Kamis, 27 Juni 2013 09:03 WIB

Satu Titik Api Ditemukan Di Sarolangun

 Satu Titik Api Ditemukan Di Sarolangun
Abu Nawas

SAROLANGUN - Pada musim kemarau  kali ini terpantau satu titik api yang berada di Kecamatan Air Hitam Sarolangun. Titik api yang terpantau melalui satelit NOAA 18 tersebut langsung ditindak lanjuti oleh Dinas Kehutanan dan Pekerbunan (Dishutbun) Kabupaten Sarolangun .

Hal ini di ungkapkan oleh Alexander, Kadis Hutbun melalui Abu Nawas, Kabid (Kepala Bidang) Perlindungan, Pengelolaan, Pengamanan Hutan (P3H) kepada sejumlah wartawan dengan mengatakan bahwa di Sarolangun telah di temukan satu titik api (hotspot). '' Kita telah menemukan satu titik api dan berada di Kecamatan Air Hitam Sarolangun, berada di APL dan terpantau oleh Satelit NOOA 18 dan untuk mengantisipasi agar tidak meluas, kita langsung turunkan tim hari Rabu (26/06) ke lokasi,'' ungkapnya.

Menurutnya bukan hanya di Air Hitam saja yang akan terus dipantau, namun di daerah lain juga berpotensi muncul titik api. '' Untuk potensi titik api di Sarolangun ini hampir secara menyeluruh  bisa saja muncul, sebab pada kondisi kering seperti saat ini titik api bisa muncul lebih banyak berkenaan dengan aktivitas masyarakat yang membuka lahan dengan cara membakar lahan,'' ujarnya.

Pihak Dishutbun Sarolangun juga akan terus melakukan tindakan pencegahan dan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan jika akan membuka lahan pertanian.'' Upaya yang sudah kita lakukan dengan beragam cara seperti pencegahan dan sosialisasi kepada masyarakat. Sejauh ini kita belum melakukan penindakan kepada warga yang membuka lahan dengan cara membakar,'' jelasnya.

Dengan telah ditemukan satu titik api di wilayah Kabupaten Sarolangun, Dishutbun Sarolangun menghimbau agar tidak membakar lahan pada saat musim kemarau ini. Jika melanggar, maka sanksi tegas dapat dikenakan.'' Saya menghimbau masyarakat untuk tidak membakar lahan, sebab tindakan tegas bisa kita lakukan jika ada yang melanggar, '' tandasnya.

Yan/Sat

Satu | Titik | Api | Ditemukan |

Copyright @2015