Kamis, 29 Mei 2014 23:18 WIB

HBA Harap Pengembangan Komplek Percandian Muara Jambi Segera Terlaksana

 HBA Harap Pengembangan Komplek Percandian Muara Jambi Segera Terlaksana

JAMBI(SR28) - Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus (HBA) berharap konsep  pengembangan kawasan (Master Plan)  Komplek Percandian Muaro Jambi dapat diselesaikan pada tahun ini.
"Sudah diprogramkan dan proses pengembangan Komplek Percandian Muaro Jambi akhir tahun ini diharapkan selesai,"ungkap HBA, Kamis (29/5).

Harapan pengembangan komplek percandian sebagai wisata sejarah dan religi tentunya akan memberi manfaat langsung bagi peningkatan perekonomian masyarakat dengan kedatangan wisatawan yang memanfaatkan jasa maupun kebutuhan lainnya yang dapat disediakan penduduk lokal ,"Pengembangan percandian diharapkan memberi manfaat langsung bagi masyarakat sekitar candi," kata HBA.

Memadukan konsep pelestarian sejarah dan pengembangan ekonomi kreatif menjadi harapan besar Pemerintah Provinsi Jambi terhadap pengembangan kawasan candi dengan dukungan infrastruktur lainnya,"Master Plan pengembangan kawasan percandian akan dikoordinasikan dengan PU agar infrastruktur lain mendukung sehingga perpaduan ekonomi kreatif dan pengembangan kawasan berjalan baik," kata HBA. 
Sementara Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr. Sapta Nirwanda menegaskan Komplek Percandian Muaro Jambi yang begitu luas dengan ciri tersendiri harus dikembangkan,"Kita harus melestarikan warisan sejarah dan di Sumatera hanya Muaro Jambi yang punya," jelas Wamen.

Menurut Wamen terkait dengan pengembangan percandian akan mendatangkan manfaat langsung bagi masyarakat dengan aktifitas perekonomian yang tentunya akan membangun daerah menjadi lebih maju,"Masyarakat akan merasakan manfaat dengan kedatangan wisatawan paling tidak akan belanja makanan disamping jasa lainnya," jelas Wamen.

Berkaca dari daerah yang telah menjadi tujuan wisata, Wamen menceritakan geliat perekonomian masyarakat menjadi meningkat dengan menjadi daerah tujuan wisata,"Terus laksanakan festival dengan kemasan yang menarik minat wisatawan," kata Wamen.  

Bahkan Wamen menawarkan konsep wisata religi bagi umat Budha seperti di negara Kamboja, Thailand yang mampu mendatangkan umat Budha di seluruh dunia,"Umat Budha akan mengunjungi candi karena keyakinan yang mereka miliki," ungkap Wamen.

Harapan pengembangan kawasan Percandian Muaro Jambi memerlukan kerjasama semua pihak menuju warisan dunia, keberadaan candi harus dipelihara keberadaannya.

Festival Candi MuaraJambi XI berlangsung selama tiga tersebut dihadiri Bupati Muaro Jambi H. Burhanudin Mahir, Danrem 042/Gapu Jambi, Direktur Pemasaran Kementerian Pariwisata dan ekonomi Kreatif, Peltu Sekda Provinsi Jambi Kailani, SH., Asisten Ekbang Kessos Setda Provinsi Jambi Ir. Haviz Husaini, serta pejabat dan undangan lainnya.

HBA | Harap | Pengembangan | Komplek |

Copyright @2015