Kamis, Januari 28, 2021

Gunung Merapi Kembali Erupsi, Keluarkan Awan Panas Guguran

YOGYAKARTA (SR28) - Gunung Merapi kembali erupsi pada 27 Januari 2021 siang. Jarak luncur awan panas mencapai 3 kilometer. Saat ini, Merapi di...

Jambi Kembali Terima 17.240 Dosis Vaksin Covid-19

JAMBI (SR28) - Berdasarkan rencana pemerintah Jambi, jumlah vaksin Covid-19 itu akan mulai di distribusikan ke 9 kabupaten kota lainnya yang belum...

Belum Ada Laporan Bencana, Status Provinsi Jambi Masih Kesiapsiagaan

JAMBI (SR28) - Berdasarkan pemantauan BPBD Provinsi Jambi, ketinggian muka air sungai Batanghari disejumlah daerah masih berada pada kisaran 12 hingga 13...

Sudah Ada 430 Pasien Covid-19 Tanpa Gejala Yang Dirawat Di Rumah isolasi Milik Pemprov Jambi

JAMBI (SR28) - Sejauh ini sedikitnya sudah ada 430 pasien yang dirawat di 2 rumah isolasi milik pemerintah provinsi Jambi itu sejak...

Technology

KPU Tanjab Barat Laksanakan Rapat Pleno Terbuka Hasil Pemilihan Gubernur dan Wagub Jambi, Bupati dan Wabup Tanjab Barat

KUALA TUNGKAL (SR28) - KPU Tanjung Jabung Barat, Rabu (16/12) laksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, Bupati dan Wakil Bupati Tanjab Barat pemilihan Serentak tahun 2020 yang dilaksanakan digedung Pola kantor Bupati Tanjab Barat.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua KPU Tanjab Barat dan Jajarannya, Ketua Bawaslu Tanjab Barat dan jajarannya, PPK Kecamatan Sekabupaten Tanjab Barat, saksi pasangan Calon gubernur dan wakil gubernur jambi, saksi paslon bupati dan wakil bupati Tanjab Barat.

Ketua KPU Tanjab Barat Hairuddin mengatakan, "Kegiatan Rapat Pleno Terbuka ini akan dilaksanakan selama 2 hari rabu 16 sampai dengan Kamis 17 Desember 2020 hingga selesai, " ujar Hairuddin.

"Selain itu kita berharap Rapat Pleno ini dapat berjalan lancar aman hingga selesai,sehingga Rapat Pleno Terbuka berlangsung sukses nantinya," pungkas Hairuddin. (Sabri)

- Advertisement -

Wabup: Senin, 13 Juli Sekolah Mulai Dibuka

MERANGIN - Senin (13/7)  sekolah-sekolah di Kabupaten Merangin mulai dibuka. Ini setelah hampir lima bulan anak-anak sekolah diliburkan karena mewabahnya virus Corona melanda dunia, termasuk di Bumi Tali Undang Tambang Teliti.

Hal tersebut ditegaskan Wabup Merangin H Mashuri usai memimpin jalannya rapat persiapan masuk sekolah tahun ajaran 2020/2021, yang berlangsung di ruang rapat kerja bupati Merangin, Kamis (09/7).

’’Jadi mulai Senin itu, baru masa transisi bagi anak-anak sekolah. Proses belajar mengajar yang dilakukan belum normal seperti biasa. Bisa saja nanti untuk satu jam pelajaran yang biasanya 45 menit menjadi 30 menit,’’ujar Wabup.

Begitu juga dengan jumlah siswa untuk setiap kelasnya lanjut wabup, dibatasi dan harus wajib menerapkan protokol kesehatan Covid-19, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.

Nanti proses belajar mengajarnya sambung Wabup, juga akan diberlakukan shift. Jadi dalam seminggu itu tidak utuh belajar enam hari. ‘’Jelasnya kita mengacu ke Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri itu,’’terang Wabup.

Kadis Dikbud Merangin M Jubir menambahkan, setelah masa transisi itu berlangsung dua bulan, nanti akan diterapkan sistem kebiasaan new normal. Kurikulum yang akan diterapkan juga menyesuikan kebiasaan new normal.

‘’Jadi untuk Senin itu, anak-anak baru kelas satu akan mengikuti orientasi sekolah yang wajib menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Sekolah-sekolah di setiap kelasnya wajib menyediakan tempat cuci tangan dengan air mengalir,’’terang M Jubir.

Kemenag Merangin H Marwan Hasan juga mengungkapkan hal yang sama. Mulai diberlakukannya belajar tatap muka tersebut jelasnya, mengacu ke SKB empat Menteri. Disamping itu juga telah ditetapkannya Merangin sebagai Zona Hijau.

‘’Nanti sebelum masuk ke perkarangan sekolah, suhu anak-anak yang harus memakai masker itu dites terlebih dahulu oleh petugas di pintu gerbang sekolah. Sebelum masuk ke kelas, anak-anak juga wajib mencuci tangan,’’ujar H Marwan Hasan.

Plt Sekda H Hendri Maidalef mengungkapkan, ditetapkannya Kabupaten Merangin sebagai Zona Hijau, serentak dengan sebanyak 104 kabupaten/kota lainnya di Indonesia. ‘’Kalau di petanya itu berubah otomatis wilayah Merangin jadi warna hijau,’’ujarnya.

Untuk diketahui SKB empat menteri itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri RI nomor 01/KB/2020, nomor 516 tahun 2020, nomor HK.03.03/Menkes/363/2020, nomor 440-882 tahun 2020.

SKB empat menteri itu, tentang Panduan penyelenggaraan pembelajaran pada tahun ajaran 2020/2021 dan tahun akademik 2020/2021 di masa pandemic Corona virus disease 2019 (Covid-19).

Fachrori : Bantuan Biaya Pendidikan Untuk Memotivasi Mewujudkan Prestasi

TANJABTIM (SR28) - Gubernur Jambi, H.Fachrori Umar, mengatakan, bantuan biaya pendidikan dari Baznas dan CSR Bank Jambi, untun pondok pesantren sebagai motivasi...

Satpam Tenggelam Di Sugai Batanghari Ditemukan Tanpa Nyawa

Klik video dibawah untuk menonton berita selengkapnya. https://www.youtube.com/watch?v=g5NM1l0TCu0&feature=emb_title

Imam Besar FPI Dijadwalkan Akan Pulang ke Tanah Air 9 November Mendatang

MAKKAH (SR28)- Setelah tertahan di Arab Saudi selama 3 tahun, Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab dijadwalkan akan tiba di Indonesia pada hari Senin 9 November 2020. Setibanya di Indonesia, Habib Rizieq akan langsung beristirahat di kediamannya di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat

"Insya Allah, kami sekeluarga akan langsung ke rumah kediaman kami di Petamburan, Jakarta Pusat, kami akan beristirahat di sana, pada hari Rabu dan Kamis," kata Habib Rizieq dalam konferensi pers kepulangannya di channel Youtube Front TV, Rabu (4/11/2020) pagi.

Ia memastikan tak lagi memiliki persoalan terkait dengan kepulangan ke Tanah Air. Untuk itu, ia akan pulang ke Indonesia pada pekan depan pukul 19.30 waktu Saudi.

"Terbang dari bandara kota Jeddah dengan pesawat Saudia dengan nomor penerbangan SP 816," ujarnya.

Habib Rizieq akan tiba di Indonesia, tepatnya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pada Selasa 10 November 2020 pukul 09.00 WIB. Ia akan turun dari pesawat di Terminal 3.

Informasi yang berhasil tim himpun, beberapa organisasi masyarakat, majelis pengajian, perguruan silat dan jawara telah menyiapkan penyambutan terhadap Imam Besar FPI ini.

Latest News

Pemkab Luruskan Soal Zona Merah COVID-19 Di Tanjabbar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui Juru Bicara Satgas COVID-19 bantah jika Tanjab Barat saat ini masuk ke...

TEGA! Bapak Ini Disiram Saat Sedang Tertidur Pulas

Seorang Pria renta disiram orang tak dikenal saat tengah tertidur pulas. Tak diketahui apa maksud dari seseorang yang mneyiram tersebut.

