koperasi dilakukan oleh Kepala daerah, untuk sekarang ini pengesahan Badan Hukum Koperasi dilakukan oleh Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia melalui sistem Administrasi Badan Hukum,” tutur Fachrori.

Sebelumnya, Bupati Batanghari Ir.H.Syahirsyah.Sy menyampaikan, penanaman perdana kelapa sawit petani anggota KUD Barokah sebagai peremajaan kebun sawit rakyat yang difasilitasi oleh Dinas Perkebunan Kabupaten dan Provinsi Jambi dengan mengunakan anggaran APBN, yang sepenuhnya dipergunakan sebagai replanting sawit yang perlu didukung sepenuhnya agar para petani bisa menjadi petani mandiri yang bukan tergantung dengan perusahan-perusahan besar.

Selain itu, Syahirsyah minta para petani bisa mendirikan pabrik kelapa sawit di Kabupaten Batanghari. ”Melalui koperasi, kita bisa berkerjasama untuk mendirikan pabrik kelapa sawit, dengan adanya pabrik bisa menopang perekonomian masyarakat,” pungkas Syarhirsyah.

Sementara itu, Ketua KUD Barokah Rafles menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Gubernur Jambi berserta rombongan atas penanaman perdana kebun kelapa sawit, guna meningkatkan pendapatan masyarakat sebagai peningkatan ekonomi masyarakat. Pada peremajaan tahap pertama seluas 212 hektar dan tahap kedua nanti seluas 334 hektar yang berkerja sama dengan PT Sentia Abadi selaku kontraktor pengerjaan. (Muhammad Sidik)

Puluhan Kilogram Sabu Dan Ribuan PIL Ekstasi Dikremasi

MUARO JAMBI - Puluhan Kilogram narkotika jenis Sabu dan ribuan butir pol ekstasi hasil penindakan Direktorat Narkoba Polda Jambi selama dua bulan terakhir dimusnahkan dengan cara dibakar yakni di kremasi di pondok Meja, Muaro Jambi, Jambi. Pemusnahan barang bukti narkotika tersbeut merupakan barang bukti dari 22 tersangka yang berhasil diamankan Polda Jambi saat berupaya menyelundupkan narkoba ke Jambi.

Breaking News!!! Partai Gelora Resmi Dukung Fachrori-Syafril

JAMBI (SR28)- Teka-teki arah dukungan berbagai partai politik pada Pilgub Jambi 2020 semakin terjawab.  Kabar teranyar, muncul dari Partai Gelora. Tadi malam (Sabtu 5 September 2020), sejumlah petinggi  Partai Gelora disambut secara khusus oleh calon gubernur petahana H.Fachrori Umar dan calon wakilnya Irjen.Pol. Syafril Nursal di kediaman Fachrori Umar kawasan Tanggo Rajo Kota Jambi.

Pertemuan hangat Pengurus DPW Gelora Provinsi Jmabi bersama Fachrori-Syafril

Dalam perjamuan yang dimulai pukul 21.00 WIB tersebut, Partai Gelora menyampaikan resmi menyampaikan ihwal dukungan politiknya pada Pilgub 2020 ini. Secarik kertas bermap resmi Gelora yang berisi dukungan dari Dewan Pengurus Nasional resmi diserahkan oleh Mahyudi ke Fachrori Umar dan Syafril Nursal.

Penyerahan surat dukungan politik secara resmi Partai Gelora

Mahyudi yang dalam sela-sela perjamuan tersebut menyatakan komitmennya untuk menggerakkan simpul massa yang sudah dibangun selama 4 bulan terakhir.

"Kami sudah bulat memutuskan untuk mendukung Bapak (Fachrori Umar-Syafril Nursal) untuk kembali menjadi Gubernur 2021-2024 mendatang. Kami siap mengaktivasi semua komponen partai kami mulai dari wilayah hingga desa-desa untuk memenangkan pasangan FU-SN. Bismillah, kita sama-sama tancap gas" Ungkap Mahyudi dalam perjamuan tersebut.

Lembar dukungan resmi Partai Gelora untuk Pilgub Jambi

Fachrori Umar yang langsung menerima dukungan tersebut mengaku sangat berterima kasih pada Partai Gelora yang memberikan kejutan di last minutes Pilgub ini

"Terima kasih atas dukungannya, kami menjadi makin optimis untuk menang pada Pilgub tahun ini. Kami sangat menyambut dengan gembira bergabungnya Gelora dalam barisan pemenangan. Kolaborasi ini semoga tidak hanya dalam momen Pilgub Jambi 2020, namun juga kolaborasi jangka panjang"Ungkapnya

Direncanakan, hari ini Partai Gelora juga akan turut mengantarkan pendaftaran calon gubernur ke KPU Provinsi Jambi.

"Tim sudah kami siapjan untuk mengantar Pak FU-SN ke KPU. Semua dukungan mulai dari pendaftaran ke KPU hingga 9 desember mendatang sudah kami siapkan secara maksimal untuk memenangkan FU-SN" tutup Mahyudi.

