Selasa, Maret 9, 2021

Tolak dan Bubarkan Ketua Umum Moeldoko, Demokrat Jatim Dukung AHY

Plt. Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Emil Dardak. (Beritajatim.ist) Emil memastikan soliditas pengurus dan kader Partai Demokrat se-Jatim sangat...

Satu Hal Baik: Citarasa pulau membuat penguncian lebih mudah

Seminggu sekali, selama 42 minggu terakhir, para senior yang beruntung dalam daftar Glenda Andrew telah disuguhi pengiriman makanan lezat seperti brengsek babi, kari kambing...

Karena salah, Liverpool mempermalukan Fulham 0-1 di Anfield: bola oke

LIVERPOOL - Kekalahan harus kembali dirasakan Liverpool di kandangnya sendiri. Si Merah tersungkur dengan skor tipis 0-1 dari tamunya Fulham...

PERIKSA FAKTA: Kepala seorang pria tersangkut di alat kelamin istrinya saat bercinta?

Suami istri yang baru dilarikan ke rumah sakit karena kepala suami tersangkut di vagina istrinya. ...

Technology

25 Orang Terjaring Razia Masker, Langsung Dihukum Ditempat

KOTA JAMBI (SR28) - Pasca Walikota Jambi Syarif Fasha menyatakan diri terpapar virus Covid-19. Satgas penanganan Covid-19 Kota Jambi meningkatkan kegiatan razia penggunaan masker di Jalan Raya. Setidaknya dalam razia tersebut ada 25 orang terjaring razia masker dan langsung dihukum ditempat.

25 Orang Terjaring Razia Masker, Langsung Dihukum Ditempat

25 Orang Terjaring Razia Masker, Langsung Dihukum Ditempat

Posted by JAMBI28 TV on Wednesday, September 16, 2020
Tak gunakan masker langsung dihukum ditempat

Walikota Jambi Sesalkan Tidak Sinkronnya Data Pasien Corona yang Meninggal

KOTA JAMBI - Pemerintah Kota Jambi sesalkan tidak sinkronnya data terkait meninggalnya pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Jambi dengan data pasien meninggal yang diumumkan oleh Satgas penanganan Covid-19 Provinsi Jambi.

Pasalnya, berdasarkan data Satgas penanganan Covid-19 Kota Jambi, sedikitnya ada 35 orang pasien meninggal dengan status terkonfirmasi positif Covid-19.

Sedangkan, berdasarkan daya yang dirilis oleh Satgas penanganan Covid-19 Provinsi Jambi. Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 asal Kota Jambi yang kemudian dinyatakan meninggal dunia hanya sebanyak 5 orang.

Latest News

Gerrard Membawa Rangers Mengakhiri Gelar Liga Skotlandia dengan Cepat

Glasgow - Steven Gerrard berhasil membawa Rangers menjadi...

Pejabat Afghanistan: Pria bersenjata membunuh 7 pekerja, bom membunuh dokter

Seorang pejabat keamanan Afghanistan mengatakan setidaknya tujuh warga sipil ditembak dan dibunuh semalam oleh sekelompok pria bersenjata di provinsi Nangarhar timurOleh RAHIM FAIEZ4...

Menang 2-0, Man United Pecahkan Rekor Man City: Okezone the Ball

MANCHESTER - Tren positif Manchester City berupa 21 kemenangan beruntun di semua kompetisi usai. Manchester United berhasil mengalahkan tetangga dengan skor 2-0 pada minggu...

Joan Laporta Resmi Terpilih sebagai Presiden Baru Barcelona

Barcelona - Joan Laporta resmi menjadi presiden baru...

Terkini

Bawaslu Jambi Soroti Temuan 45.756 Pemilih Ganda

JAMBI (SR28) - Dalam penetapan Daftar Pemilih Sementara yang dikeluarkan KPU Provinsi Jambi. Badan Pengawas Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi menemukan adanya 45.756 pemilih ganda termasuk adanya setengah juta pemilih di Provinsi Jambi yang dianggap tidak memenuhi syarat.

Bawaslu Jambi Soroti Temuan 45.756 Pemilih Ganda

Bawaslu Jambi Soroti Temuan 45.756 Pemilih Ganda

Posted by JAMBI28 TV on Friday, September 18, 2020
Sumber: JAMBI28.TV

Virus! Perbedaan Orang Miskin dan Kaya Saat Berbicara Tentang Banjir

Banjir sedalam 50 cm menutup Jalan Buncit Raya di depan Halte Pejaten Philip, Jakarra Selatan. Akibatnya arus lalu...

Wabup Amir Sakib Ikuti Apel Siaga Pencegahan dan Pengendalian Karhutla

KUALA TUNGKAL (SR28) - Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Amir Sakib ikuti apel siaga pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan Provinsi Jambi yang dilaksanakan di Lapangan Bola Distrik VII PT. Wirakarya Sakti (WKS) Tanjab Timur.

Pj. Sekda Provinsi Jambi, H. Sudirman, SH, MH selaku Pemimpin apel siaga dalam sambutannya menyampaikan bahwa memasuki musim kemarau 2020, lahan gambut  menjadi perhatian khusus kesiapsiagaan personel pengendalian kebakaran hutan dan lahan Provinsi Jambi, terutama lahan gambut yang berada di kawasan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur dan Muaro Jambi."paparnya.

Selain itu sebagai upaya dalam meningkatkan kesiapsiagaan personel pengendalian Karhutla, Pj. Sekda Provinsi Jambi juga berharap apel siaga dan kegiatan latihan bersama ini dapat meningkatkan sinergitas antara Pemerintah, TNI, POLRI serta unsur masyarakat dalam pengendalian kebakaran lahan dan hutan, khususnya di Provinsi Jambi. “Melalui Apel Siaga dan Pelatihan Bersama ini, kita tingkatkan sinergitas Pemerintah, TNI–Polri, Dunia Usaha dan Masyarakat Dalam Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Jambi," ujarnya.

