Jumat, Januari 22, 2021

KPU Tanjabbar Tetapkan Uas-Haira Calon Bupati Dan Wakil Bupati Terpilih Pemilu Serantak 2020

KUALA TUNGKAL (SR28) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab.Tanjab Barat Gelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Hasil...

Pembangunan Jalan Mayang RT.09 Baru Sebulan Selesai Sudah Menimbulkan Debu

KUALA TUNGAKAL (SR28) – Pembangunan atau peningkatan Jalan Mayang Rt.09 di Kelurahan Sungai Nibung, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjab Barat oleh Dinas...

Polisi Tangkap Kakek Dan Cucu Pemilik 3 Hektare Ladang Ganja

Klik video dibawah untuk nonton berita selengkapnya. https://www.youtube.com/watch?v=RUbDdYV04x8&feature=emb_title

Penumpang Angkot Hanya Bayar 200 Rupiah, Supir : Tak Usah Bayar

Klik video dibawah untuk menonton berita selengkapnya. https://www.youtube.com/watch?v=5cO4INqitE4&feature=emb_title

Technology

Haris-Sani Goyah, Partai Berkarya Versi Tommy Soeharta Tak Diakui Kemenkumham

KOTA JAMBI (SR28)- Kedinamisan politik terus terjadi di pusat hingga daerah menjelang Pilkada 2020 mendatang. Kabar teranyar datang dari Partai Berkarya. Partai yang disebut-sebut punya keluarga mantan presiden RI ke-2 tersebut mengalami dualisme hingga berujung pada sengketa keabsahan siapa yang memiliki legitimasi menjadi ketua partai.

Konflik runcing antara Tommy dan Muchdy PR berujung pada Munaslub yang digelar pada 11-13 juli 2020 kemarin. Dalam munas tersebut, Muchdy terpilih sebagai ketua umum yang sah Partai Berkarya.

Pada rabu siang (5/8), Kementerian Hukum dan HAM resmi memutuskan ketua umum Partai Berkarya adalah Muchdy PR.

Pergantian Ketum Partai Berkarya tersebut disebut-sebut berimplikasi pada dukungan disejumlah daerah, termasuk Jambi. Untuk Provinsi Jambi, Partai Berkarya telah resmi memutuskan bahwa mereka mendukung Alharis-Sani.

Menyikapi hal tersebut, tim sukses Alharis Hasan Mabruri mengaku jika dia dan tim telah memiliki plan lain jika akhirnya dukungan diarahkan ke pasangan lainnya.

"langkah antisipasi sudah kita siapkan" katanya kepada wartawan

Hasan juga optimis jika dukungan Partai Berkarya tidak akan berpaling dari Alharis mengingat hubungan Alharis dengan ketua Partai Provinsi Jambi sangat akrab.

Jurnalis: Muhammad Sidik

- Advertisement -

Gelar Hiburan Malam Tanpa Izin, Tim Satgas Tegur Keras Hotel ODua Weston Jambi

KOTA JAMBI - Menggelar acara hiburan malam namun tak miliki izin relaksasi dunia usaha, hotel ODua Weston Jambi diberi teguran keras tim koordinator relaksasi Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jambi.

Sumber: JAMBI28 TV

Ardy Daud Harap Semua Elemen Siap Hadapi Bencana

JAMBI (SR28) - Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi Restuardy (Ardy) Daud, mengharapkan agar seluruh elemen dan stakeholder (pemangku kepentingan) siap siaga menghadapi dan menanggulangi bencana, karena setiap bencana akan menimbulkan kerugian dalam berbagai bidang. Untuk itu, antisipasi sedini mungkin perlu dilakukan.

Hal tersebut disampaikannya saat memimpin Apel Gabungan Kesiapsiagaan Tanggap Darurat Menghadapi Bencana Hidrometeorologi (banjir, longsor dan angin puting beliung), Provinsi Jambi Tahun 2020, di lapangan depan Kantor Gubernur Jambi, Senin (26/10).

Apel diawali dengan pemeriksaan pasukan, peralatan, dan persiapan logistik oleh. Pjs Gubernur Jambi.

Ardy Daud menyampaikan, apel kesiapsiagaan menghadapi bencana hidrometeorologi dilaksanakan sebagai bentuk keseriusan dan kesiapan Pemerintah Provinsi Jambi dalam menghadapi dan mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana banjir, longsor dan angin puting beliung, sekaligus sebagai bentuk kepatuhan Pemerintah Provinsi Jambi dalam menyikapi Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 440/605/SJ tanggal 8 Oktober 2020 perihal antisipasi dan kesiapsiagaan menghadapi bencana dalam situasi pandemi Covid-19.

”Dalam surat edaran Mendagri tersebut, Pemerintah Daerah segera menyiapkan atau menyiagakan seluruh aparatur daerah dengan mengkoordinasikan dengan TNI, Polri, Basarnas dan instansi vertikal terkait, relawan kebencanaan, serta unsur masyarakat lainnya. Sebagai peningkatan kesiapsiagaan terhadap bencana, kita harus bersinergi dengan kesatuan tugas penanganan Covid-19 di daerah serta menyiapkan sarana dan prasarana yang diperlukan  dalam rangka siaga banjir, tanah longsor, dan risiko  akibat bencana lainnya, personil  sudah siap siaga,” ungkap Ardy Daud.

Pada kesempatan tersebut, Ardy Daud mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas kesiapan Kepala Kepolisian Daerah Jambi dan Komandan Korem 042/Garuda Putih Jambi berserta seluruh peserta apel.

Ardy Daud mengatakan bahwa momen apel ini untuk meningkatkan koordinasi dan sinergi dalam upaya penggulangan bencana hidrometeorologi yang meliput banjir, longsor dan agin putting beliung pada puncak musim hujan di Provinsi Jambi.

Paradigma penaggulangan bencana dewasa ini, lanjut Ardy Daud, sudah mulai berubah dari responsif yang menitikberatkan penanganan saat terjadi bencana menjadi preventif, menitikberatkan penanganan sebelum terjadinya bencana.

”Untuk mendukung paradigma tersebut, Pemerintah Provinsi Jambi dalam kesiapan menghadapi bencana hidrometeorologi telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) gabungan bencana hidrometeorologi yang melibatkan Pemrov Jambi, Kabupaten/Kota, TNI/Polri, dunia usaha, unsur media, dan akademisi,” jelas Ardy Daud.

Ardy Daud berharap semua stakeholder dapat melaksanakan aksi penguatan kesiapsiagaan dan peringatan dini, seperti melakukan pengecekan atau inspeksi sarana dan prasarana yang diperlukan dalam upaya pengentasan bencana.

”Agar satgas bencana dapat berkerja dengan baik, efektif dan efisien, karena akan fokus pada upaya antisipasi bencana banjir, longsor dan angin puting beliung, dengan harapan apabila bencana terjadi, satgas dengan cepat dan tepat mengatasinya dalam menjaga keselamatan masyarakat,” harap Ardy Daud.

Ardy Daud menyatakan, dalam penagananan bencana di Provinsi Jambi akan menggunakan sistem komando untuk menetapkan suatu wilayah dalam kondisi status siaga, akan mendirikan pos siaga sebagai bentuk kesiagaan menghadapi bencana mengingat akhir-akhir ini potensi hujan mulai meningkat.

“Bulan November, menurut kepala BMKG Provinsi Jambi akan memasuki masa puncak hujan, sangat perlu kita antisipasi, mulai saat ini sudah siap siaga dalam personil dan perlengkapan termasuk logistik harus siap siaga,” tegas Ardy Daud.

”Kita akan mengajak seluruh elemen masyarakat dan stakeholder baik Kabupaten/Kota, sampai ke desa-desa, untuk berkerja sama dalam penaganan bencana. Kita harus membangun sinergi dengan masyarakat,” pungkas Ardy Daud.

Presiden BEM UNJA Sebut Akan Ada Gelombang Demonstrasi Lanjutan Penolakan UU Ciptaker

JAMBI (SR28)- Pengesahan RUU Cipta Kerja oleh DPR RI beberapa waktu lalu terus menimbulkan protes dari berbagai elemen. Padahal salah satu poin yang terus didesak adalah agar Presiden Jokowi tidak mengesahkan draf yang telah diketuk palu oleh DPR RI tersebut. Kendati demikian, Presiden Jokowi tidak bergeming. Senin (2/11) dia resmi menandatangani draf yang kontraversi tersebut.

Penandatanganan tersebut ternyata langsung disambut dengan uji materiel yang diajukan oleh KSBI yang telah resmi didaftarkan perhari ini (Selasa 3 November 2020). Sebagai LSM yang fokus pada isu-isu buruh, KSBI berharap upaya ini bisa membuahkan hasil. Meskipun dari berbagai kalangan juga menilai upaya tersebut akan berujung sia-sia, mengingat pejabat yang ada di MK adalah produk dari partai penguasa.

Sejumlah upaya sebagai bagian dari respon telah disahkannya UU CILAKA ini oleh DPR dan Presiden juga muncul dari kalangan mahasiswa.

Kurnia Nanda misalnya, selaku penggerak demonstrasi yang beberapa waktu lalu sempat pecah di Kota Jambi menyebut jika arus protes dari mahasiswa semakin terasa baik dari almamaternya maupun dari kampus-kampus lain di Kota Jambi dan sekitarnya.

"Sebuah ironi yang menyayat hati. Dengan di sahkannya UU CILAKA sudah jelas mengoyak hati dan perjuangan semua elemen pemuda, mahasiswa, petani, buruh, LSM dan pelajar yang telah turun kejalan selama ini dalam menolak UU CILAKA. Pengkhianatan ini tak akan pernah usai jika terus di biarkan. Apakah suara rakyat hanya di cari saat pemilihan saja, bukankah suara rakyat sudah sepantasnya didengar, karena setiap keputusan yang di ambil pemerintah berefek pada rakyat. Ini tentu menjadi pukulan keras untuk kita renungi bersama untuk semua rakyat Indonesia" ungkap Kurnia Nanda, Presiden Mahasiswa BEM KBM UNJA 2020-2021.

Nanda juga menyebut jika aliansi BEM di Kota Jambi dan sekitarnya yang selama ini terkenal solid juga akan menggelar aksi seiring dengan eskalasi gerakan oleh BEM Seluruh Indonesia.

"Saya pribadi sebagai presiden BEM KBM UNJA akan mengajak semua teman-teman BEM sejambi, Cipayung serta semua elemen pemuda yang menolak UU CILAKA ini dan akan turun kejalan dalam menyuarakan aspirasi ini, karena sepertinya penyampaian secara tertulis dengan baik dan santun kepada pemerintah tak lagi berguna. Jika usul di tolak hak bicara di rebut maka tidak ada kata lain , LAWAN" tutup aktivis yang juga tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) ini.

Release Pers KAMI Provinsi Jambi

Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Provinsi Jambi dideklarasikan, Jumat, 30 Oktober 2020. Acara deklarasi dilaksanakan di Sekretariat KAMI Provinsi Jambi di Jl Prof Muhammad Yamin, SH, Kel. Lebak Bandung, Kec. Jelutung, Jambi.