Sekda Provinsi Jambi Pimpin Upacara Penurunan Bendera HUT RI ke 75

JAMBI (SR28)- Penurunan Bendera Merah Putih Berlangsung Berbeda Ditengah Pandemi Covid-19Jambi (Humas Pemprov Jambi) -  Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H.Sudirman bertindak Selaku Inspektur Upacara Penurunan Bendera Merah Putih pada Peringatan Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia Tingkat Provinsi Jambi, di Lapangan Kantor Gubernur Jambi, Senin (17/8/20) Sore.Pj.Sekda usai menjadi Inspektur Upacara Penurunan Bendera Merah Putih menyampaikan kondisi yang berbeda dari peringatan sebelumnya hal ini dikarenakan Pandemi Covid-19 namun tidak mengurangi rasa khidmat kemerdekaan yang diraih dengan pengorbanan harta maupun nyawa dari para pejuang,"Penaikan maupun penurunan bendera bagian dari upaya nasionalisme dan patriot kita namun tidak boleh mengabaikan kondisi yang sedang terjadi Covid-19," ungkap Pj.Sekda.Sesuai Instruksi Sekretaris Negara untuk pelaksanaan Upacara 17 Agustus dengan menerapkan standar protokol kesehatan covid-19 dengan pengurangan pasukan dan jumlah peserta upacara,"Sekretaris Negara sudah memberikan instruksi pelaksanaan untuk pengibaran bendera sesuai kondisi Covid-19, jadi peringatan 17 Agustus penaikan dan penurunan bendera tetap dilaksanakan namun standar protokol kesehatan juga harus dipenuhi," jelas Pj.Sekda.Terlihat petugas Paskibra tidak utuh seperti sediakala hanya empat untuk penaikan dan empat untuk penurunan yang secara keseluruhan berjumlah delapan orang biasanya ada pasukan 17, 8 dan 45 tapi karena Covid-19  tidak bisa dilaksanakan,"Tidak mengurangi rasa khidmat kita untuk 17 Agustus tahun ini, mudah-mudahan Indonesia lebih baik lagi juga Provinsi Jambi dan kita berharap kondisi keamanan tetap kondusif juga Covid-19 bisa berakhir di Bumi Nusantara," harap Pj.Sekda.Bertindak sebagai Komandan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih Mayor.Arm.Joneimir, SH, dengan Jabatan Komandan Koramil 415-10/Jambi Selatan dan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih mulai pukul 17.15 WIB serta penurunan bendera diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya

12 Pemda Hingga Satker Kementerian Terima DIPA Dan TKDD TA 2021

JAMBI - Adapun alokasi belanja kementerian lembaga untuk Provinsi Jambi sendiri dalam bentuk DIPA tahun anggaran 2021 dianggarkan sebesar Rp7,16 Triliun. Sedangkan dana transfer untuk tahun 2021 dialokasikan sebesar Rp13,62 Triliun.

Video News

- Advertisement -

Proyek Pengecatan Mess Tanjabbar di Provinsi Jambi Dikerjakan CV Siluman

KUALA TUNGKAL (SR28) – Proyek pengecatan Mess Tanjab Barat di Provinsi Jambi disoalkan aktivis di Tanjabbar. Pasalnya, dalam pengecatan proyek tersebut yang dikerjakan dengan sumber dana dari APBD Tanjab Barat  Tahun Anggaran 2020 tidak ada plang merek yang dipasang dilokasi pengecatan hingga diduga dikerjakan CV Siluman.

Yantok, seorang aktivis di Kuala Tungkal mengaku dirinya sudah mengecek proyek tersebut dilokasi pekerjaan pengecatan mess Tanjab Barat tersebut disana memang tidak ada Plang merek yang dipasang oleh pihak rekanan.

"Tidak ada plangmerek saat melaksanakan pekerjaan, padahal planng merek itu ada dalam kontrak namun seperti rekanan tersebut sengaja tidak diapasang,melihat itu kita menduga pekerjaan  itu dikerjakan CV Siluman," ungkap Yantok kepada SR28, Selasa (4/8/2020)

Selain itu kata Yantok, pihak rekanan yang mengerjakan proyek tersebut sangat tidak proffesional.

"Rekanan tidak proffesional, karena dari pantauan kita dilapangan sisa cat yang melekat di mess Tanjab Barat itu tidak dikerik atau pun di amplas dan langsung dicat saja oleh rekanan sehingga membuat hasilnya asal jadi saja dan proyek pengecatan ini juga sepertinya tanpa ada pengawasan," papar Yantok.

Tekait hal tersebut dirinya meminta kepada intsansi terkait untuk tidak memproses pembayaran proyek pengecatan tersebut karena hasil kerja yang tidak maksimal.

"Hasil kerjanya gak maksimal dan memang asal-asalan saja, kalau ini dibayarkan maka kita tidak akan segan-segan untuk melaporkan hal ini ke pihak penegak hukum," pungkasnya. (Sabri)

Pemkab Tanjab Barat Targetkan SAKIP 2020 Peroleh Nilai BB

KUALA TUNGKAL  (SR28)- Untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik sesuai agenda reformasi birokrasi, Pemkab Tanjab Barat mengikuti rapat koordinasi (rakor) dan evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) secara virtual di Balai Pertemuan Kantor Bupati Tanjab Barat, Kamis (10/9).