Sementara itu, Wabup H. Amir Sakib juga sepakat bahwa lahan gambut yang tersebar di 3 Kabupaten lingkup Privinsi Jambi ini perlu mendapatkan perhatian lebih dalam upaya pencegahan Karhutla. Hal itu disampaikannya dalam wawancaranya usai kegiatan apel siaga. Wabup juga berharap tujuan pelaksanaan apel siaga dan pelatihan dalam meningkatkan kemampuan personel dan meningkatkan sinergitas semua elemen masyarakat dapat tercapai."Kita sudah memasuki musim kemarau 2020, berdasarkan pengalaman kita, lahan gambut ini memang perlu perhatian lebih dalam pencegahan dan penanggulangan Karhutla,"tutur nya.

Lanjut Amir Sakib, "Selain itu, kesiapsiagaan personel pengendalian kebakaran hutan dan lahan perlu ditingkatkan lagi, terutama pada musim kemarau, seperti arahan Pj Sekda Provinsi Jambi, kita agar Lebih meningkatkan upaya pencegahan sebagai antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, dan ini akan kita tindak lanjuti melalui koordinasi dengan para Camat, TNI, Polri di wilayah kita," tambahnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Pangdam II/Swj, Kapolda Jambi, Danrem 042/Gapu, Kajati Provinsi Jambi, Kepala BPBD Provinsi Jambi, Wakil Bupati Tanjab Timur, Dandim 0415/Batanghari, Dandim 0419/Tanjab, Kapolres Tanjab Barat, dan Kapolres Tanjab Timur. (Sabri)

Fachrori: Pembangunan Masjid Tibuhkan Sikap Gotong Royong

JAMBI (SR28) - Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum menyampaikan, pembangunan Masjid At-Tanwir Muhammadiyah Provinsi Jambi dapat lebih menumbuhkan sikap gotong royong ditengah masyarakat, khususnya bagi warga Muhammadiyah Provinsi Jambi. Hal tersebut disampaikan Fachrori pada Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid At-Tanwir Muhammadiyah Provinsi Jambi, yang berlangsung di Gedung Dakwah Muhammadiyah Provinsi Jambi, Selasa (22/09/2020).

Gubernur mengajak seluruh warga Muhammadiyah menjadikan pembangunan masjid untuk meningkatkan kekompakan dan lebih menumbuhkan sikap gotong royong, dengan artian dalam melakukan penggalangan dana dan bahan bangunan sehingga masjid bisa selesai dan dipergunakan untuk kemaslahatan umat.

“Jika Masjid ini selesai dibangun, tentunya berbagai kegiatan keagaamaan akan digelar guna mewujudkan masyarakat madani, yaitu masyarakat yang dituntun oleh wahyu Ilahi dan bergerak dinamis sebagai masyarakat yang bahu membahu, tolong menolong, serta bekerjasama dalam membangun kesejahteraan,” ujar Fachrori.

Fachrori berpesan agar para pengurus dapat melakukan pengelolaan Masjid At-Tanwir dengan mengadopsi manajemen pengelolaan yang baik untuk mewujudkan kemakmuran Masjid, karena kemakmuran Masjid sangat tergantung dengan bagaimana cara mengelola dan mendayagunakan fungsi masjid.

Lebih lanjut, Fachrori mengajak masyarakat untuk merefleksikan kembali keteladanan Rasulullah SAW, para sahabat nabi dan para tabiin dalam memakmurkan masjid, dimana masjid memiliki peran strategis dalam pertumbuhan peradaban umat Islam, serta masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah semata, tetapi juga sebagai pusat pendidikan dan penyebaran syiar Islam.

“Melalui Masjid, cahaya Islam dapat terpancar ke seluruh penjuru dunia. Pada masa Rasulullah SAW, Masjid digunakan sebagai tempat menyelesaikan berbagai persoalan umat dan pemberdayaan umat, serta memusatkan seluruh perhatian dan pembinaan umat dalam Masjid,” kata Fachrori.

Fachrori menuturkan, melihat esensi kehidupan saat ini, sesungguhnya tidak banyak mengalami perubahan, meskipun perubahan zaman terjadi begitu cepat. Banyak hal yang terjadi pada zaman Rasulullah SAW masih tetap ada, relevan dan aktual pada zaman sekarang. “Marilah kita meneladani akhlak Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari dengan menjalankan syariat Islam secara kaffah dan menyuburkan kembali sunnah sunnah Rasulullah SAW,” tutur Fachrori.

“Kehadiran saya di sini merupakan wujud tanggung jawab sebagai seorang pemimpin di Pemerintahan Provinsi Jambi, guna lebih mempererat tali silahturahmi dengan seluruh pengurus dan masyarakat. Semoga melalui kegiatan ini, semangat persatuan dan persaudaraan kita lebih meningkat lagi, sehingga dapat membantu mempercepat proses pembangunan di Provinsi Jambi,” tutup Fachrori.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Jambi, H.Suhaimi Chan mengatakan, pembangunan Masjid ini harus dengan rasa kebersamaan dan gotong royong, salah satunya dengan memberikan infaq dan sedekah untuk pembangunan masjid. “Jika kita ikhlas memberikan sebagian harta untuk pembangunan masjid, mudah-mudahan Allah SWT akan menggantikannya dengan berlipat. Mari kita bersama-sama menyelesaikan pembangunan masjid ini untuk kemaslahatan umat,” kata Suhaimi.

Bupati Merangin Lepas Santri Ilir Boyo Kembali ke Pondok

MERANGIN - Bupati Merangin H Al Haris melepas sebanyak 87 orang santri asal Desa Ujung Tanjung Simpang Parit  Kecamatan Renah Pembarap, kembali mengikuti proses belajar mengajar di Pesantren Ilir Boyo Jawa Timur, Senin (06/7).

Pada acara pelepasan santri mengunakan tiga unit armada bus dari Mushola Ujung Tanjung Simpang Parit tersebut, bupati berbangga anak-anak sudah bisa kembali belajar. Bupati pesan, agar para santri belajarlah yang rajin dan serius di negeri orang.

‘’Ketika istirahat di rumah makan nanti, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir. Tetap selalu memakai masker dan terapkan betul protokol kesehatan,’’pinta Bupati kepada para santri.

Bila sudah sampai pondok nanti lanjut bupati, anak-anak untuk tetap menjaga jarak dan selalu terapkan protokol kesehatan Covid-19. Jangan sampai ada anak Merangin yang sakit di negeri orang.