Deklarasi diikuti sekitar 40 anggota KAMI. Sebenarnya, ada lebih dari 200 anggota, namun panitia sengaja membatasi jumlah peserta deklarasi mengingat saat ini sedang pandemi Covid-19.

Dalam deklarasi ini turut bergabung tiga presidium KAMI nasional : Jend (Purn) Gatot Nurmantyo, Prof Dr Din Syamsuddin, dan Prof Dr Din Rochmat Wahab. Ketiganya tergabung secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting. Mereka dijadwalkan menyampaikan pidato kebangsaan.

Deklarasi dimulai sekitar pulul 14.00 WIB. Usai pembukaan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan teks Pancasila oleh Anwarsyah (Presidium KAMI Provinsi Jambi), pembacaan deklarasi oleh Amrizal Ali Munir (Presidium KAMI Provinsi Jambi), dan pembacaan Jati Diri KAMI oleh Muhamad Usman (Komite Eksekutif KAMI Provinsi Jambi).

Kemudian, Presidium KAMI nasional Din Syamsudin menyampaikan pidato kebangsaan. Dalam pidatonya, Din menyatakan saat ini ada gejala yang mengarah pada kediktatoran konstitusional di pemerintahan.

"Adanya gejala dan gelagat kekuasaan yang di negara kita mengarah pada constitutional dictatorship atau kediktatoran konstitusional," kata Din.

Menurut mantan ketua umum PP Muhammadiyah ini kediktatoran konstitusional adalah tindakan menyimpang dari nilai-nilai dasar negara untuk mengukuhkan kekuasaan. Saking kuatnya kediktatoran akan berpengaruh pada bergesernya sistem demokrasi menjadi otokrasi.

"Sekarang Indonesia jadi otokrasi bukan demokrasi. Otokrasi yaitu kekuasaan yang berpusat pada satu orang. Ini yang disebut dalam literatur ilmu politik sebagai democratic centralizm, demokrasi yang terpusat seperti dulu," ujarnya.

Din menyebutkan munculnya Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan Untuk Penanganan Pandemi Covid-19 sebagai gejala kediktatoran. Dalam UU tersebut, hak dan fungsi DPR dalam penganggaran ditarik ke presiden.

Untuk itu, tegas Din, sekarang harus ada kelompok masyarakat yang mau mengoreksi jalannya pemerintahan.

" KAMI hadir untuk itu. Oleh karena itu, gerakan moral kami tidak boleh berhenti, harus terus kita suarakan. Seberapa besar hambatan itu," ucapnya.

Usai Din Syamsuddin menyampaikan pidato kebangsaan, Prof Dr Rochmat Wahab juga memberikan pidato kebangsaan. Rochmat Wahab mengkritik penanganan pandemi Covid-19, diantaranya adalah penanganan di lapangan atas izin diterbitkan oleh Satgas Covid-19.

“Yang diberi izin maupun yang tidak diberi izin penanganan di lapangan sama saja, tidak ada bedanya,” ujar Rochmad Wahab.

Belum lama Rochmad Wahab menyampaikan pidato kebangsaan, petugas Satgas Covid-19 Kota Jambi yang didalamnya ada unsur kepolisian mendatangi lokasi deklarasi. Petugas melakukan monitoring untuk memastikan pelaksanaan deklarasi menerapkan protokol kesehatan.

Kemudian dicapai kesepakatan, deklarasi langsung ditutup dengan acara pemotongan tumpeng. Karena acara dihentikan, Jend (Purn) Gatot Nurmantyo batal memberikan pidato kebangsaan.

Atas kejadian tersebut, KAMI Provinsi Jambi menyampaikan point-poin sebagai berikut :

  1. KAMI Provinsi Jambi sudah resmi berdiri dengan ditandai deklarasi yang dilaksanakan 30 Oktober 2020.
  2. KAMI Provinsi Jambi mengkritik keras segala bentuk diskriminasi, intimidasi, dan tindakan yang menghalang-halangi kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengemukakan pendapat oleh pemerintah.
  3. KAMI Provinsi Jambi menyampaikan apreasiasi dan penghormatan kepada Satgas Covid 19 dan kepolisian, yang telah menjalankan tugasnya. Namun demikian, KAMI Provinsi Jambi menyampaikan protes kepada Satgas Covid-19 yang tidak menegakkan keadilan dalam penegakan aturan. Saat dilaksanakan demo besar-besaran yang jumlah pesertanya mencapai ribuan orang, Satgas tidak melakukan penindakan. Namun, kepada KAMI yang melakukan deklarasi dengan jumlah peserta kurang dari 50 orang, Satgas melakukan penindakan.

Demikian, rilis pers kami, untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi kami.

AMRIZAL ALI MUNIR
Presidium KAMI Provinsi Jambi
No HP : 082371118009

Latest News

Bikin Panik Angin Puting Beliung Terjang Waduk Gajah Mungkur Di Wonogiri

Klik video dibawah untuk menonton berita selengkapnya. https://www.youtube.com/watch?v=IjhNWnaBWIM&feature=emb_title

Bupati Tanjabbar Hadiri Acara Peresmian Koramil 419-03 Tungkal Ilir

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjab Barat Dr.Ir.H.Safrial didampingi Wabup Drs.H.Amir Sakib Kamis (21/01/21) Hadiri Acara Peresmian Kantor Koramil 419-03 Tungkal Ilir...

Satpam Tenggelam Di Sugai Batanghari Ditemukan Tanpa Nyawa

Klik video dibawah untuk menonton berita selengkapnya. https://www.youtube.com/watch?v=g5NM1l0TCu0&feature=emb_title

Belum Ada Sanksi Bagi Masyarakat Jambi Yang Menolak Divaksinasi

Klik video dibawah untuk menonton berita selengkapnya. https://www.youtube.com/watch?v=p4ya9PKXxPo&feature=emb_title

Tak Gunakan Masker, 20 Orang Warga Kota Jambi Terjaring Operasi Yustisi

Klik video dibawah untuk nonton berita selengkapnya. https://www.youtube.com/watch?v=QF_Kz28jfKE&feature=emb_title

Music

Pulang Kunker dari Bali, Anggota DPRD Jambi Terpapar Covid 19

JAMBI - Satu orang anggota DPRD Jambi dinyatakan positif terpapar Covid-19 setelah pulang melakukan kunjungan kerja dari Bali. Kabar ini dibenarkan langsung oleh Satgas penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah kepada awak media.

Perselingkuhan Via Medos Warnai Perceraian PNS di Kota Jambi

KOTA JAMBI (SR28) - Bukan hanya warga masyarakat biasa, tahun 2020 juga diwarnai banyak perceraian PNS. Sejauh ini Pengadilan Agama Jambi mencatat setidaknya ada 56 kasus perceraian PNS hingga bulan Agustus 2020 dengan latar belakang utama terjadinya perselingkuhan.

Perceraian karena perselingkuhan meningkat

Gubernur Jambi: Penyampaian Aspirasi Dijamin Undang-Undang

JAMBI (SR28) - Penjabat Sementara Gubernur Jambi Restuardy Daud, membuka ruang komunikasi penyampaian aspirasi dengan mengundang BEM dan Paguyuban Mahasiswa di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin (19/10).

Pjs.Gubernur Jambi mengakui adanya penyampaian aspirasi mahasiswa dalam beberapa hari terakhir merupakan bentuk sikap kritis yang telah dijamin Undang-Undang sehingga hal tersebut menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Jambi dengan membuka ruang komunikasi menampung saran dan kritik.

"Membawa aspirasi masyarakat dapat tersalurkan dan dijamin Undang-Undang namun dalam bernegara ada keseimbangan yang perlu dijaga," ungkap Pjs.Gubernur Jambi.

Ada beberapa tantangan bersama yang disampaikan Pjs.Gubernur Jambi untuk menjadi perhatian yaitu tantangan 2020-2035 masuk periode bonus demografi dengan kondisi usia produktif lebih banyak dari usia non produktif yang peluang tersebut hendaknya dapat terisi secara maksimal termasuk mengenai Angkatan Kerja 2,9 juta-3 juta setiap tahun memasuki bursa kerja yang tergabung bersaing bersama 13 juta pencari kerja.

"Jadi perhatian kita untuk membuka lapangan kerja dan setiap tahun ada satu juta lebih alumni dari universitas," kata Pjs.Gubernur Jambi.

Menyikapi kondisi tersebut menjadi harapan dengan ruang aspirasi dan komunikasi Pemerintah Provinsi Jambi menampung saran dan kritik terkait Omnibus Law UU Cipta Kerja.

Paguyuban Mahasiswa Bungo dan BEM Unja menyampaikan kritik terkait pasal yang mengatur tentang Agraria, Ketenagakerjaan, Hutan, Izin Amdal.

Pjs. Gubernur Jambi secara khusus mengajak semua elemen membahas dan menyampaikan saran pada tim kerja yang dibentuk untuk menampung aspirasi tersebut sesuai klaster Undang Undang terkait."Ada Rancangan Peraturan Pemerintah menjadi ruang bagi kita untuk menyampaikan itu," kata Pjs.Gubernur Jambi.

Peningkatan Rumah Dinas Kejaksaan Negeri Kuala Tungkal Dikerjakan CV. Siluman

KUALA TUNGKAL (SR28) - Pembangunan rumah dinas Kejaksaan Negeri Kuala Tungkal yang dikerjakan oleh CV. Siluman. Hal tersebut terpantau oleh sejumlah media dilokasi pekerjan tepat di jalan Sriwijaya perkantoran Bupati Tanjab Barat.

Terkait hal tersebut instansi terkait, Selasa (03/11) yang mengelontorkan proyek tersebut saat ingin dimintai keterangan tidak dapat ditemui, terkait pembangunan penambahan rumah dinas Kejaksaan Negeri Kuala Tungkal tersebut, karna dari awal pekerjaan tidak ada plang merek dilokasi tersebut, alias dikerjakan CV. Siluman.

Menyikapi hal tersebut aktivis Tanjab Barat Anand Viqriza, SH. MH angkat bicara, ia menegaskan bahwa seharusnya setiap proyek yang sedang dikerjakan sudah semestinya memasang papan plang merek.

" Setiap proyek yang dikerjakan melalui dana anggaran APBD, APBN itu sudah seharusnya memasang plang merek di lokasi pekerjaan tersebut, agar masyarakat tau pekerjaan itu bersumber dana dari mana dan berapa jumlah rupiah yang dikucurkan dalam pekerjaan tersebut, " ujar Anand Viqriza.

