Rabu, 29 Januari 2014 20:31 WIB

Humas Unja : Berubah-Ubahnya Jumlah UKT Mahasiswa Akibat Ulah Mahasiswa Sendiri

 Humas Unja : Berubah-Ubahnya Jumlah UKT Mahasiswa Akibat Ulah Mahasiswa Sendiri

JAMBI(SR28) - Hari Rabu (29/01) saat ditemui di ruangannya, H Dirman selaku Kepala Humas Universitas Jambi (Unja) mengatakan, bahwa terkait Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa yang berubah-ubah akibat dari mahasiswa itu sendiri.

Dia mengatakan bahwa pada semester 2 sudah melakukan verifikasi kepada Pembantu Dekan Dua(PD 2) bersama mahasiswa tahun 2013 beserta orang tua yang mengeluhkan besaran UKT yang berubah-ubah.

Dalam verifikasi tersebut pihak Unja memberikan formulir kepada mahasiswa agar benar-benar menulis jumlah gaji yang diterima orang tuanya.

"Contohnya kalau mahasiswa itu curang, misalkan orangtuanya gajinya 3 juta rupiah, tetapi di formulir dibuatnya 300 ribu rupiah, akan tetapi pihak Unja bisa tahu karena mendata gaji orang tua ke kepala desa tempat tinggal orang tua itu. Akibatnya UKT semester depan mahasiswa tersebut menjadi 3 juta rupiah," ujarnya

Selain itu dia menjelaskan bahwa pada pengisian formulir tersebut apabila mahasiswa tidak menulis jumlah gaji orang tuanya dan apabila melakukan kecurangan, maka UKT mahasiswa tersebut akan membayar pada porsi yang tertinggi, contohnya seperti Fakultas Ekonomi, UKT tertingginya mencapai 3 juta rupiah.

"Inilah akibat dari UKT mahasiswa itu berubah-ubah, karena pihak Unja mendata gaji-gaji orangtua masing-masing mahasiswa agar tidak ada kecurangan dan apabila menemui kecurangan, mahasiswa tersebut UKTnya akan naik lebih tinggi," ungkapnya.

"Semoga dengan pemberitaan ini mahasiswa bisa lebih tahu apa yang sebenarnya terjadi, dan saya mengharapkan mahasiswa yang terkait langsung saja menemui saya agar bisa dibicarakan supaya lebih jelas," tandasnya.

Rdy/Sat

Humas | Unja | : | Berubah-Ubahnya |

Copyright @2015