Diakui bupati, ketika para orang tua dan anak-anak tergugah untuk mendalami ilmu agama, sering sekali mengalami berbagai cobaan dan ujian. Tapi percayalah ujian dan cobaan itu, akan mendidik para santri dan orang tua untuk bersabar.

Termasuk terang bupati, cobaan wabah virus Corona. Namun demikian bupati mengharapkan tidak ada ujian, cobaan dan halangan yang terjadi untuk para santri asal Merangin tersebut.

‘’Saya berdoa, semoga anak-anak sekalian nanti bisa menjadi penerus para ulama ulama di daerah kita. Alhamdulillah virus Corona sudah mulai berkurang di daerah kita, sehingga nanti anak-anak di Merangin juga sudah bisa kembali sekolah,’’ujar Bupati.

Pada kesempatan ini bupati menyerahkan surat keterangan izin berangkat dari Dinas Perhubungan Merangin dan surat keterangan berbadan sehat dari Puskesmas, kepada pimpinan santri yang berangkat.

Belum Dilintasi Mobil Sisi Ofrit Jembatan Sungai Bakung Sudah Retak-retak

KUALA TUNGKAL (SR28) – Peningkatan Jembatan Parit Bakung Kecamatan Sebrang Kota, Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang dikerjakan oleh CV Hardianty dengan Dana...

Penyuntikan Vaksin Covid-19 Tahap Kedua Dilakukan 28 Februari Mendatang

Proses vaksinasi Covid-19 buatan sinovac tersebut akan kembali dilakukan di rumah dinas gubernur Jambi pada 28 Januari 2021 mendatang.

Breaking News!!! Pemkot Jambi Kembali Liburkan Siswa PAUD, SD dan SMP se-Kota Jambi

KOTA JAMBI (SR28)-  Setelah melaksanakan keputusan Walikota Jambi nomor 245 Tahun 2020 tentang Penetapan Pelaksanaan Relaksasi di Bidang Pendidikan Tahun Ajaran 2020-2021 selama 3 pekan terhitung 13 juli 2020, pada hari Rabu (6/8/2020) Pemerintah Kota Jambi secara resmi kembali meliburkan siswa/i PAUD/TK, SD dan SMP yang ada di Kota Jambi. Keputusan tersebut diambil setelah menyikapi melonjaknya kasus Covid 19 di Kota Jambi dan Provinsi Jambi sebanyak 19 orang. Angka ini tercatat sebagai angka terbesar setelah klaster Gowa yang membuat panik masyarakat Provinsi Jambi pada bulan Mei lalu.

Keputusan untuk meliburkan kembali siswa-siswi ini disampaikan secara langsung oleh Kadis Pendidikan Kota Jambi Mukhlish dengan melalui surat resmi dengan perihal pemberitahuan yang ditujukan kepada seluruh Kepala PAUD, SD dan SMP tetanggal 5 Agustus 2020. Para siswa ini diminta untuk melakukan Pembelajaran Jarak Jauh terhitung 6 Agustus 2020 hingga 19 Agustus 2020.

Berikut surat resminya

Jurnalis: Muhammad Sidik

Harus Baca

Polresta Jambi Terjunkan 646 Personel Untuk Pengamanan TPS Besok

KOTA JAMBI - Dari sisi pengamanan, pihak Polresta Jambi sedikitnya telah menyiapkan 646 personel yang akan diterjunkan untuk pengamanan Pilkada besok.

646 personel Polresta Jambi itu, akan diterjukan untuk mengamankan 1.334 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh Kota Jambi. Pembagiannya sendiri dari 646 personel tersebut, akan dibagi menjadi 2 personel polisi yang ditugaskan untuk mengamankan 10 TPS.

Millen Cyrus Kembali Ditangkap Karena Narkoba

JAKARTA - Millendaru atau yang dikenal dengan nama Millen Cyrus, kembali ditangkap polisi di sebuah kafe di Jakarta Selatan saat razia protokol kesehatan. Saat diminta untuk...

Tak Layak Masuk Dalam Pemiliharaan, Aktivis Endus Dugaan Korupsi Uang Negara Di Pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tanjabbar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Terkait hasil kerja pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tingkat Provinsi Jambi yang berada di Desa Tungkal 1 (Satu)...

Madrid Vs Sociedad Selesai 1-1

Madrid - Real Madrid harus puas bermain imbang...

UNIK! Band Ini Gelar Konser Di Dalam Balon, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Sebuah grup band asal Amerika Serikat yakni The Flaming Lips Band menggelar sebuah konser di dalam balon. Uniknya mereka tetap mematuhi protokol...

Gubernur Jambi Kepingin Terpilih Lagi Di Pilgub Jambi

JAMBI - Gubernur Jambi Fachrori Umar yang juga calon Gubernur Jambi dengan nomor urut 2 melakukan pencoblosan di TPS 08 yang berada di belakang rumah dinas Gubenrur Jambi.

Dengan didampingi istri sang petahana mengaku kepingin kembali memimpin provinsi Jambi untuk 5 tahun ke depan.

Empat UPR Merangin Mendapat Sertifikat CPIB

MERANGIN  - Empat Unit Pembenihan Rakyat (UPR) di Kabupaten Merangin, diberi Sertifikat Cara Pembenihan Ikan  yang Baik (CPIB) dari Kementerian Kelautan Perikanan Republik Indonesia.

UPR  yang menerima sertifikat CPIB itu, Andika Hidayah dari UPR Andik Lele, Desa Sungai  Kapas Kecamatan Bangko,  Triswanto dari UPR Berkah Mina Desa Tambang Mas Kecamatan Pameneng Selatan.

Selain itu, Dwi Purwanto dari UPR Fadel Fish, Desa Tambang Mas Kecamatan Pamenang Selatan dan Sutar dari UPR Sahabat, Desa Tambang Mas Kecamatan Pamenang Selatan.

‘’Jadi kualitas pembenihan ikan kempat UPR ini, telah diakui secara nasional. Artinya mereka mempunyai kemampuan mengelola pembenihan ikan secara baik,’’ujar Bupati Merangin H Al Haris didampingi Wabup H Mashuri di halaman kantor bupati, Senin 13-7-2020.

Semakin banyak memiliki Sertifikat CPIB lanjut bupati, akan semakin menciptakan kepercayaan publik terhadap UPR tersebut, karena akan semakin membuktikan kalau hasil pembenihan yang dilakukan itu semakin baik.