"Jangan mentang-mentang pekerjaan itu dikawasan Kejaksaan Negeri Kuala Tungkal semau rekanan tidak memasang plang merek dan menurut saya pembangunan ini keliru, Kejaksaan negeri Kuala Tungkal itu pretikal dan dia punya anggaran sendiri dengan anggaran APBN pusat, kenapa mesti harus menggunakan dana angaran daerah APBD Tanjab Barat,apakah Kejaksaan Negeri Kuala Tungkal itu Miskin Anggaran sehingga membangun Rumah dinas itu mengunakan dana Daerah, dan atau rekanan yang mengerjakan jembatan parit 20 dana APBD 2020 yang belum dimanpaat sudah lentur, ingin berlindung di kejaksaan negeri kuala Tungkal, " pungkasnya. (Sabri)

Release Pers KAMI Provinsi Jambi

Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Provinsi Jambi dideklarasikan, Jumat, 30 Oktober 2020. Acara deklarasi dilaksanakan di Sekretariat KAMI Provinsi Jambi di Jl Prof Muhammad Yamin, SH, Kel. Lebak Bandung, Kec. Jelutung, Jambi.

Deklarasi diikuti sekitar 40 anggota KAMI. Sebenarnya, ada lebih dari 200 anggota, namun panitia sengaja membatasi jumlah peserta deklarasi mengingat saat ini sedang pandemi Covid-19.

Dalam deklarasi ini turut bergabung tiga presidium KAMI nasional : Jend (Purn) Gatot Nurmantyo, Prof Dr Din Syamsuddin, dan Prof Dr Din Rochmat Wahab. Ketiganya tergabung secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting. Mereka dijadwalkan menyampaikan pidato kebangsaan.

Deklarasi dimulai sekitar pulul 14.00 WIB. Usai pembukaan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan teks Pancasila oleh Anwarsyah (Presidium KAMI Provinsi Jambi), pembacaan deklarasi oleh Amrizal Ali Munir (Presidium KAMI Provinsi Jambi), dan pembacaan Jati Diri KAMI oleh Muhamad Usman (Komite Eksekutif KAMI Provinsi Jambi).

Kemudian, Presidium KAMI nasional Din Syamsudin menyampaikan pidato kebangsaan. Dalam pidatonya, Din menyatakan saat ini ada gejala yang mengarah pada kediktatoran konstitusional di pemerintahan.

"Adanya gejala dan gelagat kekuasaan yang di negara kita mengarah pada constitutional dictatorship atau kediktatoran konstitusional," kata Din.

Menurut mantan ketua umum PP Muhammadiyah ini kediktatoran konstitusional adalah tindakan menyimpang dari nilai-nilai dasar negara untuk mengukuhkan kekuasaan. Saking kuatnya kediktatoran akan berpengaruh pada bergesernya sistem demokrasi menjadi otokrasi.

"Sekarang Indonesia jadi otokrasi bukan demokrasi. Otokrasi yaitu kekuasaan yang berpusat pada satu orang. Ini yang disebut dalam literatur ilmu politik sebagai democratic centralizm, demokrasi yang terpusat seperti dulu," ujarnya.

Din menyebutkan munculnya Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan Untuk Penanganan Pandemi Covid-19 sebagai gejala kediktatoran. Dalam UU tersebut, hak dan fungsi DPR dalam penganggaran ditarik ke presiden.

Untuk itu, tegas Din, sekarang harus ada kelompok masyarakat yang mau mengoreksi jalannya pemerintahan.

" KAMI hadir untuk itu. Oleh karena itu, gerakan moral kami tidak boleh berhenti, harus terus kita suarakan. Seberapa besar hambatan itu," ucapnya.

Usai Din Syamsuddin menyampaikan pidato kebangsaan, Prof Dr Rochmat Wahab juga memberikan pidato kebangsaan. Rochmat Wahab mengkritik penanganan pandemi Covid-19, diantaranya adalah penanganan di lapangan atas izin diterbitkan oleh Satgas Covid-19.

“Yang diberi izin maupun yang tidak diberi izin penanganan di lapangan sama saja, tidak ada bedanya,” ujar Rochmad Wahab.

Belum lama Rochmad Wahab menyampaikan pidato kebangsaan, petugas Satgas Covid-19 Kota Jambi yang didalamnya ada unsur kepolisian mendatangi lokasi deklarasi. Petugas melakukan monitoring untuk memastikan pelaksanaan deklarasi menerapkan protokol kesehatan.

Kemudian dicapai kesepakatan, deklarasi langsung ditutup dengan acara pemotongan tumpeng. Karena acara dihentikan, Jend (Purn) Gatot Nurmantyo batal memberikan pidato kebangsaan.

Atas kejadian tersebut, KAMI Provinsi Jambi menyampaikan point-poin sebagai berikut :

  1. KAMI Provinsi Jambi sudah resmi berdiri dengan ditandai deklarasi yang dilaksanakan 30 Oktober 2020.
  2. KAMI Provinsi Jambi mengkritik keras segala bentuk diskriminasi, intimidasi, dan tindakan yang menghalang-halangi kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengemukakan pendapat oleh pemerintah.
  3. KAMI Provinsi Jambi menyampaikan apreasiasi dan penghormatan kepada Satgas Covid 19 dan kepolisian, yang telah menjalankan tugasnya. Namun demikian, KAMI Provinsi Jambi menyampaikan protes kepada Satgas Covid-19 yang tidak menegakkan keadilan dalam penegakan aturan. Saat dilaksanakan demo besar-besaran yang jumlah pesertanya mencapai ribuan orang, Satgas tidak melakukan penindakan. Namun, kepada KAMI yang melakukan deklarasi dengan jumlah peserta kurang dari 50 orang, Satgas melakukan penindakan.

Demikian, rilis pers kami, untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi kami.

AMRIZAL ALI MUNIR
Presidium KAMI Provinsi Jambi
No HP : 082371118009

Culture

- Advertisement -

Bupati Buka Wabiner seris SKK Migas PetroChina – Pemkab Tanjab Barat

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial MS buka secara langsung Webiner Seris Pemkab Tanjab Barat bersama SKK Migas-PetroChina melalui video virtual dari ruang rapat Bupati, Kamis(09/07). Turut hadir mendampingi bupati, Sekretaris Daerah, Kepala Bappeda, dan Kasdim 0419/Tanjab.

Wabiner Seris juga diikuti secara Video Virtual oleh Direktur Promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat Kementrian kesehatan RI dr. Riskiyana, Kepala perwakilan skk migas sumbagsel Adiyanto, vp HR (vice president dan human relations) petro china Dencio Ranato boele.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan saat ini pemerintah telah mengenalkan konsep new normal yang dinarasikan sebagai adaptasi Kebiasaan baru. Menurtnya,adaptasi Kebiasaan baru ini dimaksudkan agar masyarakat bisa bekerja,belajar, dan beraktivitas dengan produktif dan aman dari covid 19 meski di masa pandemi.

"Adaptasi kebiasaan baru diperlukan agar kita dapat berkegiatan sehingga ekonomi,tetap bergerak dengan tindakan mengabaikan protokol Covid-19. "Beberapa Fasilitas umum menjadi perhatian karena merupakan sentra ekonomi ataupun sosial dan budaya yang di Daerahnya rentan," ujar ya

Lanjut Bupati menyampaikan Kabupaten Tanjung Jabung Barat sebagai salah satu kabupaten terdampak covid 19, telah melakukan berbagai upaya dan langkah baik pencegahan, penanganan, maupun mengatasi dampaknya. Salahsatunya dengan mengeluarkan himbauan nomor 791 tahun 2020 yang menuntut masyarakat turut berperan serta dalam mencegah meluasnya wabah covid 19.

Mengakhiri sambutanya, Bupati berharap tujuan penyelenggaran Wabinar dalam menyampaikan edukasi tentang adaptasi kebiasaan baru, mendukung program pemerintah dalam upaya penghentian penyebaran mata rantai covid 19 dengan kebiasaan baru dalam berkegiatan melalui interaksi digital dan mensosialisasikan praktik-praktik baik yang sudah dilakukan di Daerah lain dapat tersampaikan dengan baik.

Sementara itu Kepala Perwakilan SKK migas Sumbagsel Adiyanto dalam laporannya menyampaikan perusahaan petrochina telah melakukan berbagai upaya pencegahan terkait pandemi covid 19, diantaranya tetap memastikan kesehatan karyawan berupa pemeriksaan karyawan, pengurangan jumlah karyawan yang bekerja dilapangan, mewajibkan penggunaan masker bahkan mengganti pola makan dari prasmanan menjadi nasi kotak, pengurangan acara keramaian yang melibatkan banyak orang dan melakukan upaya  desinfeksi area serta menerapkan protokol kesehatan.

"Bagi masyarakat kami juga memberikan bantuan diantaranya alat pelindung diri berupa masker, beras, paket sembako, dan sarana cuci tangan bagi yang terdampak covid 19," pungkasnya. (Sabri)

Provinsi Jambi Berstatus Zona Kuning Covid-19

KOTA JAMBI (SR28) - Atas zona kuning penyebaran Covid-19 yang kini disandang provinsi Jambi. Bahkan zona oranye bagi kabupaten Bungo. Pemerintah Provinsi Jambo mengambil keputusan untuk tidak menerapkan pembelajaran tatap muka bagi siswa SMA di seluruh wilayah Provinsi Jambi.

Provinsi Jambi Berstatus Zona Kuning Covid-19

Provinsi Jambi Berstatus Zona Kuning Covid-19

Posted by JAMBI28 TV on Wednesday, September 23, 2020
Sumber: JAMBI28.TV

Breaking News!!! Partai Gelora Resmi Dukung Fachrori-Syafril

JAMBI (SR28)- Teka-teki arah dukungan berbagai partai politik pada Pilgub Jambi 2020 semakin terjawab.  Kabar teranyar, muncul dari Partai Gelora. Tadi malam (Sabtu 5 September 2020), sejumlah petinggi  Partai Gelora disambut secara khusus oleh calon gubernur petahana H.Fachrori Umar dan calon wakilnya Irjen.Pol. Syafril Nursal di kediaman Fachrori Umar kawasan Tanggo Rajo Kota Jambi.

Pertemuan hangat Pengurus DPW Gelora Provinsi Jmabi bersama Fachrori-Syafril

Dalam perjamuan yang dimulai pukul 21.00 WIB tersebut, Partai Gelora menyampaikan resmi menyampaikan ihwal dukungan politiknya pada Pilgub 2020 ini. Secarik kertas bermap resmi Gelora yang berisi dukungan dari Dewan Pengurus Nasional resmi diserahkan oleh Mahyudi ke Fachrori Umar dan Syafril Nursal.

Penyerahan surat dukungan politik secara resmi Partai Gelora

Mahyudi yang dalam sela-sela perjamuan tersebut menyatakan komitmennya untuk menggerakkan simpul massa yang sudah dibangun selama 4 bulan terakhir.

"Kami sudah bulat memutuskan untuk mendukung Bapak (Fachrori Umar-Syafril Nursal) untuk kembali menjadi Gubernur 2021-2024 mendatang. Kami siap mengaktivasi semua komponen partai kami mulai dari wilayah hingga desa-desa untuk memenangkan pasangan FU-SN. Bismillah, kita sama-sama tancap gas" Ungkap Mahyudi dalam perjamuan tersebut.

