Jumat, 07 November 2014 17:28 WIB

Perhatikan 6 Hal Berikut Bila Mobil Anda Jarang Digunakan

 Perhatikan 6 Hal Berikut Bila Mobil Anda Jarang Digunakan

Karena beberapa alasan, sebuah mobil menjadi jarang digunakan ( terlalu banyak kali ). Logika umumnya, ketika sebuah barang / benda jarang digunakan, biasanya akan menjadi lebih awet. Tetapi logika ini ternyata tidak berlaku bagi mobil. 

Sebaliknya, mobil yang jarang dipakai biasanya malah rentan terhadap terjadinya kerusakan. Ketika suatu saat dihidupkan dan dipakai setelah dibiarkan mendongkrok beberapa lama, biasanya selalu saja ada masalah yang tiba-tiba muncul. Karena itu setidaknya ada 6 hal yang harus dilakukan ketika mobil jarang digunakan, terutama untuk waktu yang lama :

1. Bebaskan posisi rem tangan 

Jika rem tangan dibiarkan dalam “masuk”, terutama jika dalam waktu yang lama, maka akan terjadi kelengketan antara minyak dengan piringan rem, khususnya bagi kendaraan yang memiliki tromol di roda belakang. 

2. Ganjal wiper dengan busa atau kayu 

Ketika wiper terus bersentuhan dengan kaca mobil, maka karet wiper secara perlahan akan menjadi keras dan tidak lentur lagi. Akibatnya, karet wiper menjadi karet mati. Yang terasa kasar, ketika kelak suatu saat digunakan untuk membasuh kaca depan mobil. Salah-salah bisa timbul goresan pada kaca. 

3. Angkat keempat ban mobil sehingga tidak menempel ( pada lantai ) 

Tujuannya adalah agar supaya suspensi mobil tetap terjaga dan tidak terbebani oleh berat kendaraan. Suspensi mobil yang tidak digunakan dalam waktu lama biasanya akan naik-turun, sehingga ketika digunakan terasa tidak nyaman. Caranya, sangat mudah. Gunakan dongkrak dan stand-jack. Kemudian ganjal pada keempat sisi bawah ( seperti ketika mengganti ban ). 

4. Jangan pasang accu mobil jika ditinggal lebih dari dua minggu 

Accu mobil sangat sensitif. Ketika mobil tidak dihidupkan sama sekali dalam waktu dua minggu atau lebih, maka akan mempengaruhi kondisi accu. Accu menjadi lebih cepat rusak bila dibandingkan dengan mobil yang rutin dipakai. 

5. Jika tempat parkir menanjak, ganjal empat ban dengan balok 

Ini hanya berlaku jika lantai permukaan miring. Ketika memarkir mobil di tempat yang menanjak – tetapi posisi hand rem ( rem tangan ) dibebaskan, maka tentu saja mobil akan melorot. Karena itulah ganjal keempat ban mobil dengan balok atau benda keras sehingga mobil tidak melorot tetapi rem tangan tetap dalam posisi bebas. 

6. Letakkan pengharum mobil, dan tutup mobil dengan cover 

Dengan meletakkan pengharum, maka akan dapat menetralkan bau apek yang mungkin bisa timbul karena ruang kabin mobil yang tertutup dalam waktu yang lama. Selain itu, gunakan cover untuk menghindari mobil berdebu dan berjamur. 

viva.co.id

Sat

Perhatikan | 6 | Hal | Berikut |

Copyright @2015