Pada kesempatan itu, bupati juga menyerahkan sertifikat gratis lahan usaha budidaya perikanan (Prasehatkan) kepada sebanyak 20 orang anggota kelompok budidaya ikan di Kecamatan Tabir Ilir.
Sertifikat Prasehatkan itu terang Kadis Perikanan Merangin M Damai, merupakan kegiatan program pemberdayaan masyarakat, kerjasama Kementerian Kelautan Perikanan RI dengan Badan Pertanahan Nasional.

‘’Pemkab Merangin sebagai ‘penyambung tangan’ melalui Dinas Perikanan telah mengusulkan sertifikat kolam ini ke Pusat. Alhamdulillah telah dikabulkan langsung kita bagikan,’’ terang M Damai.

Bupati menambahkan, Sertifikat Prasehatkan itu akan mematenkan lahan perikanan milik seseorang secara hukum. Selain itu Sertifikat Prasehatkan juga digunakan pemiliknya untuk agunan pinjaman modal usaha.

Tenaga Medis Positif Corona, Puskesmas Simpang Kawat Kota Jambi Tutup Sementara

KOTA JAMBI (SR28) - Penutupan puskesmas simpang Kawat selama 3 hari ini yang dimulai 26 Oktober sampai 28 Oktober mendatang adalah langkah Pemkot Jambi untuk melakukan sterilisasi puskesmas.

Perpecahan Inter dan Pirelli di Akhir Musim

Jakarta - Inter Milan untuk musim depan tidak...

Kanada dan sekutunya menyatakan penahanan sewenang-wenang itu tidak bermoral

Kanada, AS, dan koalisi 56 negara lain telah mendukung deklarasi yang mengecam penahanan sewenang-wenang yang disponsori negara terhadap warga negara asing untuk tujuan politikOlehThe...

Video News

Datang ke Jambi, Mendagri Tito Karnavian Beri Arahan Soal Pilkada dan Covid-19

JAMBI (SR28) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian memberikan arahan pada rapat koordinasi persiapan Pilkada 2020 dan Covid19. Tito berpesan kedepan agar dibuat Peraturan Daerah (Perda) protokol kesehatan seperti pemakaian masker yang didalamnya memuat sanksi. Kepada para Calon Kepala Daerah yang akan mengikuti Pilkada Tito juga berpesan agar menjadikan Alat Peraga Kampanye (APK) juga dijadikan sebagai alat pencegahan Covid19.

Sumber: JAMBI28 TV

Ribuan Buruh di Jambi Turun ke Jalan Menolak UU Cipta Kerja

JAMBI (SR28) - Ribuan buruh di Jambi turun ke jalan melaksanakan unjuk rasa menolak undang-undang Omnibus Law Cipta Kerja. Senin (12/10) mulai Pukul 10.30 Wib. Meski sempat diguyur hujan para buruh tetap semangat menyuarakan aspirasi mereka.

Bupati pimpin apel siaga Karhutla di Merangin

MERANGIN - Sampai jelang akhir Juli 2020 sekarang ini, kondisi Kabupaten Merangin masih aman terhadap kebakaran hutan dan lahan Karhutla. Belum ditemukan adanya titik api di 24 kecamatan dalam Kabupaten Merangin.
Hal tersebut ditegaskan Bupati Merangin H. Al Haris usai menjadi Inspektur upacara kedisiplinan dan Apel Siaga Karhutla 2020 di halaman depan kantor bupati Merangin, Senin (27/7/2020).

‘’Mudah-mudahan Merangin selalu aman dari Karhutla. Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk selalu siaga, jangan ditatanan kehidupan New Normal Covid-19 ini kita lengah dengan Karhutla,’’ujar Bupati.

Jaga betul pinta bupati, hutan Merangin jangan sampai ada  yang terbakar. Jangan ada lagi warga  yang membuka lahan dengan cara membakar.  Jika masih ada warga yang membuka lahan dengan cara membakar akan diusut tuntas.
Sedikit saja ada warga yang membakar lahan terang bupati, akan terpantau lewat Satelit.

‘’Pada tatanan kehidupan New Normal ini, jangan sampai daerah kita kena asap karena udara yang berasap dapat menurunkan imun tubuh,’’harap Bupati.

Bupati minta seluruh masyarakat Kabupaten Merangin konsisten menjaga keutuhan hutan dan lahan dari kabakaran, sehingga kondisi udara di Bumi Tali Undang Tambang Teliti tetap segar.

‘’Pada Juni 2020 lalu mamang sempat terbaca ada dua titik panas atau hotspot yang diduga dari Karthula di Merangin. Tapi sekarang sudah hilang dan Karhutla di Merangin dalam kondisi nihil,’’terang Bupati.

Kapolda Jambi Minta Maaf Insiden Penembakan Gas Air Mata ke Pemukiman Warga

JAMBI (SR28) - Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Shantyabudi meminta maaf atas insiden aksi pukul mundur demonstran menggunakan gas air mata yang mengarah ke pemukiman warga.

Warga Desa Tungkal 1 Keluhkan Kelapa Dijarahi Ratusan Monyet Liar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Diperkirakan ribuan hektare kebun kelapa milik warga Desa Tungkal 1, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat dijarahi ratusan monyet liar.

Gangguan hama monyet liar yang meresahkan petani kelapa ini membuat petani merugi. Akibatnya hasil buah kelapa pun berkurang saat panen, akibat buah dan daun kelapa yang dirusak oleh monyet. Hal ini seperti dikatakan oleh Salim selaku Badan Perangkat Desa (BPD) Tungkal.

"Petani merugi, akibatnya hasil buah kelapa pun berkurang saat panen, akibat buah dan daun kelapa yang dirusak oleh monyet," ujarnya kepada SR28, Senin (28/09).

Terpisah, Sekdes Tungkal 1, Lukman Hakim mengatakan, pihaknya sudah menyurati Dinas Perkebunan dan Peternakan Tanjabbar krena gangguan monyet ini sangat berpengaruh dengan hasil perkebunan warga petani kelapa.

"Bayangkan saja kalau satu monyet sampai makan 3 buah kelapa dalam berapa banyak buah yang habis dimakan ratusan monyet itu. Kalau buah yang jatuh itu rusak tidak mau dimakannya, diambilnya lagi yang baru," ujar Sekdes.