UNIK! Band Ini Gelar Konser Di Dalam Balon, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Sebuah grup band asal Amerika Serikat yakni The Flaming Lips Band menggelar sebuah konser di dalam balon. Uniknya mereka tetap mematuhi protokol...

Belasan Rumah Terbakar Di Palembang, Pengakuan Tersangka Bikin Geram

PALEMBANG (SR28) - Tangis histeris mewarnai proses pemadam kebakaran yang terjadi di pemukiman padat penduduk di Jalan KH Ahmad Dahlan Palembang, Senin...

Misteri Kematian Rapper K-Pop Iron, Diduga Tewas Dibunuh?

KOREA SELATAN (SR28) - Polisi sebelumnya sempat menyatakan bahwa mereka belum menemukan kecurigaan atau bukti adanya kemungkinan pembunuhan. Karena...

Music

Nginap Aman, Hotel 02 Weston Jambi Terapkan Protokol Kesehatan

KOTA JAMBI - Hotel 02 Weston Jambi siap menerima tamu hotel dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat, seperti menyediakan area cuci tangan, pengecekan suhu tubuh dan menempatkan Hand Sanitizer di beberapa tempat strategis di lingkup hotel.

Publik area dan kamar-kamar hotel juga selalu di semprotkan cairan desinfektan standar rumah sakit. Tak hanya itu, karyawan hotel juga dibekali proteksi yang sama, seperti sarung tangan dan face shield.

Teladani Semangat Pahlawan dan Kerelaan untuk Berkorban

JAMBI - Dalam memeperingati Hari Pahlawan Nasional, Kpaolda Jambi mengajak masyarakat untuk meresapi nilai-nilai perjuangan yang telah dicontohkan para pendahulu. Agar nilai perjuangan tersebut dapat menjadi contoh ntuk kehidupan di masa kini dan yang akan datang.

Tak Layak Masuk Dalam Pemiliharaan, Aktivis Endus Dugaan Korupsi Uang Negara Di Pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tanjabbar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Terkait hasil kerja pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tingkat Provinsi Jambi yang berada...

Wabup buka pengobatan gratis bagi lansia di Kejari Jambi

MERANGIN - Dalam  tatanan kehidupan new normal pada pandemi Covid 19 ini, para orang tua lanjut usia (Lansia), membutuhkan perhatian kesehatan yang serius.

Hal ini mengingat usia Lansia itu sangat rentan terhadap virus Covid-19. Ini dikatakan Wabup Merangin, H. Mashuri yang juga merupakan Ketua Pengurus Daerah (Pengda) Lansia Merangin, saat menghadiri acara Bhakti Sosial Hari Bhakti Adhyaksa ke-60, di Gedung Kejari Kabupaten Merangin, Kamis (16/7/2020).

‘’Saya sangat berterima kasih sekali dan memberikan penghargaan serta meng- apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kejari Merangin, yang telah dan sangat perduli terhadap Lansia. pada Momentum Hari Adyaksa dan melakukan Bhakti Sosial, pengobatan gratis bagi Lansia ini,’’ ujar Wabup.

Wabup pun berharap, perhatian Kejari Merangin terhadap kesehatan para Lansia itu, agar dapat terus berlanjut dan menjadi agenda rutin bagi Kejari Merangin pada berbagai kegiatan.

‘’Mudah-mudahan bhakti sosial pengobatan gratis ini, akan mampu meningkatkan derajat dan kwalitas kesahatan para orangtua Lansia di Kabupaten Merangin. Tidak hanya pengobatan gratis, Kejari Merangin juga akan gelar Senam massal Lansia,’’

Wabup pun menambahkan, Untuk senam massal lansia,  itu rencananya akan dilakukan pada Minggu (19/7/2020) di halaman Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Merangin, Wabup sangat mengharapkan kepada para Lansia Merangin khususnya dapat hadir untuk mengikutinya.

Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Merangin Martha Parulina Berliana, S.H, M.H mengatakan, bhakti sosial, pengobatan kesehatan gratis tersebut, akan terus dilakukan pada Hari Bhakti Adhyaksa setiap tahunnya nanti.

‘’Lansia itu, merupakan orang pendamping kita dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan, karena para Lansia ini sudah sangat berpengalaman dalam berbagai hal,’’ Sebut Kajari.

Gawat! Ruang Isolasi di Jambi Penuh Akibat Lonjakan Pasien Covid-19 Terus Bertambah

JAMBI (SR28) - Akibat kasus baru pasein terkonfirmasi positif Covid-19. Ruang isolasi yang sudah disiapkan kini tak lagi mampu menampung pasien. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Jambi kini tengah mneyiapkan beberapa gedun alternatif.

Nonton berita menarik lainnya di JAMBI28 TV

Culture

- Advertisement -

Aktris Cantik Ini Putuskan Jadi Transgender

Aktris nominasi Oscar Ellen Page mengumumkan memutuskan untuk menjadi transgender, Selasa (1/12/2020). Pemeran utama dalam film Juno itu pun mengganti namanya menjadi Elliot. Menurutnya banyak kaum trans yang menghadapi pelecehan dan ancaman. Ia berharap dirinya bisa mengubah dunia menjadi lebih baik.

Fachrori: Pembangunan Masjid Tibuhkan Sikap Gotong Royong

JAMBI (SR28) - Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum menyampaikan, pembangunan Masjid At-Tanwir Muhammadiyah Provinsi Jambi dapat lebih menumbuhkan sikap gotong royong ditengah masyarakat, khususnya bagi warga Muhammadiyah Provinsi Jambi. Hal tersebut disampaikan Fachrori pada Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid At-Tanwir Muhammadiyah Provinsi Jambi, yang berlangsung di Gedung Dakwah Muhammadiyah Provinsi Jambi, Selasa (22/09/2020).

Gubernur mengajak seluruh warga Muhammadiyah menjadikan pembangunan masjid untuk meningkatkan kekompakan dan lebih menumbuhkan sikap gotong royong, dengan artian dalam melakukan penggalangan dana dan bahan bangunan sehingga masjid bisa selesai dan dipergunakan untuk kemaslahatan umat.

“Jika Masjid ini selesai dibangun, tentunya berbagai kegiatan keagaamaan akan digelar guna mewujudkan masyarakat madani, yaitu masyarakat yang dituntun oleh wahyu Ilahi dan bergerak dinamis sebagai masyarakat yang bahu membahu, tolong menolong, serta bekerjasama dalam membangun kesejahteraan,” ujar Fachrori.

Fachrori berpesan agar para pengurus dapat melakukan pengelolaan Masjid At-Tanwir dengan mengadopsi manajemen pengelolaan yang baik untuk mewujudkan kemakmuran Masjid, karena kemakmuran Masjid sangat tergantung dengan bagaimana cara mengelola dan mendayagunakan fungsi masjid.

Lebih lanjut, Fachrori mengajak masyarakat untuk merefleksikan kembali keteladanan Rasulullah SAW, para sahabat nabi dan para tabiin dalam memakmurkan masjid, dimana masjid memiliki peran strategis dalam pertumbuhan peradaban umat Islam, serta masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah semata, tetapi juga sebagai pusat pendidikan dan penyebaran syiar Islam.

“Melalui Masjid, cahaya Islam dapat terpancar ke seluruh penjuru dunia. Pada masa Rasulullah SAW, Masjid digunakan sebagai tempat menyelesaikan berbagai persoalan umat dan pemberdayaan umat, serta memusatkan seluruh perhatian dan pembinaan umat dalam Masjid,” kata Fachrori.

Fachrori menuturkan, melihat esensi kehidupan saat ini, sesungguhnya tidak banyak mengalami perubahan, meskipun perubahan zaman terjadi begitu cepat. Banyak hal yang terjadi pada zaman Rasulullah SAW masih tetap ada, relevan dan aktual pada zaman sekarang. “Marilah kita meneladani akhlak Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari dengan menjalankan syariat Islam secara kaffah dan menyuburkan kembali sunnah sunnah Rasulullah SAW,” tutur Fachrori.