Rakor bersama Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) ini dipimpin langsung Bupati Dr. Ir. H. Safrial, MS dan diikuti oleh Tim SAKIP Kabupaten,  12 OPD sample evaluasi SAKIP, 15 OPD Sample evaluasi Reformasi Birokrasi, Tim Pelaksana Reformasi Birokrasi, Tim Asesor PMPRB Tanjab Barat dan OPD terkait pengisian LKE Pusat.

Bupati dalam paparannya mengungkapkan semua rekomendasi terkait Reformasi Birokrasi dan SAKIP oleh Kemenpan RB telah ditindaklanjuti seluruhnya dan progress tindak lanjut telah terpenuhi. Penyempurnaan mendasar juga telah dilakukan pada dokumen perencanaan dengan merevisi RPJMD Tanjab Barat 2016-2021 di tahun 2017."Evaluasi capaian kinerja juga dipimpin langsung oleh Bupati.

"Saya selenggarakan kegiatan ekspos capaian kinerja OPD terhadap RPJMD yang saya pimpin langsung," papar Safrial kepada tim evaluator Kemenpan RB.

Selanjutnya Bupati Safrial juga memaparkan capaian-capaian pemkab Tanjab Barat dalam implementasi SAKIP dan Reformasi Birokrasi. Seperti penghapusan kegiatan inefisiensi dalam penyusunan RKPD 2019 serta capaian kinerja ekonomi makro daerah.

Safrial mengharapkan dari pelaksanaan kegiatan ini akan terwujud tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih serta peningkatan kapasitas dan akuntabilitas kinerja aparatur melalui reformasi birokrasi.

"Di tahun 2020 ini pemkab menargetkan hasil evaluasi SAKIP meraih prediket BB atau minimal mendapat B," tandasnya. (Sabri)

Besok KPU Tanjabbar Akan Tertibkan Baliho Alat Sosialisasi Paslon Pikada 2020

KUALA TUNGKAL (SR28) - Setelah penetapan dan pengambilan Nomor Urut pasangan Calon (Paslon) Kepala Daerah Atau Pilkada selanjutnya KPU Tanjung Jabung Barat besok, Jumat (25/09/2020) akan menertibkan Baliho Pasangan Calon Kepala Daerah (Paslon) yang merupakan Alat Sosialisasi yang terpasang disetiap Sudut kota Kuala Tungkal  dan pelosok-pelosok.

Hal tersebut seperti dikatakan  oleh Hairuddin, Ketua KPU Tanjab Barat, Kamis (24/09/2020) kepada sejumlah wartawan usai melaksanakan Pengambilan Nomor Urut Paslon,Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di aula Tungkal Hotel.

"KPU juga sudah mengimbau kepada pasangan calon untuk penertiban alat peraga sosialisasi atau Alat Peraga Kampanye (APK) berupa baliho yang dipasang Kami memohon kepada pasangan calon itu di turunkan secepat nya dan paling lambat besok,” ujar Hairuddin.

Adapun terkait penertiban dan keamanan KPU Tanjabbar akan berkoordinasi dengan Satpol PP untuk memantau alat sosialisasi dari masing-masing calon kepala daerah.

"Apabila masih terpasang dengan waktu yang kita tentukan maka itu akan ditertibkan,dan untuk pasangan nanti alon itu akan diganti dengan alat peraga, tempatnya tulisannya dibuat oleh KPU setelah dicetak nanti akan dipasang oleh Pasangan calon,” jelasnya.

Mengenai jumlah jumlah APK-nya nanti yang dicetak oleh KPU Tanjab Barat dimana setiap pasangan calon dapat menambah sebesar 200% dari yang lainnya.

"Untuk masa pemasangan APK akan dimulai tanggal 26 September 2020 sampai tanggal 5 Desember 2020,dan harinya nanti akan kita atur lagi dan selama tiga hari tanggal 9 Desember,” pungkasnya. (Sabri)

Jelang Natal dan Akhir Tahun, Bulog Pastikan Stok Beras di Jambi Aman

JAMBI  - Menjelang perayaan natal dan taun baru 2021, kantor wilayah Bulog Jambi pastikan stok beras untuk provinsi Jambi aman dan terkendali. Stok beras yang ada di seluruh gudang bulog di wilayah provinsi Jambi setidaknya tercatat ada 9000 ton beras untuk saat ini.

Dengan estimasi konsumsi masyarakat Jambi yang encapai 1500 ton perbulan, Kanwil Bulog Jambi jamin stok beras tersebut akan aman hingga 6 bulan kedepan.

Fachrori: Pembangunan Masjid Tibuhkan Sikap Gotong Royong

JAMBI (SR28) - Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum menyampaikan, pembangunan Masjid At-Tanwir Muhammadiyah Provinsi Jambi dapat lebih menumbuhkan sikap gotong royong ditengah masyarakat, khususnya bagi warga Muhammadiyah Provinsi Jambi. Hal tersebut disampaikan Fachrori pada Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid At-Tanwir Muhammadiyah Provinsi Jambi, yang berlangsung di Gedung Dakwah Muhammadiyah Provinsi Jambi, Selasa (22/09/2020).

Gubernur mengajak seluruh warga Muhammadiyah menjadikan pembangunan masjid untuk meningkatkan kekompakan dan lebih menumbuhkan sikap gotong royong, dengan artian dalam melakukan penggalangan dana dan bahan bangunan sehingga masjid bisa selesai dan dipergunakan untuk kemaslahatan umat.

