Senin, 30 Desember 2013 22:09 WIB

Aksi Masyarakat Desa Tanjung Aur Tebo Kian Memanas, Puluhan Ton TBS PT RAU Diamankan Warga

 Aksi Masyarakat Desa Tanjung  Aur Tebo Kian Memanas, Puluhan Ton TBS PT RAU Diamankan Warga

MUARA TEBO(SR28) - Aksi warga Desa Tanjung Aur Kecamatan Tebo Ulu yang mengatas namakan Masyarakat Adat Desa Tanjung Aur (Madestar), yang menduduki lahan PT Regunas Agri Utama (RAU) di lokasi Afdeling IV Blok D 08 G dan Blok D 08 F Desa Pinang Belai Kecamatan Serai Serumpun, kian memanas. Dari pagi hingga sore, warga memblokir jalan di lokasi tersebut.

Tidak itu saja, setiap mobil perusahaan bermuatan Tandan Buah Sawit (TBS) yang diduga berasal dari lahan Afdeling IV Blok D 08 G dan Blok D 08 F, distop warga. "Setiap mobil perusahaan yang melintas membawa TBS kita stop. TBSnya kita turunkan dan mobilnya kita persilahkan lewat. Sampai sekarang, diperkitakan sudah puluhan ton TBS yang kita amankan," tegas Chairul selaku korlap Madestar, Senin (30/12).

Dijelaskan Chairul, pembongkaran TBS tersebut sebagai salah satu bentuk aksi peringatan Madestar kepada pihak perusahaan agar tidak melakukan aktivitas di areal lahan yang masih dalam sengketa.

"Kami tidak akan menghentikan aksi ini sebelum tuntutan kami direspons dan dipenuhi oleh pihak perusahaan," tukas Chairul lagi.

"Kita lakukan pengamanan TBS dengan tujuan agar PT RAU mengalami kerugian seperti kami yang sudah dirugikannya selama kurang lebih 17 tahun sejak dari tahun 1996 lalu. Jika aksi ini juga tidak digubris oleh perusahaan dan Pemkab Tebo, kita akan melakukan aksi yang lebih ganas lagi. Yang jelas tidak hanya sekedar melakukan pengamanan TBS saja," tegasnya kembali.

Hal senda juga diungkap oleh Zul selaku pengurus sekaligus Korlap Madestar. Ia minta kepada pihak perusahaan dan Pemkab Tebo melalui Tim TP32D yang dulu sudah disepakati, agar segera menepati kesepakatan. "Kemungkinan dalam beberapa hari ke depan, sebagian anggota Madestar akan mengadakan aksi di kantor Dinas Perkebunan dan Kantor Bupati Tebo. Kita juga melakukan aksi yang sama yaitu menduduki kantor tersebut sampai tuntutan kita direspons," tukasnya.

Bbe/Sat

Aksi | Masyarakat | Desa | Tanjung |

Copyright @2015