Lembar dukungan resmi Partai Gelora untuk Pilgub Jambi

Fachrori Umar yang langsung menerima dukungan tersebut mengaku sangat berterima kasih pada Partai Gelora yang memberikan kejutan di last minutes Pilgub ini

"Terima kasih atas dukungannya, kami menjadi makin optimis untuk menang pada Pilgub tahun ini. Kami sangat menyambut dengan gembira bergabungnya Gelora dalam barisan pemenangan. Kolaborasi ini semoga tidak hanya dalam momen Pilgub Jambi 2020, namun juga kolaborasi jangka panjang"Ungkapnya

Direncanakan, hari ini Partai Gelora juga akan turut mengantarkan pendaftaran calon gubernur ke KPU Provinsi Jambi.

"Tim sudah kami siapjan untuk mengantar Pak FU-SN ke KPU. Semua dukungan mulai dari pendaftaran ke KPU hingga 9 desember mendatang sudah kami siapkan secara maksimal untuk memenangkan FU-SN" tutup Mahyudi.

- Advertisement -

Must Read

Hasil Tinjauan Pjs Gubernur Jambi, Debit Air Sungai Batanghari Masih Aman

JAMBI (SR28) - Berdasarkan tinjauan tersebut, Pemerintah Provinsi Jambi menyatakan bahwa kondisi air saat ini dalam keadaan aman atau ketinggian air sungai Batanghari hingga 26 Oktober kemarin masih pada level waspada.

Aktris Cantik Ini Putuskan Jadi Transgender

Aktris nominasi Oscar Ellen Page mengumumkan memutuskan untuk menjadi transgender, Selasa (1/12/2020). Pemeran utama dalam film Juno itu pun mengganti namanya menjadi Elliot. Menurutnya banyak kaum trans yang menghadapi pelecehan dan ancaman. Ia berharap dirinya bisa mengubah dunia menjadi lebih baik.

Kejari Tanjabbar Musnahkan Barang Bukti Hasil Ingcrah di Pengadilan Negeri

KUALA TUNGKAL (SR28) - Kejari Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat, melakukan pemusnahan sejumlah barang hasil ingcrah atau putusan tetap oleh hakim Pengadilan Negeri Kuala Tungkal, pemusnahan tersebut dipimpin langsung oleh Kajari Kuala Tungkal Trijoko, SH, MH, Selasa (25/8).

Ada pun Barang bukti yang dimusnahkan terdiri dari 18 kasus perkara narkotika jenis shabu shabu kurang lebih seberat 2 kilo gram, dan 34 perkara kasus tindak pidana lain. Pemusnahan ini di laksanakan di Halaman Kantor Kejaksaan Negeri Kuala Tungkal, Kab. Tanjung Jabung Barat, dalam pemusnahan tersebut turut dihadiri para Kasubbag, Para Kasi dan Anggota Polres Tanjab Barat.

Kajari Tanjung Jabung Barat Trijoko,SH.MH mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan ini merupakan perkara tahun 2019 dan sudah diputus di tahun 2020 yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap oleh Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Barat yang mana ada 43 perkara kasus.

"Dari 34 kasus perkara, diantara nya 18 kasus narkotika jenis shabu shabu dan sisa nya perkara tindak pidana lain," ujar Tri Joko.

"Memang perkara narkoba ini di Tanjab Barat sangat signifikan terjadi di Tanjab Barat bukti saja ditahun 2019 ada sekitar 40 kasus lebih kita tangani, dan ditahun 2020 sampai bulan Juli ini saja kita tangani sudah sekitar 50 kasus perkara,"Narkoba shabu shabu yang kita musnahkan ini kurang lebih 2 kilo, kalau diharga kan sekitar 2 Milliar," tambahnya.

Adapun Pemusnahan barang bukti narkoba jenis shabu shabu tersebut dilakukan dengan cara diblender,  sedangkan perkara lain dimusnahkan dengan cara dibakar dalam kobaran api yang sangat panas.

"Kalau perkara lain barang bukti yang kita musnahkan berupa kasus pencurian dan perkara burung," pungkasnya. (Sabri)

Sekda Tanjabbar Sampaikan Nota Rancangan KUPA dan PPAS Perubahan APBD 2020

KUALA TUNGKAL (SR28) – Sekretaris Daerah Tanjung Jabung Barat Ir. H. Agus Sanusi MSI sampaikan Nota Rancangan Kebijakan Umum perubahan APBD (KUPA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara Perubahan APBD (PPASP) Kabupaten Tanjab Barat Tahun Anggaran 2020 pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Selasa (25/08).

Rapat yang diselenggarakan di Ruang Rapat Paripurna DPRD ini dipimpin Wakil Ketua DPRD M. Sajril Simamora, SH, serta turut diikuti oleh 26 Anggota DPRD, Asisten, Kepala OPD Pemkab Tanjung Jabung Barat serta undangan lainnya.

Bacakan sambutan Bupati Tanjung Jabung Barat, Sekda H. Agus Sanusi sampaikan terkait belanja daerah, bahwa arah kebijakan belanja Daerah diharapkan agar dapat lebih terarah  dalam mendukung peningkatan nilai tambah bagi sektor Ekonomi yang akan memberikan kontribusi yang besar bagi pertumbuhan ekonomi Daerah dan penyerapan tenaga kerja sebagai upaya untuk turut meningkatkan perluasan lapangan kerja guna menurunkan angka kemiskinan.

"Penggunaan belanja juga harus dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas kebutuhan dasar masyarakat berupa jalan, jaringan listrik, pendidikan, kesehatan, perumahan dan pemukiman, penanggulangan masalah sosial, infrastruktur Fasilitas umum dan fasilitas sosial serta peningkatan akses layanan kepada masyarakat," ujar Sekda.

Dijelaskan sekda, rancangan kebijakan umum perubahan APBD dan PPAS perubahan APBD Kabupaten Tanjab Barat tahun anggaran 2020 disusun sebagai konsekuensi dari pemberlakuan kebijakan keuangan negara yang telah diamanatkan pada peraturan perundangan yang berlaku.

"Diharapkan hal ini dapat disepakati antara Pemerintah Daerah dengan DPRD Kabupaten Tanjab Barat dan rumusan yang telah disepakati nanti akan menjadi acuan dalam menyusun rancangan peraturan Daerah tentang perubahan APBD Kabupaten Tanjung Jabung Barat," lanjut Sekda.

Mengakhiri sambutannya Sekda berharap rancangan yang diusulkan dapat dibahas dalam kerangka penyempurnaan dan penajaman program dengan mengacu pada aturan dan Undang-Undang serta dokumen-dokumen perancangan yang ada. Sekda juga menghimbau kepada para kepala OPD agar mengikuti pembahasan anggaran tersebut dengan seksama. (Sabri)

Pemkot Jambi Minta Kementerian Keuangan RI Segera Hibahkan Rusun

KOTA JAMBI - Hingga kini, Pemerintah Kota Jambi belum dapat memanfaatkan secara maksimal rumah susun yang dibangun oleh Kementerian PUPR. Padahal, rumah susun yang terletak persis di belakang rumah sakit umum Abdul Manap itu telah dibangun sejak 3 tahun yang lalu.

Menyikapi hal ini, pemerintah kota Jambi secara langsung meminta Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jambi agar dapat mengkomunikasikan kepada Dirjen Kekayaan Negara untuk segera melakukan proses penghibahan terhadap aset negara tersebut ke tangan Pemerintah Kota Jambi. Pasalnya, proses penghibahan aset negara yang telah dibangun Kementerian PUPR tersebut tidak bisa serta merta dapat dihibahkan ke Pemerintah Kota Jambi.

Lepas Atlet PABBSI Ikuti Uji Tanding, Bupati Tanjabbar: Jaga Nama Baik Daerah

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial, MS lepas atlet Persatuan Angkat Besi dan Berat Seluruh Indonesia (PABBSI) yang akan berangkat ke Kota Jambi untuk mengikuti Try Out dan Uji Tanding bersama PABBSI Kota Jambi, Kamis (17/9/2020).

Dalam pelepasan yang diadakan di Ruang Rapat Bupati tersebut, Bupati Safrial berpesan agar para atlet PABSSI Tanjab Barat bertanding dengan sportif dan bisa menjaga nama baik daerah.

"Dalam sebuah pertandingan juara itu penting, tapi sportifitas tetap harus dijaga. Jaga nama baik daerah. Selamat berjuang, mudah-mudahan sukses. Teriring doa dari kami secara pribadi. Semoga adek-adek memperoleh medali yang banyak," ujarnya.

Bupati juga berjanji akan meminta OPD terkait untuk bisa meningkatkan insentif atlet di Tanjab Barat.

"Insentif harus disesuaikan, upayakan lebih tinggi dari daerah lain, minimal sama. Agar atlet-atlet berprestasi tidak pindah ke daerah lain," tambah Safrial.

Sebelumnya ketua PABBSI Tanjab Barat H. M. Arif mengungkapkan try out dan latih tanding ini diadakan untuk menjaga kebugaran atlet karena banyak kegiatan terhenti disebabkan pandemi covid-19 sekaligus persiapan bagi atlet yang lolos PON Papua.

"Atlet PABBSI kita termasuk berprestasi Pak, ada dua yang ikut PON Papua, tapi tertunda karena Covid. Untuk itu kita adakan kegiatan ini agar kondisi atlet PABBSI tetap bugar," paparnya

Sementara Ketua KONI Tanjab Barat, Syarifuddin yang ikut serta dalam pelepasan berpesan agar atlet PABBSI bisa mengikuti kegiatan dengan semangat dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Ketua KONI juga minta maaf tidak bisa membantu dengan maksimal karena pandemi covid-19. (Sabri)

Lifestyle Magazine

Pulau Jawa Dikabarkan Memiliki Potensi Terkena Tsunami Setinggi 20 Meter

Pulau Jawa dikabarkan memiliki potensi terkena tsunami setinggi 20 meter. Selengkapnya dirangkum dalam Indonesia 24 Jam.

Sumber: JAMBI28 TV

Bupati Safrial Pimpinan Upacara Hut Tanjab Barat Ke-55

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr. Ir. H. Safrial MS pimpin langsung pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tanjung Jabung Barat ke-55 Tahun 2020 yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Kantor Bupati, Senin (10/08).

Meskipun dilaksanakan dengan singkat dan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, upacara tetap berjalan khidmat.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan, terlepas dari segala keterbatasan dan kesederhanaan dalam peringatan ini, sepatutnya tidak sedikitpun menyurutkan motivasi dan semangat untuk terus membangun terus mengisi setiap waktu perjuangan kehidupan daerah dengan karya dan prestasi dan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat telah melaksanakan berbagai upaya, diantaranya melalui peningkatan penerimaan dan pembiayaan melalui APBD setiap tahunnya.

Disampaikannya bahwa pada tahun 2019 pendapatan daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat meningkat 17.9% dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 1.64 Triliun Rupiah."ungkap Bupati.

Selain itu, terkait angka IPM Kabupaten Tanjung Jabung Barat terus memperlihatkan kemajuan di tahun 2019, IPM menunjukkan pencapaian yang lebih tinggi dari pada tahun sebelumnya yaitu sebesar 67.13% atau meningkat 0.41 poin dari tahun sebelumnya.