“Kehadiran saya di sini merupakan wujud tanggung jawab sebagai seorang pemimpin di Pemerintahan Provinsi Jambi, guna lebih mempererat tali silahturahmi dengan seluruh pengurus dan masyarakat. Semoga melalui kegiatan ini, semangat persatuan dan persaudaraan kita lebih meningkat lagi, sehingga dapat membantu mempercepat proses pembangunan di Provinsi Jambi,” tutup Fachrori.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Jambi, H.Suhaimi Chan mengatakan, pembangunan Masjid ini harus dengan rasa kebersamaan dan gotong royong, salah satunya dengan memberikan infaq dan sedekah untuk pembangunan masjid. “Jika kita ikhlas memberikan sebagian harta untuk pembangunan masjid, mudah-mudahan Allah SWT akan menggantikannya dengan berlipat. Mari kita bersama-sama menyelesaikan pembangunan masjid ini untuk kemaslahatan umat,” kata Suhaimi.

Talak cerai Via Telepon

Oleh: Farida Ayu Nadya S.Sos, M.H

Urusan perkawinan di Indonesia diatur dalam Undang-Undang Perkawinan Nomor  16 Tahun 2019 yang diatur ketentuannya dalam Kompisili Hukum Islam. Aturan-aturan Islam mengenai perkawinan, perceraian, dan perwarisan bersumber dari literatur-literatur Islam dari berbagai mazhab yang dirangkum dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Namun dalam praktek perkawinan yang berlaku di dalam masyarakat, banyak bermunculan hal baru bersifat ijtihad, karena tidak ada aturan yang khusus untuk mengatur hal tersebut.

Perkembangan Teknologi informasi (TI) abad XXI sangat pesat dan menduduki lini kehidupan. Terutama dalam komunikasi yang berbasis kemudahan dalam melakukan hubungan seseorang secara langsung. Konteks dalam Hukum Islam ini yang bersifat universal (umum), sehingga dengan kaidah ushul fikih itu sendiri, bahwa hukum tersebut akan berubah dengan perubahan zaman dan perubahan tempat.

Permasalahannya, hukum positif di Indonesia sekarang ini belum mengatur spesifik kaidah perkawinan yang melalui alur telekomunikasi, sementara itu perkembangan teknologi informasi yang lebih cepat dan pesat jika dibandingkan dengan perkembangan hukum, perangkat hukum dan aparatur penegak hukum demi menyelesaikan persoalan hukum ini dalam bingkai teknologi.

Menurut Undang-Undang Nomor  16 Tahun 2019 tentang Perkawinan, perkawinan adalah ikatan lahir batin seorang laki-laki dan perempuan sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga bahagia dan kekal. Perkawinan pada umumnya dilakukan disatu tempat seperti masjid, rumah, atau gedung dimana calon suami dan calon istri serta walinya hadir di tempat tersebut, namun di Jakarta Selatan pada tahun 1989 terjadi perkawinan melalui telepon, dan hal tersebut sah dengan adanya Putusan Pengadilan Agama Jakarta Selatan No. 1751/P/1989 tentang pengesahan pernikahan melalui telepon, walaupun sampai saat ini hukum positif di Indonesia belum mengatur secara spesifik tentang kaidah perjawinan melalui jalur telekomunikasi.

Pelaksanaan hukum perceraian sebagai bagian dari hukum perkawinan juga bersifat pluralistis, sehinnga pada hal-hal tertentu (perbuataan hukum dan peristiwa hukum tertentu) masing-masing golongan penduduk tunduk pada subsistem hukum perceraian yang berbeda-beda, yaitu sebagai berikut :

a. Hukum perceraian menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUH Perdata) berlaku bagi para suami dan istri warga negara Indonesia yang bergama Islam, yang melakukan perceraian di pengadilan negeri.

b. Hukum perceraian menurut hukum islam berlaku bagi para suami dan istri warga negara Indonesia yang bergama Islam, yang melakukan perceraian di pengadilan agama.

c. Hukum perceraian menurut hukum adat berlaku bagi para suami dan istri warga negara Indonesia yang juga menjadi warga dari kesatuan masyarakat hukum adat dan memegang teguh hukum adatnya, yang melakukan perceraian di pengadilan agama (bagi yang beragama Islam) atau di Pengadilan Negeri (bagi yang beragama Kristen).

Hukum talak (cerai) melalui SMS dapat dianalogikan atau dikiaskan dengan hukum cerai melalui tulisan surat biasa. Sebab kesamaan keduanya merupakan pesan cerai Keabsahan melalui teks yang bukan verbal (lisan), para ulama fikih (fuqaha) sepakat bahwa hal itu efektif jatuh talak. Perceraian adalah putusnya suatu perkawinan antara suami istri yang telah melangsungkan suatu perkawinan, baik cerai hidup maupun cerai mati yang disebabkan oleh beberapa faktor dan memenuhi persyaratan. Dalam perumusanxketentuanxhukum suatu permasalahan atauxperistiwa sebaiknya menggunakanxinstrumen istibat hukum yang konfrehensi agar tercapaixkemaslahatan bagi umat. Alangkah baiknya perkembangan teknologi yang ada saat ini bisa disikapi dengan bijaksana agar pengguna teknologi dapat pengaruh positif bagi perkembangan bangsa dan agama.

- Advertisement -

Must Read

18 Remaja Diamankan Polisi Terkait Pengrusakan Gedung DPRD Kota Jambi

KOTA JAMBI (SR28) - Hingga saat ini, setidaknya sudah ada 18 remaja yang diamankan atas aksi tak terpuji tersebut dan bahkan akan terus bertambah. Seluruhnya diperiksa di Polresta Jambi guna melakukan pengembangan penyelidikan.

Bawaslu Klarifikasi Dugaan Pelanggaran Kampanye 4 Calon Kepala daerah di Jambi

JAMBI (SR28) - Proses klarifikasi itu, dilakukan pihak Bawaslu lantaran para kandidat Pilkada Jambi tersebut diduga melanggar Pasal 187 Ayat 1 Undang-undang Nomor 10 tentang pilkada, yakni dugaan kampanye diluar jadwal.

Fachrori Motivasi Wisudawan Unbari Terus Tinkgkatkan Kompetensi

JAMBI (SR28) - Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum memotivasi para wisudawan/wisudawati untuk terus meningkatkan kompetensi, terutama untuk memenuhi kesiapan menghadapi abad ke-21 dan Revolusi Industri 4.0, yakni SDM yang adaptif, fleksibel, kreatif, inovatif, dan mengusai IT, bahasa internasional, komunikatif, punya sikap leadership yang tinggi, dan juga mempunyai etika moral yang luhur. Motivasi tersebut disampaikannya saat menghadiri Sidang Senat Terbuka Universitas Batanghari (Unbari) dalam Rangka Wisuda Diploma, Sarjana, dan Magister Ke-47 Tahun Akademik 2019/2020, di BW Luxury Hotel, Sabtu, (08/08/2020).

Fachrori mengatakan, perkembangan teknologi dan kemajuan ekonomi saat ini menjadi tantangan berat bagi sarjana-sarjana yang baru lulus dari jenjang pendidikan perguruan tinggi. ”Bagi sarjana yang baru lulus dari Unbari Jambi harus menyadari bahwa saat ini zaman era Revolusi industri 4.0, dimana teknologi industri telah menjadi basis dalam kehidupan manusia. Segala hal menjadi tanpa batas dengan penggunaan komputerisasi dan data yang tidak terbatas, karena dipengaruhi oleh perkembangan internet dan teknologi digital yang massif, sebagai tulang punggung pergerakan dan konektivitas manusia dan mesin,” kata Fachrori.

“Era saat ini juga akan mendisrupsi berbagai aktivitas manusia, termasuk didalamnya bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta pendidikan tinggi. Era yang diwarnai oleh kecerdasan buatan, era super computer, rekayasa genetika, teknologi nano, mobil otomatis, inovasi dan perubahan yang terjadi dalam kecepatan eksponensial yang akan mengakibatkan dampak terhadap ekonomi, industri, pemerintahan, dan juga politik,” ujar Fachrori.

