Kamis, 13 Maret 2014 05:37 WIB

Duo Messi-Alves Cetak Gol, Barcelona Kandaskan Manchester City 2-1

 Duo Messi-Alves Cetak Gol, Barcelona Kandaskan Manchester City 2-1

Barcelona menang 2-1 atas Manchester City pada leg kedua 16 besar Liga Champions di Camp Nou, Rabu (12/3/2014). El Barca pun lolos dengan keunggulan agregat 4-1. Barca nyaris unggul terlebih dulu melalui penetrasi Lionel Messi. Bintang asal Argentina tersebut berhasil merangsek ke dalam kotak penalti lawan setelah melewati tiga pemain City. Messi kemudian berhasil mengecoh kiper Joe Hart dan kemudian berusaha menyarangkan bola. Sayang, bola hasil tembakan Messi dengan cepat dibuang Vincent Kompany.

Neymar berhasil mencetak gol pada menit ke-18, tetapi wasit menganulirnya karena pemain asal Brasil tersebut offside sebelum mencetak gol. Peluang emas ini berkat kerja keras Jordi Alba yang berhasil masuk ke dalam kotak penalti lawan. Setelah itu, Barca terlihat cukup frustrasi meski menguasai permainan. Yaya Toure dan kawan-kawan tampil disiplin memutus serangan tim tuan rumah dan City juga memperagakan permainan keras.

Tak pelak, wasit Stephane Lannoy sudah mengeluarkan tiga kartu kuning untuk Pablo Zabaleta, Aleksandar Kolarov, dan Fernandinho. Tiga pemain ini dipastikan absen seandainya City lolos ke babak selanjutnya. Terlepas dari itu, Barcelona sempat memiliki peluang emas melalui aksi Neymar pada menit ke-37. Pemain asal Brasil tersebut berhasil melepas tembakan dari dalam kotak penalti. Sayang, bola tembakan Neymar gagal mengenai sasaran.

Tak berselang lama, Xavi melepaskan tembakan seusai memanfaatkan umpan Messi. Beruntung bagi City, Joe Hart berhasil menepis tembakan Xavi. City membalasnya melalui kombinasi Toure dan Silva. Toure dari luar kotak penalti memberikan bola kepada Silva. Silva dengan tumitnya meneruskan si kulit bulat kepada Nasri. Pemain asal Perancis langsung melepaskan tembakan keras. Namun, Victor Valdes masih cermat menangkap bola.

Barcelona kemudian berhasil mendapatkan beberapa peluang, tetapi mereka gagal mengonversinya menjadi gol hingga turun minum. Selepas jeda, Edin Dzeko masuk untuk menggantikan Aguero. Dzeko langsung melepaskan ancaman melalui tembakan keras yang dilepaskannya pada menit ke-47. Namun, bola hasil tembakan pemain asal Bosnia-Herzegovina tersebut masih bisa ditangkap Valdes.

Laga pun semakin sengit. Messi membalas melalui tembakan yang dilepaskannya pada menit ke-52. Apes, tembakan Messi masih membentur tiang. Dzeko kembali melepaskan ancaman saat menanduk bola dari umpan Kolarov. Namun, Dzeko harus gigit jari karena Valdes berhasil menepis bola.

Meski begitu, Barca mampu unggul terlebih dulu berkat gol Messi pada menit ke-66. Gol ini bermula dari kesalahan Lescott saat membendung umpan terobosan Fabregas. Messi yang tak terkawal berhasil menguasai bola. Ia kemudian mengungkil bola masuk ke gawang City saat berhadapan dengan kiper Joe Hart.

Gol ini membuat Barca semakin percaya diri. Xavi nyaris menggandakan keunggulan Barca saat berhasil melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Beruntung bagi City, Joe Hart sukses menepis bola. Tertinggal, Manuel Pellegrini melakukan perubahan dengan memasukkan Negredo dan Jesus Navas pada menit ke-75. Saat perubahan tersebut belum membuahkan hasil, City harus bermain dengan sepuluh pemain menyusul kartu kuning kedua yang diterima Zabaleta.

Bek asal Argentina tersebut diusir wasit karena melakukan protes keras terhadap keputusan wasit yang tak memberikan penalti saat Dzeko dilanggar Pique di dalam kotak penalti. Meski begitu, City mengejutkan Barcelona setelah berhasil mencetak gol balasan pada menit ke-89. Melalui sepak pojok, Dzeko menanduk bola. Kompany kemudian mencocor bola masuk ke gawang Barcelona.

Namun, Alves memulihkan keunggulan Barcelona melalui gol yang diciptakannya pada menit ke-90+1. Gol ini sekaligus "memateraikan" kemenangan Barca 2-1. 

Susunan Pemain
Barcelona: 1-Victor Valdes; 22-Dani Alves, 3-Gerard Pique, 14-Javier Mascherano, 18-Jordi Alba; 6-Xavi, 16-Sergio Busquets, 4-Cesc Fabregas; 8-Andres Iniesta, 10-Lionel Messi, Neymar (Sanchez 79)
Pelatih: Gerardo Martino

Manchester City: 1-Joe Hart, 5-Pablo Zabaleta, 4-Vincent Kompany, 6-Joleon Lescott, 13-Aleksandar Kolarov;  25-Fernandinho, 42-Yaya Toure, 7-James Milner, 21-David Silva (Negredo 72), 8-Samir Nasri (Jesus Navas 74); 16-Sergio Aguero (Edin Dzeko 46)
Pelatih: Manuel Pellegrini 

Wasit: Stephane Lannoy

kompas.com

Sat

Duo | Messi-Alves | Cetak | Gol, |

Copyright @2015