"Pada dimensi umur panjang dan hidup sehat, umur harapan hidup saat lahir berkisar 68.03% tahun meningkat 0.16 poin dari tahun 2018, sementara untuk dimensi pengetahuan, harapan lama sekolah berkisar di 12.61 tahun meningkat 0.1 poin dari tahun 2018. Rata-rata lama sekolah pada tahun 2019 adalah 7.70 tahun meningkat 0.14 poin. Sementara pengeluaran per kapita sebesar 9.5 juta rupiah per tahun juga meningkat sebesar 144 ribu rupiah dari tahun 2018," jelas bupati. (Sabri)

Tim Satresnarkoba Mapolres Tanjabbar Bekuk Dua Bandar Narkoba Jaringan Pulau Pandan

KUALA TUNGKAL (SR28) - Mapolres Tanjung Jabung Barat berhasil mengamankan dua tersangka bandar Narkoba jaringan antar Kabupaten, di wilayah Kabupaten. Bahkan dari penangkapan tersebut ternyata salah satu jaringan dari daerah pulau pandan Jambi.

"Penangkapan Dua bandar narkoba antar Kabupaten ini, berhasil diringkus pihak kepolisian Tanjung Jabung Barat (Setnarkoba), di salah satu rumah yang menjadi tempat transaksi," ungkap Kapolres Tanjab Barat, AKBP Guntur Saputro saat melakukan press rilis di halaman Mapolres Tanjab Barat, Rabu (14/10).

Dua tersangka tersebut AN berinisial SRN alias Nok dan bandar utama berinisial YHT akan tetapi sempat melarikan diri disaat pengebrekan,namamun berhasil diringkus, dua bandar narkoba jaringan antar Kabupaten ini, memang sudah menjadi target pihaknya sejak lama.

"Namun ternyata mereka termasuk jaringan dari pulan pandan Jambi," beber nya.

Dijelaskan Kapolres Guntur Saputro, tim berhasil mengerebek salah satu rumah yang dijadikan tempat transaksi narkoba di daerah Pembengis Bram Itam. Dalam penggerebekan tersebut petugas menemukan barang bukti berupa Sabu-sabu dan pil ekstasi.

"Dari hasil pengeledahan dirumah tersebut, di salah satu kamar ditemukan Jenis sabu-sabu 1 paket besar. Ada 6 paket sedang, dan 7 paket kecil kurang lebih Brutonya 107 gram. Serta 6 butir pil ekstasi warna pink, alat hisap, timbangan, HP dan uang sekitar Rp 2 juta rupiah,” jelas Kapolres.

Disaat  akan dilakukan pengerebekan di rumah salah satu pelaku yang merupakan bandara utama, pelaku sempat kabur melarikan diri.

"Satu pelaku sempat kabur namun berhasil ditangkap saat dilakukan pengejaran," ujar Kapolres.

"Dua bandar ini sudah hampir satu minggu kita pantau, dan ikuti, berdasarkan informasi bahwa akan ada transaksi narkoba, oleh karena itu kita sudah memasang tim penyelidikan," jelasnya.

Atas perbuatannya, kedua tersangka dikenakan pasal berlapis dan terancam kurungan penjara minimal 5 tahun dan maksimal 20 tahun. (Sabri)

Pemkab Tanjab Barat Kembali Terima Setifikat Tanah Dari BPN

KUALA TUNGKAL (SR28)- Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung barat, melalui Bupati Dr. Ir. H. Safrial MS kembali terima sertifikat Tanah Aset Pemkab dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Tanjab Barat, Kamis (24/09).

Penyerahan Sertifikat tanah oleh kepala Kantor BPN yang diselenggarakan di Ruang Rapat Bupati ini, juga turut disaksikan oleh Sekda, Kepala BKAD, Jajaran Staf Kantor BPN Tanjab Barat, serta undangan lainya.

Bupati Dr. Ir. H. Safrial MS dalam sambutannya mengatakan tanah merupakan salah satu aset yang harus dikelola secara aman tanpa adanya persengketaan yang mungkin saja terjadi. Menurutnya, fungsi dari salah satu program strategis nasional pada bidang Pertanahan seperti Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ini menjadi penting dalam upaya meminimalisir sengketa lahan.

"PTSL ini menjadi penting sebagai bukti kepemilikan tanah yang sah serta memberi kepastian hak atas kepemilikan tanah yang berkekuatan hukum yang secara otomatis akan memerangi sengketa yang terjadi," ujar Safrial.

Bupati juga sebutkan, pada tahun 2020 Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat telah menerima sertifikat tanah dari kantor BPN Kabupaten Tanjung Jabung Barat sebanyak 1.190 buah.

"Sertifikat pendaftaran tanah sistematis lengkap sebanyak, 1.064 bidang/sertifikat, sertifikat hak pakai dengan rincian pemerintah Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat sebanyak 60 sertifikat, kementerian agama 1 sertifikat, Kementerian PUPR 17 sertifikat, Kementrian Keuangan 10 sertifikat, Kantor Imigrasi 1 sertifikat dan tanah kas desa 3 sertifikat, sertifikat hak guna bangunan atas nama PT PLN 23 sertifikat, sertifikat tanah hak wakaf 11 sertifikat," sebutnya.

Selanjutnya, tanah Pemkab Tanjab Barat yang harusnya bersertifikat berjumlah 877 persil, yang sudah bersertifikat 408 persil, yang belum bersertifikat 469 persil terdapat 366 persil berkas tanah yang telah disampaikan ke kantor BPN yang belum terbit sertifikat nya, untuk itu atas nama Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat Saya berharap progres persertifikat antara milik pemerintah daerah tersebut sepenuhnya dapat terealisasi pada akhir tahun 2020 ini," tambahnya.

Selanjutnya sebagai bentuk apresiasi atas sinergitas dan kerjasama yang baik selama ini, atas nama Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat Bupati menyerahkan bantuan berupa pinjam pakai rumah dinas untuk Kantor Pertanahan Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan hibah alat ukur Real Time Kinematic (RTK) sebanyak 2 buah.

"Semoga dengan bantuan ini hubungan baik antara Pemkab Tanjung Jabung Barat dengan kantor BPN Kabupaten Tanjung Jabung Barat semakin hangat dan harmonis"imbuhnya.

Sementara itu kepala BPN Tanjung Jabung Barat Taufik, SH, MH sampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Pemkab Tanjab Barat atas bantuan dan kerja sama dan sinergitas selama ini terjalin baik.

"Semoga dengan bantuan ini kami lebih yakin dan mantab lagi untuk bekerja di Pemerintahan Kabupaten Tanjab barat dan Semakin melayani secara profesional dan terpercaya," timpalnya. (Sabri)

Sebelum Daftar KPU, Seluruh Bapaslon Pilkada Wajib Uji Swab Covid-19

JAMBI (SR28) - Sebelum melakukan pendaftaran, seluruh Bapaslon Pilkada serentak 2020 provinsi Jambi, di wajibkan untuk melakukan Uji Swab Covid-19 pada 1 September mendatang.

Sumber: JAMBI28 TV

Video News

- Advertisement -

Tim Yustisi Covid-19 Kota Jambi Gencarkan Patroli Protokol Kesehatan di Pasar

KOTA JAMBI (SR28) - Mencegah peningkatan kasus terkonfirmasi Positif Covid-19 semakin membludak. Tim Yustisi satgas penanganan Covid-19 Kota Jambi kini gencarkan melakukan patroli di pasar tradisional. Kendati demikian, masih saja ditemukan warga yang tidak menggunaan masker.

Nonton berita menarik lainnya di JAMBI28.TV

Rendahnya Serapan APBD 2020 Bikin Pemprov Jambi Ketar Ketir

JAMBI (SR28) - Rendahnya serapan APBD Tahun 2020 yang masih dibawah 50 persen membuat pimpinan tertinggi Pemprov Jambi semakin ketar ketir. Apalagi tahun 2020 sendiri hanya menyisakan kurang lebih 2 bulan.

TENANG

Oleh: Bahren Nurdin
(Akademisi UIN STS Jambi dan Direktur Pusat Kajian Demokrasi dan Kebangsaan)

Semua diharap tenang. Masa kampanye telah berakhir dan tahapan Pilkada serentak tahun ini mamasuki babak baru yaitu masa tenang. Ada tiga hari sebelum menunaikan hajat bersama ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) di sebut masa tenang. Hiruk-pikuk ‘jualan’ para pasangan calon (paslon) bersama tim sudah harus dihentikan baik secara ‘off line’ maupun ‘on line’.

Semua alat peraga harus sudah dibersihkan. Itu artinya seluruh ‘studio’ di jalan sudah harus tutup dan tidak ada lagi yang memajang foto-foto para perserta kontes. Sudah cukup waktu yang diberikan oleh Komisi Pelilihan Umum (KPU) untuk ‘jual’ tampang dan menawarkan program-program kepada ‘calon pembeli’. Termasuk alat kampanye online. Seluruh akun media sosial yang secara resmi didaftarkan kepada KPU sudah harus sign out. Tidak boleh diakses sama sekali.

Seharusnya hal ini juga dihormati oleh para tim sukses. Status-status di media sosial sudah tidak dibenarkan lagi berkampanye. Tidak boleh lagi menonjol-nonjolkan tim jagoanya. Kembalilah menulis statu-status yang menyejukkan. Unggahlah foto-foto selfie terbaik dengan senyum-senyum lebar yang tidak bersangkut paut dengan pilkada. Riang dan gembira. Pilkada tidak harus tegang, kan?

Jika selama masa kampanye beberapa bulan terakhir paslon dan tim sangat sedikit atau bahkan tidak –punya waktu untuk berkumpul dengan anak, isteri, dan keluarga, saatnya untuk pulang ke rumah. Saatnya berkumpul dan bersama. Ada waktu tiga hari untuk menarik nafas selebum nanti  naik ring yang sebenarnya. Begitu juga tim sukses yang harus ikut menenangkan diri. Usaha sudah dilaksanakan maksimal. Tinggal menunggu hasil. Yakinlah hasil tidak akan mengingkari usaha. Apa yang diusahakan itulah yang akan dihasilkan. Ups, jangan lupa ada juga kehendak Tuhan di sana. Maka, usaha harus pula dibingkai harap dan munajat kepada yang Maha pengambil keputusan.

Masa tenang merupakan hari-hari yang diberikan oleh KPU kepada para calon pemilih untuk menenangkan diri sehingga siap untuk mengambil keputusan. Calon pemilih selama ini sudah sangat banyak disuguhkan janji-janji dan program kerja para paslon. Saatnya menimbang-nimbang paslon mana yang akan dipercaya untuk mengemban amanah dan harapan. Menakar-nakar siapa yang mampu menepati janji. Mempelajari semua program dan strategi siapa yang jitu untuk membawa perubahan yang dijanjikan. Masa tenang inilah kesempatan.