"Untuk itu kita berharap dengan apa yang terjadi saat ini, dinas istansi terkait, dapat membantu kami untuk mengusir hamonyet yang hingga kini makin menjadi dan merusak kebun kelapa warga," pungkasnya. (Sabri)

Breaking News!!! Partai Gelora Resmi Dukung Fachrori-Syafril

JAMBI (SR28)- Teka-teki arah dukungan berbagai partai politik pada Pilgub Jambi 2020 semakin terjawab.  Kabar teranyar, muncul dari Partai Gelora. Tadi malam (Sabtu 5 September 2020), sejumlah petinggi  Partai Gelora disambut secara khusus oleh calon gubernur petahana H.Fachrori Umar dan calon wakilnya Irjen.Pol. Syafril Nursal di kediaman Fachrori Umar kawasan Tanggo Rajo Kota Jambi.

Pertemuan hangat Pengurus DPW Gelora Provinsi Jmabi bersama Fachrori-Syafril

Dalam perjamuan yang dimulai pukul 21.00 WIB tersebut, Partai Gelora menyampaikan resmi menyampaikan ihwal dukungan politiknya pada Pilgub 2020 ini. Secarik kertas bermap resmi Gelora yang berisi dukungan dari Dewan Pengurus Nasional resmi diserahkan oleh Mahyudi ke Fachrori Umar dan Syafril Nursal.

Penyerahan surat dukungan politik secara resmi Partai Gelora

Mahyudi yang dalam sela-sela perjamuan tersebut menyatakan komitmennya untuk menggerakkan simpul massa yang sudah dibangun selama 4 bulan terakhir.

"Kami sudah bulat memutuskan untuk mendukung Bapak (Fachrori Umar-Syafril Nursal) untuk kembali menjadi Gubernur 2021-2024 mendatang. Kami siap mengaktivasi semua komponen partai kami mulai dari wilayah hingga desa-desa untuk memenangkan pasangan FU-SN. Bismillah, kita sama-sama tancap gas" Ungkap Mahyudi dalam perjamuan tersebut.

Lembar dukungan resmi Partai Gelora untuk Pilgub Jambi

Fachrori Umar yang langsung menerima dukungan tersebut mengaku sangat berterima kasih pada Partai Gelora yang memberikan kejutan di last minutes Pilgub ini

"Terima kasih atas dukungannya, kami menjadi makin optimis untuk menang pada Pilgub tahun ini. Kami sangat menyambut dengan gembira bergabungnya Gelora dalam barisan pemenangan. Kolaborasi ini semoga tidak hanya dalam momen Pilgub Jambi 2020, namun juga kolaborasi jangka panjang"Ungkapnya

Direncanakan, hari ini Partai Gelora juga akan turut mengantarkan pendaftaran calon gubernur ke KPU Provinsi Jambi.

"Tim sudah kami siapjan untuk mengantar Pak FU-SN ke KPU. Semua dukungan mulai dari pendaftaran ke KPU hingga 9 desember mendatang sudah kami siapkan secara maksimal untuk memenangkan FU-SN" tutup Mahyudi.

Daerah

Sambut Audiensi PPDI, Bupati Tanjab Barat Berharap Bisa Sinergi Bangun Desa

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial, MS sambut hangat audiensi dengan Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) di Ruang Rapat Bupati, Selasa (20/10).

Audiensi ini dalam rangka silaturahmi sekaligus memberikan bimbingan dan nasehat kepada organisasi PPDI yang telah dikukuhkan oleh Dewan Pembina PPDI Provinsi Jambi masa bakti 2020-2026 di Jambi, Selasa (20/10)

Dalam arahannya Bupati berharap dengan telah terbentuknya organisasi PPDI Kab. Tanjung Jabung Barat ada sinergi dalam pengelolaan dana desa dan proyek pemerintah Fokus pembangunan kita adalah menggenjot infrastruktur. Di Seberang Kota sebentar lagi listrik sudah mengalir dan akan diresmikan secara virtual.

"Demikian juga beberapa jembatan kita bangun disana, juga dengan Kuala Betara ada 1 jembatan di Parit Deli. Kedepan saya berharap perangkat desa ini bisa mendorong percepatan pembangunan."Mari kita sinergikan APBD dengan APBDes, dengan adanya PPDI ini dapat memberi masukan kepada Kepala Desa," imbuh Safrial.

Terpisah Kadis PMD Nor Setyo Budi dalam keterangannya usai audiensi mengatakan," PPDI merupakan organisasi persatuan perangkat desa yang khusus Kabupaten Tanjung Jabung Barat telah dikukuhkan oleh Dewan Pembina PPDI Provinsi Jambi berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Pusat PPDI  indonesia Nomor : SKEP/20/Pp. PPDI/VIII/2020

"Tugas dari PPDI yaitu untuk mengkoordinir semua kegiatan di masing-masing desa dalam rangka menciptakan pembangunan desa untuk membangun kesejahteraan masyarakat di masing masing desa," jelasnya.

Lanjut Noor Setyo Budi, "Nantinya tugas PPDI segera membuat aturan-aturan yang berkenaan dengan kegiatan kegiatan yang ada di desa seperti Perdes Disiplin Aparat. Pembentukan Nomor Induk Perangkat Desa, melaksanakan koordinasi dengan Kepala Desa, menyusun kegiatan-kegiatan berkenaan Dana Desa, dana ADD, dana bantuan Provinsi untuk disinkronkan dengan APBDes yang ada di Desa. Dengan keberadaan PPDI ini diharapkan bisa mempercepat pembangunan di Desa," tandasnya.

Hadir pada audiensi Kadis PMD Nor Setyo Budi dan Kabid PMD Recky Prayoga dan Pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia Tanjab Barat. (Sabri)

Kena Covid-19, Aktris Nirina Zubir Sempat Drop

JAKARTA - Aktris dan presenter Nirina Zubir kini tengah menjalani isolasi bersama keluarganya karena sama-sama terinfeksi COVID-19. Bukan hal yang mudah baginya menerima kenyataan...