“Jika Masjid ini selesai dibangun, tentunya berbagai kegiatan keagaamaan akan digelar guna mewujudkan masyarakat madani, yaitu masyarakat yang dituntun oleh wahyu Ilahi dan bergerak dinamis sebagai masyarakat yang bahu membahu, tolong menolong, serta bekerjasama dalam membangun kesejahteraan,” ujar Fachrori.

Fachrori berpesan agar para pengurus dapat melakukan pengelolaan Masjid At-Tanwir dengan mengadopsi manajemen pengelolaan yang baik untuk mewujudkan kemakmuran Masjid, karena kemakmuran Masjid sangat tergantung dengan bagaimana cara mengelola dan mendayagunakan fungsi masjid.

Lebih lanjut, Fachrori mengajak masyarakat untuk merefleksikan kembali keteladanan Rasulullah SAW, para sahabat nabi dan para tabiin dalam memakmurkan masjid, dimana masjid memiliki peran strategis dalam pertumbuhan peradaban umat Islam, serta masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah semata, tetapi juga sebagai pusat pendidikan dan penyebaran syiar Islam.

“Melalui Masjid, cahaya Islam dapat terpancar ke seluruh penjuru dunia. Pada masa Rasulullah SAW, Masjid digunakan sebagai tempat menyelesaikan berbagai persoalan umat dan pemberdayaan umat, serta memusatkan seluruh perhatian dan pembinaan umat dalam Masjid,” kata Fachrori.

Fachrori menuturkan, melihat esensi kehidupan saat ini, sesungguhnya tidak banyak mengalami perubahan, meskipun perubahan zaman terjadi begitu cepat. Banyak hal yang terjadi pada zaman Rasulullah SAW masih tetap ada, relevan dan aktual pada zaman sekarang. “Marilah kita meneladani akhlak Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari dengan menjalankan syariat Islam secara kaffah dan menyuburkan kembali sunnah sunnah Rasulullah SAW,” tutur Fachrori.

“Kehadiran saya di sini merupakan wujud tanggung jawab sebagai seorang pemimpin di Pemerintahan Provinsi Jambi, guna lebih mempererat tali silahturahmi dengan seluruh pengurus dan masyarakat. Semoga melalui kegiatan ini, semangat persatuan dan persaudaraan kita lebih meningkat lagi, sehingga dapat membantu mempercepat proses pembangunan di Provinsi Jambi,” tutup Fachrori.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Jambi, H.Suhaimi Chan mengatakan, pembangunan Masjid ini harus dengan rasa kebersamaan dan gotong royong, salah satunya dengan memberikan infaq dan sedekah untuk pembangunan masjid. “Jika kita ikhlas memberikan sebagian harta untuk pembangunan masjid, mudah-mudahan Allah SWT akan menggantikannya dengan berlipat. Mari kita bersama-sama menyelesaikan pembangunan masjid ini untuk kemaslahatan umat,” kata Suhaimi.

KPU Matangkan Sistem Aplikasi Si Rekap

JAMBI - Melalui aplikasi berbasis online Si Rekap diharapkan dapat mempercepat proses rekapitulasi data hasil pemungutan suara pada Pilkada serentak 2020 ini yang kahirnya akan berimplikasi memepercepat proses pengumuman pemenang pemilu.

- Advertisement -

Music

KPK Tegur Pemkot Jambi, 12 Hotel dan Restoran Menunggak Pajak Hingga Milyaran

JAMBI (SR28) - Permasalahan pajak hotel dan restoran di Kota Jambi menjadi sorotan KPK. Berdasarkan data, ada 12 pelaku usaha yang menunggak pajak dengan nominla hingga ratusan bahkan milyaran rupiah.

Sumber: JAMBI28 TV

Gubernur Jambi Izin Cuti Untuk Kampanye

JAMBI (SR28)- Gubernur Jambi Fachrori Umar pada Rabu malam (23/9) menggelar silahturahmi bertajuk pamitan kepada seluruh petinggi  OPD dalam lingkup Pemerintah Provinsi Jambi dikediamannya di bilangan Ancol Kota Jambi. Gubernur Fachrori menyatakan jika dia akan cuti selama beberapa bulan kedepan terhitung 26 September 2020 hingga 5 Desember 2020.

Hadir dalam forum tersebut unsur Forkopimda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Provinsi Jambi serta para tamu dan undangan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jambi, Hj.Iin Kurniasih Sudirman turut hadir dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya Fachrori mengucapkan terima kasih atas kehadiran para tamu undangan.

"Terima kasih atas kehadirannya, semoga dapat memberi semangat dan motivasi bagi kami untuk senantiasa memperjuangkan kepentingan dan kesejahteraan masyarakat," ungkap Fachrori Umar.

Fachrori Umar menuturkan bahwa dirinya menjadi Pelaksana Tugas Gubernur Jambi pada tanggal 10 April 2018 - 12 Februari 2019 kemudian secara definitif pada tanggal 13 Feb 2019 di Istana Negara.

Diujung sambutannya, Fachrori yang didampingi istri jugamenegaskan jika  mereka akan menanggalkan seluruh fasilitas negara selama proses kampanye.