Maka dari itu, hentikan segala bentuk provokasai apa lagi intimidasi kepada siapa pun di masa tenang ini. harus diingat pula, masa tenang tidak boleh digunakan untuk menghitung ‘amplop’ yang harus disebarluaskan.  Jika semua itu dilakukan, tentu saja sanksi hukum telah menanti. Tegas, siapa pun yang melanggar segala bentuk aturan yang telah ditetapkan dan diikat oleh undang-undang yang berlaku, harus mendapat hukuman. Termasuk, jika ada yang masih coba-coba berkampanye di masa tenang.

Akhirnya, masa tenang selama tiga hari ke depan tidak boleh ada yang membuat ‘kegaduhan’. Semua harus tenang. Jika selama kampanye ada yang ‘gila’ sekarang saatnya ‘waras’. Jika ada yang tidak bisa menahan lidah dan jarinya, saatnya menahan diri. Maka, jika KPU sudah menyatakan minggu tenang, TENANGLAH! Janganlah ada yang berkampanye lagi!.

Jelang Natal Dan Tahun Baru, Harga Kebutuhan Pokok Mulai Melonjak Naik

KOTA JAMBI - Menjelang perayaan natal dan tahun baru 2021, harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat di pasar Angso Duo Kota Jambi mulai melonjak seperti komoditas cabai.

Beberapa kebutuhan pokok masyarakat lainnya juga ikut mengalami peningkatan harga, seperti harga dagingayam potong yang juga mengalami kenaikan.

Pemprov Jambi Tolak Pinjamkan Tugu Juang Untuk Deklarasi KAMI

JAMBI (SR28) - Rencana Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) batal melakukan deklarasi pada, Jumat (9/10/2020). Pasalnya, Pemerintah Provinsi Jambi menolak meminjamkan area Tugu Juang untuk digunakan sebagai tempat deklarasi.

"Kami sudah menerima surat dari Pemerintah Provinsi Jambi. Isinya, permohonan izin peminjaman Tugu Juang untuk deklarasi ditolak," jelas Presidium KAMI Provinsi Jambi Amrizal Ali Munir, Senin (5/10/2020).

"Suratnya berbunyi permohonan izin yang KAMI sampaikan tidak dapat dipertimbangkan," tambah Amrizal Ali Munir.

Amrizal memperlihatkan surat yang ditandatangani Sekda Provinsi Jambi. Surat  tersebut tertanggal 29 September 2020 dan diterima KAMI dua hari kemudian.

"Salah satu alasan penolakan adalah alasan keamanan. Menurut kami, alasan tersebut tidak beralasan. Gangguan keamanan apa sih yang diakibatkan dari pelaksanaan deklarasi tersebut? Kalau ada aksi penolakan, ya biarin aja, itu kan bukan gangguan keamanan," jelasnya.

Sementara itu, Komite Eksekutif KAMI Provinsi Jambi Muhamad Usman menyebutkan pihaknya akan mencari lokasi alternatif dan menjadwalkan ulang rencana deklarasi.

"Panitia deklarasi telah merespons surat Pemprov Jambi dan langsung menggelar rapat. Hasilnya, panitia akan menjadwalkan kembali rencana deklarasi. Kami juga akan mencari tempat alternatif untuk deklarasi," ungkap Muhamad Usman.

Muhamad Usman berjanji pelaksanaan deklarasi akan menerapkan protokol kesehatan, yakni mencuci tangan, menjaga jarak, dan tidak membuat kerumunan.

"KAMI juga akan melakukan deklarasi jika kondisi pandemi sudah membaik. Jika situasinya masih pandemi, kami belum akan melakukan deklarasi," ungkapnya.

Ketua Panitia Deklarasi KAMI Jambi Ika Sonizar menyatakan pihaknya telah menggelar rapat membahas surat Pemprov Jambi.

"Kami bergerak cepat dan langsung menggelar rapat Sabtu (3/10/2020) kemarin. Kami tidak mempermasalahkan jika Pemprov Jambi menolak meminjamkan Tugu Juang untuk dijadikan lokasi deklarasi. Kami sudah  mempertimbangkan sejumlah lokasi lainnya sebagai alternatif lokasi deklarasi," kata Ika Sonizar.

Ika Sonizar mengaku tidak mempersoalkan jika deklarasi harus ditunda.

"Gak apa-apa ditunda, apalagi sekarang situasinya pandemi Covid19 sedang memburuk. Kan ada surat instruksi dari Walikota Jambi, kami akan patuhi. Kami juga tak ingin anggota KAMI ada yang terpapar Covid19," pungkasnya. (Muhammad Sidik)

Ardy Daud : Pancasila Falsafah Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

JAMBI (SR28) - Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi, Ir Restuardy Daud bersama forkompimda Provinsi Jambi mengikuti secara virtual peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, dari Ruang Kerja Gubernur Jambi, Kamis (1/10/2020).

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bertindak sebagai inspektur dalam upacara yang mengusung tema “Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila.” Dalam upacara tersebut, dilakukan Pembacaan Teks Pancasila oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat RI Bambang Soesatyo, serta Pembacaan dan Penandatangan Ikrar oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat RI Puan Maharani.

Usai mengikuti upacara secara virtual, dalam sesi wawancara, Restuardy Daud-familiar dipanggil Ardy Daud-menegaskan bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini merupakan wujud komitmen seluruh Bangsa Indonesia bahwa Pancasila adalah falsafah kehidupan berbangsa dan bernegara. Falsafah Pancasila ini merupakan suatu pandangan hidup yang telah diyakini bangsa Indonesia sebagai suatu kebenaran, oleh karena itu dijadikan falsafah hidup bangsa.

“Hari ini kita memperingati Hari Kesaktian Pancasila, hari ini kita kembali memperkuat komitmen kita menjadikan Pancasila sebagai dasar negara, falsafah negara, dan cara memandang kita sebagai negara besar, cara berbangsa dan bernegara itu yang perlu terus kita gelorakan. Pancasila sebagai falsasah dalam kehidupan kita sehari-hari, hal tersebut yang harus kita ingat dan kita tanamkan” ujar Ardy Daud.

Selain itu, Ardy Daud mengingatkan sekaligus mengajak masyarakat untuk menyikapi pandemi Covid-19 secara bijak. “Mari kita taati protokol kesehatan. Kita akan terus bersinergi dengan menerapkan tata kelola kesehatan mulai dari test, tracing, dan treatment (pemeriksaan, pelacakan, dan pengobatan). Kami sedang bekerja, dan saya yakin kita bisa menekan jumlah dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan,” jelas Ardy Daud.

- Advertisement -

Music

Terjawab Sudah, Pasangan Alharis-Sani Menangi Pilgub Jambi

JAMBI (SR2)- Setelah saling salip dalam Quick Count hingga diangka 0,2% selama 2 hari terakhir, sore ini (Senin 15 Desember 2020) tim Media Centre Alharis-Sani menyatakan sikap resmi terkait perolehan suara.

Dari hasil resmi pleno 141 Kecamatan yang ada di Provinsi Jambi, teka-teki siapa yang memenangkan Pilgub Jambi 2020 terjawab sudah. Drama seru perebutan suara antara pasangan CE-Ratu dan Haris-Sani yang mendebarkan bagi pendukung, kini boleh dibilang berakhir. Al Haris sang birokrat dan Abdullah Sani sang kiyai, menang!

Direktur Center Haris-Sani, Hasan Mabruri, merilis data, kemenangan Haris-Sani dibuktikan dari Form (Formulir) pengesahan D-Hasil Kecamatan-KWK seluruh kecamatan. Rangkuman semua itu menunjukkan, pasangan dengan jargon Jambi Mantap berhasil menjadi juara dengan meraup 596.589 Suara (38,1 Persen).

Sementara, di posisi kedua ditempati pasangan CE-Ratu dengan jargon Jambi Cerah yang mendapatkan 587.172 suara (37,5 Persen), sedangkan pasangan Fachrori-Syafril dengan jargon Jambi Berkah berhasil mengumpulkan 383.639 suara (24,5 persen).

Bila dilihat dari jumlah total kemenangan Kabupaten, pasangan CE-Ratu berhasil unggul di 5 Kabupaten. Yakni; Sarolangun, Tebo, Batanghari, Tanjabbar dan Tanjabtim. Berikutnya, pasangan Fachrori-Syafril unggul di 3 Kabupaten/Kota, yakni; Bungo, Kerinci dan Sungai Penuh. Sementara pasangan Haris-Sani juga unggul di 3 Kabupaten Kota, yakni; Merangin, Muaro Jambi dan Kota Jambi.

Meski hanya unggul di 3 Kabupaten Kota, strategi pasangan Haris-Sani boleh dibilang jitu. Sebab, keunggulan tersebut diraih pada kabupaten/kota yang memiliki suara “gemuk”, alias memiliki pemilih paling banyak berdasarkan DPT (Daftar Pemilih Tetap). Seperti Kota Jambi dengan pemlilih terbanyak pertama, Muaro Jambi pemlih terbanyak kedua dan Merangin pemilih terbanyak ketiga.

Di Kota Jambi, pasangan Haris-Sani berhasil meraup 126.334 suara (52,8 persen), jauh unggul dari pasangan CE-Ratu yang meraih 74.407 (31,1 persen), sementara Fachrori-Syafril meraih 38.421 suara (16,1 persen). Kemenangan terbesar Haris-Sani terjadi di Kabupaten Merangin, di mana pasangan nomor urut 3 ini berhasil meraih 116.070 suara atau 69,7 persen, disusul pasangan CE-Ratu 34.443 suara (20,6 persen) dan pasangan nomor urut 3 dengan perolehan 16.122 suara.

Direktur Centre Haris-Sani, Hasan Mabruri S.Sos mengucapkan rasa syukur atas kemenangan ini. Menurutnya, kemenangan ini bukanlah kemenangan Haris-Sani saja, tapi kemenangan seluruh elemen pencinta demokrasi dan rakyat Jambi.

”Bapak Al Haris dan Bapak Abdullah Sani mengucapkan rasa syukur terkait hasil ini. Ini adalah kemenangan demokrasi di Jambi, ini adalah kemenangan seluruh masyarakat, kemenangan ini adalah awal kebangkitan kita untuk membangun Jambi dimasa akan dating,” tutur pria yang akrab disapa Bohok ini.

Ia juga mengimbau kepada seluruh pendukung dan pemilih Haris-Sani untuk tetap menjaga suasana kondusif sampai proses penetapan nanti.

”Tentu kita semua merasa gembira dengan kemenangan ini, dan sangat wajar bila masyarakat merasa senang. Meski begitu, satu hal yang lebih penting adalah, kita harus kembali merajut kebersamaan, kembali merangkai semangat, kembali menyulam rasa saling memliki, karna sikap ini adalah kekuatan bagi Haris-Sani nantinya dalam menyukseskan pembangunan Jambi untuk kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Terkait merebaknya isu akan ada gugatan dari pasangan lain ke Mahkamah Konstitusi (MK), ia mengaku tidak ingin berspekulasi.