Lebih lanjut Fachrori juga menjelaskan, dalam peningkatan SDM di Provinsi Jambi, Pemerintah Provisi Jambi juga banyak memberikan solusi bagi para pelajar SMA, SMK, dan Para mahasiswa Diploma, S1 saapai Magister diberikan berbagai macam program. ”Untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang sehat, terdidik, berbudaya, agamais, dan berkesetaraan gender mulai dari SMA, SMK, D3, S1, S2, S3 dan Dokter Spesialis dan menjalin berbagai kerjasama baik dengan-lembaga dalam negeri maupun dengan instansi di luar negeri. Selain itu, Pemerintah Provinsi Jambi juga terus berupaya meningkatkan keterampilan SDM angkatan kerja, melalui berbagai pelatihan dan pemagangan sampai ke Jepang, agar tenaga kerja kita memiliki soft skill, hard skill, dan competitive skill yang dibutuhkan oleh dunia Usaha kerja,” jelas Fachrori.

Sebelumnya, Rektor Universitas Batanghari H.Fachruddin Razi,SH,MH menyampaikan, pelaksanaan wisuda kali ini terasa berbeda dari pelaksanaan wisuda sebelumnya. Biasanya, acara wisuda dihadiri oleh orangtua wisudawan, tamu-tamu kehormatan, undangan dari berbagai instansi, serta seluruh dosen di Unbari. Karena adanya pandemi Covid-19, wisuda seperti biasa tidak dilaksanakan. Namun, pelaksanaan wisuda ke-47 memenuhi Protokol Kesehatan Covid-19, yaitu menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun, memakai masker dan pengukuran suhu tubuh, serta tidak bersentuhan secara fisik ataupun bersalaman dan tidak berkerumun. Untuk itu, marilah sama-sama kita mematuhi dan melaksanakannya dengan penuh kesadaran,” kata rektor.

Fachruddin Razi menuturkan, pada pelaksanaan wisuda ke-47 ini, 581 orang yang dinyatakan lulus, yang meliputi 5 fakultas dari 16 program studi yang ada di lingkungan Universitas Batanghari. Rincian dari 581 orang lulusan tersebut: lulusan jenjang pendidikan Strata Dua (S2) 46 orang, lulusan jenjang pendidikan Strata Satu (S1) 529 orang dan lulusan jenjang pendidikan Diploma Tiga sebanyak 6 orang orang. Pada jenjang Pendidikan S2 terdiri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) 54 orang, Fakultas Ekonomi 203 orang, Fakultas Hukum 215 orang, Fakultas Teknik 26 orang, dan Fakultas Pertanian 31 orang. Sedangkan pada jenjang Diploma Tiga sebanyak 6 orang yaitu dari Program Teknik Listrik.

“Dengan diwisudanya sebanyak 581 orang wisudawan/wati pada hari ini, maka Universitas Batanghari telah menghasilkan lulusan sebanyak 14.140 orang,” ujar eektor.

“Harapan saya kepada seluruh wisudawan hari ini, setelah saudara-saudara meninggalkan Universita Batanghari, jagalah nama baik almamater dengan cara menunjukkan jati diri sebagai seorang Sarjana dan Magister yang beriman dan bertakwa, serta siap untuk bekerja keras guna menghasilkan karya-karya yang bermanfaat, bagi saudara sendiri maupun masyarakat sekitarnya. Tuntutlah ilmu sepanjang hayat dikandung badan, dengan tak henti-hentinya memperbanyak membaca berbagai referensi dan aplikasikanlah dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas rektor.

Pemprov Jambi Pastikan Hasil Pemeriksaan Swab Rampung Paling Lama 3 Hari

JAMBI - Atas banyaknya laporan masyarakat, Pemerintah Provinsi Jambi mulai Senin depan atau tanggal 23 November 2020 memastikan setelah 287 spesimen swab yang belum di uji rampung diperiksa. Hasil peemriksaan swab Covid-19 sudah bisa diketahui paling lama tiga hari setelah pengujian.

Operasi Yustisi Perketat Protokol Kesehatan di Kota Jambi

KOTA JAMBI (SR28) - Pemerintah Kota Jambi kembali memperketat penerapan protokol kesehatan. Tindakan tersebut menyusul meningkatnya kasus baru positif Covid-19 dalam beberapa hari terakhir.

Sumber: JAMBI28 TV

Ardy Daud Harap Semua Elemen Siap Hadapi Bencana

JAMBI (SR28) - Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi Restuardy (Ardy) Daud, mengharapkan agar seluruh elemen dan stakeholder (pemangku kepentingan) siap siaga menghadapi dan menanggulangi bencana, karena setiap bencana akan menimbulkan kerugian dalam berbagai bidang. Untuk itu, antisipasi sedini mungkin perlu dilakukan.

Hal tersebut disampaikannya saat memimpin Apel Gabungan Kesiapsiagaan Tanggap Darurat Menghadapi Bencana Hidrometeorologi (banjir, longsor dan angin puting beliung), Provinsi Jambi Tahun 2020, di lapangan depan Kantor Gubernur Jambi, Senin (26/10).

Apel diawali dengan pemeriksaan pasukan, peralatan, dan persiapan logistik oleh. Pjs Gubernur Jambi.

Ardy Daud menyampaikan, apel kesiapsiagaan menghadapi bencana hidrometeorologi dilaksanakan sebagai bentuk keseriusan dan kesiapan Pemerintah Provinsi Jambi dalam menghadapi dan mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana banjir, longsor dan angin puting beliung, sekaligus sebagai bentuk kepatuhan Pemerintah Provinsi Jambi dalam menyikapi Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 440/605/SJ tanggal 8 Oktober 2020 perihal antisipasi dan kesiapsiagaan menghadapi bencana dalam situasi pandemi Covid-19.

”Dalam surat edaran Mendagri tersebut, Pemerintah Daerah segera menyiapkan atau menyiagakan seluruh aparatur daerah dengan mengkoordinasikan dengan TNI, Polri, Basarnas dan instansi vertikal terkait, relawan kebencanaan, serta unsur masyarakat lainnya. Sebagai peningkatan kesiapsiagaan terhadap bencana, kita harus bersinergi dengan kesatuan tugas penanganan Covid-19 di daerah serta menyiapkan sarana dan prasarana yang diperlukan  dalam rangka siaga banjir, tanah longsor, dan risiko  akibat bencana lainnya, personil  sudah siap siaga,” ungkap Ardy Daud.

Pada kesempatan tersebut, Ardy Daud mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas kesiapan Kepala Kepolisian Daerah Jambi dan Komandan Korem 042/Garuda Putih Jambi berserta seluruh peserta apel.

Ardy Daud mengatakan bahwa momen apel ini untuk meningkatkan koordinasi dan sinergi dalam upaya penggulangan bencana hidrometeorologi yang meliput banjir, longsor dan agin putting beliung pada puncak musim hujan di Provinsi Jambi.

Paradigma penaggulangan bencana dewasa ini, lanjut Ardy Daud, sudah mulai berubah dari responsif yang menitikberatkan penanganan saat terjadi bencana menjadi preventif, menitikberatkan penanganan sebelum terjadinya bencana.

”Untuk mendukung paradigma tersebut, Pemerintah Provinsi Jambi dalam kesiapan menghadapi bencana hidrometeorologi telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) gabungan bencana hidrometeorologi yang melibatkan Pemrov Jambi, Kabupaten/Kota, TNI/Polri, dunia usaha, unsur media, dan akademisi,” jelas Ardy Daud.

Ardy Daud berharap semua stakeholder dapat melaksanakan aksi penguatan kesiapsiagaan dan peringatan dini, seperti melakukan pengecekan atau inspeksi sarana dan prasarana yang diperlukan dalam upaya pengentasan bencana.

”Agar satgas bencana dapat berkerja dengan baik, efektif dan efisien, karena akan fokus pada upaya antisipasi bencana banjir, longsor dan angin puting beliung, dengan harapan apabila bencana terjadi, satgas dengan cepat dan tepat mengatasinya dalam menjaga keselamatan masyarakat,” harap Ardy Daud.

Ardy Daud menyatakan, dalam penagananan bencana di Provinsi Jambi akan menggunakan sistem komando untuk menetapkan suatu wilayah dalam kondisi status siaga, akan mendirikan pos siaga sebagai bentuk kesiagaan menghadapi bencana mengingat akhir-akhir ini potensi hujan mulai meningkat.