"Selama cuti kami harus meninggalkan rumah dinas gubernur dan tidak menggunakan fasilitas negara. Mohon maaf, dalam menjalankan kepemimpinan ada kekurangan dan kesalahan, namun kami berupaya memberikan yang terbaik demi kemajuan Provinsi Jambi," jelas Fachrori.

Harapan Gubernur Jambi Fachrori Umar kepada Kepala OPD, agar tetap bersinergi dan terus meningkat kinerja serta menjalankan program-program yang telah ditetapkan untuk program kemasyarakatan dapat dipercepat realisasi, termasuk aspek penyelenggaraan Pilkada, aspek peserta dan pemilih. "Upayakan agar tidak menjadi klaster baru penularan Covid-19, bagi pemilih, maupun petugas Pilkada di lapangan," tambah Fachrori.

Selain itu Fachrori juga berpesan untuk ASN lingkup Pemerintah Provinsi Jambi untuk menjaga netralitas serta profesionalitas, karena dengan ASN yang netral birokrasi menjadi kuat.

Gubernur Fachrori Lepas Petugas Patroli Pencegahan Karhutla

KOTA JAMBI (SR28) – Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum melepas petugas patroil pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dalam Apel Pelepasan Petugas Patroli Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan dan Pembalakan Liar di Provinsi Jambi Tahun 2020, di lapangan dalam Makorem 042/Gapu, Minggu (02/08/2020) pagi. Fachrori mengatakan, dalam mengatasi dan pencegahan karhutla di Provinsi Jambi, ditempatkan 254 personil gabungan di daerah rawan kebakaran hutan dan lahan, agar mudah terpantau dan mudah diatasi.Sebelum pelepasan, Gubernur Jambi Fachrori Umar didampingi Kapolda Jambi Irjen Pol.Firman Santyabudi dan Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Zulkifli melakukan pengecekan persiapan personil yang akan melaksanakan tugas patroli pencegahan karhutla.Fachrori mengucapkan terima kasih kepada Kepolisian daerah Jambi dan Komandan Korem 042/Gapu Jambi beserta jajaran dan seluruh peserta apel siaga. Fachrori berharap momen ini bisa meningkatkan koordinasi dan sinergi dalam upaya bersama penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi.Fachrori mengatakan, kebakaran hutan dan lahan banyak menimbulkan dampak negatif  yang merusak ekologis, menurunnya keanekaragaman hayati, perubahan iklim, serta menimbulkan asap yang dapat mengganggu kesehatan masyarakat dan mengganggu aktivitas trasportasi darat, laut, dan udara. ”Pada tahun 2019 yang lalu, kita pernah merasakan dampak yang sangat buruk dari kebakaran hutan dan lahan, selain menyebabkan kerugian, material berupa terbakarnya lahan-lahan produktif dan kawasan hutan, termasuk lahan gambut yang mestinya terjaga kondisi tutupannya, juga menyebabkan merebaknya penyakit, khususnya Inveksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), serta terganggunya berbagai aktivitas kehidupan manusia,” terang Fachrori.Fachrori menegaskan agar kejadian kebakaran hutan dan lahan tidak terjadi lagi, semua pemangku kepentingan harus waspada dan selalu mengantisipasi berbagai kemungkinan di seluruh wilayah Provinsi Jambi.Fachrori menjelaskan, paradigma penanggulangan bencana dewasa ini sudah berubah dari responsif yang menitikberatkan penanganan saat telah terjadi bencana, menjadi preventif, yang menitikberatkan penanganan sebelum terjadinya bencana. ”Untuk mendukung paradigma tersebut, Pemerintah Provinsi Jambi telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Gabungan Karhutla yang melibatkan Pemrov Jambi, Pemkab/Pemkot, TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni, dunia usaha bidang kehutanan dan perkebunan serta masyarakat. Satgas yang telah dibentuk akan ditempatkan di 171 desa/kelurahan rawan kebakaran hutan dan lahan,” jelas Fachrori.“Untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Provinsi Jambi, kita akan menempatkan petugas patroli di beberapa titik wilayah rawan kebakaran hutan dan lahan. Saya berharap kepada petugas di lapangan dapat berkerja dengan baik dan efektif serta efisien, fokus pada upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan, bukan pemadaman. Tindakan pemadaman harus tetap dilakukan apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan yang tidak terkendali,” tutur Fachrori.Selain itu, Fachrori juga berpesan kepada petugas dilapangan yang, dalam suasana pandemi Covid-19, selalu memedomani protokol kesehatan dalam semua tindakan di lapangan. ”Seluruh petugas di lapangan tetap utamakan keselamatan dan menjalankan protokol kesehatan dalam bertugas. Kepada komandan Korem 042/Garuda Putih, Brigjen TNI Zulkifli, sesuai dengan Surat Keputusan Nomor 540/Kep.Gub/BPBD-2/2020 tanggal 1 Juli 2020, gubernur selaku komandan Satuan Tugas menunjuk saudara Danrem 042/Gapu sebagai Pelaksana Harian Komandan Satuan Tugas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Jambi tahun 2020. Saya yakin dan percaya bahwa Danrem mampu melaksanakan tugas harian (Dansatgas) tersebut dengan baik dan penuh tanggung jawab,” ujar Fachrori.Korem 042/Gapu Brigjen TNI Zulkifli menyampaikan, bahwa hari ini Satgas akan menempatkan petugas di beberapa titik yang rawan kebakaran hutan dan lahan, petugas akan berkerja sama dengan petugas koramil yang ada di wilayah tertentu seperti di Sadu dan Muaro Jambi. ”Pasukan yang kita kirim merupakan gabungan dari semua istansi, ada TNI, Polri, BPBD, Polhut, Manggala Agni. Minggu depan kita akan megirim pasukan ke daerah Kumpeh untuk antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Untuk itu, Korem mengimbau masayarakat dan pengusaha perkebunan untuk berkerja sama dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan,” jelas Danrem 042/Gapu.Kapoda Jambi Irjen Pol. Firman Santyabudi menyampaikan, Polda Jambi sudah menyiapkan 1.500 personil, sebagian sudah masuk di polres/polsek kabupaten/kota se Provinsi Jambi yang disebut dengan Gugus Tugas Kabupaten. ”Personil yang kita siapkan agar mendekatkan ke lokasi titik rawan kebakaran hutan dan lahan, guna pencegahan lebih dini, agar cepat memadamkan api. Kita minta masyarakat agar bisa berkerja sama untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan bersama-sama. Selain itu, kita terus melakukan patroli dan pemantauan dari jauh. Kita minta perusahan untuk berkerja sama untuk memadamkan api di wilayah perusahannya masing-masing,” terang Kapolda.

