Rabu, 25 Desember 2013 15:37 WIB

Pemkab Belum Umumkan Hasil Tes CPNS, Peserta Bingung Dengan Pengumuman KemenPAN RB Di Website Liputan6.com

 Pemkab Belum Umumkan Hasil Tes CPNS, Peserta Bingung Dengan Pengumuman KemenPAN RB di Website liputan6.com

MUARA TEBO(SR28) - Peserta tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2013 di Kabupaten Tebo, masih kebingungan. Pasalnya, hingga saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo belum mengumumkan kelulusan tes CPNS tersebut. Padahal, dari informasi yang diterima peserta, hasil tes CPNS akan diumumkan pada tanggal 24 Desember 2013 kemarin.

Sementara, dari website liputan6.com yang menjadi partner Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) untuk mengumumkan jumlah nilai tes yang diperoleh peserta CPNS dan pengumuman tersebut dapat dicek di cpns.liputan6.com.
Ketika memasukkan nomor peserta di cpns.liputan6.com, maka akan terlihat keterangan hasil sebagai berikut, MP atau Memenuhi Passing Grade serta TMP atau Tidak Memenuhi Passing Grade.

Jika hasil tes Anda masuk kategori MP, itu artinya nilai tes saudara sudah memenuhi persyaratan. Meski begitu, lolos tidaknya peserta masih ditentukan instansi yang bersangkutan, karena masih ada sistem ranking, yang sayangnya tidak dipublikasikan.
Sistem ranking ini diperlukan jika jumlah pelamar yang memenuhi MP lebih banyak dari kuota yang dibutuhkan. Contohnya ada 30 pelamar yang memenuhi nilai MP, tapi karena instansi yang bersangkutan hanya butuh 10 pegawai baru, maka dalam pemeringkatannya akan diambil 10 yang terbaik dari yang masuk kategori MP.

Sistem ranking yang tidak transparan ini jadi pertanyaan para peserta tes CPNS, siapa yang menentukan sistem ranking tersebut? Penentu kelulusan tetap di tangan pejabat berwenang di instansi masing-masing berdasarkan kebutuhan instansi terkait. Jadi kelulusan tidak semata-mata melihat nilai passing grade, tetapi juga melihat kebutuhan atau kuota pegawai dari instansi yang bersangkutan.

Jika yang lolos atau masuk kategori MP di instansi terkait sangat banyak, maka pejabat berwenang di instansi tersebut akan melakukan pemeringkatan. “Kok hanya jumlah nilai dan MP atau Memenuhi Passing Grade serta TMP atau Tidak Memenuhi Passing Grade saja yang diumumkan. Kenapa tidak langsung perankingan dan siapa yang lulus saja yang diumumkan. Ini malah diserahkan kepada instansi masing-masing. Toh sampai sekarang belum juga diumumkan. Ada apa ini sebenarnya?,” kata Mansyur, salah satu tokoh pemuda Tebo kepada SR28, Rabu(25/12).

Bbe/Sat

Pemkab | Belum | Umumkan | Hasil |

Copyright @2015