“Bulan November, menurut kepala BMKG Provinsi Jambi akan memasuki masa puncak hujan, sangat perlu kita antisipasi, mulai saat ini sudah siap siaga dalam personil dan perlengkapan termasuk logistik harus siap siaga,” tegas Ardy Daud.

”Kita akan mengajak seluruh elemen masyarakat dan stakeholder baik Kabupaten/Kota, sampai ke desa-desa, untuk berkerja sama dalam penaganan bencana. Kita harus membangun sinergi dengan masyarakat,” pungkas Ardy Daud.

Lifestyle Magazine

Aliansi Muslim Jambi Serukan Boikot Produk Prancis

KOTA JAMBI - Setelah Selesai melakukan shalat Jum’at ratusan masa yang tergabung dalam Aliansi Muslim Indonesia yang berjumlah ratusan umat muslim berkumpul di masjid agung al falah broni kota jambi,dan melakukan konvoi menuju tugu juang Sipin,tampak aksi tersebut dikawal oleh aparat kepolisian. Dalam orasinya, dihimbau untuk masyarakat muslim untuk tidak membeli dan memboikot produk – produk Prancis yang ada di Indonesia khususnya daerah Jambi.

Gubernur Jambi Lepas Petugas Patroli Pencegahan Karhutla

JAMBI (SR28) - Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum melepas petugas patroil pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dalam Apel Pelepasan Petugas Patroli Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan dan Pembalakan Liar di Provinsi Jambi Tahun 2020, di lapangan dalam Makorem 042/Gapu, Minggu (02/08/2020) pagi. Fachrori mengatakan, dalam mengatasi dan pencegahan karhutla di Provinsi Jambi, ditempatkan 254 personil gabungan di daerah rawan kebakaran hutan dan lahan, agar mudah terpantau dan mudah diatasi.

Sebelum pelepasan, Gubernur Jambi Fachrori Umar didampingi Kapolda Jambi Irjen Pol.Firman Santyabudi dan Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Zulkifli melakukan pengecekan persiapan personil yang akan melaksanakan tugas patroli pencegahan karhutla.

Fachrori mengucapkan terima kasih kepada Kepolisian daerah Jambi dan Komandan Korem 042/Gapu Jambi beserta jajaran dan seluruh peserta apel siaga. Fachrori berharap momen ini bisa meningkatkan koordinasi dan sinergi dalam upaya bersama penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi.

Fachrori mengatakan, kebakaran hutan dan lahan banyak menimbulkan dampak negatif yang merusak ekologis, menurunnya keanekaragaman hayati, perubahan iklim, serta menimbulkan asap yang dapat mengganggu kesehatan masyarakat dan mengganggu aktivitas trasportasi darat, laut, dan udara. ”Pada tahun 2019 yang lalu, kita pernah merasakan dampak yang sangat buruk dari kebakaran hutan dan lahan, selain menyebabkan kerugian, material berupa terbakarnya lahan-lahan produktif dan kawasan hutan, termasuk lahan gambut yang mestinya terjaga kondisi tutupannya, juga menyebabkan merebaknya penyakit, khususnya Inveksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), serta terganggunya berbagai aktivitas kehidupan manusia,” terang Fachrori.

Fachrori menegaskan agar kejadian kebakaran hutan dan lahan tidak terjadi lagi, semua pemangku kepentingan harus waspada dan selalu mengantisipasi berbagai kemungkinan di seluruh wilayah Provinsi Jambi.

Fachrori menjelaskan, paradigma penanggulangan bencana dewasa ini sudah berubah dari responsif yang menitikberatkan penanganan saat telah terjadi bencana, menjadi preventif, yang menitikberatkan penanganan sebelum terjadinya bencana. ”Untuk mendukung paradigma tersebut, Pemerintah Provinsi Jambi telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Gabungan Karhutla yang melibatkan Pemrov Jambi, Pemkab/Pemkot, TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni, dunia usaha bidang kehutanan dan perkebunan serta masyarakat. Satgas yang telah dibentuk akan ditempatkan di 171 desa/kelurahan rawan kebakaran hutan dan lahan,” jelas Fachrori.

“Untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Provinsi Jambi, kita akan menempatkan petugas patroli di beberapa titik wilayah rawan kebakaran hutan dan lahan. Saya berharap kepada petugas di lapangan dapat berkerja dengan baik dan efektif serta efisien, fokus pada upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan, bukan pemadaman. Tindakan pemadaman harus tetap dilakukan apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan yang tidak terkendali,” tutur Fachrori.

Selain itu, Fachrori juga berpesan kepada petugas dilapangan yang, dalam suasana pandemi Covid-19, selalu memedomani protokol kesehatan dalam semua tindakan di lapangan. ”Seluruh petugas di lapangan tetap utamakan keselamatan dan menjalankan protokol kesehatan dalam bertugas. Kepada komandan Korem 042/Garuda Putih, Brigjen TNI Zulkifli, sesuai dengan Surat Keputusan Nomor 540/Kep.Gub/BPBD-2/2020 tanggal 1 Juli 2020, gubernur selaku komandan Satuan Tugas menunjuk saudara Danrem 042/Gapu sebagai Pelaksana Harian Komandan Satuan Tugas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Jambi tahun 2020. Saya yakin dan percaya bahwa Danrem mampu melaksanakan tugas harian (Dansatgas) tersebut dengan baik dan penuh tanggung jawab,” ujar Fachrori.

Korem 042/Gapu Brigjen TNI Zulkifli menyampaikan, bahwa hari ini Satgas akan menempatkan petugas di beberapa titik yang rawan kebakaran hutan dan lahan, petugas akan berkerja sama dengan petugas koramil yang ada di wilayah tertentu seperti di Sadu dan Muaro Jambi. ”Pasukan yang kita kirim merupakan gabungan dari semua istansi, ada TNI, Polri, BPBD, Polhut, Manggala Agni. Minggu depan kita akan megirim pasukan ke daerah Kumpeh untuk antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Untuk itu, Korem mengimbau masayarakat dan pengusaha perkebunan untuk berkerja sama dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan,” jelas Danrem 042/Gapu.

Kapoda Jambi Irjen Pol. Firman Santyabudi menyampaikan, Polda Jambi sudah menyiapkan 1.500 personil, sebagian sudah masuk di polres/polsek kabupaten/kota se Provinsi Jambi yang disebut dengan Gugus Tugas Kabupaten. ”Personil yang kita siapkan agar mendekatkan ke lokasi titik rawan kebakaran hutan dan lahan, guna pencegahan lebih dini, agar cepat memadamkan api. Kita minta masyarakat agar bisa berkerja sama untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan bersama-sama. Selain itu, kita terus melakukan patroli dan pemantauan dari jauh. Kita minta perusahan untuk berkerja sama untuk memadamkan api di wilayah perusahannya masing-masing,” terang Kapolda. (Muhammad Sidik)

Gubernur BEM Unbari, Putra Daerah Tungkal Kritik Soal Penutupan RSUD Daud Arif

KUALA TUNGKAL (SR28) – Diketahui sebelumnya telah beredar informasi tentang surat edaran terkait penutupan ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah sakit KH. Daud Arif Kuala Tungkal dikarenakan sebelumnya ada dua pegawai Rumah Sakit yang berprofesi sebagai Perawat dinyatakan Positif terpapar Covid-19.‌‌

Terkait telah beredarnya surat Edaran Nomor : 445/1412/RSUD/2020 tentang informasi penutupan Ruang Instalasi Gawat Darurat  (IGD) RS. Daud Arif Kuala Tungkal yang dimulai dari Tanggal 17 Agustus 2020 sampai waktu yang tidak ditentukan karena beberapa tenaga medisnya terpapar Covid-19, mendapat beberapa tanggapan dari kalangan elemen masyarakat salah satunya dari kalangan Mahasiswa asal Tanjung Jabung Barat yang juga gebernur BEM Hukum Universitas Batanghari yaitu Ferdiono.‌‌

Kepada media Ferdiono ketika ditemui dikediamannya mengatakan, seharusnya pihak rumah sakit jangan asal menutup pelayanan di rumah sakit hanya karena Covid-19, apalagi pelayanan IGD dibutuhkan masyarakat untuk pelayanan penyakit yang bersifat Darurat.