Humas Provinsi Jambi

Status Siaga Karhutla Masih Diperpanjang Hingga Akhir Oktober

JAMBI (SR28) - Satuan tugas kebakaran hutan danlahan (Karhutla) hingga akhir bulan Oktober berdasarkan data sepanjang tahun 2020 ini sudah ada sebanyak 200 Hektare lahan terbakar.

Sport News

Perselingkuhan Via Medos Warnai Perceraian PNS di Kota Jambi

KOTA JAMBI (SR28) - Bukan hanya warga masyarakat biasa, tahun 2020 juga diwarnai banyak perceraian PNS. Sejauh ini Pengadilan Agama Jambi mencatat setidaknya ada 56 kasus perceraian PNS hingga bulan Agustus 2020 dengan latar belakang utama terjadinya perselingkuhan.

Perceraian karena perselingkuhan meningkat

Hari Ini Tempat Hiburan Dan Olahraga di Kota Jambi Boleh Buka Lagi

JAMBI (SR28) - Adapun tempat usaha yang kembali dizinkan buka lago seperti tempat-tempat olahraga yaitu fitnes, senam, bola sodok kemudian tempat pijat refleksi, spa, serta bar, cafe dan tempat karaoke keluarga termasuk kolam renang dan wahana bermain anak-anak.

Siap Maju Di Pemilihan Ketua Umum Perbakin Jambi, Guntur: Sudah Saatnya Jambi Maju 2020-2024

JAMBI (SR28) - Nama HM Guntur Muchtar mulai mencuat, menjelang Musprov Perbakin Jambi, masa bhakti 2020-2024. Sosok yang tak asing lagi di Perbakin ini, merupakan putra daerah Jambi."Guntur kecil lahir di Jambi, pada 26 Juni 1976 silam. Sempat mengenyam pendidikan di Jambi, tepatnya di SMA Nusantara.

“Saya lahir dan besar di Jambi,”ujar nya,Saat mendeklarasikan dirinya untuk maju pada pemilihan Ketua Umum Perbakin Jambi, di hotel Kota Jambi, Minggu (18/10) sekira pukul 13.00,kemarin.

Dalam kesempatan nya, Guntur mengatakan sebagai calon Ketua Umum Perbakin Jambi, dia membawa visi melangkah bersama dan berprestasi, dan misi mengembalikan Jambi sebagai barometer olahraga menembak di Indonesia.

"Sudah waktunya (Perbakin) Jambi maju lagi,”seloroh Guntur.

"Niat untuk maju ini bukan untuk iseng atau main-main. Sebagai orang yang lahir dan besar di Jambi, dia merasa punya tanggungjawab untuk membesarkan Jambi, lewat Perbakin," paparnya.

Kehadiran Guntur pun rupanya tak sendirian. Saat ini, dari 11 klub yang ada, dia didukung tujuh klub. Antara lain, Cruiser Shooting Club, Rajawali Shooting Club, Jahti Shooting Club, Kota Sakti Shooting Club, Jaguar Shooting Club, Bina Lestari Shooting Club, dan Satria Kinayungan Shooting Club.

"Dukungan ini pun terlihat dari kehadiran para ketua dan anggota klub, pada deklarasi tersebut, "Klub-klub ini juga punya harapan besar, bahwa Guntur mampu membawa Perbakin Jambi ke arah yang lebih baik lagi," tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Perbakin membuka pendaftaran Bakal Calon Ketua Umum Perbakin Provinsi Jambi.

"Di buka dari 9 Oktober hingga 20 Oktober,” beber Saptono, Ketua Penjaringan Bakal Calon, didampingi Ketua Pelaksana Musprov, Zuwanda, Rabu (14/10).