Polda Jambi Grebek Gudang Produksi BBM Oplosan

KOTA JAMBI (SR28) - Tim Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jambi menggerebek gudang yang memproduksi BBM Oplosan di Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi. Dari penggerebekan itu polisi berhasil mengamankan sebanyak 50 ribu liter bahan bakar minyak (BBM) yang sudah dioplos oleh para pelaku.

Sumber: JAMBI28 TV

Jokowi Ajak Seluruh Elemen Kesehatan Suskseskan Vaksinasi Covid-19

JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak para apoteker, dokter, perawat dan berbagai elemen lainnya dalam masyarakat untuk membantu pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Hal tersebut disampaikan Presiden saat membuka secara virtual Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Pertemuan Ilmiah Tahunan Ikatan Apoteker Indonesia.

Sport

Merinding! Makna Ibadah Haji dalam Persatuan Umat

Salah satu tujuan disyariatkan ibadah haji,yakni sebagai ajang berkumpulnya umat Islam dalam jumlah sangat besar pada waktu yang sama, di tempat yang sama dan melakukan hal yang sama, dengan pakaian yang sama, dan tujuan dan seruan yang sama, yakni:

“Labbaik Allahumma labbaik. Labbaik laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni’mata laka wal mulk laa syarika lak (Aku penuhi panggilan-Mu, ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan kerajaan bagi-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu).”

Amalan-amalan haji yang sangat agung ini mampu menyatukan segala perbedaan warna kulit, bahasa, asal negara, tingkat sosial, dan lain-lain. Juga,mampu menyatukan semuanya dalam satu kesatuan, sehingga semuanya merasa sebagai satu umat sebagaimana yang dikehendaki Allah, bukan berbagai umat seperti yang diinginkan musuh-musuh mereka.

Ratusan Rumah Warga di Kota Jambi Terendam Banjir

KOTA JAMBI (SR28) - Lebatnya guyuran hujan membuat saluran drainase yang berada di lokasi dataran rendah itu tak mampu menampung banyaknya ebit air. Al hasil ratusan rumah warga terendam banjir setinggi 60 Cm atau setinggi lutut orang dewasa.

KPU Persiapkan Secara Matang Penatapan Paslon Dan Pencabutan Nomor Urut

KUALA TUNGKAL (SR28) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjab Barat nyatakan persiapan pelaksanaan dua tahapan Pilkada Tanjabbar, penetapan pasangan calon (Paslon) dan Pencabutan Nomor urut paslon sudah dipersiapkan matang.

Ketua KPU Tanjabbar, Hairuddin melalui Komisioner Divisi Teknis dan Pelaksanaan, Muhammad Taufik mengatakan untuk penetapan paslon dilaksanakan pada Rabu besok (23/9) secara tertutup tanpa menghadirkan paslon.

"Untuk penetapan paslon menjadi calon bupati dan wakil bupati diputuskan melalui rapat pleno tertutup. Hasil berita acaranya nanti kami akan publikasikan," kata M Taufik.

Sementara pengambilan nomor urut yang dilaksanakan di Tungkal Hotel di Jalan Panglima Camar,kecamatan Tungkal Ilir, pada Kamis (24/9) mendatanh, paslon diwajibkan hadir. "Namun, jika calon berhalangan hadir, maka yang bersangkutan harus menyampaikan surat kepada KPU memberikan mandat kepada seseorang yang dipercaya untuk melakukan pencabutan nomor urut." Jelas Taufik.

Lanjut taufik, hanya saja, jumlah peserta yang hadir mendampingi paslon dibatasi sesuai dengan standar protokol kesehatan.

"Kita akan batasi selain paslon, yang boleh ikut masuk ke ruangan pencabutan nomor urut hanya 2 orang dari perwakilan tim kampanye dari masing-masing calon, parpol, penghubung dan dari Bawaslu 2 orang," tegas Taufik.

Oleh karena nya KPU mengimbau agar paslon tidak melakukan arak arakan konvoi,dan massa yang boleh masuk hanya yang bawa ID Card,serta Mematuhi aturan protokol kesehatan."karena itu juga Ada Live streaming melalui Youtube dan Facebook.

"Nanti kita pasang layar in focus supaya bisa dilihat dari layar lebar monitor di lantai dasar saat pencabutan nomor urut di lantai 3 Tungkal Hotel,"pungkasnya. (Sabri)

Apa sakit Nia Ramadhani?

Jakarta - Nia Ramadhani kembali menjadi sorotan. Kali ini berkaitan dengan kondisi kesehatan artis.Nia Ramadhani...

Provinsi Jambi Berstatus Zona Kuning Covid-19

KOTA JAMBI (SR28) - Atas zona kuning penyebaran Covid-19 yang kini disandang provinsi Jambi. Bahkan zona oranye bagi kabupaten Bungo. Pemerintah Provinsi Jambo mengambil keputusan untuk tidak menerapkan pembelajaran tatap muka bagi siswa SMA di seluruh wilayah Provinsi Jambi.

Provinsi Jambi Berstatus Zona Kuning Covid-19

Provinsi Jambi Berstatus Zona Kuning Covid-19

Posted by JAMBI28 TV on Wednesday, September 23, 2020
Sumber: JAMBI28.TV

Fachrori Lepas Ekspor Perdana Kopi Kerinci melalui Pelabuhan Talang Duku

KERINCI (SR28) - Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, menaruh harapan besar akan pembangunan perkebunan serta peningkatan ekonomi masyarakat saat melakukan Pelepasan Ekspor Perdana Kopi Kerinci melalui Pelabuhan Talang Duku, Selasa (28/7/2020).

Fachrori mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan kegiatan ekspor perdana Kopi Kerinci melalui Pelabuhan Talang Duku yang tentunya dapat memberi dampak positif bagi pembangunan serta perekonomian Jambi.

Gubernur Jambi, H. Fachrori Umar saat penyerahan dokumen

"Dampak positif pada nilai jual dan nilai tambah Kopi Kerinci juga dapat meningkatkan kesejahteraan secara langsung maupun tidak langsung bagi petani dan keluarga," ungkap Fachrori.

Hadirnya Kopi Kerinci di Belgia memberi ruang dan kesempatan bagi petani dalam hal pemasaran yang terkadang menjadi kendala saat masa panen tiba.