”Saya kira semua kandidat diberi ruang yang sama untuk berekspresi, saya tidak ingin berspekulasi terkait isu tersebut. Namun satu keyakinan saya, semua kandidat adalah orang-orang besar dan tokoh kunci panutan masyarakat Jambi, para panutan kita tersebut saya yakini tidak ingin ada kegaduhan lebih lanjut, karena semua mencintai Propinsi Jambi dan semua pasti ingin Jambi segera membangun dan melaju untuk mengejar ketertinggalan. Sekarang mari kita semua berpikir positif untuk kemaslahatan,” tandasnya.

*rilis

Bupati Tanjabbar Bersama Gubernur Jambi Tanam Mangrove di Sekitar Pelabuhan Roro

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial MS bersama Gubernur Jambi Fachrori Umar menanam pohon Mangrove di sekitaran pelabuhan Roro Kuala Tungkal dalam rangka peringatan Hari Mangrove Sedunia Tahun 2020, Senin (03/08/2020).

Kegiatan penanaman mangrove turut diikuti oleh Staf Khusus Menteri Lingkungan hidup bidang koordinasi dampak lingkungan, Kapolda Jambi, Danrem 042 Gapu, Forkompimda Provinsi Jambi, Kepala OPD Provinsi/ Kabupaten, Asisten, Pramuka, dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Safrial memapaparkan singkat tentang kondisi geografis Tanjung Jabung Barat. Bupati juga sampaikan, Kabupaten Tanjung Jabung Barat merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jambi yang memiliki hutan Mangrove yang cukup luas.

"Keberadaan hutan Mangrove di Tanjung Jabung Barat sangat berharga sebagai sumber daya alam yang menyimpan banyak manfaat yang dan harus dijaga kelestariannya," ungkap Safrial.

Selain itu, Pemkab Tanjab Barat didukung Kementerian Pariwisata telah berupaya secara maksimal untuk mengangkat hutan mangrove di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

"Salah satunya dengan menjadi sebuah objek wisata tematik, yang memiliki nilai tambah yaitu dengan membuka dan membangun sarana dan prasarana penunjang ekowisata mangrove pangkal babu agar dapat dikunjungi dengan mudah dan nyaman oleh para wisatawan baik dalam maupun dari luar negeri bahkan juga para peneliti lingkungan hidup yang terkait dengan hutan mangrove untuk pengembangan ilmu pengetahuan," jelas Safrial.

"Jauh lebih penting kedepannya ekowisata hutan mangrove pangkal babu ini dapat senantiasa kita kembangkan dan memberikan dampak yang positif terhadap pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat luas melalui tumbuh kembangnya industri kecil yang menyediakan berbagai kerajinan cenderamata kuliner laut yang khas dan sebagainya," ujarnya.

Selain itu Safrial berharap  pemerintah provinsi Jambi dan pemerintah pusat melalui Kementerian Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dapat mendukung pembangunan dan mendorong perkembangan ekowisata hutan mangrove pangkal babu itu.

Sementara itu, Gubernur Jambi H. Fachrori Umar M. Hum dalam sambutannya menyampaikan saat ini Pemerintah sangat menaruh perhatian terhadap kelestarian hutan mangrove, mengingat banyaknya manfaat hutan mangrove khususnya bagi masyarakat sekitar.

Fachrori berharap melalui kegiatan peringatan hari mangrove sedunia ini, dapat menambah motivasi dalam rehabilitasi dan menjaga kelestarian hutan mangrove, khususnya di Provinsi Jambi.

"Provinsi Jambi memiliki hutan mangrove seluas 9.300 hektar, di Tanjung Jabung Barat 4.166, 65 hektar, melalui kegiatan ini, mari kita gelorakan semangat menanam mangrove untuk memberikan kontribusi dalam rehabilitasi dan kelestarian hutan mangrove," ujar Gubernur. (Sabri)

KPU Persiapkan Secara Matang Penatapan Paslon Dan Pencabutan Nomor Urut

KUALA TUNGKAL (SR28) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjab Barat nyatakan persiapan pelaksanaan dua tahapan Pilkada Tanjabbar, penetapan pasangan calon (Paslon) dan Pencabutan Nomor urut paslon sudah dipersiapkan matang.

Ketua KPU Tanjabbar, Hairuddin melalui Komisioner Divisi Teknis dan Pelaksanaan, Muhammad Taufik mengatakan untuk penetapan paslon dilaksanakan pada Rabu besok (23/9) secara tertutup tanpa menghadirkan paslon.

"Untuk penetapan paslon menjadi calon bupati dan wakil bupati diputuskan melalui rapat pleno tertutup. Hasil berita acaranya nanti kami akan publikasikan," kata M Taufik.

Sementara pengambilan nomor urut yang dilaksanakan di Tungkal Hotel di Jalan Panglima Camar,kecamatan Tungkal Ilir, pada Kamis (24/9) mendatanh, paslon diwajibkan hadir. "Namun, jika calon berhalangan hadir, maka yang bersangkutan harus menyampaikan surat kepada KPU memberikan mandat kepada seseorang yang dipercaya untuk melakukan pencabutan nomor urut." Jelas Taufik.

Lanjut taufik, hanya saja, jumlah peserta yang hadir mendampingi paslon dibatasi sesuai dengan standar protokol kesehatan.

"Kita akan batasi selain paslon, yang boleh ikut masuk ke ruangan pencabutan nomor urut hanya 2 orang dari perwakilan tim kampanye dari masing-masing calon, parpol, penghubung dan dari Bawaslu 2 orang," tegas Taufik.

Oleh karena nya KPU mengimbau agar paslon tidak melakukan arak arakan konvoi,dan massa yang boleh masuk hanya yang bawa ID Card,serta Mematuhi aturan protokol kesehatan."karena itu juga Ada Live streaming melalui Youtube dan Facebook.

"Nanti kita pasang layar in focus supaya bisa dilihat dari layar lebar monitor di lantai dasar saat pencabutan nomor urut di lantai 3 Tungkal Hotel,"pungkasnya. (Sabri)

Bupati Tanjabbar Hadiri Paripurna Penyampaian Keuangan dan Raperda Perubahan APBD 2020

KUALA TUNGKAL (SR28) - Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan agenda Penyampaian Pemandangan Umum Anggota Dewan dengan Membawa Suara Fraksi-Fraksi DPRD terhadap Nota Keuangan dan Raperda tentang Perubahan APBD Tahun anggaran 2020 yang digelar di Ruang Rapat Paripurna, DPRD Tanjab Barat, Kamis (17/9) dihadiri langsung Bupati Dr. Ir. H. Safrial, MS ikut serta dalam paripurna Sekda H. Agus Sanusi, Asisten Setda dan Para Kepala OPD lingkup Kabupaten  Tanjab Barat.

Dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Mulyani Siregar, SH, didampingi Wakil Ketua H. Muh. Sjafril Simamora, SH tersebut semua fraksi di DPRD setuju Raperda Perubahan APBD 2020 lanjut ke tahap berikutnya. Meskipun ada beberapa fraksi yang memberikan catatan dan saran.

Fraksi PDI-P lewat juru bicara Tubagus menyampaikan menyetujui nota keuangan APBD-P 2020 untuk dilanjutkan dan dibahas ke tahap selanjutnya dengan catatan mengoptimalkan untuk kesejahtraan rakyat, seperti kesehatan, pendidikan dan infrastruktur lainnya.

Juru bicara Fraksi Golkar, Budi Azwar juga menyetujui perubahan APBD 2020 untuk dibahas lebih lanjut dengan saran skala prioritas infrastruktur di jalan desa, kelurahan dan sekolah. Optimalisasi peningkatan jalan di Seberang Kota, Poros Jalan di Kuala Betara, Jalan Senyerang ke Tebing Tinggi agar ekonomi masyarakat bisa ada peningkatan.

Fraksi PAN lewat jubir Nova Anggun Sari menyetujui nota keuangan perubahan APBD 2020 dibahas ke tahap selanjutnya. Kemudian fraksi PKB lewat M. Zaki juga menyetujui dengan beberapa catatan dan pertanyaan diantaranya: Persentase program padat karya, persentase peningkatan target jangka menengah daerah dan program yang tidak selaras dengan RPJMD. Serta kesejahteraan guru honorer Madrasah Diniyah di Tanjab Barat.

Sutejo, juru bicara fraksi Gerindra menanggapi  kondisi Covid-19 di Tanjab Barat, dan meminta kepada Bupati agar serius dalam pencegahan covid 19. Gerindra juga mengingatkan prioritas pembangunan diTanjab Barat. Kemudian fraksi Nasdem dan PPP juga menyetujui untuk dibahas ke tingkat selanjutnya.

Bupati Tanjab Barat H. Safrial usai paripurna mengatakan apa yang disampaikan Fraksi-fraksi DPRD terhadap Nota Keuangan dan Raperda tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020 Kabupaten Tanjab Barat telah dilaksanakan seperti infrastruktur, kesehatan hingga pendidikan. Bahkan untuk pendidikan banyak pelajar Tanjab Baray yang telah dikirim sekolah vokasi ke luar daerah.

"Kemudian anggaran masih fokus ke infrastruktur, kemaren yang sempat di pangkas kita tambah lagi, misalnya jembatan opritnya dipotong sekarang kita anggarkan lagi supaya bermanfaat. Kebanyakan proyek -proyek yang sudah ditenderkan kemaren tapi tidak selesai, kita selesaikan. Kalau pendidikan dan kesehatan semua ada perubahan, tapi untuk beasiswa tidak boleh dipotong, yang dipangkas itu tentunya yang tidak penting aja,Agar target RPJMD yang telah kita janjikan kepada masyarakat terlaksana," pungkas Safrial. (Sabri)

Sport News

Selamat!!! Nanda-Dorel Terpilih Jadi Presiden dan Wakil Presiden BEM KBM UNJA 2020-2021

MENDALO (SR28)- Setelah melewati dinamika panjang sejak 2019, akhirnya Pemilu Raya Mahasiswa (PEMIRA) Universitas Jambi membuahkan hasil pada siang ini (Senin, 24 Agustus 2020)

Dalam kontestasi yang berlangsung alot dan bertensi  panas tersebut, terpilihlah pasangan calon presiden dan wakil presiden yang diusung oleh Partai Bintang Mahasiswa yaitu Nanda-Dorel.
Keduanya mendapat  5886 suara dan disusul rivalnya Syahrial- Tobi dengan 5181 suara.

Menyikapi hal itu, Presiden Partai Bintang Mahasiswa (PBM) UNJA Aviv Ramadya mengaku jika tahun ini adalah salah satu PEMIRA yang sangat menyita energi dan strategi pada partai besutannya tersebut.

Aviv Ramadya Akbar, Presiden Partai Bintang Mahasiswa (PBM)

"ini adalah kemenangan paling tipis sepanjang sejarah dari torehan partai  UNJA Partai Bintang Mahasiswa, persaingan dilapangan sangat alot, apalagi saat ini semua berbasis online. Tentu ini jadi tantangan tersendiri bagi PBM yang selama bertahun-tahun terbiasa dengan PEMIRA offline. Namun demikian kami puas dengan hasil ini dan saat ini tugas kami adalah merealisasikan janji-janji politik kami kepada mahasiswa uang telah memandatkan dukungan kepada pasangan Nanda-Dorel" Ungkap Aviv

Sementara itu, Kurnia Nanda selaku Presiden Mahasiswa terpilih menyatakan terima kasih atas ribuan dukungan dari mahasiswa UNJA untuk dirinya.