"Untuk itu kita meminta pihak rumah sakit (RSUD Daut Arif) mempertimbangkan keputusannya dalam menutup pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit tersebut , jangan sampai tidak bisa di akses oleh masyarakat yang memang membutuhkan," ujarnya. (Sabri)

Wacana RSUD Raden Mattaher jadi Rumah Sakit Khusus Covid-19

JAMBI (SR28) - Pemerintah Provinsi Jambi mewacanakan RSUD Raden Mattaher Jambi menjadi rumah sakit khusus penanganan Covid-19. Hal tersebut atas pertimbangan belum adanya rumah sakit Covid-19 di Provinsi Jambi seiring semakin meningkatnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Nonton berita menarik lainnya di JAMBI28.TV

Dampak Corona, Penerimaan Pajak Kota Jambi Masih Rendah

KOTA JAMBI - Belum maksimalnya realisasi Pendapatan Daerah itu, juga akibat dari kebijakan pembebasan pajak beberapa sektor yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Jambi, lantaran untuk menghentikan sementara kegiatan di masa awal kehadiran virus corona.

Video News

- Advertisement -

Warga Geruduk Kantor Pos Indonesia di Jambi Persoalkan BLT Covid-19

KOTA JAMBI (SR28) - Sejumlah warga yang tergabung dalam Laskar Merah Putih Perjuangan menggeruduk Kantor Pos Wilayah Jambi yang terletak di Kawasan Pasar Kota Jambi.

Mereka menuding jika PT Pos tidak menyalurkan sejumlah BLT terhadap masyarakat yang masuk kategori penerima.Informasi yang terhimpun, lembaga swadaya masyarakat ini menemukan fakta jika ada sekitar 2800 penerima BLT tahap pertama tidak mendapat BLT lagi pada tahap kedua penyaluran BLT pandemi Covid 19 ini.

Dalam aksinya, massa langsung diterima oleh Kepala Kantor Pos Wilayah Jambi dan menggelar audiensi.Menyikapi tudingan itu, Kepala Kantor Pos Wilayah Jambi menyebut jika mengenai jumlah penerima berikut pengurangan jumlah penerima itu adalah wewenang Kementerian Sosial RI.Massa akhirny membubarkan diri setelah mendapat klarifikasi dari Kepala Pos Jambi. (Sidik)

Sumber: JAMBI28 TV

Satgas Covid-19 Bersitegang Dengan Pelanggar Protokol Kesehatan

BUNGO (SR28) - Tim gabungan Satgas Covid-19 kabupaten Bungo, Provinsi Jambi menggelar operasi Yustisi dalam rangka penegakan disiplin protokol kesehatan Covid-19. Ironisnya lagi, saat dilakukan penindakan, ada saja warga yang justru marah kepada petugas saat ditanya mengapa tidak mengenakan masker dan malah adu mulut dan saling dorong antara warga yang melanggar dengan petugas.

Jon Kenedi Nahkodai Karang Taruna Kelurahan Sungai Binjai

BUNGO (SR28) - Jon Kenedi terpilih menjabat Ketua Karang Taruna kelurahan Sungai Binjai periode 2020 - 2025, ditetapkan sesuai hasil musyawarah bersama di kantor kelurahan Sungai Binjai pada 29 Juli 2020.

Jon Kenedi sangat berterima kasih kepada semua unsur tokoh masyarakat yg terlibat didalam musyawarah pemilihan ketua karang taruna kelurahan Sungai Binjai.

"Sayo mengucapkan terima kasih banyak,atas dipercayoinyo sayo untuk menjabat sebagai Ketua karang taruna kelurahan Sungai Binjai," ujarnya.

Ari Gondrong sangat berbangga hati adanya kader Pejuang Siliwangi Indonesia Cabang Bungo memimpin karang taruna dilingkup kabupaten Bungo terkhusus di kelurahan Sungai Binjai.

"Sayo selaku ketua ormas Pejuang Siliwangi Indonesia cabang Bungo, sangat bangga ado kader dari Pejuang Siliwangi Indonesia cabang Bungo yang duduk di kursi ketua karang taruna kelurahan," ungkapnya.

Selain itu Ari Gondrong berharap Jon Kenedi selaku ketua bisa amanah dan bertanggung jawab atas jabatannya.

"Semoga Jon Kenedi biso amanah dengan tanggung jawabnyo,dan memberikan peran yang iyo nian nyato dimato masyarakat, " tutupnya.

Sekda Tanjabbar Pimpin Apel Komitmen Sukseskan Pilkada 2020, ASN Ikrarkan Netralitas

KUALA TUNGKAL (SR28) - Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Tanjung Jabung Barat gelar Apel Ikrar Netralitas pada Pilkada Serentak 2020 di Kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing, Rabu (14/10/2020).

Sekretariat Daerah saat gelar apel yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Ir. H. Agus Sanusi, M.Si. di Balai Pertemuan Kantor Bupati.

Mengangkat ikrar yang mana Poin ikrar tersebut dibaca langsung oleh ASN dan Non ASN Tanjab Barat,untuk berkomitmen aktif mensukseskan pilkada serentak 2020 serta menjunjung netralitas selama masa kampanye.

Dalam ikrar yang dibaca ada 4 poin yang menjadi janji sekaligus komitmen penting dari seluruh ASN dan Non ASN dalam gelaran pilkada 2020. Pemkab juga siap mendukung KPU dan Panwaslu demi keberlangsungan pilkada yang damai dan demokratis.

Sekda H. Agus Sanusi saat ditemui setelah Apel Ikrar Netralitas ASN berharap seluruh ASN dan Non ASN di lingkup Pemkab Tanjab Barat komit dengan ikrar yang telah di baca. Semua poin-poin dalam ikrar agar dilaksanakan sehingga seluruh aparatur pemkab tidak ada yang tersandung kasus hukum."tegas sekedar.

Lanjut sekda, "Ikrar Netralitas ASN ini sebagai bentuk komitmen Pemkab Tanjab Barat untuk mensukseskan Pilkada Serentak 2020. Saya harap seluruh ASN dan Non ASN komit dengan ikrar yang telah dibaca. Jadi jangan ada yang menyebar berita bohong, memihak salah satu pasangan calon dan juga bijak dalam menggunakan media sosil," harap Sekda.

Terkait sanksi bagi ASN dan Non ASN yang ditemukan tidak netral Sekda akan bertindak tegas sesuai aturan perundang-undangan.

"Bagi ASN dan Non ASN yang tidak netral serta mendapat laporan dari berbagai pihak akan kita tindak sesuai tingkat kesalahannya. Sudah ada aturan yang tegas mulai dari SKB 5 Kepala Lembaga tentang Netralitas, UU ASN dan PP 53/2010 tentang Disiplin PNS," tutup Sekda.

Apel ditandai dengan penandatanganan naskah ikrar secara simbolis oleh Sekda bersama Asisten Administrasi Umum dan Staf Ahli Bupati bidang Politik dan Hukum. Untuk seluruh ASN ditandatangani di ruangan masing-masing.

Hadir dalam Apel Ikrar Netralitas ASN para Asisten Setda, Staf Ahli Bupati, Kepala Bagian dan Kasubbag lingkup Sekretariat Daerah. (Sabri)

Polda Jambi Amankan 41 Kg Sabu, 6 Tersangka Diringkus

JAMBI (SR28) - Polda Jambi bersama Polres Muaro Jambi berhasil menggagalkan pengirim narkoba jenis Sabu-sabu sebanyak 41 Kg dari dua kasus yang berbeda. Enam pelaku diamankan, namun satu diantaranya terpaksa ditembak hingga tewas lantaran berusaha melawan saat penyergapan.

Jelang Natal dan Akhir Tahun, Bulog Pastikan Stok Beras di Jambi Aman

JAMBI  - Menjelang perayaan natal dan taun baru 2021, kantor wilayah Bulog Jambi pastikan stok beras untuk provinsi Jambi aman dan terkendali. Stok beras yang ada di seluruh gudang bulog di wilayah provinsi Jambi setidaknya tercatat ada 9000 ton beras untuk saat ini.