"Mengurangi tingkat kejenuhan pasar kopi dalam negeri dan harapan lain kita dapat menjaga ekosistem lingkungan dengan mengikuti arahan pihak terkait yang melakukan pendampingan bagi petani," sambung Fachrori.

Selanjutnya, Gubernur Jambi menegaskan kepada semua pihak untuk berupaya menjamin iklim pertanian yang kondusif dan stabilisasi harga ditingkat petani dengan terus berinovasi agar tata niaga tetap stabil, serta harus berinovasi termasuk mencari pembeli baru dari luar negeri.

"Saat kopi melimpah, tidak terjadi penurunan harga dan ini momentum kebangkitan Kopi Kerinci dan kopi daerah Jambi lainnya," ujar Fachrori.

Fachori Umar menyatakan bahwa Provinsi Jambi memiliki potensi besar untuk mengembangkan komoditas perkebunan rakyat, seperti kopi, kayu manis, karet, pinang, dan kelapa. “Pendampingan organisasi petani oleh Rikolto salah satunya membantu menjembatani petani kopi di Jambi untuk memasuki pasar Eropa. Kami ingin mengajak organisasi petani untuk terus meningkatkan kualitas kopi, juga praktik budidaya yang lebih baik dan ramah lingkungan, sehingga pendapatan petani juga meningkat secara berkelanjutan.”

Bupati Kerinci, H.Adi Rozal mengaku sangat senang dengan kegiatan yang langsung dirasakan masyarakat Kerinci, khususnya petani kopi dengan terealisasinya ekspor tersebut. "Kata tidak cukup untuk ungkapkan terima kasih atas kegiatan ini yang telah memberi perhatian serta pemasaran yang mempermudah penjualan dan peningkatan harga di masyarakat," ungkap Bupati Kerinci.

Bupati Kerinci, H.Adi Rozal saat menyampaikan sambutan

Adi Rozal mengatakan, pelepasan ekspor perdana Kopi Kerinci melalui pelabuhan Talang Duku memberi semangat bagi petani kopi yang menunggu masa tanam 2,5 - 3 tahun menjelang masa panen. "Dulu, harga empat ribu sekarang bisa 20 ribu sekilo, dan Kopi Kerinci tingkat keasaman yang sangat baik setelah dites labor. Untuk itu, jaga kualitas dan ikuti standar eksportir," terang Adi Rozal.

Kepala Badan Karantina Pertanian Provinsi Jambi Kelas I, Guntur,SP,MM menyampaikan bahwa komoditas ekspor yang dilepas perdana ke Benua Eropa ini bernilai Rp1,4 miliar yang selama ini ekspor Kopi Kerinci dan juga komoditas lainnya dilakukan melalui pelabuhan yang ada di luar Provinsi Jambi.

"Akhirnya bisa lakukan ekspor langsung melalui Jambi, biasanya melalui Belawan Medan, Teluk Bayur Padang, bahkan Teluk Panjang Lampung dan harapan kita tambah volume, frekuensi guna meningkatkan perekonomian. Kita masih ada kayu manis, cangkang sawit/PKE, sarang burung walet, kelapa. Ada 24 jenis dengan tujuan 32 negara," ujar Guntur.

Guntur menambahkan, Jambi yang memiliki komoditas unggulan yang telah laris di pasar global, namun selama ini masih dilalulintaskan melalui pelabuhan di luar Jambi. Produk pertanian tersebut antara lain kulit kayu manis (Cassiavera) yang juga berasal dari Kabupaten Kerinci dan Merangin, cangkang sawit, sarang burung walet, dan kelapa bulat asal Tanjung Jabung Timur.

Kopi Kerinci berdasarkan data dari sistem perkarantinaan, IQFAST di Karantina Pertanian sepanjang Januari hingga Juli 2020 telah difasilitasi ekspornya sebanyak dua kali pengiriman dengan total 16,25 kilogram tujuan Hongkong.

Koperasi Koerintji Barokah Bersama yang berlokasi di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, mengekspor 15,9 ton kopi Arabika Spesialti ke Belgia, dengan pendampingan LSM Rikolto. Koperasi Koerintji Barokah akan mengirimkan sebanyak 290 karung kopi (15,9 ton) Arabika Spesialti dalam 5 varian proses ke ‘Sucafina Specialty’, perusahaan kopi berbasis di Antwerp, Belgia, yang menghubungkan kopi berkualitas dari organisasi petani dengan roaster di kawasan Asia Pasifik, Amerika, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika. Meskipun ekspor kali ini merupakan ekspor perdana yang dilakukan secara mandiri oleh Koperasi Koerintji Barokah, namun Koperasi ini telah berhasil menjual kopinya ke pasar internasional sejak 2017 yaitu sebanyak tiga kali ke Belgia, serta ke Amerika Serikat dan Hong Kong. (Muhammad Sidik)

Tentara Pakistan: Serangan militan di pos keamanan membunuh tentara

Militer Pakistan mengatakan militan bersenjata menyerang sebuah pos pemeriksaan keamanan di jalan raya di daerah terpencil di barat daya provinsi Baluchistan semalam, menewaskan seorang...

TV

Kontroversi Ahok Menyebut Nabi Muhammad Dagang, Netizen: Pantang Menyerah

Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (Suara.com/Ummi Saleh) Pasalnya, Ahok dulu terlibat kasus penistaan ​​agama hingga...

Waspada! November Hingga Desember Bencana Banjir Ancam Seluruh Wilayah Jambi

JAMBI - Kepala BMKG Jambi menjelaskan curah hujan tinggi juga akan mengakibatkan potensi terjadinya genangan air hingga banjir dengan kategori menengah pada wilayah Jambi bagian barat. Dan pada bulan desember, bahkan potensi banjir dengan kategori menengah ini akan meluas dan mengancam seluruh wilayah provinsi Jambi.