Untuk persyaratan, mekanisme serta pengambilan formulir pendaftaran kata dia, dapat dilakukan di Sekretariat Perbakin Provinsi Jambi, Jalan Kapten Sujono Nomor 140, Kecamatan Kota Baru, pada jam kerja setiap hari.
Sebagai informasi, hak suara pada Pemilihan Ketua Umum Perbakin Provinsi Jambi masa bhakti 2020 – 2024 adalah pada klub–klub/perkumpulan menembak yang terdaftar resmi di bawah naungan Pengprov Perbakin Jambi. (Sabri)

- Advertisement -

Perempuan Tanah Jahanam Wakili Indonesia di Piala Oscar 2021

Terpilihnya film “Perempuan Tanah Jahanam” atau “Impetigore” sebagai perwakilan film Indonesia untuk bersaing meraih nominasi di kategori film internasional terbaik di ajang Academy Awards 2021 atau Oscar ke-93 mendatang merupakan sebuah kejutan bagi insan perfilman Indonesia.

Pasalnya, ini adalah film horor pertama dalam sejarah, yang pernah diikutsertakan oleh Indonesia, dalam perhelatan ajang bergengsi ini. Prestasi film “Perempuan Tanah Jahanam” di industri film memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Film ini telah memborong 17 nominasi di ajang Festival Film Indonesia (FFI) 2020 mendatang, jumlah nominasi terbanyak yang pernah diraih oleh sebuah film dalam sepanjang sejarah FFI.

KPU Siapkan Bilik Khusus Bagi Pemilih dengan Suhu Badan Diatas 37,30° C

JAMBI - Pada hari H pencboblosan esok, KPU akan menyiapkan bilik khusus dis eluruh tempat pemungutan suara atau TPS yang nantinya diperuntukkan bagi pemiih dengan suhu tubuh diatas 37,30 derajat celcius.

Ketentuan tersbeut berlaku saat di pemilih mulai terdekteksi memiliki suhu tinggi saat menjalani peemeriksaan suhu tubuh pada pintu masuk TPS oleh petugas Linmas.

DPRD Tebo Bahas APBD 2020

TEBO (SR28)- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tebo menggelar rapat paripurna dalam rangka Penyampaian Nota Pengantar Rancangan Peraturan Daerah (Perda) Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kab.Tebo Tahun Anggaran 2020. Rapat paripurna yang digelar di Gedung Aula DPRD Tebo pada Senin (22/07/2019) sekitar pukul 10:45 wib dihadiri oleh Wakil Bupati Tebo, Syahlan Arfan, Ketua DPRD Tebo Agus Rubyanto, SE beserta Wakilnya. Selain itu, juga dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Tebo, Unsur Forkompimda Kab. Tebo, Kepala OPD beserta tamu undangan lainnya.

Sementara, Bupati Tebo H. Sukandar. S.Kom M.Si yang diwakilkan oleh wakil Bupati Tebo Syahlan Arfan. SH dalam sambutannya mengatakan bahwa sesuai dengan peraturan perundangan nomor 12 tahun 2019 tentang pedoman pengelolaan keuangan terutama yang berkaitan dengan APBD di mana setiap daerah berkewajiban untuk menyusun dan mengesahkan APBD yang merupakan landasan operasional dalam penganggaran"Ini merupakan penganggaran tahun ketiga dari implementasi dari visi dan misi tahun 2017-2022 menuju Tebo tuntas, tertib, unggul adil dan sejahtera," kata Syahlan.Menurut Syahlan, bahwa 5 tahun bukanlah waktu yang panjang, hal ini dilihat dengan kebutuhan masyarakat yang tidak mampu dengan kemampuan keuangan daerah. Dan tahun 2020 mendatang, pihaknya akan tetap fokus dengan peningkatan infrastruktur, jalan, pendidikan, kesehatan yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat.
"Untuk itu sesuai dengan kemampuan keuangan daerah, kita akan memprioritaskan pembangunan jalan penghubung antar wilayah, prasarana pendidikan dan kesehatan," jelasnya.


Syahlan juga menyampaikan bahwa pokok rancangan APBD T.A 2020. PAD tahun 2020 di prediksi sebesar 1,7 milyar lebih. Angka menunjukkan peningkatan sebesar 38 milyar lebih dari anggaran tahun 2019 lalu atau sebesar 3,43 persen.
"Tentu ada peningkatan setiap tahunnya, hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang menjadi kebutuhan pokok bersama," pungkas Syahlan.

disadur dari Portal Tebo

Bupati Safrial Hadiri Peresmian Mushola Fakultas Perternakan Universitas Jambi

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat DR. Ir. H.Safrial yang juga merupakan civitas akedemika dan Alumni Fakultas Pertenakan Universitas Jambi (UNJA) menghadiri acara Peresmian Musholla Fakultas Perternakan Universitas Jambi, Selasa (11/08). Peresmian musholla ditandai dengan pengguntingan pita oleh Safrial.

Dalam peresmian mushola ini juga turut dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Jambi Prof. Drs. Sutrisno, M. Si, para Dekan Kampus, Dosen, Anggota Komis III DPRD Provinsi Ahmad Fauzi, serta Mahasiswa Fakultas perternakan Universitas Jambi.