Dengan estimasi konsumsi masyarakat Jambi yang encapai 1500 ton perbulan, Kanwil Bulog Jambi jamin stok beras tersebut akan aman hingga 6 bulan kedepan.

- Advertisement -

Music

Penemuan Ular Raksasa Hebohkan Warga

Warga rt 19 kelurahan teratai, Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batanghari, berhasil menangkap ular Phyton berukuran besar. Ular yang diperkiran berukuran 7,5 meter tersebut ditangkap disebuah perkebunan milik warga. Pada Selasa (04/08/2020) pagi.

Penangkapan ular ini berawal pada saat seorang warga tengah membersihkan kebun dan melihat seekor ular berukuran besar bersembunyi di semak. Takut nyawanya terancam, ia langsung memanggil sejumlah warga untuk melakukan penangkapan. Pada saat dilakukan penangkapan, warga sempat kesulitan pasalnya bobot ular tersebut diperkirakan mencapai puluhan kilogram.

Dengan peralatan seadanya, akhirnya warga yang beramai-ramai berhasil mengevakuasi ular dari dalam semak. Sebelum ditangkap, ular phyton ini dikabarkan sempat memangsa sejumlah ternak warga.

Pasalnya, beberapa waktu lalu warga kehilangan anak sapi yang diduga sudah dimakan ular tersebut.

Sumber: JAMBI28 TV

Wabup Amir Sakib Siap Disuntik Vaksin Sinovac, Berikan Contoh Ke Masyarakat

Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat menyatakan siap untuk di suntik vaksin Sinovac Covid-19, karena tidak ada alasan untuk ragu dengan vaksin yang akan disuntikan ke tubuh.

Rangkuman Berita Pekan Ini 20 September 2020

JAMBI (SR28) - Sejumlah rangkuman berita terhangat sepanjang pekan ini dirangkum dalam program Jambi This Week edisi 20 September 2020.

JAMBI THIS WEEK EDISI 20 SEPTEMBER 2020

JAMBI THIS WEEK EDISI 20 SEPTEMBER 2020

Posted by JAMBI28 TV on Saturday, September 19, 2020
Sumber: JAMBI28.TV

Release Pers KAMI Provinsi Jambi

Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Provinsi Jambi dideklarasikan, Jumat, 30 Oktober 2020. Acara deklarasi dilaksanakan di Sekretariat KAMI Provinsi Jambi di Jl Prof Muhammad Yamin, SH, Kel. Lebak Bandung, Kec. Jelutung, Jambi.

Deklarasi diikuti sekitar 40 anggota KAMI. Sebenarnya, ada lebih dari 200 anggota, namun panitia sengaja membatasi jumlah peserta deklarasi mengingat saat ini sedang pandemi Covid-19.

Dalam deklarasi ini turut bergabung tiga presidium KAMI nasional : Jend (Purn) Gatot Nurmantyo, Prof Dr Din Syamsuddin, dan Prof Dr Din Rochmat Wahab. Ketiganya tergabung secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting. Mereka dijadwalkan menyampaikan pidato kebangsaan.

Deklarasi dimulai sekitar pulul 14.00 WIB. Usai pembukaan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan teks Pancasila oleh Anwarsyah (Presidium KAMI Provinsi Jambi), pembacaan deklarasi oleh Amrizal Ali Munir (Presidium KAMI Provinsi Jambi), dan pembacaan Jati Diri KAMI oleh Muhamad Usman (Komite Eksekutif KAMI Provinsi Jambi).

Kemudian, Presidium KAMI nasional Din Syamsudin menyampaikan pidato kebangsaan. Dalam pidatonya, Din menyatakan saat ini ada gejala yang mengarah pada kediktatoran konstitusional di pemerintahan.

"Adanya gejala dan gelagat kekuasaan yang di negara kita mengarah pada constitutional dictatorship atau kediktatoran konstitusional," kata Din.

Menurut mantan ketua umum PP Muhammadiyah ini kediktatoran konstitusional adalah tindakan menyimpang dari nilai-nilai dasar negara untuk mengukuhkan kekuasaan. Saking kuatnya kediktatoran akan berpengaruh pada bergesernya sistem demokrasi menjadi otokrasi.

"Sekarang Indonesia jadi otokrasi bukan demokrasi. Otokrasi yaitu kekuasaan yang berpusat pada satu orang. Ini yang disebut dalam literatur ilmu politik sebagai democratic centralizm, demokrasi yang terpusat seperti dulu," ujarnya.

Din menyebutkan munculnya Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan Untuk Penanganan Pandemi Covid-19 sebagai gejala kediktatoran. Dalam UU tersebut, hak dan fungsi DPR dalam penganggaran ditarik ke presiden.

Untuk itu, tegas Din, sekarang harus ada kelompok masyarakat yang mau mengoreksi jalannya pemerintahan.

" KAMI hadir untuk itu. Oleh karena itu, gerakan moral kami tidak boleh berhenti, harus terus kita suarakan. Seberapa besar hambatan itu," ucapnya.

Usai Din Syamsuddin menyampaikan pidato kebangsaan, Prof Dr Rochmat Wahab juga memberikan pidato kebangsaan. Rochmat Wahab mengkritik penanganan pandemi Covid-19, diantaranya adalah penanganan di lapangan atas izin diterbitkan oleh Satgas Covid-19.

“Yang diberi izin maupun yang tidak diberi izin penanganan di lapangan sama saja, tidak ada bedanya,” ujar Rochmad Wahab.

Belum lama Rochmad Wahab menyampaikan pidato kebangsaan, petugas Satgas Covid-19 Kota Jambi yang didalamnya ada unsur kepolisian mendatangi lokasi deklarasi. Petugas melakukan monitoring untuk memastikan pelaksanaan deklarasi menerapkan protokol kesehatan.

Kemudian dicapai kesepakatan, deklarasi langsung ditutup dengan acara pemotongan tumpeng. Karena acara dihentikan, Jend (Purn) Gatot Nurmantyo batal memberikan pidato kebangsaan.

Atas kejadian tersebut, KAMI Provinsi Jambi menyampaikan point-poin sebagai berikut :

  1. KAMI Provinsi Jambi sudah resmi berdiri dengan ditandai deklarasi yang dilaksanakan 30 Oktober 2020.
  2. KAMI Provinsi Jambi mengkritik keras segala bentuk diskriminasi, intimidasi, dan tindakan yang menghalang-halangi kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengemukakan pendapat oleh pemerintah.
  3. KAMI Provinsi Jambi menyampaikan apreasiasi dan penghormatan kepada Satgas Covid 19 dan kepolisian, yang telah menjalankan tugasnya. Namun demikian, KAMI Provinsi Jambi menyampaikan protes kepada Satgas Covid-19 yang tidak menegakkan keadilan dalam penegakan aturan. Saat dilaksanakan demo besar-besaran yang jumlah pesertanya mencapai ribuan orang, Satgas tidak melakukan penindakan. Namun, kepada KAMI yang melakukan deklarasi dengan jumlah peserta kurang dari 50 orang, Satgas melakukan penindakan.

Demikian, rilis pers kami, untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi kami.

AMRIZAL ALI MUNIR
Presidium KAMI Provinsi Jambi
No HP : 082371118009

Sport News

Astaga! Kecanduan Filler Pipi, Bentuk Wajah Wanita Ini jadi Aneh

Wanita bernama Anastasiia Pokreshchuk ini, nekat melakukan injeksi filler sendiri di bagian wajahnya, demi menonjolkan tulang pipinya.

Namun, kecanduan Anastasiia terhadap injeksi filler itu malah membuat bentuk wajahnya jadi terlihat aneh. Tulang pipinya tampak begitu menonjol, tak seperti pada umumnya.

Walaupun terlihat aneh di mata banyak orang, namun wanita asal Ukraina ini mengaku sangat puas dengan penampilan wajahnya yang sekarang.