Ardy Daud Ajak Kelompok Tani Terus Petahankan Kualitas Kopi Kerinci

KERNCI (SR28) - Penjabat sementara (Pjs) Gubernur Jambi, Ir.Restuardy (Ardy) Daud,M.Sc mengajak kelompok tani dan seluruh pelaku usaha Kopi Korintji (Kerinci) untuk terus mempertahankan kualitas Kopi Kerinci supaya pangsa Pasar Kopi Kerinci semakin luas lagi, baik di dalam maupun di luar negeri, terlebih kopi merupakan salah satu produk yang dapat menggambarkan keindahan alam Kerinci.. Hal tersebut dinyatakan Ardy Daud saat mengunjungi Koperasi Kopi Alam Korintji (Alko), bertempat di Desa Sungai Sukai Kecamatan Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci, Minggu (8/11/2020). Bupati Kerinci, Dr.H.Adirozal,M.Si bersama Wakil Bupati Kerinci, H.Ami Taher turut mendampingi Ardy Daud dalam melakukan peninjauan.

"Kita harus memanfaatkan kopi untuk menjual keindahan, kesuburan, dan keunggulan Kabupaten Kerinci, sehingga Kerinci lebih dikenal lagi secara internasional, mengingat Kopi Kerinci sudah mulai dikenal oleh masyarakat internasional," ujar Ardy Daud.

Ardy Daud menuturkan, Kopi kerinci merupakan modal awal yang sangat baik untuk lebih dikembangkan dan harus terus dipertahankan. Koperasi koperasi yang mengelola kopi harus lebih mempertahankan kualitas dan terus meningkatkan kualitas kopi Kerinci sehingga dapat menjaga kepercayaan masyarakat.

"Ini merupakan langkah awal yang luar biasa bagi kopi Kerinci untuk melakukan lompatan yang lebih besar lagi kedepannya. Kopi kita telah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat luas karena memiliki cita rasa yang khas," tutur Ardy Daud

Koperasi Kopi Alko merupakan perkumpulan petani kopi yang membangun dan mengembangkan komoditi kopi arabika Kayu Aro Kerinci. Koperasi ini memberikan pendampingan kepada petani kopi agar dapat meningkatkan kapasitas petani dan masyarakat dalam menjadikan tanaman kopi sebagai produk utama dalam menyangga perekonomian masyarakat Kerinci.

Pihak Koperasi Kopi Alko menyatakan bahwa mereka telah mendapatkan kepercayaan dari Starbucks Farmer Support untuk menyuplai kopi ke Starbucks, sudah ada lebih kurang 300 petani yang dapat menyuplai kopi ke Starbucks dengan standar Starbucks Farmer Support yaitu Coffee and Farmer Equity (CAFE) Practice. Kriteria CAFE Practice tersebut adalah ekonomi transparansi dimana asal kopi harus jelas, social responsibility dan harus tetap menlestarikan lingkungan.

Usai melakukan peninjauan ke Koperasi Kopi Alko, Ardy Daud juga meninjau Koperasi Koerintji Barokah Bersama di Desa Jernih Jaya Kecamatan Kayu Aro Kabupaten Kerinci. Ardy Daud secara langsung meninjau proses kopi arabika Kerinci mulai dari pembibitan, penanaman, penjemuran, penyimpanan dalam Gudang, dan pemilihan biji kopi serta mencicipi langsung kopi yang disajikan barista anggota kelompok Koperasi Koerintji Barokah Bersama.

Koperasi Koerintji Barokah Bersama sendiri dipimpin oleh Triyono telah melakukan ekspor kopi arabika Kerinci dalam bentuk green bean ke Belgia sebanyak 15,9 ton dan ke Jepang sebanyak 2,1 ton. (Sidik)

Bupati Tanjab Barat Terima Penghargaan Dari BPS Pusat

KUALA TUNGKAL (SR28) - Kabupaten Tanjung Jabung Barat, melalui Bupati Dr. Ir. H. Safrial terima penghargaan atas partisipasi dalam sensus penduduk online dengan capaian response rate yang melebihi target dalam pelaksanaannya.

Penghargaan yang ditandatangi langsung oleh Kepala Pusat statistik Dr. Suhariyanto, ini diserahkan oleh Kepala Badan Pusat Statistik Tanjung Jabung Barat di Ruang Rapat Bupati, Rabu (19/08).

Dalam kegiatan tersebut Turut mendampingi Bupati Asisten III Jetter simamora S. IP, Kepala Bapeda Ir. Firdaus Khatab, serta pihak Badan Pusat Statistik Tajung Jabung Barat.‌‌

Kepala Badan Statistik Tanjung Jabung Barat, Wasi Riyanto, S.ST, M.E. dalam sambutannya sampaikan apresiasi atas partisipasi Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dalam mensukseskan Sensus Online di Tanjab Barat.

"Kita juga berharap dukungan dan partisipasi Pemkab Tanjab Barat dalam proses pendataan atau sensus secara manual pada September mendatang dengan melibatkan Camat, Kepala Desa, dan RT," imbuhnya.

‌‌Lanjut Wasi Riyanto,”Berkat bantuan dan partisipasi yang aktif dari Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, hasil Sensus Penduduk Online di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dapat melampaui target yang telah ditetapkan BPS Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Per 29 Mei 2020, tercatat 8.382 keluarga yang telah melakukan Sensus Penduduk Online dimana angka ini melampaui 5.000 keluarga yang menjadi target BPS Kabupaten Tanjung Jabung Barat.”tambah nya.‌‌

Namun Sensus Penduduk belum berakhir, akibat Pandemi Covid-19, Sensus Penduduk yang semula direncanakan menggunakan metode wawancara dari rumah ke rumah mengalami perubahan metode menjadi Antar-Jemput Dokumen. Masyarakat yang belum melakukan pengisian Sensus Penduduk Online akan diberikan dokumen untuk diisi.

"Oleh karena itu, BPS Kab. Tanjung Jabung Barat sekali lagi berharap dukungan dari Pemerintah Kab. Tanjung Jabung Barat untuk dapat menyukseskan SP 2020 dan menghasilkan data kependudukan yang berkualitas demi Indonesia Maju," jelas Wasi Riyanto.

Sementara itu, Bupati H. Safrial sendiri juga sampaikan apresiasinya atas kinerja dari Badan pusat Statistik Tanjab Barat atas realisasi target sensus penduduk Online yang mencapai 8.382 Kepala Keluarga dari target 5.000 Kepala keluarga.

Terkait proses Pendataan secara manual oleh BPS, Bupati mengaku sangat mendukung langkah tersebut. Bupati juga sarankan BPS dapat melibatkan peran para Camat, Kepala Desa, RT,untuk mensukseskan pendataan warga yang belum terdata di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. (Sabri)