Kamis, 27 Juni 2013 09:49 WIB

Terdeteksi Baru 20 Desa Usulkan Pencairan ADD

 Terdeteksi Baru 20 Desa Usulkan Pencairan ADD
Sarolangun

SAROLANGUN - Memasuki akhir bulan Juni 2013, hanya 20 desa yang mengusulkan untuk pencairan Anggaran Dana Desa (ADD) di Kantor BPMPD Sarolangun. Hal ini diakui oleh Kepala BPMPD, H Arief Ampera melalui Ali Amri selaku Sekretaris BPMPD saat ditemui sejumlah wartawan Selasa (25/06).

Menurut Sekretaris BPMPD, pihaknya sudah memberitahukan kepada seluruh desa yang ada di 10 Kecamatan dalam Kabupaten Sarolangun agar mengurus administrasi untuk pencairan ADD. Dikatakannya, bagi desa yang sudah melengkapi persyaratan administrasi untuk pencairan ke BPMPD, maka pihaknya akan melakukan evaluasi dan pemeriksaan administrasi yang diajukan, untuk mengetahui apakah administrasi yang diajukan sudah lengkap atau sebaliknya, ada hal yang lain yang perlu dibenahi. " Untuk melakukan pencairan ADD, tetap mengacu pada mekanisme yang berlaku, ada beberapa tahapan yang harus dijalankan terutama dalam kelengkapan sistem administrasi," ujarnya.

Disinggung mengenai pencairan ADD yang dinilai terlambat, karena saat ini sudah memasuki pertengahan tahun 2013, dengan diplomatis Sekretaris BPMPD mengatakan, terlambat atau tidaknya soal pencairan ADD itu, pihaknya mengembalikan persoalan ini pada kades, sekdes, dan aparatur desa lainnya. Artinya jika secara administrasi sudah dinyatakan lengkap dan sesuai dengan aturan, maka pencaiaran ADD bisa saja dilakukan secepat mungkin. " Untuk diketahui, kami BPMPD tidak bisa memaksakan diri agar ADD cair. Hal ini dikembalikan pada desa dalam pengurusan adminstrasinya," katanya.

Selain itu, Pihak BPMPD mengakui, jika pencairan ADD 2013 dibandingkan dengan pencairan ADD 2012 lalu sedikit berbeda. Pada tahun 2012 lalu, bulan Mei dana ADD sudah ada yang cair, tapi tahun 2013 ini, walaupun sudah memasuki akhir bulan Juni belum ada ADD yang cair. " Kami berharap kades dan perangkat desa bekerja sesuai aturan yang ada dalam hal pengajuan ADD, sehingga ADD bisa cepat dicairkan dan dialokasikan ke desa sesuai peruntukannya," tandasnya.

Yan/Sat

Terdeteksi | Baru | 20 | Desa |

Copyright @2015