"Setelah aku mendapatkan injeksi filler dan aku melihat perubahan di pipiku, aku jatuh cinta dengan bentuknya. Aku suka pipiku, aku ingin bentuknya seperti itu dan aku sangat senang," ungkap Anastasiia, dilansir dari Daily Star.

Anehnya, Anastasiia nekat menginjeksi filler dengan bahan hyaluronic acid filler ke pipinya, tanpa pernah belajar ilmu kesehatan dan kedokteran.

"Aku sering menyuntikkan beberapa bagian di wajahku sendiri. Aku memahami bahwa terlihat aneh bagi orang lain tapi aku tidak memikirkannya," sambungnya.

Anastasiia mengaku, filler pipi yang dilakukannya seorang diri malah membuatnya jadi lebih percaya diri. Sebelum melakukan filler, Anastasiia mengaku sangat tidak percaya diri, ia bahkan malu untuk mengunggah foto di media sosial.

"Aku sangat malu dengan segalanya, suaraku, penampilanku. Aku bekerja keras untuk itu," jelasnya. (Indozone)

558,43 Hektare Lahan Di Provinsi Jambi Terbakar

JAMBI (SR28) - Sejak 1 Januari 2020 hingga tanggal 17 Oktober 2020, setidaknya seluas 558,43 hektare lahan di Provinsi Jambi terbakar. Luasnya sendiri terbagi dibeberapa  wilayah di Provinsi Jambi yang kekurangan curha hujan.

Tim SAR Lakukan Pencarian Bocah 7 Tahun yang Tenggelam di Sungai Batanghari

KOTA JAMBI (SR28) - Upaya pencarian korban terus dilakukan tim SAR gabungan. Namun higga Kamis sore korban belum berhasil ditemukan. Operasi pencarian dilanjutkan Jumat pagi atau hingga 7 hari kedepan jika korban belum juga ditemukan.

- Advertisement -

HUT RI Ke 75, DPRD Tebo Gelar Paripurna Dengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI

TEBO (SR28) - DPRD Kabupaten Tebo menggelar sidang Paripurna dalam rangka Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI secara virtual, di Aula kantor DPRD Tebo, pada Jum'at (14/08/2020).

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Tebo, Mazlan, S. Kom didampingi Wakil I Aivandri, AB dan diikuti Anggota DPRD Kabupaten Tebo lainnya serta dihadiri oleh Bupati Tebo Dr.H.Sukandar dan Wabup Tebo Syahlan Arfan.

Suasana parpurna mendengarkan pdato kenegaraan

Dalam sambutannya pada sidang tersebut, Mazlan mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menjadikan HUT RI Ke-75 ini sebagai momentum instrospeksi diri dan mengisi kemerdekaan dengan hal yang positif.

"Pada peringatan HUT RI Ke-75 ini baiknya kita jadikan momentum untuk memperbaiki diri dan bersyukur karena kita bisa menikmati kemerdekaan. Rasa syukur tersebut diwujudkan dengan memberikan kontribusi nyata untuk perbaikan ditengah masyarakat." ujarnya.

Seluruh anggota DPRD Tebo gunakan mengikuti protokol kesehatan selama paripurna berlangsung

Sementara itu Presiden RI Joko Widodo pada Pidato Kenegaraan mengatakan meskipun peringatan pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya dikarenakan pandemi Covid-19, namun semangat untuk mengisi kemerdekaan harus semakin baik.

"Mari kita jadikan momentum musibah pandemi sebagai kebangkitan baru untuk melakukan lompatan besar di berbagai aspek. Inilah saatnya kita membenahi diri secara fundamental, melakukan transformasi besar," ajaknya.

Presiden Jokowi saat pidato kenegaraan dalam secara virtual


Selain itu, Presiden Jokowi juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjadikan krisis yang disebabkan pandemi ini dijadikan pembelajaran. Beliau mengibaratkan sebuah komputer dimana ketika ada kendala akan memiliki kesempatan mem- setting ulang semua sistemnya.

"Jangan sia - siakan pelajaran yang diberikan oleh krisis. Jangan biarkan krisis membuahkan kemunduran. Justru momentum Krisis ini harus kita bajak untuk melakukan lompatan kemajuan." tegasnya.

Bupati Tebo, Sukandar saat mengikuti pidato kenegaraan


Dalam rapat paripurna tersebut tampak hadir pula Sekretaris Daerah, Drs. Teguh Arhadi, MM, Unsur Forkopimda, Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati, dan Kepala OPD serta Bagian Lingkup Pemkab Tebo. (Tim Liputan)

Maling iPhone 7, Buruh Harian di Jambi Ditangkap Polisi

KOTA JAMBI - Seorang buruh harian di Jambi ditangkap Reskrim Polsek Jambi Timur, lantaran nekat mencuri sebuah Iphone 7 milik tetangganya sendiri. Aksi tak terpuji tersebut dilakukan pelaku pada pertengahan bulan Juni lalu, saat korban tengah menjalankan sholat subuh di rumahnya.

Sumber: JAMBI28 TV

Pulang Kunker dari Bali, Anggota DPRD Jambi Terpapar Covid 19

JAMBI - Satu orang anggota DPRD Jambi dinyatakan positif terpapar Covid-19 setelah pulang melakukan kunjungan kerja dari Bali. Kabar ini dibenarkan langsung oleh Satgas penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah kepada awak media.

Kapan Perda Covid-19 Provinsi Jambi Terbit?

JAMBI (SR28) - Peraturan Daerah (Perda) terkait Covid-19 Provisni Jambi tampaknya belum akan terbit dalam waktu dekat. Hal ini lantaran, progresnya baru sampai tahap penyusunan materi oleh Tim terkait.

TV

Pemkot Jambi Kewalahan, Jelang Pencoblosan 176 Petugas KPPS Dinyatakan Reaktif Rapid Test

KOTA JAMBI - Pemkot Jambi seakan tak beraya untuk menangani ratusan warga Kota Jambi yang telah dinyatakan Reaktif itu untuk selanjutnya menjalankan pemeriksaan swab Covid-19.

Guna menanggulangi hal tersbeut. Pemkot Jambi malah meminta bantuan pemerintah Provinsi Jambi untuk memberikan bantuan pemeriksaan swab bagi 176 KPPS reaktif ini.

Reuni 212 Ditolak, PA 212 Ultimatum Pemerintah. Begini Katanya

JAKARTA (SR28)- Tidak diberinya izin reuni 212 oleh pengelola Monas DKI Jakarta mendapat dua respon dari PA 212, yaitu Kooperatif dan Ultimatum.

Ketua Umum PA 212 Ust Slamet Ma'arif dalam pernyataan resminya menyatakan jika pihaknya menerima keputusan Pemprov DKI melalui pengelola Monas.

"kami menerima keputusan tersebut" ungkap Ust.Slamet Ma'arif

Namun demikian, PA 212 juga mengultimatum balik kepada Pemerintah agar lebih konsisten dalam penegakan protokol kesehatan. Pasalnya, PA 212 menilai banyak kerumunan diberbagai tempat oleh berbagai elemen masyarakat, namun berbeda dalam hal penindakan dilapangan.

"Kami juga akan sama-sama pantau jika terjadi keramaian dimanapun agar dapat ditindak juga. Apalagi banyak Pilkada yang mengumpulkan massa dalam jumlah yang banyak. Jika pemerintah masih membiarkan hal ini, maka kami akan turut menggelar reuni 212 dengan waktu yang tepat pula" tegasnya.

Pemprov Jambi Pastikan Hasil Pemeriksaan Swab Rampung Paling Lama 3 Hari

JAMBI - Atas banyaknya laporan masyarakat, Pemerintah Provinsi Jambi mulai Senin depan atau tanggal 23 November 2020 memastikan setelah 287 spesimen swab yang belum di uji rampung diperiksa. Hasil peemriksaan swab Covid-19 sudah bisa diketahui paling lama tiga hari setelah pengujian.

Kena Jeratan Pemburu, Anak Gajah Terluka di Perkebunan Warga

JAMBI (SR28) - Seekor anak gajah yang diperkirakan berusia 5 tahun yang memiliki bobot 1,5 sampai 2 ton ditemukan dalam kondisi terluka...