Calon Pemenang Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa UNJA 2020-2021

"Terima kasih kepada seluruh kader PBM, simpatisan , teman-teman komunitas dan seluruh mahasiswa UNJA yang telah memilih kami. Kami membuka ruang kolaborasi sebesar-besarnya untuk kita membangun UNJA bersama-sama" Ungkap Nanda

Selain pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa, PEMIRA tahun ini juga turut memilih suara Majelis Aspirasi Mahasiswa tingkat Universitas hingga Fakultas serta Gubernur dan Wakil Gubernur Mahasiswa di level fakultas.

PEMIRA tahun ini juga menggunakan metode terbaru yaitu e-vooting dan diselenggarakan selama 3 hari.

Berubah Nomenklatur, Sejumlah Kepala OPD Pemprov Jambi Diganti

https://www.youtube.com/watch?v=TVLKBU-ECyI&feature=emb_title

Sebelum Daftar KPU, Seluruh Bapaslon Pilkada Wajib Uji Swab Covid-19

JAMBI (SR28) - Sebelum melakukan pendaftaran, seluruh Bapaslon Pilkada serentak 2020 provinsi Jambi, di wajibkan untuk melakukan Uji Swab Covid-19 pada 1 September mendatang.

Sumber: JAMBI28 TV
- Advertisement -

Kasus Baru Positif Covid 19 di Petro China, Sekda Himbau ASN Patuhi Protokol Kesehatan

KUALA TUNGKAL (SR28) - Terkait adanya penambahan kasus baru terkonfirmasi positif covid 19 di Kabupaten Tanjung Jabung Barat baru-baru ini, Sekretaris Daerah Ir. H. Agus Sanusi himbau ASN agar disiplin terapkan protokol kesehatan. Hal itu disampaikan Sekda dalam arahannya saat menjadi inspektur Apel rutin Sekretariat Daerah yang diselenggarakan di Halaman Kantor Bupati, Senin (27/07/2020).

Sekda mengutarakan, "Meskipun kita terapkan new normal atau adaptasi kebiasaan baru, saya himbau kepada masyarakat, khususnya ASN, untuk betul-betul terapkan protokol kesehatan, seperti yang kita tau, beberapa hari ini di kabupaten Tanjung Jabung Barat ada penambahan kasus Baru positif covid 19 di salah satu perusahaan yang beroperasi di Kecamatan Betara, untuk diketahui, hingga Minggu (26/07) kemarin, ada 13 karyawan perusahaan Petrochina International Jabung Ltd yang terkonfirmasi positif covid 19 dari hasil tracking disertai uji swab," beber Sekda.

Menurut Sekda, menyikapi adanya kasus baru positi covid 19 di Tanjab Barat, Tim Satgas Percepatan Penanggulangan Covid 19 Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Provinsi Jambi akan turun langsung lakukan peninjauan ke lokasi perusahaan.

"Selain itu, rencananya hari ini Tim Satgas Tanjab Barat dan Provinsi Jambi akan lakukan pengambilan sampel di salah satu pasar di Kecamatan Betara untuk memantau perkembangan covid 19, rencananya sekitar 500 sampel," jelas Sekda.

Lanjut sekda terkait hal tersebut hari ini juga akan dilakukan pembahasan terhadap Raperda Penegakan Protokol Kesehatan yang beberapa waktu lalu telah disampaikan oleh Bupati pada Rapat Paripurna DPRD Tanjung Jabung Barat.

"Semoga pembahasan Raperda ini nantinya berjalan lancar dan bisa segera diberlakukan, tujuannya agar protokol kesehatan bisa benar-benar diterapkan di masyarakat," pungkasnya. (Sabri)

Sekda Tanjab Barat Sambut Kunjungan Kerja Kepala BNN Provinsi Jambi

KUALA TUNGKAL (SR28) - Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjab Barat Ir. H. Agus Sanusi, M. Si sambut Kunjungan Kerja (Kunker) Kepala BNNP Jambi Brigjen. Pol. Dwi Irianto,S.I.K, M.Si beserta jajaran di Rumah  Jabatan Bupati Tanjab Barat, Jumat (03/07).

Kunjungan kerja dilaksanakan dalam rangka sosialisasi instruksi presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional (RAN) Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dan Prekursor Narkotika tahun 2020-2024 di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Bupati Tanjab Barat Ir. H. Safrial MS yang diwakili Sekda Agus Sanusi, dalam sambutannya sampaikan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat selama ini terus berupaya semaksimal mungkin dalam memerangi penyalahgunaan dan peredaran narkoba.

"Salah satu realisasinya adalah, terbentuknya Kampung anti narkoba di desa Tanjung Bojo Kecamatan Batang asam Kabupaten Tanjab Barat yang telah diresmikan pada tanggal 20 September 2018 yang lalu," jelas Sekda.

Lanjut Sekda, tak dapat dipungkiri jika Kabupaten Tanjung Jabung Barat merupakan salah satu wilayah di Provinsi Jambi yang rawan menjadi jalur peredaran narkoba. Hal ini dikarenakan kondisi geografis yang berbatasan langsung dengan kepulauan lain, baik jalur darat maupun jalur laut."oleh karena itu kita berharap agar BNNP dapat bekerjasama dengan intens bersama unsur Forkopimda Kabupaten Tanjab Barat dalam mengatasi permasalahan tersebut,"timpalnya.

Sementara itu Kepala BNNP Provinsi Jambi, Brigjen. Pol. Dwi Irianto dalam sambutannya menyampaikan masih banyak masyarakat yang belum mengetahui bahwa negara Indonesia sudah menetapkan tentang Rencana Aksi Nasional (RAN) Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dan Prekursor Narkotika Tahun 2020 - 2024 yang perkuat dengan Inpres Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2020.

"Dengan diterbitkannya Inpres sebagai regulasi, tentu ini menjadi momentum penting bagi semua lembaga atau institusi untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan RAN P4GN,"imbuh nya.

Dijelaskan Dwi Irianto, bahwa Rencana aksi yang menjadi perhatian Presiden saat ini, dikelompokan dalam beberapa kategori, mulai peningkatan kapasitas layanan rehabilitasi korban penyalahgunaan narkotika dan Prekursor narkotika, deteksi dini penyalahgunaan narkotika dan Prekursor Narkotika, pemberdayaan masyarakat, serta rencana aksi lainnya.

"Menjadi tugas kita bersama untuk menjaga dan memberi pengertian kepada masyarakat, tindakan pemberantasan penyalahgunaan narkoba harus diimbangi dengan pencegahan, keluarga menjadi garda terdepan dalam mencegah penyalahgunaan narkoba setelah itu baru dilingkungan tempat kita tinggal,"Mari bersama-sama bersinergi antara aparat keamanan, forkopimda dengan masyarakat, agar masyarakat lebih perduli terhadap ancaman bahaya narkotika serta Provinsi Jambi bersih dari narkotika," pungkasnya.

Turut hadir dalam Kegiatan ini, Kepala BNNK Kabupaten Batanghari, Kepala BNNK Tanjab Timur, Kasdim 0419/Tanjab,Kasat Narkoba Polres Tanjab Barat, Kaban Kesabangpol Tanjab Barat, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tanjab Barat, Wakil Ketua Pengadilan Agama Tanjab Barat, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD Tanjab Barat dan Para Camat Se - Kabupaten Tanjab Barat. (Sabri)

Gubernur Jambi Kepingin Terpilih Lagi Di Pilgub Jambi

JAMBI - Gubernur Jambi Fachrori Umar yang juga calon Gubernur Jambi dengan nomor urut 2 melakukan pencoblosan di TPS 08 yang berada di belakang rumah dinas Gubenrur Jambi.

Dengan didampingi istri sang petahana mengaku kepingin kembali memimpin provinsi Jambi untuk 5 tahun ke depan.

Gokil! China Punya Matahari Buatan, 10 Kali Lebih Panas

JAMBI - China sukses menyalakan 'Matahari' buatan, menandai perkembangan tenaga nuklir Negeri Tirai Bambu. China punya penelitian fusi nuklir yang menciptakan reaktor HL-2M atau Matahari buatan.

Mengapa julukannya demikian? Sebab, reaktor tersebut menggunakan medan magnet kuat yang mengombinasikan plasma panas sehingga suhunya melampaui 150 juta derajat Celcius. Suhu itu, 10 kali lebih panas dari inti Matahari.

TV

Fachrori Umar : Ponpes Wajib Berkontribusi Dalam Pendidikan Nasional

SAROLANGUN (SR28) - Gubernur Jambi.H.Fachrori Umar, menegaskan, Pondok Pesantren (Ponpes) wajib berkontribusi dalam pendidikan nasional dan turut serta berpartisipasi dalam pembangunan. Karena...

Bawaslu Jambi Ingatkan Paslon Serahkan Laporan Penggunaaan Dana Kampanye

JAMBI - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jambi minta seluruh pasangan calon kepala daerah di Jambi baik itu Gubernur, Bupati maupun Walikota untuk tidak lupa melaporkan setuap detil penggunaaan dana kampanye.

Pelaporan penggunaan dana kampanye tersebut, wajib dilakukan oleh seluruh paslon pilkada Jambi sebagai bentuk salahs atunya upaya mewujudkan akuntabilitas pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020.

Masih Banyak Warga Kota Jambi Langgar Aturan Jam Malam dan Tak Patuhi Protokol Kesehatan

KOTA JAMBI (SR28) - Wakil Walikota Jambi Maulana pimpin langsung operasi Yustisi penerapan jam malam dan protokol kesehatan ke sejumlah titik keramaian di Kota Jambi. Al hasil masih banyak warga yang melanggar aturan jam malam. Bahkan 20 persen masyarakat khususnya kaum muda tak patuhi protokol kesehatan.

Viral! Lebih Pilih Pelakor, Ayah Pukul Anak Istri Hingga Viral di Media Sosial

Unggahan pemilik akun Aurellia Renatha yang mengaku dianiaya oleh ayahnya sendiri gegara pelakor viral di media sosial.

Gadis cantik ini menyatakan, penganiayaan atas dirinya itu dilakukan di kediamannya di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (24/7) malam.

Hal ini dibenarkan Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono yang menyebut bahwa oknum polisi dimaksud adalah Kombes RD.

Sang oknum polisi perwira menengah itu menjabat sebagai sebagai Penyidik Utama TK. I Rowassidik Bareskrim Polri. Argo menyebut, Kombes RD diduga telah melakukan penganiayanaan dan kekerasan dalam rumah tangga.

Buntut dari peristiwa itu, anak kandung Kombes RD melaporkannya ke Polsek Kelapa Gading. Akan tetapi, pelaporan itu disusul dengan Kombes RD yang juga mempolisikan anaknya sendiri.

Tonton video lengkapnya disini: https://jambi28.tv/lebih-pilih-pelakor-ayah-pukul-anak-istri-hingga-viral-di-media-sosial/