Selasa, 19 November 2013 19:42 WIB

Madrasah Nurul Wathon Ambruk

 Madrasah Nurul Wathon Ambruk

SAROLANGUN(SR28) - Madrasah Nurul Wathon yang terletak di Desa Batu Penyabung Kecamatan Bathin VIII ambruk. Madrasah tersebut ambruk pada Minggu malam (17/11) sekitar pukul 23.00 WIB, saat terjadi hujan disertai angin yang cukup keras bertiup di desa itu. Beruntung tidak ada korban jiwa, sebab saat kejadian terjadi pada malam hari.

Ketua BPD Desa Batu Penyabung, Idris, kepada SR28 Selasa (19/11) mengatakan bahwa madrasah tersebut sudah berusia cukup tua, dibangun sekitar tahun 1987. “ Sebelumnya sudah terjadi retak-retak dan terancam roboh pada bangunan madrasah tersebut, namun karena dana terbatas, tidak ada perbaikan. Padahal setiap tahun usulan perbaikan diajukan ke pemerintah daerah dan dalam Musrenbangdes (Musyawarah Rencana Pembangunan Desa) selalu diusulkan perbaikan madrasah itu”.

Menurut pengakuan Ketua BPD, dari Dinas Pendidikan Kecamatan Bathin VIII sudah berkali-kali melakukan peninjauan ke Madrasah Nurul Wathon, namun realisasi rehabilitasi bangunan madrasah tidak ada. Meski berusia tua dan sudah retak, madrasah tetap digunakan untuk ruang guru. Akibat rubuhnya gedung madrasah, proses belajar mengajar terpaksa dihentikan sementara, sampai ada perbaikan atau pengalihan tempat belajar sementara.

Dikarenakan ruangan yang terbatas, sehingga peralatan yang ada di ruangan yang ambruk dipindah ke ruang belajar yang lain. Menurut Idris, pasca ambruknya gedung madrasah sudah ada peninjauan dari Dinas Pendidikan setempat.

Sementara itu Kabid Dikdas (Kepala Bidang Pendidikan Dasar) Kabupaten Sarolangun, H Harun, ketika dihubungi mengakui sudah melakukan peninjauan ke lokasi dan mengambil dokumentasi Madrasah Nurul Wathon yang ambruk. Serta langsung menaikkan nota dinas ke Bupati terkait pemberitahuan ambruknya gedung madrasah. Menurutnya, kalau perbaikan waktu dekat tidak ada, karena dana sudah tidak tersedia.
'' Kalau perbaikan waktu dekat tidak mungkin, dana telah dialokasikan kepada pos-pos yang telah mengajukan. Kami juga telah melihat gedung Madrasah Nurul Wathon yang ambruk dan merupakan kantor guru serta tidak digunakan untuk belajar,'' jelasnya.

Yan/Sat

Madrasah | Nurul | Wathon | Ambruk |

Copyright @2015