Kamis, 27 Juni 2013 11:12 WIB

42 Rumah Rusak Akibat Terkena Angin Puting Beliung Di Kota Jambi

 42 Rumah Rusak Akibat Terkena Angin Puting Beliung di Kota Jambi
Akibat Puting Beliung

JAMBI -Rukin (38) sempat kelabakan saat angin puting beliung menerpa di sekitar kediamannya, RT 11 Lorong Langgar Jalan Bangau Kelurahan Lingkar Selatan Kecamatan Jambi Selatan, Selasa (25/6), sekitar pukul 17.00. Mengetahui angin berhembus kencang, ia berusaha masuk dan menutup pintu. Angin berkecepatan tinggi mengakibatkan ia sempat terpelanting di dekat pintu depan rumahnya. "Anginnya kuat kali berputar dari bawah ke atas. Saya sempat terpelanting waktu mau nutup pintu," ungkapnya, Rabu (26/6).

Sejumlah barang berhamburan ke luar termasuk atap rumah bagian atas. Bukan hanya angin, air juga menggenangi rumah karena hujan deras. Hampir seluruh atap rumah bagian atas mengalami kerusakan. "Kejadiannya cepat sekali. Anginnya hitam dan kencang. Atap rumah kami rusak," ujar suami dari Sumiati ini.

Meski telah berlalu, ia dan sejumlah warga lainnya masih ketakutan dengan kejadian sama. Belum lagi, kabel listrik yang melintang di sekitar atas rumah masih semrawut dan dikhawatirkan terjadi korslet. Warga lainnya, Parto (72) juga mengalami hal sama. Sejumlah atap dan loteng rumahnya rusak. Saat kejadian, ia berada di rumah. Tidak ada korban jiwa saat kejadian. Kata Parto, angin puting beliung baru pertama kali terjadi. "Kami di rumah masih ketakutan. Atap rumah habis beterbangan," ujarnya.

Pantauan di lokasi hari ini (kemarin), sejumlah rumah warga lainnya masih berantakan. Tak sedikit barang-barang warga yang berada di luar. Angin puting menghamtam rumah warga di RT 8, RT 9, RT 10 dan RT 11. Berdasarkan pendataan lurah setempat, tercatat 42 rumah warga yang mengalami rusak baik berat, ringan dan sedang. Umumnya kerusakan pada bagian atap. Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Disosnaker) Kota Jambi, Kaspul mengatakan telah mengirimkan bantuan kepada seluruh korban angin puting beliung. Bantuan berupa beras, selimut dan kebutuhan sembako. Pihaknya masih melakukan pendataan untuk mengetahui jumlah kerugian. "Kita langsung bergerak cepat untuk memberi bantuan. Kerugian belum bisa kita perkirakan," katanya. Disinggung mengenai bantuan uang, pihaknya masih melakukan koordinasi dengan pihak Kesbanglinmas.

Pla/Sat

42 | Rumah | Rusak | Akibat |

Copyright @2015