Selasa, 25 Juni 2013 17:39 WIB

Pembangunan Kelenteng Leng Sangkeng Tak Berizin

 Pembangunan Kelenteng Leng Sangkeng Tak Berizin
Kelenteng Leng Sangkeng

KUALA TUNGKAL - Pembangunan Kelenteng Leng Sangkeng hingga kini menuai pertanyaan warga sekitarnya. Hal ini disebabkan pembangunan kelenteng tersebut sama sekali tidak memiliki izin resmi dari Dinas Perizinan Terpadu (DPT) Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Sinyalemen ini dibenarkan Kakan (Kepala Kantor) DPT Tanjabbar Suparjo Selasa (25/6) pada SR28 di ruang kerjanya. “ Untuk mengeluarkan izin pembangunan kelenteng tersebut tentunya ada proses yang harus dilakukan. Secara aturan, harus ada rekomendasi dari camat dan lurah setempat serta warga sekitar tempat peribadatan itu. Hingga kini kita sama sekali belum menerima surat rekomendasi tersebut, maka kita tidak mengeluarkan izin tersebut,” imbuh Suparjo.

“ Negara kita kan Negara Pancasila. Kita harus menghargai pemeluk agama lain. Tidak bisa kita semena mena mendirikan bangunan peribadatan pada lingkungan yang mayoritasnya beragama Islam. Tetapi kita dapat memberikan izin jika aparatur setempat dan warga sekitarnya menyetujuinya,” lanjut Suparjo.

“ Hingga saat ini Camat dan Lurah Kelurahan Sungai Nibung, yang merupakan pejabat pemerintahan yang berwenang memberikan izin pembangunan kelenteng belum merekomendasikan hal itu kepada kami. Kabarnya memang mereka pernah mengajukan ke sini (DPT) tetapi saat itu saya belum mengemban jabatan itu. Masalah perizinan itu sudah diatur dalam Perda. Untuk penegakan Perda itu adalah tugas dan wewenang Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja),” tutupnya.

Sab/Sat

Pembangunan | Kelenteng | Leng | Sangkeng |

Copyright @2015