Bupati Safrial dalam sambutannya menyampaikan mushola sangat penting terutama sebagai sarana ibadah kepada Allah SWT. Menurutnya, selain bekal ilmu pengetahuan dan teknologi, generasi muda juga perlu dibekali dengan iman dan taqwa.

"Kami di Tanjab Barat, juga berupaya menciptakan generasi muda yang tidak hanya berilmu pengetahuan dan Teknologi (Iptek), namun juga dibekali Iman Taqwa (Imtaq)," ujar Safrial saat berikan sambutan.

Safrial juga mengajak kepada Alumni Fakultas Peternakan Universitas Jambi untuk mengajarkan generasi muda tidak takut berkecimpung dalam dunia peternakan. Lebih lanjut, Safrial juga sampaikan terkait adanya program hibah ternak yang menurutnya perlu adanya kerjasama dengan Fakultas Peternakan dalam pelaksanaannya

."Kami sekarang ada Program Hibah Ternak, keinginan saya fakultas perternakan terlibat dalam hal itu, karena dampaknya cukup bagus.”Ini akan kami hibah ke Bumdes dan Petani sebagai upaya Pemkab dalam  mendorong ketahanan pangan Tanjab Barat," tandas Safrial.

Sementara itu diwaktu yang berbeda dan ditempat yang sama Rektor Unja Prof. Drs. Sutrisno, M. Si dalam sambutan nya mengucapkan terima kasih  dan apresiasi  Kepada para Alumni Fakultas Peternakan atas atas partisipasi dan kontribusi dalam Pembangunan Mushola.

Sejalan dengan Bupati, menurutnya sarana ibadah seperti musholla, merupakan hal penting dalam rangka pembentukan moral generasi muda.

Dalam kesempatan ini, Bupati Tanjab Barat juga menyerahkan bantuan guna penyelesaian pembangunan musholla Fakultas Peternakan Universitas Jambi. (Sabri)

TV

Polresta Jambi Terjunkan 646 Personel Untuk Pengamanan TPS Besok

KOTA JAMBI - Dari sisi pengamanan, pihak Polresta Jambi sedikitnya telah menyiapkan 646 personel yang akan diterjunkan untuk pengamanan Pilkada besok.

646 personel Polresta Jambi itu, akan diterjukan untuk mengamankan 1.334 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh Kota Jambi. Pembagiannya sendiri dari 646 personel tersebut, akan dibagi menjadi 2 personel polisi yang ditugaskan untuk mengamankan 10 TPS.

Sudirman Resmi Menjabat Sebagai Sekda Provinsi Jambi

JAMBI (SR28) - Dalam arahannya, Pjs Gubenrur Jambi Restuardy Daud meminta Sekda terpilih untuk dapat segera bersinergi dengan seluruh pihak. Bukan hanya dengan jajaran peemrintah Provinsi saja, tapi termasuk dengan jajaran pemerintah kabupaten kota serta instansi vertikal.

Bupati Turun Ke Pasar Sosialisasi New Normal

MERANGIN - Pemerintah Kabupaten Merangin mengajak masyarakat di Bumi Tali Undang Tambang Teliti  untuk melakukan aktivitas sebagaimana biasanya dengan tetap mematuhui protokol kesehatan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Merangin Dr. H. Al Haris, S Sos, MH saat mensosialisasikan new normal di pusat perbelanjaan dan pertokoan di Pasar Baru dan Pasar Bawah Bangko dengan menggunakan pengeras suara milik Polres Merangin. Diatas mobil tersebut Bupati Merangin juga didampingi Kapolres Merangin dan Dandim 0420/Sarko dan diikuti rombongan mobil pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Merangin.

‘’Kita mulai hari ini mulai melaksanakan aktivitas sebagai mana biasanya, dengan catatan tetap mematuhi protokol kesehatan, baik di pusat perbelanjaan, tempat ibadah dan aktivitas lainnya,’’ kata Bupati Merangin saat mensosialisasikan new normal, Rabu, 3 Juni 2020.

Dijelaskan orang nomor satu di jajaran Pemerintah Kabupaten Merangin itu, warga merangin tetap menggunakan masker, cuci tangan saat masuk ke kantor, ke pusat perbelanjaan, ke rumah ibadah dan juga tetap menjaga jarak atau tidak melakukan kerumuman massa.

Silahkan buka rumah ibadah, tapi di halaman disiapkan cuci tangan dengan air mengalir dan pakai sabun. begitu juga di pertokoan, orang yang berbelanja dalam kondisi bersih dan bapak ibuk bersih, tapi yang beli tentu tentu bersih. ‘’Bapak ibuk kita mulai new normal, inilah cara baru kita berakktivitas seperti biasa dalam pendemi corona,virus corona tidak bias di lihat,  tidak bisa di raba, tapi dia ada, ikuti aturan yang telah ditetapkan pemerintah,’’ harap Bupati Merangin.

Dapat Tanggapan Miring di Debat Pertama, KPU Kini Matangkan Konsep Debat Kedua Pilgub Jambi

JAMBI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi kini tengah mematangkan konsep perhelatan debat putaran kedua pemilihan Gubernur Jambi yang akan digelar pada 21 November mendatang.

Hal tersebut dilakukan KPU menyusul banyaknya tanggapan miring atas penyelenggaraan debat putaran pertama Pilgub Jambi yang telah rampung digelar beberapa waktu lalu.